Friday, March 10, 2017

RPP IPA Kelas 9 Semester 2 Bab Tanah dan Kelangsungan Kehidupan Kurtilas Terbaru 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-05

Satuan Pendidikan      : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IX / Semester 2
Materi Pokok             : Tanah dan Kelangsungan Kehidupan
Alokasi Waktu            : 5 JP (2 kali tatap muka)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarka nrasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 
1.1.    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1.      Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
1.1.2.      Mengucapkan rasa syukur atas kebesaran Tuhan
1.1.3.      Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
1.1.4.      Mengungkapkan secara lisan maupun tulisan saat melihat kebesaran Tuhan
2. 
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.1.1. Melakukan pengamatan / percobaan secara jujur.
2.1.2.Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan rasa ingin tahu
2.2.1.Melakukan pengamatan/ percobaan/ diskusi dengan bekerjasama.

3. 
3.11Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan


3.11.1.       Mendata organisme yang hidup dipermukaan dan di dalam tanah.
3.11.2.       Mengidentifikasi peran tanah bagi kehidupan sehari-hari.
3.11.3.       Menjelaskan peran organisme tanah
3.11.4.       Menentukan jenis-jenis tanah berdasarkan tekstur tanah.
3.11.5.       Mengidentifikasi sifat masing-masing jenis tanah
3.11.6.       Menganalisisketerkaitan antara peran organisme tanah dengan strukturdan teksatur tanah.
3.11.7.       Menjelaskan proses pembentukan tanah dan faktor-faktor yangmempengaruhinya.
3.11.8.       Memprediksi faktor-faktor alam yang meyebabkan hilangnya nutrisidalam tanah
3.11.9.       Mengidentifikasi komponen-komponen tanah yang berada di daerahsekitarpeserta didik.
3.11.10.   Mengidentifikasi tingkat kesuburan tanah berdasarkan sifat fisika dansifat kimia tanah.
3.11.11.   Merumuskan ide untuk menentukan lapisan tanah yang baik bagitumbuhan.
4 .
4.10Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan.
4.10.1.       Menyelidiki fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
4.10.2.       Menyajikan hasil penyelidikanfungsi  tanah bagi keberlangsungan kehidupan



C.    MATERI

a.     Tanah berperan penting bagi tumbuhan dan hewan. Tanah menyediakanutrisi bagi tumbuhan. Tanah merupakan habitat beberapa organismeseperti cacing, serangga, jamur, alga, dan mikroorganisme. Tanah jugamerupakanpenunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusiaserta penyedia air di bumi.
b.    Organisme tanah berperan sebagai dekomposer, terlibat dalam reaksikimia dalam tanah, menguraikan polutan dalam tanah, mencegah tanahberpenyakit, mempengaruhi tekstur, dan struktur tanah.
c.     Berdasarkan teksturnya tanah diklasifikasikan menjadi kelompokutama yaitu tanah liat, tanah lempung, dan tanah pasir.
d.    Tanah merupakan campuran dari batuan yang telah lapuk, penguraianbahan organik, mineral, air, dan udara. Pelapukan tanah dipengaruhioleh faktor biologis, kimia, dan fisika. Faktor lain yang mempengaruipembentukantanah adalah tipe batuan, topografi atau relief tanahsuatu daerah, dan waktu.
e.     Secara horizontal tanah tampak memiliki lapisan-lapisan. Lapisan tanah disebut juga horizon tanah. Lapisan tanah terdiri atas 3 lapisan horizon A (topsoil), horizon B (subsoil), horizon C. Lapisan yang paling subur adalah horizon A. Proses pembentukan lapisan tanah dipengaruhi oleh iklim, suhu, topografi tanah, relief, dan kontur tanah.
f.     Faktor alam yang dapat mempengaruhi hilangnya nutrisi dalam tanah hujan, banjir, dan erosi tanah.
g.    Komponen tanah terdiri atas batuan, udara, humus, air, mineral, dan komponen organik.
h.    Kesuburan tanah dipengaruhi oleh kandungan mineral tanah, sifat fisika, dan sifat kima tanah. Sifat fisika tanah yang dapat diamati untuk menentukan kesuburan tanah adalah warna tanah sedangkan sifat kimia tanah salah satunya adalah pH tanah.


D.    Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama (3 JP)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3)   Guru mengecek tugas pertemuan sebelumnya, yaitu setiap kelompok menyiapkanalat dan bahan sebagaimana dalam kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ pada Buku Siswa, yaitu Aktivitas 10.1 halaman 169, Aktivitas  10.2 halaman 176 , dan Aktivitas 10.3 halaman 179.
4)   Guru melakukan apersepsi dengan mengajak peserta didik mengidentifikasi manfaat tanah berdasarkan pengamatan pada kehidupan sehari-hari peserta didik. Misalnya tanah bermanfaat bagi tumbuhan sebagai tempat hidupnya, kemudian tanah bisa dimanfaatkan manusia untuk membuat batubata, bahan keramik, dan sebagaianya. Berdasarkan beberapa manfaat tanah yang disebutkan peserta didik guru mengarahkan betapa pentingnya tanah bagi kehidupan kita. Selanjutnya mengarahkan peserta didik untuk bersyukur kepada Tuhan karena telah menciptakan bumi beserta isinya yang terdiri atas 30% daratan. Luas daratan yang lebih kecil dibandingkan luas lautan tersebut sangat bermanfaat bagi makhluk hidup
5)   Guru melakukan motivasi dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
-          Pernahkah kamu melihat petani mencangkul atau membajak sawah? Menurutmu apa sebenarnya tujuan petani mencangkul atau membajak sawah?
-          Apakah kegiatan membajak merupakan salah satu cara untuk menyuburkan tanah?
-          Sebenarnya, siapakah dan apa yang berperan dalam menyediakan nutrisi ditanah bagi tumbuhan?
6)   Guru menuliskan tujuan pembelajaran hari ini, mendata organisme yang hidup dipermukaan dan di dalam tanah, mengidentifikasi peran tanah bagi kehidupan sehari-hari, menjelaskan peran organisme tanah, menentukan jenis-jenis tanah berdasarkan tekstur tanah, mengidentifikasi sifat masing-masing jenis tanah, dan menganalisis keterkaitan antara peran organisme tanah dengan strukturdan teksatur tanah.

b.    Kegiatan Inti (90 menit)
1)        Mengamati
a)    Peserta didik membaca kembali Buku Siswa halaman 168 – 170.
b)   Secara berkelompok, peserta didik mengamati gambar atau tayangan tentang tanah dan organisme yang hidup di dalamnya.
2)         Menanya
a)   Guru membimbing peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkaithal-hal yang ingin diketahui dari pengamatan dan identifikasi terkait tanah dan organisme yang hidup di dalamnya.Misal: ‘ada berapa jenis tanaman yang tumbuh di atas tanah?’ Selain tumbuhan, apa sajakah macam organisme yang hidup di tanah?’.
b)   Peserta didik diminta untuk membuat jawaban sementara terkait denganpertanyaan yang dirumuskan.
3)        Mengumpulkan informasi
a)   Peserta didik membaca Buku siswa halaman 160 – 183, dan menggarisbawahikalimat-kalimat penting atau mencatat poin-poin penting yang ditemukan.
b)   Guru mengarahkan peserta didik ke kebun sekolah untukmelakukan kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan‘ pada Buku Siswa, yaitu Aktivitas 10.1 halaman 169, Aktivitas  10.2 halaman 176 , dan Aktivitas 10.3 halaman 179 untukmengidentifikasi peranan tanah, untuk menjawabpertanyaan yang dirumuskan.

4)         Menalar
Informasi yang diperoleh berdasarkan kegiatan membaca Buku siswa halaman 160 – 179, dan menggarisbawahi kalimat-kalimat penting atau mencatat poinpoinpenting yang ditemukan, serta melakukan kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’, maka diperoleh kesimpulan dari pertanyaan dan jawabansementara yang telah dirumuskan.
5)        Mengomunikasikan
a)   Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok.
b)   Peserta didik dan guru membuat kesimpulan bersama tentang hasil diskusitiap kelompok dan guru memberi penguatan.

c.     Kegiatan Penutup (20menit)
1)        Guru mengajak peserta didik untuk merefleksi hasil belajar yang diperolehmelalui kegiatan pembelajaran hari ini.
2)        Guru membimbing peserta didik untuk menyusun laporan penyelidikan sebagai tugas rumah.
3)        Guru memberi evaluasi untuk mengukur kompetensi pembelajaran dengan memberi pertanyaan lisan atau kuis kecil
4)        Guru memberikan informasi materi apa yang akan diberikan untukpertemuan selanjutnya

2.    Pertemuan Kedua: (2 JP)
a.        Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.        Guru mengucapkan salam
Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
Mengajak peserta didik untuk berdoa.
 Guru mempresensi kehadiran Siswa
2.   Disajikan pemutaran film tentang proses pembentukan dan komponen penyusun tanah.
3.        Siswa diberi motivasi atau rangsangan dengan diberikan pertanyaan yang terkait dengan materi sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari, misalnya: Mengapa tanah sisa sampah lebih menyuburkan  tanaman?
4.        Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang harus dikuasai, yaitu :
a.          Menjelaskan proses pembentukan tanah.
b.          Menyebutkan komponen penyusun tanah.
c.          Mengidentifikasi kesuburan tanah.
5.        Guru mengecek tugas pertemuan sebelumnya
b.        Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1.         Siswa mengamati tanah yang dibawa dari lingkungannya (tanah sawah, lapangan dan tanah yang diambil didekat pembuangan sampah). Dan disuruh mencatat semua fakta yang terdapat pada tanah mengenai komponen penyusunnya.
2.         Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan‘ pada Buku Siswa, yaitu Aktivitas 10.4, Aktivitas  10.5 , Aktivitas  10.6 dan Aktivitas 10.7 untuk mengidentifikasi proses pembentukan dan komponen penyusun tanah serta kesuburan tanah,dan menjawab pertanyaan yang dirumuskan.
3.         Secara berkelompok, peserta didik mengamati dan mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui terkait komponen penyusun tanah serta kesuburan tanah berdasarkan warna.


Menanya
1.         Siswa diminta untuk membuat jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan
2.         Dari hasil pengamatan yang didapat, siswa diminta untuk mengatakan apa yang ingin diketahui mengenai proses pembentukan dan komponen penyusun tanah serta kesuburan tanah berdasarkan warna tanah?
Mengumpulkan informasi
1.         Diberikan LK, siswa mengumpulkan informasi melalui tayangan video dan hasil pengamatan/percobaan macam-macam tanah.
2.         Guru membimbing kelompok dan melakukan penilaian KI-2.
Menalar
1.         Peserta didik secara berkelompok mengolah data berdasarkan informasi yang diperoleh untuk menemukan pola atau menyimpulkan.
2.         Siswa menjawab pertanyaan pada LK.
3.         Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh.
Materi yang harus disimpulkan sebagai berikut.
a)         Proses Pembentukan tanah
·      Tanah terbentuk karena adanya pelapukan fisik,kimia, dan biologis. Faktor fisik yang mempengaruhi pelapukan adalah iklim, adanya sinar matahari, dan curah hujan mempengaruhi suhu bumi sehingga membantu mempercepat pelapukan batuan. Selain itu pelapukan secara biologis, dibantu oleh adanya mikroorganisme tanah dan jenis vegetasi tumbuhan juga mempengaruhi proses pembentukan tanah.
·      Tanah memiliki beberapa lapisan dimana lapisan yang paling atas merupakan lapisan yang paling subur karena mengandung banyak zat organik dan mineral.
·      Erosi merupakan pergeseran lapisan tanah.
b)        Komponen penyusun tanah
·      Komponen penyusun tanah terdiri dari bebatuan, humus, udara, air dan mineral
·      Kesuburan tanah dipengaruhi komponen penyusun tanah dan dapat diamati dari warna tanah
·      Semakin pudar warna tanah maka kesuburan atau produktivitas tanahnya semakinmenurun.
Mengomunikasikan
1.         Setiap kelompok melakukan presentasi untuk menyampaikan data percobaan dan hasil kesimpulan berdasarkan data percobaan.
2.         Guru mengatur pelaksanaan presentasi.
c.         Kegiatan Penutup (15 menit)
1.        Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.        Guru membimbing peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.        Guru mendokumentasikan penilaian.
4.        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota setiap kelompoknya 3-4 peserta didik.

  E.     Penilaian
1.         Teknik Penilaian
a.    Kompetensi sikap              : pengamatan/observasi
b.    Kompetensi pengetahuan : tes tulis
c.    Kompetensi keterampilan : pengamatan/observasi
2.         Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
1)        Kompetensi Sikap                  : Lampiran 1.1 dan Lampiran 1.2
2)        Kompetensi Pengetahuan       : Soal Ulangan Harian (Lampiran 2)
3)        Kompetensi Keterampilan : Lampiran 3.1
F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.         Media:
a.    Gambar atau tayangan gambar tentang tanah dan organisme yang hidup di dalamnya
2.         Alat dan Bahan:
Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.1.
1) Alat
Nama Alat
Spesifikasi
Jumlah
Alat pelubang tanah
Cetok/Alat lain yang sejenis
1
Lup
Lup perbesaran 10x
1
Kertas
Kertas HVS
1
Tali
Tali rafia/benang kasur
1 gulung kecil
Gelas
Gelas plastik (bekas air mineral)
1
Tusuk gigi

1
Spidol
Spidol/pensil
1
2) Bahan
Nama Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Air
Air sumur/kran
240 ml (1 gelas)
Pembersih
Deterjen/sabun cair
1 sendok teh
Gula
Gula pasir
1 sendok teh
Alkohol
Alkohol 70%
1        sendok makan
b. Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.2.
1) Alat dan bahan
Nama Alat
Spesifikasi
Jumlah
Tanah
Tanah 3 tempat berbeda
1 mangkok
Mangkok
Mangkok plastik
1
Air
Air sumur/kran
1 gelas
Plastik
Plastik ukuran ½ kg
1
c.Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.3.
1) Alat dan bahan
Nama Alat dan Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Tanah
Tanah dari 3 tempat berbeda
1 mangkok
Botol
Botol air mineral 600 ml
1 gulung kecil
Cutter

1
Paku besar
Paku 10 cm
1
Gelas ukur

1
Pertemuan kedua
2)   Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.4.
1) Alat
Nama Alat dan Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Tanah
Tanah dari 3 tempat berbeda
1
Botol plastik
Botol air mineral 600 ml
4
Gunting

1
Gelas ukur
Gelas ukur 600 ml
1
Cetok
Sekop kecil
1
Air
Air sumur/kran
240 ml (1 gelas)
Rumput

secukupnya

3)   Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.5.
1) Alat dan bahan
Nama Alat dan Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Cetok
Sekop kecil
1
Kantong Plastik
Plastik ukuran 1/4 kg
3
Tanah
Tanah dari 3 tempat berbeda
1
Kertas
Kertas koran/bekas
3

4)   Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.6.
1) Alat dan bahan
Nama Alat dan bahan
Spesifikasi
Jumlah
Tanah
Tanah dari 3 tempat berbeda
½ gelas
Gelas
Bekas Botol air mineral 600 ml
3
Pasir

½ gelas
Kantong plastik
Ukuran 1/4kg
3
Selotip

1
Tali karet

3
Gunting

1
Spidol

1

5)   Kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ Aktivitas 10.7.
1) Alat dan bahan
Nama Alat dan bahan
Spesifikasi
Jumlah
Tanah
Tanah dari 3 tempat berbeda
1
Kertas lakmus
Merah dan biru
3
PH universal

1
PH meter

1
Sendok

1
Air

100 ml

4. Sumber Belajar
a.    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTsKelas IX Semester 2. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 168-189.
b.    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan AlamSMP/MTs Kelas IX. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 333 – 354.
c.    Buku IPA SMP Kelas IX, Puskurbuk 2013

Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                             Guru Mapel

  
LAMPIRAN I : PENILAIAN
PENILAIAN ( Pertemuan –1 )
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap pada saat percobaan
b.      Penilaian diri
c.       Penilaian antar peserta didik
d.      Penilaian kompetensi Pengetahuan
2.      Instrumen Penilaian
Instrumen: Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktek



No
Nama Peserta didik
Disiplin
Teliti
Jujur
Ilmiah
Tanya Jwb
Jumlah Skor
1.
.....................






2.















            Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan dimaksud. Kriterianya yaitu:
       4 = sangat baik (selalu ditunjukkan)
       3 = baik (sering ditunjukkan)
       2 = cukup (beberapa kali ditunjukkan)
       1 = kurang (pernah atau tidak pernah ditunjukkan)
       Nilai   masing-masing perilaku yang diperoleh dari  penilaian  kompetensi  sikap  melalui observasi  ini  akan digabungkan secara keseluruhan dalam kurun waktu pelaporan hasilbelajar (pada tengah semester atau pada akhir semester)  untuk ditentukan modusnya
Instrumen: Penilaian diri
Topik:..Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Nama: ................
Kelas:  IX A
Setelah mempelajari materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan , Peserta didik dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan.
Pernyataan
Sudah memahami
Belum memahami
1.   Memahami warna tanah
2.   Memahami karakteristik tanah
3.   Memahami jenis-jenis tanah
4.   Memahami produk-produk yang menggunakan bahan dari tanah


              Peserta didik dapat memberi skor , untuk  Ya=2, Tidak =1

Rekapitulasi Penilaian Diri Peserta Didik
No
Nama
Skor pernyataan penilaian diri
Jumlah
Nilai


1
2
3
4


















Nilai = (skor/ (2 x ∑pernyataan))x 100
Instrumen: Antar peserta didik

Topik/Subtopik: Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Tanggal Penilaian:.....................................
Nama Teman yang dinilai: ........................
Nama Siswa yang menilai:............................................
-Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran  IPA
-Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu.
-Serahkan hasil pengamatanmu kepada guru

No
Perilaku
Dilakukan/muncul
Ya
Tidak
1.                   
Menerima pendapat teman


2.                   
Memaksakan pendapatnya


3.                   
Bersedia berbagi


4.                   
Membantu teman


5.                   
Mengerjakan tugas bersama-sama


6.                   
Berbicara secara santun


7.                   
Mudah dimengerti saat menyampaikan pendapat



PENILAIAN ( Pertemuan - 2 )
Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap
b.      Penilaian ketrampilan ( unjuk kerja)
c.       Penilaian kompetensi Pengetahuan
d.      Instrumen Penilaian

Instrumen: Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktek


No
Nama Peserta didik
Disiplin
Teliti
Jujur
Ilmiah
Tanggung Jawab
Jumlah Skor
1.
.....................






2.
















Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan dimaksud. Kriterianya yaitu:
4 = sangat baik (selalu ditunjukkan)=SB
3 = baik (sering ditunjukkan)=B
2 = cukup (beberapa kali ditunjukkan)=C
1 = kurang (pernah atau tidak pernah ditunjukkan)=D

NILAI  AKHIR : (SKOR YANG DIPEROLEH / 20) x 4

Nilai   perilaku yang diperoleh dari  penilaian  kompetensi  sikap  melalui observasi  ini  akan digabungkan secara keseluruhan dalam kurun waktu pelaporan hasil belajar (pada tengah semester atau pada akhir semester)  untuk ditentukan modusnya

 LEMBAR KERJA SISWA

PERAN TUMBUHAN DALAM MENCEGAH EROSI

Apa yang perlukan?
1.      Tanah,
2.      rumput atau tanaman lainnya,
3.      4 buah botol plastik bekas,
4.      gunting atau cutter,
5.      gelas ukur,
6.      cetok (sekop kecil), dan
7.      karet.

Apa yang harus kamu lakukan?
1.      Sediakan dua botol air minum bekas.
2.      Potonglah masing-masing botol seperti pola
 3.      Potonglah 2 botol yang lain pada bagian ujungnya. Gunakan  botol tersebut sebagai penampung.
 4.      Siramlah kedua botol dengan setengah gelas air (100 mL air). Usahakan agar alirannya deras bukan secara perlahan-lahan.
5.       Tampunglah air yang keluar dari kedua mulut botol. Amatilah dengan cermat air yang tertampung dalam wadah.
6.      Amatilah dengan cermat air yang tertampung dalam wadah.
7.      Tuliskan hasil pengamatanmu , bandingkan volume  air  dan keadaan air  dari kedua botol penampung tersebut.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1.      Bagaimanakah kondisi kejernihan air pada botol yang terdapat tumbuhan dan botol yang berisi tanah saja? Jelaskan mengapa demikian!
2.      Di antara kedua botol tersebut manakah botol yang dapat menyerap atau menahan air lebih banyak? Jelaskan mengapa demikian!
3.      Berdasarkan aktivitas yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
4.      Di antara kedua botol tersebut manakah botol yang dapat menyerap atau menahan air lebih banyak? Jelaskan mengapa demikian!
5.      Berdasarkan aktivitas yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
6.      Apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya  erosi?
7.      Bagaimana erosi dapat mempengaruhi proses pembentukan tanah?

LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA
Hari / tanggal : ………………………………………….
T o p i k             :    Peran Tumbuhan Dalam Mencegah Erosi

Kelp.
No.
Nama Siswa
A
B
C
D
Jumlah Skor
Ket

I
1.
2.
3.
4.
5.






A
4. bekerja sama dengan semua anggota kelompok
3. bekerja sama dg sebagian besar anggota kelompok
2. bekerja sama dg sebagian kecil anggota kelompok
1. bekerja secara indifidu


II
1.
2.
3.
4.
5








III
1.
2.
3.
4.
5






B
4. jawaban semua pertanyaan benar
3.  jawaban 6-5 pertanyaan benar
2.  jawaban 4-3 pertanyaan benar
1. jawaban 2-1 pertanyaan benar


IV
1.
2.
3.
4.
5








V
1.
2.
3.
4.
5






C
4. Dikumpulkan sebelum waktu tersedia berakhir
3. Dikumpulkan saat  waktu berakhir
2. Dikumpulkan1-5 menit  setelah dari waktu tersedia
1. Dikumpulkan >5 menit  setelah dari waktu tersedia


VI
1.
2.
3.
4.
5






VII
1.
2.
3.
4.
5






 D
4. dikerjakan runtut,rapi dan terinci
3. dikerjakan  runtut, kurang rapi dan terinci
2. dikerjakan runtut,rapi dan kurang terinci
1. dikerjakan kurang runtut,Kurang rapi dan kurang terinci
VIII
1.
2.
3.
4.
5








A.        Bekerja sama dengan kelompoknya
B.        Penyelesaian  permasalah
C.        Penggunaan waktu secara efektif
D.        ketelitian dalam mengungkap penyelesaian

Instrumen : Kompetensi Pengetahuan
Kisi-kisi





KD
Materi
Indikator soal
No.
Soal
Bentuk soal
Kunci

Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk
keberlanjutan kehidupan
















Peranan Tanah
Mengidentifikasi peran tanah bagi kehidupan

1

PG
B
Peran Organisme Tanah
Mengidentifikasi peran organisme tanah
2

PG
D
Proses Pembentukan Tanah





Mengidentifikasi proses pembentukan tanah
3

PG
C
Menentukan tanah dari daerah yang paling banyak terkikis
5

PG
D
Menentukan penyebab perubahan tanah akibat dari proses alam
6

PG
D
Menentukan daerah yang paling cepat pelapukan tanahnya
7

PG
B
Menentukan dampak utama erosi
10

PG
C
Komponen Tanah



Mengidentifikasi komponen tanah yang paling banyak mengandung unsur organik berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
4

PG
A
Mengidentifikasi ciri-ciri tanah liat
9

PG
A
Menentukan ion-ion yang paling banyak dibutuhkan oleh tanah
8

PG
B

A.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat denganmemberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1.    Berikut ini yang bukan merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ....
A.       penyedia air dan mineral
B.       menjaga suhu bumi
C.       tempat hidup organisme tanah
D.       menyediakan nutrisi bagi tumbuhan
2.    Salah satu peran organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Nina melakukan
    pengamatan pada beberapa jenis tanah dan mendapatkan hasil sebagai berikut.
Menurut pendapatmu lokasi tanah yang terdapat organisme tanahnya adalah ....
A.                lokasi A dan B
B.                 lokasi A dan D
C.                 lokasi C dan D
D.                lokasi B dan D
3.    Tanah terdiri atas beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang manusia melakukan penggalian hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu kemungkinan yang terjadi akibat penggalian tanah bagi keseimbangan lingkungan adalah ....
A.  meningkatkan pendapatan penduduk
B.  mengurangi jumlah mineral dalam tanah
C.  mengganggu kehidupan organisme tanah
D.  mempercepat pelapukan secara fisika dan kimiawi
4.    Perhatikan gambar berikut!
Lapisan yang mengandung paling banyak materi organik adalah ....
A.  lapisan A
B.  lapisan B
C.   lapisan C
D.  lapisan D
5.    Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah dari daerah yang paling banyak terkikis adalah ....
A.  daerah miring dengan semak-semak
B.  daerah datar dengan rerumputan
C.   daerah datar yang tandus
D.  daerah miring yang tandus
6.   Tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia. Berdasarkan
pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah akibat dari proses alam
adalah ....
A.  degradasi nutrisi tanah akibat penggunaan pestisida
B.  pembentukan gurun akibat penebangan pohon
C.   banjir akibat pembangunan bendungan
D.  pengikisan nutrisi akibat hujan lebat
7.    Pelapukan tanah terjadi secara biologi, kimiawi, dan fisika, diantara lokasi berikut yang paling cepat pelapukan tanahnya adalahdaerah ....
A. gurun pasir yang sangat panas
B.    hutan tropis yang subur
C.    padang rumput yang kering
D. memiliki curah hujan tinggi
8.   Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan tumbuhan adalah ....
A. O2 dan CO2 SO4
B- SO42-dan O2
C. Mg2+ dan NO3
D. Mg2+ dan CO2
9.   Tanah yang memiliki ukuran partikel sangat kecil, sulit ditembus air, dan tidak terdapat campuran pasir dan batuan disebut tanah....
A.  tanah liat
B.  tanah lempung
C.   tanah liat berpasir
D.   tanah lempung berpasir
10. Akibat utama erosi tanah adalah ....
A.  meningkatnya laju perpindahan mineral dari satu tempat
B.  semakin banyaknya tumbuhan pada lapisan atas yang mati
C.   hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah
D.  berkurangnya kemampuan tanah menyerap air
II. Jawablah dengan tepat
1.    Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!

Jika kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

2.   Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang masing-masing
     diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama.
     Ketiga tabung tersebut itu dikocok dalam waktu bersamaan
Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

3.   Di daerah pegunungan atau perbukitan lahan pertanian dibuat terasiring. Jelaskan apa keuntungan dari sistem terasering tersebut!
4.   Nitrat adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan nitrat pada dua daerah yang berbeda:
Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?
5.    Mengapa semakin dalam lapisan tanah jumlah organisme tanah yang ditemukan semakin sedikit?
Kunci jawaban :
1. B                 6. D
2. D                 7. B
3. C                 8. B
4. A                 9. A
5. D                 10. C

1. Botol A karena susunannya tepat, lapisan teratas merupakan lapisan lempung yang terdiri atas campuran tanah liat, pasir, dan bebatuan sehingga aerasi cukup baik untuk akar tumbuhan. Tanah lempung juga merupakan tanah yang mampu menahan air dan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Lapisan kedua merupakan tanah pasir, yang memiliki
ukuran partikel besar sehingga dapat menyediakan udara yang cukup untuk akar tanaman dan menjaga agar akar tidak membusuk. Lapisan terakhir adalah tanah liat yang memiliki sifat padat, sulit ditembus air sehingga keberadaan air dalam botol dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama.
Pada botol B, lapisan teratas adalah tanah liat dengan karakteristik tanah liat yang sulit ditembus air maka aerasi untuk akar tanaman kurang baik sehingga memungkinkan akar tanaman busuk.
2. Tanah yang paling cepat mengendap adalah tanah pada Tabung A. Tanah pasir memiliki ukuran partikel yang besar sehingga lebih cepat mengendap.
3. Keuntungan terasiring: mengurangi laju aliran air sehingga air dapat tertahan dan meresap di dalam tanah, dapat mengurangi hilangnya tanah dari permukaan, mengurangi hilangnya nutrisi tanah akibat hujan atau erosi.
4. Nitrat merupakan salah satu unsur hara yang dibutuhkan tanaman.Daerah yang banyak terdapat tumbuhannya lebih sedikit mengandung nitrat karena dengan banyak tumbuhan maka nitrat dalam tanah bertambah sedikit karena nitrat diserap tumbuhan sebagai nutrisi
untuk menunjang kehidupannya.
5. Semakin dalam tanah maka semakin sedikit ditemukan organisme
karena lapisan tanah terdalam terdiri dari batuan.
Norma penilaian:
 Skor per nomor
PG     = 1 x10 = 10
Essay = 2 x  5 = 10
Nilai =jumlah betul :2
                   25   
Itulah Postingan RPP IPA Kelas 9 Semester 2 Bab Tanah dan Kelangsungan Kehidupan Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat            

2 comments:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.