RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 3.1 dan 4.1
Mata Pelajaran : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester :
IX / Dua
Materi Pokok : Pengolahan Bahan Daging Putih
Alokasi Waktu
: 4 Pertemuan (8 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudutpandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. Indikator
1.1 Mengenali dan menjelaskan produk-produk
pengolahan daging putih di daerah setempat.
1.2 Menjaga kelestarian produk-produk pengolahan
daging putih di daerah setempat
2.1
Mendefinisikan pentingnya sikap rasa ingin tahu
dan sikap santun
dalam menggaliinformasi tentang keberagaman
produk pengolahan daging putih daerah setempat.
2.2 Melaksanakan
sikap rasa ingin
tahu dan sikap
santun dalam menggaliinformasi tentang keberagaman
produk pengolahan daging
putih daerah setempat
2.3 Menghayati
pentingnya perilaku
jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan daging putih
2.4 Mempraktekkan perilaku jujur, percaya
diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan daging putih
2.5 Mendefinisikan pentingnya bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
pembuatan produk pengolahan daging putih yang memiliki estetika
produk akhir
2.6 Mempraktekkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
pembuatan produk pengolahan daging putih yang memiliki estetika
produk akhir
3.1 Menyebutkan jenis-jenis daging putih minimal 2
3.2 Menyebutkan ciri-ciri berbagai jenis daging putih minimal 2
4.1 Menyebutkan metode pengolahan siap saji dari
bahan daging putih yang tepat
4.2 Mengidentifikasi kebutuhan pembuatan olahan pangan
dari bahan daging puti
4.3 Menentukan bahan untuk membuat olahan dari daging putih
4.4 Menentukan alat untuk membuat olahan dari daging putih
4.5 Menentukan proses pembuatan olahan makanan
dari daging putih
D.
Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan
1
1.
Pengertian bahan
pangan Daging putih.
2.
jenis bahan
pangan Daging putihdi
daerah setempat.
3.
Ciri-ciri
bahan pangan daging putih.
Pertemuan
2
1.
Manfaat/kandungan gizi bahan pangan Daging putih di daerah setempat.
2.
Teknik pengolahan bahan
pangan Daging putih.
Pertemuan
3
·
Rancangan pembuatan olahan
bahan pangan daging putih(Nuget)
·
Alat-alat untuk pengolahanbahan
pangan daging putih (Nuget)
·
Bahan
pangan pengolahanbahan pangan daging putih
(Nuget)
·
Langkah-langkah pengolahan bahan
pangan daging putih ( Nuget)
Pertemuan 4:
·
Pengolahan bahan
pangan daging putih (Nuget)
·
Penyajian
dan pengemasan.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menguraikan tentang tahapan kegiatan pembuatan olahan
daging putih
Materi
Pembelajaran Remidial
Menyusun tahap pengolahan daging putih berdasarkan gambar
C.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan (10
menit)
a.
Berdoa dan mengecek
kehadiran peserta didik.
b.
Motivasi
Guru menunjukkan gambar beberapa contoh hasil
olahan pangan dari daging putih
c.
Apersepsi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan
materi pengolahan daging putih untuk
mengetahui pengetahuan awal peserta didik, contoh: “ Anak-anak, apakah
lauk yang kamu sukai ?
d.
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari bahan daging putih
untuk pertemuan pertama.
2.
Inti (50 menit)
Mengamati
Peserta
didik dipandu oleh guru mengamati gambar beberapa contoh jenis daging putih dan hasil olahnya.
Menanya
Peserta
didik dipandu oleh guru menemukan pertanyaan, misalnya:”Bagaimanakah cara membedakan jenis-jenis daging putih ?, Bagaimanakah cara memilih
daging putih yang baik ?”
3.
Penutup (20 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging putih yang baik
b.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang
berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan 2
1.
Pendahuluan (10
menit)
a.
Berdoa dan mengecek
kehadiran peserta didik.
b.
Motivasi
c.
Guru menunjukkan gambar nuget, sosis,fried chiken,bakso daging ayam
d.
Apersepsi
·
Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan
materi pengolahan daging putih untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik,
contoh: “ Anak-anak, dari gambar yang ditayangkan , manakah jenis
makanan yang kamu sukai ?
·
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari bahan daging putihuntuk
pertemuan kedua.
2.
Inti (50 menit)
Mengumpulkan Informasi
Peserta didik
berkelompok membaca buku siswa dan hand out materi ajar tentang
jenis-jenis daging putih yang ada di daerah sekitar.
Peserta didik berkelompok, menerima Lembar kerja 1 (LK-1)
pada buku siswa) dilanjutkan berdiskusi kelompok dengan antusias dan santun
tentang ciri-ciri berbagai macam daging putih dan hasil olahnya
3.
Penutup (20 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging putihyang baik dan hasil
olahnya
b.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan beberapa pertanyan yang berkaitan dengan materi dan
proses pembelajaran.
c.
Peserta didik
menerima tugas kelompok untuk membawa satu jenis olahan berbahan dasar daging
putih dan menuliskan proses pengolahanya
d.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan
3
1.
Pendahuluan (10
menit)
a.
Berdoa dan mengecek
kehadiran
b.
Apersepsi : Guru mengecek tugas siswa yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
c.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran .
d.
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang metode pengolahan daging putih
2.
Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
·
Wakil setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi tentang: metode pengolahan daging putih.
·
Peserta didik dipandu
guru menyimpulkan hasil diskusi tentang metode pengolahan daging putih.
3.
Penutup (10 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi dan
proses pembelajaran.
c.
Peserta didik
menerima tugas kelompok untuk Peserta didik menerima tugas untuk mempersiapkan
semua bahan dan alat untuk mengolah makanan berbahan dasar daging putih dengan
inovasi sesuai deskripsi pembagian tugas kelompok yang telah disepakati serta
mengingatkan agar semua peserta didik melaksanakan tugasnya dengan baik.
d.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya yakni praktik mengolah makanan.
Pertemuan
4
1.
Pendahuluan (10
menit)
a.
Berdoa dan mengecek kehadiran
peserta didik.
b.
Motivasi
Guru
bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik mengolah
makanan dengan inovasi.
c.
Apersepsi
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai kelengkapan
bahan dan alat untuk mengolah makanan dengan inovasi.
2.
Inti (60 menit)
Mengamati
Peserta didik bekerja
berkelompok untuk:
· mencermati Job sheet materi ajar tentang pengolahan
makanan berbahan dasar daging putih dengan inovasi yang akan dipraktikkan
· melakukan
persiapan sesuai deskripsi tugas masing-masing .
· mengecek persiapan bahan dan alat untuk praktik
Mencipta:
·
melakukan proses
pengolahan makanan berbahan dasar daging putih dengan inovasi berdasarkan
deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja
·
melakukan penyajian
makanan dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
·
membersihkan
peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja
·
Peserta didik
melakukan evaluasi hasil praktik produk makanan dengan inovasi.
3.
Penutup (10 menit)
a.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan praktik yang
dilakukan.
b.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
a.
Sikap :
Observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman
b.
Pengetahuan : observasi, tes lisan, tes tertulis, penugasan
c.
Keterampilan : unjuk kerja, projek, dan produk
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama
·
Instrumen Penilaian Sikap : observasi
·
Instrumen Penilaian Pengetahuan : tes lisan
b.
Pertemuan Kedua
·
Instrumen Penilaian Sikap : observasi dan penilaian diri
·
Instrumen Penilaian Pengetahuan : tes lisan
·
Instrumen Penilaian Keterampilan : portofolio
c.
Pertemuan Ketiga
·
Instrumen Penilaian Sikap : penilaian antar teman dan
observasi
·
Instrumen Penilaian Pengetahuan : tes lisan
·
Instrumen Penilaian Keterampilan : unjuk kerja
d.
Pertemuan Keempat
·
Teknik Penilaian Sikap : penilaian antar
teman,observasi
·
Penilaian Pengetahuan : tes tertulis
·
Teknik Penilaian Keterampilan : unjuk kerja, produk
( Instrumen terlampir )
3.
Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Remidial
: Guru memberikan gambar tahapan pengolahan daging putih secara acak peserta didik
diminta untuk menyusun dengan benar
Pengayaan :
Peserta didik diminta menguraikan tentang tahapan pegolahan daging putih
G. Media/alat, Bahan, dan sumber Belajar
a.
Media/alat : Gambar
b.
Bahan :
·
Lembar Kerja Siswa
·
Hand out materi ajar : Beragam olahan pangan berbahan dasar daging
putih
·
Contoh produk makanan
berbahan dasar daging putih
·
Bahan dan alat
praktik
Bahan :
o
Daging putih
o
Bumbu dapur
Alat praktik :
o
Kompor
o
wajan
o
Pisau dan talenan
o
Baskom
o
Blender
o
Loyang
o
Alat pengukus
o
Cetakan
c.
Sumber Belajar
a.
Buku siswa : Kementrian Pendidikan
Nasional (2014).Prakarya SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Dikbud
b.
Situs internet
c.
Lingkungan Sekitar : jenis
olahan berbahan dasar daging putih
Mengetahui Jatibarang, Januari 2017
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
H. Hasan ,
M.Pd Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP. -
D.
Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Sikap
Spiritual dan Sosial
a.
Teknik :
observasi
b.
Bentuk instrumen :
lembar observasi
c.
Kisi-kisi
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
BUTIR PENILAIAN
|
A
|
SPIRITUAL
|
1.
Bersyukur kepada Tuhan atas anugerah keberagaman produk olahan bahan pangan daging putih di daerah setempat
|
·
Mengucapkan syukur
kepada Tuhan
|
2.
Menjaga kelestarian anugerah
Tuhan atas keberagaman
produk olahan bahan pangan daging putihdi daerah
setempat
|
· Menyenangi produk olahan bahan pangan daging putihdi daerah setempat
|
||
B
|
SOSIAL
|
1. Antusias dalam mencari informasi tentang
keberagaman produk olahan daerah setempat
|
·
Semangat dalam
berdiskusi dengan teman
|
2.Menyatakan perbedaan pendapat
secara sopan saat
berdiskusi dalam kelompok.
|
· Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
d.
Instrumen :
Terlampir (Lampiran 1)
2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes tertulis
b.Bentuk instrument :
Tes uraian
c. Kisi-kisi
No
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor soal
|
Jumlah soal
|
1.
|
Pengertian
|
Menjelaskan pengertian Daging putih
dengan benar.
|
1
|
1
|
2.
|
Menjelaskan
pengertian Pengolahan daging putih dengan benar
|
2
|
1
|
|
3.
|
Jenis
|
Mengidentifikasi
jenis – jenis daging putih
di daerah setempat dengan benar
|
3,5
|
2
|
4.
|
Manfaat/ Kandungan
Bahan
|
Mendeskripsikan
manfaatdaging putih
|
4,6
|
2
|
5.
|
Teknik
Pengolahan
|
Mengidentifikasi teknik pengolahan daging
putih
|
7,8
|
2
|
6.
|
Proses
Pengolahan
|
Mengidentifikasirasa
dasar pada makanan berbahan dasar
daging putih
|
9
|
1
|
7.
|
Mengidentifikasi
kegiatan tahap akhir pada
pengolahan makanan
|
10
|
1
|
|
Jumlah
|
10
|
d.Instrumen : Terlampir (Lampiran 2)
3.
Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes Kinerja
b.Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Deskriptor
|
A
|
Proses
|
1.
Ide gagasan
|
Ide gagasan rancangan tertulis
|
2.
Kreativitas
|
Mencari solusi
ketika menemui kendala
|
||
3.
Kesesuaian materi,
teknik dan
prosedur
|
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
|
||
B
|
Produk
|
1.
Uji karya/rasa
|
Rasa produk
|
2.
Kemasan/penyajian
|
Bentuk kemasan
|
||
3.
Kreativitas bentuk laporan
|
Kreatifitas
penyusunan laporan
|
||
4.
Presentasi/penampilan
|
Penampilan produk
|
||
C
|
Sikap
|
1.
Mandiri
|
Mandiri
|
2.
Disiplin
|
Disiplin
|
||
3.
Kerjasama
|
Kerjasama
|
||
4.
Tanggung jawab
|
Tanggung jawab
|
d.Instrumen :Terlampir (Lampiran3)
E.
Media
/alat,Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media :
·
Gambar jenis daging putih
dan makanan hasil olahannya
2.
Alat dan bahan :
a.
Lembar Kerja Siswa (terdapat di Buku Siswa)
b.
Hand
out materi ajar : Beragam olahan ikan.File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait
dengan proses pembuatan
c.
Video tentang proses pembuatan aneka olahan daging putih.
d.
Contoh produk olahan daging putih ( Nuget, sosis, fried
chicken, bakso ayam)
e.
Bahan dan alat praktik
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Satuan
|
A
|
Bahan
|
||
1
|
Daging putih (ayam
broiler)
|
1
|
Kg
|
2
|
tepung terigu
|
200
|
Gram
|
3
|
Gula pasir dan garam
|
Secukupnya
|
|
4
|
Merica
|
1
|
Sendok teh
|
5
|
Minyak goreng
|
1
|
Liter
|
6
|
Bawang putih
|
10
|
Gr
|
7
|
Mentega
|
10
|
Gr
|
8
|
Tepung panir
|
500
|
Gr
|
9
|
Telur
|
3
|
Butir
|
B
|
Alat
|
||
1
|
Loyang
|
1
|
Buah
|
2
|
Waskom
|
1
|
Buah
|
3
|
Blender
|
1
|
Buah
|
4
|
Cetakan
|
1
|
Buah
|
5
|
Pisau dan telenan
|
1
|
Buah
|
6
|
Kompor
|
1
|
Buah
|
7
|
Wajan
|
1
|
Buah
|
8
|
Alat pengukus
|
1
|
Buah
|
3.
Sumber
Belajar
1.
Suci Paresti, dkk.2013. Prakarya SMP/ MTs Kelas VIII.
Kemdikbud RI .Jakarta (hal: 149-192)
2.
K.A.
Buckle, dkk.1987.Ilmu Pangan.
Jakarta. UI Press.
3.
Materi yang relevan dari internet :
·
Beragam pengolahan
4.
Narasumber,
ortu/ibu.
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui:
Kepala SMP
Pancasila
H. Hasan, M.Pd
NIP.
|
Guru Mata pelajaran Prakarya
Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
LAMPIRAN 1
Pedoman Penilaian
Sikap Spiritual
dan Sosial
1.
Petunjuk
Lembar
Penilaian di bawah ini
disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas
peserta didik yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan mengisi lembar observasi ini pada saat
proses pembelajaran berlangsung.
2.
Contoh Lembar Observasi
Penilaian Spiritual
dan Sosial
Mata Pelajaran : Prakarya (Aspek Pengolahan)
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1(satu)
Materi Pokok : Pengolahan daging
putih menjadi bahan makanan setengah jadi
Pelaksanaan :....
No.
|
Nama Siswa
|
Butir penilaian
|
|||||||
Spiritual
|
Sosial
|
Jml Skor
|
Nilai akhir (NA) atau
Skor rerata
|
||||||
Ucapan Syukur
|
Menyenangi produk olahan ikan
|
Menerima kesepakatan tentang keberagaman produk olahan ikan
|
Menggunakan bahasa
santun
|
||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
||||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
Dst
|
- Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan Skor kadang-kadang
tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
- Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali (A) : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik (B) : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup (C) : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang (D) : apabila memperoleh skor 1 - 4
·
Nilai
Akhir = Jumlah Skor
Jumlah butir aspek yang
dinilai
LAMPIRAN
2: Contoh Instrumen tes uraian:
·
Soal
Uraian:
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat
dan jelas!
1.
Jelaskan pengertiandaging putih
2.
Jelaskan
pengertian pengolahan daging putih
3.
Sebutkan 2 jenis daging yang berasal dari daging putih!
4.
Sebutkan 2 ciri – ciri
daging putih!
5.
Sebutkan 2 contoh
olahan pangan dari daging putih!
6.
Sebutkan
2 macam manfaat pengolahan daging putih setengah jadi!
7.
Sebutkan
3macam metode pengolahan daging
putih!
8.
Jelaskan apa fungsi proses pengawetan yang dilakukan pada
daging putih !
9.
Sebutkan 2 faktor penyebab kerusakan pada daging putih !
10. Jelaskan
tujuan proses pengeringan yang dilakukan pada daging putih!
·
Kunci
jawaban
1.
Daging putih adalah daging yang berwarna putih biasanya
berupa unggas seperti daging ayam kampung dan daging ayam broiler.
2.
Pengolahan daging putih adalah kegiatan atau proses
membuat daging putih menjadi produk jadi atau setengah jadi agar siap
dikonsumsi.
3.
Daging ayam kampung dan daging ayam broiler
4.
Berwarna putih dan agak amis
5.
Bakso,sosis,nuget, dll
6.
Memiliki nilai jual yang lebih tinggi,menambah variasi
makanan,lebih tahan lama
- a. pembekuan
b. Pengeringan
c. pengasapan
d. pengalengan
8.
Untuk mempertahankan masa simpan agar layak dikonsumsi.
9. Faktor kimia, fisika, dan biologis.
10. Untuk
mengurangi kandungan air pada daging putih sampai batas yang aman untuk
disimpan.
·
Pedoman Penilaian:
A.
Kriteria Pensekoran:
1.
Setiap butir soal memiliki
rentang skor 1-10
2.
Total skor apabila semua jawaban
benar adalah 100
B.
Kriterian
Penilaian:
a.
Perolehan Skor 0-45 ; nilai = 1
b.
Perolehan Skor 56-60 ; nilai = 2
c.
Perolehan Skor 71-75 ; nilai = 3
d.
Perolehan Skor 86-100 ; nilai = 4
LAMPIRAN
3.Contoh Instrumen Tes Kinerja:
·
A.
Soal:
1.
Buatlah rancangan pembuatan olahan daging putih menjadi aneka makanan
berdasarkan inovasimu!
2.
Lakukan proses pengolahan daging putih menjadi aneka makanan dengan
inovasi!
3.
Sajikanlah olahan
daging putih dengan inovasi!
4.
Buatlah laporan setelah praktik pengolahan daging putih menjadi aneka makanan dengan inovasi!
- B . Ketentuan Praktik:
- Bahan:
a.
Bahan berupadaging
putih
b.
Semua peralatan
disediakan sendiri
- Waktu pengerjaan : 80 menit
- Aspek yang dinilai :
a.
Uji karya/ rasa
b.
Kemasan/ penyajian
c.
Kreatifitas bentuk
laporan
d.
Presentasi/ penampilan
e.
Kemandirian
f.
Disiplin
g.
Tanggung jawab
- Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.
LAMPIRAN 3 .
Contoh Lembar Penilaian
Kinerja
Mata
Pelajaran : Prakarya
(Pengolahan)
Nama
Proyek : Pengolahandaging
putih menjadi makanan
setengah jadi.
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Kelas/Semester : XI/ 2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Keterangan: Kriteria penilaian:
- Pedoman pensekoran:
- Skor terentang antara 1-4
Skor 1 ,
kategori Kurang
Skor 2,
kategori Cukup
Skor 3,
kategori Baik
Skor 4,
Kategori Sangat baik
- Pedoman penilaian:
Nilai
Akhir 1 (NA 1) : Jumlah skor proses x 50%
Nilai
Akhir 2 (NA 2) : Jumlah skor produk x
35%
Nilai
Akhir 3 (NA 3) : Jumlah skor sikap x 15%
Nilai Akhir = NA
1+NA 2+NA3
|
- Konversi nilai:
Nilai 0 - 1,
huruf D
Nilai 1,1 - 2,
huruf C
Nilai 2,1 - 3,
huruf B
Nilai 3,1 - 4, huruf A
itulah postingan RPP Prakarya Kelas 9 Semester 2 Bab Pengolahan Bahan Daging Putih Kurtilas Terbaru semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.