Thursday, March 30, 2017

RPP Kimia Kelas X SMK Bab Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia (Kurtilas)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Tata Nama Senyawa Sederhana dan Persamaan Reaksi Kimia
Satuan Pendidikan     : SMK Ma'arif NU
Kelas/Semester          : X/2
Mata Pelajaran           : Kimia
Alokasi Waktu           : 6JP (6  45 menit)/ (3 Pertemuan)

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1       Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.       Menyadari kehidupan manusia yang harus mengikuti setiap aturan yang telah ditentukan oleh Tuhan.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.       Menunjukkan rasa ingin tahu dengan mencari informasi atau bacaan lain terhadap materi terkait.
2.       Menunjukkan perilaku disiplin dalam mempelajari materi.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.       Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
1.       Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2.       Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
1.3.     Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.

1.       Menentukan rumus molekul dan rumus empiris.
2.       Menyebutkan nama-nama suatu unsur atau senyawa sederhana.
3.       Menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
1.3.     Menalar aturan IUPAC dalam penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
1.       Memberi nama senyawa dengan mengikuti aturan IUPAC.
2.       Menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Pertemuan I
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan rumus molekul dan rumus empiris suatu unsur atau senyawa sederhana.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Rumus Kimia

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 5Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 5 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai rumus molekul dan rumus empiris suatu unsur atau senyawa sederhana. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangrumus molekul dan rumus empiris suatu unsur atau senyawa sederhana. 
1)         Apakah perbedaanrumus molekul dan rumus empiris unsur atau senyawa?
2)         Sebutkanlah rumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa yang Anda ketahui.
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang rumus kimia.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati perbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
2)         Mengamati rumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakanperbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
3)         Menanyakanrumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangperbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang rumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanperbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
3)         Menyimpulkan rumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara rumus molekul dan rumus empiris suatu unsur atau senyawa sederhana.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai rumus kimia.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 5.1 halaman 135.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan II (Hari II)
A.       Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menyebutkan nama-nama suatu unsur atau senyawa.
2.      Menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Tata Nama Senyawa

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 5Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 5 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai tata nama suatu unsur atau senyawa. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangtata nama suatu unsur atau senyawa.
1)         Apakahperbedaan senyawa biner dan poliatomik?
2)          Bagaimana cara penamaan senyawa biner dan poliatomik?
3)         Bagaimana cara menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang tata nama senyawa.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatiperbedaan senyawa biner dan poliatomik.
2)         Mengamati cara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
3)         Mengkaji literatur tentang tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana menurut aturan IUPAC.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan perbedaan senyawa biner dan poliatomik.
3)         Menanyakancara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
4)         Menanyakan cara menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangperbedaan senyawa biner dan poliatomik.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangcara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
3)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang cara menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan perbedaan senyawa biner dan poliatomik.
3)         Menyimpulkancara penamaan senyawa biner dan poliatomik.
4)         Menyimpulkancara menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara tata nama suatu unsur atau senyawa.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai tata nama senyawa.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 5.2 halaman 140.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.


Pertemuan III
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.          Menyetarakan persamaan reaksi kimia.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Persamaan Reaksi

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 5Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 5 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                        literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai persamaan reaksi kimia. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangpersamaan reaksi kimia.
1)         Apakah yang dimaksud dengan reaksi?
2)         Dapatkah Anda meniliskan suatu persamaan reaksi?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang persamaan reaksi.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatireaksi kimia suatu senyawa.
2)         Mengamati cara menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakanreaksi kimia suatu senyawa.
3)         Menanyakancara menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangreaksi kimia suatu senyawa.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangcara menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)          Menyimpulkanreaksi kimia suatu senyawa.
3)         Menyimpulkancara menyetarakan persamaan reaksi kimia.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara reaksi kimia dengan cara menyetarakan persamaan reaksi kimia.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai persamaan reaksi.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 5.3 halaman 144.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·      Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
·      Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio


2. Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
1)         Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai tata nama senyawa sederhana dan persamaan reaksi kimia.





2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.





3.
Menyadari kehidupan manusia yang harus mengikuti setiap aturan yang telah ditentukan oleh Tuhan.





4.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.





5.
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1 - 5

2)         Kompetensi Inti II
a)         Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa                  : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Masuk kelas tepat waktu.



2.
Memakai seragam sesuai tata tertib.



3.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran.



4.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.



5.
Membawa buku teks mata pelajaran.



6.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran.



7.
Mengerjakan tugas yang diberikan.



8.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.



2.
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik.



3.
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).



4.
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 jawaban Ya

c.          Lembar Tes Tertulis
1)         Rumus kimia dari kalsium fosfat adalah ….
Jawaban:
Kalsium: Ca2+
Fosfat: PO43-
Kalsium fosfat: Ca3(PO4)2
2)         Diantara zat-zat berikut yang tergolong unsur adalah ….
a)      Air
b)      Minyak
c)      Raksa
Jawaban:
Unsur: Raksa, Senyawa: Air dan Minyak
3)         Rumus kimia untuk Besi(III) klorida adalah ….
Jawaban:
Besi: Fe3+
Klor: Cl-
Nama awalan logam disebut diawal, sedangkan nonlogamnya ditambah akhiran -ida. Jadi, rumus kimianya adalah FeCl3.
4)         Setarakan persamaan reaksi berikut:
Ca(OH)2 + H3PO4  Ca3(PO4)2 + H2O
Jawaban:
3Ca(OH)2 + 2H3PO4  Ca3(PO4)2 + 6H2O
5)         Tuliskan rumus kimia kalium permanganat ….
Jawaban:
KMnO4
3.          Lembar Portofolio
Korosi termasuk jenis reaksi kimia yang berlangsung lambat. Logam, seperti besi, jika mengalami korosi akan membentuk oksida. Oksida ini sehari-hari dikenal sebagai karat besi yang berwarna kuning kecokelatan. Apakah nama kimia karat besi? Tuliskan persamaan reaksi dari pengaratan besi tersebut. Dapatkah Anda menyebutkan cara sederhana untuk mencegah korosi besi? Carilah informasi dari berbagai sumber dan komunikasikanlah hasilnya di depan kelas.

Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                            
Kepala SMK Ma’arif NU                                                         Guru Mapel



H. Sakri, M.Pd                                                                         Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                        NIP. -
 Itulah Postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia (Kurtilas) semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.