Sunday, March 12, 2017

RPP Prakarya Kelas 9 Semester 2 Bab Pengolahan Bahan Daging Putih Kurtilas Terbaru



                       
  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 3.1 dan 4.1
Satuan Pendidikan  : SMP Pancasila Jatibarang
Mata Pelajaran          : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester       : IX / Dua
Materi Pokok            : Pengolahan Bahan Daging Putih
Alokasi Waktu         : 4 Pertemuan (8 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C. Indikator
1.1  Mengenali dan menjelaskan produk-produk pengolahan daging putih di daerah setempat.
1.2  Menjaga kelestarian produk-produk pengolahan daging putih di daerah setempat
2.1 Mendefinisikan pentingnya sikap rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggaliinformasi tentang keberagaman produk pengolahan daging putih daerah setempat.
2.2 Melaksanakan sikap rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggaliinformasi tentang keberagaman produk pengolahan  daging putih daerah setempat
2.3 Menghayati pentingnya perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan daging putih
2.4  Mempraktekkan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan daging putih
2.5 Mendefinisikan pentingnya bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan daging putih yang memiliki estetika produk akhir
2.6 Mempraktekkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan daging putih yang memiliki estetika produk akhir
3.1     Menyebutkan jenis-jenis daging putih minimal 2
3.2     Menyebutkan ciri-ciri berbagai jenis daging putih minimal 2
4.1  Menyebutkan metode pengolahan siap saji dari bahan daging putih yang tepat
4.2  Mengidentifikasi kebutuhan pembuatan olahan pangan dari bahan daging puti
4.3  Menentukan bahan untuk membuat olahan dari daging putih
4.4  Menentukan alat untuk membuat olahan dari daging putih
4.5  Menentukan proses pembuatan olahan makanan dari daging putih
D. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan 1
1.      Pengertian bahan pangan Daging putih.
2.      jenis bahan pangan Daging putihdi daerah setempat.
3.      Ciri-ciri bahan pangan daging putih.
Pertemuan 2
1.      Manfaat/kandungan gizi bahan pangan Daging putih di daerah setempat.
2.      Teknik pengolahan bahan pangan Daging putih.
Pertemuan 3
·         Rancangan pembuatan olahan bahan pangan daging putih(Nuget)
·         Alat-alat untuk pengolahanbahan pangan daging putih (Nuget)
·         Bahan pangan pengolahanbahan pangan daging putih (Nuget)
·         Langkah-langkah pengolahan  bahan pangan daging putih ( Nuget)

Pertemuan 4:
·         Pengolahan bahan pangan daging putih (Nuget)
·         Penyajian dan pengemasan.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Menguraikan tentang tahapan kegiatan pembuatan olahan daging putih
Materi Pembelajaran Remidial
Menyusun tahap pengolahan daging putih berdasarkan gambar

C.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

1.      Pendahuluan (10 menit)
a.         Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.        Motivasi
Guru menunjukkan gambar beberapa contoh hasil olahan pangan dari daging putih
c.         Apersepsi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi pengolahan daging putih  untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik, contoh: Anak-anak, apakah  lauk yang kamu sukai ?
d.        Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari bahan daging putih untuk pertemuan pertama.
 
2.    Inti (50 menit)

Mengamati

Peserta didik dipandu oleh guru mengamati gambar beberapa contoh jenis daging putih dan hasil olahnya.
Menanya

Peserta didik dipandu oleh guru menemukan pertanyaan, misalnya:Bagaimanakah cara membedakan jenis-jenis  daging putih ?, Bagaimanakah cara memilih daging putih  yang baik ?
3.    Penutup (20 menit)
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging putih  yang baik
b.      Guru melakukan refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.       Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2

1.    Pendahuluan (10 menit)
a.       Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.      Motivasi
c.       Guru menunjukkan gambar  nuget, sosis,fried chiken,bakso daging ayam
d.   Apersepsi
·      Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi pengolahan daging putih untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik, contoh: Anak-anak, dari gambar yang ditayangkan , manakah jenis makanan yang kamu sukai ?
·      Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari bahan daging putihuntuk pertemuan kedua.
2.        Inti (50 menit)
            Mengumpulkan Informasi
Peserta didik berkelompok membaca buku siswa dan hand out materi ajar tentang jenis-jenis daging putih yang ada  di daerah sekitar.
Peserta didik berkelompok, menerima Lembar kerja 1 (LK-1) pada buku siswa) dilanjutkan berdiskusi kelompok dengan antusias dan santun tentang ciri-ciri berbagai macam daging putih dan hasil olahnya

3.        Penutup (20 menit)
a.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging putihyang baik dan hasil olahnya 
b.      Guru melakukan refleksi dengan memberikan beberapa pertanyan yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.       Peserta didik menerima tugas kelompok untuk membawa satu jenis olahan berbahan dasar daging putih dan menuliskan proses pengolahanya
d.      Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3

1.        Pendahuluan (10 menit)
a.       Berdoa dan mengecek kehadiran
b.      Apersepsi : Guru mengecek tugas siswa yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran .
d.      Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang metode pengolahan daging putih

2.        Inti (60 menit)

Mengomunikasikan

·         Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang: metode pengolahan daging putih.
·         Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil diskusi tentang metode pengolahan daging putih.

3.    Penutup (10 menit)
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru melakukan refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.       Peserta didik menerima tugas kelompok untuk Peserta didik menerima tugas untuk mempersiapkan semua bahan dan alat untuk mengolah makanan berbahan dasar daging putih dengan inovasi sesuai deskripsi pembagian tugas kelompok yang telah disepakati serta mengingatkan agar semua peserta didik melaksanakan tugasnya dengan baik.
d.     Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya yakni praktik mengolah makanan.

Pertemuan 4

1.      Pendahuluan (10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.   Motivasi
Guru bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik mengolah makanan dengan inovasi.
c.    Apersepsi
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai kelengkapan bahan dan alat untuk mengolah makanan dengan inovasi.

2.      Inti (60 menit)

Mengamati

Peserta didik bekerja berkelompok untuk:
·  mencermati Job sheet materi ajar tentang pengolahan makanan berbahan dasar daging putih dengan inovasi yang akan dipraktikkan
·   melakukan persiapan sesuai deskripsi tugas masing-masing .
·  mengecek persiapan bahan dan alat untuk praktik

Mencipta:
·         melakukan proses pengolahan makanan berbahan dasar daging putih dengan inovasi berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja
·         melakukan penyajian makanan dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
·         membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja
·         Peserta didik melakukan evaluasi hasil praktik produk makanan dengan inovasi.

3.      Penutup (10 menit)
a.       Guru melakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan praktik yang dilakukan.
b.      Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

F. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

1.      Teknik penilaian
a.       Sikap                    : Observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman
b.      Pengetahuan         : observasi, tes lisan, tes tertulis, penugasan
c.       Keterampilan        : unjuk kerja, projek, dan produk
2.      Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama
·           Instrumen Penilaian Sikap                : observasi
·           Instrumen Penilaian Pengetahuan     : tes lisan
b.      Pertemuan Kedua
·           Instrumen Penilaian Sikap                : observasi dan penilaian diri
·           Instrumen Penilaian Pengetahuan     : tes lisan
·           Instrumen Penilaian Keterampilan    : portofolio
 c.       Pertemuan Ketiga
·           Instrumen Penilaian Sikap                : penilaian antar teman dan observasi
·           Instrumen Penilaian Pengetahuan     : tes lisan
·           Instrumen Penilaian Keterampilan    : unjuk kerja
d.      Pertemuan Keempat
·           Teknik Penilaian Sikap                      : penilaian antar teman,observasi
·           Penilaian Pengetahuan                      : tes tertulis
·           Teknik Penilaian Keterampilan         : unjuk kerja, produk

( Instrumen terlampir )

3.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Remidial     : Guru memberikan gambar tahapan pengolahan  daging putih secara acak peserta didik diminta untuk menyusun dengan benar
Pengayaan  : Peserta didik diminta menguraikan tentang tahapan pegolahan  daging putih

G. Media/alat, Bahan, dan sumber Belajar

a.       Media/alat      : Gambar

b.      Bahan             :
·      Lembar Kerja Siswa
·      Hand out materi ajar : Beragam olahan pangan berbahan dasar daging putih
·      Contoh produk makanan berbahan dasar daging putih
·      Bahan dan alat praktik
Bahan :
o   Daging putih
o   Bumbu dapur
Alat praktik :
o   Kompor
o   wajan
o   Pisau dan talenan
o   Baskom
o   Blender
o   Loyang
o   Alat pengukus
o   Cetakan

c.       Sumber Belajar
a.       Buku siswa : Kementrian Pendidikan Nasional (2014).Prakarya SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Dikbud
b.      Situs internet
c.       Lingkungan Sekitar : jenis olahan berbahan dasar daging putih

Mengetahui                                                                             Jatibarang,     Januari  2017
Kepala  Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran




H. Hasan , M.Pd                                                                     Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP.                                                                                         NIP.   -


D.    Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.        Sikap Spiritual dan Sosial
a.      Teknik                        : observasi
b.      Bentuk instrumen    : lembar observasi
c.       Kisi-kisi

NO
ASPEK
INDIKATOR
BUTIR PENILAIAN
A
SPIRITUAL
1.      Bersyukur kepada Tuhan atas anugerah keberagaman produk olahan bahan pangan daging putih di daerah setempat
·      Mengucapkan syukur kepada Tuhan

2.      Menjaga kelestarian anugerah Tuhan atas  keberagaman produk olahan bahan pangan daging putihdi daerah setempat
·  Menyenangi produk olahan bahan pangan daging putihdi daerah setempat

B
SOSIAL
1. Antusias dalam mencari informasi tentang keberagaman produk olahan daerah setempat
·   Semangat dalam berdiskusi dengan teman
2.Menyatakan perbedaan pendapat secara  sopan saat berdiskusi dalam kelompok.
·  Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman

d.   Instrumen      : Terlampir (Lampiran 1)


2.  Pengetahuan
a. Teknik Penilaian       : Tes tertulis
b.Bentuk instrument     :  Tes uraian
c. Kisi-kisi
No
Materi
Indikator
Nomor soal
Jumlah soal
1.
Pengertian
Menjelaskan  pengertian Daging putih dengan benar.
1
1
2.

Menjelaskan pengertian Pengolahan daging putih dengan benar
2
1
3.
Jenis
Mengidentifikasi jenis – jenis  daging putih
di daerah setempat dengan benar
3,5
2
4.
Manfaat/ Kandungan
 Bahan
Mendeskripsikan manfaatdaging putih
4,6
2
5.
Teknik
Pengolahan

Mengidentifikasi  teknik pengolahan daging putih
7,8
2
6.
Proses Pengolahan
Mengidentifikasirasa dasar pada makanan berbahan dasar
daging putih
9
1
7.

Mengidentifikasi kegiatan tahap akhir pada
 pengolahan makanan

10
1
Jumlah
10

d.Instrumen  : Terlampir (Lampiran 2)

3.      Keterampilan

a.  Teknik Penilaian    : Tes Kinerja
b.Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi

No
Aspek
Indikator
Deskriptor
A
Proses
1.        Ide gagasan
 Ide gagasan rancangan tertulis
2.        Kreativitas
Mencari solusi ketika  menemui kendala
3.        Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
B
Produk
1.        Uji karya/rasa
Rasa produk
2.        Kemasan/penyajian
Bentuk kemasan
3.        Kreativitas bentuk laporan
Kreatifitas penyusunan laporan
4.        Presentasi/penampilan
Penampilan produk
C
Sikap

1.        Mandiri
Mandiri
2.        Disiplin
Disiplin
3.        Kerjasama
Kerjasama
4.        Tanggung jawab
Tanggung jawab

d.Instrumen    :Terlampir (Lampiran3)

E.     Media /alat,Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media                :
·         Gambar jenis daging putih dan makanan hasil olahannya
2.      Alat dan bahan :
a.      Lembar Kerja Siswa (terdapat di Buku Siswa)
b.       Hand out materi ajar : Beragam olahan ikan.File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait dengan proses pembuatan
c.       Video tentang proses pembuatan aneka olahan daging putih.
d.     Contoh produk olahan daging putih ( Nuget, sosis, fried chicken, bakso ayam)
e.      Bahan dan alat praktik
No
Jenis
Jumlah
Satuan
A
Bahan

1
Daging putih (ayam broiler)
1
Kg
2
tepung terigu
200
Gram
3
Gula pasir dan garam

Secukupnya
4
Merica
1
Sendok teh
5
Minyak goreng
1
Liter
6
Bawang putih
10
Gr
7
Mentega
10
Gr
8
Tepung panir
500
Gr
9
Telur
3
Butir
B
Alat

1
Loyang
1
Buah
2
Waskom
1
Buah
3
Blender
1
Buah
4
Cetakan
1
Buah
5
Pisau dan telenan
1
Buah
6
Kompor
1
Buah
7
Wajan
1
Buah
8
Alat pengukus
1
Buah



3.      Sumber Belajar
1.      Suci Paresti, dkk.2013. Prakarya SMP/ MTs Kelas VIII. Kemdikbud RI .Jakarta (hal: 149-192)
2.      K.A. Buckle, dkk.1987.Ilmu Pangan. Jakarta. UI Press.
3.      Materi yang relevan dari internet :
·         Beragam pengolahan
4.      Narasumber, ortu/ibu.




Jatibarang,      Januari 2017


Mengetahui:
Kepala SMP Pancasila



H. Hasan, M.Pd     
NIP.                        

Guru Mata pelajaran Prakarya



Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP.    -








LAMPIRAN 1

Pedoman Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
1.      Petunjuk
Lembar Penilaian di bawah ini disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan mengisi lembar observasi ini pada saat proses pembelajaran berlangsung.

2.      Contoh Lembar Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial

Mata Pelajaran                       : Prakarya (Aspek Pengolahan)
Kelas/ Semester                    : IX (sembilan)/ 1(satu)
Materi Pokok                         : Pengolahan daging putih menjadi bahan makanan setengah jadi
Pelaksanaan  :....

No.
Nama Siswa
Butir penilaian
Spiritual
Sosial
Jml Skor
Nilai akhir (NA) atau   Skor rerata
Ucapan Syukur
Menyenangi  produk olahan  ikan

Menerima kesepakatan tentang keberagaman produk olahan ikan
Menggunakan bahasa santun


1
2

1
2



1









2









3









4









5









Dst










  • Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  Skor kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

  • Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali    (A)       : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                (B)       : apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup            (C)       : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang           (D)       : apabila memperoleh skor  1 - 4
·         Nilai Akhir = Jumlah Skor
                        Jumlah butir aspek yang dinilai
LAMPIRAN 2: Contoh Instrumen tes uraian:

·         Soal Uraian:
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertiandaging putih
2.      Jelaskan pengertian pengolahan daging putih
3.      Sebutkan 2 jenis daging yang berasal dari daging putih!
4.      Sebutkan 2 ciri – ciri  daging putih!
5.      Sebutkan 2 contoh olahan pangan dari daging putih!
6.      Sebutkan 2 macam manfaat pengolahan daging putih setengah jadi!
7.      Sebutkan 3macam  metode pengolahan daging putih!
8.      Jelaskan apa fungsi proses pengawetan yang dilakukan pada daging putih  !
9.      Sebutkan 2 faktor penyebab kerusakan pada daging putih !
10.  Jelaskan tujuan proses pengeringan yang dilakukan pada daging putih!

·         Kunci jawaban
1.      Daging putih adalah daging yang berwarna putih biasanya berupa unggas seperti daging ayam kampung dan daging ayam broiler.
2.      Pengolahan daging putih adalah kegiatan atau proses membuat daging putih menjadi produk jadi atau setengah jadi agar siap dikonsumsi.
3.      Daging ayam kampung dan daging ayam broiler
4.      Berwarna putih dan agak amis
5.      Bakso,sosis,nuget, dll
6.      Memiliki nilai jual yang lebih tinggi,menambah variasi makanan,lebih tahan lama
  1. a. pembekuan
      b. Pengeringan
c. pengasapan
d. pengalengan
8.      Untuk mempertahankan masa simpan agar layak dikonsumsi.
9.   Faktor kimia, fisika, dan biologis.
10. Untuk mengurangi kandungan air pada daging putih sampai batas yang aman untuk disimpan.

·         Pedoman Penilaian:
A.    Kriteria Pensekoran:
1.      Setiap butir soal memiliki rentang skor 1-10
2.      Total skor apabila semua jawaban benar adalah 100
B.     Kriterian Penilaian:
a.      Perolehan Skor 0-45       ; nilai = 1
b.      Perolehan Skor 56-60     ; nilai = 2
c.       Perolehan Skor 71-75     ; nilai = 3
d.     Perolehan Skor 86-100   ; nilai = 4
LAMPIRAN 3.Contoh Instrumen Tes Kinerja:

·         A. Soal:         
1.      Buatlah rancangan pembuatan olahan daging putih menjadi aneka makanan berdasarkan inovasimu!
2.      Lakukan proses pengolahan daging putih menjadi aneka makanan dengan inovasi!
3.      Sajikanlah olahan daging putih dengan inovasi!
4.      Buatlah laporan setelah praktik pengolahan daging putih menjadi aneka makanan dengan inovasi!

  • B . Ketentuan Praktik:
  1. Bahan:
a.      Bahan berupadaging putih
b.      Semua peralatan disediakan sendiri
  1. Waktu pengerjaan : 80 menit
  2. Aspek yang dinilai :
a.      Uji karya/ rasa
b.      Kemasan/ penyajian
c.       Kreatifitas bentuk laporan
d.     Presentasi/ penampilan
e.      Kemandirian
f.        Disiplin
g.      Tanggung jawab
  1. Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.


LAMPIRAN 3 .

Contoh Lembar Penilaian Kinerja

Mata Pelajaran           : Prakarya (Pengolahan)
Nama Proyek              : Pengolahandaging putih menjadi makanan setengah jadi.            
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit
Kelas/Semester : XI/ 2
Tahun Pelajaran        : 2015/2016


Keterangan:  Kriteria penilaian:
  1. Pedoman pensekoran:
  • Skor terentang antara 1-4
Skor 1 , kategori Kurang
Skor 2, kategori Cukup
Skor 3, kategori Baik    
Skor 4, Kategori Sangat baik
  1. Pedoman penilaian:
Nilai Akhir 1 (NA 1) : Jumlah skor proses x 50%
Nilai Akhir 2 (NA 2)  : Jumlah skor produk x 35%
Nilai Akhir 3 (NA 3) : Jumlah skor sikap x 15%


Nilai Akhir = NA 1+NA 2+NA3


  1. Konversi nilai:
Nilai 0   -  1, huruf D
Nilai 1,1 - 2, huruf C
Nilai 2,1 - 3, huruf B
Nilai 3,1  - 4, huruf A
itulah postingan RPP Prakarya Kelas 9 Semester 2 Bab Pengolahan Bahan Daging Putih Kurtilas Terbaru semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.