Monday, March 13, 2017

Downlod RPP Prakarya Kelas 8 SMP Semester 2 Bab Pengolahan Sub Bab Pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi Makanan Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                   :  SMP Pancasila
Mata Pelajaran                         :  Prakarya
Kelas / Semester                      :  VIII / 2 ( Dua )
Aspek                                      :  Pengolahan
Tema / Topik                           :  Pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi
                                                   Makanan
Alokasi Waktu                         :  12 x 40 menit ( 6 Pertemuan )

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       
1.1.  Menerima keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah tuhan
1.1.1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan  di daerah setempat.
1.1.2. Serius mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
2.       
2.1.  Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.1.1. Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan  di daerah setempat
2.1.2. Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
2.1.3. Tidak menyela pembicaraan saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan  di daerah setempat.
3.
3.1    Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.

3.1.1. Mendeskripsikan pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian makanan
3.1.2. Mengidentifikasi jenis olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
3.1.3. Mendeskripsikan manfaat dan kandungan gizi bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
3.1.4. Mendeskripsikan teknik  dan langkah – langkah pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
4
4.1  Membuat olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.1.1. Merancang pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan gejos
4.1.2. Membuat gejos
4.1.3. Menyajikan dan mengemas bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan gejos
C.  Materi Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
1.    Pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian makanan
2.    Jenis dan manfaat bahan  pangan serealia dan umbi
3.    Teknik pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
Pertemuan 3 dan 4
1.    Rancangan pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
2.    Alat – alat untuk pengolahan dalam membuat gejos
3.    Langkah – langkah pengolahan bahan pangan  umbi menjadi makanan
Pertemuan 5
1.    Praktik pengolahan dan pengemasan pengolahan pangan umbi dari ubi kayu / singkong menjadi gejos
Pertemuan 6
1.    Soal ulangan harian dan kunci jawaban ulangan harian
2.    Tindak lanjut kemungkinan yang tidak tuntas nilai pengetahuan

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
·      Pendahuluan ( 10 menit )
ü Motivasi :
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Tanya jawab seputar bahan pangan serealia dan umbi, membahas dengan mengambil contoh karya ( gambar / benda langsung ) sebagai perbandingan.
ü Apresepsi :
Tanya jawab tentang jenis dan manfaat, teknik pengolahan bahan pangan serealia dan umbi
·      Inti
Mengamati
Ø Peserta didik dipandu oleh guru mengamati tayangan gambar beberapa contoh pengolahan pangan umbi melalui media chart misalnya keripik, gejos, tiwul, awul – awul, sehingga menemukan masalah ( sesuatu ) yang ingin diketahui lebih juah.
Menanya
Ø Peserta didik dipandu oleh guru menemukan pertanyaan, misalnya “ Bagaimana cara mengolah makanan dari umbi?, “ Bahan pangan apakah yang dapat di buat Gejos ?, dsb.
Ø Siswa melakukan diskusi ( siswa dengan siswa, siswa dengan guru ) tentang jenis – jenis dan manfaat serealia dan umbi – umbian serta teknik pengolahannya.
Mengumpulkan data
Ø Setelah melalukan pengamatan / observasi kemudian mencatat pengertian bahan pangan serealia dan umbi – umbian, serta pengertian makanan, jenis – jenis dan manfaat dari serealia dan umbi – umbian beserta teknik pengolahan pada buku catatan masing – masing.
Ø Mencatat berbagai informasi pengertian serealia dan umbi – umbian, serta jenis – jenis dan manfaat beserta teknik pengolahannya.
Ø Peserta didik membaca sumber referensi mengenai pengertian, jenis – jenis dan manfaat, teknik pengolahan serealia dan umbi – umbian
Mengkomunikasikan
Ø Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Ø Peserta didik mengamati, memberi komentar, saran, memberi pujian dan tepuk tangan terhadap hasil pengamatan temannya.
Ø Peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
·      Penutup
Ø Refleksi pembelajaran
a.    Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
b.    Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran tentang pengertian, jenis – jenis dan manfaat, teknik pengolahan serealia dan umbi – umbian.
c.    Peserta didik menerima tugas individu untuk mencari beberapa resep  pengolahan pangan umbi – umbian dari ubi kayu / singkong.
Ø Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya adalah rancangan, alat dan langkah – langkah pengolahan bahan pangan menjadi umbi – umbian.
Pertemuan 3 dan 4
o  Pendahuluan
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Apersepsi
Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas individu untuk mencari beberapa resep pengolahan pangan umbi dari ubi kayu / singkong.
c.    Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan pangan umbi dari ubi kayu/ singkong pada pertemuan ini



o  Inti
a.    Peserta didik melihat dan mengamati chart tentang proses pengolahan pangan umbi dari singkong yang di olah menjadi gejos
b.    Peserta didik berdiskusi kelompok membahas proses pembuatan gejos
          Mengasosiasi
Ø Merancang pengolahan pangan umbi dari singkong yang diolah menjadi gejos dengan inovasi secara berkelompok.
      Mengkomunikasikan dan mencipta
Ø Wakil dari setiap kelompok mempresentasikan kesimpulan dari diskusinya tentang langkah – langkah pengolahan gejos dengan inovasi, bahan dan alat untuk mengolahnya, proses pengolahannya serta cara menyajikannya.
Ø Diskusi interaktif guru dan siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran
o  Penutup
Ø Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
Ø Peserta didik menerima tugas untuk mempersiapkan semua bahan dan alat untuk mengolah gejos  dengan inovasi serta mengingatkan agar semua peserta didik melaksanakan tugasnya dengan baik
Ø Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya yakni praktik membuat gejos.
Pertemuan 5
v Pendahuluan
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Guru bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik membuat gejos
c.    Apersepsi
           Guru bertanya kepada peserta didik mengenai kelengkapan bahan dan alat untuk membuat gejos
d.    Guru menjelaskan cakupan materi praktik pengolahan pangan umbi dari singkong untuk dibuat menjadi gejos dengan inovasi
v Inti
Peserta didik bekerja kelompok untuk :
a.      Mengecek persiapan bahan dan alat untuk praktik mengolah gejos dengan inovasi
Mencipta
·      melakukan proses pengolahan pangan umbi dari singkong untuk di buat gejos dengan inovasi berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja
·      melakukan penyajian gejos dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
·      membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja
·      Peserta didik melakukan evaluasi hasil praktik produk pengolahan pangan umbi dari singkong untuk di buat gejos dengan inovasi.
v Penutup
ü Refleksi Pembelajaran :
a.    Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
b.    Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran tentang membuat desain sendiri berbagai kemasan
ü Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya adalah ulangan harian untuk mengukur pengetahuan tentang pengolahan bahan pangan serealia dan umbi – umbian menjadi makanan
Pertemuan 6
ü Pendahuluan
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Apersepsi
·      Penyampaian kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini.
·      Menanyakan kepada peserta didik tentang kesiapan untuk melakukan pengambilan nilai pengetahuan melalui test ulangan harian.
ü Inti
a.    Membagi soal test ulangan harian
b.    Melakukan pengawasan terhadap proses test ulangan harian
c.    Mengumpulkan hasil test ulangan harian
ü Penutup
a.    Refleksi pembelajaran
o  Guru menyampaikan bahwa soal tersebut adalah untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa tentang konseptual dan teori yang berhubungan dengan pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
o  Guru menyampaikan bahwa hasil test akan diketahui beberapa hari kedepan setelah diadakan koreksi terhadap hasil tersebut.
b.    Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya adalah serealia dan umbi menjadi olahan pangan setengah jadi.

E.   Penilaian, Remidial, Pengayaan
a.    Sikap spiritual dan sosial
Ø Teknik                       : Observasi
Ø Bentuk Instrument     : Lembar Observasi
Ø Kisi – kisi
No
Aspek
Indikator
Jumlah butir
1
Spiritual
1.1.1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan  di daerah setempat.
1.1.2. Serius mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
1




1
2
Sosial
2.1.1. Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan  di daerah setempat
2.1.2. Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
2.1.3. Tidak menyela pembicaraan saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan  di daerah setempat.
1




1





1
Ø Instrument penilaian sikap spiritual dan sosial

Pedoman Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
1.    Petunjuk umum
a.         Instrument penilaian sikap spiritual dan sosial berupa lembar observasi
b.        Instrument ini di isi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai
2.    Petunjuk pengisian
Berdasarkan pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik anda dengan memberi skor 4, 3, 2, dan 1 pada lembar observasi
4 = apabila Selalu melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila Sering melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila Kadang – kadang melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila Tidak pernah melakukan perilaku yang diamati

3.    Lembar observasi
Kelas                                            : ………………….
Semester                                       : ………………….
Tahun Pelajaran                            : ………………….
Periode pengamatan                      : ………………….
Butir nilai                                      : ………………….
Indikator sikap                              :…………………..
No
Nama peserta didik
Skor indicator sikap spiritual ( 1 – 4 )
Skor indicator sikap rasa ingin tahu dan santun
Jumlah  perolehan skor
Skor akhir
Tuntas / tidak tuntas
Indikator 1
Indikat 2
Indikat 1
Indikat 2
1








2








3


















  1. Pengetahuan
v Teknik                       : Tes tertulis
v Bentuk instrument     : Pilihan Ganda dan Essay
v Kisi – kisi
No
Materi
Indicator
No Soal
Jumlah Soal
1
Pengertian
Mendeskripsikan pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian makanan
1, 2, 3
3
2
Jenis, manfaat, dan kandungan gizi
·      Mengidentifikasi jenis olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
·      Mendeskripsikan manfaat dan kandungan gizi bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
4, 20


5, 6, 7, 8, 9, 12, 13, 15, 16
2


9
3
Teknik pengolahan
Mendeskripsikan teknik  dan langkah – langkah pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
10, 14, 17, 18
4
4
Penyajian dan pengemasan
Menyajikan dan mengemas bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
11, 19
2
Jumlah
20

v Instrument soal pilihan ganda
Ø Soal Pilihan Ganda
Berilah tanda silang ( x ) pada huruf  a, b, c, dan d pada jawaban yang benar !
1.    Berikut ini yang termasuk ciri khas makanan pokok maupun makanan tradisional daerah – daerah di Indonesia, kecuali …….
a.    Bervariasi                         b. kaya rasa                 c. harganya murah       d. menarik
2.    Isy adalah makanan pokok bagi penduduk ….
a.    Brasil                    b. Mesir                       c. Amerika                   d. Afrika
3.    Kaledo adalah makanan tradisional yang berasal dari …
a.    Irian jaya              b. Sulawesi selatan       c. Maluku        d. Sulawesi Tengah
4.    Umbi – umbian digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan ….
a.    Karbohidrat dalam bentuk patinya yang tinggi
b.    Lemak dan kaya serat kasar
c.    Karbohidrat yang kaya akan zat gula / glukosa
d.    Karbohidrat, protein, dan kalsium
5.    Di Indonesia dikenal 2 varietes jagung yang telah ditanam secara umum, yaitu jagung berwarna …
a.    Kuning dan hitam                         c. Putih dan merah
b.    Kuning dan putih                          d. Ungu dan kuning
6.    Senyawa phytochemical pada gandum bisa mengurangi resiko seseorang terkena …
a.    Kolesterol             b. diabetes       c. radang saluran kencing        d. kanker
7.    Akar sorgum dapat digunakan sebagai …
a.    Jamu untuk memperlancar peredaran darah
b.    Pakan ternak
c.    Jamu untuk mencegah sembelit
d.    Jamu untuk menurunkan berat badan
8.    Salah satu daerah yang makanan pokoknya umbi talas adalah …
a.    Papua                    b. Manado       c. Madura        d. Sulawesi
9.    Berikut ini yang termasuk manfaat dari ganyong antara lain …
a.    Obat luka bernanah dan terbakar
b.    Menjaga kesehatan mata
c.    Untuk perkembangan otak
d.    Untuk kesehatan tubuh
10.                   Menggoreng yang dilakukan dengan medium minyak goreng banyak disebut …
a.    Deep frying          b. frying           c. pan frying                d. shallow frying
11.                   Nasi goreng maupun nasi kuning khas manado dibungkus dengan …
a.    Daun pisang          b. daun jati       c. daun gedi                 d. daun woka
12.                   Bubur tinutuan makanan khas orang …
a.    Sorong                  b. Minahasa     c. Madura                    d. Padang
13.                   Ikan kecil sejenis ikan teri yang terdapat di danau tondano disebut …
a.    Ikan cakalang       b. ikan cupang             c. ikan nike      d. ikan jengki
  14.                   Prinsip – prinsip hygiene dan sanitasi ada … jenis
a.    3               b. 4                  c. 5                  d. 6
15.                   Orang india menjadikan gandum utuh yang sudah menjadi tepung yang dikenal dengan sebutan..
a.    Atta           b. Isy               c. Iyan             d. Cassava
16.                   Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa …
a.    Amilum dan glukosa                     c. Endospermia
b.    Amilosa dan amilopektin              d. Tepung dan amilopektin
17.                   Berikut ini yang termasuk prinsip hygiene dan sanitasi, kecuali …
a.         Prinsip alat bersih                                   c. prinsip wadah
b.        Prinsip dingin                             d. prinsip kadar air
18.                   Rasa pahit di bentuk oleh komponen …
a.    Sukrosa     b. asam laktat              c. sodium klorida         d. alkoloid
19.                   Makanan yang disajikan dengan menarik dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain …
a.    Citarasanya                                               c. kemasan
b.    Warna, tekstur atau bentuknya                 d. penyajian
20.                   Berikut ini yang termasuk jenis makanan serealia adalah …
a.    Bubur tinutuan, rengginang                                   c. Isy dan Iyan
b.    Tiwul dan gejos                                        d. Pop corn dan pasta
Ø Kunci jawaban
1.    C                 6.  D                11. D               16. B
2.    B                 7.  A                12. B                17. B
3.    D                 8.  A                13. C                18. D
4.    A                 9.  D                14. D               19. B
5.    B                 10. A               15. A               20. D
Pedoman Penilaian:
a.    Kriteria Pensekoran:
o    Setiap butir soal memiliki rentang skor 1
o    Total skor apabila semua jawaban benar adalah 20

Nilai =   Jumlah soal yang betul
                             2
Ø Soal remedial
Isilah titik – titik berikut ini dengan benar !
1.         Di Indonesia dikenal 2 varietas jagung yang telah ditanam secara umum, yaitu …
2.         Singkong atau cassava merupakan makanan pokok penduduk …
3.         Organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran ( pembengkakan ) sebagai akibat perubahan fungsinya disebut …
4.         Rasa manis dari kandungan glukosa merupakan …
5.         Factor – factor yang mempengaruhi konsumen memilih atau membeli suatu hidangan makanan adalah …
6.         Tiwul sebagai makanan pokok pengganti beras yang di buat dari …
7.         Steaming adalah …
8.         Bagian tanaman talas yang dapat dimakan yaitu …
9.         Ubi jalar yang populer dibudayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna …
10.     Manfaat dari gembili adalah …
Kunci jawaban
1.         Jagung berwarna kuning dan putih
2.         Brasil
3.         Umbi
4.         Sumber energy yang bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas
5.         Cara penyajian makanan
6.         Tepung gaplek ( singkong yang dikupas lalu di jemur hingga kering, ditumbuk menjadi tepung )
7.         Memasak bahan makanan dengan uap air mendidih
8.         Umbi, tunas muda, dan tangkai daun
9.         Putih kecoklatan, merah dan ungu
10.     Bahan baku pembuatan makanan tambahan yang berupa es krim
Pedoman Penilaian:
b.   Kriteria Pensekoran:
o    Setiap butir soal memiliki rentang skor 1
o    Total skor apabila semua jawaban benar adalah 10

c.         Ketrampilan
Ø Teknik Penilaian     : Tes Kinerja
Ø Bentuk Instrumen    : Lembar Penilaian
Ø Kisi-kisi
No
Aspek
Indikator
Deskriptor
A
Proses
1.        Ide gagasan
 Ide gagasan rancangan tertulis
2.        Kreativitas
Mencari solusi ketika  menemui kendala
3.        Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
B
Produk
1.        Uji karya/rasa
Rasa produk
2.        Kemasan/penyajian
Bentuk kemasan
3.        Kreativitas bentuk laporan
Kreatifitas penyusunan laporan
4.        Presentasi/penampilan
Penampilan produk
C
Sikap

1.        Mandiri
Mandiri
2.        Disiplin
Disiplin
3.        Tanggung jawab
Tanggung jawab
ü Instrument tes kinerja
A. Soal:    
1.      Buatlah rancangan pembuatan pangan umbi dari singkong untuk dibuat gejos  berdasarkan inovasimu!
2.      Lakukan proses pengolahan pangan umbi dari singkong untuk dibuat gejos  dengan inovasi!
3.      Sajikanlah pengolahan pangan umbi dari singkong untuk dibuat gejos  dengan inovasi!
4.      Buatlah laporan setelah praktik pengolahan pangan umbi dari singkong!
B . Ketentuan Praktik:
  1. Bahan:
a.       Bahan berupa ubi kayu / singkong yang berasal dari lingkungan daerah tempat tinggal
b.      Semua peralatan disediakan sendiri
  1. Waktu pengerjaan : 80 menit
  2. Aspek yang dinilai :
a.       Uji karya/ rasa
b.      Kemasan/ penyajian
c.       Kreatifitas bentuk laporan
d.      Presentasi/ penampilan
e.       Kemandirian
f.       Disiplin
g.       Tanggung jawab
  1. Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.
C.     Lembar pengamatan praktik
Mata pelajaran             : Prakarya ( Pengolahan )
Materi pokok               : Pengolahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
Nama                           : ……
Kelas/ semester            : ……
Tahun pelajaran           : ……
No
Aspek kinerja yang dinilai
Skor
Bobot
Perolehan skor
1
2
3
4
A
Proses



1
Ide gagasan




20

2
Kreaktivitas




15

3
Kesesuaian materi, teknik, dan prosedur




15

B
Produk



1
Uji karya




10

2
Kemasan




5

3
Kreaktivitas bentuk laporan




10

4
Presentasi




10

C
Sikap



1
Mandiri




5

2
Displin




5

3
Tanggung jawab




5

Total
100

Keterangan :
1.    Bobot ditentukan guru dengan pertimbangan tingkat kesulitan ( Total bobot = 100 )
2.    Skor akhir peserta didik menggunakan rumus :
Skor Akhir = Total Perolehan
                           Total bobot

 F.   Media / alat, bahan dan sumber belajar
1.    Media :
ü  Video / chart / gambar – gambar tentang pembuatan pengolahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
2.    Alat dan bahan :
3.    Lembar kerja siswa
4.    Hand out materi ajar : kumpulan resep yang bahan dasar dari singkong
5.    File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait dengan proses pengolahan pangan umbi dari singkong
6.    Contoh produk makanan dari singkong yaitu gejos, lempeng singkong, tiwul, dsb.
7.    Bahan dan alat praktik :

No
Jenis
Jumlah
Satuan
A
Bahan

1
Kelapa parutan
1
Butir
2
Singkong
½
Kg
3
Gula jawa
¼
Kg
B
Alat

1
Parutan
1
Satuan
2
Baskom plastic
1
Satuan
3
Wajan
1
Satuan
4
Kompor gas
1
Satuan
5
Piring
1
Satuan
6
Mika plastik
1
Satuan

8.    Sumber belajar :
o    Kemendikbud.2014. Prakarya SMP / MTS Kelas VIII. Kemendikbud RI. Jakarta ( hal: 129 )
o    Kemendikbud.2014. Buku Guru Prakarya SMP / MTS Kelas VIII. Kemendikbud RI. Jakarta ( hal: 334 )
o    Beragam cita rasa makanan dari singkong : ( www.youtube.com diambil pada tanggal 12 Januari 2015 )
o    Nara sumber : Penjual makanan Gejos di Desa Janegara

                                                                                                 Jatibarang,    Januari  2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila                                                     Guru Prakarya


 

H. Hasan, M.Pd                                                                 Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP.                                                                                   NIP. –

 itulah Downlod RPP Prakarya Kelas 8 SMP Semester 2 Bab Pengolahan Sub Bab Pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi Makanan Kurtilas semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.