Friday, March 17, 2017

Download RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Bab Seni Tari



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA 

Sekolah                              :  SMP PANCASILA
Mata Pelajaran                 :  Seni Budaya (Seni Tari )
Kelas/ Semester                :  IX / Dua
Alokasi Waktu                  :  7 Pertemuan ( 14 JP)

A.      Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar
1.1       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni tari modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin,  melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap karya  seni tari dan koreografernya
2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3  Memahami komposisi  tari gaya kontemporer
4.3  Menyusun karya tari kontemporer berdasarkan komposisi tari

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.     Bersyukur atas keanekaragaman dan keunikan tari  di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1          Menghargai  aktivitas berkesenian tari.
2.1.2          Jujur dalam melakukan aktivitas berkesenian tari.
2.1.3          Disiplin dalam melakukan aktivitas berkesenian tari.
2.2.1          Bertanggungjawab terhadap karya seni tari dan  koreografernya
2.2.2          Peduli terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.2.3          Santun terhadap karya seni tari dan koreografernya
3.3.1         Menjelaskan pengertian komposisi tari
3.3.2         Mengidentifikasi komponen dalam komposisi tari
3.3.3         Mengidentifikasi konsep dalam karya seni tari
3.3.4         Menjelaskan konsep dalam membuat karya seni tari
3.3.5         Menjelaskan konsep desain gerak tari
3.3.6         Menjelaskan konsep desain lantai dalam karya seni tari
4.3.1  Melakukan eksplorasi dan improvisasi gerak tari
4.3.2    Menjelaskan konsep desain music
4.3.3          Menjelaskan konsep desain kostum dan properti karya tari
4.3.4          Membuat konsep karya seni tari kreasi
4.3.5   Mengomunikasikan karya seni tari baik secara lisan
maupun tulisan
4.3.6    Membuat bentuk karya seni tari kreatif dilakukan secara
kelompok.

D.      Materi Pembelajaran

I.     Materi Pembelajaran  Reguler
Tema              : Komposisi
Sub Tema       : Desain Lantai
               Desain Atas
Butir-butir      :
o  Datar
o  Dalam
o  Vertical
o  Horizontal
o  Kontras
o  Murni
o  Lengkung
o  Statis
o  Lurus
o  Bersudut
o  Spiral
o  Tinggi
o  Medium
o  Rendah
o  Terlukis
o  Lanjutan
o  Tertunda
o  Simetris
o  Asimetris


II.                Materi Pembelajaran  Pengayaan
Penyusunan karya seni tari berdasarkan :
1.      Desain Atas
2.      Desain Lantai
3.      Level Tari
a.   Rendah
b.   Sedang
c.    Tinggi
4.      Iringan Tari

III.             Materi Pembelajaran  Remedial
E.      Komposisi Tari :
1.      Desain Lantai
2.      Desain Atas
a.            Datar
b.            Dalam
c.             Vertical
d.            Horizontal
e.             Kontras
f.              Murni
g.            Lengkung
h.            Statis
i.              Lurus
j.              Bersudut
k.            Spiral
l.              Tinggi
m.          Medium
n.            Rendah
o.            Terlukis
p.            Lanjutan
q.            Tertunda
r.             Simetris
s.             Asimetris
F.      Dinamika
1.      Intensitas
2.      Aksen
3.      Kualitas

 E. Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan Pertama: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang seni tari kontemporer
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.      Kegiatan Inti (70 menit)
1)    Mengamati
a)    Siswa menyaksikan video pembelajaran tentang komposisi tari dalam penyajian tari kontemporer secara berkelompok.
b)    Siswa menyaksikan pemodelan guru yang memperagakan komposisi yang baik dan benar.

2)    Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan komponen dalam komposisi tari,  misalnya: Bagaimana perbedaan desain atas dan desain lantai dalam komposisi tari?

3)    Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Siswa membaca Buku Siswa halaman: 237 tentang komposisi dalam tari

4)    Menalar/Mengasosiasi
a)    Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan tentang desain atas dan desain lantai yang baik dan benar dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara kelompok.
b)    Siswa merumuskan kesimpulan secara kelompok.

5)    Mengomunikasikan
a)    Siswa mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuat secara
     kelompok.
b)    Siswa menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)    Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)    Siswa berdoa dan mengucapkan salam .
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..

2.       Pertemuan Kedua :2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
  Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu komposisi tari .
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.    Kegiatan Inti (70 menit)
1)    Mengamati
a)    Siswa menyaksikan video interaktif tentang dinamika dalam tari
b)    Siswa menyaksikan pemodelan guru yang memperagakan desain atas dan desain lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)    Menanya
     Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain gerak tari,  misalnya: Ada berapa desain lantai dalam komposisi tari? Bagaimana memperagakan desain lantai horisontal teknik dasar yang baik dan benar?

3)    Mengumpulkan Informasi/Data/ Mencoba
Siswa mencoba memperagakan desain lantai dengan teknik yang benar

4)    Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan desain atas dan desain lantai  dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .

5)    Mengomunikasikan
Siswa menampilkan peragaan desain atas dan desain lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .


c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)    Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)    Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..

3.       Pertemuan Ketiga: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang desain lantai dengan cara meminta peserta didik memperagakan desain lantai secara perorangan atau bersama-sama
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (70 menit)
1)    Mengamati
a)    siswa menyaksikan video pembelajaran tentang komposisi tari
b)    siswa menyaksikan pemodelan guru yang desain lantai dalam karya seni tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)    Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain lantai dalam seni tari dengan teknik dasar yang baik dan benar,  misalnya: Identifikasikan desain lantai dalam seni tari

3)    Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba memperagakan desain lantai  dengan teknik yang benar

4)    Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan desain lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .

5)    Mengomunikasikan
Siswa memperagakan desain lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
     
c.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..

4.    Pertemuan Keempat: 2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
          Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang desain lantai dengan tehnik yang baik dan benar secara perorangan ataupun kelompok.
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (70 menit)
1)    Mengamati
a)    Siswa menyaksikan video interaktif tentang eksplorasi dan improvisasi tari secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b)    Siswa menyaksikan pemodelan guru memperagakan eksplorasi dan improvisasi dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)    Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait teknik eksplorasi dan improvisasi tari secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar,  misalnya: Apakah perbedaan eksplorasi dan improvisasi itu? Bagaimana cara mengeksplor gerak tari secara baik dan benar?

3)    Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba bereksplorasi dan berimprovisasi gerakan tari

4)    Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan gerakan hasil eksplorasi dan improvisasi dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .

5)    Mengomunikasikan
Siswa yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
     
c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..

5.       Pertemuan Kelima: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang ekplorasi dan improvisasi gerakan tari dengan cara meminta peserta didik memperagakan gerakan hasil eksplorasi dan improvisasi tersebut secara perorangan atau bersama-sama
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (70 menit)
1)       Mengamati  
a)    Siswa menyaksikan video tari kontemporer secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b)    siswa menyaksikan pemodelan guru yang memperagakan gerakan tari kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar.

2)       Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain music tari kontemporer,  misalnya: Iringan apa yang dapat digunakan dalam pertunjukan tari kontemporer? Alat music apa saja yang dapat digunakan untuk mengiringi tari kontemporer ?  

3)       Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba mengamati, mendengarkan iringan music yang dapat digunakan untuk tari kontemporer.

4)       Mengasosiasi
Siswa  berlatih memperagakan tari kontemporer dengan iringan secara kelompok .

5)       Mengomunikasikan
Siswa menampilkan iringan music tari kontemporer  dengan teknik yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa :
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..

6.       Pertemuan Keenam: 2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang desain music dalam tari kontemporer dengan cara meminta peserta didik menyebutkan alat music yang digunakan untuk mengiringi tari kontemporer secara perorangan atau bersama-sama
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (70 menit)
1)      Mengamati
Siswa menyaksikan video tentang konsep desain kostum dan property karya tari kontemporer.

2)      Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain kostum dan property tari yang digunakan untuk tari kontemporee secara kelompok.

3)      Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba membaca, melihat video, gambar tentang desain kostum dan property karya tari kontemporer.

4)      Mengasosiasi
Siswa mencoba membuat desain kostum dan property yang cocok untuk pertunjukan tari kontemporer

5)      Mengomunikasikan
Siswa menunjukkan desain kostum dan property tari kontemporer secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa didik berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..


7.       Pertemuan Ketujuh: 2 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)    memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)    meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)    mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang desain kostum dan property karya tari dengan cara meminta peserta didik menyebutkan kostum dan property tari kontemporer
4)    menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)    menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)    menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

2)         Kegiatan Inti (70 menit)
1)                  Mengamati
Siswa menyaksikan video tentang konsep karya seni tari kreasi kontemporer

2)      Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait konsep karya seni tari kreasi kontemporer  secara kelompok.

3)      Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba membaca, melihat video, gambar tentang konsep karya tari kreasi kontemporer.

4)      Mengasosiasi
Siswa mencoba memperagakan karya seni tari kreasi untuk pertunjukan tari kontemporer

5)      Mengomunikasikan
Siswa memperagakan karya seni tari kreasi  kontemporer secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi

6)      Mengomunikasikan
Siswa menampilkan peragaan karya seni tari kreasi  secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
     
a.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..

F. Penilaian, Pembelajaran , Pengayaan dan Remedial

1.         Teknik penilaian
a.    Penilaian Sikap Spiritual: Observasi
b.    Penilaian Sikap Sosial: 1) Observasi dan 2) Penilaian Antar Teman
c.     Penilaian Pengetahuan: Penugasan
d.    Penilaian Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.         Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a.     Lembar Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur (lampiran 1)
b.     Lembar Observasi Sikap Sosial (lampiran 2a)
c.     Lembar Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (lampiran 2b)
d.    Lembar Penilaian Produk (lampiran 3)
e.     Lembar Penilaian Penampilan Karya seni tari kreasi kontemporer (lampiran 4a; 4b)
3.        Pembelajaran  Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan teknik penugasan untuk latihan memainkan alat musik tradisional secara kelompok (mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.
  
Rencana  Penilaian

No
Teknik Penilaian
Pertemuan ke
1
2
3
4
5
6
7
1
Observasi Sikap Spiritual
v

V

v


2
Observasi Sikap Sosial
v

V

v


3
Penilaian Antar Teman





v

4
Penugasan

V





5
Tes Penampilan

V
v
v
v

v

Pedoman Pensekoran
a.       Skor hasil  penilaian kompetensi sikap spiritual berkisar antara 1 – 4. Interpretasi skornya adalah sebagai berikut:
Skor
Predikat
4
SB (Sangat Baik)
3
B (Baik)
2
C (Cukup)
1
K (Kurang)

b.       Nilai sikap = skor yang diperoleh
c.        Nilai sikap kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut.
Skor penilaian kompetensi pengetahuan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari kebenaran jawaban 4 soal yang ditugaskan, yaitu: konsep dasar komposisi tari, desain atas, contoh desain lantai dan wujud fisik tugas. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 3)
Predikat
1
3,85 – 4,00
A
2
3,51 – 3,84
A-
3
3,18 – 3,50
B+
4
2,85 – 3,17
B
5
2,51 – 2,84
B-
6
2,18 – 2,50
C+
7
1,85 – 2,17
C
8
1,51 – 1,84
C-
9
1,18 – 1,50
D+
10
1,00 – 1,17
D















Skor penilaian kompetensi keterampilan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari rata-rata skor dari tiga aspek, yaitu: kekompakan, kreativitas dan pola lantai (untuk penampilan kelompok) dan aspek: ekspresi, tehnik gerak dan hapalan (untuk penampilan perorangan). Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.

No.
Interval Nilai Keterampilan
(KI 4)
Predikat
1
3,85 – 4,00
A
2
3,51 – 3,84
A-
3
3,18 – 3,50
B+
4
2,85 – 3,17
B
5
2,51 – 2,84
B-
6
2,18 – 2,50
C+
7
1,85 – 2,17
C
8
1,51 – 1,84
C-
9
1,18 – 1,50
D+
10
1,00 – 1,17
D














 G.      Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1)      Media/Alat:
a)    LCD, Speaker aktif, Laptop
b)    Audio, visual, audio visual, chart.
2)      Bahan:            Selendang, Ki
3)      Sumber Belajar:
a.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 62-69).
b.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 56-71).
c.     Video tentang komposisi tari secara kelompok
d.    Video tentang tari kontemporer secara kelompok
e.     Video tentang desain atas dan desain lantai tari kontemporer secara kelompok
f.      Video tentang level gerak tari kontemporer secara kelompok
g.     Iringan tari kontemporer
h.    Pengetahuan alat-alat musik untuk mengiringi tari


Mengetahui,
              Kepala SMP Pancasila





H. Hasan, M.Pd
              NIP.-
               Jatibarang, Januari 2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -
 
          
Lampiran 1         Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual

LEMBAR OBSERVASI SIKAP BERSYUKUR

Mata Pelajaran   : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas                                     : ___________________
Periode Pengamatan        : ___________________

Petunjuk
Berilah skor 1-4  sesuai dengan kualitas perilaku peserta didik yang  menunjukkan ciri syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan keanekaragaman tari kontemporer di indonesia.
4= sangat baik
3= baik
2=cukup
1=kurang

NO
Nama Peserta Didik
Skor
Predikat
1
Amir Mahmud
3
Baik
2
Bambang Paningron
4
Sangat Baik
3
Cisilia Kunti Boja
4
Sangat Baik
4
Diana Papilaya
3
Baik
5
Endah Dwi Puspitasari
4
Sangat Baik
6
Dst.
...
...
7
...
...
...

Lampiran 2a  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Observasi)
 LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL

Mata Pelajaran   : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas                                     : ___________________
Periode Pengamatan        : ___________________

PETUNJUK
Berilah skor antara 1 sd 4 sesuai dengan kualitas sikap siswa pada aspek: menghargai orang lain, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,dan santun dengan ketentuan sebagai berikut:
                4=sangat baik
                3=baik
                2=cukup
                1=kurang

No
Nama Peserta Didik
Aspek Sikap Sosial
Rata-rata
Predikat
menghargai
jujur
disiplin
Tanggung jawab
peduli
Santun
1
Amir Mahmud
4
4
3
3
4
3
21
3,5
B
2
Bambang Paningron
4
4
4
3
3
3
21
3,5
B
3
Cisilia Kunti Boja
4
4
4
4
3
3
22
3,7
SB
4
Diana Papilaya









5
Endah Dwi Puspitasari









6
Dst.









7
...











Lampiran 2b Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Penilaian Antar Teman)
 
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN*)

Nama Peserta didik yang dinilai : ..............
Nama Peserta didik yang menilai               : ..............
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya/ Seni Tari
Kelas                                                                     : ..............

PETUNJUK
Berilah tanda centhang (v) di bawah angka 1 sd 4 dengan ketentuan sebagai berikut:
                4=  selalu
                3=  sering
                2=  jarang
                1=  tidak pernah

No
Aspek Sikap
Pernyataan
Nilai
1
2
3
4
1
Menghargai orang lain
Teman saya menghargai pendapat, gagasan, dan karya teman lain.


v

2
Jujur
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan.



v
3
Disiplin
Teman saya mengikuti kegiatan dan menyelesaikan tugas  sekolah dengan tepat waktu.


v

4
Tanggung Jawab
Teman saya menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan kepadanya.


...

5
Peduli
Teman saya memperhatikan kepentingan dan kesusahan orang lain.


...

6
Santun
Teman saya sopan dalam ucapan dan perbuatan













Lampiran 3 Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan (Penilaian Produk)

LEMBAR PENILAIAN PRODUK PENUGASAN

Mata Pelajaran                  : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas/Sekolah                   : ...

PETUNJUK
Berilah skor  1-4 pada dua aspek berikut ini:
a.       Kebenaran konsep: komposisi tari, desain atas dan dsain lantai dalm tari kontemporer (4=semua benar; 3=benar tiga; 2=benar dua; 1=benar satu/salah semua).
b.       Kualitas tampilan (4=sangat baik; 3=baik; 2=cukup; 1=kurang).

No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata- rata
Predikat
Kebenaran Konsep
Kualitas Tampilan
1
Amir Mahmud
4
4
4
A
2
Bambang Paningron
4
4
3
B+
3
Cisilia Kunti Boja
3
3
3
B
4
Diana Papilaya




5
Endah Dwi Puspitasari




6
Dst.




7
...






Lampiran 4a Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Individu)

LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU

Mata Pelajaran                   : Seni Tari
Kelas/Sekolah                                   : ...

PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan peserta didik.


No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata-rata
Predikat
Tehnik gerak
hapalan
ekspresi
1
Amir Mahmud
4
3
4
3,7
A-
2
Bambang Paningron
4
4
4
4
A
3
Cisilia Kunti Boja
3
3
3
3
B
4
Diana Papilaya





5
Endah Dwi Puspitasari





6
Dst.





7
...







Lampiran 4b Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Kelompok)

LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN KELOMPOK

Mata Pelajaran                   : Seni Budaya
Kelas/Sekolah                                   : ...

PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan oleh masing-masing kelompok peserta didik.


No
Nama Kelompok
Aspek Penilaian
Rata-rata
Predikat
kekompakan
kreativitas
Pola lantai
1
Kelompok 1
4
3
4
3,7
A-
2
Kelompok 2
4
4
4
4
A
3
Kelompok 3
3
3
3
3
B
4
Kelompok 4





5
Kelompok 5





6
Dst.





7
...






 Itulah postingan Download RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Bab Seni Tari semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.