Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Tata Nama
Senyawa Sederhana dan Persamaan Reaksi Kimia
Satuan Pendidikan : SMK Ma'arif NU
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu : 6JP (6
45 menit)/ (3
Pertemuan)
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Menyadari kehidupan manusia yang harus mengikuti setiap aturan yang
telah ditentukan oleh Tuhan.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
1. Menunjukkan rasa ingin tahu dengan mencari informasi atau bacaan lain
terhadap materi terkait.
2. Menunjukkan perilaku disiplin dalam mempelajari materi.
|
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama,
santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
1. Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
|
2.3
Menunjukkan perilaku
responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
|
1. Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
|
1.3.
Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan
senyawa anorganik dan organik sederhana.
|
1.
Menentukan
rumus molekul dan rumus empiris.
2.
Menyebutkan
nama-nama suatu unsur atau senyawa sederhana.
3.
Menerapkan aturan
IUPAC untuk memberi nama senyawa.
|
1.3. Menalar
aturan IUPAC dalam penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
|
1.
Memberi
nama senyawa dengan mengikuti aturan IUPAC.
2.
Menyetarakan
persamaan reaksi kimia.
|
Pertemuan
I
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan rumus molekul dan rumus empiris suatu unsur
atau senyawa sederhana.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Rumus Kimia
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 5Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 5 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai rumus
molekul dan rumus empiris suatu unsur atau senyawa sederhana.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangrumus molekul dan rumus empiris suatu unsur atau
senyawa sederhana.
1)
Apakah perbedaanrumus
molekul dan rumus empiris unsur atau senyawa?
2)
Sebutkanlah rumus molekul dan rumus empiris beberapa
senyawa yang Anda ketahui.
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang rumus kimia.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati perbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
2)
Mengamati rumus molekul dan rumus empiris beberapa
senyawa.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakanperbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
3)
Menanyakanrumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangperbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang rumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanperbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
3)
Menyimpulkan rumus molekul dan rumus empiris beberapa
senyawa.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara rumus molekul dan rumus empiris suatu unsur
atau senyawa sederhana.Anggota kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai rumus
kimia.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 5.1 halaman 135.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
II (Hari II)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan nama-nama suatu unsur atau senyawa.
2. Menerapkan
aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Tata Nama Senyawa
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 5Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 5 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai tata nama suatu unsur atau senyawa.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangtata nama suatu unsur atau senyawa.
1)
Apakahperbedaan
senyawa biner dan poliatomik?
2)
Bagaimana cara penamaan senyawa biner dan poliatomik?
3)
Bagaimana cara
menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang tata nama senyawa.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatiperbedaan senyawa biner dan
poliatomik.
2)
Mengamati cara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
3)
Mengkaji literatur tentang tata nama senyawa anorganik dan organik
sederhana menurut aturan IUPAC.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan perbedaan senyawa biner dan poliatomik.
3)
Menanyakancara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
4)
Menanyakan cara menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangperbedaan senyawa biner dan
poliatomik.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangcara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
3)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang cara menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan perbedaan senyawa biner dan poliatomik.
3)
Menyimpulkancara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
4)
Menyimpulkancara
menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara tata nama suatu unsur atau senyawa.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai tata
nama senyawa.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 5.2 halaman 140.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
III
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menyetarakan persamaan reaksi kimia.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Persamaan Reaksi
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 5Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 5 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai persamaan reaksi kimia.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangpersamaan reaksi kimia.
1)
Apakah yang
dimaksud dengan reaksi?
2)
Dapatkah Anda meniliskan suatu persamaan reaksi?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang persamaan reaksi.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatireaksi kimia
suatu senyawa.
2)
Mengamati cara menyetarakan persamaan
reaksi kimia.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakanreaksi kimia suatu senyawa.
3)
Menanyakancara menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangreaksi kimia suatu senyawa.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangcara menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanreaksi kimia suatu senyawa.
3)
Menyimpulkancara menyetarakan persamaan reaksi
kimia.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara reaksi kimia dengan cara menyetarakan persamaan reaksi kimia.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai persamaan
reaksi.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 5.3 halaman 144.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan
Sikap
|
· Lembar
Pengamatan Sikap
|
Kompetensi III
dan IV
|
· Tes
Unjuk Kerja
|
· Tes Unjuk
Kerja
|
· Tes
Tertulis
|
· Tes
Uraian, Pilihan Ganda,
Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1)
Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai tata nama senyawa sederhana dan persamaan reaksi kimia.
|
|||||
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|||||
3.
|
Menyadari kehidupan manusia yang harus mengikuti setiap aturan yang
telah ditentukan oleh Tuhan.
|
|||||
4.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|||||
5.
|
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
2)
Kompetensi
Inti II
a)
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya =
apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai
aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Masuk
kelas tepat waktu.
|
|||
2.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib.
|
|||
3.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|||
4.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
|||
5.
|
Membawa
buku teks mata pelajaran.
|
|||
6.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran.
|
|||
7.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan.
|
|||
8.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu.
|
|||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa
memperoleh nilai:
Baik
Sekali : apabila terdapat 7 - 8 jawaban
Ya
Baik : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang
: apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya
b.
Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.
|
|||
2.
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik.
|
|||
3.
|
Mampu
mengajukan permasalahan
(pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).
|
|||
4.
|
Mampu
menyajikan penyelesaian
dari suatu permasalahan.
|
|||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
Sekali : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang
: apabila terdapat 1 jawaban Ya
c.
Lembar
Tes Tertulis
1)
Rumus kimia dari kalsium fosfat adalah ….
Jawaban:
Kalsium: Ca2+
Fosfat: PO43-
Kalsium fosfat: Ca3(PO4)2
2)
Diantara zat-zat berikut yang tergolong unsur adalah
….
a) Air
b) Minyak
c) Raksa
Jawaban:
Unsur: Raksa, Senyawa: Air dan Minyak
3)
Rumus kimia untuk Besi(III) klorida adalah ….
Jawaban:
Besi: Fe3+
Klor: Cl-
Nama awalan logam disebut diawal, sedangkan
nonlogamnya ditambah akhiran -ida. Jadi, rumus kimianya adalah FeCl3.
4)
Setarakan persamaan reaksi berikut:
Ca(OH)2 + H3PO4
Ca3(PO4)2
+ H2O
Jawaban:
3Ca(OH)2 + 2H3PO4
Ca3(PO4)2
+ 6H2O
5)
Tuliskan rumus kimia kalium permanganat ….
Jawaban:
KMnO4
3.
Lembar
Portofolio
Korosi
termasuk jenis reaksi kimia yang berlangsung lambat. Logam, seperti besi, jika
mengalami korosi akan membentuk oksida. Oksida ini sehari-hari dikenal sebagai
karat besi yang berwarna kuning kecokelatan. Apakah nama kimia karat besi?
Tuliskan persamaan reaksi dari pengaratan besi tersebut. Dapatkah Anda
menyebutkan cara sederhana untuk mencegah korosi besi? Carilah informasi dari
berbagai sumber dan komunikasikanlah hasilnya di depan kelas.
Jatibarang,
Januari 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru Mapel
H.
Sakri, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
Itulah Postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia (Kurtilas) semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.