Friday, March 17, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Musik(Bernyanyi Lagu Modern) Kurtilas



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                         :  SMP  PANCASILA
Mata Pelajaran             :  Seni Budaya (Seni Musik )
Kelas/ Semester                       :  IX /Dua
Alokasi Waktu             :  6 Pertemuan (12 JP)

A.      Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar
1.1.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.       Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2.    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya musik, dan penciptanya serta arangernya
3.3   Memahami  teknik bernyanyi  musik  modern
      4.3   Menyanyikan  musik modern sederhana secara perorangan maupun
               kelompok

3.3   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.      Bersyukur atas keanekaragaman dan keunikan musik tradisional di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1        Menghargai  aktivitas berkesenian.
2.1.2        Jujur dalam melakukan aktivitas berkesenian.
2.1.3        Disiplin dalam melakukan aktivitas berkesenian musik.
2.2.1        Bertanggungjawab terhadap karya musik  dan kelompok masyarakat  sebagai penciptanya serta arrangernya.
2.2.2         Peduli terhadap karya musik dan kelompok masyarakat  sebagai penciptanya serta arrangernya
2.2.3         Santun terhadap karya musik dan kelompok masyarakat  sebagai penciptanya serta arrangernya
3.3.1.      Mendeskripsikan jenis lagu modern
3.3.2        Mendeskripsikan  gaya bernyanyi lagu modern
3.3.3        Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu modern dengan gaya yang tepat 
4.3.1.    Menyanyikan lagu modern dengan gaya yang tepat

C.       Materi Pembelajaran

1.   Materi Pembelajaran  Reguler
     Pertemuan ke 1
              Mendeskripsikan jenis lagu modern
    a.Jenis-jenis lagu modern
1)     Pengertian lagu modern
    Adalah lagu yang berkembang saat ini dan juga dipengaruhi oleh alat        
    musik yang canggih seiring dengan perkembangan jaman.
  
2)      Contoh – contoh lagu modern :
·         Lagu Pop :
§  Adalah lagu yang mudah diterima oleh masyarakat luas.
Lagu  Pop saat ini bersifat komersial dan berkeinginan untuk memiliki daya tarik massa.
§  .Lagu Pop memiliki tema kehidupan sehari – hari yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau               easy listening.

·         Lagu Jazz :
§  Lagu yang sering dimainkan di café / tempat makan menengah ke atas, vocalnya sering menirukan suara instrument , suara penyanyinya biasanya mempunyai karakter yang berat, harmonisasinya terdengar rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi mudolasi / perpindahan tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki kecenderungan sering berimprovisasi.
Pertemuan ke 2

·         Lagu Rock :
§  Tempo : Cepat
§  Sifat                 : ekspresif
§  Lirik lagu        : mengajak penonton lebih bersemangat
§  Lagu Rock beridentik dengan suara yang kencang , dengan permainan efek gitar yang menggelegar. Bass drumb dimainkan dengan tempo yang cepat.

·         Lagu Dangdut :
§  Musik dangdut merupakan musik yang memiliki pendengar yang berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia
§  Lagu dangdut biasanya diiringi dengan gendang dan seruling yang mengalun dan mengajak orang yang mendengarnya ikut bergoyang, begitupun penyanyi dangdut  memiliki gaya joget dan irama yang mendayu.


         Mendeskripsikan  gaya bernyanyi lagu modern
a.      Jenis lagu modern memiliki keluwesan gaya dibandingkan   menyanyi  lagu tradisi
 Gaya bernyanyi musik modern pada dasarnya tidak terlalu banyak aturan   hanya   sebatas pada penguasaan teknik vocal dan pembiasaan dan mengikuti irama lagunya.

Pertemuan ke 3

   Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu modern dengan gaya yang tepat
       Latihan pemanasan teknik vocal
·         Berdiri dengan rileks
·         Melakukan pemanasan badan sebiasannya
·         Ambil nafas dari hidung kemudian selama 5 detik lalu keluarkan nafas  dengan suara seperti desis ular ‘shss....lakukan berulang selama 3 kali putaran
·         Vokalisasi atau pemanasan vocal
·         Baru mulai untuk membedah lagu yang telah kita pilih

Pertemuan ke 4

            Nyanyikanlah setelah kamu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
                  
·            Mendengarkan lagu tersebut lebih dari 10 kali
·            Membaca dan memahami lirik lagu dengan baik
·            Memahami pola irama dan pola melodi lagu tersebut
·            Meniru gaya penyanyi yang membawakan lagu tersebut
·            Melakukan latihan vocal dasar diatas sebelum bernyanyi


    Nyanyikanlah lagu modern pilihanmu didepan kelas.

II.                Materi Pembelajaran  Pengayaan.

A.     Mendeskripsikan jenis lagu modern
             Jenis-jenis lagu modern
a)      Pengertian lagu modern
Adalah lagu yang berkembang saat ini dan juga dipengaruhi oleh alat musik yang canggih seiring dengan perkembangan jaman.
b)      Contoh –contoh lagu moderm
·         Lagu pop
·         Lagu jazz
·         Lagu rock
·         Lagu dangdut

B. Mendeskripsikan  gaya bernyanyi lagu modern
·         Penguasaan teknik vocal
·         Pembiasaan mengikuti irama lagu
C. Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu modern dengan gaya    
    yang tepat.

III.             Materi Pembelajaran  Remedial
              3.3.1.Mendeskripsikan jenis lagu modern
    1.Jenis-jenis lagu modern
a)           Pengertian lagu modern
    Adalah lagu yang berkembang saat ini dan juga dipengaruhi oleh alat       
    musik yang canggih seiring dengan perkembangan jaman.
  
b)      Contoh – contoh lagu modern :
·               Lagu Pop :
§  Adalah lagu yang mudah diterima oleh masyarakat luas.
§  Lagu  Pop saat ini bersifat komersial dan berkeinginan untuk memiliki daya tarik massa.
§  .Lagu Pop memiliki tema kehidupan sehari – hari yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau               easy listening.

·                  Lagu Jazz :
§  Lagu yang sering dimainkan di café / tempat makan menengah ke atas, vocalnya sering menirukan suara instrument , suara penyanyinya biasanya mempunyai karakter yang berat, harmonisasinya terdengar rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi mudolasi / perpindahan tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki kecenderungan sering berimprovisasi.
  • Lagu Rock :
§  Tempo               : Cepat
§  Sifat                 : ekspresif
§  Lirik lagu        : mengajak penonton lebih bersemangat
§  Lagu Rock beridentik dengan suara yang kencang , dengan permainan efek gitar yang menggelegar. Bass drumb dimainkan dengan tempo yang cepat.

·         Lagu Dangdut :
§  Musik dangdut merupakan musik yang memiliki pendengar yang berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia
§  Lagu dangdut biasanya diiringi dengan gendang dan seruling yang mengalun dan mengajak orang yang mendengarnya ikut bergoyang, begitupun penyanyi dangdut  memiliki gaya joget

          3.3.2.  Mendeskripsikan  gaya bernyanyi lagu modern
                    Jenis lagu modern memiliki keluwesan gaya dibandingkan   menyanyi  lagu tradisi
 Gaya bernyanyi musik modern pada dasarnya tidak terlalu banyak aturan   hanya   sebatas pada penguasaan teknik vocal dan pembiasaan dan mengikuti irama lagunya.

  3.3.3.Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu modern dengan gaya yang tepat
            Latihan pemanasan vocal.
·         Berdiri dengan rileks
·         Melakukan pemanasan badan sebiasannya
·         Ambil nafas dari hidung kemudian selama 5 detik lalu keluarkan nafas  dengan suara seperti desis ular ‘shss....lakukan berulang selama 3 kali putaran
·         Vokalisasi atau pemanasan vocal
·         Baru mulai untuk membedah lagu yang telah kita pilih

        4.3  Nyanyikanlah lagu modern pilihanmu didepan kelas.

D. Kegiatan Pembelajaran ( Reguler )

1.         Pertemuan Pertama: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)   meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)   mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang jenis – jenis lagu modern.
4)   menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
5)   menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a)   Peserta didik menyaksikan video pembelajaran tentang  salah satu contoh  lagu modern.
b)   Peserta didik menyaksikan pemodelan guru yang menyanyikan lagu modern
2)   Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam /contoh lagu modern .Sebutkan macam-macam lagu modern. Sebutkan tahapan latihan teknik bernyanyi lagu modern.
3)    Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Peserta didik mengumpulkan materi tentang jenis / macam lagu modern sesuai dengan teknik vocal yang tepat.
Pesrta didik dapat mencoba mengelompokkan lagu-lagu yang termasuk ke dalam lagu modern.
4)   Menalar/Mengasosiasi
a)   Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan:
tentang menyanyi lagu-lagu modern, macam-macam lagu modern.
b)   Peserta didik merumuskan kesimpulan secara  individu/kelompok.
5)   Mengomunikasikan
a)   Peserta didik mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuat secara
     Individu/kelompok.
b)   Peserta didik menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)   Peserta didik:
(a) menerima informasi tentang penilaian yang akan dilakukan minggu depan.
(b) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)   Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam .

2.      Pertemuan Kedua :3 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
  Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)   meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)   mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang bernyanyi lagu modern .
4)   menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)   menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan minggu depan.
6)   menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.    Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a)   Peserta didik menyaksikan video interaktif tentang tahapan - tahapan latihan teknik bernyanyi lagu modern secara individu / kelompok
b)   Peserta didik menyaksikan video interaktif tentang teknik latihan bernyanyi dengan benar dan tepat.
c)   Peserta didik menyaksikan pemodelan guru yang menyanyikan lagu modern dengan teknik latihan dasar yang baik dan benar.

2)   Menanya
     Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan teknik tahapan bernyanyi lagu modern  secara individu / kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar,  misalnya: Ada berapa teknik tahapan latihan bernyanyi dengan benar dan tepat.

3)   Mengumpulkan Informasi/Data/ Mencoba
§  Peserta didik mengumpulkan materi tentang teknik latihan bernyanyi lagu modern dengan benar dan tepat.
§  Peserta didik mengumpulkan informasi tentang aspek yang akan dievaluasi dalam praktek bernyanyi.

4)   Mengasosiasi
     Peserta didik berlatih mempraktekkan tahapan- tahapan tentang tehnik latihan bernyanyi lagu modern dengan benar.

5)   Mengomunikasikan
     Peserta didik menampilkan performance bernyanyi lagu modern baik secara individu atau per kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar di depan kelas dan siswa atau kelompok lain menanggapi .


c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)    Peserta didik:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)   Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.

3.      Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.    Kegiatan Pendahuluan  (10 menit )
             Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)   meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)   mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang persiapan bernyanyi lagu modern dengan cara perorangan atau bersama-sama
4)   menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)   menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)   menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.   Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a.      Peserta didik menyaksikan pemodelan guru yang menyanyikan lagu modern dengan teknik latihan dasar yang baik dan benar.

            2)Menanya
     Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait persiapan tentang praktek bernyanyi lagu modern dan terkait dengan teknik tahapan bernyanyi lagu modern  secara individu /  kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar,  misalnya: Ada berapa teknik tahapan latihan bernyanyi dengan benar dan tepat.

b)  Mengasosiasi
Peserta didik berlatih memainkan alat musik tradisional aerophone dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok .

c)   Mengomunikasikan
Peserta didik menampilkan performance bernyanyi lagu modern sesuai pilihannya dengan teknik dasar yang baik dan benar secara individu / kelompok di depan kelas siswa dan kelompok lain menanggapi .

d) Mencipta
     Peserta didik mampu menyanyikan salah satu lagu modern dengan ekspresi yang baik dan benar.

a.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Peserta didik:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh  
     layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun
     kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.

 F. Penilaian, Pembelajaran , Pengayaan dan Remedial
1.        Teknik penilaian
a.   Penilaian Sikap Spiritual: Observasi
b.   Penilaian Sikap Sosial: 1) Observasi dan 2) Penilaian Antar Teman
c.    Penilaian Pengetahuan: Penugasan
d.   Penilaian Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.        Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a.    Lembar Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur (lampiran 1)
b.    Lembar Observasi Sikap Sosial (lampiran 2a)
c.    Lembar Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (lampiran 2b)
d.   Lembar Penilaian Produk (lampiran 3)
e.    Lembar Penilaian Penampilan menyanyikan salah satu lagu modern (lampiran 4a; 4b)
3.        Pembelajaran  Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan teknik penugasan untuk latihan memainkan alat musik tradisional secara kelompok (mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.
Rencana  Penilaian
No
Teknik Penilaian
Pertemuan ke
1
2
3
4
5
6
7
1
Observasi Sikap Spiritual
v

V

v


2
Observasi Sikap Sosial
v

V

v


3
Penilaian Antar Teman





v

4
Penugasan

V





5
Tes Penampilan

V
v
v
v

V

Pedoman Pensekoran
a.      Skor hasil  penilaian kompetensi sikap spiritual berkisar antara 1 – 4. Interpretasi skornya adalah sebagai berikut:
Skor
Predikat
4
SB (Sangat Baik)
3
B (Baik)
2
C (Cukup)
1
K (Kurang)

b.      Nilai sikap = skor yang diperoleh
c.       Nilai sikap kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut.
Skor penilaian kompetensi pengetahuan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari kebenaran jawaban 4 soal yang ditugaskan, yaitu: dari jenis, tahapan, teknik menyanyikan salah satu lagu modern. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 3)
Predikat
1
3,85 – 4,00
A
2
3,51 – 3,84
A-
3
3,18 – 3,50
B+
4
2,85 – 3,17
B
5
2,51 – 2,84
B-
6
2,18 – 2,50
C+
7
1,85 – 2,17
C
8
1,51 – 1,84
C-
9
1,18 – 1,50
D+
10
1,00 – 1,17
D















Skor penilaian kompetensi keterampilan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari rata-rata skor dari tiga aspek, yaitu: kualitas suara, keseimbangan,  dan keselarasan (untuk penampilan kelompok) dan aspek jenis, tahapan, teknik bernyanyi, dan suara yang dihasilkan (untuk penampilan perorangan / kelompok ). Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
Interval Nilai Keterampilan
(KI 4)
Predikat
1
3,85 – 4,00
A
2
3,51 – 3,84
A-
3
3,18 – 3,50
B+
4
2,85 – 3,17
B
5
2,51 – 2,84
B-
6
2,18 – 2,50
C+
7
1,85 – 2,17
C
8
1,51 – 1,84
C-
9
1,18 – 1,50
D+
10
1,00 – 1,17
D














  
G.      Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1)      Media/Alat:
a)   Alat musik ( keyboard)
b)   Audio, visual, audio visual, chart.

2)      Bahan :
Partitur lagu – lagu modern.

3)      Sumber Belajar:
a.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 201 -- 204).
b.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 207 - 225).
c.    Video tentang bernyanyi lagu modern dengan teknik dasar yang baik dan benar secara individu /  kelompok
d.   Teks / partitur lagu modern.

Mengetahui,
              Kepala SMP Pancasila




H. Hasan, M.Pd
              NIP.-
               Jatibarang, Januari 2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -
Lampiran 1
       Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual

LEMBAR OBSERVASI SIKAP BERSYUKUR

Mata Pelajaran           : Seni Budaya/Seni Musik
Kelas                           : IX / Dua
Periode Pengamatan  : ___________________

Petunjuk
Berilah skor 1-4  sesuai dengan kualitas perilaku peserta didik yang  menunjukkan ciri syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan keanekaragaman musik tradisional di indonesia.
4= sangat baik
3= baik
2=cukup
1=kurang

NO
Nama Peserta Didik
Skor
Predikat
1
Amir Mahmud
3
Baik
2
Bambang Paningron
4
Sangat Baik
3
Cisilia Kunti Boja
4
Sangat Baik
4
Diana Papilaya
3
Baik
5
Endah Dwi Puspitasari
4
Sangat Baik
6
Dst.
...
...
7
...
...
...


Lampiran 2a  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Observasi)

LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL

Mata Pelajaran           : Seni Budaya/Seni Musik
Kelas                           : IX / Dua
Periode Pengamatan  : ___________________

PETUNJUK
Berilah skor antara 1 sd 4 sesuai dengan kualitas sikap siswa pada aspek: menghargai orang lain, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,dan santun dengan ketentuan sebagai berikut:
            4=sangat baik
            3=baik
            2=cukup
            1=kurang

No
Nama Peserta Didik
Aspek Sikap Sosial
Rata-rata
Predikat
menghargai
jujur
disiplin
Tanggung jawab
peduli
Santun
1
Amir Mahmud
4
4
3
3
4
3
21
3,5
B
2
Bambang Paningron
4
4
4
3
3
3
21
3,5
B
3
Cisilia Kunti Boja
4
4
4
4
3
3
22
3,7
SB
6
Dst.









7
...











Lampiran 2b.
 Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial (Penilaian Antar Teman)


LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN*)

Nama Peserta didik yang dinilai      : ..............
Nama Peserta didik yang menilai     : ..............
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas                                                   : ..............

PETUNJUK
Berilah tanda centhang (v) di bawah angka 1 sd 4 dengan ketentuan sebagai berikut:
            4=  selalu
            3=  sering
            2=  jarang
            1=  tidak pernah

No
Aspek Sikap
Pernyataan
Nilai
1
2
3
4
1
Menghargai orang lain
Teman saya menghargai pendapat, gagasan, dan karya teman lain.


v

2
Jujur
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan.



v
3
Disiplin
Teman saya mengikuti kegiatan dan menyelesaikan tugas  sekolah dengan tepat waktu.


v

4
Tanggung Jawab
Teman saya menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan kepadanya.


...

5
Peduli
Teman saya memperhatikan kepentingan dan kesusahan orang lain.


...

6
Santun
Teman saya sopan dalam ucapan dan perbuatan













Lampiran 3
 Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan (Penilaian Produk)

LEMBAR PENILAIAN PRODUK PENUGASAN

Mata Pelajaran                      : Seni Budaya/Seni Musik
Kelas/Sekolah                       : ...

PETUNJUK
Berilah skor  1-4 pada dua aspek berikut ini:
a.      Kebenaran konsep: nama alat, asal daerah, jenis alat ditinjau dari fungsinya, dan jenis alat ditinjau dari teknik memainkannya (4=semua benar; 3=benar tiga; 2=benar dua; 1=benar satu/salah semua).
b.      Kualitas tampilan (4=sangat baik; 3=baik; 2=cukup; 1=kurang).

No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata- rata
Predikat
Kebenaran Konsep
Kualitas Tampilan
1
Amir Mahmud
4
4
4
A
2
Bambang Paningron
3
4
3,5
B+
3
Cisilia Kunti Boja
3
3
3
B
4
Diana Papilaya




5
Endah Dwi Puspitasari




6
Dst.




7
...






Lampiran 4a
 Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Individu)

LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU

Mata Pelajaran                       : Seni Budaya
Kelas/Sekolah                                    : ...

PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan peserta didik.

No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata-rata
Predikat
Cara Memegang Alat
Teknik Memainkan Alat
Kualitas Suara
1
Amir Mahmud
4
3
4
3,7
A-
2
Bambang Paningron
4
4
4
4
A
3
Cisilia Kunti Boja
3
3
3
3
B
4
Diana Papilaya





5
Endah Dwi Puspitasari





6
Dst.





7
...







Lampiran 4b
 Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Penampilan Kelompok)

LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU / KELOMPOK

Mata Pelajaran                       : Seni Budaya
Kelas/Sekolah                                    : ...

PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan oleh masing-masing kelompok peserta didik.


No
Nama Kelompok
Aspek Penilaian
Rata-rata
Predikat
Kualitas Suara
Keseimbangan
Keselarasan
1
Kelompok 1
4
3
4
3,7
A-
2
Kelompok 2
4
4
4
4
A
3
Kelompok 3
3
3
3
3
B
4
Kelompok 4





5
Kelompok 5





6
Dst.





7
...






 Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Musik(Bernyanyi Lagu Modern) Kurtilas semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.