Friday, March 10, 2017

RPP Kelas 9 Semester 2 Bab Teknologi Ramah Lingkungan Kurtilas Terbaru 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-04

Sekolah                :  SMP PANCASILA
Mata pelajaran   :  IPA
Kelas/Semester    :  IX / 2
Materi Pokok      : Teknologi Ramah Lingkungan
Alokasi Waktu    :  4 Pertemuan ( 12  JP )

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar
1.KD pada KI-1
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.KD pada KI-2
2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari.
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.KD pada KI-3
Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan.
4.KD pada KI-4
Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.   Indikator KD pada KI-1
            Menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya keteraturan partikel-partikel penyusun benda hidup dan benda mati
2.   Indikator KD pada KI-2
            Menunjukkan rasa ingin tahu, teliti, cermat, hati-hati dan bertanggung jawab dalam melaksanakan uji pembakaran berbagai bahan
            Bekerja sama dalam melakukan praktikum dan diskusi tentang uji pembakaran berbagai bahan
3.   Indikator KD pada KI-3
-       Mengidentifikasi perbedaan teknologi yang ramah lingkungan dan teknologi yang tidak ramah lingkungan.
-       Menjelaskan prinsip-prinsip teknologi ramah lingkungan
-       Mengidentifikasi penerapan teknologi ramah lingkungan di sekitar tempat tinggal peserta didik.
-       Mendeskripsikan dampak positif dan negatif penerapan teknologi di sekitar tempat tinggal peserta didik terhadap lingkungan.
-       Merumuskan ide atau saran untuk mengatasi dampak negative penerapan teknologi di sekitar tempat tinggal peserta didik.
-       Menjelaskan contoh-contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang: bidang energi, bidang transportasi, bidang lingkungan, dan bidang industry
-       Mengidentifikasi perilaku hemat energi yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
-       Menjelaskan prinsip-prinsip teknologi tidak ramah lingkungan.
-       Memprediksi kerusakan yang timbul di lingkungan sekitar akibat teknologi tidak ramah lingkungan
4.    Indikator KD pada KI – 4
-       Membuat alat pemurnian air sederhana.
-       Membuat kliping tentang sumber energy alternatif
D.    Materi Pembelajaran
1.         Materi Reguler
          -  Pengertian dan prinsip teknologi ramah lingkungan
          -  Aplikasi teknologi ramah lingkungan
          -  Perilaku hemat energy
          -  Teknologi tidak ramah lingkungan
             (materi selengkapnya ada di lampiran)
2.         Materi Pengayaan
-       Pembangkit listrik tenaga nuklir
                   (materi selengkapnya ada di lampiran)
3.         Materi Remidi
-       Aplikasi teknologi ramah lingkungan
                   (materi selengkapnya ada di lampiran)
E.     Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama: (2JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan











·      Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
·      Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang teknologi ramah lingkungan dan tidak ramah lingkungan, dengan menanyakan:
-          Apa yang menjadi sumber energy utama di alam?
-          Coba sebutkan sumber energy lain yang kalian ketahui
·      Guru mengajak siswa untuk menggunakan sumber energy secara bijak sebagai bentuk rasa syukur.
·      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
·      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·      Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
5  menit
Kegiatan Inti

Mengamati    
-         Peserta didik mengamati foto mobil tenaga suryayang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-         Peserta didik memberikan tanggapan dan pendapat terhadap foto mobil tenaga surya
-         Peserta didik menentukan permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan yang diamati.Contoh pertanyaannya yaitu:Apa bahan bakar yang digunakan alat-alat transportasi tersebut?
Mengumpulkan informasi/mencoba
-       Peserta didik menggali informasi dari buku IPA kelas IX tentang Teknologi Ramah Lingkuan” secara berkelompok.
-       Peserta didik mengumpulkan informasi untuk membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah tentang Pengertian Teknlogi Ramah Lingkungan.
-       Peserta didik berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi yang terdapat dalam LK.
-       Guru membagikan Lembar Kerja “Mengidentifikasi Berbagai fakta dilingkungan sekitar terkait teknologi yang tidak ramah lingkungan serta  alternative pemecahannya dengan teknologi yang ramah lingkungan” (Ayo lakukan , halaman 321)
-       Peserta didik melakukan penyelidikan melalui Lembar Kerja dengan melakukan pengamatan di luar kelas.
-       Guru membimbing penyelidikan yang dilakukan peserta didik.
-       Peserta didik mencatat data hasil penyelidikan kelompok dalam Lembar Kerja
Menalar/mengasosiasi
-      Peserta didik mengolah data yang diperoleh dari kelompoknya.
-       Peserta didik menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.
-      Peserta didik dan guru mengevaluasi hasil penyelidikan melalui diskusi kelas.
-      Peserta didik dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah tentang Pengertian dan Prinsp Teknologi ramah lingkungan . Peserta diharapkan menggunakan buku sumber untuk membantu mengevaluasi hasil diskusi. Peserta diharapkan menggunakan buku sumber untuk membantu mengevaluasi hasil diskusi.
Mengkomunikasikan
-    peserta didik mempresentasikan hasil penyelidikan dan diskusi di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
70 menit

Kegiatan Menutup
-       Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
-       Guru memberikan penghargaan ( pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Peserta didik menjawab kuis tentang perbedaan teknologi ramah lingkungan dengan teknologi yang tidak ramah lingkungan.
-        Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic assessmen.
15 menit

2.      Pertemuan ke 2 (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan











·      Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
·      Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang penerapan teknologi ramah lingkungan dengan menanyakan:
-          Sebutkan contoh penerapan teknologi ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari !
·      Guru mengajak siswa untuk menggunakan sumber energy secara bijak sebagai bentuk rasa syukur.
·      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
·      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·      Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
 10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
-         Peserta didik mengamati botol berisi air bersih dan botol berisi air keruh yang di tunjukkan guru.
Menanya
-         Peserta didik memberikan tanggapan dan pendapat terhadap benda yang di tunjukkan guru.
-         Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan dengan hal tersebut. Contoh pertanyaan yang diharapkan muncul adalah : Mengapa air keruh dapat berubah menjadi air jernih?, Bagaimana cara membuat air keruh menjadi air jernih?
Mengumpulkan informasi/mencoba
-       Mengorganisasi peserta didik dalam belajar.
-       Secara berkelompok peserta didik melakukan percobaan “Membuat Alat Pemurnian air sederhana” (siswa dapat menyimak pedoman kegiatan pada buku siswa halaman 329).
Menalar/mengasosiasi
-        Setelah melakukan percobaan “membuat alat pemurnian air sederhana” secara kelompok siswa berdiskusi untuk membahas informasi yang diperoleh dari percobaan serta menjawab beberapa pertanyaan.
Mengkomunikasikan
-       Perwakilan dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil percobaan  dan diskusi di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.

100 menit

Kegiatan Menutup
-       Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
-       Guru memberikan penghargaan ( pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Peserta didik menjawab kuis tentang proses pemurnian (penjernihan air).
-       Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik .
10 menit

3.      Pertemuan ke 3 (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan











·      Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
·      Guru melakukan apersepsi, dengan cara memberikan pertanyaan yaitu :
-          Mengapa kita perlu hemat energi?
·      Guru mengajak siswa untuk menggunakan sumber energy secara bijak sebagai bentuk rasa syukur.
·      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
·      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·      Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok
 5 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
-       peserta didik mengamatisebuah gambar fenomena dalam kehidupan sehari-hari (fenomena kelangkaan BBM) yang di tunjukkan guru.

Menanya
-         Peserta didik memberikan tanggapan dan pendapat terhadap gambar yang di tunjukkan guru.
-         Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan dengan hal tersebut. Contoh pertanyaan yang diharapkan muncul adalah :Fenomena apa itu?, Mengapa fenomena itu dapat terjadi?, Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan pada fenomena tersebut?.
Mengumpulkan informasi/mencoba
-       Mengorganisasi peserta didik dalam belajar.
-       Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan cara penyelesaian masalah kelangkaan BBM (dihubungkan dengan  penghematan energy).
Menalar/mengasosiasi
-        Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok membahas informasi yang diperoleh dari fenomena kelangkaan BBM.
Mengkomunikasikan
-       Perwakilan dari masing-masing kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
70 menit

Kegiatan Menutup
-       Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
-       Guru memberikan penghargaan ( pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Peserta didik menjawab kuis tentang proses pemurnian (penjernihan air).
-       Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik .
5 menit

4.      Pertemuan ke 4 (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan










·      Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
·      Guru melakukan apersepsi, dengan cara memberikan pertanyaan terkait dengan materi sebelumnya yaitu :
-          Apa saja sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang yang tidak dapat diperbaharui?
·      Guru mengingatkan bahwa penggunaan kayu yang terlalu besar dapat merusak lingkungan
·      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
·      Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·      Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
 10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
-       Peserta didik mengamati gambar 9.23(tambang pasir minyak di kanada: buku siswa hal 156) dan gambar 9.24 (burung yang terkena limbah minyak; buku siswa hal 157)
Menanya
-         Peserta didik memberikan tanggapan dan pendapat terhadap gambar yang dilihatnya.
-         Peserta didik diberikan kesempatan untuk menetapkan permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan dengan gambar  tersebut. Contoh pertanyaan yang diharapkan muncul adalah :Adakah akibat yang ditimbulkan dari tambang pasir minyak selain polusi udara?, Apa dampak  yang dialami mahluk hidup di sekitarnya?, Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut?.
Mengumpulkan informasi/mencoba
-       Mengorganisasi peserta didik dalam belajar.
-       Peserta didik secara berkelompokberdiskusi cara penyelesaian masalah yang ditimbulkan oleh teknologi yang tidak ramah lingkungan
Menalar/mengasosiasi
-        Setelah melakukan diskusi secara kelompok siswa membahas informasi yang diperoleh tentangpenyelesaian masalah yang ditimbulkan oleh teknologi tidak ramah lingkungan
Mengkomunikasikan
-    Perwakilan dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
100 menit

Kegiatan Menutup
-       Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
-       Guru memberikan penghargaan ( pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Peserta didik menjawab kuis tentang teknologi  tidak ramah lingkungan
-       Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik .
10 menit

F.   Penilaian Pembelajaran, Remidial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian
a.  Penilaian sikap melalui observasi dan penilaian antar peserta didik
b. Penilaian pengetahuan melalui tes tertulis
c.  Penilaian ketrampilan melaui unjuk kerja dan proyek
2.      Instrumen Penilaian
a.    Instrumen Penilaian sikap
Lampiran 1 : instrument observasi penilaian sikap
Lampiran 4  : instrument penilaian antar peserta didik

b.   Instrumen Penilaian pengetahuan
Lampiran 2 : tes  tertulis
c.    Instrumen Penilaian ketrampilan
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian unjuk kerja
Lampiran 5 : Instrumen penilaian proyek
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Pembelajaran Remedial  Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian. 
·         JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut. Setelah remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 3,00 dengan cara diberikan tugas mengkaji penerapan dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High Order Thinking Skills).

G. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/alat
·         Foto macam-macam alat transportasi.
2.      Bahan untuk ketrampilan unjuk kerja
·         Air bersih dan air keruh
·         Pasir, batu, ijuk, kapas, arang

3.        Sumber Belajar
Buku Guru dan buku siswa IPA Terpadu kelas IX dan Sumber Lainnya yang relevan (intenet dan buku literatur)

Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila Jatibarang                                           Guru Mapel


Lampiran 1
Instrumen Observasi Penilaian Sikap

PENILAIAN SIKAP
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik

                        Tanda cek (√) jika  sikap sesuai penyataan
                        Tanda strip (- ) jika sikap tidak sesuai pernyataan
NO
NAMA
SIKAP
1
2
3
Jumlah
1





2





3





dst…


















Pernyataan:
1.      Rasa ingin tahu terhadap teknologi ramah lingkungan
2.      Teliti dalam mengidentifikasi  macam-macam teknologi ramah lingkungan dan tidak ramah lingkungan
3.      Tanggung jawab dalam diskusi kelompok

Rubrik Penilaian:
1.      Jika  tampak 3 sikap (√), score 10
2.      Jika  tampak 2 sikap (√), score 5
3.      Jika  tampak 1 sikap (√), score 1

 Lampiran 2

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah....
a. minyak bumi
b. batubara
c. energi matahari
d. nuklir
2. Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur, kerosin serta aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah....
a. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih
b. penyaringan berdasarkan ukuran molekul
c. penyaringan berdasrkan berat jenis molekul
d. pemisahan berdasar kelarutannya pada pelarut tertentu
3. Pembakaran batubara untuk digunakan sebagai sumber energi dapat memiliki beberapa dampak negatif. Berikut ini yang bukan  merupakan dampak negatif dari pembakaran batubara yang tidak terkontrol adalah....
a. menghasilkan zat radioaktif
b. menghasilkan gas natrium klorida
c. menyebabkan gangguan pernapasan
d. menyebabkan polusi udara
4. Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang  merupakan pengertian dari....
a. bioteknologi
b. bioremediasi
c. teknologi modern
d. teknologi ramah lingkungan
5. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah....
a.       menjaga keberlangsungan lingkungan dimasa depan
b.      menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang
c.       menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui
d.      memperhatikan kesimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi

Uraian
1.        Biopori dapat dilakukan di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaatditerapkan biopori di   lingkungan dan    apa dampaknya jika biopori tidak dilakukan?
2.        Kegiatan apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan seharihari!
3.        Sebagai penerus bangsa Indonesia teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolahan minyak bumi atau batubara dan teknologi pengubahan energi angin atau air
menjadi energi listrik? Jelaskan.
4.         Bagaimana teknik pemurnian air sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!
5.         Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya !

Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1.      C
2.      A
3.      B
4.      D
5.      C

Uraian
1.      Biopori dapat menjaga keseimbangan lingkungan, mencegah banjir dimusim hujan, menjaga ketersediaan air pada musim kemarau, membantupencegahan peyebaran penyakit yang disebabkan oleh adanyagenangan air, seperti demam berdarah, malaria, dan kaki gajah serta
Membantumenjaga kesuburan dan kelestaraian organisme tanah.
2.      Mematikan lampu yang tidak digunakan, mematikan kendaraanbermotor jika tidak digunakan,
3.       Lebih baik dikembangkan teknologi pengubahan energi angin atauair, karena teknologi ini lebihramah lingkungan, selain itu cadanganminyak bumi akan semakin habis sehingga di tahun-tahun mendatangkita harus mengembangkan teknologi energi alternatif.
4.      Teknik pemurnian air secara sederhana dapat menggunakan saringanyang berlapis-lapis yang terbuat dari beberapa bahan seperti pasir, kerikil, batu, arang, ijuk atau sabut kelapa, dan dapat juga ditambahdengankapas atau kain katun. Air kotor dapat dituangkan ke dalamtabung melalui bagian atas kemudian akan mengalir pada bagianbawah sehingga diperoleh air yang sudah bersih.
5.      Potensi energi alternatif yang dapat diterapkan di Indonesiadiantaranya adalah dengan memanfaatkan energi matahari, energilistrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air serta pembangkitlistrik tenaga nuklir.

Lampiran 3

Penilaian  unjuk  kerjadalam  kegiatan  praktikum  IPA




No.


Indikator
HasilPenilaian

3 (baik)

2 (cukup)

1 (kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan



2
Melakukan praktikum



3
Mendeskripsikan pengamatan



4
Menafsirkan hasil pengamatan



5
Mempresentasikan hasil praktikum



Jumlah Skor yang Diperoleh



RubrikPenilaian

No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3.Menyiapkan seluruh alat danbahanyang diperlukan.
2.Menyiapkan sebagian alat danbahanyang diperlukan.
1.Tidakmenyiapkanseluruh alat danbahanyang diperlukan.
2
Melakukan praktikum
3.Melakukanpraktikumdengan prosedur yang benar.
2.Melakukanpraktikumdengan prosedur yang kurangbenar.
1.Tidakmampu melakukanpraktikumdengan benar.
3
Menulis hasil pengamatan
3.Menulis hasil pengamatan benardanlengkap.
2.Menulis hasil pengamatan benartapi kurang lengkap.
1.Tidakmenulis hasil pengamatan,atau menulis namunkuranglengkap dantidakbenar.
4
Menafsirkanhasil pengamatan
3.Mampu memberikanpenafsiran hasil pengamatan dengan benar.
2.Mampu memberikanpenafsiran hasil pengamatan tetapikurangbenar.
1.Tidakmampu memberikanpenafsiran hasil pengamatan dengan benar.

5
Mempresentasikan hasil praktikum
3.Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan benar,bahasamudah dimengerti, dan disampaikansecara percaya diri.
2.Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar,bahasamudah dimengerti, tetapi disampaikankurangpercaya diri.
1.Mampu mempresentasikan hasil praktikdengan kurangbenar,bahasasulit dimengerti, dan disampaikantidakpercaya diri.








  Lampiran 4
Instrumen Penilaian antar teman

PENILAIAN ANTAR TEMAN

                        Tanda cek (√) jika  sikap sesuai penyataan
                        Tanda strip (- ) jika sikap tidak sesuai pernyataan
NO
NAMA
SIKAP
1
2
3
Jumlah
1





2





3





dst…


















Pernyataan:
1.      Rasa ingin tahu terhadap teknologi ramah lingkungan
2.      Teliti dalam mengidentifikasi  macam-macam teknologi ramah lingkungan dan tidak ramah lingkungan
3.      Tanggung jawab dalam diskusi kelompok

Rubrik Penilaian:
Jika  tampak 3 sikap (√), score 10
Jika  tampak 2 sikap (√), score 5
Jika  tampak 1 sikap (√), score 1
  Lampiran 5
Penilaian Proyek
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Tahap Persiapan
Tahap Pelaksanaan
Tahap Pelaporan
Skor yang dicapai
Nilai





































Rubrik :
Skor 4  = tanpa kesalahan
Skor 3 = ada kesalahan sedikit
Skor 2  = ada kesalahan banyak
Skor 1  = tidak mengumpulkan

            Nilai = ( skor maksimal /12 ) X 100

Lampiran 6
LK. Kegiatan 9.3


Lampiran 7
MATERI  PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Alat transportasi yang menggunakan energi untuk mengoperasionalkan, seperti: sepeda motor, mobil, kapal, kereta api, dan pesawat terbang.
Energi yang digunakan alat transportasi dan rumah tangga dapat bersumber dari alam.Beberapa sumber energi yang digunakan manusia di antaranya adalah batubara, minyak bumi, dan gas alam.Sumber energi tersebut disebut bahan bakar fosil.Bahan bakar fosil merupakan sumber energi yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang ada dalam kerak bumi sehingga tidak dapat diperbaharui karena dibutuhkan waktu jutaan tahun untuk menghasilkannya.
Sumber energi lainnya seperti matahari, angin, aliran air, kayu, dan panas bumi merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui.Sumber energi tersebut dapat terbentuk kembali secara alami dalam waktuwaktu tertentu.Maha Besar Tuhan yang telah menciptakan berbagai sumber energi untuk kehidupan kita di bumi.Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat-Nya dengan menggunakan sumber energi secara bijak dan menjaga ketersediaannya.
Menurut sejarah,  penggunaan minyak bumi telah ada sejak lima ribu tahun sebelum masehi namun pada saat itu belum ada penggalian minyak bumi seperti saat ini.  Minyak bumi diperoleh hanya terbatas dari rembesan minyak yang ada di  permukaan tanah. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan manusia maka minyak bumi diolah menjadi bahan bakar dengan mengolahnya melalui proses destilasi sederhana.
Di Eropa kebutuhan minyak bumi sebagai bahan bakar terus meningkat setelah ditemukannya mesin uap oleh James Watt (Gambar 9.1 b) sehingga mendorong revolusi industri.Pada masa itu minyak bumi dianggap sebagai sumber energi yang praktis sehingga mulailah pencarian sumber-sumber minyak bumi dan berkembangnya teknologi pengolahannya.
Pada tahun 1859, teknologi pengeboran minyak bumi pertama kali ditemukan dan  minyak bumi dipompa keluar dari dasar bumi di Pennsylvania, Amerika Serikat. Pada perkembangan selanjutnya, ditemukan teknologi destilasi minyak bumi untuk mengubah minyak bumi menjadi bahan bakar seperti bensin dan beberapa minyak yang lain. Kemudian, penggunaan batubara dalam skala luas mulai dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.Pada tahun 1885, Carl Benz menemukan mesin yang dapat bergerak menggunakan bahan bakar bensin.
Pada tahun 1990, hampir 40% kebutuhan energi dipenuhi dari minyak bumi.Akibat penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar adalah terjadinya pencemaran udara.Oleh karena itu, saat ini mulai banyak ilmuwan yang mengembangkan teknologi yang lebih tidak berbahaya bagi lingkungan.
Beberapa teknologi ramah lingkungan yang telah dikembangkan salah satunya adalah teknologi yang menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan angin, cahaya matahari, panas bumi, minyak dari tumbuhan, biofuel dan bahkan dari gas hidrogen (H).  Teknologi tersebut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan tetap mengutamakan  kelestarian alam.
Pengertian  dan Prinsip Teknologi  Ramah Lingkungan
Teknologi ramah lingkungan (sustainable       technology/ green       technology) merupakan bentuk penerapan teknologi yang memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan.Teknologi tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan dan pemenuhan kebutuhan manusia.Suatu teknologi dikatakan teknologi ramah lingkungan jika memenuhi syarat-syarat tertentu.
Prinsip teknologi ramah lingkungan :
1.      Menghasilkan berbagai produk dan jasa untuk kepentingan manusia dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui
2.      Tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan
3.      Menggunakan bahan yang dapat didaur ulang.
4.      Sumber energy alternative yang dapat diperbaharui, seperti : matahari, angin dan air.
5.      Sumber energy yang tidak mencemari lingkungan.
Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, teknologi dapat dibagi menjadi dua yaitu teknologi tidak ramah lingkungan dan teknologi ramah lingkungan.
Teknologi ramah lingkungan merupakan bentuk aplikasi teknologi dengan tujuan memberi kemudahan bagi aktivitas dan pemenuhan kebutuhan manusia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan.
Beberapa prinsip teknologi ini di antaranya adalah tidak menghasilkan limbah yang berbahaya serta menggunakan  energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
Teknologi ramah lingkungan dapat diaplikasikan pada beberapa bidang kehidupan diantaranya adalah bidang energi,  bidang lingkungan, bidang industri, bidang rumah tangga, dan lainnya.
Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi antara lain teknologi biofuel, biogas, sel surya, dan pembangkit listrik tenaga air, tenaga pasang surut air laut, tenaga angin, geotermal, fuel     cell, dan hydrogen power.
 Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang lingkungan adalah biopori, fitoremediasi, teknologi toilet pengompos, dan teknologi pemurnian air.
Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi, misalnya kendaraan hidrogen, bus surya, mobil listrik. Sedangkan contoh teknologi ramah lingkungan di bidang industri adalah biopulping.
Teknologi tidak ramah lingkungan pada umumnya menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi atau batubara. Selain itu teknologi tidak ramah lingkungan juga kurang memperhatikan kelestarian lingkungan.
Aplikasi (Penerapan) Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi ramah lingkungan telah di terapkan dalam berbagai bidang antara lain bidang energi, lingkungan, industri ,rumah tangga dan lainnya.
1.      Bidang Energi
a.       Biofuel : merupakan teknologi penyedia alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat di perbahurui, biofuel berasal dari bahan organik. Ada 2 jenis biofuel yaitu dalam bentuk etanol dan bio diesel.
b.      Biogas : merupakan jenis BB alternatif yang diperoleh dari proses fermentasi, bahan bakar organik oleh bakteri anaerob.
c.       Sel surya : merupakan alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya mempunyai keuntungan yaitu tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, mampu menghasilkan energi yang cukup besar, mudah dipasan, dipindahkan atau dikmebangkan. Sedangkan kekurangannya membutuhkan sistem penyimpanan listrik dan komponen pada panel surya ini termasuk jenis sampah yang berbahaya.
d.      Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
e.       Pembangkit listrik tenaga pasang surut air laut dan ombak
f.       Pembangkit listrik tenaga angin
g.      Geotermal
h.      Fuelsel dan hidrogen power
2.      Bidang transportasi
a.       Kendaraan hidrogen
b.      Mobil surya
c.       Mobil listrik
3.      Bidang lingkungan
a.       Biopori
b.      Fitoremidiasi
c.       Toilet pengompos
d.      Teknologi pemurnian air
4.      Biopulping
PEMBAGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR

Tenaga nuklir merupakan sumber energi yang baru dikenal beberapa tahun yang lalu, dan merupakan salah satu sumber utama untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik tenaga nuklir merupakan sistem yang sangat komplek dan membutuhkan biaya besar yang didesain untuk melakukan tugas sederhana, yaitu untuk memanaskan air dan menghasilkan uap panas yang akan memutar turbin dan menghasilkan listrik. Kompleks dan mahalnya teknologi ini diakibatkan penggunaan reaksi fisi (pemisahan) nuklir yang terkontrol untuk menghasilkan panas.Reaks fisi terjadi di reaktor.Reaktor yang paling umum disebut light-water reactor (LWR) atau reaktor air ringan, menghasilkan 85% listrik dari nuklir di seluruh dunia.Bahan bakar untuk reaktor terbuat dari unsur uranium (U) yang ditambang dari lapisan bumi.Setelah ditambang uranium harus diperkaya untuk meningkatkan konsentrasi dari uranium-235 yang dapat melakukan fisi dari 1% menjadi 5%.Uranium yang sudah diperkaya diproses menjadi bentukanbentukan kecil senyawa uranium dioksida. Setiap butiran kecil dari uranium memiliki ukuran seperti penghapus pensil dan memiliki energi setara dengan sekitar satu ton batu bara. Besarnya jumlah butiran ini dibungkus dalam pipa tertutup yang disebut fuel rods atau batang bahan bakar, yang selanjutnya dikelompokkan bersama dalam alat pemasang bahan bakar “fuel assemblies”, untuk diletakkan dalam reaktor.  Skema Teknologi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Batang pengontrol “control rods” dipindahkan masuk dan ke dalam  inti reaktor untuk menyerap neutron, sehingga dapat meregulasi laju fusi tenaga yang dihasilkan. Suatu pendingin “coolant”, biasanya merupakan air, mengalir melalui inti reaktor untuk memindahkan panas, ini menjaga batang bahan bakar dan komponen reaktor lain meleleh dan melepaskan
Radioaktivitas yang banyak ke dalam lingkungan.Pada reaktor yang modern terdapat pendingin darurat sebagai cadangan untuk mencegah lelehnya komponen-komponen reaktor. Suatu containment shell atau dinding inti reaktor sangatlah tebal yang diperkuat dengan lapisan baja. Ini didesain untuk menjaga material radioaktif terlepas ke lingkungan. Dinding ini jugamenjagainti reaktor dari ancaman dari luar seperti tornado atau kecelakaan

Itulah Postingan RPP Kelas 9 Semester 2 Bab Teknologi Ramah Lingkungan Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat

1 comment:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.