RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
|
SMP PANCASILA
|
Mata pelajaran
:
|
Seni
Budaya ( Seni Rupa )
|
Kelas/Semester
:
Materi Pembelajaran:
|
IX/II
Pameran Sekolah
|
Alokasi Waktu
:
|
4 pertemuan
/ 8 jam pelajaran
|
A. Kompetensi Inti (KI)
KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan Menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai
dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii,
membuat dan mencipta) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupamodern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan.
2.1.
Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli, santun terhadap
karya seni rupa dan pembuatnya.
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.4 Memahami
konsep dan prosedur pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran.
4.4. Merancang dan menyelenggarakan
Pameran.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
Indikator
|
1
|
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni rupamodern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan.
|
1.1.1.
Menerima keberagaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai
wujud syukur terhadap anugerah Tuhan .
·
Kesungguhan
dalam berdoa
·
Mensyukuri anugerah Tuhan dengan belajar secara baik
·
Mengungkapkan
kekaguman dalam berpendapat terhadap
kebesaran Tuhan
·
Memberi
salam sebelum dan sesudah dalam presentasi-pertemuan
|
2
|
2.1. Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian.
|
2.1. 1. Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas.
·
Mengakui
kekurangan diri
·
Mengakui
kelebihan orang ;lain
·
Tidak gampang
meniru karya teman
2.1.2
Menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas belajar berkesenian
·
Datang tepat
waktu
·
Tugas selesai
tepat waktu
·
Buku Peralatan
belajar tidak ketinggalan
|
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli, santun terhadap
karya seni rupa dan pembuatnya.
|
2.2.1.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab mengerjakan
tugas dengan baik
·
Mengerjakan
tugas dengan baik
·
Tertib
dalam pembelajaran
·
Saling
menolong teman
2.2.2.
Menunjukkan sikap aktif dalam
mengikuti pelajaran.
·
Mengikuti
pembelajaran dengan dengan aktif
·
Selalu
mengerjakan tugas tugas sekolah
·
Rajin
mengikuti pembelajaran/presensi
2.2.3.
Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran berkarya seni rupa.
·
Menghormati
orang lain
·
Berkata
–kata dengan baik
·
Berpakaian
rapi
|
2.3. Menunjukkan
sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
|
2.3.1. Menunjukkan sikap percaya diri
·
berani
menampilkan karya seni rupa
·
berani berpendapat,
bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
3
|
3.4. Memahami konsep dan
prosedur pada kegiatan merancang dan
menyelenggarakan pameran.
|
3.4.1 Siswa dapat menjelaskan
pengertian Pameran
3.4.2 Siswa
dapat menjelaskan persiapan Panitia Pameran.
3.4.3 Siswa dapat menjelaskan perangkat pameran
3.4.4 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai tema dalam berkarya Pameran
3.4.5 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai tugas dan fungsi panitia pameran
3.4.6 Siswa dapat memahami alur pengunjung pameran
|
4
|
4.4. Merancang
dan menyelenggarakan Pameran.
|
4.4.1 Siswa dapat membuat organisasi kepanitiaan pameran
.
4.4.2 Siswa dapat menyelenggarakan Pameran
|
D. Materi
Pembelajaran
Pameran / Bab X
1.
Mendeskripsikan
tujuan pameran seni rupa bagi siswa;
2.
Mengklasifikasikan berbagai
jenis
pameran
menurut
tempat
3.
pelaksanaan;
4.
Menyusun kegiatan
awal dari sebuah pameran disekolah;
5.
Merumuskan
organisasi kepanitiaan pameran; dan
6.
Melaksanakan pameran
kelompok atau pameran kelas.
♣ Pengayaan dan Remedial
♣ Pengayaan
Membuat Contoh Katalogus Pameran
Seni Rupa oleh Perupa Profesional. dari
♣ Remedial
Membuat susunan panitia pameran dan tugas-tugas tiap bagian.
E. Kegiatan
Pembelajaran
- Pertemuan
Pertama: ( 2.JP )
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Saintifik
|
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal
(10menit)
1.
Mengucapkan salam
2.
Berdoa
3.
Memeriksa kehadiran dan
kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh suasana pameran untuk
membangkitkan minat peserta didik
5.
Mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Mengamati :
v
Mengamati suasana pameran melalui LCD
v
Mencatat hasil pengamatan
v
Dan mengerjakan lembar kerja yang
telah disiapkan
Menanya
♣ Memberi motivasi kepada siswa untuk bertanya
♣ Mempersilahkan siswa untuk bertanya
♣ Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut
menjawab pertanyaa
♣ Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
♣ Siswa mencoba menggali jawaban dari pertanyaan esensial
yang telah ada.
♣ Guru sebagai fasilitator
Mengumpulkan Informasi
♣ Mempelajari buku siswa
♣ Mencari informasi di internet
♣ Mencari informasi pada buku-buku terkait di perpustakaan
♣ Mencoba mengenal beberapa media yang dimiliki
♣ Mencoba mempraktekan media tersebut dalam bentuk ekspresi
♣ Mencoba memilih beberapa tema / obyek untuk lukisan
Mengasosiasi
♣ Menyusun hasil dari informasi berbagai sumber
♣ Menuliskan kesimpulan yang diperoleh dari informasi
♣ Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa tentang
pengetahuan
♣ Menyimpulkan dan memilih media yang tepat bagi
dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya
♣ Menyimpulkan dan memilih tema yang tepat bagi
dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya
Mengkomunikasikan
♣ Memamerkan hasil karya seni rupa di kelas atau sekolah
|
10 menit
|
Kegiatan Inti **)
|
70 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian Pameran
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap
proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan
alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)
Berdoa dan salam
|
10 menit
|
2.Pertemuan
Kedua ( 2 Jp )
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Saintifik
|
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal
(10menit)
1.
Mengucapkan salam
2.
Berdoa
3.
Memeriksa kehadiran dan
kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh perangakt/perlengkapan pameran
untuk membangkitkan minat peserta didik
5.
Mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Mengamati :
v
Mengmati Perangkat/perlengkapan melalui LCD
v
Mencatat hasil pengamatan
♣ Menayangkan kembali sekilas beberapa foto perlengkapan
pameran yang telah disiapkan oleh guru pada pembelajaran sebelumnya
♣ Memberikan satu contoh katalog pameran terkenal melaui LCD
♣ Mengumpulkan informasi/Mencoba
ü Mengumpulkan informasi dari tayangan pameran maestro.
ü Membuat perangkat pameran
a. Katalog
b. Label karya
c. Buku tamu
d. Buku pesan dan kesan
Mengomunikasikan
Mempresentasikan karya perangkat
pameran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti **)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian Pameran
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap
proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan
alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)
Berdoa dan salam
|
10 menit
|
3.Pertemuan
Ketiga ( 2 jp )
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Pendekatan Saintifik
Model Project Based learning
|
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10menit)
1.
Mengucapkan salam
2.
Berdoa
3.
Memeriksa kehadiran dan
kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh organisasi pameran untuk
membangkitkan minat peserta didik
5.
Menaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
♣
Mencoba
Membuat susunan panitia pameran
♣
Mengasosiasi
Merinci tugas panitia pameran.
♣ Mengomunikasikan
Menguji hasil dengan mempresentasikan hasil tugas pokok dan fungsu panitia
pameran yang siswa buat
|
10 menit
|
Kegiatan Inti **)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan organisasi
pameran
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap
proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan
alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)
Berdoa dan salam
|
10 menit
|
4.
Pertemuan Empat: (2.JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Pendekatan Saintifik
Model Project Based learning
|
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10menit)
1.
Mengucapkan salam
2.
Berdoa
3.
Memeriksa kehadiran dan
kesiapan peserta didik
4.
Apersepsi: menunjukkan contoh Video suasana pameran untuk
membangkitkan minat peserta didik
5.
Menaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
♣ Mencoba
a. Menata dan memajang karya dalam kelas.
b. Menempatkan perlengkapan pameran pada tempatnya
c. Membuat alur pengunjung pameran
d. Mempersiapkan upacara pembukaan pameran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti **)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah
sebagai berikut:
1)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian Pameran
2)
Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap
proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)
Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan
alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)
Berdoa dan salam
|
10 menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
Pengetahuan
a)
Tes Tertulis Uraian
b)
Penugasan
Ketrampilan
a)
Proyek
b)
Produk
2.
Instrumen
penilaian
1.
Pertemuan Pertama :
Instrumen
PENUGASAN
Petunjuk :
Kerjakan tugas di bawah ini dengan baik !
Waktu : 2 Minggu, dikumpulkan pada hari,...... ,30 Juni 2015
Pengetahuan
1.
Apa yang kamu ketahui tentang pameran
2.
Sebutkan 2 bentuk
pameran berdasarkan peserta
3. Sebutkan 3 karya
seni rupa yang dapat didapat dijadikan pameran luar
ruang
4.
Sebutkan tugas pembimbing/ pembina pameran
5.
Sebutkan 3 kelengkapan ruang pameran
No
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan penilaian :
Sangat Baik : 100-86 :
apabila tugas dikerjakan lengkap
Baik : 85-76 :
apabila tugas dikerjakan terpenuhi sebagian besar
Cukup : 75-61 :
apabila tugas dikerjakan terpenuhi sebagian
Kurang : 60-40 :
apabila tugas dikerjakan terpenuhi
sebagian kecil
|
1.
Pertemuan kedua
Jenis
Tes : Tes Tertulis
Bentuk :
Uraian
Tulislah tugas dan fungsi masing-masing panitia !
PENILAIAN KETRAMPILAN
1.
Tes PROYEK
Topik /Sub Topik : Media Pameran
Indikator : 1. siswa dapat membuat Perangkat Pameran
(Katalog, buku pesan-kesan)
:
2. Siswa dapat mempresentasikan Perangkat
Pameran
Tugas : Buatlah
Perangkat Pameran dengan tema keragaman budaya di nusantara
Rubrik Penilaian Proyek
No
|
Aspek
|
Skor 1-4
|
1
|
Perencanaan
a. Persiapan
b.Penentuan obyek gambar
a.
|
|
2
|
Pelaksanaan
a.Kelengkapan bahan
b.Membuat perangkat pameran sesuai dengan tema
c.Finishing
|
|
3
|
Laporan Proyek
|
|
|
a. Menunjukkan hasil katalog dan buku pesan-kesan
b.Mempresentasikan katalog dan buku pesan-kesan didepan
kelas
|
|
|
Total Skor
|
|
Pertemuan Ke empat
Penilaian Produk
Topik : Pameran
Indikator : Siswa dapat melaksanakan pameran
Soal :
Buatlah lukisan
Tema : Kegiatan menyambut Lustrum Sekolah
No
|
Nama
|
Ide/gagasan ( 1-4)
|
Bentuk pameran
( 1-4)
|
kerjasama
(1-4)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Remedial : jika pencapaian kompetensi dibawah KKM
Pengayaan : Diberikan kepada siswa
untuk menambah pengetahuan dan memperluas
sudut pandang materi PAMERAN .
Pengayaan : Melnganalisa katalogus
pameran yang disediakan guru
Instrumen Penilaian Sikap
A.
OBSERVASI
Mata pelajaran:
|
SENI BUDAYA ( Seni
Rupa )
|
Kelas/Semester:
Materi/Topik :
|
IX/1
Pameran
|
Alokasi Waktu:
|
4 pertemuan/ 12 jam pelajaran
|
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
|
1.1.1.
Menerima keberagaman dan keunikan
karya seni rupa sebagai
wujud syukur terhadap anugerah Tuhan .
·
Kesungguhan dalam berdoa
·
Mensyukuri anugerah Tuhan dengan belajar secara baik
·
Mengungkapkan kekaguman dalam berpendapat terhadap
kebesaran
Tuhan
·
Memberi salam sebelum dan sesudah
dalam presentasi-pertemuan
|
2
|
2.1.
Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
|
2.1. 1. Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas.
·
Mengakui kekurangan diri
·
Mengakui kelebihan orang ;lain
·
Tidak gampang meniru karya teman
2.1.2
Menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas belajar berkesenian
·
Datang tepat waktu
·
Tugas selesai tepat waktu
·
Buku Peralatan belajar
tidak ketinggalan
|
2.2.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
|
2.2.1.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab mengerjakan
tugas dengan baik
·
Mengerjakan tugas dengan baik
·
Tertib dalam pembelajaran
·
Saling menolong teman
2.2.2.
Menunjukkan sikap aktif dalam
mengikuti pelajaran.
·
Mengikuti pembelajaran dengan dengan
aktif
·
Selalu mengerjakan tugas tugas
sekolah
·
Rajin mengikuti
pembelajaran/presensi
2.2.3.
Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran berkarya seni rupa.
·
Menghormati orang lain
·
Berkata –kata dengan baik
·
Berpakaian rapi
|
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi
internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
|
2.3.1. Menunjukkan sikap percaya diri
·
berani presentasi di depan kelas
·
berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
LEMBAR
REKAP PENILAIAN SIKAP ( OBSERVASI )
LEMBAR OBSERVASI SIKAP
: 1.1 SPIRITUAL
No
|
Nama
|
Berdoa
|
Bersyukur
|
Kekaguman
|
Salam
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penilaian :
Skor 4 : selalu,bila melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 : Sering,apabila sering melakukan sesuai pernyataan
Skor 2 : Kadang-kadang,jarang melakukuan sesuai pernyataan
Skor 1 : Tidak pernah,apabila tidak pernah melakukuan sesuai
pernyataan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan
skala 1-4
Perhitungan Skor
akhir : Skor X 4
Skor tertinggi
LEMBAR OBSERVASI 2.1
SIKAP SOSIAL : JUJUR
No
|
Nama
|
Akui kekurangan diri
|
Akui kelebihan org lain
|
Tidak Plagiat
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI 2.1
SIKAP SOSIAL : DISIPLIN
No
|
Nama
|
Datang tepat waktu
|
Tugas /selesai dikumpulkan tepat waktu
|
Buku/alat pelajaran tidak ketinggalan
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI 2.1
SIKAP SOSIAL : TANGGUNGJAWAB
No
|
Nama
|
Baik dalam kerja tugas
|
Tertib Belajar
|
Menolong teman
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI 2.1
SIKAP SOSIAL : PEDULI
No
|
Nama
|
Aktif dalam belajar
|
Selalu mengerjakan tugas
|
Rajin
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI 2.1
SIKAP SOSIAL : SANTUN
No
|
Nama
|
Hormati orang lain
|
Berkata baik
|
Rapi
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI 2.1 SIKAP
SOSIAL : PERCAYA DIRI
No
|
Nama
|
Berani Presentasi
|
Berani berpendapat
|
Rata-rata
(nilai)
|
1
|
Aan Prawita Sari
|
|
|
|
2
|
Endang Haryatun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penilaian :
Skor 4 : selalu,bila melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 : Sering,apabila sering melakukan sesuai pernyataan
Skor 2 : Kadang-kadang,jarang melakukuan sesuai pernyataan
Skor 1 : Tidak pernah,apabila tidak pernah melakukuan sesuai
pernyataan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan
skala 1-4
Perhitungan Skor
akhir : Skor X 4
Skor tertinggi
LEMBAR REKAP PENILAIAN SIKAP ( OBSERVASI )
|
|
SIKAP
|
|
NO
|
NAMA SISWA
|
SPIRITUAL
|
SOSIAL
|
NILAI SIKAP
|
|
|
BERSYUKUR
|
JUJUR
|
DISIPLIN
|
TANGGUNGJAWAB
|
|
|
|
KD
|
KD
|
KD
|
KD
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
ANUNG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
ADI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
INA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
KRISTUTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Penilaian Diri / Pribadi
Nama :
…………………………………………………….
Kelas : ……..……………………………………………...
Semester
: ……………..……………………………………...
Waktu
penilaian : ………………………………………………….....
No.
Pernyataan Jawaban
1. Saya
berusaha belajar seni budaya materi Pameran
dengan
sungguh-sungguh
□ ya
□ tidak
2. Saya
mengerti dan paham materi Pameran □ ya
□ tidak
3. Saya
mengerjakan tugas guru tepat waktu □ ya
□ tidak
4. Saya
mengajukan pertanyaan jika ada materi yang tidak
dipahami
pada pelajaran seni lukis
□ ya
□ tidak
5. Saya
berperan aktif dalam kelompok pada materi seni
lukis
□ ya
□ tidak
Penilaian Antarteman
Nama
teman yang dinilai : ……………………………….
Nama
penilai : ....…………………………….
Kelas :
....…………………………….
Semester
: ……………………………….
Waktu
penilaian : ……………………………….
No Pernyataan Jawaban
1.
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh seni budaya
materi Pameran
□ ya
□ tidak
2.
Mengerti dan paham materi Pameran
□ ya
□ tidak
3.
Mengerjakan tugas guru tepat waktu
□ ya
□ tidak
4.
Mengajukan pertanyaan jika ada materi yang tidak
dipahami
pada pelajaran Pameran □ ya
□ tidak
5.
Berperan aktif dalam kelompok pada materi Pameran
□ ya
□ tidak
6. Bisa bekerja sama
dan saling tanggung jawab dalam
sebuah kelompok kerja
praktek/teori
□ ya
□ tidak
G.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
a. Media :
Media Internet , LCD
b. Alat dan bahan : Media
elektronik, buku gambar, pewarna dan alat tulis
c. Sumber belajar : Buku
Teks : Eko Purnomo. Dkk, Seni Budaya Kelas IX 2015 Kemendikbud, 2015 Buku lain yang relevan dengan pokok
bahasan, Contoh-contoh gambar dan audio visual
|
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.