RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-05
Satuan Pendidikan : SMP
PANCASILA
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
IX / Semester 2
Materi Pokok : Tanah dan Kelangsungan Kehidupan
Alokasi Waktu :
5 JP (2 kali tatap muka)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarka nrasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.1.
Berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran
1.1.2.
Mengucapkan rasa syukur atas
kebesaran Tuhan
1.1.3.
Memberi salam sebelum dan sesudah
presentasi
1.1.4.
Mengungkapkan secara lisan
maupun tulisan saat melihat kebesaran Tuhan
|
2.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
2.1.1. Melakukan pengamatan /
percobaan secara jujur.
2.1.2.Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan rasa
ingin tahu
2.2.1.Melakukan pengamatan/ percobaan/ diskusi dengan bekerjasama.
|
3.
|
3.11Memahami pentingnya tanah
dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui
pengamatan
|
3.11.1. Mendata
organisme yang hidup dipermukaan dan di dalam tanah.
3.11.2. Mengidentifikasi
peran tanah bagi kehidupan sehari-hari.
3.11.3. Menjelaskan
peran organisme tanah
3.11.4. Menentukan
jenis-jenis tanah berdasarkan tekstur tanah.
3.11.5. Mengidentifikasi
sifat masing-masing jenis tanah
3.11.6. Menganalisisketerkaitan
antara peran organisme tanah dengan strukturdan teksatur tanah.
3.11.7. Menjelaskan
proses pembentukan tanah dan faktor-faktor yangmempengaruhinya.
3.11.8. Memprediksi
faktor-faktor alam yang meyebabkan hilangnya nutrisidalam tanah
3.11.9. Mengidentifikasi
komponen-komponen tanah yang berada di daerahsekitarpeserta didik.
3.11.10. Mengidentifikasi
tingkat kesuburan tanah berdasarkan sifat fisika dansifat kimia tanah.
3.11.11. Merumuskan
ide untuk menentukan lapisan tanah yang baik bagitumbuhan.
|
4 .
|
4.10Melakukan penyelidikan tentang
fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan.
|
4.10.1. Menyelidiki fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
4.10.2.
Menyajikan hasil
penyelidikanfungsi tanah bagi
keberlangsungan kehidupan
|
C. MATERI
a. Tanah
berperan penting bagi tumbuhan dan hewan. Tanah menyediakanutrisi bagi
tumbuhan. Tanah merupakan habitat beberapa organismeseperti cacing, serangga,
jamur, alga, dan mikroorganisme. Tanah jugamerupakanpenunjang kesehatan dan
penyedia keperluan manusiaserta penyedia air di bumi.
b. Organisme
tanah berperan sebagai dekomposer, terlibat dalam reaksikimia dalam tanah,
menguraikan polutan dalam tanah, mencegah tanahberpenyakit, mempengaruhi
tekstur, dan struktur tanah.
c. Berdasarkan
teksturnya tanah diklasifikasikan menjadi kelompokutama yaitu tanah liat, tanah
lempung, dan tanah pasir.
d.
Tanah merupakan campuran dari batuan
yang telah lapuk, penguraianbahan organik, mineral, air, dan udara. Pelapukan
tanah dipengaruhioleh faktor biologis, kimia, dan fisika. Faktor lain yang
mempengaruipembentukantanah adalah tipe batuan, topografi atau relief tanahsuatu
daerah, dan waktu.
e. Secara
horizontal tanah tampak memiliki lapisan-lapisan. Lapisan tanah disebut juga
horizon tanah. Lapisan tanah terdiri atas 3 lapisan horizon A (topsoil),
horizon B (subsoil), horizon C. Lapisan yang paling subur adalah horizon
A. Proses pembentukan lapisan tanah dipengaruhi oleh iklim, suhu, topografi
tanah, relief, dan kontur tanah.
f. Faktor
alam yang dapat mempengaruhi hilangnya nutrisi dalam tanah hujan, banjir, dan
erosi tanah.
g. Komponen
tanah terdiri atas batuan, udara, humus, air, mineral, dan komponen organik.
h.
Kesuburan tanah dipengaruhi oleh
kandungan mineral tanah, sifat fisika, dan sifat kima tanah. Sifat fisika tanah
yang dapat diamati untuk menentukan kesuburan tanah adalah warna tanah
sedangkan sifat kimia tanah salah satunya adalah pH tanah.
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (3 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik
2)
Peserta didik bersama guru berdoa untuk
memulai pelajaran
3) Guru
mengecek tugas pertemuan sebelumnya, yaitu setiap kelompok menyiapkanalat dan
bahan sebagaimana dalam kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ pada Buku Siswa, yaitu
Aktivitas 10.1 halaman 169, Aktivitas
10.2 halaman 176 , dan Aktivitas 10.3 halaman 179.
4) Guru melakukan
apersepsi dengan mengajak peserta didik mengidentifikasi manfaat tanah
berdasarkan pengamatan pada kehidupan sehari-hari peserta didik. Misalnya tanah
bermanfaat bagi tumbuhan sebagai tempat hidupnya, kemudian tanah bisa
dimanfaatkan manusia untuk membuat batubata, bahan keramik, dan sebagaianya.
Berdasarkan beberapa manfaat tanah yang disebutkan peserta didik guru
mengarahkan betapa pentingnya tanah bagi kehidupan kita. Selanjutnya
mengarahkan peserta didik untuk bersyukur kepada Tuhan karena telah menciptakan
bumi beserta isinya yang terdiri atas 30% daratan. Luas daratan yang lebih
kecil dibandingkan luas lautan tersebut sangat bermanfaat bagi makhluk hidup
5) Guru
melakukan motivasi dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
-
Pernahkah kamu melihat petani mencangkul
atau membajak sawah? Menurutmu apa sebenarnya tujuan petani mencangkul atau
membajak sawah?
-
Apakah kegiatan membajak merupakan salah
satu cara untuk menyuburkan tanah?
-
Sebenarnya, siapakah dan apa yang
berperan dalam menyediakan nutrisi ditanah bagi tumbuhan?
6) Guru
menuliskan tujuan pembelajaran hari ini, mendata organisme yang hidup
dipermukaan dan di dalam tanah, mengidentifikasi peran tanah bagi kehidupan
sehari-hari, menjelaskan peran organisme tanah, menentukan jenis-jenis tanah
berdasarkan tekstur tanah, mengidentifikasi sifat masing-masing jenis tanah,
dan menganalisis keterkaitan antara peran organisme tanah dengan strukturdan
teksatur tanah.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1)
Mengamati
a)
Peserta didik membaca kembali Buku Siswa
halaman 168 – 170.
b)
Secara berkelompok, peserta didik
mengamati gambar atau tayangan tentang tanah dan
organisme yang hidup di dalamnya.
2)
Menanya
a)
Guru membimbing peserta didik untuk
merumuskan pertanyaan terkaithal-hal yang ingin diketahui dari pengamatan dan
identifikasi terkait tanah dan organisme yang hidup
di dalamnya.Misal: ‘ada berapa jenis tanaman yang tumbuh di atas tanah?’
Selain tumbuhan, apa sajakah macam organisme yang hidup di tanah?’.
b)
Peserta didik diminta untuk membuat
jawaban sementara terkait denganpertanyaan yang dirumuskan.
3)
Mengumpulkan informasi
a)
Peserta didik membaca Buku siswa halaman
160 – 183, dan menggarisbawahikalimat-kalimat penting atau mencatat poin-poin
penting yang ditemukan.
b)
Guru mengarahkan peserta didik ke kebun
sekolah untukmelakukan kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan‘ pada Buku Siswa, yaitu
Aktivitas 10.1 halaman 169, Aktivitas
10.2 halaman 176 , dan Aktivitas 10.3 halaman 179 untukmengidentifikasi peranan
tanah, untuk menjawabpertanyaan yang dirumuskan.
4)
Menalar
Informasi yang diperoleh
berdasarkan kegiatan membaca Buku siswa halaman 160 – 179, dan menggarisbawahi
kalimat-kalimat penting atau mencatat poinpoinpenting yang ditemukan, serta
melakukan kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’, maka diperoleh kesimpulan dari
pertanyaan dan jawabansementara yang telah dirumuskan.
5)
Mengomunikasikan
a) Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.Kelompok lain menanggapi
presentasi kelompok.
b) Peserta
didik dan guru membuat kesimpulan bersama tentang hasil diskusitiap kelompok
dan guru memberi penguatan.
c.
Kegiatan Penutup (20menit)
1)
Guru mengajak peserta didik untuk
merefleksi hasil belajar yang diperolehmelalui kegiatan pembelajaran hari ini.
2)
Guru membimbing peserta didik untuk
menyusun laporan penyelidikan sebagai tugas rumah.
3)
Guru memberi evaluasi untuk mengukur
kompetensi pembelajaran dengan memberi pertanyaan lisan atau kuis kecil
4)
Guru memberikan informasi materi apa
yang akan diberikan untukpertemuan selanjutnya
2. Pertemuan
Kedua: (2 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.
Guru mengucapkan salam
Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
Mengajak peserta didik untuk berdoa.
Guru mempresensi kehadiran
Siswa
2.
Disajikan
pemutaran film tentang proses pembentukan dan komponen penyusun tanah.
3.
Siswa diberi motivasi atau rangsangan dengan diberikan
pertanyaan yang terkait dengan materi sebelumnya untuk menghubungkan dengan
materi yang akan dipelajari, misalnya: Mengapa tanah sisa sampah lebih
menyuburkan tanaman?
4.
Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
yang harus dikuasai, yaitu :
a.
Menjelaskan proses pembentukan tanah.
b.
Menyebutkan komponen penyusun tanah.
c.
Mengidentifikasi kesuburan tanah.
5.
Guru mengecek tugas pertemuan sebelumnya
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1.
Siswa
mengamati tanah yang dibawa dari lingkungannya (tanah sawah, lapangan
dan tanah yang diambil didekat pembuangan sampah). Dan disuruh mencatat semua fakta yang terdapat pada tanah mengenai
komponen penyusunnya.
2.
Guru mengarahkan peserta didik untuk
melakukan kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan‘ pada Buku Siswa, yaitu Aktivitas 10.4,
Aktivitas 10.5 , Aktivitas 10.6 dan Aktivitas 10.7 untuk
mengidentifikasi proses pembentukan dan komponen penyusun tanah serta kesuburan
tanah,dan menjawab pertanyaan yang dirumuskan.
3.
Secara
berkelompok, peserta didik mengamati dan mengidentifikasi hal-hal yang ingin
diketahui terkait komponen penyusun tanah serta kesuburan tanah
berdasarkan warna.
Menanya
1.
Siswa diminta untuk membuat jawaban
sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan
2.
Dari hasil
pengamatan yang didapat, siswa diminta untuk mengatakan apa yang ingin
diketahui mengenai proses pembentukan dan komponen penyusun tanah serta
kesuburan tanah berdasarkan warna tanah?
Mengumpulkan informasi
1.
Diberikan LK, siswa mengumpulkan informasi melalui tayangan video dan
hasil pengamatan/percobaan macam-macam tanah.
2.
Guru membimbing kelompok dan melakukan penilaian KI-2.
Menalar
1.
Peserta didik secara berkelompok
mengolah data berdasarkan informasi yang diperoleh untuk menemukan pola atau
menyimpulkan.
2.
Siswa menjawab pertanyaan pada LK.
3.
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh.
Materi
yang harus disimpulkan sebagai berikut.
a)
Proses Pembentukan tanah
· Tanah
terbentuk karena adanya pelapukan fisik,kimia, dan biologis. Faktor fisik yang
mempengaruhi pelapukan adalah iklim, adanya sinar matahari, dan curah hujan
mempengaruhi suhu bumi sehingga membantu mempercepat pelapukan batuan. Selain
itu pelapukan secara biologis, dibantu oleh adanya mikroorganisme tanah dan
jenis vegetasi tumbuhan juga mempengaruhi proses pembentukan tanah.
· Tanah
memiliki beberapa lapisan dimana lapisan yang paling atas merupakan lapisan
yang paling subur karena mengandung banyak zat organik dan mineral.
· Erosi
merupakan pergeseran lapisan tanah.
b)
Komponen penyusun tanah
· Komponen
penyusun tanah terdiri dari bebatuan, humus, udara, air dan mineral
· Kesuburan
tanah dipengaruhi komponen penyusun tanah dan dapat diamati dari warna tanah
·
Semakin pudar
warna tanah maka kesuburan
atau produktivitas tanahnya semakinmenurun.
Mengomunikasikan
1.
Setiap kelompok melakukan presentasi
untuk menyampaikan data percobaan dan hasil kesimpulan berdasarkan data
percobaan.
2.
Guru mengatur pelaksanaan presentasi.
c.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
1.
Guru bersama peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
2.
Guru membimbing peserta didik melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.
Guru mendokumentasikan penilaian.
4.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian tugas kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan jumlah
anggota setiap kelompoknya 3-4 peserta didik.
E.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Kompetensi
sikap : pengamatan/observasi
b. Kompetensi
pengetahuan : tes tulis
c. Kompetensi
keterampilan : pengamatan/observasi
2.
Instrumen penilaian dan pedoman
penskoran
1)
Kompetensi Sikap : Lampiran 1.1 dan Lampiran 1.2
2)
Kompetensi Pengetahuan : Soal Ulangan Harian (Lampiran 2)
3)
Kompetensi Keterampilan : Lampiran 3.1
F. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media:
a.
Gambar atau tayangan gambar tentang tanah dan organisme yang hidup di dalamnya
2.
Alat dan Bahan:
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas
10.1.
1) Alat
Nama
Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Alat
pelubang tanah
|
Cetok/Alat
lain yang sejenis
|
1
|
Lup
|
Lup
perbesaran 10x
|
1
|
Kertas
|
Kertas
HVS
|
1
|
Tali
|
Tali
rafia/benang kasur
|
1 gulung kecil
|
Gelas
|
Gelas
plastik (bekas air mineral)
|
1
|
Tusuk
gigi
|
1
|
|
Spidol
|
Spidol/pensil
|
1
|
2) Bahan
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Air
|
Air
sumur/kran
|
240 ml (1 gelas)
|
Pembersih
|
Deterjen/sabun
cair
|
1 sendok teh
|
Gula
|
Gula
pasir
|
1 sendok teh
|
Alkohol
|
Alkohol
70%
|
1
sendok makan
|
b. Kegiatan ‘Ayo
Kita Lakukan’ Aktivitas 10.2.
1) Alat
dan bahan
Nama
Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Tanah
|
Tanah
3 tempat berbeda
|
1 mangkok
|
Mangkok
|
Mangkok
plastik
|
1
|
Air
|
Air
sumur/kran
|
1 gelas
|
Plastik
|
Plastik
ukuran ½ kg
|
1
|
c.Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas
10.3.
1) Alat
dan bahan
Nama
Alat dan Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Tanah
|
Tanah
dari 3 tempat berbeda
|
1 mangkok
|
Botol
|
Botol
air mineral 600 ml
|
1 gulung kecil
|
Cutter
|
1
|
|
Paku
besar
|
Paku
10 cm
|
1
|
Gelas
ukur
|
1
|
Pertemuan kedua
2)
Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas
10.4.
1) Alat
Nama
Alat dan Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Tanah
|
Tanah
dari 3 tempat berbeda
|
1
|
Botol
plastik
|
Botol
air mineral 600 ml
|
4
|
Gunting
|
1
|
|
Gelas
ukur
|
Gelas
ukur 600 ml
|
1
|
Cetok
|
Sekop
kecil
|
1
|
Air
|
Air
sumur/kran
|
240 ml (1 gelas)
|
Rumput
|
secukupnya
|
3)
Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas
10.5.
1) Alat
dan bahan
Nama
Alat dan Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Cetok
|
Sekop
kecil
|
1
|
Kantong
Plastik
|
Plastik
ukuran 1/4 kg
|
3
|
Tanah
|
Tanah
dari 3 tempat berbeda
|
1
|
Kertas
|
Kertas
koran/bekas
|
3
|
4)
Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas
10.6.
1) Alat
dan bahan
Nama
Alat dan bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Tanah
|
Tanah
dari 3 tempat berbeda
|
½ gelas
|
Gelas
|
Bekas
Botol air mineral 600 ml
|
3
|
Pasir
|
½ gelas
|
|
Kantong
plastik
|
Ukuran
1/4kg
|
3
|
Selotip
|
1
|
|
Tali
karet
|
3
|
|
Gunting
|
1
|
|
Spidol
|
1
|
5)
Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas
10.7.
1) Alat
dan bahan
Nama
Alat dan bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Tanah
|
Tanah
dari 3 tempat berbeda
|
1
|
Kertas
lakmus
|
Merah
dan biru
|
3
|
PH
universal
|
1
|
|
PH
meter
|
1
|
|
Sendok
|
1
|
|
Air
|
100 ml
|
4. Sumber
Belajar
a.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2015. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTsKelas IX Semester 2. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 168-189.
b.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan AlamSMP/MTs Kelas IX. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 333 – 354.
c.
Buku
IPA SMP Kelas IX, Puskurbuk 2013
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mapel
LAMPIRAN I : PENILAIAN
PENILAIAN
( Pertemuan –1 )
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap pada saat
percobaan
b.
Penilaian diri
c.
Penilaian antar peserta didik
d.
Penilaian kompetensi Pengetahuan
2.
Instrumen Penilaian
Instrumen: Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktek
|
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan
skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan dimaksud. Kriterianya yaitu:
4 = sangat baik (selalu ditunjukkan)
3 = baik (sering ditunjukkan)
2 = cukup (beberapa kali ditunjukkan)
1 = kurang (pernah atau tidak pernah
ditunjukkan)
Nilai masing-masing perilaku yang diperoleh
dari penilaian kompetensi
sikap melalui observasi ini
akan digabungkan secara keseluruhan dalam kurun waktu pelaporan hasilbelajar
(pada tengah semester atau pada akhir semester)
untuk ditentukan modusnya
Instrumen: Penilaian diri
Topik:..Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Nama: ................
Kelas: IX A
Setelah mempelajari materi Tanah dan Keberlangsungan
Kehidupan , Peserta didik dapat melakukan penilaian diri dengan cara
memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.
|
Peserta didik dapat memberi skor
, untuk Ya=2, Tidak =1
Rekapitulasi
Penilaian Diri Peserta Didik
No
|
Nama
|
Skor pernyataan
penilaian diri
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Nilai = (skor/ (2 x ∑pernyataan))x 100
Instrumen: Antar peserta didik
Topik/Subtopik: Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Tanggal
Penilaian:.....................................
Nama Teman yang dinilai: ........................
Nama Siswa yang
menilai:............................................
-Amati perilaku temanmu dengan cermat selama
mengikuti pembelajaran IPA
-Berikan tanda v pada kolom yang disediakan
berdasarkan hasil pengamatanmu.
-Serahkan hasil pengamatanmu kepada guru
|
PENILAIAN
( Pertemuan - 2 )
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap
b.
Penilaian ketrampilan ( unjuk
kerja)
c.
Penilaian kompetensi Pengetahuan
d.
Instrumen Penilaian
Instrumen: Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktek
|
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan
skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan dimaksud. Kriterianya yaitu:
4 = sangat baik (selalu
ditunjukkan)=SB
3 = baik (sering ditunjukkan)=B
2 = cukup (beberapa
kali ditunjukkan)=C
1 = kurang (pernah atau
tidak pernah ditunjukkan)=D
NILAI AKHIR : (SKOR YANG
DIPEROLEH / 20) x 4
Nilai perilaku yang
diperoleh dari penilaian kompetensi
sikap melalui observasi ini
akan digabungkan secara keseluruhan dalam kurun waktu pelaporan hasil
belajar (pada tengah semester atau pada akhir semester) untuk ditentukan modusnya
LEMBAR KERJA SISWA
PERAN
TUMBUHAN DALAM MENCEGAH EROSI
Apa yang
perlukan?
1. Tanah,
2. rumput
atau tanaman lainnya,
3. 4 buah
botol plastik bekas,
4. gunting
atau cutter,
5. gelas
ukur,
6. cetok
(sekop kecil), dan
7. karet.
Apa yang
harus kamu lakukan?
1. Sediakan
dua botol air minum bekas.
2. Potonglah
masing-masing botol seperti pola
3. Potonglah
2 botol yang lain pada bagian ujungnya. Gunakan
botol tersebut sebagai penampung.
4. Siramlah
kedua botol dengan setengah gelas air (100 mL air). Usahakan agar alirannya
deras bukan secara perlahan-lahan.
5. Tampunglah air yang keluar dari kedua mulut
botol. Amatilah dengan cermat air yang tertampung dalam wadah.
6. Amatilah
dengan cermat air yang tertampung dalam wadah.
7. Tuliskan
hasil pengamatanmu , bandingkan volume
air dan keadaan air dari kedua botol penampung tersebut.
Apa yang
perlu kamu diskusikan?
1.
Bagaimanakah kondisi kejernihan air pada botol
yang terdapat tumbuhan dan botol yang berisi tanah saja? Jelaskan mengapa
demikian!
2.
Di antara kedua botol tersebut manakah botol
yang dapat menyerap atau menahan air lebih banyak? Jelaskan mengapa demikian!
3.
Berdasarkan aktivitas yang telah kamu lakukan,
apa yang dapat kamu simpulkan?
4.
Di antara kedua botol tersebut manakah botol
yang dapat menyerap atau menahan air lebih banyak? Jelaskan mengapa demikian!
5.
Berdasarkan aktivitas yang telah kamu lakukan,
apa yang dapat kamu simpulkan?
6.
Apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya erosi?
7.
Bagaimana erosi dapat mempengaruhi proses
pembentukan tanah?
LEMBAR PENILAIAN UNJUK
KERJA
Hari / tanggal : ………………………………………….
T o p i
k : Peran Tumbuhan Dalam Mencegah Erosi
Kelp.
|
No.
|
Nama
Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Jumlah
Skor
|
Ket
|
I
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
A
4.
bekerja sama dengan semua anggota kelompok
3.
bekerja sama dg sebagian besar anggota kelompok
2.
bekerja sama dg sebagian kecil anggota kelompok
1.
bekerja secara indifidu
|
||||||
II
|
1.
2.
3.
4.
5
|
|||||||
III
|
1.
2.
3.
4.
5
|
B
4.
jawaban semua pertanyaan benar
3. jawaban 6-5 pertanyaan benar
2. jawaban 4-3 pertanyaan benar
1.
jawaban 2-1 pertanyaan benar
|
||||||
IV
|
1.
2.
3.
4.
5
|
|||||||
V
|
1.
2.
3.
4.
5
|
C
4.
Dikumpulkan sebelum waktu tersedia berakhir
3.
Dikumpulkan saat waktu berakhir
2.
Dikumpulkan1-5 menit setelah dari
waktu tersedia
1.
Dikumpulkan >5 menit setelah dari
waktu tersedia
|
||||||
VI
|
1.
2.
3.
4.
5
|
|||||||
VII
|
1.
2.
3.
4.
5
|
D
4.
dikerjakan runtut,rapi dan terinci
3.
dikerjakan runtut, kurang rapi dan
terinci
2.
dikerjakan runtut,rapi dan kurang terinci
1.
dikerjakan kurang runtut,Kurang rapi dan kurang terinci
|
||||||
VIII
|
1.
2.
3.
4.
5
|
A.
Bekerja sama
dengan kelompoknya
B.
Penyelesaian permasalah
C.
Penggunaan
waktu secara efektif
D.
ketelitian
dalam mengungkap penyelesaian
Instrumen : Kompetensi Pengetahuan
Kisi-kisi
|
|||||
KD
|
Materi
|
Indikator soal
|
No.
Soal
|
Bentuk soal
|
Kunci
|
Memahami pentingnya tanah dan organisme yang
hidup dalam tanah untuk
keberlanjutan
kehidupan
|
Peranan Tanah
|
Mengidentifikasi peran tanah bagi kehidupan
|
1
|
PG
|
B
|
Peran Organisme Tanah
|
Mengidentifikasi peran organisme tanah
|
2
|
PG
|
D
|
|
Proses Pembentukan Tanah
|
Mengidentifikasi proses pembentukan tanah
|
3
|
PG
|
C
|
|
Menentukan tanah dari
daerah yang paling banyak terkikis
|
5
|
PG
|
D
|
||
Menentukan penyebab perubahan tanah akibat
dari proses alam
|
6
|
PG
|
D
|
||
Menentukan daerah yang
paling cepat pelapukan tanahnya
|
7
|
PG
|
B
|
||
Menentukan dampak utama erosi
|
10
|
PG
|
C
|
||
Komponen Tanah
|
Mengidentifikasi komponen tanah yang paling banyak
mengandung unsur organik berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
|
4
|
PG
|
A
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri tanah liat
|
9
|
PG
|
A
|
||
Menentukan ion-ion yang paling banyak dibutuhkan
oleh tanah
|
8
|
PG
|
B
|
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
denganmemberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1.
Berikut ini yang bukan
merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ....
A.
penyedia air dan
mineral
B.
menjaga suhu bumi
C.
tempat hidup organisme
tanah
D.
menyediakan nutrisi
bagi tumbuhan
2.
Salah satu peran
organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Nina melakukan
pengamatan pada beberapa jenis tanah dan
mendapatkan hasil sebagai berikut.
Menurut
pendapatmu lokasi tanah yang terdapat organisme tanahnya adalah ....
A.
lokasi A dan B
B.
lokasi A dan D
C.
lokasi C dan D
D.
lokasi B dan D
3.
Tanah terdiri atas
beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang manusia melakukan penggalian
hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu kemungkinan yang terjadi
akibat penggalian tanah bagi keseimbangan lingkungan adalah ....
A.
meningkatkan pendapatan
penduduk
B.
mengurangi jumlah
mineral dalam tanah
C.
mengganggu kehidupan
organisme tanah
D.
mempercepat pelapukan secara
fisika dan kimiawi
4. Perhatikan gambar berikut!
Lapisan yang mengandung paling banyak materi
organik adalah ....
A. lapisan A
B. lapisan B
C. lapisan C
D. lapisan D
5.
Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah dari daerah yang paling
banyak terkikis adalah ....
A. daerah miring dengan semak-semak
B. daerah datar dengan rerumputan
C. daerah datar yang tandus
D. daerah miring yang tandus
6. Tanah berubah melalui proses alam dan
aktivitas manusia. Berdasarkan
pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan
tanah akibat dari proses alam
adalah ....
A. degradasi nutrisi tanah akibat penggunaan
pestisida
B. pembentukan gurun akibat penebangan pohon
C. banjir akibat pembangunan bendungan
D. pengikisan nutrisi akibat hujan lebat
7. Pelapukan tanah terjadi secara biologi,
kimiawi, dan fisika, diantara lokasi berikut yang paling cepat pelapukan
tanahnya adalahdaerah ....
A. gurun pasir yang
sangat panas
B. hutan tropis yang subur
C. padang rumput yang kering
D. memiliki curah hujan tinggi
8. Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan tumbuhan
adalah ....
A. O2 dan CO2 SO4
B- SO42-dan O2
C. Mg2+ dan NO3
D. Mg2+ dan CO2
9.
Tanah yang memiliki ukuran partikel sangat kecil, sulit ditembus air, dan
tidak terdapat campuran pasir dan batuan disebut tanah....
A. tanah liat
B. tanah lempung
C. tanah liat berpasir
D. tanah
lempung berpasir
10. Akibat utama erosi tanah adalah ....
A. meningkatnya laju perpindahan mineral dari
satu tempat
B. semakin banyaknya tumbuhan pada lapisan atas
yang mati
C. hilangnya lapisan tanah teratas sehingga
mengganggu organisme tanah
D. berkurangnya kemampuan tanah menyerap air
II. Jawablah
dengan tepat
1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut
ini!
Jika kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan
ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan
subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!
2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga
tabung reaksi yang masing-masing
diisi
oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama.
Ketiga
tabung tersebut itu dikocok dalam waktu bersamaan
Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap?
Jelaskan alasanmu!
3. Di daerah pegunungan atau perbukitan lahan
pertanian dibuat terasiring. Jelaskan apa keuntungan dari sistem terasering
tersebut!
4. Nitrat adalah salah satu mineral yang
dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan nitrat pada dua
daerah yang berbeda:
Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak
ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?
5. Mengapa semakin dalam lapisan tanah jumlah
organisme tanah yang ditemukan semakin sedikit?
Kunci jawaban :
1. B 6.
D
2. D 7.
B
3. C 8.
B
4. A 9.
A
5. D 10.
C
1.
Botol A karena susunannya tepat, lapisan teratas merupakan lapisan lempung yang
terdiri atas campuran tanah liat, pasir, dan bebatuan sehingga aerasi cukup
baik untuk akar tumbuhan. Tanah lempung juga merupakan tanah yang mampu menahan
air dan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Lapisan kedua merupakan tanah pasir,
yang memiliki
ukuran
partikel besar sehingga dapat menyediakan udara yang cukup untuk akar tanaman
dan menjaga agar akar tidak membusuk. Lapisan terakhir adalah tanah liat yang
memiliki sifat padat, sulit ditembus air sehingga keberadaan air dalam botol
dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama.
Pada
botol B, lapisan teratas adalah tanah liat dengan karakteristik tanah liat yang
sulit ditembus air maka aerasi untuk akar tanaman kurang baik sehingga
memungkinkan akar tanaman busuk.
2.
Tanah yang paling cepat mengendap adalah tanah pada Tabung A. Tanah pasir
memiliki ukuran partikel yang besar sehingga lebih cepat mengendap.
3.
Keuntungan terasiring: mengurangi laju aliran air sehingga air dapat tertahan
dan meresap di dalam tanah, dapat mengurangi hilangnya tanah dari permukaan,
mengurangi hilangnya nutrisi tanah akibat hujan atau erosi.
4.
Nitrat merupakan salah satu unsur hara yang dibutuhkan tanaman.Daerah yang
banyak terdapat tumbuhannya lebih sedikit mengandung nitrat karena dengan
banyak tumbuhan maka nitrat dalam tanah bertambah sedikit karena nitrat diserap
tumbuhan sebagai nutrisi
untuk
menunjang kehidupannya.
5.
Semakin dalam tanah maka semakin sedikit ditemukan organisme
karena lapisan tanah terdalam terdiri dari batuan.
Norma
penilaian:
Skor per nomor
PG = 1 x10 = 10
Essay =
2 x 5 = 10
Nilai =jumlah
betul :2
25
Mohon Maaf bagaimana caranya untuk mendowloadnya :)
ReplyDeletethanks, have a nice day!!!
ReplyDelete