Friday, March 17, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Rupa (Pameran Sekolah) Kurtilas


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah                      :
SMP PANCASILA
Mata pelajaran          :
Seni Budaya  ( Seni  Rupa )
Kelas/Semester          :
Materi Pembelajaran:
IX/II
Pameran Sekolah
Alokasi Waktu           :
4 pertemuan / 8 jam pelajaran

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI  1: Menghargai dan    menghayati ajaran  agama yang dianutnya

KI  2  : Menghargai, dan   Menghayati perilaku    jujur, disiplin, tanggung    jawab, peduli,    santun,  rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi   internal, toleransi gotong  royong, kerjasama, cinta  damai  dalam berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan  pergaulan dan keberadaannya.

KI  3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan  faktual, konseptual, dan prosedural dalam  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan  humaniora dengan wawasan kebangsaan,  kenegaraan, dan  peradaban terkaitpenomena dan kejadian  yang tampak mata.
  
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah   konkret menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)   dan abstrak (menulis,  membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari  berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
                                                                                                                                                                              
B.     Kompetensi Dasar
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupamodern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

2.1.   Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.

2.2     Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya.

2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.

3.4     Memahami konsep dan prosedur pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran.

4.4.  Merancang dan menyelenggarakan Pameran.


C.   Indikator Pencapaian Kompetensi



Indikator
1
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupamodern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.

1.1.1. Menerima  keberagaman dan keunikan karya seni rupa  sebagai
          wujud syukur terhadap  anugerah Tuhan .
·         Kesungguhan dalam berdoa
·         Mensyukuri  anugerah Tuhan dengan belajar secara baik
·         Mengungkapkan kekaguman  dalam berpendapat terhadap
kebesaran Tuhan
·           Memberi salam sebelum dan sesudah dalam presentasi-pertemuan

2

2.1.   Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.

  2.1. 1. Menunjukkan sikap  jujur dalam mengerjakan tugas.
·           Mengakui kekurangan diri
·           Mengakui kelebihan orang ;lain
·           Tidak gampang meniru karya teman
  2.1.2   Menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas  belajar berkesenian
·         Datang tepat waktu
·         Tugas selesai tepat waktu
·         Buku Peralatan belajar  tidak ketinggalan

2.2       Menunjukkan sikap bertanggung jawab,peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya.

2.2.1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab mengerjakan
          tugas dengan baik
·         Mengerjakan tugas dengan baik
·         Tertib dalam pembelajaran
·         Saling menolong teman
2.2.2. Menunjukkan sikap  aktif dalam mengikuti pelajaran.
·         Mengikuti pembelajaran dengan dengan aktif
·         Selalu mengerjakan tugas tugas sekolah
·         Rajin mengikuti pembelajaran/presensi
2.2.3. Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran berkarya seni rupa.
·         Menghormati orang lain
·         Berkata –kata dengan baik
·         Berpakaian rapi
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.

2.3.1. Menunjukkan sikap percaya diri
·         berani menampilkan karya seni rupa
·         berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
3
3.4. Memahami konsep dan prosedur pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran.
3.4.1 Siswa dapat menjelaskan pengertian Pameran
3.4.2 Siswa dapat menjelaskan persiapan Panitia Pameran.
3.4.3 Siswa dapat menjelaskan perangkat pameran

3.4.4  Siswa dapat mengidentifikasi  berbagai tema dalam berkarya Pameran

3.4.5 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai tugas dan fungsi panitia pameran

3.4.6 Siswa dapat memahami alur pengunjung pameran

4
4.4.  Merancang dan menyelenggarakan Pameran.
4.4.1 Siswa dapat membuat organisasi kepanitiaan pameran
.
4.4.2 Siswa dapat menyelenggarakan Pameran


D.    Materi Pembelajaran

 Pameran / Bab X

1.    Mendeskripsikan tujuan pameran seni rupa bagi siswa;
2.    Mengklasifikasikan  berbagai  jenis  pameran  menurut  tempat
3.    pelaksanaan;
4.    Menyusun kegiatan awal dari sebuah pameran disekolah;
5.    Merumuskan organisasi kepanitiaan pameran; dan
6.    Melaksanakan pameran kelompok atau pameran kelas.


   Pengayaan dan Remedial

   Pengayaan

Membuat Contoh Katalogus Pameran Seni Rupa oleh Perupa Profesional. dari

   Remedial
Membuat susunan panitia pameran dan tugas-tugas tiap bagian.

E.     Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan Pertama: ( 2.JP )
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan









Saintifik
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
1.     Mengucapkan salam
2.     Berdoa
3.     Memeriksa kehadiran dan
         kesiapan peserta didik
4.      Apersepsi: menunjukkan contoh suasana pameran untuk membangkitkan minat peserta didik
5.      Mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

Mengamati :
v  Mengamati suasana pameran melalui LCD
v  Mencatat hasil pengamatan
v  Dan mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan
Menanya
  Memberi motivasi kepada siswa untuk bertanya
  Mempersilahkan siswa untuk bertanya
  Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut menjawab pertanyaa
  Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
  Siswa mencoba menggali jawaban dari pertanyaan esensial yang telah ada.
  Guru sebagai fasilitator
Mengumpulkan Informasi
    Mempelajari buku siswa
    Mencari informasi di internet
    Mencari informasi pada buku-buku terkait di perpustakaan
  Mencoba mengenal beberapa media yang dimiliki
  Mencoba mempraktekan media tersebut dalam bentuk ekspresi
  Mencoba memilih beberapa tema / obyek untuk lukisan
Mengasosiasi
  Menyusun hasil dari informasi berbagai sumber
  Menuliskan kesimpulan yang diperoleh dari informasi
  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa tentang pengetahuan
  Menyimpulkan dan memilih media yang tepat bagi dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya
  Menyimpulkan dan memilih tema yang tepat bagi dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya

Mengkomunikasikan
    Memamerkan hasil karya seni rupa di kelas atau sekolah


10  menit
Kegiatan Inti **)


70 Menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian Pameran
2)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)      Berdoa dan salam
10 menit

2.Pertemuan Kedua ( 2 Jp )
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan









Saintifik
a.         Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
1.      Mengucapkan salam
2.            Berdoa
3.            Memeriksa kehadiran dan
  kesiapan peserta didik
4.      Apersepsi: menunjukkan contoh perangakt/perlengkapan pameran untuk membangkitkan minat peserta didik
5.      Mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

Mengamati :
v  Mengmati Perangkat/perlengkapan melalui LCD
v  Mencatat hasil pengamatan
   Menayangkan kembali sekilas beberapa foto perlengkapan pameran yang telah disiapkan oleh guru pada pembelajaran sebelumnya
   Memberikan satu contoh katalog pameran terkenal melaui LCD
    Mengumpulkan informasi/Mencoba
ü  Mengumpulkan informasi dari tayangan pameran maestro.
ü  Membuat perangkat pameran
                  a.    Katalog
                  b.    Label karya
                  c.    Buku tamu
                  d.    Buku pesan dan kesan
Mengomunikasikan
Mempresentasikan karya perangkat pameran.


 10 menit
Kegiatan Inti **)


70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)     Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian Pameran
2)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)     Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)     Berdoa dan salam

10 menit

3.Pertemuan Ketiga ( 2 jp )
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan









Pendekatan Saintifik
Model Project Based learning
a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
1.      Mengucapkan salam
2.   Berdoa
3.   Memeriksa kehadiran dan
         kesiapan peserta didik
4.      Apersepsi: menunjukkan contoh organisasi pameran untuk membangkitkan minat peserta didik
5.      Menaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran


   Mencoba
Membuat susunan panitia pameran
   Mengasosiasi
Merinci tugas panitia pameran.
   Mengomunikasikan
Menguji hasil dengan mempresentasikan  hasil tugas pokok dan fungsu panitia pameran yang siswa buat

10 menit
Kegiatan Inti **)


70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan organisasi pameran
2)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)      Berdoa dan salam

10 menit

4.    Pertemuan Empat: (2.JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan









Pendekatan Saintifik
Model Project Based learning
a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
1.      Mengucapkan salam
2.     Berdoa
3.     Memeriksa kehadiran dan
         kesiapan peserta didik
4.      Apersepsi: menunjukkan contoh Video suasana pameran untuk membangkitkan minat peserta didik
5.      Menaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

   Mencoba
a.    Menata dan memajang karya dalam kelas.
b.    Menempatkan perlengkapan pameran pada tempatnya
c.    Membuat alur pengunjung pameran
d.    Mempersiapkan upacara pembukaan pameran

10 menit
Kegiatan Inti **)


70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1)     Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian Pameran
2)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)     Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)     Berdoa dan salam
10 menit

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Teknik penilaian
Pengetahuan
a)      Tes Tertulis Uraian
b)      Penugasan
Ketrampilan
a)      Proyek
b)      Produk

2.      Instrumen penilaian
1.         Pertemuan Pertama :

Instrumen
PENUGASAN
Petunjuk :
Kerjakan tugas di bawah ini dengan baik !
Waktu : 2 Minggu, dikumpulkan pada hari,...... ,30 Juni 2015

Pengetahuan

1.   Apa yang kamu ketahui tentang pameran

2.   Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta

3.   Sebutkan 3 karya seni rupa yang dapat didapat dijadikan pameran luar ruang

4.   Sebutkan tugas pembimbing/ pembina pameran

5.   Sebutkan 3 kelengkapan ruang pameran


No
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang


























Keterangan penilaian :
Sangat Baik : 100-86 : apabila tugas dikerjakan lengkap
Baik :                85-76  :  apabila tugas dikerjakan terpenuhi sebagian besar
Cukup :             75-61  :  apabila tugas dikerjakan terpenuhi sebagian
Kurang :           60-40   :  apabila tugas dikerjakan terpenuhi  sebagian kecil



1.       Pertemuan kedua
 Jenis Tes  : Tes Tertulis
  Bentuk    :  Uraian 
Tulislah tugas dan fungsi masing-masing panitia !


 

















PENILAIAN KETRAMPILAN

1.         Tes PROYEK
Topik /Sub Topik : Media Pameran
Indikator               : 1.  siswa dapat membuat Perangkat Pameran
                                        (Katalog, buku pesan-kesan)
                                : 2.   Siswa dapat mempresentasikan Perangkat Pameran
Tugas                     : Buatlah Perangkat Pameran dengan tema keragaman budaya di nusantara

Rubrik Penilaian Proyek
No
Aspek
Skor 1-4
1
Perencanaan
a. Persiapan
b.Penentuan obyek gambar
a.        

2
Pelaksanaan
a.Kelengkapan bahan
b.Membuat perangkat pameran sesuai dengan tema
c.Finishing

3
Laporan Proyek


a. Menunjukkan hasil katalog dan buku pesan-kesan
b.Mempresentasikan katalog dan buku pesan-kesan didepan kelas


Total Skor


Pertemuan Ke empat
Penilaian Produk
Topik        :    Pameran
Indikator :     Siswa dapat melaksanakan pameran
Soal          :
Buatlah lukisan
Tema       : Kegiatan menyambut Lustrum Sekolah


No
Nama
Ide/gagasan ( 1-4)
Bentuk pameran
( 1-4)
kerjasama
(1-4)

















3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Remedial   : jika pencapaian kompetensi dibawah KKM
Pengayaan : Diberikan kepada siswa untuk menambah pengetahuan dan memperluas  sudut pandang  materi PAMERAN .
Pengayaan : Melnganalisa katalogus pameran yang disediakan guru

Instrumen Penilaian Sikap

A.    OBSERVASI

Mata pelajaran:
SENI BUDAYA ( Seni  Rupa )
Kelas/Semester:
Materi/Topik   :
IX/1
Pameran
Alokasi Waktu:
4 pertemuan/ 12 jam pelajaran

KI
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya  seni rupa   sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
1.1.1. Menerima  keberagaman dan keunikan karya seni rupa  sebagai
          wujud syukur terhadap  anugerah Tuhan .
·         Kesungguhan dalam berdoa
·         Mensyukuri  anugerah Tuhan dengan belajar secara baik
·         Mengungkapkan kekaguman  dalam berpendapat terhadap
kebesaran Tuhan
·           Memberi salam sebelum dan sesudah dalam presentasi-pertemuan

2

2.1. Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
  2.1. 1. Menunjukkan sikap  jujur dalam mengerjakan tugas.
·           Mengakui kekurangan diri
·           Mengakui kelebihan orang ;lain
·           Tidak gampang meniru karya teman
  2.1.2   Menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas  belajar berkesenian
·         Datang tepat waktu
·         Tugas selesai tepat waktu
·         Buku Peralatan belajar  tidak ketinggalan

2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap  karya seni rupa    dan pembuatnya
2.2.1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab mengerjakan
          tugas dengan baik
·         Mengerjakan tugas dengan baik
·         Tertib dalam pembelajaran
·         Saling menolong teman
2.2.2. Menunjukkan sikap  aktif dalam mengikuti pelajaran.
·         Mengikuti pembelajaran dengan dengan aktif
·         Selalu mengerjakan tugas tugas sekolah
·         Rajin mengikuti pembelajaran/presensi
2.2.3. Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran berkarya seni rupa.
·         Menghormati orang lain
·         Berkata –kata dengan baik
·         Berpakaian rapi
2.3.  Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
2.3.1. Menunjukkan sikap percaya diri
·         berani presentasi di depan kelas
·         berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan

LEMBAR REKAP PENILAIAN SIKAP ( OBSERVASI )

LEMBAR  OBSERVASI  SIKAP   : 1.1 SPIRITUAL
No
Nama
Berdoa
Bersyukur
Kekaguman
Salam
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari





2
Endang Haryatun


































Petunjuk Penilaian :
Skor 4 : selalu,bila melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 : Sering,apabila sering melakukan sesuai pernyataan
Skor 2 : Kadang-kadang,jarang melakukuan sesuai pernyataan
Skor 1 : Tidak pernah,apabila tidak pernah melakukuan sesuai pernyataan

Petunjuk Penskoran  :
Skor akhir menggunakan  skala 1-4
Perhitungan     Skor akhir :    Skor                     X 4       
                                                   Skor tertinggi

LEMBAR  OBSERVASI  2.1  SIKAP SOSIAL : JUJUR
No
Nama
Akui kekurangan diri
Akui kelebihan org lain
Tidak Plagiat
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari




2
Endang Haryatun




























LEMBAR  OBSERVASI  2.1  SIKAP SOSIAL : DISIPLIN
No
Nama
Datang tepat waktu
Tugas /selesai dikumpulkan tepat waktu
Buku/alat pelajaran tidak ketinggalan
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari




2
Endang Haryatun





























LEMBAR  OBSERVASI  2.1  SIKAP SOSIAL : TANGGUNGJAWAB
No
Nama
Baik dalam kerja tugas
Tertib Belajar
Menolong teman
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari




2
Endang Haryatun





























LEMBAR  OBSERVASI  2.1  SIKAP SOSIAL : PEDULI
No
Nama
Aktif dalam belajar
Selalu mengerjakan tugas
Rajin
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari




2
Endang Haryatun































LEMBAR  OBSERVASI  2.1  SIKAP SOSIAL : SANTUN
No
Nama
Hormati orang lain
Berkata baik
Rapi
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari




2
Endang Haryatun


















LEMBAR  OBSERVASI  2.1  SIKAP SOSIAL : PERCAYA DIRI
No
Nama
Berani Presentasi
Berani berpendapat
Rata-rata
(nilai)
1
Aan Prawita Sari



2
Endang Haryatun


























Petunjuk Penilaian :
Skor 4 : selalu,bila melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 : Sering,apabila sering melakukan sesuai pernyataan
Skor 2 : Kadang-kadang,jarang melakukuan sesuai pernyataan
Skor 1 : Tidak pernah,apabila tidak pernah melakukuan sesuai pernyataan

Petunjuk Penskoran  :
Skor akhir menggunakan  skala 1-4
Perhitungan     Skor akhir :    Skor                     X 4       
                                                   Skor tertinggi

LEMBAR REKAP PENILAIAN SIKAP ( OBSERVASI )


SIKAP

NO
NAMA SISWA
SPIRITUAL
SOSIAL
NILAI SIKAP


BERSYUKUR
JUJUR
DISIPLIN
TANGGUNGJAWAB



KD
KD
KD
KD



1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
ANUNG

















2
ADI

















3
INA

















4
KRISTUTI


















1. Penilaian Diri / Pribadi
Nama : …………………………………………………….
Kelas : ……..……………………………………………...
Semester : ……………..……………………………………...
Waktu penilaian : ………………………………………………….....
No. Pernyataan Jawaban
1. Saya berusaha belajar seni budaya materi Pameran
dengan sungguh-sungguh
ya
tidak
2. Saya mengerti dan paham materi Pameran  ya
tidak
3. Saya mengerjakan tugas guru tepat waktu ya
tidak
4. Saya mengajukan pertanyaan jika ada materi yang tidak
dipahami pada pelajaran seni lukis
ya
tidak
5. Saya berperan aktif dalam kelompok pada materi seni
lukis
ya
tidak

Penilaian Antarteman
Nama teman yang dinilai : ……………………………….
Nama penilai : ....…………………………….
Kelas : ....…………………………….
Semester : ……………………………….
Waktu penilaian : ……………………………….
No Pernyataan Jawaban
1. Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh seni budaya
materi Pameran
ya
tidak
2. Mengerti dan paham materi Pameran
ya
tidak
3. Mengerjakan tugas guru tepat waktu
ya
tidak
4. Mengajukan pertanyaan jika ada materi yang tidak
dipahami pada pelajaran Pameran ya
tidak
5. Berperan aktif dalam kelompok pada materi Pameran
ya
tidak
6. Bisa bekerja sama dan saling tanggung jawab dalam
sebuah kelompok kerja praktek/teori
ya
tidak
G.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a.  Media                    :  Media Internet , LCD
b. Alat dan bahan     :  Media elektronik, buku gambar, pewarna dan alat tulis
c. Sumber belajar    : Buku Teks : Eko Purnomo. Dkk, Seni Budaya Kelas IX 2015 Kemendikbud,  2015  Buku lain yang relevan dengan pokok bahasan, Contoh-contoh gambar dan audio visual





    

Mengetahui,
              Kepala SMP Pancasila




H. Hasan, M.Pd
              NIP.-
               Jatibarang, Januari2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -
      

      
 itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 2 Bab Seni Rupa (Pameran Sekolah) Kurtilas semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.