RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP PANCASILA
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Musik )
Kelas/ Semester : IX /Dua
Alokasi Waktu :
6 Pertemuan (12 JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1.
Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya musik, dan
penciptanya serta arangernya
3.3 Memahami
teknik bernyanyi musik modern
4.3 Menyanyikan
musik modern sederhana secara perorangan maupun
kelompok
3.3 Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.
Bersyukur atas keanekaragaman dan
keunikan musik tradisional di
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1
Menghargai aktivitas berkesenian.
2.1.2
Jujur dalam melakukan aktivitas
berkesenian.
2.1.3
Disiplin dalam melakukan aktivitas berkesenian
musik.
2.2.1
Bertanggungjawab terhadap karya musik dan kelompok masyarakat sebagai penciptanya serta arrangernya.
2.2.2
Peduli terhadap karya musik dan kelompok
masyarakat sebagai penciptanya serta arrangernya
2.2.3
Santun terhadap karya musik dan kelompok
masyarakat sebagai penciptanya serta arrangernya
3.3.1. Mendeskripsikan jenis lagu modern
3.3.2
Mendeskripsikan gaya bernyanyi
lagu modern
3.3.3
Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu
modern dengan gaya yang tepat
4.3.1. Menyanyikan
lagu modern dengan gaya yang tepat
C.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan ke 1
Mendeskripsikan jenis lagu modern
a.Jenis-jenis lagu modern
1) Pengertian lagu modern
Adalah lagu yang berkembang
saat ini dan juga dipengaruhi oleh alat
musik yang canggih seiring
dengan perkembangan jaman.
2) Contoh –
contoh lagu modern :
·
Lagu Pop :
§
Adalah lagu yang mudah diterima oleh masyarakat
luas.
Lagu Pop saat ini bersifat
komersial dan berkeinginan untuk memiliki daya tarik massa.
§
.Lagu Pop memiliki tema kehidupan sehari – hari
yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau easy listening.
·
Lagu Jazz :
§
Lagu yang sering dimainkan di café / tempat makan
menengah ke atas, vocalnya sering menirukan suara instrument , suara
penyanyinya biasanya mempunyai karakter yang berat, harmonisasinya terdengar
rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi mudolasi / perpindahan
tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki kecenderungan
sering berimprovisasi.
Pertemuan ke 2
·
Lagu Rock :
§
Tempo :
Cepat
§
Sifat
: ekspresif
§
Lirik lagu
: mengajak penonton lebih bersemangat
§
Lagu Rock beridentik dengan suara yang kencang ,
dengan permainan efek gitar yang menggelegar. Bass drumb dimainkan dengan tempo
yang cepat.
·
Lagu Dangdut :
§
Musik dangdut merupakan musik yang memiliki
pendengar yang berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia
§
Lagu dangdut biasanya diiringi dengan gendang dan
seruling yang mengalun dan mengajak orang yang mendengarnya ikut bergoyang,
begitupun penyanyi dangdut memiliki gaya
joget dan irama yang mendayu.
Mendeskripsikan gaya
bernyanyi lagu modern
a. Jenis
lagu modern memiliki keluwesan gaya dibandingkan menyanyi lagu tradisi
Gaya bernyanyi musik modern pada
dasarnya tidak terlalu banyak aturan hanya sebatas pada penguasaan teknik vocal dan
pembiasaan dan mengikuti irama lagunya.
Pertemuan ke 3
Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu modern dengan gaya yang tepat
Latihan pemanasan teknik vocal
·
Berdiri dengan rileks
·
Melakukan pemanasan badan sebiasannya
·
Ambil nafas dari hidung kemudian selama 5 detik
lalu keluarkan nafas dengan suara
seperti desis ular ‘shss....lakukan berulang selama 3 kali putaran
·
Vokalisasi atau pemanasan vocal
·
Baru mulai untuk membedah lagu yang telah kita
pilih
Pertemuan
ke 4
Nyanyikanlah setelah
kamu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
·
Mendengarkan
lagu tersebut lebih dari 10 kali
·
Membaca
dan memahami lirik lagu dengan baik
·
Memahami
pola irama dan pola melodi lagu tersebut
·
Meniru
gaya penyanyi yang membawakan lagu tersebut
·
Melakukan
latihan vocal dasar diatas sebelum bernyanyi
Nyanyikanlah lagu modern pilihanmu didepan
kelas.
II.
Materi Pembelajaran Pengayaan.
A. Mendeskripsikan jenis lagu modern
Jenis-jenis lagu modern
a) Pengertian
lagu modern
Adalah lagu yang berkembang saat ini dan juga dipengaruhi oleh alat
musik yang canggih seiring dengan perkembangan jaman.
b) Contoh
–contoh lagu moderm
·
Lagu pop
·
Lagu jazz
·
Lagu rock
·
Lagu dangdut
B. Mendeskripsikan gaya
bernyanyi lagu modern
·
Penguasaan teknik vocal
·
Pembiasaan mengikuti irama lagu
C. Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi lagu
modern dengan gaya
yang
tepat.
III.
Materi Pembelajaran
Remedial
3.3.1.Mendeskripsikan jenis lagu modern
1.Jenis-jenis lagu modern
a) Pengertian lagu modern
Adalah lagu yang berkembang
saat ini dan juga dipengaruhi oleh alat
musik yang canggih seiring
dengan perkembangan jaman.
b) Contoh – contoh lagu modern :
·
Lagu
Pop :
§
Adalah lagu yang mudah diterima oleh masyarakat
luas.
§
Lagu Pop
saat ini bersifat komersial dan berkeinginan untuk memiliki daya tarik massa.
§
.Lagu Pop memiliki tema kehidupan sehari – hari
yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau easy listening.
·
Lagu Jazz :
§
Lagu yang sering dimainkan di café / tempat makan
menengah ke atas, vocalnya sering menirukan suara instrument , suara
penyanyinya biasanya mempunyai karakter yang berat, harmonisasinya terdengar
rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi mudolasi / perpindahan
tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki kecenderungan
sering berimprovisasi.
- Lagu Rock :
§
Tempo : Cepat
§
Sifat
: ekspresif
§
Lirik lagu
: mengajak penonton lebih bersemangat
§
Lagu Rock beridentik dengan suara yang kencang ,
dengan permainan efek gitar yang menggelegar. Bass drumb dimainkan dengan tempo
yang cepat.
·
Lagu Dangdut :
§
Musik dangdut merupakan musik yang memiliki
pendengar yang berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia
§
Lagu dangdut biasanya diiringi dengan gendang dan
seruling yang mengalun dan mengajak orang yang mendengarnya ikut bergoyang,
begitupun penyanyi dangdut memiliki gaya
joget
3.3.2. Mendeskripsikan gaya bernyanyi lagu modern
Jenis
lagu modern memiliki keluwesan gaya dibandingkan menyanyi lagu tradisi
Gaya bernyanyi musik modern pada dasarnya
tidak terlalu banyak aturan hanya sebatas pada penguasaan teknik vocal dan
pembiasaan dan mengikuti irama lagunya.
3.3.3.Mendeskripsikan tahapan latihan bernyanyi
lagu modern dengan gaya yang tepat
Latihan pemanasan vocal.
·
Berdiri dengan rileks
·
Melakukan pemanasan badan sebiasannya
·
Ambil nafas dari hidung kemudian selama 5 detik
lalu keluarkan nafas dengan suara
seperti desis ular ‘shss....lakukan berulang selama 3 kali putaran
·
Vokalisasi atau pemanasan vocal
·
Baru mulai untuk membedah lagu yang telah kita
pilih
4.3 Nyanyikanlah
lagu modern pilihanmu didepan kelas.
D. Kegiatan Pembelajaran ( Reguler )
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta peserta didik mempersiapkan buku
catatan dan buku
siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek penguasaan kompetensi
peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang jenis – jenis lagu
modern.
4)
menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
5)
menyampaikan lingkup penilaian dan
teknik penilaian yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Peserta
didik menyaksikan video pembelajaran tentang salah satu contoh lagu modern.
b)
Peserta didik menyaksikan pemodelan guru yang menyanyikan
lagu modern
2)
Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan
terkait dengan macam-macam /contoh
lagu modern .Sebutkan macam-macam lagu modern. Sebutkan
tahapan latihan teknik bernyanyi lagu modern.
3) Mengumpulkan
Informasi/Data/Mencoba
Peserta didik mengumpulkan materi tentang jenis /
macam lagu modern sesuai dengan teknik vocal yang tepat.
Pesrta didik dapat mencoba mengelompokkan
lagu-lagu yang termasuk ke dalam lagu modern.
4) Menalar/Mengasosiasi
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
telah dirumuskan:
tentang menyanyi
lagu-lagu modern, macam-macam lagu modern.
b)
Peserta didik merumuskan kesimpulan secara
individu/kelompok.
5)
Mengomunikasikan
a) Peserta
didik mempresentasikan
jawaban/kesimpulan yang telah dibuat
secara
Individu/kelompok.
b) Peserta
didik menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik (dengan atau tanpa
bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)
Peserta didik:
(a) menerima informasi
tentang penilaian yang akan dilakukan
minggu depan.
(b) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3) Peserta didik berdoa dan mengucapkan
salam .
2.
Pertemuan
Kedua :3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang bernyanyi lagu modern .
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan minggu depan.
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Peserta
didik menyaksikan video interaktif tentang tahapan - tahapan latihan teknik
bernyanyi lagu modern secara individu / kelompok
b) Peserta
didik menyaksikan video interaktif tentang teknik latihan bernyanyi dengan
benar dan tepat.
c) Peserta
didik menyaksikan pemodelan guru yang menyanyikan lagu modern dengan teknik
latihan dasar yang baik dan benar.
2)
Menanya
Peserta
didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan teknik tahapan bernyanyi
lagu modern secara individu / kelompok
dengan teknik dasar yang baik dan benar,
misalnya: Ada berapa teknik tahapan latihan bernyanyi dengan benar dan
tepat.
3)
Mengumpulkan
Informasi/Data/ Mencoba
§
Peserta didik mengumpulkan materi tentang teknik
latihan bernyanyi lagu modern dengan benar dan tepat.
§
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang aspek
yang akan dievaluasi dalam praktek bernyanyi.
4)
Mengasosiasi
Peserta
didik berlatih mempraktekkan tahapan- tahapan tentang tehnik latihan bernyanyi
lagu modern dengan benar.
5)
Mengomunikasikan
Peserta
didik menampilkan performance bernyanyi lagu modern baik secara individu atau
per kelompok dengan teknik dasar yang
baik dan benar di depan kelas dan siswa atau kelompok lain menanggapi .
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2)
Peserta didik:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3)
Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
3.
Pertemuan
Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10
menit )
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru:
1)
memimpin
berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2)
meminta
peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan alat musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3)
mengecek
penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu
tentang persiapan
bernyanyi lagu modern dengan
cara perorangan atau bersama-sama
4)
menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6)
menyampaikan
lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a. Peserta
didik menyaksikan pemodelan guru yang menyanyikan lagu modern dengan teknik
latihan dasar yang baik dan benar.
2)Menanya
Peserta
didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait persiapan tentang praktek
bernyanyi lagu modern dan terkait dengan teknik tahapan bernyanyi lagu modern secara individu / kelompok dengan teknik dasar yang baik dan
benar, misalnya: Ada berapa teknik
tahapan latihan bernyanyi dengan benar dan tepat.
b)
Mengasosiasi
Peserta didik berlatih memainkan alat musik
tradisional aerophone dengan teknik
dasar yang baik dan benar secara kelompok .
c)
Mengomunikasikan
Peserta didik menampilkan performance bernyanyi
lagu modern sesuai pilihannya dengan teknik dasar yang baik dan benar secara individu
/ kelompok di depan kelas siswa dan kelompok lain menanggapi .
d) Mencipta
Peserta didik mampu menyanyikan salah satu
lagu modern dengan ekspresi yang baik dan benar.
a. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
(b) melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima
umpan balik keterlibatannya
dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Peserta didik:
(a) mengikuti
penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran
remedi atau program
pengayaan atau
memperoleh
layanan konseling dan/atau mengerjakan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing;
dan
(c) mencatat kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Peserta
didik berdoa dan mengucapkan salam.
F. Penilaian, Pembelajaran , Pengayaan
dan Remedial
1.
Teknik
penilaian
a.
Penilaian
Sikap Spiritual: Observasi
b.
Penilaian Sikap Sosial: 1) Observasi dan 2)
Penilaian Antar Teman
c.
Penilaian
Pengetahuan: Penugasan
d.
Penilaian
Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a.
Lembar Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur
(lampiran 1)
b.
Lembar Observasi Sikap Sosial (lampiran 2a)
c.
Lembar Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (lampiran
2b)
d.
Lembar Penilaian Produk (lampiran 3)
e.
Lembar Penilaian Penampilan menyanyikan salah satu
lagu modern (lampiran 4a; 4b)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan
dengan teknik penugasan untuk latihan memainkan alat musik tradisional secara
kelompok (mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.
Rencana Penilaian
No
|
Teknik Penilaian
|
Pertemuan ke
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
Observasi Sikap
Spiritual
|
v
|
|
V
|
|
v
|
|
|
2
|
Observasi Sikap
Sosial
|
v
|
|
V
|
|
v
|
|
|
3
|
Penilaian Antar
Teman
|
|
|
|
|
|
v
|
|
4
|
Penugasan
|
|
V
|
|
|
|
|
|
5
|
Tes Penampilan
|
|
V
|
v
|
v
|
v
|
|
V
|
Pedoman Pensekoran
a.
Skor hasil penilaian kompetensi sikap
spiritual berkisar antara 1 – 4. Interpretasi
skornya adalah sebagai berikut:
Skor
|
Predikat
|
4
|
SB (Sangat Baik)
|
3
|
B (Baik)
|
2
|
C (Cukup)
|
1
|
K (Kurang)
|
b.
Nilai sikap =
skor yang diperoleh
c. Nilai sikap kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut.
Skor penilaian kompetensi
pengetahuan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari kebenaran jawaban 4 soal
yang ditugaskan, yaitu: dari jenis, tahapan, teknik menyanyikan
salah satu lagu modern. Skor
yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan tabel berikut ini.
No.
|
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 3)
|
Predikat
|
1
|
3,85 – 4,00
|
A
|
2
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
4
|
2,85 – 3,17
|
B
|
5
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
6
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
7
|
1,85 – 2,17
|
C
|
8
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
9
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Skor penilaian kompetensi
keterampilan berkisar antara 1 – 4 yang diperoleh dari rata-rata skor dari tiga
aspek, yaitu: kualitas suara, keseimbangan,
dan keselarasan (untuk penampilan kelompok) dan aspek jenis, tahapan, teknik bernyanyi, dan suara yang dihasilkan (untuk penampilan
perorangan / kelompok ). Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan
tabel berikut ini.
No.
|
Interval Nilai Keterampilan
(KI 4)
|
Predikat
|
1
|
3,85 – 4,00
|
A
|
2
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
4
|
2,85 – 3,17
|
B
|
5
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
6
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
7
|
1,85 – 2,17
|
C
|
8
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
9
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 – 1,17
|
D
|
G.
Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1)
Media/Alat:
a)
Alat musik ( keyboard)
b)
Audio, visual, audio visual,
chart.
2)
Bahan :
Partitur lagu –
lagu modern.
3)
Sumber Belajar:
a.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 201 -- 204).
b.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk
SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Halaman: 207
- 225).
c. Video
tentang bernyanyi lagu modern dengan
teknik dasar yang baik dan benar secara individu / kelompok
d.
Teks / partitur lagu modern.
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila
H. Hasan, M.Pd
NIP.-
|
Jatibarang,
Januari 2017
Guru Mata
Pelajaran
Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
Lampiran 1
Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual
LEMBAR OBSERVASI SIKAP BERSYUKUR
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Kelas : IX / Dua
Periode Pengamatan : ___________________
Petunjuk
Berilah skor 1-4 sesuai dengan kualitas perilaku peserta didik
yang menunjukkan ciri syukur atas
karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan keanekaragaman musik tradisional di indonesia.
4= sangat baik
3= baik
2=cukup
1=kurang
NO
|
Nama Peserta Didik
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Amir
Mahmud
|
3
|
Baik
|
2
|
Bambang
Paningron
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Cisilia
Kunti Boja
|
4
|
Sangat Baik
|
4
|
Diana
Papilaya
|
3
|
Baik
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
4
|
Sangat Baik
|
6
|
Dst.
|
...
|
...
|
7
|
...
|
...
|
...
|
Lampiran 2a Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
(Observasi)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Kelas : IX / Dua
Periode Pengamatan : ___________________
PETUNJUK
Berilah skor antara 1 sd 4
sesuai dengan kualitas sikap siswa pada aspek: menghargai orang lain, jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli,dan santun dengan ketentuan sebagai berikut:
4=sangat baik
3=baik
2=cukup
1=kurang
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Sikap Sosial
|
∑
|
Rata-rata
|
Predikat
|
|||||
menghargai
|
jujur
|
disiplin
|
Tanggung jawab
|
peduli
|
Santun
|
|||||
1
|
Amir
Mahmud
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
21
|
3,5
|
B
|
2
|
Bambang
Paningron
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
21
|
3,5
|
B
|
3
|
Cisilia
Kunti Boja
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
22
|
3,7
|
SB
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2b.
Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
(Penilaian Antar Teman)
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN*)
Nama Peserta didik yang
dinilai : ..............
Nama Peserta didik yang
menilai : ..............
Mata Pelajaran : Seni
Budaya/ Seni Musik
Kelas : ..............
PETUNJUK
Berilah tanda centhang (v) di
bawah angka 1 sd 4 dengan ketentuan sebagai berikut:
4= selalu
3= sering
2= jarang
1= tidak pernah
No
|
Aspek Sikap
|
Pernyataan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menghargai
orang lain
|
Teman
saya menghargai pendapat, gagasan, dan karya teman lain.
|
|
|
v
|
|
2
|
Jujur
|
Teman
saya jujur dalam perkataan dan perbuatan.
|
|
|
|
v
|
3
|
Disiplin
|
Teman
saya mengikuti kegiatan dan menyelesaikan tugas sekolah dengan tepat waktu.
|
|
|
v
|
|
4
|
Tanggung
Jawab
|
Teman
saya menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan kepadanya.
|
|
|
...
|
|
5
|
Peduli
|
Teman
saya memperhatikan kepentingan dan kesusahan orang lain.
|
|
|
...
|
|
6
|
Santun
|
Teman
saya sopan dalam ucapan dan perbuatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3
Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
(Penilaian Produk)
LEMBAR PENILAIAN PRODUK PENUGASAN
Mata Pelajaran :
Seni Budaya/Seni Musik
Kelas/Sekolah :
...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 pada dua aspek berikut ini:
a.
Kebenaran konsep: nama alat,
asal daerah, jenis alat ditinjau dari fungsinya, dan jenis alat ditinjau dari
teknik memainkannya (4=semua benar; 3=benar tiga; 2=benar dua; 1=benar
satu/salah semua).
b.
Kualitas tampilan (4=sangat
baik; 3=baik; 2=cukup; 1=kurang).
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata- rata
|
Predikat
|
|
Kebenaran Konsep
|
Kualitas Tampilan
|
||||
1
|
Amir
Mahmud
|
4
|
4
|
4
|
A
|
2
|
Bambang
Paningron
|
3
|
4
|
3,5
|
B+
|
3
|
Cisilia
Kunti Boja
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Diana
Papilaya
|
|
|
|
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
Lampiran 4a
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
(Penampilan Individu)
LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Sekolah : ...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai
dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan peserta didik.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata-rata
|
Predikat
|
||
Cara Memegang Alat
|
Teknik Memainkan Alat
|
Kualitas Suara
|
||||
1
|
Amir
Mahmud
|
4
|
3
|
4
|
3,7
|
A-
|
2
|
Bambang
Paningron
|
4
|
4
|
4
|
4
|
A
|
3
|
Cisilia
Kunti Boja
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Diana
Papilaya
|
|
|
|
|
|
5
|
Endah
Dwi Puspitasari
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4b
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
(Penampilan Kelompok)
LEMBAR PENILAIAN PENAMPILAN INDIVIDU / KELOMPOK
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Sekolah : ...
PETUNJUK
Berilah skor 1-4 sesuai
dengan kebenaran dan kualitas tampilan yang diperagakan oleh masing-masing
kelompok peserta didik.
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek Penilaian
|
Rata-rata
|
Predikat
|
||
Kualitas Suara
|
Keseimbangan
|
Keselarasan
|
||||
1
|
Kelompok 1
|
4
|
3
|
4
|
3,7
|
A-
|
2
|
Kelompok 2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
A
|
3
|
Kelompok 3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B
|
4
|
Kelompok 4
|
|
|
|
|
|
5
|
Kelompok 5
|
|
|
|
|
|
6
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
7
|
...
|
|
|
|
|
|
Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Musik(Bernyanyi Lagu Modern) Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.