RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Tari )
Kelas/ Semester : IX/Satu
Alokasi Waktu : 7 Pertemuan (14 JP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai, dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama,
cinta damai dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
4.: Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasii, membuat dan
mencipta) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.
Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
3.3.
Memahami komposisi
tari gaya kontemporer
4.4. Memperagakan
karya tari kontemporer berdasarkan komposisi
tari sesuai iringan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Bersyukur atas keanekaragaman dan keunikan musik tradisional di Indonesia
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1
Menghargai aktivitas berkesenian.
2.1.2
Jujur dalam melakukan aktivitas
berkesenian.
2.1.3
Disiplin dalam melakukan aktivitas berkesenian
musik.
2.2.1
Bertanggungjawab terhadap karya tari
gaya kontemporer
dan koreografer
2.2.2
Peduli terhadap karya tari
gaya kontemporer
dan koreografer
3.3.1. Santun terhadap karya tari gaya kontemporer dan koreografer
3.3.2. Mengidentifikasikan tari gaya kontemporer dan koreografer
3.3.3. Mendeskripsikan
teknik tari
gaya kontemporer
dan koreografer secara kelompok
4.4.1. Memperagakan karya tari
kontemporer menggunakan komposisi
secara kelompok
4.4.2. Memperagakan
karya tari kontemporer menggunakan komposisi sesuai dengan iringan
secara kelompok
C.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
1)
Pembelajaran Pagelaran karya tari
a) Manajemen pertujukan tari
·
Tujuan Manajemen Pertunjukan
·
Fungsi Manajemen Pertunjukan
·
Manajemen Produksi
b) Pagelaran Karya Tari
· Sebelum Pementasan
· Saat Pementasan
· Setelah Pementasan
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
a) Manajemen pertujukan tari
·
Tujuan Manajemen Pertunjukan
·
Fungsi Manajemen Pertunjukan
·
Manajemen Produksi
·
Mendokumentasikan Pertunjukan
b) Pagelaran Karya
Tari
·
Sebelum Pementasan
·
Saat Pementasan
·
Setelah Pementasan
·
Mendokumentasikan Pagelaran
Tari
·
Mempublikasikan
Pagelaran Tari
3.
Materi Pembelajaran Remedial
a) Pagelaran Karya
Tari
D. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)
Mememimpin
berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta Siswa mempersiapkan buku
catatan dan buku
siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek penguasaan kompetensi Siswa
yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
4)
menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan
menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan lingkup dan tehnik
penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan video pembelajaran tentang pagelaran
karya tari secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b) Siswa menyaksikan contoh
pagelaran tari yang di peragakan guru dengan
menggunakan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa merumuskan
pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam bentuk
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan
benar, misalnya: Bagaimana teknik yang
baik dan benar dalam membuat bentuk pagelaran tari ?
3)
Mengumpulkan
Informasi/Data/Mencoba
Siswa membaca
Buku Siswa halaman: 251- 259 tentang pagelaran
karya tari dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan tehnik dasar bentuk pagelaran karya tari yang
baik dan benar.
4)
Menalar/Mengasosiasi
a)
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan mengenai bagaimana cara memperagakan karya tari kontemporer secara kelompok dengan menggunakan berbagai bentuk komposisi.
b)
Siswa merumuskan kesimpulan secara kelompok.
5)
Mengomunikasikan
a) Siswa
memperagakan karya tari kontemporer secara kelompok
b) Siswa
menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Siswa (dengan atau tanpa
bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)
Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat dan mempelajari kompetensi
yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
3) Siswa berdoa dan mengucapkan salam .
2.
Pertemuan
Kedua :2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
1)
Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan
menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2)
Siswa
melaksanakan pre test tentang materi sebelumnya.
3)
Meminta Siswa mempersiapkan buku
catatan dan buku
siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4)
Mengecek penguasaan kompetensi Siswa
yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
5)
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan
menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)
Menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
7)
Menyampaikan lingkup dan tehnik
penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan
video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang
baik dan benar.
b) Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa secara kelompok dapat merumuskan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dalam
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran
tari dengan teknik dasar yang baik
dan benar ?
3)
Mengumpulkan
Informasi/Data/ Mencoba
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar
4)
Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan
pagelaran tari kontemporer dengan
teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .
5)
Mengomunikasikan
Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara
kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Siswa
(dengan atau tanpa
bantuan guru):
(a) membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)
Siswa :
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat dan
mempelajari kompetensi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)
Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
3.
Pertemuan
Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
Mememimpin
berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2)
Siswa
melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3)
meminta
Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa, untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
4)
Mengecek penguasaan kompetensi Siswa
yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
5)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilak ukan
7)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran
karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b) Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa secara kelompok dapat merumuskan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dalam
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran
tari dengan teknik dasar yang baik
dan benar ?
3)
Mengumpulkan
Informasi
Siswa
mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar
4)
Mengasosiasi
Siswa
berlatih memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar secara kelompok .
5)
Mengomunikasikan
Siswa
menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar
secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat dan
mempelajari kompetensi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4.
Pertemuan
Keempat: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
Mememimpin
berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2)
Siswa
melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3)
Meminta
Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa, untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
4)
Mengecek penguasaan kompetensi Siswa
yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
5)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
7) Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan
video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang
baik dan benar.
b) Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa secara kelompok dapat merumuskan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dalam
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran
tari dengan teknik dasar yang baik
dan benar ?
3)
Mengumpulkan
Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar
4)
Mengasosiasi
Siswa
berlatih memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar secara kelompok .
5. Mengomunikasikan
Siswa
menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar
secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat dan
mempelajari materi pada kompetensi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
5.
Pertemuan
Kelima: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
Mememimpin
berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2)
Siswa
melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3)
meminta
Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa, untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
4)
Mengecek penguasaan kompetensi Siswa
yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
5)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
7) menyampaikan lingkup penilaian dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Siswa menyaksikan
video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang
baik dan benar.
c) Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Siswa secara kelompok dapat merumuskan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dalam
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran
tari dengan teknik dasar yang baik
dan benar ?
3) Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar
4) Mengasosiasi
Siswa
berlatih memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar secara kelompok .
5. Mengomunikasikan
Siswa
menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang sbaik dan
benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat dan
mempelajari materi pada kompetensi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
6.
Pertemuan
Keenam: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1) Mememimpin berdoa bersama,
dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2) Siswa melakukan pre test
tentang materi sebelumnya
3) Meminta Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa, untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
4) Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah
dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
5)
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan
sehari-hari.
6)
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan
dilakukan
7) Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Siswa menyaksikan
video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang
baik dan benar.
d) Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Siswa secara kelompok dapat merumuskan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dalam
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran
tari dengan teknik dasar yang baik
dan benar ?
3) Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar
4) Mengasosiasi
Siswa
berlatih memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar secara kelompok .
5. Mengomunikasikan
Siswa
menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang sbaik dan
benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat dan
mempelajari materi pada kompetensi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
7.
Pertemuan
Ketujuh: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1) Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan
menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2) Meminta Siswa mempersiapkan
buku catatan,buku siswa, untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
3) Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang
sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara
memperagakan karya tari secara kelompok
4) Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan
manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5) Menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
6) Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Mengamati
a) Siswa menyaksikan
video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang
baik dan benar.
e) Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Siswa secara kelompok dapat merumuskan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dalam
pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran
tari dengan teknik dasar yang baik
dan benar ?
3) Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar
4) Mengasosiasi
Siswa
berlatih memperagakan pagelaran tari
kontemporer dengan teknik dasar yang
baik dan benar secara kelompok .
5. Mengomunikasikan
Siswa
menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang sbaik dan
benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
E. Penilaian, Pembelajaran , Pengayaan dan
Remedial
1.
Teknik
penilaian
a.
Penilaian
Sikap Spiritual: Observasi
b.
Penilaian Sikap Sosial: 1) Observasi dan 2)
Penilaian Antar Teman
c.
Penilaian
Pengetahuan: Penugasan
d.
Penilaian
Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a.
Lembar Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur
(lampiran 1)
b.
Lembar Observasi Sikap Sosial (lampiran 2a)
c.
Lembar Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (lampiran
2b)
d.
Lembar Penilaian Produk (lampiran 3)
e.
Lembar Penilaian Penampilan Memeragakan gerak tari
kontemporer (lampiran 4a; 4b)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan
dengan teknik penugasan untuk latihan memeragakan gerak tari
kontemporer secara kelompok
(mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.
Rencana Penilaian
No
|
Teknik Penilaian
|
Pertemuan ke
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
Observasi Sikap
Spiritual
|
v
|
|
V
|
|
v
|
|
|
2
|
Observasi Sikap
Sosial
|
v
|
|
V
|
|
v
|
|
|
3
|
Penilaian Antar
Teman
|
|
|
|
|
|
v
|
|
4
|
Penugasan
|
|
V
|
|
|
|
|
|
5
|
Tes Penampilan
|
|
V
|
v
|
v
|
v
|
|
v
|
Pedoman Pensekoran
a.
Skor hasil penilaian kompetensi sikap
spiritual berkisar antara 1 – 4. Interpretasi
skornya adalah sebagai berikut:
Skor
|
Predikat
|
4
|
SB (Sangat Baik)
|
3
|
B (Baik)
|
2
|
C (Cukup)
|
1
|
K (Kurang)
|
b.
Nilai sikap =
skor yang diperoleh
c. Nilai sikap kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut.
Skor penilaian kompetensi
pengetahuan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari kebenaran jawaban 4 soal
yang ditugaskan, yaitu: menyebutkan tujuan pagelaran, fungsi pagelaran, menajemen
produksi dan struktur manajemen. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan
dengan tabel berikut ini.
No.
|
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 3)
|
Predikat
|
1
|
3,85 – 4,00
|
A
|
2
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
4
|
2,85 – 3,17
|
B
|
5
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
6
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
7
|
1,85 – 2,17
|
C
|
8
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
9
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Skor penilaian kompetensi
keterampilan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari rata-rata skor dari tiga
aspek, yaitu: kualitas suara, keseimbangan,
dan keselarasan (untuk penampilan kelompok) dan aspek: cara memperagakan
gerak tari kontemporer, teknik memperagakan gerak tari kontemporer, dan karya
yang dihasilkan (untuk penampilan perorangan). Skor yang diperoleh selanjutnya
dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
|
Interval Nilai Keterampilan
(KI 4)
|
Predikat
|
1
|
3,85 – 4,00
|
A
|
2
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
4
|
2,85 – 3,17
|
B
|
5
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
6
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
7
|
1,85 – 2,17
|
C
|
8
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
9
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 – 1,17
|
D
|
F. Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1)
Media/Alat:
· Audio, visual, audio visual, gambar.
2)
Bahan: -
3)
Sumber Belajar:
a.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 251-259).
b.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 251-259).
c. Video
tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar secara
kelompok
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila
H. Hasan, M.Pd
NIP.-
|
Jatibarang,
Januari 2017
Guru Mata
Pelajaran
Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
|
Lampiran 1 Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual
LEMBAR OBSERVASI SIKAP BERSYUKUR
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas : IX ( Sembilan )
Periode Pengamatan : ___________________
Petunjuk
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kualitas perilaku Siswa
yang menunjukkan ciri syukur atas
karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan pertunjukan karya seni tari
4= sangat baik
3= baik
2=cukup
1=kurang
NO
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Ami
Priyani
|
3
|
Baik
|
2
|
Bambang
Wahyudi
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Cicilia
Panjaitan
|
4
|
Sangat Baik
|
4
|
Diana
Papilaya
|
3
|
Baik
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
4
|
Sangat Baik
|
6
|
Dst.
|
...
|
...
|
7
|
...
|
...
|
...
|
Lampiran 2a Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
(Observasi)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas : IX ( Sembilan )
Periode Pengamatan : ___________________
PETUNJUK
Berilah skor antara 1 sd 4
sesuai dengan kualitas sikap siswa pada aspek: menghargai orang lain, jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli,dan santun dengan ketentuan sebagai berikut:
4=sangat baik
3=baik
2=cukup
1=kurang
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Sosial
|
∑
|
Rata-rata
|
Predikat
|
|||||
menghargai
|
jujur
|
disiplin
|
Tanggung jawab
|
peduli
|
Santun
|
|||||
1
|
Ami
Priyani
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
21
|
3,5
|
B
|
2
|
Bambang
Wahyudi
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
21
|
3,5
|
B
|
3
|
Cicilia
Panjaitan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
22
|
3,7
|
SB
|
4
|
Diana
Papilaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2b Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Penilaian Antar Teman)
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN*)
Nama Siswa yang dinilai : ..............
Nama Siswa yang menilai : ..............
Mata Pelajaran :
Seni Budaya/ Seni Tari
Kelas : ..............
PETUNJUK
Berilah tanda centhang (v) di
bawah angka 1 sd 4 dengan ketentuan sebagai berikut:
4= selalu
3= sering
2= jarang
1= tidak pernah
No
|
Aspek Sikap
|
Pernyataan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menghargai
orang lain
|
Teman
saya menghargai pendapat, gagasan, dan karya teman lain.
|
|
|
v
|
|
2
|
Jujur
|
Teman
saya jujur dalam perkataan dan perbuatan.
|
|
|
|
v
|
3
|
Disiplin
|
Teman
saya mengikuti kegiatan dan menyelesaikan tugas sekolah dengan tepat waktu.
|
|
|
v
|
|
4
|
Tanggung
Jawab
|
Teman
saya menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan kepadanya.
|
|
|
...
|
|
5
|
Peduli
|
Teman
saya memperhatikan kepentingan dan kesusahan orang lain.
|
|
|
...
|
|
6
|
Santun
|
Teman
saya sopan dalam ucapan dan perbuatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3 Instrumen
Penilaian Kompetensi Pengetahuan (Penilaian Produk)
LEMBAR PENILAIAN PRODUK PENUGASAN
Mata Pelajaran :
Seni Budaya/Seni Tari
Kelas/Sekolah :
...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 pada dua aspek berikut ini:
a.
Kebenaran konsep: Menyebutkan
jenis pagelaran ditinjau dari fungsinya, dan teknik memperagakannya (4=semua
benar; 3=benar tiga; 2=benar dua; 1=benar satu/salah semua).
b.
Kualitas tampilan (4=sangat
baik; 3=baik; 2=cukup; 1=kurang).
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Rata- rata
|
Predikat
|
|
Kebenaran Konsep
|
Kualitas Tampilan
|
||||
1
|
Ami
Priyani
|
4
|
4
|
4
|
A
|
2
|
Bambang
Wahyudi
|
3
|
4
|
3,5
|
B+
|
3
|
Cicilia
Panjaitan
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Diana
Papilaya
|
|
|
|
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
Lampiran 4a Instrumen
Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Individu)
LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Tari
)
Kelas/Sekolah : IX /....
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai
dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan Siswa.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Rata-rata
|
Predikat
|
||
Cara Memegang Alat
|
Teknik Memainkan Alat
|
Kualitas Suara
|
||||
1
|
Ami
Priyani
|
4
|
3
|
4
|
3,7
|
A-
|
2
|
Bambang
Wahyudi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
A
|
3
|
Cicilia
Panjaitan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Diana
Papilaya
|
|
|
|
|
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4b Instrumen
Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Kelompok)
LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN KELOMPOK
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Tari
)
Kelas/Sekolah : IX / ...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai
dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan oleh masing-masing
kelompok Siswa.
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek Penilaian
|
Rata-rata
|
Predikat
|
||
Kualitas Suara
|
Keseimbangan
|
Keselarasan
|
||||
1
|
Kelompok 1
|
4
|
3
|
4
|
3,7
|
A-
|
2
|
Kelompok 2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
A
|
3
|
Kelompok 3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Kelompok 4
|
|
|
|
|
|
5
|
Kelompok 5
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
Lampiran 5
: Materi Pelajaran
Pergelaran Karya Tari
Alur Pembelajaranemen
Setelah mempelajari Bab XIV ini siswa
diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian pergelaran
karya tari;
2. menjelaskan pengertian manajemen
pertunjukan karya tari;
3. mengidentifikasi unsur pendukung
manajemen pertunjukan seni tari;
4. menjelaskan hubungan cabang seni
tari dengan cabang seni lainnya;
5. melakukan pengamatan pergelaran
karya seni tari secara audio visual maupun secara langsung di daerah
sekitarnya;
6. melakukan perencanaan dalam
pergelaran karya seni tari;
7. mengomunikasikan pergelaran karya
seni tari secara lisan maupun tulisan; dan
8. melakukan pergelaran seni tari.
Pernjukan Tari
Salah
satu seni pertunjukan yang dapat dipergelarkan adalah
karya seni tari, Seni tari pergelaran
merupakan ekspresi karya seniyang diungkapkan melalui gerak. Pergelaran dalam
karya seni tari mencakup
berbagai macam aspek yaitu seni rupa, seni musik, dan
seni teater. Sebuah pergelaran
seni tari merupakan hiburan dan apresiasi bagi seniman khususnya dan
bagi penikmat karya seni umumnya.
Dalam pergelaran karya seni tari, aspek
gerak menjadi media yang paling diutamakan dan didukung oleh karya seni yang
lainnya. Pergelaran
ragam gerak tari yang dirangkai menjadi sebuah
tarian,
disusun berdasarkan keinginana dari
koreografer karya tari
tersebut. Apakah kamu pernah menyaksikan sebuah pergelaran
seni tari di daerah tempat tinggalmu?
Apakah yang menarik dari pergelaran tari tersebut? Ragam gerak seni tari
harus dirangkai menjadi bentuk tarian yang utuh, memiliki makna, menjadi dasar
yang dapat dikembangkan,
dan dapat dikomunikasikan kepada penonton.
Ketika kamu menyaksikan pergelaran
tari, unsur pendukung apa saja yang kamu ketahui? Perhatikan dan amatilah
gambar dibawah
ini unsur pendukung apa saja yang terdapat pada gambar
1. Perhatikan gambar di
atas, kelompokkan unsur pendukung dalam pergelaran karya tari
tersebut?
2. Apakah perbedaan yang
menonjol dari berbagai unsur pendukung pergelaran karya tari
tersebut?
3. Adakah persamaan dalam
setiap unsur pendukung pergelaran karya tari tersebut?
4. Bagaimanakah menyusun
pergelaran karya tari?
5. Komunikasikan hasil dari
penyusunan pergelaran karya tari tersebut dengan
masing-masing kelompok?
6. Lakukan evaluasi dari
pergelaran karya tari tersebut dalam kelompokmu?
Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Tari (Pergelaran Tari) Kurtilas semoga bermanfaat.
Tidak bisa didownload ?
ReplyDelete