RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah :
SMP PANCASILA
Matapelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VII/2
Materi
Pokok :
Kalor
Alokasi
Waktu : 10 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata)
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7 Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor ,perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh
pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.7.1 Menjelaskan
konsep pengertian kalor dan kalori makanan
3.7.2 Menjelaskan
kalor dan perubahan suhu
3.7.3 Menjelaskan kalor dan perubahan
wujud
3.7.4 Menjelaskan
perpindahan kalor, konduksi dan konveksi
3.7.5 Menjelaskan
perpindahan kalor secara radiasi
4.7.1
Melakukan percobaan
untuk menyelidiki suhu dan perubahannya, serta pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan perubahan wujud benda
Indikator:
4.7.1.1
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu
dan perubahan wujud benda
4.7.2
Melakukan penyelidikan terhadap
karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Indikator:
4.7.2.1 Melakukan percobaan tentang perpindahan
kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
C.
Tujuan
Pertemuan
1 :
1.
Melakukan observasi lingkungan tentang kalor
2.
Mengidentifikasi pengaruh kalor yang ada pada lingkungan
Pertemuan
2 :
3.
Menerapkan persamaan kalor untuk kenaikan suhu pada permasalahan yang
sesuai
Pertemuan
3 :
4.
Menentukan kalor untuk perubahan wujud benda
Pertemuan
4 :
5.
Mengidentifikasi
macam-macam
perpindahan kalor yang ada di lingkungan
6.
Menjelaskan proses terjadinya konduksi
7.
Menjelaskan contoh konduksi dalam kehidupan sehari-hari
8.
Menjelaskan proses terjadinya konveksi
9.
Menjelaskan contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan
5 :
10. Menjelaskan
proses terjadinya radiasi
11. Menjelaskan contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari
D.
Materi Pelajaran
1. Pengertian
kalor dan kalori makanan
2. Kalor dan Perubahan Suhu
3. Kalor dan Perubahan Wujud
4. Perpindahan Kalor : Konduksi dan Konveksi
5. Perpindahan Kalor : Radiasi
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientifik
2. Model : Discovery learning
3. Metode : Eksperimen
dan diskusi
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : ppt
2. Alat/Bahan : sesuai LKS
3. Sumber
Belajar : Buku pegangan siswa dan sumber lain yang
relevan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 : Pengertian Kalor dan Kalori
Makanan (3 jp)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan label yang menunjukkan kalori
makanan dan tentang suhu “ apa
yang kamu lihat dalam label tersebut ?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang kalor dan kalori makanan
|
20
menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Guru menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan
-
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
untuk melakukan kegiatan “Membandingkan Energi Panas Benda”
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil penyelidikan dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep
kalor dengan
bantuan bahan tayang konsep kalor
-
Diskusi penanaman konsep kalor dalam kehidupan sehari-hari
|
80 menit
|
Penutup
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
Pertemuan 2 : Kalor dan Perubahan Suhu ( 3
JP )
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan menunjukkan
gambar (ppt) tentang pemanasan air dan minyak. bertanya “ mana yang lebih
cepat panas ?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang kalor pada perubahan suhu
|
20
menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Guru menanyakan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
kenaikan suhu benda selain kalor.
-
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
untuk melakukan kegiatan “Selain kalor, apa yang mempengaruhi
kenaikan suhu benda?”
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan kegiatan tersebut
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dengan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep kalor dan perubahan suhu melalui
hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep
kalor dan perubahan suhu dengan bantuan bahan tayang
-
Diskusi penanaman konsep kalor dan perubahan suhu
dalam kehidupan sehari-hari
|
80 menit
|
Penutup
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi lingkungan dan hasil diskusi
kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
Pertemuan 3 : Kalor dan Perubahan Wujud (2
JP)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk
ke KBM dengan memperlihatkan ppt atau
gambar tentang perubahan wujud (misalnya es yang dipanasi), “bagaimana dengan
suhu benda pada saat itu?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang kalor
dan perubahan wujud benda
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Guru menanyakan
tentang
kalor dan perubahan wujud benda
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS kalor
dan perubahan wujud benda
-
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
untuk melakukan kegiatan “Bagaimana suhu benda saat terjadi
perubahan wujud?”
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil percobaan dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil
kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep kalor dan perubahan wujud benda
melalui percobaan
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep kalor dan perubahan wujud benda
-
Diskusi penanaman konsep kalor dan perubahan wujud benda
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
15 menit
|
Pertemuan
4 : Perpindahan Kalor : Konduksi dan
Konveksi (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan mendemonstrasikan
peristiwa konduksi dan konveksi,
kemudian menanyakan tanggapan terhadap
fenomena tersebut
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang perpindahan
kalor, konduksi dan konveksi
|
20
menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Guru menanyakan tentang konsep perpindahan kalor : konduksi
dan konveksi
-
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
untuk melakukan kegiatan “Apakah
jenis bahan berpengaruh terhadap konduktivitas bahan?”
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan tentang perpindahan kalor : konduksi dan konveksi
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep percobaan tentang perpindahan
kalor : konduksi dan konveksi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi percobaan
tentang perpindahan kalor : konduksi dan konveksi
-
Diskusi penanaman konsep percobaan tentang perpindahan kalor :
konduksi dan konveksi dalam kehidupan sehari-hari
|
80 menit
|
Penutup
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
Pertemuan 5 : Radiasi ( 2 JP )
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan meminta peserta
didik keluar untuk merasakan panas matahari,
menyuruhnya untuk mengaitkan
mekanisme perpindahan panas yang sudah dikenal
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
|
20
menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Guru menanyakan tentang radiasi
-
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
secara heterogen
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap lingkungan tentang radiasi
-
Melakukan percobaan
pengaruh warna benda terhadap kenaikan
suhunya, menggunakan 3 termometer, dibungkus kertas dengan 3 warna yang
berbeda,
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep radiasi melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep
radiasi dengan bantuan bahan
tayang konsep radiasi
-
Diskusi penanaman konsep radiasi dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok tentang radiasi
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
Pertemuan
6 : Penyajian Tugas Proyek (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru memberikan orientasikan
peserta didik kepada masalah Tugas Proyek (bagian akhir Evaluasi Bab VIII
Buku Pegangan peserta didik)
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Secara berkelompok peserta didik melakukan
tugas proyek, jika mungkin sampai menghasilkan produk
|
80 menit
|
Penutup
|
Refleksi terhadap cara pemecahan masalah yang dilakukan peserta
didik
|
20 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian dan
Bentuk Instrumen
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap
dan Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan
Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian dan Pilihan
Ganda
|
Portofolio
|
Panduan Penyusunan
Portofolio
|
2.
Contoh Instrumen
a.
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perilaku yang
diamati pada pembelajaran
|
||||||
Meng
hargai orang lain
|
Disiplin
|
Aktif melaku
kan kegiatan
|
Beker
Ja sama dalam
diskusi
|
Komu
nikasi
|
Menang gapi
penda
pat siswa lain
|
Mengaju
kan gagasan/
ide baru
|
||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
b. Penilaian Pengetahuan
1. Pernyataan mengenai kalor yang benar adalah….
a. kalor berpindah dari benda yang bersuhu rendah ke benda yang bersuhu
tinggi
b. kalor berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah
c. kalor berpindah dari benda yang memiliki massa jenis lebih kecil ke
benda yang memiliki massa jenis lebih besar
d. kalor berpindah dari benda yang memiliki massa jenis lebih besar ke
benda yang memiliki massa jenis lebih kecil
2. Satuan kalor dalam SI adalah….
a. joule c. kalori
b. kWh d. kilokalori
3. Pada saat benda mengalami perubahan wujud, suhu benda….
a. naik c. tetap
b. turun d. berubah-ubah
4. Perpindahan kalor dari satu benda ke benda lain dapat melalui peristiwa
berikut, kecuali….
a. radiasi c. konduksi
b. konveksi d. penyinaran
5. Peristiwa yang menunjukkan perpindahan kalor secara konduksi adalah….
a. terjadinya arus vertikal
b. memanasnya setrika listrik saat digunakan
c. mencairnya es batu di dalam gelas
d. pemancaran energi matahari ke bumi
6. Apa yang dimaksud dengan kalor?
7. Tentukan kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 2 kg air sehingga
suhunya naik 50°C, kalor jenis air 4.200 J/kg K!
8. Tentukan kalor yang dibutuhkan untuk mengubah wujud 2 kg es menjadi air
jika kalor lebur es 334.000 J/kg!
9. Apa yang dimaksud dengan konveksi?
10.
Sebutkan contoh perpindahan kalor secara radiasi!
Kunci Jawaban
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
B
|
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
|
2.
|
A
|
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
|
3.
|
C
|
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
|
4.
|
D
|
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
|
5.
|
B
|
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban salah
|
6.
|
Kalor menyatakan banyaknya panas yang berpindah dari suatu benda.
|
2
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati
benar
Jika jawaban salah
|
7.
|
2
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati
benar
Jika jawaban salah
|
|
8.
|
2
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati
benar
Jika jawaban salah
|
|
9.
|
Konveksi adalah
perpindahan kalor melalui suatu zat yang disertai perpindahan partikel zat tersebut.
|
2
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati
benar
Jika jawaban salah
|
10.
|
-
sinar
matahari sampai ke bumi
-
badan
merasa hangat ketika duduk di sekitar api unggun
|
2
1
0
|
Jika jawaban benar
Jika jawaban mendekati
benar
Jika jawaban salah
|
Jumlah skor maksimal
|
15
|
c. Penilaian
Unjuk Kerja
No.
|
Pernyataan
|
Kesesuaian Tindakan Kerja
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
||
2.
|
Membaca petunjuk praktikum
|
||
3.
|
Melakukan praktikum sesuai petunjuk
|
||
4.
|
Melakukan pengamatan
|
||
5.
|
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
|
||
6.
|
Mencatat hasil praktikum
|
||
7.
|
Menganalisis hasil praktikum
|
||
8.
|
Menarik kesimpulan
|
||
9.
|
Mengembalikan alat dan bahan
|
||
10.
|
Mempresentasikan hasil praktikum
|
||
Jumlah skor
|
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mata Pelajaran
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
Lembar Kerja Siswa
Nama : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
A.
Tujuan : mengetahui
hubungan antara energi kalor dengan massa benda
B.
Alat dan Bahan
1.
Gelas beker
2.
Gelas ukur
3.
Termometer
4.
Pembakar
spiritus
5.
Stopwatch
6.
Air
C.
Langkah Kerja
1.
Ambillah air 100
gram, letakkan di dalam gelas beker, ukur suhunya.
2.
Panaskan air itu
dengan bantuan pembakar spiritus, ukur waktu yang diperlukan untuk mencapai
suhu 60°C.
3.
Ulangi langkah 1
dan 2 untuk air 200 gram.
D.
Data percobaan
Massa air
|
Waktu
|
100 gram
|
|
200 gram
|
Pertanyaan
1.
Apakah waktu
yang diperlukan untuk memanaskan 100 gram air dan 200 gram air sama?
2.
Bagaimana
hubungan antara massa air dengan waktu untuk memanaskan air?
3.
Bagaimana
hubungan antara energi kalor dengan massa air yang dipanaskan?
E.
Kesimpulan
Lembar Kerja Siswa
Nama : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
A.
Tujuan :
mengetahui hubungan antara energi kalor dengan jenis benda
B.
Alat dan Bahan
1.
Gelas beker
2.
Gelas ukur
3.
Termometer
4.
Pembakar spiritus
5.
Stopwatch
6.
Air
7.
Minyak kelapa
C.
Langkah Kerja
1.
Ambillah air 100
gram, letakkan di dalam gelas beker, ukur suhunya.
2.
Panaskan air itu
dengan bantuan pembakar spiritus, ukur waktu yang diperlukan untuk mencapai
suhu 60°C.
3.
Ulangi langkah 1
dan 2 untuk minyak kelapa.
D.
Data percobaan
Jenis benda
|
Waktu
|
100 gram air
|
|
100 gram minyak kelapa
|
Pertanyaan
1.
Apakah waktu
yang diperlukan untuk memanaskan 100 gram air dan 100 gram minyak kelapa sama?
2.
Bagaimana
hubungan antara jenis air dengan waktu untuk memanaskan?
3.
Bagaimana
hubungan antara energi kalor dengan jenis benda yang dipanaskan?
E.
Kesimpulan
Lembar Kerja Siswa
Nama : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
A.
Tujuan :
mengetahui suhu benda saat terjadi perubahan benda
B.
Alat dan Bahan
1.
Gelas beker
2.
Gelas ukur
3.
Termometer
4.
Pembakar
spiritus
5.
Stopwatch
6.
Es batu
C.
Langkah Kerja
1.
Siapkan gelas
beker berisi 400 gram es batu, ukur suhunya.
2.
Panaskan gelas
beker dengan bantuan pembakar spiritus, aduk ukur suhunya setiap setengah
menit, sampai tiga menit.
3.
Catat hasil
pengukuran pada tabel data.
D.
Data Percobaan
Waktu
|
Suhu
|
0,5 menit
|
|
1 menit
|
|
1,5 menit
|
|
2 menit
|
|
2,5 menit
|
|
3 menit
|
Pertanyaan
1.
Bagaimana suhu benda
setiap kali dilakukan pengukuran?
2.
Apakah ada yang
suhunya sama? Pada menit ke berapa?
E.
Kesimpulan
Lembar Kerja Siswa
Nama : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
A.
Tujuan :
mengetahui pengaruh jenis bahan terhadap konduktivitas bahan
B.
Alat dan Bahan
1.
Sendok kayu, sendok
logam, dan sendok plastik berukuran sama
2.
Paku payung
3.
Gelas beker
4.
Mentega
5.
Air panas
C.
Langkah Kerja
1.
Siapkan sendok
kayu, sendok logam, dan sendok plastik berukuran sama.
2.
Tempelkan paku
paying pada pegangan sendok-sendok tersebut dengan menggunakan mentega.
3.
Berdirikan
sendok-sendok tersebut pada gelas beker. Jika mentega meleleh, paku payung akan
jatuh. Prediksikan urutan jatuh paku payung tersebut jika air panas dimasukkan
dalam gelas beker.
4.
Masukkan air
panas ke dalam gelas beker.
5.
Amati urutan
jatuhnya paku payung.
D.
Pertanyaan
1.
Bagaimana urutan
jatuhnya paku payung?
2.
Bagaimana
pengaruh jenis bahan terhadap konduktivitas bahan ?
E.
Kesimpulan
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Kalor Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.