Sunday, March 19, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 2 Bab Seni Musik Kurtilas



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran             : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/semester              : VIII/Genap
Materi Pokok                : Ansamble Campuran
Alokasi Waktu              : 9 X 40 Menit (3 Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI 1 :  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan  sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan keberadaannya
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilm  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis,membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1.  
1.1.    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
1.1.1       Menunjukan rasa syukur terhadap keanekaragaman seni musik indonesia
  1.  
2.1.    Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian


2.1.1        Menunjukan komitmen dalam praktek sehari-hari
2.1.2 Menghargai orang lain apa adanya bukan karena penampilan mereka
3.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.2.1    Peka terhadap keragaman individu dan 
            budayanya
2.2.2    Bertanggung jawab atas tindakannya
 4.
2.3 Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni
2.3.1 Mampu menyusun rencana masa depan 
selaras dengan kemampuan dan  minatnya
2.3.2   Mampu mengatur waktu secara efektif untuk kebutuhan belajar
5.
3.4 Memahami tehnik dan gaya bermain musik Ansambel Tradisional




3.4.1.           Mampu Memahami pengertian ansambel music tradisional
3.4.2.           Mampu Mengidentifikasi gaya memainkan ansambel music tradisional
3.4.3.           Mampu Membandingkan teknik dan gaya memainkan ansambel music tradisional
4.
4.4 Memainkan musik ansambel campuran


4.4.1.           Mampu mennjukan sikap bertanggung jawab dalam berlatih teknik dan gaya memainkan ansambel music tradisional
4.4.2.           Mampu Menunjukan sikap disiplin dalam berlatih teknik dan gaya memainkan ansambel music tradisional
4.4.3.           Mampu memainkan ansambel music tradisional
4.4.4.           Mampu mengkomunikasikan keunikan memainkan ansambel music tradisional

C.      Materi Pembelajaran 
      Materi Reguler
a.    Jenis-jenis Alat Musik Tradisional Indonesia
Pembagian jenis alat musik tradisional berdasarkan sumber bunyinya:
·      idiophone,contoh saron,kenong dan gong
·      aerophone, contoh suling, korno dan  saluang
·      chordophone, contoh siter, kecapi dan rebab
·      membranophone, contoh kendang, rebana dan tifa
b.   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional idiophone, aerophone, chordophone, dan membranophone
1)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional idiophone
·      Dipukul dengan alat tertentu
·      Dipukulkan
·      Saling pukul
·      Digoncang
2)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional aerophone
·      Ditiup
3)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional chordophone
·      Dipetik
·      Digesek
4)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional membranophone
·      Dipukul dengan alat tertentu
·         Pengertian Ansambel
·         Sajian karya musik yang dimainkan secara bersama-sama dengan mengunakan berbagai jenis alat musik(alat musik ritmis,alat musik melodis dan alat musik harmonis)
·         Teks lagu-lagu gundul-gundul pacul (untuk berlatih meniup lagu dengan penjarian yang sudah dilatih sebelumnya) Teks lagu-lagu gundul-gundul pacul (untuk berlatih memainkan alat musik pianika dengan penjarian yang benar)
·         Teks lagu-lagu gundul-gundul pacul (untuk berlatih meniup lagu dengan penjarian yang sudah dilatih sebelumnya)
·         Tehnik memainkan musik ansambel campuran :
Recorder, Pianika, gitar, tamborin :
1.      Tehnik meniup : Membunyikan alat musik recorder dengan satu tarikan nafas  rata dan halus
2.      Tehnik penjarian : Memainkan alat musik recorder dengan tehnik penjarian yang tepat dan benar
3.       Tehnik meniup : Membunyikan alat musik pianika dengan satu tarikan nafas  rata dan halus
4.      Tehnik memetik : Membunyikan alat musik gitar dengan dipetik
5.      Tehnik penjarian : Memainkan alat musik gitar dengan tehnik penjarian yang tepat dan benar Pengenalan tangga nada natural
6.      Pengenalan notasi lagu gundul-gundul pacul
7.      Tehnik penjarian : Memainkan alat musik pianika dengan tehnik penjarian yang tepat dan benar
D.      Materi Pembelajaran  Pengayaan
1)   Memainkan alat musik tradisional membranophone dan chordophone
a)      Teknik dasar memainkan alat musik tradisional idiophone contoh alat  musik Jimbe
·      Dipukul dengan tangan

b). Memainkan alat musik  chordophone contoh Gitar
·         Dengan dipetik dengan teknik Tirando dan Apoyando
E.       Materi Pembelajaran  Remedial
c.    Jenis-jenis Alat Musik Tradisional Indonesia
     Pembagian jenis alat musik tradisional berdasarkan sumber bunyinya:
·      idiophone,contoh saron,kenong dan gong
·      aerophone, contoh suling, korno dan  saluang
·      chordophone, contoh siter, kecapi dan rebab
·      membranophone, contoh kendang, rebana dan tifa
d.   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional idiophone, aerophone, chordophone, dan membranophone
5)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional idiophone
·      Dipukul dengan alat tertentu
·      Dipukulkan
·      Saling pukul
·      Digoncang
6)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional aerophone
·      Ditiup
7)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional chordophone
·      Dipetik
·      Digesek
8)   Teknik dasar memainkan alat musik tradisional membranophone
·      Dipukul dengan alat tertentu


F.       Media Pembelajaran
                  1.     Media            :  video/ audio visual, lagu model
                  2.     Alat               :  Laptop, LCD, alat music Ansambel
                  3.     Sumber Pembelajaran :
a.    Buku Siswa.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal. 42-50)
b.    Internet
c.    Media Masa
d.   Narasumber langsung
e.    Buku-buku di perpustakaan

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.      Pendahuluan  ( 20 menit )
Pertemuan Ke - 1
-          Apersepsi
Memberi salam, menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
Menginformasikan garis besar tentang cakupan materi
Menginformasikan tujuan pembelajaran
-          Motivasi
Mengajak siswa mengamati teknik memainkan alat musik
Menanyakan pengelompokan alat-alat musik dalam bermain ansamble
Pertemuan ke – 2
-          Apersepsi
Memberi salam, menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pada pertemuan sebelumnya
-          Motivasi
Mengajak siswa untuk membandingkan teknik memainkan alat musik ritmis,melodis dan harmonis
Menanyakan kesulitan dalam memainkan alat musik
Pertemuan ke- 3
-          Apersepsi
Memberi salam, menyapa peserta didik, berdoa dan mengabsensi
Mengajukan pertanyaan dan menghubungkan materi pada pertemuan 1 dan pertemuan 2
-          Motivasi
Mengajak siswa untuk memberikan pendapat tentang bermain musik ansamble sejenis dan campuran
Menanyakan kesulitan dalam bermain musik ansamble campuran
1)   Kegiatan inti Pertemuan ke - 1
Siswa
Guru
Alokasi Waktu
a.    Mengamati
·           Menyaksikan pertunjukkan sajian musik ansambel sejenis dan campuran Lewat tayangan Video

Menunjukan contoh bentuk  ansambel musik sejenis dan campuran lewat video

10 menit
b.   Menanya
·           Menanya melalui diskusi kelompok tentang jenis alat musik yang dipergunakan dalam ansamble
Memberi penjelasan tentang pengelompokan alat musik dalam ansambel

15 menit

 

c.    Mengeksplorasi
·           Mendiskusikan tentang tehnik memainkan alat musik ritmis, melodis, dan harmonis
·           Mencoba memainkan alat musik ritmis, melodis, dan harmonis

Memberi petunjuk teknik memainkan alat musik ritmis, melodis, dan harmonis.

25 menit
d.   Mengasosiasikan
·           Membandingkan teknik bermain ansamble sejenis dan ansambel campuran

Memberikan penjelasan tentang ansambel sejenis dan ansambel campuran

10 menit
e.    Mengomunikasikan
·           Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  tentang musik ansambel sejenis dan ansambel campuran

-       Memotivasi siswa untuk menampilkan  hasil diskusi kelompok tentang bermain musik ansambel


20 menit

Pertemuan ke -2
Siswa
Guru
Alokasi Waktu
a.    Mengamati
·           Menyaksikan pertunjukkan ansambel musik campuran malalui video


Menunjukan video pertunjukan ansambel musik campuran dalam dua tampilan berbeda

10 menit
b.   Menanya
·           Menanyakan  keunikan nsambel campuran dari dua video yang ditampilkan
Memberikan penjelasan tentang ciri-ciri ansambel campuran

10 menit
c.    Mengeksplorasi
·           Masing-masing kelompok melakukan pembagian tugas dalam memainkan alat musik ritmis, melodis dan harmonis
·           Mencoba memainkan lagu dengan pembagian alat musik
Memberi arahan bagi kelompok siswa untuk memainkan musik ansambel campuran dalam sebuah lagu
30 menit
d.   Mengasosiasikan
·           Membandingkan keunikan lagu dengan video yang dipertunjukan

Memberikan contoh keunikan permainan alat musik pada ansambel campuran

10 menit
e.    Mengomunikasikan
·           Mempresentasikan secara lisan  atau  tulisan  hasil pembagian alat musik dalam masing-masing kelompok beserta lagu yang akan dimainkan

Memotivasi siswa untuk mendeskripsikan permainan ansambel campuran yang akan dipertunjukan secara kelompok


30 menit

Pertemuan ke -3
Siswa
Guru
Alokasi Waktu
a. Mengamati
·           Menyimak dengan seksama keunikan pertunjukkan ansambel musik campuran malalui video


Menunjukan keunikan dan keindahan ansambel musik campuran yang ditayangkan

5        menit
b. Menanya
·           Menanyakan  keunikan dan keindahan dari tayangan ansambel campuran
Memberikan penjelasan tentang pemberian ornamen dalam permainan alat musik dalam ansambel campuran

5        menit
c. Mengeksplorasi
·           Mencoba membuat atau memberi ornamen pada permainan alat musik dalam ansambel campuran
Memberi arahan dalam pemberian ornamen musik ansambel campuran dalam sebuah lagu
20    menit
d. Mengasosiasikan
·           Membandingkan keunikan dan keindahan lagu sebelum dan sesudah penggunaan ornamen musik

Memberikan penjelasan fungsi ornamen musik dalam memberi keunikan sebuah lagu

10    enit
f.       Mengomunikasikan
·           Menampilkan permainan ansambel campuran yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok

Memotivasi siswa untuk memainkan musik ansambel campuran secara baik dan kompak


40 menit

3.  a.    Penutup pertemuan ke-1 ( 10 menit )
·         Memberi kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
·         Memberikan tugas
·         Memotivasi siswa untuk mencintai budaya sendiri sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang pencipta dan penghargaan kepada para pencipta seni.
b.       Penutup pertemuan ke-2 (10 menit)
·   Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
·   Peserta didik mendapatkan tugas dalam memainkan alat musik 
·   Kelompok membuat permainan ansambel campuran dalam sebuah lagu
·   Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam
c.  Penutup pertemuan ke-3 (10 menit)
·   Guru mengumumkan kelompok penampil terbaik
·   Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
·   Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam

H.      Penilaian
Penilaian sikap dilakukan melalui 4 tahap yaitu :
-   Observasi
-   Penilaian diri
-   Penilaian Antar teman dan
-   Jurnal guru
Penilaian pengetahuan dilalukan dengan tugas dan ulangan harian
Penilaian Keterampilan dilakukan dengan praktik

 
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila




...............................................
NIP.
               Jatibarang, Januari  2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -
Lampiran 1

Nama peserta didik     : ____________________
Kelas                           : ____________________

Tes Pengetahuan
Uraian
A.           JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI!
1.             Jelaskan pengertian ensambel campuran!
2.             Jelaskan perbedaan ensambel campuran dengan ensambel sejenis!
3.             Sebutkan alat yang termasuk dalam ensambel campuran!

B.            KUNCI JAWABAN:
1.             Ensambel campuran adalah bermain bersama menggunakan alat musik lebih dari satu jenis alat musik secara berkelompok
2.             Ensambel campuran adalah bermain bersama menggunakan alat musik lebih dari satu jenis alat musik secara berkelompok
          Ensambel sejenis adalah bermain bersama menggunakan satu jenis alat musik secara kelompok.
3.             Melodis, harmonis, ritmis

 Tes Ketrampilan
Lembar Pengamatan Praktik Seni Musik

Nama Kelompok         : ____________________
Kelas                           : ____________________


No.

Aspek yang Dinilai

Skor Maksimum

Nilai
1
Penguasaan materi lagu
20

2
Teknik bermain alat musik
50

3
Ekspresi (dinamik dan tempo)
30

Jumlah
100


Lampiran-2a
LEMBAR PENILAIAN

1.  Penilaian Sikap Spiritual

     Kelas VIII ....

No
NAMA SISWA
PENILAIAN OBSERVASI
RATA 2 NILAI
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
Memberi salam pada saat awal dan akhir bertanya/presentasi
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
PENILAIAN DIRI SENDIRI
RATA 2 NILAI
Menjalankan ibadah tepat waktu
Bersyukur atas ilmu, nikmat, dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
‘’’’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
PENILAIAN ANTAR TEMAN
RATA 2 NILAI
Memelihara hubungan baik dengan sesama teman umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
‘’’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
JURNAL CATATAN GURU
RATA 2 NILAI
KETERANGAN ATAU DESKRIPSI
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
1
 ..........................



  


2
 ..........................



  


..
 ..........................



  



     KETERANGAN :
A.     Nilai berkisar                                                    0 – 100
B.     KKM Mapel                                                      77
C.     Penentuan Nilai dan Predikat :
1.        A(Sangat Baik) dengan rentang nilai              91 – 100
2.        B  (Baik) dengan rentang nilai                        81 –90
3.        C (Cukup Baik) dengan rentang nilai             71 – 80
4.        D (Kurang Baik) dengan rentang nilai            61 – 70

2.  Penilaian Sikap Sosial
     Kelas VIII ....
No
NAMA SISWA
PENILAIAN OBSERVASI
RATA 2 NILAI
Disiplin
Percaya Diri
‘’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................






2
 ..........................






..
 ..........................







No
NAMA SISWA
PENILAIAN ANTAR TEMAN
RATA 2 NILAI
Kerjasama
Toleransi
Santun
Tanggung-jawab
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
PENILAIAN DIRI SENDIRI
RATA 2 NILAI
Jujur dalam ulangan (tidak nyontek) dan jujur dalam berkarya (tidak dibuatkan orang lain)
Menghargai karya seni
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
JURNAL CATATAN GURU
RATA 2 NILAI
KETERANGAN ATAU DESKRIPSI
‘’’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................



  


2
 ..........................



  


..
 ..........................



  


     KETERANGAN :
A.       Nilai berkisar   :                                               0 – 100
B.       KKM Mapel     :                                               77
C.       Penentuan Nilai dan Predikat :
a.               A(Sangat Baik) dengan rentang nilai                      91 – 100
b.        B  (Baik) dengan rentang nilai              81 –90
c.               C (Cukup Baik) dengan rentang nilai         71 – 80
d.        D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
3.  Penilaian Pengetahuan
1.  Penilaian Pengetahuan dapat berbentuk:
a.    Tes Tulis
b.    Tes Lisan
c.    Penugasan
2.  Penilaian Pengetahuan terdiri dari:
a.    Nilai Harian
b.    Nilai UTS
c.    Nilai UAS/UKK
3.  Rumus Nilai Pengetahuan : 2 NH + UTS + UAS/UKK : 4
4.  Penilaian Keterampilan
     1. Penilaian Proses / Kinerja
         Tulis Jenis Kinerja sesuai KD / Indikator ..................................
No
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN (Disesuaikan)
RATA 2 NILAI
...............
...............
...............
...............
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

KETERANGAN :
A.       Nilai berkisar                                                   0 – 100
B.       KKM Mapel                                                     77
C.       Penentuan Nilai dan Predikat :
a.         A  (Sangat Baik) dengan rentang nilai                   91 – 100
b.         B  (Baik) dengan rentang nilai                  81 –90
c.         C (Cukup Baik) dengan rentang nilai                    71 – 80
d.         D (Kurang Baik) dengan rentang nilai                   61 – 70

     2. Penilaian Proyek
         Tulis Jenis Proyek (Pameran Karya Seni Rupa): Pameran

No
NAMA SISWA / KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
RATA 2 NILAI
KET.
Perencanaan
Pelaksanaan
Pelaporan
1
 ..........................


   


2
 ..........................


   


..
 ..........................


   



     KETERANGAN :
A.       Tahap Perencanaan:
1.      Rumusan judul atau Tema Pameran
2.      Penyusunan Proposal Pameran
3.      Pembentukan Kepanitiaan
4.      Dsb.
B.       Tahap Pelaksanaan :
1.      Kinerja Kepanitiaan
2.      Kualitas Karya
3.      Penataan Karya
4.      Dekorasi Stand  dsb.
C.       Tahap Pelaporan :
1.      Penyusunan Laporan Kegiatan
2.      Dsb
KETERANGAN :
A.       Nilai berkisar                                                   0 – 100
B.       KKM Mapel                                                     77
C.       Penentuan Nilai dan Predikat :
a.         A  (Sangat Baik) dengan rentang nilai                   91 – 100
b.         B  (Baik) dengan rentang nilai                  81 –90
c.         C  (Cukup Baik) dengan rentang nilai                   71 – 80
d.         D  (Kurang Baik) dengan rentang nilai                  61 – 70

     3. Penilaian Portofolio
         Tulis Jenis Portofolio yang dikerjakan

No
NAMA SISWA / KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
RATA 2 NILAI
KET.
Karya ke 1 dari
Pembelajaran 1
Karya  ke 2 dari
Pembelajaran 2
...........
1
 ..........................


   


2
 ..........................


   


..
 ..........................


   



KETERANGAN :
A.       Nilai berkisar                                                   0 – 100
B.       KKM Mapel                                                     77
C.       Penentuan Nilai dan Predikat :
a.         A  (Sangat Baik) dengan rentang nilai                   91 – 100
b.         B  (Baik) dengan rentang nilai                  81 –90
c.         C (Cukup Baik) dengan rentang nilai                    71 – 80
d.         D (Kurang Baik) dengan rentang nilai                   61 – 70

 Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 2 Bab Seni Musik Kurtilas semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.