Tuesday, March 14, 2017

Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Kurtilas




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan Pendidikan                             
:
SMP PANCASILA   
Kelas/Semester                
:
VII/2
Mata Pelajaran                           
:
IPA
Topik             
:                
Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya
Alokasi Waktu
:           
15   x   40 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai  dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut  pandang/teori
 B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1.      Menjaga dan merawat tanaman di sekolah dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep ekosistem
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin, aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan  ekosistem
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain dalam melaporkan hasil percobaan  ekosistem

3.8.Mendiskripsikan interaksi antar makhlukhidup dan lingkungannnya
Indikator:
3.8.1.      Menjelaskan konsep lingkungan
3.8.2.      Menjelaskan  komponen abiotik dan biotik  pada lingkungan
3.8.3.      Menjelaskan interaksi antar komponen dalam ekosistem membentuk  pola-pola  tertentu
3.8.4.      Menjelaskan bentuk-bentuk saling ketergantungan  antar komponen penyusun ekosistem
3.8.5.      Menjelaskan  bentuk saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup yang tergambar terutama  pada aliran energi dan siklus materi

C.    Tujuan
1.        Siswa dapat menjelaskan konsep lingkungan
2.        Siswa dapat menjelaskan  komponen abiotik dan biotik  pada lingkungan
3.        Siswa dapat menjelaskan interaksi antar komponen dalam ekosistem membentuk  pola-pola  tertentu
4.        Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk saling ketergantungan  antar komponen penyusun ekosistem
5.        Siswa dapat menjelaskan  bentuk saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup yang tergambar terutama  pada aliran energi dan siklus materi
 D.      Materi Pelajaran
1.      Konsep  Lingkungan
Pengertian lingkungan
Istilah  lingkungan berasal dari kata “environment” yang memiliki makna “The physical, chemical and biotic condition surrounding an organism”. Berdasarkan istilah tersebut maka lingkungan secara umum diartikan segala sesuatu yang berada di luar suatu individu.
Segala sesuatu diluar individu merupakan system yang kompleks dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Kondisi demikian yang menjadikan lingkungan bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan seberapa besar pengaruh masing-masing komponen terhadap satu sama lain.
Perubahan lingkungan yang terjadi dapat berdampak lebih baik atau lebih buruk bagi suatu organism yang ada.
Lingkungan terdiri atas dua komponen yaitu :
1.      Komponen biotic, terdiri atas makhluk hiudp seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik
2.      Komponen abiotik, terdiri atas benda tak hidup seperti: air, tanah, udara, cahaya, suhu, sampah dll.
2.      Apa yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan ?
Lingkungan sebagai tempat hidup adalah suatu kesatuan antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah , air, energy surya , mineral serta flora dan fauna yang tumuh di atas tanah maupun di lautan.
Lingkungan hidup terdiri dari dua bagian, yakni lingkungan abiotik dan lingkungan biotic. Komponen abiotik dan biotic dalam suatu lingkungan akan mengalami hubungan timbal balik membentuk suatu system yang disebut ekosistem. Ekosistem yang terbentuk di muka bumi sangat beragam, seperti ekosistem laut, ekosistem sawah, ekosistem hutan tropis, ekosistem gurun pasir dll.
3.      Interaksi dalam Ekosistem Membentuk suatu Pola
Setiap organisme tidak dapat hidup sendiri dan selalu tergantung pada organism lain dan lingkungannya. Didalam ekosistem,  komponen biotic akan saling berinteraksi dengan komponen biotic lainnya dengan membentuk pola tertentu .bentuk interaksi tersebut dapat berupa :
1.      Jaring-jaring makanan dan rantai makanan
2.      Simbiosis
3.      Predasi
4.      Bentuk-bentuk saling ketergantungan
Saling ketergantungan yang terjadi pada makhluk hidup di suatu ekosistem dapat digambarkan dalam aliran energy dan siklus materi. Aliran energi dan materi dapat berlangsung melalui peristiwa rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

E.       Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Saintifik
  2. Model              : Discovery learning
  3. Metode            : Observasi dan diskusi
F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media : Carta ;
2.    Alat:LKS
3.    Sumber Pembelajaran: Lingkungan sekolah, Buku IPA (guru dan Siswa) Kemendikbud 2013

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.   Pertemuan I :  Konsep  Lingkungan  ( 2 JP )
Tujuan esensial  :
Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan gambar  suatu kawasan “ apa yang kamu lihat dalam gambar tersebut ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya.
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang konsep lingkungan
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap lingkungan
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap lingkungan
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  lingkungan  dengan bantuan bahan tayang konsep lingkungan
-     Diskusi penanaman konsep lingkungan  dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20    1

Pertemuan II : Apa yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan  (3 JP )

 Tujuan esensial  : 
Peserta didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan   bertanya “ apa yang kamu lihat  terkait dengan komponen  biotik dan abiotik pada ruang kelas kamu ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang  komponen  biotik dan komponen abiotik
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang komponen  penyusun lingkungan sekitar
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  komponen biotik dan abiotik
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap  komponen- komponen  penyusun  lingkungan
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  komponen – komponen  penyusun  lingkungan
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi terhadap  lingkungan   dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  komponen – komponen  penyusun  lingkungan  dengan bantuan bahan tayang
-     Diskusi penanaman konsep komponen abiotik dan biotik   penyusun  lingkungan  dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  lingkungan  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
21    1
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mempelajari Lingkungan”
Media  :  benda atau gambar yang sesuai dengan topik

Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan III :  Interaksi  dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola (2 JP)
Tujuan  esensial :
a).  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi
b). Peserta didik dapat menjabarkan pola-pola interaksi

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan gambar  atau film terkait dengan interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen makhluk hidup
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya membentuk suatu pola tertentu
20 menit
KEGIATAN INTI




-      Guru menanyakan  tentang pengertian interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen  
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap lingkungan terkait dengan  interaksi antar komponen
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  lingkungan  terkait interaksi antar komponennya
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep interaksi  antar komponen makhluk hidup dengan lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  interaksi  antar  komponen makhluk hidup   dengan  bantuan bahan tayang konsep interaksi  antar  komponen  makhluk hidup
-     Diskusi penanaman konsep interaksi  antar  komponen   lingkungan  dalam kehidupan sehari-hari

50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
22    1

Alat, Bahan dan Media :
a). Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Saling  Ketergantungan Makhluk Hidup”
b). Media :  benda atau gambar alat ukur, benda-benda sekitar yang mau  diukur dalam  kegiatan” saling ketergantungan makhluk hidup”  dan kegiatan reviu
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan IV :   Perpindahan Kalor :  Konduksi dan Konveksi (3 JP)
Tujuan  esensial  :
a).  Peserta didik dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan  makhluk hidup
b).  Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring  makanan, rantai makanan detritus dengan rantai makanan perumput
c). Peserat didik memiliki ketrampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan gambar  ekosistem yang terdiri atas berbagai komponen biotik yang saling keterkaitan
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya.
20 menit
KEGIATAN INTI



- Guru menanyakan  tentang konsep saling
   ketergantungan makhluk hidup
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap konsep saling ketergantungan
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  konsep  saling  ketergantungan 
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep saling ketergantungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  saling  ketergantungan   dengan bantuan bahan tayang konsep lingkungan
-     Diskusi penanaman konsep saling ketergantungan   dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
23    1

Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mengetahui Bentuk-bentuk  Saling  Ketergantungan”
Media  :  benda atau gambar/poster atau foto; LKS
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

H.      Penilaian
1, Sikap spiritual
a.        Teknik Penilaian: Penilaian diri
b.        Bentuk Instrumen: Lembar penilaian diri
c.         Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Menjaga kelestarian lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya                 
1
Instrumen: lihat Lampiran 1
2.         Sikap sosial
a.        Teknik Penilaian: Observasi, Penilaian Diri
b.        Bentuk Instrumen: lembar observasi, lembar penilaian diri
c.         Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Peduli pada diri sendiri lingkungan
1

  1.  
Peduli lingkungan
2

  1.  
Mengajak orang lain dalam upaya pelestarian lingkungan
3
Instrumen: lihat Lampiran 2
3.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: tes tertulis
                                   b.            Bentuk Instrumen: soal  uraian
                                   c.            Kisi-kisi:

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
Soal tes tulis nomor 1

  1.  
Menjelaskan akibat yang akan dialami makhluk hidup pada ekosistem air apabila mengalami pencemaran
Soal tes tulis nomor 2

  1.  
Menjelaskan akibat yang terjadi bila kedudukan produsen lebih kecil dibandingkan konsumennya
Soal tes tulis nomor 3

  1.  
Mengidentifikasi dampak penebangan pohon pada makhluk hidup dalam suatu ekosistem
Soal tes tulis nomor 4

Instrumen: lihat Lampiran 3
4.         Keterampilan
a.        Teknik Penilaian: observasi
b.        Bentuk Instrumen: lembar observasi
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
1.
Melakukan identifikasi komponen ekosistem pada lingkungan sekitar
1-4
2.
Mengomunikasikan hasil observasi dan identifikasi ekosistem lingkungan sekitar
5-7

Instrumen: lihat Lampiran 4

Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mata Pelajaran



H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -

   Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual
Instrumen Penilaian Diri:  Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, dalam hal mencintai lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud  pengamalan agama yang dianutnya

Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap diri Anda sendiri dalam hal mencintai lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud  pengamalan agama yang Anda anut.

Lembar Penilaian Diri:
No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1.
Mencintai lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya                 





Rubrik Penilaian:

Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
Mencintai lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya
Menyakiti atau melukai hewan, menyakiti atau melukai tumbuhan, misalnya memetik bagian tumbuhan untuk tujuan yang tidak jelas
Merawat hewan dan/atau tumbuhan namun selalu diingatkan
Merawat hewan dan/atau tumbuhan, walau kadang-kadang masih diingatkan
Merawat dan tidak menyakiti hewan dan/atau tumbuhan dengan kesadaran sendiri

 
Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial
Instrumen Penilaian Diri:  Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada diri sendiri dan kepedulian pada lingkungan.

1. Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada lingkungan
              Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada lingkungan.

Petunjuk:
Lakukan penilaian pada diri siswa dalam hal kepedulian siswa terhadap lingkungan yang dilakukan sehari-hari.


No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
a.
Menghargai orang lain




b.
Disiplin




c.
Aktif melakukan kegiatan




d.
Kerja sama




e.
Komunikasi





Rubrik Penilaian:

No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
a.

Menghargai orang lain
Sangat Tidak peduli pendapat  orang lain
Kurang peduli thd pendapat orang lain
Peduli terhadap pendapat orang lain
Selalu peduli dan menghargai pendapat orang lain
b.
Disiplin
Tidak tepat waktu (lebih dari 5 menit)
Terlambat lebih 5 menit
Terlambat lebih dari 3 menit
Tepat waktu
c.
Aktif melakukan kegiatan
Diam dan sering duduk dalam kegiatan
Kadang-kadang diam atau duduk saja
Sering member pendapat dan aktif berdiskusi
Selalu aktif dan sering menjadi motivator
d.
Kerja sama
Malas bekerja sama
Kadang-kadang
Sering bekerja sama antar teman
Selalu bekerja sama dan peduli terhadap kelompok/teman
e.
Komunikasi
Malas berbicara , diam
Kadang –kadang
Sering  berdiskusi sesuai  materi
Selalu berdiskusi sesuai materi dengan bahasa yang baik

2. Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada lingkungan
Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada lingkungan.

Petunjuk:
Lakukan penilaian pada diri Anda sendiri dalam hal kepedulian Anda pada lingkungan sekitar.

No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
a.
Menjaga kebersihan lingkungan




b.
Memperlakukan sampah





Rubrik Penilaian
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
a.
Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan sekeliling peserta didik tidak bersih
Lingkungan sekeliling peserta didik kurang bersih, masih sering diingatkan guru
Lingkungan sekeliling peserta didik selalu bersih, masih perlu diingatkan guru
Lingkungan sekeliling peserta didik selalu rapi dan bersih, dilakukan secara mandiri
b.
Memperla kukan sampah
Tidak meletakkan sampah di tempatnya
Jarang meletakkan sampah di tempat sampah
Selalu meletakkan sampah di tempat sampah namun belum sesuai jenisnya
Selalu meletakkan sampah di tempat sampah dan sesuai jenisnya

3. Tugas Proyek:      Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal menghimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam bentuk poster.
Petunjuk:
1.        Buatlah satu poster tentang himbauan pada masyarakat dalam mencegah terjadinya kerusakan ekosistem hutan.
2.      Poster dibuat dengan ukuran 60 X 100 cm.
3.        Bacalah aspek-aspek penilaian yang telah ditentukan agar dapat memperoleh nilai maksimal.
Lembar Observasi:

No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1.
Isi poster




2.
Tampilan




3.
Kalimat ajakan yang digunakan






Rubrik Penilaian:

Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
Isi poster
Tidak ada kalimat ajakan dan kalimat penghargaan
Ajakan tidak sesuai dengan tujuan, kalimat-kalimat penghargaan sangat sedikit
Ajakan sesuai dengan tujuan namun sulit dilakukan orang lain, kurang mencantumkan penghargaan pada orang lain
Ajakan sesuai dengan tujuan dan mudah diikuti/dilakukan oleh orang lain,
mencantumkan kalimat-kalimat penghargaan untuk masyarakat yang telah berperan dalam melestarikan lingkungannya
Tampilan
Dibuat secara asal-asalan, tanpa konsep
Kurang menarik, ada konsep
Menarik, ada konsep namun kurang didukung dengan tampilan visual yang sesuai
Menarik sehingga  orang lain mau melihat dan membacanya
Kalimat ajakan yang digunakan
Bahasanya meniru dari buku atau sumber lain
Menggunakan bahasa yang kurang santun
Menggunakan bahasa yang santun namun kurang persuasif
Menggunakan bahasa yang santun dan persuasif



Lembar Observasi:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1.
Melakukan penyelidikan

a.
Merumuskan masalah, hipotesis, dan
merencanakan percobaan




b.
Merumuskan hipotesis




c.
Merencanakan prosedur percobaan




d.
Melakukan pengamatan/pengukuran




e.
Melakukan analisis data dan
menyimpulkan




2.
Mengomunikasikan hasil penyelidikan

a.
Penguasaan konsep sains yang disampaikan




b.
Penampilan presenter 




c.
Tayangan presentasi





Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1. Melakukan penyelidikan
a.
Merumus kan masalah
Tidak merumuskan masalah
Rumusan masalah tidak mengandung variabel penelitian
Rumusan masalah mengandung variabel penelitian, dilakukan dengan bantuan guru
Rumusan masalah mengandung variabel penelitian, dilakukan secara mandiri
b.
Merumus kan hipotesis

Tidak bisa membuat hipotesis
Kurang sesuai dengan permasalahan, kurang mengaitkan variabel-variabel eksperimen, tidak mengarah ke penyelidikan, membutuhkan banyak bantuan guru 
Sesuai dengan permasalahan, mengaitkan variabel-variabel eksperimen, mengarah ke penyelidikan, dilakukan dengan sedikit bantuan guru
Sesuai dengan permasalahan, mengaitkan variabel-variabel eksperimen, mengarah ke penyelidikan, dilakukan secara mandiri (individual atau kelompok)
c.
Merencanakan prosedur percobaan
Langkah-langkah disusun tidak urut
Disusun urut, tidak mengakomodasi variabel-variabel dalam hipotesis
Disusun urut, mengakomoda si variabel-variabel dalam hipotesis, tidak mudah dipahami
Disusun urut, mengakomoda si variabel-variabel dalam hipotesis, dan mudah dipahami
d.
Melakukan pengamatan/
pengukuran
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat, tetapi mengandung inferensi
Pengamatan cermat, dan bebas inferensi, mencatat data kuantitatif atau kualitatif
Pengamatan cermat, dan bebas inferensi, mencatat data kuantitatif dan kualitatif
e.
Melakukan analisis data dan menyimpul kan
Tidak mampu
Dilakukan dengan bantuan guru
Merujuk pada hipotesis, dilakukan secara mandiri (individual atau kelompok)
Berdasarkan data, dan merujuk pada hipotesis, dilakukan secara mandiri (individual atau kelompok),
2. Mengomunikasikan hasil penyelidikan
a.
Penguasaan konsep sains yang disampaikan
tidak menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan tidak tepat
kurang menguasai konsep IPA, istilah-istilah yang digunakan kurang tepat
menguasai konsep IPA dengan baik, istilah-istilah yang digunakan benar,
menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan benar dan tepat
b.
Performance 
Penyampai an tidak mudah dipahami, tidak komunikatif dengan audiens, tidak memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian tidak mudah dipahami, kurang komunikatif dengan audiens, kurang  memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, kurang memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian mudah dipahami, sangat komunikatif dengan audiens, memberi kesempatan audiens untuk berpikir
c.
Tampilan presentasi
tayangan/
tampilan tidak menarik dan tidak sesuai dengan materi
tayangan/
tampilan kurang menarik, kurang sesuai dengan materi
tayangan/
tampilan menarik, kurang sesuai dengan materi
tayangan/
tampilan sangat menarik dan sesuai dengan materi



Lampiran 5. Lembar kerja Siswa
Hari/Tanggal: ………………………Kelompok :…………………….


LEMBAR KERJA SISWA

A.    Tema                 : Komponen Lingkungan
B.     Tujuan              : Mengelompokkan komponen biotik dan komponen abiotik
C.     Alat dan Bahan
1.      Alat                        : Lingkungan sekitar sekolah
2.      Bahan         : -
D.    Langkah Kegiatan
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
2.      Guru meminta siswa untuk keluar kelas dan mengamati lingkungan sekitar sekolah
3.      Siswa mengidentifikasikan komponen biotik dan abiotik dan mengisikan ke dalam tabel!
4.      Susunlah komponen yang termasuk biotic mambentuk pola interaksi yang bisa terjadi pada ekosistem tersebut! Gambarkan skemanya pada tempat yang tersedia!

E.     Tabel pengamatan
Isilah tabel dengan memberi tanda cheklist (V) yang sesuai !
No.
Nama benda
Komponen Biotik
Komponen Abiotik














Skema : pola interaksi komponen biotik


 














F.      Bahan diskusi
1.      Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik!
………………………………………………………………………………….
2.      Apakah yang dimaksud dengan komponen abiotik!
………………………………………………………………………………….
3.      Apakah komponen biotik dan abiotik saling mempengaruhi dalam lingkungan? Jelaskan!
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

4.      Bagaimanakah pola interaksi yang terjadi, ? Bentuk  interaksi apakah yang terjadi? Jelaskan!
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

G.    Kesimpulan
Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................











itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Kurtilas semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Assalamualaikum, bu amalia RPP nya bagus, bolehkan saya minta filenya, kebetulan saya sedang perlu RPP tentang lingkungan. Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.