Tuesday, March 14, 2017

Download RPP IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Kalor Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Sekolah                       :    SMP PANCASILA
Matapelajaran             :    IPA
Kelas/Semester           :    VII/2
Materi Pokok              :    Kalor
Alokasi Waktu            :    10 x 40 menit
A.      Kompetensi Inti (KI)
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak  mata)
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7     Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor ,perpindahan kalor, dan penerapannya  dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.7.1    Menjelaskan konsep pengertian kalor dan kalori makanan
3.7.2   Menjelaskan kalor dan perubahan suhu
3.7.3   Menjelaskan kalor dan perubahan wujud 
3.7.4   Menjelaskan perpindahan kalor, konduksi dan konveksi
3.7.5   Menjelaskan perpindahan kalor secara radiasi
4.7.1        Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya, serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
Indikator:
4.7.1.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud  benda
4.7.2        Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Indikator:
4.7.2.1 Melakukan percobaan tentang perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
C.      Tujuan
Pertemuan 1 :
1.        Melakukan observasi lingkungan tentang kalor
2.        Mengidentifikasi pengaruh kalor yang ada pada lingkungan
Pertemuan 2 :
3.        Menerapkan persamaan kalor untuk kenaikan suhu pada permasalahan yang sesuai
Pertemuan 3 :
4.        Menentukan kalor untuk perubahan wujud benda
Pertemuan 4 :
5.        Mengidentifikasi macam-macam perpindahan kalor yang ada di lingkungan
6.        Menjelaskan proses terjadinya konduksi
7.        Menjelaskan contoh konduksi dalam kehidupan sehari-hari
8.        Menjelaskan proses terjadinya konveksi
9.        Menjelaskan contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan 5 :
10.    Menjelaskan proses terjadinya radiasi
11.    Menjelaskan contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari

D.      Materi Pelajaran
1.      Pengertian  kalor dan kalori makanan
2.      Kalor dan Perubahan Suhu
3.      Kalor dan Perubahan Wujud
4.      Perpindahan Kalor : Konduksi dan Konveksi
5.      Perpindahan Kalor : Radiasi

E.       Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan   :    Scientifik
2.      Model           :    Discovery learning
3.      Metode         :    Eksperimen dan diskusi

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                  :    ppt
2.      Alat/Bahan          :    sesuai LKS
3.      Sumber Belajar    :    Buku pegangan siswa dan sumber lain yang relevan

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 : Pengertian  Kalor dan Kalori  Makanan (3 jp)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan label yang menunjukkan    kalori  makanan dan  tentang suhu “ apa yang kamu lihat dalam label tersebut ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar tentang kalor dan kalori makanan
20 menit
Kegiatan Inti



-      Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan
-      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan “Membandingkan Energi Panas Benda”
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan percobaan
-      Diskusi kelompok mengenai hasil penyelidikan dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  kalor dengan bantuan bahan tayang konsep kalor
-     Diskusi penanaman konsep kalor dalam kehidupan sehari-hari
80 menit
Penutup

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-      Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20 menit

Pertemuan 2 : Kalor dan Perubahan Suhu  ( 3 JP )
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan   menunjukkan gambar (ppt) tentang pemanasan air dan minyak. bertanya “ mana yang lebih cepat panas ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang  kalor pada perubahan suhu
20 menit
Kegiatan Inti



-      Guru menanyakan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan suhu benda selain kalor.
-      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan “Selain kalor, apa yang mempengaruhi kenaikan suhu benda?”
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan kegiatan tersebut
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dengan  menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep kalor dan perubahan suhu melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  kalor dan perubahan suhu dengan bantuan bahan tayang
-     Diskusi penanaman konsep kalor dan perubahan suhu   dalam kehidupan sehari-hari
80 menit
Penutup

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  lingkungan  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-      Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20 menit

Pertemuan 3 : Kalor dan Perubahan Wujud  (2 JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan ppt atau gambar tentang perubahan wujud (misalnya es yang dipanasi), “bagaimana dengan suhu benda pada saat itu?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang kalor dan perubahan wujud benda
15 menit
Kegiatan Inti



-       Guru menanyakan  tentang kalor dan perubahan wujud benda 
-       Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  kalor dan perubahan wujud benda 
-       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan “Bagaimana suhu benda saat terjadi perubahan wujud?” 
-       Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan percobaan
-      Diskusi kelompok mengenai hasil percobaan dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-       Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-       Diskusi kelas untuk menanamkan konsep kalor dan perubahan wujud benda melalui  percobaan
-       Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  kalor dan perubahan wujud benda 
-       Diskusi penanaman konsep kalor dan perubahan wujud benda 
50 menit
Penutup

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
15 menit

   Pertemuan  4 : Perpindahan Kalor :  Konduksi dan Konveksi (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  mendemonstrasikan peristiwa  konduksi dan konveksi, kemudian menanyakan tanggapan  terhadap fenomena tersebut
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang perpindahan kalor, konduksi dan konveksi
20 menit
Kegiatan Inti



-      Guru menanyakan tentang konsep perpindahan kalor : konduksi dan konveksi
-      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan “Apakah jenis bahan berpengaruh terhadap konduktivitas bahan?”
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan percobaan tentang perpindahan kalor : konduksi dan konveksi
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep percobaan tentang perpindahan kalor : konduksi dan konveksi
-     Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi percobaan tentang perpindahan kalor : konduksi dan konveksi
-     Diskusi penanaman konsep percobaan tentang perpindahan kalor : konduksi dan konveksi dalam kehidupan sehari-hari
80 menit
Penutup

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-      Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20 menit

Pertemuan 5 : Radiasi  ( 2 JP )
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  meminta peserta didik keluar untuk merasakan panas matahari,  menyuruhnya untuk mengaitkan  mekanisme  perpindahan  panas yang sudah dikenal
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya
20 menit
Kegiatan Inti



-      Guru menanyakan tentang radiasi 
-      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi terhadap lingkungan  tentang radiasi
-      Melakukan percobaan pengaruh warna  benda terhadap kenaikan suhunya, menggunakan 3 termometer, dibungkus kertas dengan 3 warna yang berbeda,
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep radiasi   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  radiasi  dengan bantuan bahan tayang konsep radiasi
-     Diskusi penanaman konsep radiasi dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
Penutup

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok tentang  radiasi
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20 menit

Pertemuan  6 :  Penyajian  Tugas Proyek (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru  memberikan orientasikan peserta didik kepada masalah Tugas Proyek (bagian akhir Evaluasi Bab VIII Buku Pegangan peserta didik)
20 menit
Kegiatan Inti

Secara berkelompok peserta didik melakukan tugas proyek, jika mungkin sampai menghasilkan produk
80 menit
Penutup

Refleksi terhadap cara  pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik
20 menit

H.      Penilaian
1.         Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Pilihan Ganda
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2.         Contoh Instrumen
a.       Penilaian Sikap
No
Nama
Perilaku yang diamati pada pembelajaran
Meng
hargai orang lain
Disiplin
Aktif melaku
kan kegiatan
Beker
Ja sama dalam diskusi

Komu
nikasi


Menang gapi penda
pat siswa lain
Mengaju
kan gagasan/
ide baru
1








2








3








4








5









b.      Penilaian Pengetahuan  
1.    Pernyataan mengenai kalor yang benar adalah….
a.       kalor berpindah dari benda yang bersuhu rendah ke benda yang bersuhu tinggi
b.      kalor berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah
c.       kalor berpindah dari benda yang memiliki massa jenis lebih kecil ke benda yang memiliki massa jenis lebih besar
d.      kalor berpindah dari benda yang memiliki massa jenis lebih besar ke benda yang memiliki massa jenis lebih kecil
2.    Satuan kalor dalam SI adalah….
a.       joule                                                   c.  kalori
b.      kWh                                                   d.  kilokalori
3.    Pada saat benda mengalami perubahan wujud, suhu benda….
a.       naik                                                    c.  tetap
b.      turun                                                   d.  berubah-ubah
4.    Perpindahan kalor dari satu benda ke benda lain dapat melalui peristiwa berikut, kecuali….
a.       radiasi                                                 c.  konduksi
b.      konveksi                                             d.  penyinaran
5.    Peristiwa yang menunjukkan perpindahan kalor secara konduksi adalah….
a.       terjadinya arus vertikal
b.      memanasnya setrika listrik saat digunakan
c.       mencairnya es batu di dalam gelas
d.      pemancaran energi matahari ke bumi
6.    Apa yang dimaksud dengan kalor?
7.    Tentukan kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 2 kg air sehingga suhunya naik 50°C, kalor jenis air 4.200 J/kg K!
8.    Tentukan kalor yang dibutuhkan untuk mengubah wujud 2 kg es menjadi air jika kalor lebur es 334.000 J/kg!
9.    Apa yang dimaksud dengan konveksi?
10.                        Sebutkan contoh perpindahan kalor secara radiasi!
Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor
Keterangan
1.
B
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
2.
A
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
3.
C
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
4.
D
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
5.
B
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
6.
Kalor menyatakan banyaknya panas yang berpindah dari suatu benda.
2
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati benar
Jika jawaban salah
7.
2
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati benar
Jika jawaban salah
8.
2
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati benar
Jika jawaban salah
9.
Konveksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat yang disertai perpindahan partikel zat tersebut.
2
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati benar
Jika jawaban salah
10.
-       sinar matahari sampai ke bumi
-       badan merasa hangat ketika duduk di sekitar api unggun
2
1
0
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati benar
Jika jawaban salah
Jumlah skor maksimal
15



c.       Penilaian Unjuk Kerja
No.
Pernyataan
Kesesuaian Tindakan Kerja
Ya
Tidak
1.
Menyiapkan alat dan bahan


2.
Membaca petunjuk praktikum


3.
Melakukan praktikum sesuai petunjuk


4.
Melakukan pengamatan


5.
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi


6.
Mencatat hasil praktikum


7.
Menganalisis hasil praktikum


8.
Menarik kesimpulan


9.
Mengembalikan alat dan bahan


10.
Mempresentasikan hasil praktikum


Jumlah skor




Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mata Pelajaran



            H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -



 
Lembar Kerja Siswa

Nama   :   1.
                2.
                3.
                4.
Kelas   :

A.      Tujuan : mengetahui hubungan antara energi kalor dengan massa benda

B.       Alat dan Bahan
1.      Gelas beker
2.      Gelas ukur
3.      Termometer
4.      Pembakar spiritus
5.      Stopwatch
6.      Air

C.       Langkah Kerja
1.      Ambillah air 100 gram, letakkan di dalam gelas beker, ukur suhunya.
2.      Panaskan air itu dengan bantuan pembakar spiritus, ukur waktu yang diperlukan untuk mencapai suhu 60°C.
3.      Ulangi langkah 1 dan 2 untuk air 200 gram.

D.      Data percobaan
Massa air
Waktu
100 gram

200 gram


Pertanyaan
1.      Apakah waktu yang diperlukan untuk memanaskan 100 gram air dan 200 gram air sama?
2.      Bagaimana hubungan antara massa air dengan waktu untuk memanaskan air?
3.      Bagaimana hubungan antara energi kalor dengan massa air yang dipanaskan?

E.       Kesimpulan













Lembar Kerja Siswa

Nama   :   1.
                2.
                3.
                4.
Kelas   :

A.      Tujuan : mengetahui hubungan antara energi kalor dengan jenis benda

B.       Alat dan Bahan
1.      Gelas beker
2.      Gelas ukur
3.      Termometer
4.      Pembakar spiritus
5.      Stopwatch
6.      Air
7.      Minyak kelapa

C.       Langkah Kerja
1.      Ambillah air 100 gram, letakkan di dalam gelas beker, ukur suhunya.
2.      Panaskan air itu dengan bantuan pembakar spiritus, ukur waktu yang diperlukan untuk mencapai suhu 60°C.
3.      Ulangi langkah 1 dan 2 untuk minyak kelapa.

D.      Data percobaan
Jenis benda
Waktu
100 gram air

100 gram minyak kelapa


Pertanyaan
1.      Apakah waktu yang diperlukan untuk memanaskan 100 gram air dan 100 gram minyak kelapa sama?
2.      Bagaimana hubungan antara jenis air dengan waktu untuk memanaskan?
3.      Bagaimana hubungan antara energi kalor dengan jenis benda yang dipanaskan?

E.       Kesimpulan












Lembar Kerja Siswa

Nama   :   1.
                2.
                3.
                4.
Kelas   :

A.      Tujuan : mengetahui suhu benda saat terjadi perubahan benda

B.       Alat dan Bahan
1.      Gelas beker
2.      Gelas ukur
3.      Termometer
4.      Pembakar spiritus
5.      Stopwatch
6.      Es batu

C.       Langkah Kerja
1.      Siapkan gelas beker berisi 400 gram es batu, ukur suhunya.
2.      Panaskan gelas beker dengan bantuan pembakar spiritus, aduk ukur suhunya setiap setengah menit, sampai tiga menit.
3.      Catat hasil pengukuran pada tabel data.

D.      Data Percobaan
Waktu
Suhu
0,5 menit

1 menit

1,5 menit

2 menit

2,5 menit

3 menit


Pertanyaan
1.      Bagaimana suhu benda setiap kali dilakukan pengukuran?
2.      Apakah ada yang suhunya sama? Pada menit ke berapa?

E.       Kesimpulan







Lembar Kerja Siswa

Nama   :   1.
                2.
                3.
                4.
Kelas   :

A.      Tujuan : mengetahui pengaruh jenis bahan terhadap konduktivitas bahan

B.       Alat dan Bahan
1.      Sendok kayu, sendok logam, dan sendok plastik berukuran sama
2.      Paku payung
3.      Gelas beker
4.      Mentega
5.      Air panas

C.       Langkah Kerja
1.      Siapkan sendok kayu, sendok logam, dan sendok plastik berukuran sama.
2.      Tempelkan paku paying pada pegangan sendok-sendok tersebut dengan menggunakan mentega.
3.      Berdirikan sendok-sendok tersebut pada gelas beker. Jika mentega meleleh, paku payung akan jatuh. Prediksikan urutan jatuh paku payung tersebut jika air panas dimasukkan dalam gelas beker.
4.      Masukkan air panas ke dalam gelas beker.
5.      Amati urutan jatuhnya paku payung.

D.      Pertanyaan
1.      Bagaimana urutan jatuhnya paku payung?
2.      Bagaimana pengaruh jenis bahan terhadap konduktivitas bahan ?

E.     Kesimpulan

 itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Kalor Kurtilas semoga bermanfaat.           

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.