RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/semester : VIII/Genap
Materi Pokok : Ansamble Campuran
Alokasi Waktu :
9
X 40 Menit (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup
sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan keberadaannya
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilm pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis,membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1.1.1
Menunjukan rasa syukur terhadap
keanekaragaman seni musik indonesia
|
|
2.1. Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
|
2.1.1
Menunjukan komitmen dalam praktek
sehari-hari
2.1.2
Menghargai orang lain apa adanya bukan karena penampilan mereka
|
3.
|
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta
arrangernya
|
2.2.1 Peka terhadap keragaman individu dan
budayanya
2.2.2
Bertanggung jawab atas tindakannya
|
4.
|
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri,
motivasi internal, kepedulian terhadap
lingkungan dalam berkarya seni
|
2.3.1 Mampu menyusun rencana
masa depan
selaras dengan kemampuan
dan minatnya
2.3.2 Mampu mengatur waktu secara efektif untuk
kebutuhan belajar
|
5.
|
3.4
Memahami tehnik dan gaya bermain musik Ansambel Tradisional
|
3.4.1.
Mampu Memahami
pengertian ansambel music tradisional
3.4.2.
Mampu Mengidentifikasi gaya memainkan ansambel music tradisional
3.4.3.
Mampu Membandingkan teknik
dan gaya memainkan ansambel music tradisional
|
4.
|
4.4
Memainkan musik ansambel campuran
|
4.4.1.
Mampu mennjukan sikap
bertanggung jawab dalam berlatih teknik dan gaya memainkan ansambel music
tradisional
4.4.2.
Mampu Menunjukan sikap
disiplin dalam berlatih teknik dan gaya memainkan ansambel music tradisional
4.4.3.
Mampu memainkan ansambel
music tradisional
4.4.4.
Mampu mengkomunikasikan
keunikan memainkan ansambel music tradisional
|
C.
Materi Pembelajaran
Materi Reguler
a.
Jenis-jenis
Alat Musik Tradisional Indonesia
Pembagian
jenis alat musik tradisional berdasarkan sumber bunyinya:
· idiophone,contoh
saron,kenong dan gong
· aerophone, contoh suling,
korno dan saluang
· chordophone, contoh siter,
kecapi dan rebab
· membranophone, contoh kendang,
rebana dan tifa
b.
Teknik
dasar memainkan alat musik tradisional idiophone,
aerophone, chordophone, dan
membranophone
1)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional idiophone
· Dipukul
dengan alat tertentu
· Dipukulkan
· Saling
pukul
· Digoncang
2)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional aerophone
· Ditiup
3)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional chordophone
· Dipetik
· Digesek
4)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional membranophone
· Dipukul
dengan alat tertentu
·
Pengertian Ansambel
·
Sajian karya musik yang dimainkan secara
bersama-sama dengan mengunakan berbagai jenis alat musik(alat musik ritmis,alat
musik melodis dan alat musik harmonis)
·
Teks lagu-lagu gundul-gundul pacul
(untuk berlatih meniup lagu dengan penjarian yang sudah dilatih sebelumnya)
Teks lagu-lagu gundul-gundul pacul (untuk berlatih memainkan alat musik pianika
dengan penjarian yang benar)
·
Teks lagu-lagu gundul-gundul pacul (untuk
berlatih meniup lagu dengan penjarian yang sudah dilatih sebelumnya)
·
Tehnik memainkan musik ansambel campuran
:
Recorder,
Pianika, gitar, tamborin :
1. Tehnik
meniup : Membunyikan alat musik recorder dengan satu tarikan nafas rata dan halus
2. Tehnik
penjarian : Memainkan alat musik recorder dengan tehnik penjarian yang tepat
dan benar
3. Tehnik meniup : Membunyikan alat musik pianika
dengan satu tarikan nafas rata dan halus
4. Tehnik
memetik : Membunyikan alat musik gitar dengan dipetik
5. Tehnik
penjarian : Memainkan alat musik gitar dengan tehnik penjarian yang tepat dan
benar Pengenalan tangga nada natural
6. Pengenalan
notasi lagu gundul-gundul pacul
7. Tehnik
penjarian : Memainkan alat musik pianika dengan tehnik penjarian yang tepat dan
benar
D.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
1)
Memainkan alat musik tradisional membranophone dan chordophone
a) Teknik
dasar memainkan alat musik tradisional idiophone
contoh alat musik Jimbe
· Dipukul
dengan tangan
b). Memainkan alat musik chordophone
contoh Gitar
·
Dengan
dipetik dengan teknik Tirando dan Apoyando
E.
Materi
Pembelajaran Remedial
c.
Jenis-jenis
Alat Musik Tradisional Indonesia
Pembagian
jenis alat musik tradisional berdasarkan sumber bunyinya:
· idiophone,contoh
saron,kenong dan gong
· aerophone, contoh suling,
korno dan saluang
· chordophone, contoh siter,
kecapi dan rebab
· membranophone, contoh kendang,
rebana dan tifa
d.
Teknik
dasar memainkan alat musik tradisional idiophone,
aerophone, chordophone, dan
membranophone
5)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional idiophone
· Dipukul
dengan alat tertentu
· Dipukulkan
· Saling
pukul
· Digoncang
6)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional aerophone
· Ditiup
7)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional chordophone
· Dipetik
· Digesek
8)
Teknik dasar memainkan alat musik
tradisional membranophone
· Dipukul
dengan alat tertentu
F.
Media
Pembelajaran
1. Media : video/ audio visual, lagu model
2. Alat : Laptop, LCD, alat
music Ansambel
3. Sumber
Pembelajaran :
a. Buku
Siswa.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal.
42-50)
b. Internet
c. Media Masa
d. Narasumber langsung
e. Buku-buku di perpustakaan
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 20 menit )
Pertemuan Ke - 1
-
Apersepsi
Memberi salam, menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang
akan dipelajari
Menginformasikan garis besar tentang
cakupan materi
Menginformasikan tujuan pembelajaran
-
Motivasi
Mengajak siswa mengamati teknik memainkan alat musik
Menanyakan pengelompokan alat-alat musik dalam bermain ansamble
Pertemuan ke – 2
-
Apersepsi
Memberi salam, menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pada
pertemuan sebelumnya
-
Motivasi
Mengajak siswa untuk membandingkan teknik memainkan alat musik
ritmis,melodis dan harmonis
Menanyakan kesulitan dalam memainkan alat musik
Pertemuan ke- 3
-
Apersepsi
Memberi salam, menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi
Mengajukan pertanyaan dan menghubungkan materi pada pertemuan 1
dan pertemuan 2
-
Motivasi
Mengajak siswa untuk memberikan pendapat tentang bermain musik
ansamble sejenis dan campuran
Menanyakan kesulitan dalam bermain musik ansamble campuran
1) Kegiatan
inti Pertemuan ke - 1
Siswa
|
Guru
|
Alokasi Waktu
|
a. Mengamati
·
Menyaksikan pertunjukkan sajian musik ansambel
sejenis dan campuran Lewat tayangan Video
|
Menunjukan contoh bentuk ansambel musik sejenis
dan campuran lewat video
|
10 menit
|
b. Menanya
·
Menanya melalui diskusi
kelompok tentang jenis alat musik yang dipergunakan dalam ansamble
|
Memberi
penjelasan tentang pengelompokan alat musik dalam ansambel
|
15 menit
|
c. Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan tentang
tehnik memainkan alat musik ritmis, melodis, dan harmonis
·
Mencoba memainkan alat
musik ritmis, melodis, dan harmonis
|
Memberi
petunjuk teknik memainkan alat musik ritmis, melodis, dan harmonis.
|
25
menit
|
d. Mengasosiasikan
·
Membandingkan teknik bermain
ansamble sejenis dan ansambel campuran
|
Memberikan penjelasan tentang ansambel sejenis dan ansambel
campuran
|
10 menit
|
e. Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan
tentang musik
ansambel sejenis dan ansambel campuran
|
-
Memotivasi siswa untuk menampilkan hasil diskusi kelompok tentang bermain musik ansambel
|
20 menit
|
Pertemuan ke -2
Siswa
|
Guru
|
Alokasi Waktu
|
a. Mengamati
·
Menyaksikan pertunjukkan ansambel musik campuran
malalui video
|
Menunjukan video pertunjukan ansambel
musik campuran dalam dua tampilan berbeda
|
10 menit
|
b. Menanya
·
Menanyakan keunikan nsambel campuran dari dua video
yang ditampilkan
|
Memberikan penjelasan tentang
ciri-ciri ansambel campuran
|
10 menit
|
c. Mengeksplorasi
·
Masing-masing kelompok
melakukan pembagian tugas dalam memainkan alat musik ritmis, melodis dan
harmonis
·
Mencoba memainkan lagu
dengan pembagian alat musik
|
Memberi
arahan bagi kelompok siswa untuk memainkan musik ansambel campuran dalam sebuah lagu
|
30
menit
|
d. Mengasosiasikan
·
Membandingkan keunikan lagu
dengan video yang dipertunjukan
|
Memberikan contoh keunikan permainan
alat musik pada ansambel campuran
|
10 menit
|
e. Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan
hasil pembagian alat musik dalam masing-masing kelompok beserta lagu
yang akan dimainkan
|
Memotivasi
siswa untuk mendeskripsikan permainan ansambel campuran yang akan
dipertunjukan secara kelompok
|
30 menit
|
Pertemuan ke -3
Siswa
|
Guru
|
Alokasi Waktu
|
a. Mengamati
·
Menyimak dengan seksama
keunikan pertunjukkan ansambel musik campuran
malalui video
|
Menunjukan keunikan dan keindahan
ansambel musik campuran yang ditayangkan
|
5
menit
|
b. Menanya
·
Menanyakan keunikan dan keindahan dari tayangan
ansambel campuran
|
Memberikan penjelasan tentang
pemberian ornamen dalam permainan alat musik dalam ansambel campuran
|
5
menit
|
c. Mengeksplorasi
·
Mencoba membuat atau
memberi ornamen pada permainan alat musik dalam ansambel campuran
|
Memberi
arahan dalam pemberian ornamen musik ansambel campuran dalam sebuah lagu
|
20 menit
|
d. Mengasosiasikan
·
Membandingkan keunikan dan
keindahan lagu sebelum dan sesudah penggunaan ornamen musik
|
Memberikan penjelasan fungsi ornamen
musik dalam memberi keunikan sebuah lagu
|
10 enit
|
f.
Mengomunikasikan
·
Menampilkan permainan
ansambel campuran yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok
|
Memotivasi
siswa untuk memainkan musik ansambel campuran secara baik dan kompak
|
40 menit
|
3. a. Penutup pertemuan ke-1 ( 10 menit )
·
Memberi kesimpulan
tentang materi yang telah dipelajari
·
Memberikan tugas
·
Memotivasi siswa untuk
mencintai budaya sendiri sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang pencipta dan
penghargaan kepada para pencipta seni.
b.
Penutup pertemuan
ke-2 (10 menit)
· Guru dan
peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
· Peserta
didik mendapatkan tugas dalam memainkan alat musik
· Kelompok
membuat permainan ansambel campuran dalam sebuah lagu
· Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam
c. Penutup pertemuan
ke-3 (10 menit)
· Guru
mengumumkan kelompok penampil terbaik
· Guru dan
peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
· Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam
H. Penilaian
Penilaian
sikap dilakukan melalui 4 tahap yaitu :
-
Observasi
-
Penilaian
diri
-
Penilaian
Antar teman dan
-
Jurnal
guru
Penilaian pengetahuan
dilalukan dengan tugas dan ulangan harian
Penilaian Keterampilan
dilakukan dengan praktik
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila
...............................................
NIP.
|
Jatibarang,
Januari 2017
Guru Mata Pelajaran
Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
Lampiran 1
Nama peserta didik :
____________________
Kelas :
____________________
Tes Pengetahuan
Uraian
A.
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI!
1.
Jelaskan pengertian ensambel campuran!
2.
Jelaskan perbedaan ensambel campuran dengan ensambel sejenis!
3.
Sebutkan alat yang termasuk dalam ensambel
campuran!
B.
KUNCI
JAWABAN:
1.
Ensambel
campuran adalah bermain bersama menggunakan alat musik lebih dari satu jenis
alat musik secara berkelompok
2.
Ensambel
campuran adalah bermain bersama menggunakan alat musik lebih dari satu jenis
alat musik secara berkelompok
Ensambel sejenis adalah
bermain bersama menggunakan satu jenis alat musik secara kelompok.
3.
Melodis,
harmonis, ritmis
Tes Ketrampilan
Lembar Pengamatan Praktik
Seni Musik
Nama Kelompok :
____________________
Kelas :
____________________
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
Maksimum
|
Nilai
|
1
|
Penguasaan
materi lagu
|
20
|
|
2
|
Teknik
bermain alat musik
|
50
|
|
3
|
Ekspresi
(dinamik dan tempo)
|
30
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Lampiran-2a
LEMBAR PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap Spiritual
Kelas VIII ....
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA 2
NILAI
|
|||
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Memberi salam pada saat awal dan akhir
bertanya/presentasi
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA 2
NILAI
|
|||
Menjalankan ibadah tepat waktu
|
Bersyukur atas ilmu, nikmat, dan
karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA 2
NILAI
|
|||
Memelihara
hubungan baik dengan sesama teman umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
No
|
NAMA
SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA 2
NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A. Nilai berkisar 0
– 100
B. KKM Mapel 77
C. Penentuan Nilai dan Predikat :
1.
A(Sangat Baik) dengan rentang nilai
91 – 100
2.
B
(Baik) dengan rentang nilai 81
–90
3.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai
71 – 80
4.
D (Kurang Baik) dengan rentang
nilai 61 – 70
2. Penilaian
Sikap Sosial
Kelas VIII ....
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA 2
NILAI
|
||||
Disiplin
|
Percaya Diri
|
‘’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA 2
NILAI
|
|||
Kerjasama
|
Toleransi
|
Santun
|
Tanggung-jawab
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA 2
NILAI
|
|||
Jujur
dalam ulangan (tidak nyontek) dan jujur dalam berkarya (tidak dibuatkan orang
lain)
|
Menghargai karya seni
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
No
|
NAMA
SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA 2
NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A. Nilai berkisar : 0 – 100
B. KKM Mapel : 77
C. Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A(Sangat Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81 –90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
3. Penilaian
Pengetahuan
1. Penilaian
Pengetahuan dapat berbentuk:
a. Tes Tulis
b. Tes Lisan
c. Penugasan
2.
Penilaian Pengetahuan terdiri dari:
a. Nilai Harian
b. Nilai UTS
c. Nilai UAS/UKK
3. Rumus Nilai Pengetahuan :
2 NH + UTS + UAS/UKK : 4
4. Penilaian
Keterampilan
1. Penilaian Proses / Kinerja
Tulis Jenis Kinerja
sesuai KD / Indikator ..................................
No
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK PENILAIAN (Disesuaikan)
|
RATA 2
NILAI
|
|||
...............
|
...............
|
...............
|
...............
|
|||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A. Nilai berkisar 0
– 100
B. KKM Mapel 77
C. Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81 –90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 –
70
2. Penilaian Proyek
Tulis Jenis Proyek (Pameran Karya Seni Rupa):
Pameran
No
|
NAMA
SISWA / KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA 2
NILAI
|
KET.
|
||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
|
||||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A. Tahap Perencanaan:
1. Rumusan judul atau Tema Pameran
2. Penyusunan Proposal Pameran
3. Pembentukan Kepanitiaan
4. Dsb.
B. Tahap Pelaksanaan :
1. Kinerja Kepanitiaan
2. Kualitas Karya
3. Penataan Karya
4. Dekorasi Stand dsb.
C. Tahap Pelaporan :
1. Penyusunan Laporan Kegiatan
2. Dsb
KETERANGAN :
A. Nilai berkisar 0
– 100
B. KKM Mapel 77
C. Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81 –90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
3. Penilaian Portofolio
Tulis Jenis Portofolio yang dikerjakan
No
|
NAMA
SISWA / KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA 2
NILAI
|
KET.
|
||
Karya ke 1 dari
Pembelajaran 1
|
Karya
ke 2 dari
Pembelajaran 2
|
...........
|
||||
1
|
..........................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................
|
|
|
|
|
|
..
|
..........................
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
A. Nilai berkisar 0
– 100
B. KKM Mapel 77
C. Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81 –90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 2 Bab Seni Musik Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.