Friday, March 17, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Tari (Pergelaran Tari) Kurtilas



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  
Sekolah                            :  SMP PANCASILA
Mata Pelajaran               :  Seni Budaya (Seni Tari )
Kelas/ Semester              :  IX/Satu
Alokasi Waktu                :  7 Pertemuan (14 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
4.:  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
1.2 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.   Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni tari     dan koreografernya
3.3.   Memahami komposisi tari gaya kontemporer
4.4.   Memperagakan karya tari kontemporer  berdasarkan komposisi tari sesuai iringan

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1     Bersyukur atas keanekaragaman dan keunikan musik tradisional di Indonesia  
             sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1        Menghargai  aktivitas berkesenian.
2.1.2        Jujur dalam melakukan aktivitas berkesenian.
2.1.3        Disiplin dalam melakukan aktivitas berkesenian musik.
2.2.1        Bertanggungjawab terhadap karya tari  gaya kontemporer dan koreografer
2.2.2         Peduli terhadap karya tari  gaya kontemporer dan koreografer
3.3.1.      Santun terhadap karya tari  gaya kontemporer dan koreografer
3.3.2.      Mengidentifikasikan  tari  gaya kontemporer dan koreografer
3.3.3.       Mendeskripsikan  teknik tari  gaya kontemporer dan koreografer secara kelompok
4.4.1.  Memperagakan karya tari kontemporer  menggunakan komposisi secara kelompok
4.4.2.  Memperagakan karya tari kontemporer  menggunakan komposisi sesuai dengan iringan secara kelompok

C.       Materi Pembelajaran

1.    Materi Pembelajaran  Reguler
1)      Pembelajaran Pagelaran karya tari
a)      Manajemen pertujukan tari
·      Tujuan Manajemen Pertunjukan
·      Fungsi  Manajemen Pertunjukan
·      Manajemen Produksi

 b)      Pagelaran Karya Tari
·      Sebelum Pementasan
·      Saat Pementasan
·      Setelah Pementasan

2.    Materi Pembelajaran  Pengayaan
a)   Manajemen pertujukan tari
·         Tujuan Manajemen Pertunjukan
·         Fungsi  Manajemen Pertunjukan
·         Manajemen Produksi
·         Mendokumentasikan Pertunjukan
b)  Pagelaran Karya Tari
·         Sebelum Pementasan
·         Saat Pementasan
·         Setelah Pementasan
·         Mendokumentasikan Pagelaran Tari
·         Mempublikasikan Pagelaran  Tari

3.    Materi Pembelajaran  Remedial
a)  Pagelaran Karya Tari

D.  Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan Pertama: 2 JP  
a.      Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan  dilanjutkan presensi.
2)   meminta Siswa mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)   mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
4)   menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)   menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)   menyampaikan lingkup dan tehnik penilaian yang akan digunakan.

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a)   Siswa menyaksikan video pembelajaran tentang pagelaran karya tari secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b)   Siswa menyaksikan contoh pagelaran tari yang di peragakan guru  dengan menggunakan teknik dasar yang baik dan benar.

2)   Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam bentuk pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar,  misalnya: Bagaimana teknik yang baik dan benar dalam membuat bentuk pagelaran tari ?

3)   Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Siswa membaca Buku Siswa halaman: 251- 259 tentang pagelaran karya tari dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan tehnik dasar bentuk pagelaran karya tari yang baik dan benar.

4)   Menalar/Mengasosiasi
a)   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan mengenai bagaimana cara memperagakan karya tari kontemporer  secara kelompok dengan menggunakan berbagai bentuk komposisi.
b)   Siswa  merumuskan kesimpulan secara kelompok.

5)   Mengomunikasikan
a) Siswa memperagakan karya tari kontemporer secara kelompok    
b)  Siswa menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)   Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)   Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat dan mempelajari kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)   Siswa berdoa dan mengucapkan salam .

2.      Pertemuan Kedua :2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
1)    Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan  dilanjutkan presensi.
2)   Siswa melaksanakan pre test tentang materi sebelumnya.
3)    Meminta Siswa mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk     mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4)      Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
5)   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
7)   Menyampaikan lingkup dan tehnik penilaian yang akan digunakan.
  
b.    Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a)   Siswa  menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b)   Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)   Menanya
Siswa  secara kelompok dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang  terkait dalam pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran tari  dengan teknik dasar yang baik dan benar ?

3)   Mengumpulkan Informasi/Data/ Mencoba
     Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar

4)   Mengasosiasi
     Siswa berlatih memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .

5)   Mengomunikasikan
     Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)   Siswa  (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)    Siswa :
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat dan mempelajari kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)   Siswa berdoa dan mengucapkan salam.

3.      Pertemuan Ketiga: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan  dilanjutkan presensi.
2)   Siswa melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3)   meminta Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa,  untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4)   Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
5)   menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)   menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilak ukan
7)   menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati

a)      Siswa  menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b)   Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)   Menanya
Siswa  secara kelompok dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang  terkait dalam pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran tari  dengan teknik dasar yang baik dan benar ?

3)   Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar

4)   Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .

5)   Mengomunikasikan
Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
    
c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat dan mempelajari kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.

4.   Pertemuan Keempat: 2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
          Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan  dilanjutkan presensi.
2)   Siswa melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3)   Meminta Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa,  untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4)   Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
5)   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan        dilakukan
7)  Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a)   Siswa  menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b)   Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)   Menanya
Siswa  secara kelompok dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang  terkait dalam pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran tari  dengan teknik dasar yang baik dan benar ?

3)   Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar

4)   Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .
        
5. Mengomunikasikan
Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
    
c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat dan mempelajari materi pada kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.

5.      Pertemuan Kelima: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan  dilanjutkan presensi.
2)   Siswa melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3)   meminta Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa,  untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4)   Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
5)   menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6)   menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan        dilakukan
7)  menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (60 menit)

1)  Mengamati
a)   Siswa  menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
c)    Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2) Menanya
Siswa  secara kelompok dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang  terkait dalam pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran tari  dengan teknik dasar yang baik dan benar ?
3) Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar

4)   Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .
        
5. Mengomunikasikan
Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang sbaik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat dan mempelajari materi pada kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.

6.      Pertemuan Keenam: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1) Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan dilanjutkan presensi.
2) Siswa melakukan pre test tentang materi sebelumnya
3) Meminta Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa,  untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4)  Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
5) Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6) Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan        dilakukan
7)  Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (60 menit)
1)  Mengamati
a)   Siswa  menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
d)   Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Siswa  secara kelompok dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang  terkait dalam pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran tari  dengan teknik dasar yang baik dan benar ?

3) Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar

4)   Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .
        
5. Mengomunikasikan
Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang sbaik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat dan mempelajari materi pada kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.


7.      Pertemuan Ketujuh: 2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)  Mememimpin berdoa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional dan  dilanjutkan presensi.
2)  Meminta Siswa mempersiapkan buku catatan,buku siswa,  untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)  Mengecek penguasaan kompetensi Siswa yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang pagelaran karya tari dengan cara memperagakan karya tari secara kelompok
4)  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)  Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan        dilakukan
6)  Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (60 menit)

1)  Mengamati
a)   Siswa  menyaksikan video interaktif secara kelompok tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
e)    Siswa menyaksikan model pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2) Menanya
Siswa  secara kelompok dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang  terkait dalam pagelaran tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,. misalnya: Ada berapa teknik yang terdapat dalam pagelaran tari  dengan teknik dasar yang baik dan benar ?

3) Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar

4)   Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .
        
5. Mengomunikasikan
Siswa menampilkan pagelaran tari kontemporer dengan teknik dasar yang sbaik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.

E.  Penilaian, Pembelajaran , Pengayaan dan Remedial
1.        Teknik penilaian
a.   Penilaian Sikap Spiritual: Observasi
b.   Penilaian Sikap Sosial: 1) Observasi dan 2) Penilaian Antar Teman
c.    Penilaian Pengetahuan: Penugasan
d.   Penilaian Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.        Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a.    Lembar Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur (lampiran 1)
b.    Lembar Observasi Sikap Sosial (lampiran 2a)
c.    Lembar Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (lampiran 2b)
d.   Lembar Penilaian Produk (lampiran 3)
e.    Lembar Penilaian Penampilan Memeragakan gerak tari kontemporer (lampiran 4a; 4b)
3.        Pembelajaran  Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan teknik penugasan untuk latihan memeragakan gerak tari kontemporer secara kelompok (mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.


Rencana  Penilaian

No
Teknik Penilaian
Pertemuan ke
1
2
3
4
5
6
7
1
Observasi Sikap Spiritual
v

V

v


2
Observasi Sikap Sosial
v

V

v


3
Penilaian Antar Teman





v

4
Penugasan

V





5
Tes Penampilan

V
v
v
v

v

Pedoman Pensekoran
a.      Skor hasil  penilaian kompetensi sikap spiritual berkisar antara 1 – 4. Interpretasi skornya adalah sebagai berikut:
Skor
Predikat
4
SB (Sangat Baik)
3
B (Baik)
2
C (Cukup)
1
K (Kurang)
b.      Nilai sikap = skor yang diperoleh
c.       Nilai sikap kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut.
Skor penilaian kompetensi pengetahuan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari kebenaran jawaban 4 soal yang ditugaskan, yaitu: menyebutkan tujuan pagelaran, fungsi pagelaran, menajemen produksi dan struktur manajemen. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.

No.
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 3)
Predikat
1
3,85 – 4,00
A
2
3,51 – 3,84
A-
3
3,18 – 3,50
B+
4
2,85 – 3,17
B
5
2,51 – 2,84
B-
6
2,18 – 2,50
C+
7
1,85 – 2,17
C
8
1,51 – 1,84
C-
9
1,18 – 1,50
D+
10
1,00 – 1,17
D










Skor penilaian kompetensi keterampilan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari rata-rata skor dari tiga aspek, yaitu: kualitas suara, keseimbangan,  dan keselarasan (untuk penampilan kelompok) dan aspek: cara memperagakan gerak tari kontemporer, teknik memperagakan gerak tari kontemporer, dan karya yang dihasilkan (untuk penampilan perorangan). Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
Interval Nilai Keterampilan
(KI 4)
Predikat
1
3,85 – 4,00
A
2
3,51 – 3,84
A-
3
3,18 – 3,50
B+
4
2,85 – 3,17
B
5
2,51 – 2,84
B-
6
2,18 – 2,50
C+
7
1,85 – 2,17
C
8
1,51 – 1,84
C-
9
1,18 – 1,50
D+
10
1,00 – 1,17
D















F.  Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1)      Media/Alat:
·      Audio, visual, audio visual, gambar.
2)      Bahan:            -
3)      Sumber Belajar:
a.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 251-259).
b.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 251-259).
c.    Video tentang pagelaran karya tari dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok




Mengetahui,
              Kepala SMP Pancasila




H. Hasan, M.Pd
              NIP.-
              Jatibarang, Januari 2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -

             


Lampiran 1    Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual

LEMBAR OBSERVASI SIKAP BERSYUKUR

Mata Pelajaran           : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas                           : IX ( Sembilan )
Periode Pengamatan  : ___________________

Petunjuk
Berilah skor 1-4  sesuai dengan kualitas perilaku Siswa yang  menunjukkan ciri syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan pertunjukan karya seni tari
4= sangat baik
3= baik
2=cukup
1=kurang

NO
Nama Siswa
Skor
Predikat
1
Ami Priyani
3
Baik
2
Bambang Wahyudi
4
Sangat Baik
3
Cicilia Panjaitan
4
Sangat Baik
4
Diana Papilaya
3
Baik
5
Endah Dwi Puspitasari
4
Sangat Baik
6
Dst.
...
...
7
...
...
...


Lampiran 2a  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Observasi)

LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL

Mata Pelajaran           : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas                           : IX ( Sembilan )
Periode Pengamatan  : ___________________

PETUNJUK
Berilah skor antara 1 sd 4 sesuai dengan kualitas sikap siswa pada aspek: menghargai orang lain, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,dan santun dengan ketentuan sebagai berikut:
            4=sangat baik
            3=baik
            2=cukup
            1=kurang

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Sosial
Rata-rata
Predikat
menghargai
jujur
disiplin
Tanggung jawab
peduli
Santun
1
Ami Priyani
4
4
3
3
4
3
21
3,5
B
2
Bambang Wahyudi
4
4
4
3
3
3
21
3,5
B
3
Cicilia Panjaitan
4
4
4
4
3
3
22
3,7
SB
4
Diana Papilaya









5
Endah Dwi Puspitasari









6
Dst.









7
...











Lampiran 2b Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Penilaian Antar Teman)


LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN*)

Nama Siswa yang dinilai      : ..............
Nama Siswa yang menilai    : ..............
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya/ Seni Tari
Kelas                                                   : ..............

PETUNJUK
Berilah tanda centhang (v) di bawah angka 1 sd 4 dengan ketentuan sebagai berikut:
            4=  selalu
            3=  sering
            2=  jarang
            1=  tidak pernah

No
Aspek Sikap
Pernyataan
Nilai
1
2
3
4
1
Menghargai orang lain
Teman saya menghargai pendapat, gagasan, dan karya teman lain.


v

2
Jujur
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan.



v
3
Disiplin
Teman saya mengikuti kegiatan dan menyelesaikan tugas  sekolah dengan tepat waktu.


v

4
Tanggung Jawab
Teman saya menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan kepadanya.


...

5
Peduli
Teman saya memperhatikan kepentingan dan kesusahan orang lain.


...

6
Santun
Teman saya sopan dalam ucapan dan perbuatan













Lampiran 3 Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan (Penilaian Produk)

LEMBAR PENILAIAN PRODUK PENUGASAN

Mata Pelajaran                      : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas/Sekolah                       : ...

PETUNJUK
Berilah skor  1-4 pada dua aspek berikut ini:
a.      Kebenaran konsep: Menyebutkan jenis pagelaran ditinjau dari fungsinya, dan teknik memperagakannya (4=semua benar; 3=benar tiga; 2=benar dua; 1=benar satu/salah semua).
b.      Kualitas tampilan (4=sangat baik; 3=baik; 2=cukup; 1=kurang).

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rata- rata
Predikat
Kebenaran Konsep
Kualitas Tampilan
1
Ami Priyani
4
4
4
A
2
Bambang Wahyudi
3
4
3,5
B+
3
Cicilia Panjaitan
3
3
3
B
4
Diana Papilaya




5
Endah Dwi Puspitasari




6
Dst.




7
...






Lampiran 4a Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Individu)

LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU

Mata Pelajaran                       : Seni Budaya ( Seni Tari )
Kelas/Sekolah                                    : IX /....

PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan Siswa.


No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rata-rata
Predikat
Cara Memegang Alat
Teknik Memainkan Alat
Kualitas Suara
1
Ami Priyani
4
3
4
3,7
A-
2
Bambang Wahyudi
4
4
4
4
A
3
Cicilia Panjaitan
3
3
3
3
B
4
Diana Papilaya





5
Endah Dwi Puspitasari





6
Dst.





7
...







Lampiran 4b Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Kelompok)

LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN KELOMPOK

Mata Pelajaran                       : Seni Budaya ( Seni Tari )
Kelas/Sekolah                                    : IX / ...

PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan oleh masing-masing kelompok Siswa.


No
Nama Kelompok
Aspek Penilaian
Rata-rata
Predikat
Kualitas Suara
Keseimbangan
Keselarasan
1
Kelompok 1
4
3
4
3,7
A-
2
Kelompok 2
4
4
4
4
A
3
Kelompok 3
3
3
3
3
B
4
Kelompok 4





5
Kelompok 5





6
Dst.





7
...






Lampiran  5  :  Materi Pelajaran
Pergelaran Karya Tari
Alur Pembelajaranemen
Setelah mempelajari Bab XIV ini siswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian pergelaran karya tari;
2. menjelaskan pengertian manajemen pertunjukan karya tari;
3. mengidentifikasi unsur pendukung manajemen pertunjukan seni tari;
4. menjelaskan hubungan cabang seni tari dengan cabang seni lainnya;
5. melakukan pengamatan pergelaran karya seni tari secara audio visual maupun secara langsung di daerah sekitarnya;
6. melakukan perencanaan dalam pergelaran karya seni tari;
7. mengomunikasikan pergelaran karya seni tari secara lisan maupun tulisan; dan
8. melakukan pergelaran seni tari.
Pernjukan Tari
Salah satu seni pertunjukan yang dapat dipergelarkan adalah karya seni tari, Seni tari pergelaran merupakan ekspresi karya seniyang diungkapkan melalui gerak. Pergelaran dalam karya seni tari mencakup berbagai macam aspek yaitu seni rupa, seni musik, dan seni teater. Sebuah pergelaran seni tari merupakan hiburan dan apresiasi bagi seniman khususnya dan bagi penikmat karya seni umumnya.
Dalam pergelaran karya seni tari, aspek gerak menjadi media yang paling diutamakan dan didukung oleh karya seni yang lainnya. Pergelaran ragam gerak tari yang dirangkai menjadi sebuah tarian, disusun berdasarkan keinginana dari koreografer karya tari tersebut. Apakah kamu pernah menyaksikan sebuah pergelaran seni tari di daerah tempat tinggalmu? Apakah yang menarik dari pergelaran tari tersebut? Ragam gerak seni tari harus dirangkai menjadi bentuk tarian yang utuh, memiliki makna, menjadi dasar yang dapat dikembangkan, dan dapat dikomunikasikan kepada penonton. Ketika kamu menyaksikan pergelaran tari, unsur pendukung apa saja yang kamu ketahui? Perhatikan dan amatilah gambar dibawah ini unsur pendukung apa saja yang terdapat pada gambar

1. Perhatikan gambar di atas, kelompokkan unsur pendukung dalam pergelaran karya tari tersebut?
2. Apakah perbedaan yang menonjol dari berbagai unsur pendukung pergelaran karya tari tersebut?
3. Adakah persamaan dalam setiap unsur pendukung pergelaran karya tari tersebut?
4. Bagaimanakah menyusun pergelaran karya tari?
5. Komunikasikan hasil dari penyusunan pergelaran karya tari tersebut dengan masing-masing kelompok?
6. Lakukan evaluasi dari pergelaran karya tari tersebut dalam kelompokmu?

Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Tari (Pergelaran Tari) Kurtilas semoga bermanfaat.

1 comment:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.