RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP PANCASILA
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/2
|
Mata Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Topik
|
:
|
Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya
|
Alokasi Waktu
|
:
|
15 x 40
menit
|
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1. Menjaga
dan merawat tanaman di sekolah dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep ekosistem
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin,
aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan ekosistem
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain
dalam melaporkan hasil percobaan ekosistem
3.8.Mendiskripsikan interaksi antar
makhlukhidup dan lingkungannnya
Indikator:
3.8.1. Menjelaskan konsep lingkungan
3.8.2. Menjelaskan
komponen abiotik dan biotik pada
lingkungan
3.8.3. Menjelaskan interaksi antar komponen dalam ekosistem
membentuk pola-pola tertentu
3.8.4. Menjelaskan bentuk-bentuk saling ketergantungan antar komponen penyusun ekosistem
3.8.5. Menjelaskan bentuk
saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup yang tergambar terutama pada aliran energi dan siklus materi
C.
Tujuan
1.
Siswa dapat menjelaskan konsep lingkungan
2.
Siswa dapat menjelaskan
komponen abiotik dan biotik pada
lingkungan
3.
Siswa dapat menjelaskan interaksi antar komponen dalam ekosistem
membentuk pola-pola tertentu
4.
Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk saling ketergantungan antar komponen penyusun ekosistem
5.
Siswa dapat menjelaskan bentuk
saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup yang tergambar terutama pada aliran energi dan siklus materi
D.
Materi Pelajaran
1.
Konsep Lingkungan
Pengertian lingkungan
Istilah lingkungan berasal
dari kata “environment” yang memiliki makna “The physical, chemical and biotic
condition surrounding an organism”. Berdasarkan istilah tersebut maka
lingkungan secara umum diartikan segala sesuatu yang berada di luar suatu
individu.
Segala sesuatu diluar individu merupakan system yang
kompleks dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Kondisi demikian yang
menjadikan lingkungan bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah sesuai dengan
kondisi dan seberapa besar pengaruh masing-masing komponen terhadap satu sama
lain.
Perubahan lingkungan yang terjadi dapat berdampak
lebih baik atau lebih buruk bagi suatu organism yang ada.
Lingkungan terdiri atas dua komponen yaitu :
1.
Komponen biotic,
terdiri atas makhluk hiudp seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik
2.
Komponen
abiotik, terdiri atas benda tak hidup seperti: air, tanah, udara, cahaya, suhu,
sampah dll.
2.
Apa
yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan ?
Lingkungan sebagai tempat hidup adalah suatu
kesatuan antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti
tanah , air, energy surya , mineral serta flora dan fauna yang tumuh di atas
tanah maupun di lautan.
Lingkungan hidup terdiri dari dua bagian, yakni
lingkungan abiotik dan lingkungan biotic. Komponen abiotik dan biotic dalam
suatu lingkungan akan mengalami hubungan timbal balik membentuk suatu system
yang disebut ekosistem. Ekosistem yang terbentuk di muka bumi sangat beragam,
seperti ekosistem laut, ekosistem sawah, ekosistem hutan tropis, ekosistem
gurun pasir dll.
3.
Interaksi
dalam Ekosistem Membentuk suatu Pola
Setiap
organisme tidak dapat hidup sendiri dan selalu tergantung pada organism lain
dan lingkungannya. Didalam ekosistem,
komponen biotic akan saling berinteraksi dengan komponen biotic lainnya
dengan membentuk pola tertentu .bentuk interaksi tersebut dapat berupa :
1. Jaring-jaring
makanan dan rantai makanan
2. Simbiosis
3. Predasi
4.
Bentuk-bentuk
saling ketergantungan
Saling
ketergantungan yang terjadi pada makhluk hidup di suatu ekosistem dapat
digambarkan dalam aliran energy dan siklus materi. Aliran energi dan materi
dapat berlangsung melalui peristiwa rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Model : Discovery learning
- Metode : Observasi dan diskusi
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Carta ;
2. Alat:LKS
3. Sumber Pembelajaran: Lingkungan sekolah, Buku
IPA (guru dan Siswa) Kemendikbud 2013
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I : Konsep
Lingkungan ( 2 JP )
Tujuan esensial :
Peserta didik dapat
menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan
gambar suatu kawasan “ apa yang kamu
lihat dalam gambar tersebut ?”
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi
makhluk hidup dengan lingkungannya.
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang konsep lingkungan
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap lingkungan
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi terhadap lingkungan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep
lingkungan dengan bantuan bahan
tayang konsep lingkungan
-
Diskusi penanaman konsep lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
20
1
|
Pertemuan II : Apa yang
Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan (3
JP )
Tujuan esensial :
Peserta didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan
mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan bertanya “ apa yang kamu lihat terkait dengan komponen biotik dan abiotik pada ruang kelas kamu ?”
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang komponen biotik dan komponen abiotik
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang komponen penyusun lingkungan sekitar
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS komponen biotik
dan abiotik
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap komponen- komponen penyusun
lingkungan
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap komponen – komponen penyusun
lingkungan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi terhadap lingkungan
dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep komponen
– komponen penyusun lingkungan dengan bantuan bahan tayang
-
Diskusi penanaman konsep komponen abiotik dan biotik penyusun
lingkungan dalam kehidupan
sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi
lingkungan dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
|
21
1
|
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan
sesuai kegiatan “Mempelajari Lingkungan”
Media :
benda atau gambar yang sesuai dengan topik
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan III : Interaksi
dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola (2 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
interaksi
b). Peserta didik
dapat menjabarkan pola-pola interaksi
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan
gambar atau film terkait dengan
interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen makhluk hidup
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi makhluk
hidup dengan lingkungannya membentuk suatu pola tertentu
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru menanyakan
tentang
pengertian interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap lingkungan terkait
dengan interaksi antar komponen
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap lingkungan
terkait interaksi antar komponennya
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep interaksi antar komponen makhluk hidup dengan
lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep interaksi antar
komponen makhluk hidup dengan bantuan bahan tayang konsep interaksi antar
komponen makhluk hidup
-
Diskusi penanaman konsep interaksi
antar komponen lingkungan
dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
22
1
|
Alat,
Bahan dan Media :
a). Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Saling Ketergantungan Makhluk Hidup”
b). Media : benda
atau gambar alat ukur, benda-benda sekitar yang mau diukur dalam
kegiatan” saling ketergantungan makhluk hidup” dan kegiatan reviu
Sumber
Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah
ekologi dan internet)
Pertemuan IV : Perpindahan Kalor : Konduksi dan Konveksi (3 JP)
Tujuan esensial
:
a). Peserta didik
dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk
hidup
b). Peserta didik dapat
menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan
detritus dengan rantai makanan perumput
c). Peserat didik memiliki ketrampilan berbicara di muka
kelas melalui kegiatan presentasi hasil
eksplorasi
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan
gambar ekosistem yang terdiri atas
berbagai komponen biotik yang saling keterkaitan
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi
makhluk hidup dengan lingkungannya.
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
- Guru menanyakan tentang konsep saling
ketergantungan makhluk hidup
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS saling
ketergantungan antar komponen makhluk hidup
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap konsep saling
ketergantungan
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap konsep
saling ketergantungan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep saling ketergantungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep saling ketergantungan dengan bantuan bahan tayang konsep
lingkungan
-
Diskusi penanaman konsep saling ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
23
1
|
Alat,
Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mengetahui
Bentuk-bentuk Saling Ketergantungan”
Media : benda atau gambar/poster atau foto;
LKS
Sumber
Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah
ekologi dan internet)
H.
Penilaian
1,
Sikap spiritual
a.
Teknik
Penilaian: Penilaian diri
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar penilaian diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Menjaga kelestarian lingkungan (biotik
dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
2.
Sikap
sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi, Penilaian Diri
b.
Bentuk
Instrumen: lembar observasi, lembar penilaian diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Peduli
pada diri sendiri lingkungan
|
1
|
|
Peduli
lingkungan
|
2
|
|
Mengajak
orang lain dalam upaya pelestarian lingkungan
|
3
|
Instrumen: lihat
Lampiran 2
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian: tes tertulis
b.
Bentuk
Instrumen: soal uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
|
Soal tes tulis nomor 1
|
|
Menjelaskan akibat yang akan dialami makhluk hidup pada
ekosistem air apabila mengalami pencemaran
|
Soal tes tulis nomor 2
|
|
Menjelaskan akibat yang terjadi bila kedudukan
produsen lebih kecil dibandingkan konsumennya
|
Soal tes tulis nomor 3
|
|
Mengidentifikasi dampak penebangan pohon pada makhluk hidup dalam
suatu ekosistem
|
Soal tes tulis nomor 4
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian: observasi
b.
Bentuk
Instrumen: lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Melakukan
identifikasi komponen ekosistem pada lingkungan sekitar
|
1-4
|
2.
|
Mengomunikasikan
hasil observasi dan identifikasi ekosistem lingkungan sekitar
|
5-7
|
Instrumen: lihat Lampiran 4
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mata Pelajaran
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
Instrumen
Penilaian Diri: Digunakan
untuk menilai sikap spiritual peserta didik, dalam hal mencintai lingkungan
(biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud
pengamalan agama yang dianutnya
Petunjuk:
Lakukan penilaian
terhadap diri Anda sendiri dalam hal mencintai lingkungan (biotik dan abiotik)
sebagai ciptaan Tuhan merupakan
wujud pengamalan agama yang Anda anut.
Lembar Penilaian Diri:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Mencintai
lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama
yang dianutnya
|
Rubrik Penilaian:
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
|
Mencintai
lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama
yang dianutnya
|
Menyakiti atau melukai hewan, menyakiti
atau melukai tumbuhan, misalnya memetik bagian tumbuhan untuk tujuan yang
tidak jelas
|
Merawat hewan dan/atau tumbuhan namun
selalu diingatkan
|
Merawat hewan dan/atau tumbuhan, walau
kadang-kadang masih diingatkan
|
Merawat dan tidak menyakiti hewan
dan/atau tumbuhan dengan kesadaran sendiri
|
Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial
Instrumen
Penilaian Diri: Digunakan
untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada diri sendiri
dan kepedulian pada lingkungan.
1. Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada lingkungan
Digunakan
untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada lingkungan.
Petunjuk:
Lakukan penilaian
pada diri siswa dalam hal kepedulian
siswa terhadap lingkungan yang dilakukan sehari-hari.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
a.
|
Menghargai
orang lain
|
||||
b.
|
Disiplin
|
||||
c.
|
Aktif
melakukan kegiatan
|
||||
d.
|
Kerja
sama
|
||||
e.
|
Komunikasi
|
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
a.
|
Menghargai
orang lain
|
Sangat Tidak peduli pendapat
orang lain
|
Kurang peduli thd pendapat orang lain
|
Peduli terhadap pendapat orang lain
|
Selalu peduli dan menghargai pendapat orang lain
|
b.
|
Disiplin
|
Tidak tepat waktu (lebih dari 5 menit)
|
Terlambat lebih 5 menit
|
Terlambat lebih dari 3 menit
|
Tepat waktu
|
c.
|
Aktif melakukan kegiatan
|
Diam dan sering duduk dalam kegiatan
|
Kadang-kadang diam atau duduk saja
|
Sering member pendapat dan aktif berdiskusi
|
Selalu aktif dan sering menjadi motivator
|
d.
|
Kerja sama
|
Malas bekerja sama
|
Kadang-kadang
|
Sering bekerja sama antar teman
|
Selalu bekerja sama dan peduli terhadap kelompok/teman
|
e.
|
Komunikasi
|
Malas berbicara , diam
|
Kadang –kadang
|
Sering berdiskusi
sesuai materi
|
Selalu berdiskusi sesuai materi dengan bahasa yang baik
|
2. Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada lingkungan
Digunakan untuk menilai sikap sosial
peserta didik dalam hal kepedulian pada lingkungan.
Petunjuk:
Lakukan penilaian
pada diri Anda sendiri dalam hal kepedulian Anda pada lingkungan sekitar.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
a.
|
Menjaga
kebersihan lingkungan
|
||||
b.
|
Memperlakukan
sampah
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
a.
|
Menjaga
kebersihan lingkungan
|
Lingkungan sekeliling peserta didik tidak bersih
|
Lingkungan sekeliling peserta didik kurang bersih, masih
sering diingatkan guru
|
Lingkungan sekeliling peserta didik selalu bersih, masih
perlu diingatkan guru
|
Lingkungan sekeliling peserta didik selalu rapi dan bersih,
dilakukan secara mandiri
|
b.
|
Memperla kukan
sampah
|
Tidak meletakkan sampah di tempatnya
|
Jarang meletakkan sampah di tempat sampah
|
Selalu meletakkan sampah di tempat sampah namun belum sesuai
jenisnya
|
Selalu meletakkan sampah di tempat sampah dan sesuai jenisnya
|
3. Tugas Proyek: Digunakan
untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal menghimbau masyarakat untuk
menjaga kelestarian lingkungan dalam bentuk poster.
Petunjuk:
1.
Buatlah
satu poster tentang himbauan pada masyarakat dalam mencegah terjadinya
kerusakan ekosistem hutan.
2. Poster dibuat dengan ukuran 60 X 100
cm.
3.
Bacalah
aspek-aspek penilaian yang telah ditentukan agar dapat memperoleh nilai
maksimal.
Lembar Observasi:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Isi
poster
|
||||
2.
|
Tampilan
|
||||
3.
|
Kalimat
ajakan yang digunakan
|
Rubrik Penilaian:
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
|
Isi
poster
|
Tidak ada kalimat ajakan dan kalimat penghargaan
|
Ajakan tidak sesuai dengan tujuan, kalimat-kalimat
penghargaan sangat sedikit
|
Ajakan sesuai dengan tujuan namun sulit dilakukan orang lain,
kurang mencantumkan penghargaan pada orang lain
|
Ajakan sesuai dengan tujuan dan mudah diikuti/dilakukan oleh
orang lain,
mencantumkan kalimat-kalimat penghargaan untuk masyarakat
yang telah berperan dalam melestarikan lingkungannya
|
Tampilan
|
Dibuat secara asal-asalan, tanpa konsep
|
Kurang menarik, ada konsep
|
Menarik, ada konsep namun kurang didukung dengan tampilan
visual yang sesuai
|
Menarik sehingga orang
lain mau melihat dan membacanya
|
Kalimat ajakan yang digunakan
|
Bahasanya meniru dari buku atau sumber lain
|
Menggunakan bahasa yang kurang santun
|
Menggunakan bahasa yang santun namun kurang persuasif
|
Menggunakan bahasa yang santun dan persuasif
|
Lembar
Observasi:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Melakukan
penyelidikan
|
||||
a.
|
Merumuskan masalah, hipotesis, dan
merencanakan
percobaan
|
||||
b.
|
Merumuskan hipotesis
|
||||
c.
|
Merencanakan
prosedur percobaan
|
||||
d.
|
Melakukan pengamatan/pengukuran
|
||||
e.
|
Melakukan analisis data dan
menyimpulkan
|
||||
2.
|
Mengomunikasikan
hasil penyelidikan
|
||||
a.
|
Penguasaan konsep sains yang
disampaikan
|
||||
b.
|
Penampilan
presenter
|
||||
c.
|
Tayangan
presentasi
|
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
Melakukan penyelidikan
|
|||||
a.
|
Merumus kan masalah
|
Tidak merumuskan masalah
|
Rumusan masalah tidak mengandung variabel penelitian
|
Rumusan masalah mengandung variabel penelitian, dilakukan
dengan bantuan guru
|
Rumusan masalah mengandung variabel penelitian, dilakukan
secara mandiri
|
b.
|
Merumus kan hipotesis
|
Tidak bisa membuat hipotesis
|
Kurang sesuai dengan permasalahan, kurang mengaitkan
variabel-variabel eksperimen, tidak mengarah ke penyelidikan, membutuhkan
banyak bantuan guru
|
Sesuai dengan permasalahan, mengaitkan variabel-variabel
eksperimen, mengarah ke penyelidikan, dilakukan dengan sedikit bantuan guru
|
Sesuai dengan permasalahan, mengaitkan variabel-variabel
eksperimen, mengarah ke penyelidikan, dilakukan secara mandiri (individual
atau kelompok)
|
c.
|
Merencanakan prosedur percobaan
|
Langkah-langkah disusun tidak urut
|
Disusun urut, tidak mengakomodasi variabel-variabel dalam
hipotesis
|
Disusun urut, mengakomoda si variabel-variabel dalam
hipotesis, tidak mudah dipahami
|
Disusun urut, mengakomoda si variabel-variabel dalam
hipotesis, dan mudah dipahami
|
d.
|
Melakukan pengamatan/
pengukuran
|
Pengamatan tidak cermat
|
Pengamatan cermat, tetapi mengandung inferensi
|
Pengamatan cermat, dan bebas inferensi, mencatat data
kuantitatif atau kualitatif
|
Pengamatan cermat, dan bebas inferensi, mencatat data
kuantitatif dan kualitatif
|
e.
|
Melakukan analisis data dan menyimpul kan
|
Tidak
mampu
|
Dilakukan
dengan bantuan guru
|
Merujuk pada hipotesis, dilakukan secara mandiri (individual
atau kelompok)
|
Berdasarkan data, dan merujuk pada hipotesis, dilakukan
secara mandiri (individual atau kelompok),
|
2. Mengomunikasikan hasil penyelidikan
|
|||||
a.
|
Penguasaan konsep sains yang disampaikan
|
tidak menguasai
konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan tidak tepat
|
kurang menguasai
konsep IPA, istilah-istilah yang digunakan kurang tepat
|
menguasai konsep
IPA dengan baik, istilah-istilah yang digunakan benar,
|
menguasai konsep
IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan benar dan tepat
|
b.
|
Performance
|
Penyampai an
tidak mudah dipahami, tidak komunikatif dengan audiens, tidak memberi
kesempatan audiens untuk berpikir
|
penyampaian tidak
mudah dipahami, kurang komunikatif dengan audiens, kurang memberi kesempatan audiens untuk berpikir
|
penyampaian mudah
dipahami, komunikatif dengan audiens, kurang memberi kesempatan audiens untuk
berpikir
|
penyampaian mudah
dipahami, sangat komunikatif dengan audiens, memberi kesempatan audiens untuk
berpikir
|
c.
|
Tampilan
presentasi
|
tayangan/
tampilan tidak
menarik dan tidak sesuai dengan materi
|
tayangan/
tampilan kurang
menarik, kurang sesuai dengan materi
|
tayangan/
tampilan menarik,
kurang sesuai dengan materi
|
tayangan/
tampilan sangat menarik
dan sesuai dengan materi
|
Lampiran 5.
Lembar kerja Siswa
Hari/Tanggal: ………………………Kelompok :…………………….
|
|||||||||||
LEMBAR KERJA SISWA
A.
Tema : Komponen Lingkungan
B.
Tujuan : Mengelompokkan komponen
biotik dan komponen abiotik
C.
Alat
dan Bahan
1.
Alat : Lingkungan sekitar sekolah
2.
Bahan : -
D.
Langkah
Kegiatan
1.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
2.
Guru meminta siswa untuk keluar kelas dan
mengamati lingkungan sekitar sekolah
3.
Siswa mengidentifikasikan komponen biotik dan
abiotik dan mengisikan ke dalam tabel!
4.
Susunlah
komponen yang termasuk biotic mambentuk pola interaksi yang bisa terjadi pada
ekosistem tersebut! Gambarkan skemanya pada tempat yang tersedia!
E.
Tabel pengamatan
Isilah tabel dengan memberi tanda cheklist (V) yang sesuai !
Skema : pola
interaksi komponen biotik
F. Bahan
diskusi
1.
Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik!
………………………………………………………………………………….
2.
Apakah yang dimaksud dengan komponen abiotik!
………………………………………………………………………………….
3.
Apakah komponen biotik dan abiotik saling mempengaruhi dalam lingkungan? Jelaskan!
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
4.
Bagaimanakah pola interaksi yang
terjadi, ? Bentuk interaksi apakah
yang terjadi? Jelaskan!
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
G.
Kesimpulan
Apa yang
dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
|
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Kurtilas semoga bermanfaat
Assalamualaikum, bu amalia RPP nya bagus, bolehkan saya minta filenya, kebetulan saya sedang perlu RPP tentang lingkungan. Terimakasih sebelumnya..
ReplyDeleteterima kasih
ReplyDelete