RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARA
Sekolah :
SMP PANCASILA
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari )
Kelas/ Semester : IX / Dua
Alokasi Waktu : 7 Pertemuan ( 14 JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun
terhadap karya seni tari dan
koreografernya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.3
Memahami
komposisi tari gaya kontemporer
4.3
Menyusun karya
tari kontemporer berdasarkan komposisi tari
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1. Bersyukur atas keanekaragaman dan keunikan tari di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa.
2.1.1
Menghargai aktivitas berkesenian tari.
2.1.2
Jujur dalam melakukan aktivitas berkesenian
tari.
2.1.3
Disiplin dalam
melakukan aktivitas berkesenian tari.
2.2.1
Bertanggungjawab terhadap karya seni tari dan
koreografernya
2.2.2
Peduli terhadap karya seni tari dan
koreografernya
2.2.3
Santun terhadap karya seni
tari dan koreografernya
3.3.1
Menjelaskan pengertian komposisi
tari
3.3.2
Mengidentifikasi komponen dalam komposisi
tari
3.3.3
Mengidentifikasi konsep dalam
karya seni tari
3.3.4
Menjelaskan konsep dalam membuat
karya seni tari
3.3.5
Menjelaskan konsep desain gerak
tari
3.3.6
Menjelaskan konsep desain lantai
dalam karya seni tari
4.3.1
Melakukan eksplorasi dan improvisasi gerak tari
4.3.2 Menjelaskan
konsep desain music
4.3.3
Menjelaskan konsep desain kostum dan properti
karya tari
4.3.4
Membuat konsep karya seni tari kreasi
4.3.5 Mengomunikasikan karya seni tari baik secara
lisan
maupun tulisan
4.3.6 Membuat bentuk karya seni
tari kreatif dilakukan secara
kelompok.
D.
Materi Pembelajaran
I.
Materi Pembelajaran
Reguler
Tema : Komposisi
Sub Tema :
Desain Lantai
Desain Atas
Butir-butir :
o Datar
o Dalam
o Vertical
o Horizontal
o Kontras
o Murni
o Lengkung
o Statis
o Lurus
o Bersudut
o Spiral
o Tinggi
o Medium
o Rendah
o Terlukis
o Lanjutan
o Tertunda
o Simetris
o Asimetris
II.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Penyusunan
karya seni tari berdasarkan :
1.
Desain Atas
2.
Desain Lantai
3.
Level Tari
a. Rendah
b. Sedang
c. Tinggi
4.
Iringan Tari
III.
Materi Pembelajaran Remedial
E.
Komposisi Tari :
1.
Desain Lantai
2.
Desain Atas
a.
Datar
b.
Dalam
c.
Vertical
d.
Horizontal
e.
Kontras
f.
Murni
g.
Lengkung
h.
Statis
i.
Lurus
j.
Bersudut
k.
Spiral
l.
Tinggi
m.
Medium
n.
Rendah
o.
Terlukis
p.
Lanjutan
q.
Tertunda
r.
Simetris
s.
Asimetris
F.
Dinamika
1.
Intensitas
2.
Aksen
3.
Kualitas
E. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan,
guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta peserta didik mempersiapkan
buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan
menyenangkan.
3)
mengecek penguasaan kompetensi
peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang seni
tari kontemporer
4)
menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan
menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan lingkup penilaian dan
teknik penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan video pembelajaran tentang komposisi tari dalam penyajian tari kontemporer secara
berkelompok.
b) Siswa menyaksikan pemodelan guru yang memperagakan komposisi yang baik
dan benar.
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan komponen dalam komposisi tari, misalnya: Bagaimana perbedaan desain atas dan desain lantai dalam
komposisi tari?
3)
Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Siswa membaca Buku Siswa halaman: 237 tentang komposisi dalam tari
4)
Menalar/Mengasosiasi
a)
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah
dirumuskan tentang desain atas dan desain lantai yang baik dan benar dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh
secara kelompok.
b)
Siswa merumuskan kesimpulan secara kelompok.
5)
Mengomunikasikan
a) Siswa mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuat
secara
kelompok.
b) Siswa menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2)
Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)
Siswa berdoa dan mengucapkan salam .
4).
Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
2.
Pertemuan Kedua :2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat
musik untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu komposisi tari .
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan video interaktif tentang dinamika dalam tari
b) Siswa menyaksikan pemodelan guru yang memperagakan desain atas dan
desain lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan
terkait desain gerak tari, misalnya: Ada
berapa desain lantai dalam komposisi tari? Bagaimana memperagakan desain lantai
horisontal teknik dasar yang baik dan benar?
3)
Mengumpulkan Informasi/Data/ Mencoba
Siswa mencoba memperagakan desain lantai dengan teknik yang benar
4)
Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan desain atas dan desain
lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar
secara kelompok .
5)
Mengomunikasikan
Siswa menampilkan peragaan desain atas dan desain
lantai dengan teknik dasar yang baik
dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Siswa (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2)
Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti
pembelajaran remedi atau program pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat
kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)
Siswa berdoa dan mengucapkan salam.
4).
Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
3.
Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat
musik untuk mengikuti pelajaran
dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang desain lantai dengan
cara meminta peserta didik memperagakan desain lantai
secara perorangan atau bersama-sama
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
a) siswa menyaksikan video pembelajaran tentang komposisi tari
b) siswa menyaksikan pemodelan guru yang desain lantai dalam karya seni
tari dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain
lantai dalam seni tari dengan teknik dasar yang baik dan benar, misalnya: Identifikasikan desain lantai dalam
seni tari
3)
Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba
memperagakan desain lantai dengan teknik yang benar
4)
Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan desain lantai dengan teknik dasar yang baik dan benar
secara kelompok .
5)
Mengomunikasikan
Siswa memperagakan desain lantai dengan teknik
dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain
menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa
berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
4.
Pertemuan Keempat: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat
musik untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang desain lantai dengan tehnik
yang baik dan benar secara perorangan ataupun kelompok.
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan video interaktif tentang eksplorasi dan improvisasi
tari secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b) Siswa menyaksikan pemodelan guru memperagakan eksplorasi dan
improvisasi dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait
teknik eksplorasi dan improvisasi tari secara kelompok dengan teknik dasar yang
baik dan benar, misalnya: Apakah perbedaan
eksplorasi dan improvisasi itu? Bagaimana cara mengeksplor gerak tari secara
baik dan benar?
3)
Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba bereksplorasi dan berimprovisasi gerakan tari
4)
Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan gerakan hasil
eksplorasi dan improvisasi dengan teknik dasar yang baik dan benar secara
kelompok .
5)
Mengomunikasikan
Siswa yang baik dan benar
secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa
berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
5.
Pertemuan Kelima: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat
musik untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang ekplorasi dan
improvisasi gerakan tari dengan cara meminta peserta
didik memperagakan gerakan
hasil eksplorasi dan improvisasi
tersebut secara perorangan atau bersama-sama
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
a) Siswa menyaksikan video tari kontemporer secara kelompok dengan teknik
dasar yang baik dan benar.
b) siswa menyaksikan pemodelan guru yang memperagakan gerakan tari
kontemporer dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain
music tari kontemporer, misalnya: Iringan
apa yang dapat digunakan dalam pertunjukan tari kontemporer? Alat music apa
saja yang dapat digunakan untuk mengiringi tari kontemporer ?
3)
Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba mengamati, mendengarkan iringan music yang dapat digunakan untuk tari
kontemporer.
4)
Mengasosiasi
Siswa berlatih memperagakan tari kontemporer dengan
iringan secara kelompok .
5)
Mengomunikasikan
Siswa menampilkan iringan music tari kontemporer dengan
teknik yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain
menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa (dengan
atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2). Siswa :
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa
berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
6.
Pertemuan Keenam: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat
musik untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang desain music dalam tari
kontemporer dengan cara meminta peserta
didik menyebutkan alat music
yang digunakan untuk mengiringi tari kontemporer secara perorangan atau
bersama-sama
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
Siswa menyaksikan video tentang konsep
desain kostum dan property karya tari kontemporer.
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait desain kostum dan property tari yang digunakan untuk tari kontemporee secara kelompok.
3)
Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba membaca,
melihat video, gambar tentang desain kostum dan property karya tari kontemporer.
4)
Mengasosiasi
Siswa mencoba
membuat desain kostum dan property yang cocok untuk pertunjukan tari
kontemporer
5)
Mengomunikasikan
Siswa menunjukkan
desain kostum dan property tari kontemporer secara kelompok di depan kelas dan
kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Siswa rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
3). Siswa
didik berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
7.
Pertemuan Ketujuh: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan pendahuluan,
guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat
musik untuk mengikuti
pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang desain kostum dan property karya tari dengan cara meminta peserta
didik menyebutkan kostum dan property tari kontemporer
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
2)
Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Mengamati
Siswa menyaksikan video tentang konsep
karya seni tari kreasi kontemporer
2)
Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait konsep karya seni tari kreasi kontemporer secara kelompok.
3)
Mengumpulkan Informasi
Siswa mencoba membaca,
melihat video, gambar tentang konsep karya tari kreasi kontemporer.
4)
Mengasosiasi
Siswa mencoba
memperagakan karya seni tari kreasi untuk pertunjukan tari kontemporer
5)
Mengomunikasikan
Siswa memperagakan karya seni tari kreasi kontemporer secara kelompok di depan kelas
dan kelompok lain menanggapi
6)
Mengomunikasikan
Siswa menampilkan
peragaan karya seni tari kreasi secara
kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi .
a.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya dalam proses
dan hasil pembelajaran.
2). Siswa:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Siswa
berdoa dan mengucapkan salam.
4). Siswa menyanyikan lagu daerah Nusantara..
F. Penilaian, Pembelajaran , Pengayaan
dan Remedial
1.
Teknik
penilaian
a. Penilaian Sikap
Spiritual: Observasi
b. Penilaian
Sikap
Sosial: 1) Observasi dan 2)
Penilaian Antar Teman
c. Penilaian
Pengetahuan: Penugasan
d. Penilaian
Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a. Lembar
Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur (lampiran 1)
b. Lembar
Observasi Sikap Sosial (lampiran 2a)
c. Lembar
Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (lampiran 2b)
d. Lembar
Penilaian Produk (lampiran 3)
e. Lembar
Penilaian Penampilan Karya
seni tari kreasi kontemporer (lampiran 4a; 4b)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan
dengan teknik penugasan untuk latihan memainkan alat musik tradisional secara
kelompok (mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.
Rencana Penilaian
No
|
Teknik Penilaian
|
Pertemuan ke
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
Observasi Sikap
Spiritual
|
v
|
|
V
|
|
v
|
|
|
2
|
Observasi Sikap
Sosial
|
v
|
|
V
|
|
v
|
|
|
3
|
Penilaian Antar
Teman
|
|
|
|
|
|
v
|
|
4
|
Penugasan
|
|
V
|
|
|
|
|
|
5
|
Tes Penampilan
|
|
V
|
v
|
v
|
v
|
|
v
|
Pedoman Pensekoran
a.
Skor hasil penilaian kompetensi
sikap spiritual berkisar antara 1 – 4. Interpretasi
skornya adalah sebagai berikut:
Skor
|
Predikat
|
4
|
SB (Sangat Baik)
|
3
|
B (Baik)
|
2
|
C (Cukup)
|
1
|
K (Kurang)
|
b.
Nilai sikap =
skor yang diperoleh
c.
Nilai sikap kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut.
Skor penilaian kompetensi
pengetahuan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari kebenaran jawaban 4 soal
yang ditugaskan, yaitu: konsep dasar komposisi tari, desain atas, contoh
desain lantai dan wujud fisik tugas. Skor
yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
|
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 3)
|
Predikat
|
1
|
3,85 – 4,00
|
A
|
2
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
4
|
2,85 – 3,17
|
B
|
5
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
6
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
7
|
1,85 – 2,17
|
C
|
8
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
9
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Skor penilaian kompetensi
keterampilan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari rata-rata skor dari tiga
aspek, yaitu: kekompakan, kreativitas dan pola lantai (untuk penampilan kelompok) dan aspek: ekspresi, tehnik gerak dan hapalan (untuk penampilan perorangan). Skor yang
diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
|
Interval Nilai Keterampilan
(KI 4)
|
Predikat
|
1
|
3,85 – 4,00
|
A
|
2
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
4
|
2,85 – 3,17
|
B
|
5
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
6
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
7
|
1,85 – 2,17
|
C
|
8
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
9
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 – 1,17
|
D
|
G.
Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1)
Media/Alat:
a)
LCD, Speaker aktif, Laptop
b)
Audio, visual, audio visual,
chart.
2)
Bahan: Selendang, Ki
3)
Sumber Belajar:
a.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas VIII. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 62-69).
b.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk
SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Halaman: 56-71).
c. Video tentang komposisi tari secara kelompok
d. Video tentang tari kontemporer secara kelompok
e. Video tentang desain atas dan desain lantai tari kontemporer secara
kelompok
f. Video tentang level gerak tari kontemporer secara kelompok
g.
Iringan tari kontemporer
h.
Pengetahuan alat-alat musik untuk mengiringi tari
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila
H. Hasan, M.Pd
NIP.-
|
Jatibarang,
Januari 2017
Guru Mata
Pelajaran
Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
Lampiran 1 Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual
LEMBAR OBSERVASI SIKAP BERSYUKUR
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas : ___________________
Periode Pengamatan : ___________________
Petunjuk
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kualitas perilaku peserta didik
yang menunjukkan ciri syukur atas
karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan keanekaragaman tari
kontemporer di indonesia.
4= sangat baik
3= baik
2=cukup
1=kurang
NO
|
Nama Peserta Didik
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Amir Mahmud
|
3
|
Baik
|
2
|
Bambang Paningron
|
4
|
Sangat
Baik
|
3
|
Cisilia Kunti Boja
|
4
|
Sangat
Baik
|
4
|
Diana Papilaya
|
3
|
Baik
|
5
|
Endah Dwi Puspitasari
|
4
|
Sangat
Baik
|
6
|
Dst.
|
...
|
...
|
7
|
...
|
...
|
...
|
Lampiran 2a Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
(Observasi)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas : ___________________
Periode Pengamatan : ___________________
PETUNJUK
Berilah skor antara 1 sd 4
sesuai dengan kualitas sikap siswa pada aspek: menghargai orang lain, jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli,dan santun dengan ketentuan sebagai berikut:
4=sangat baik
3=baik
2=cukup
1=kurang
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Sikap Sosial
|
∑
|
Rata-rata
|
Predikat
|
|||||
menghargai
|
jujur
|
disiplin
|
Tanggung
jawab
|
peduli
|
Santun
|
|||||
1
|
Amir Mahmud
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
21
|
3,5
|
B
|
2
|
Bambang Paningron
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
21
|
3,5
|
B
|
3
|
Cisilia Kunti Boja
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
22
|
3,7
|
SB
|
4
|
Diana Papilaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Endah Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2b Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Penilaian Antar Teman)
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN*)
Nama Peserta didik yang
dinilai : ..............
Nama Peserta didik yang
menilai : ..............
Mata Pelajaran : Seni
Budaya/ Seni Tari
Kelas :
..............
PETUNJUK
Berilah tanda centhang (v) di
bawah angka 1 sd 4 dengan ketentuan sebagai berikut:
4= selalu
3= sering
2= jarang
1= tidak
pernah
No
|
Aspek Sikap
|
Pernyataan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menghargai orang lain
|
Teman saya menghargai pendapat, gagasan, dan
karya teman lain.
|
|
|
v
|
|
2
|
Jujur
|
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan.
|
|
|
|
v
|
3
|
Disiplin
|
Teman saya mengikuti kegiatan dan menyelesaikan
tugas sekolah dengan tepat waktu.
|
|
|
v
|
|
4
|
Tanggung Jawab
|
Teman saya menyelesaikan semua tugas-tugas yang
diberikan kepadanya.
|
|
|
...
|
|
5
|
Peduli
|
Teman saya memperhatikan kepentingan dan
kesusahan orang lain.
|
|
|
...
|
|
6
|
Santun
|
Teman saya sopan dalam ucapan dan perbuatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3 Instrumen
Penilaian Kompetensi Pengetahuan (Penilaian Produk)
LEMBAR PENILAIAN PRODUK PENUGASAN
Mata Pelajaran :
Seni Budaya/Seni Tari
Kelas/Sekolah :
...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 pada dua aspek berikut ini:
a.
Kebenaran konsep: komposisi tari, desain atas dan dsain lantai dalm tari kontemporer (4=semua benar; 3=benar tiga; 2=benar dua; 1=benar
satu/salah semua).
b.
Kualitas tampilan (4=sangat
baik; 3=baik; 2=cukup; 1=kurang).
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Rata-
rata
|
Predikat
|
|
Kebenaran
Konsep
|
Kualitas
Tampilan
|
||||
1
|
Amir Mahmud
|
4
|
4
|
4
|
A
|
2
|
Bambang Paningron
|
4
|
4
|
3
|
B+
|
3
|
Cisilia Kunti Boja
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Diana Papilaya
|
|
|
|
|
5
|
Endah Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
Lampiran 4a Instrumen
Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Individu)
LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Sekolah : ...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan
kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan peserta didik.
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Rata-rata
|
Predikat
|
||
Tehnik gerak
|
hapalan
|
ekspresi
|
||||
1
|
Amir Mahmud
|
4
|
3
|
4
|
3,7
|
A-
|
2
|
Bambang Paningron
|
4
|
4
|
4
|
4
|
A
|
3
|
Cisilia Kunti Boja
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Diana Papilaya
|
|
|
|
|
|
5
|
Endah Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4b Instrumen
Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Kelompok)
LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN KELOMPOK
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Sekolah : ...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai
dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan oleh masing-masing
kelompok peserta didik.
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
Penilaian
|
Rata-rata
|
Predikat
|
||
kekompakan
|
kreativitas
|
Pola lantai
|
||||
1
|
Kelompok 1
|
4
|
3
|
4
|
3,7
|
A-
|
2
|
Kelompok 2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
A
|
3
|
Kelompok 3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Kelompok 4
|
|
|
|
|
|
5
|
Kelompok 5
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
Itulah postingan Download RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Bab Seni Tari semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.