Friday, March 17, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Bab Seni Rupa Kurtilas



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                        Sekolah                                   :           SMP Pancasila
                        Mata Pelajaran/Tema           :           Seni Budaya/Seni Rupa
                        Kelas/Semester                      :           IX/1
                        Alokasi waktu                        :           2 pertemuan (4JP)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1  Memahami konsep dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media dan teknik
4.1  Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan teknik

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1        Siswa dapat menjelaskan pengertian seni lukis.
3.1.2        Siswa dapat mengidentifikasi berbagai tema dalam  berkarya seni lukis.
3.1.3        Siswa dapat mengidentifikasi berbagai aliran berkarya seni lukis.
3.1.4        Siswa dapat mengidentifikasi berbagai alat dan bahan dalam melukis.
3.1.5        Siswa dapat memahami rancangan pembuatan lukisan dalam bentuk garis.
4.1.1        Siswa dapat membuat karya seni lukis dengan media kertas dan tema keindahan alam.

D.    Materi Pembelajaran
1.        Materi Pembelajaran Regular
a.          Pengertian seni lukis
Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan dalam bentuk karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional adalah garis dan warna.
b.         Berbagai macam tema dalam berkarya seni lukis.
Tema adalah gagasan, ide, pokok pikiran yang ada dalam sebuah karya seni baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.
Tema dalam pembuatan karya seni rupa murni yaitu :
1)                                                                                                                           Hubungan manusia dengan dirinya
Dalam tema ini, biasanya si pelukis menjadikan dirinya sendiri sebagai objek lukisan.
2)                                                                                                                           Hubungan antara manusia dengan manusia lainnya
Bisanya pelukis sering menjadikan orang disekitarnya sebagai objek, seperti istri, anak, kekasih, atau orang yang ada dalam pikirannya.
3)                                                                                                                           Hubungan antara manusia dengan alam sekitar
Alam sekitar sangat menarik dijadikan objek lukisan untuk mengungkapkan citarasanya.
4)                                                                                                                           Hubungan antara manusia dengan benda
Benda-benda disekitar kita memiliki keunikkan sendiri bagi pelukis, sehingga menjadikan benda-benda tersebut sebagai objek lukisan.
5)                                                                                                                           Hubungan anatara manusia dengan aktifitasnya
Aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang beragam membuat pelukis ingin mengabadikannya.
6)                                                                                                                           Hubungan antara manusia dengan alam khayal
Kahayalan yang muncul dibenak pelukis tekadang diwujudkan kedalam lukisan.
c.          Berbagai aliran berkarya seni lukis ;
1)    Representatif, pengertian refresentatif adalah nyata atau sesuai dengan keadaannya. Gaya ini dibagi menjadi tiga, yaitu
a)      aturalisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya alami atau sesuai dengan keadaan alam. Pelukis beraliran naturalisme adalah Abdullah Suryosubroto, Basuki Abdullah, M. Pirngadi, Wakidi, Claude, Rubens, Constable.

b)      Realisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Perupa yang beraliran realisme antara lain Trubus, Wardoyo, Tarmizi, Jan Mangkit, Dullah, Rembrandt (Belanda).

c)      Romantisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya mengandung cerita, baik cerita binatang maupun manusia. Pelukis yang beraliran romantisme ini adalah Raden Saleh, F. Goya (Spanyol), Turner (Inggris), Rubens (Belanda).



 

2)      Deformatif, Pengertian deformatif adalah perubahan bentuk dari aslinya, sehingga menghasilkan bentuk baru namun tidak meninggalkan bentuk dasar aslinya. Yang tergolong dalam gaya seni rupa ini adalah :
a)      Ekspresionisme, aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa sang pelukis yang spontan pada saat melihat objek lukisannya. Pelukis yang beraliran ini antara lain Vincent van Gogh dan Affandi.

b)      Impresionisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan kesan saat objek tersebut dilukis. Pelukis yang termasuk dalam aliran ini adalah Claude Monet, Edgar Degas, Aguste Renoir,  Georges Seurat, Paul Cezanne, Paul Gauguin, dan S. Sudjojono.
 
c)      Surealisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya melebih-lebihkan kenyataan. Pelukis yang beraliran ini adalah Salvador Dali.



 
d)     Kubisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya berupa bidang segi empat atau bentuk dasar kubus. Bentuk dasar bidang seperti segitiga, segiempat, lingkaran, jajaran genjang, elips, dan bentuk-bentuk bidang lainnya. Pelukis beraliran ini antara lain Pablo Picasso, But Mochtar, Srihadi, Fajar Sidik, Mochtar Apin.

3)      Non Representatif, Gaya nonpresentatif adalah suatu bentuk yang sulit untuk dikenali. Bentuk dasar dari gaya ini sudah meninggalkan bentuk aslinya. Pelukis yang beraliran ini adalah Wassily Kadinsky (tokoh abstrak ekspresionis), Piet Mondrian, Van der Leek, Malevich (tokoh-tokoh abstrak geometris), Jackson Pollock, Fajar Sidik, But Mochtar, Srihadi, Amry Yahya.

d.         Media berkarya seni lukis ; pensil, pensil arang, pastel dan crayon, pena / pulpen, tinta bak, cat air, cat minyak, kuas, pisau palet, palet.
e.          Membuat karya seni lukis dengan media kertas;
-          Menentukan tema
-          Membuat sketsa
-          Menyempurnakan lukisan

2.        Materi Pembelajaran Pengayaan
Seni lukis adalah pengembangan dari menggambar, biasanya memiliki ciri khas atau keunikkan sendiri. Ciri khas ini didasarkan pada tema, corak atau gaya, teknik serta bahan dan bentuk karya seni tersebut. Sebuah lukisan harus dapat menterjemahkan apa yang ada dalam objek, tema atau gagasan secara representative. Seni lukis Indonesia yang berkembang, pada gilirannya nanti ikut mempertegas jati diri seni budaya Nusantara. Sedangkan seni lukis mancanegara menjadi pembanding seni budaya Nusantara.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika akan melukis, yaitu :
1.         Memunculkan gagasan
Untuk memunculkan gagasan, kita dapat mengembangkan imajinasi, melihat objek langsung, melihat dari buku, melihat dari internet atau mengunjungi oameran karya seni. Ide dan gagasan tersebut lalu diolah menjadi sebuah sketsa yang menarik.
2.         Media berkarya
Setelah memunculkan gagasan, maka kita pilih akan melukis dengan bahan dan media apa.
3.         Menentukan teknik
Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam melukis, yaitu teknik aquare, plakat, teknik goresan ekspresif, teknik tebal berstruktur, teknik mozaik.
4.         Membuat sketsa
Sketsa adalah gambar awal yang akan dijadikan atau dibuat lukisan. Sketsa inilah yang nantinya diselesaikan menjadi lukisan yang sempurna.
5.         Mewarnai dan menyempurnakan lukisan
Setelah sketsa selesai, tahap terakhir adalah menyempurnakan atau menyelesaikan lukisan sketsa yang telah dibuat dengan mewarnai lukisan.
3.        Materi Pembelajaran Remidial
1)          Berbagai aliran berkarya seni lukis ;
-          Representatif ; naturalisme, realisme, romantisme
-          Deformatif ; ekspresionisme, impresionisme, surealisme, kubisme
-          Non Representatif
2)          Membuat karya seni lukis dengan media kertas;
-          Menentukan tema
-          Membuat sketsa
-          Menyempurnakan lukisan
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.        Pertemuan Pertama: ( 2JP )
a.      Kegiatan Pendahuluan / Kegiatan Awal (10menit)
Dalam kegiatan pendahuluan, guru :
a)                 Memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi
b)   Meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan, buku siswa, dan alat melukis untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan
c)   Mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya
d)  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari
e)   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
f)    Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.      Kegiatan Inti (55 menit)
1)      Mengamati :
a)      Memberikan contoh-contoh lukisan
b)      Siswa diminta mengamati gambar / lukisan
c)      Siswa mencatat hasil pengamatan
2)      Menanya
a)      Memberi motivasi kepada siswa untuk bertanya
b)      Mempersilahkan siswa untuk bertanya
c)      Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut menjawab pertanyaan
d)     Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
e)      Siswa mencoba menggali jawaban dari pertanyaan esensial yang telah ada.
f)       Guru sebagai fasilitator
3)      Mengumpulkan Informasi
a)      Mempelajari buku siswa
b)      Mencari informasi di internet
c)      Mencari informasi pada buku-buku terkait di perpustakaan
d)     Mencoba mengenal beberapa media yang dimiliki
e)      Mencoba mempraktekan media tersebut dalam bentuk ekspresi
f)       Mencoba memilih beberapa obyek untuk lukisan
4)      Mengasosiasi
a)      Menyusun hasil dari informasi berbagai sumber
b)      Menuliskan kesimpulan yang diperoleh dari informasi
c)      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa tentang pengetahuan
d)     Menyimpulkan dan memilih media yang tepat bagi siswa untuk disiapkan dalam berkarya
e)      Menyimpulkan dan memilih tema yang tepat bagi siswa untuk disiapkan dalam berkarya
5)      Mengkomunikasikan
a)      Mempresentasikan hasil kesimpulan tentang seni lukis
b)      Peserta didik menerima umpan balik dari guru dan atau teman sekelas

c.       Kegiatan Penutup (15 menit)
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
a)      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni lukis.
b)  Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
c)  Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
d)     Berdoa dan salam

2.        Pertemuan Kedua: 2 JP
a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
Dalam kegiatan pendahuluan, guru
a)             Memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi
b)   Meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan, buku siswa, dan alat melukis untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan
c)   Mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya
d)  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari
e)   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
f)    Menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.      Kegiatan Inti (55 menit)
1)   Mencoba
a)   Membuat sketsa lukisan dengan tema yang sudah ditentukan
b)   Menyempurnakan bentuk
c)   Mewarnai lukisan
d)  Menyempurnakan lukisan

2)   Mengasosiasi
Melanjutkan mewarna / melukis  sketsa yang telah dipilih dan dibuat   (Membuat karya lukisan) dengan sentuhan akhir.
3)   Mengomunikasikan
Menguji hasil dengan mempresentasikan hasil karya siswa dengan cara menunjukkan dan memberikan konsep pembuatan karya sketsa yang siswa buat

c.       Kegiatan Penutup (15 menit)
Kegiatan penutup mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
a)   Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni lukis.
b)  Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
c)   Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
d)  Berdoa dan salam

F.     Penilaian, Pembelajaran, Pengayaan dan Remedial
1.         Teknik penilaian
a.    Penilaian Sikap Spiritual: Observasi
b.   Penilaian Sikap Sosial: Observasi
c.    Penilaian Pengetahuan: Pretest
d.   Penilaian Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2.         Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
a.    Lembar Observasi Sikap Spiritual: Bersyukur
b.    Lembar Observasi Sikap Sosial
c.    Lembar Penilaian Produk
d.   Lembar Penilaian Karya lukis
3.         Pembelajaran  Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan teknik penugasan untuk latihan membuat lukis (mandiri), Bagi siswa yang remidial membuat karya kembali dengan bahan dan teknik yang sama, sedangkan yang sudah mencapai KKM dapat mencoba menggunakan bahan dan teknik yang berbeda diakhiri dengan presentasi.

G.    Media / Alat,  Bahan, dan Sumber Belajar
1)   Media / Alat:
-          Contoh karya lukis
2)   Bahan: buku gambar dan alat gambar
3)   Sumber Belajar:
a.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX.
c.    Buku-buku lain yang relevan.
d.   Informasi melalui internet.




Mengetahui,
              Kepala SMP Pancasila




H. Hasan, M.Pd
              NIP.-
               Jatibarang, Januari 2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -

 itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Bab Seni Rupa Kurtilas semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.