RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan : SMP Pancasila
Mata
Pelajaran :
Prakarya
Kelas
/ Semester : VIII / 2 ( Dua )
Aspek : Pengolahan
Tema
/ Topik : Pengolahan bahan pangan serealia dan umbi
menjadi
Makanan
Alokasi
Waktu : 12 x 40 menit (
6 Pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1.
Menerima
keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah tuhan
|
1.1.1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk
pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
1.1.2. Serius mempelajari keberagaman produk
pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
|
2.
|
2.1.
Menunjukkan
rasa ingin tahu, sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali
informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah
air dan bangga pada produk Indonesia
|
2.1.1. Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran
pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat
2.1.2. Menggunakan bahasa yang baik saat
berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan
serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
2.1.3. Tidak menyela pembicaraan saat
berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan
serealia dan umbi menjadi makanan di
daerah setempat.
|
3.
|
3.1
Memahami
rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan bahan pangan
serealia dan umbi menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya
sesuai wilayah setempat.
|
3.1.1.
Mendeskripsikan pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian
makanan
3.1.2. Mengidentifikasi
jenis olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
3.1.3. Mendeskripsikan
manfaat dan kandungan gizi bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
3.1.4.
Mendeskripsikan teknik dan langkah –
langkah pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
|
4
|
4.1 Membuat olahan bahan pangan serealia dan
umbi menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
|
4.1.1. Merancang pengolahan bahan
pangan serealia dan umbi menjadi makanan gejos
4.1.2. Membuat gejos
4.1.3. Menyajikan dan mengemas bahan
pangan serealia dan umbi menjadi makanan gejos
|
C.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
1 dan 2
1.
Pengertian
bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian makanan
2.
Jenis
dan manfaat bahan pangan serealia dan
umbi
3.
Teknik
pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
Pertemuan
3 dan 4
1.
Rancangan
pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
2.
Alat
– alat untuk pengolahan dalam membuat gejos
3.
Langkah
– langkah pengolahan bahan pangan umbi
menjadi makanan
Pertemuan
5
1.
Praktik
pengolahan dan pengemasan pengolahan pangan umbi dari ubi kayu / singkong
menjadi gejos
Pertemuan
6
1.
Soal
ulangan harian dan kunci jawaban ulangan harian
2.
Tindak
lanjut kemungkinan yang tidak tuntas nilai pengetahuan
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 dan 2
·
Pendahuluan
( 10 menit )
ü Motivasi :
a. Berdoa dan mengecek kehadiran
siswa
b. Tanya jawab seputar bahan pangan
serealia dan umbi, membahas dengan mengambil contoh karya ( gambar / benda
langsung ) sebagai perbandingan.
ü Apresepsi :
Tanya jawab tentang jenis dan
manfaat, teknik pengolahan bahan pangan serealia dan umbi
·
Inti
Mengamati
Ø Peserta didik dipandu oleh guru
mengamati tayangan gambar beberapa contoh pengolahan pangan umbi melalui media
chart misalnya keripik, gejos, tiwul, awul – awul, sehingga menemukan masalah (
sesuatu ) yang ingin diketahui lebih juah.
Menanya
Ø Peserta didik dipandu oleh guru
menemukan pertanyaan, misalnya “ Bagaimana cara mengolah makanan dari umbi?, “
Bahan pangan apakah yang dapat di buat Gejos ?, dsb.
Ø Siswa melakukan diskusi ( siswa
dengan siswa, siswa dengan guru ) tentang jenis – jenis dan manfaat serealia
dan umbi – umbian serta teknik pengolahannya.
Mengumpulkan
data
Ø Setelah melalukan pengamatan /
observasi kemudian mencatat pengertian bahan pangan serealia dan umbi – umbian,
serta pengertian makanan, jenis – jenis dan manfaat dari serealia dan umbi –
umbian beserta teknik pengolahan pada buku catatan masing – masing.
Ø Mencatat berbagai informasi
pengertian serealia dan umbi – umbian, serta jenis – jenis dan manfaat beserta
teknik pengolahannya.
Ø Peserta didik membaca sumber
referensi mengenai pengertian, jenis – jenis dan manfaat, teknik pengolahan
serealia dan umbi – umbian
Mengkomunikasikan
Ø Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
Ø Peserta didik mengamati, memberi
komentar, saran, memberi pujian dan tepuk tangan terhadap hasil pengamatan
temannya.
Ø Peserta didik membuat kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari.
·
Penutup
Ø
Refleksi
pembelajaran
a.
Guru
dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
b.
Guru
menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran tentang
pengertian, jenis – jenis dan manfaat, teknik pengolahan serealia dan umbi –
umbian.
c.
Peserta
didik menerima tugas individu untuk mencari beberapa resep pengolahan pangan umbi – umbian dari ubi kayu
/ singkong.
Ø
Menyampaikan
bahwa pertemuan berikutnya adalah rancangan, alat dan langkah – langkah
pengolahan bahan pangan menjadi umbi – umbian.
Pertemuan
3 dan 4
o Pendahuluan
a.
Berdoa
dan mengecek kehadiran siswa
b.
Apersepsi
Guru menanyakan apakah peserta
didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas individu untuk mencari beberapa
resep pengolahan pangan umbi dari ubi kayu / singkong.
c.
Guru
menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan pangan umbi dari ubi
kayu/ singkong pada pertemuan ini
o Inti
a.
Peserta
didik melihat dan mengamati chart tentang proses pengolahan pangan umbi dari
singkong yang di olah menjadi gejos
b.
Peserta
didik berdiskusi kelompok membahas proses pembuatan gejos
Mengasosiasi
Ø
Merancang
pengolahan pangan umbi dari singkong yang diolah menjadi gejos dengan inovasi
secara berkelompok.
Mengkomunikasikan dan mencipta
Ø
Wakil
dari setiap kelompok mempresentasikan kesimpulan dari diskusinya tentang
langkah – langkah pengolahan gejos dengan inovasi, bahan dan alat untuk
mengolahnya, proses pengolahannya serta cara menyajikannya.
Ø
Diskusi
interaktif guru dan siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran
o Penutup
Ø Guru dan siswa membuat kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari
Ø Peserta didik menerima tugas
untuk mempersiapkan semua bahan dan alat untuk mengolah gejos dengan inovasi serta mengingatkan agar semua
peserta didik melaksanakan tugasnya dengan baik
Ø Menyampaikan bahwa pertemuan
berikutnya yakni praktik membuat gejos.
Pertemuan
5
v Pendahuluan
a.
Berdoa
dan mengecek kehadiran siswa
b.
Guru
bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik membuat
gejos
c.
Apersepsi
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai
kelengkapan bahan dan alat untuk membuat gejos
d.
Guru
menjelaskan cakupan materi praktik pengolahan pangan umbi dari singkong untuk
dibuat menjadi gejos dengan inovasi
v Inti
Peserta didik bekerja kelompok
untuk :
a. Mengecek
persiapan bahan dan alat untuk praktik mengolah gejos dengan inovasi
Mencipta
· melakukan proses pengolahan pangan umbi dari singkong untuk di buat gejos dengan inovasi berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan
memperhatikan keselamatan kerja
· melakukan penyajian gejos dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
· membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan
keselamatan kerja
· Peserta didik melakukan evaluasi hasil praktik produk pengolahan pangan umbi dari singkong untuk di buat gejos dengan inovasi.
v Penutup
ü
Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya adalah ulangan
harian untuk mengukur pengetahuan tentang pengolahan
bahan pangan serealia dan umbi – umbian menjadi makanan
Pertemuan
6
ü Pendahuluan
a.
Berdoa
dan mengecek kehadiran siswa
b.
Apersepsi
·
Penyampaian
kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini.
·
Menanyakan
kepada peserta didik tentang kesiapan untuk melakukan pengambilan nilai
pengetahuan melalui test ulangan harian.
ü Inti
a.
Membagi
soal test ulangan harian
b.
Melakukan
pengawasan terhadap proses test ulangan harian
c.
Mengumpulkan
hasil test ulangan harian
ü Penutup
a.
Refleksi
pembelajaran
o Guru menyampaikan bahwa soal
tersebut adalah untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa tentang konseptual
dan teori yang berhubungan dengan pengolahan bahan pangan serealia dan umbi
menjadi makanan
o Guru menyampaikan bahwa hasil
test akan diketahui beberapa hari kedepan setelah diadakan koreksi terhadap
hasil tersebut.
b.
Menyampaikan
bahwa pertemuan berikutnya adalah serealia dan umbi menjadi olahan pangan
setengah jadi.
E.
Penilaian, Remidial, Pengayaan
a.
Sikap spiritual dan sosial
Ø
Teknik
: Observasi
Ø
Bentuk
Instrument : Lembar Observasi
Ø
Kisi
– kisi
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Jumlah butir
|
1
|
Spiritual
|
1.1.1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk
pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
1.1.2. Serius mempelajari keberagaman
produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan di daerah
setempat.
|
1
1
|
2
|
Sosial
|
2.1.1. Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran
pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi
makanan di daerah setempat
2.1.2. Menggunakan bahasa yang baik saat
berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan
serealia dan umbi menjadi makanan di daerah setempat.
2.1.3. Tidak menyela pembicaraan saat
berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan
serealia dan umbi menjadi makanan di
daerah setempat.
|
1
1
1
|
Ø
Instrument
penilaian sikap spiritual dan sosial
Pedoman Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
1.
Petunjuk umum
a.
Instrument
penilaian sikap spiritual dan sosial berupa lembar observasi
b.
Instrument ini di
isi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai
2.
Petunjuk pengisian
Berdasarkan
pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik
anda dengan memberi skor 4, 3, 2, dan 1 pada lembar observasi
4 = apabila
Selalu melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila
Sering melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila
Kadang – kadang melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila
Tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
3.
Lembar observasi
Kelas :
………………….
Semester :
………………….
Tahun
Pelajaran :
………………….
Periode
pengamatan : ………………….
Butir nilai : ………………….
Indikator
sikap :…………………..
No
|
Nama peserta didik
|
Skor indicator sikap spiritual ( 1 – 4 )
|
Skor indicator sikap rasa ingin tahu dan santun
|
Jumlah
perolehan skor
|
Skor akhir
|
Tuntas / tidak tuntas
|
||
Indikator 1
|
Indikat 2
|
Indikat 1
|
Indikat 2
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
- Pengetahuan
v Teknik : Tes tertulis
v Bentuk instrument : Pilihan Ganda dan Essay
v Kisi – kisi
No
|
Materi
|
Indicator
|
No
Soal
|
Jumlah
Soal
|
1
|
Pengertian
|
Mendeskripsikan
pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian makanan
|
1,
2, 3
|
3
|
2
|
Jenis, manfaat,
dan kandungan gizi
|
·
Mengidentifikasi
jenis olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
·
Mendeskripsikan
manfaat dan kandungan gizi bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
|
4,
20
5,
6, 7, 8, 9, 12, 13, 15, 16
|
2
9
|
3
|
Teknik pengolahan
|
Mendeskripsikan
teknik dan langkah – langkah
pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
|
10,
14, 17, 18
|
4
|
4
|
Penyajian dan
pengemasan
|
Menyajikan dan
mengemas bahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
|
11,
19
|
2
|
Jumlah
|
20
|
v Instrument soal pilihan ganda
Ø Soal
Pilihan Ganda
Berilah tanda silang ( x ) pada
huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang
benar !
1. Berikut ini yang termasuk ciri
khas makanan pokok maupun makanan tradisional daerah – daerah di Indonesia,
kecuali …….
a. Bervariasi b. kaya rasa c. harganya murah d. menarik
2. Isy adalah makanan pokok bagi
penduduk ….
a. Brasil b. Mesir c.
Amerika d. Afrika
3. Kaledo adalah makanan tradisional
yang berasal dari …
a. Irian jaya b. Sulawesi selatan c.
Maluku d. Sulawesi Tengah
4. Umbi – umbian digunakan sebagai
sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan ….
a. Karbohidrat dalam bentuk patinya
yang tinggi
b. Lemak dan kaya serat kasar
c. Karbohidrat yang kaya akan zat
gula / glukosa
d. Karbohidrat, protein, dan kalsium
5. Di Indonesia dikenal 2 varietes
jagung yang telah ditanam secara umum, yaitu jagung berwarna …
a. Kuning dan hitam c. Putih dan merah
b. Kuning dan putih d. Ungu dan kuning
6. Senyawa phytochemical pada gandum
bisa mengurangi resiko seseorang terkena …
a. Kolesterol b. diabetes c.
radang saluran kencing d. kanker
7. Akar sorgum dapat digunakan
sebagai …
a. Jamu untuk memperlancar peredaran
darah
b. Pakan ternak
c. Jamu untuk mencegah sembelit
d. Jamu untuk menurunkan berat badan
8. Salah satu daerah yang makanan
pokoknya umbi talas adalah …
a. Papua b. Manado c.
Madura d. Sulawesi
9. Berikut ini yang termasuk manfaat
dari ganyong antara lain …
a. Obat luka bernanah dan terbakar
b. Menjaga kesehatan mata
c. Untuk perkembangan otak
d. Untuk kesehatan tubuh
10.
Menggoreng
yang dilakukan dengan medium minyak goreng banyak disebut …
a. Deep frying b. frying c. pan frying d.
shallow frying
11.
Nasi
goreng maupun nasi kuning khas manado dibungkus dengan …
a. Daun pisang b. daun jati c. daun gedi d.
daun woka
12.
Bubur
tinutuan makanan khas orang …
a. Sorong b. Minahasa c.
Madura d. Padang
13.
Ikan
kecil sejenis ikan teri yang terdapat di danau tondano disebut …
a. Ikan cakalang b. ikan cupang c. ikan nike d.
ikan jengki
14.
Prinsip
– prinsip hygiene dan sanitasi ada … jenis
a. 3 b.
4 c. 5 d. 6
15.
Orang
india menjadikan gandum utuh yang sudah menjadi tepung yang dikenal dengan
sebutan..
a. Atta b. Isy c.
Iyan d. Cassava
16.
Karbohidrat
dalam bentuk pati umumnya berupa …
a. Amilum dan glukosa c. Endospermia
b. Amilosa dan amilopektin d. Tepung dan amilopektin
17.
Berikut
ini yang termasuk prinsip hygiene dan sanitasi, kecuali …
a.
Prinsip
alat bersih c.
prinsip wadah
b.
Prinsip
dingin d.
prinsip kadar air
18.
Rasa
pahit di bentuk oleh komponen …
a.
Sukrosa b. asam laktat c. sodium klorida d.
alkoloid
19.
Makanan
yang disajikan dengan menarik dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain …
a. Citarasanya c.
kemasan
b. Warna, tekstur atau bentuknya d. penyajian
20.
Berikut
ini yang termasuk jenis makanan serealia adalah …
a. Bubur tinutuan, rengginang c. Isy dan
Iyan
b. Tiwul dan gejos d. Pop
corn dan pasta
Ø Kunci
jawaban
1. C 6. D 11.
D 16. B
2. B 7. A 12.
B 17. B
3. D 8.
A 13.
C 18. D
4. A 9. D 14.
D 19. B
5. B 10.
A 15. A 20. D
Pedoman Penilaian:
a.
Kriteria
Pensekoran:
o Setiap butir soal
memiliki rentang skor 1
o Total skor apabila
semua jawaban benar adalah 20
Nilai = Jumlah soal yang betul
2
Ø Soal
remedial
Isilah titik – titik berikut ini
dengan benar !
1.
Di
Indonesia dikenal 2 varietas jagung yang telah ditanam secara umum, yaitu …
2.
Singkong
atau cassava merupakan makanan pokok penduduk …
3.
Organ
tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran ( pembengkakan ) sebagai akibat perubahan
fungsinya disebut …
4.
Rasa
manis dari kandungan glukosa merupakan …
5.
Factor
– factor yang mempengaruhi konsumen memilih atau membeli suatu hidangan makanan
adalah …
6.
Tiwul
sebagai makanan pokok pengganti beras yang di buat dari …
7.
Steaming
adalah …
8.
Bagian
tanaman talas yang dapat dimakan yaitu …
9.
Ubi
jalar yang populer dibudayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna …
10. Manfaat dari gembili adalah …
Kunci
jawaban
1.
Jagung
berwarna kuning dan putih
2.
Brasil
3.
Umbi
4.
Sumber
energy yang bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas
5.
Cara
penyajian makanan
6.
Tepung
gaplek ( singkong yang dikupas lalu di jemur hingga kering, ditumbuk menjadi
tepung )
7.
Memasak
bahan makanan dengan uap air mendidih
8.
Umbi,
tunas muda, dan tangkai daun
9.
Putih
kecoklatan, merah dan ungu
10. Bahan baku pembuatan makanan
tambahan yang berupa es krim
Pedoman Penilaian:
b.
Kriteria
Pensekoran:
o Setiap butir soal
memiliki rentang skor 1
o Total skor apabila
semua jawaban benar adalah 10
c.
Ketrampilan
Ø
Teknik
Penilaian : Tes Kinerja
Ø
Bentuk
Instrumen : Lembar
Penilaian
Ø Kisi-kisi
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Deskriptor
|
A
|
Proses
|
1.
Ide gagasan
|
Ide gagasan
rancangan tertulis
|
2.
Kreativitas
|
Mencari solusi ketika
menemui kendala
|
||
3.
Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
|
Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
|
||
B
|
Produk
|
1.
Uji karya/rasa
|
Rasa produk
|
2.
Kemasan/penyajian
|
Bentuk kemasan
|
||
3.
Kreativitas bentuk laporan
|
Kreatifitas penyusunan laporan
|
||
4.
Presentasi/penampilan
|
Penampilan produk
|
||
C
|
Sikap
|
1.
Mandiri
|
Mandiri
|
2.
Disiplin
|
Disiplin
|
||
3.
Tanggung jawab
|
Tanggung jawab
|
ü Instrument tes kinerja
A. Soal:
1.
Buatlah rancangan
pembuatan pangan umbi dari singkong untuk dibuat gejos berdasarkan
inovasimu!
2.
Lakukan proses
pengolahan pangan umbi dari singkong untuk dibuat gejos dengan inovasi!
3.
Sajikanlah pengolahan pangan umbi dari singkong untuk dibuat gejos dengan inovasi!
4. Buatlah laporan setelah praktik pengolahan pangan umbi dari singkong!
B . Ketentuan Praktik:
- Bahan:
a. Bahan
berupa ubi kayu /
singkong yang berasal dari lingkungan daerah tempat tinggal
b. Semua
peralatan disediakan sendiri
- Waktu pengerjaan : 80 menit
- Aspek yang dinilai :
a. Uji
karya/ rasa
b. Kemasan/
penyajian
c. Kreatifitas
bentuk laporan
d. Presentasi/
penampilan
e. Kemandirian
f. Disiplin
g. Tanggung
jawab
- Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.
C.
Lembar pengamatan praktik
Mata pelajaran : Prakarya ( Pengolahan )
Materi pokok : Pengolahan pangan serealia dan
umbi menjadi makanan
Nama : ……
Kelas/ semester : ……
Tahun pelajaran : ……
No
|
Aspek
kinerja yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
Perolehan
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
A
|
Proses
|
||||||
1
|
Ide
gagasan
|
20
|
|||||
2
|
Kreaktivitas
|
15
|
|||||
3
|
Kesesuaian
materi, teknik, dan prosedur
|
15
|
|||||
B
|
Produk
|
||||||
1
|
Uji
karya
|
10
|
|||||
2
|
Kemasan
|
5
|
|||||
3
|
Kreaktivitas
bentuk laporan
|
10
|
|||||
4
|
Presentasi
|
10
|
|||||
C
|
Sikap
|
||||||
1
|
Mandiri
|
5
|
|||||
2
|
Displin
|
5
|
|||||
3
|
Tanggung
jawab
|
5
|
|||||
Total
|
100
|
Keterangan :
1.
Bobot
ditentukan guru dengan pertimbangan tingkat kesulitan ( Total bobot = 100 )
2.
Skor
akhir peserta didik menggunakan rumus :
Skor
Akhir = Total Perolehan
Total bobot
F.
Media / alat,
bahan dan sumber belajar
1. Media :
ü
Video
/ chart / gambar – gambar tentang pembuatan pengolahan pangan serealia dan umbi
menjadi makanan
2. Alat dan bahan :
3. Lembar kerja siswa
4. Hand out materi ajar : kumpulan
resep yang bahan dasar dari singkong
5. File berisi materi ajar dari
internet yang relevan terkait dengan proses pengolahan pangan umbi dari
singkong
6. Contoh produk makanan dari
singkong yaitu gejos, lempeng singkong, tiwul, dsb.
7. Bahan dan alat praktik :
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Satuan
|
A
|
Bahan
|
||
1
|
Kelapa parutan
|
1
|
Butir
|
2
|
Singkong
|
½
|
Kg
|
3
|
Gula jawa
|
¼
|
Kg
|
B
|
Alat
|
||
1
|
Parutan
|
1
|
Satuan
|
2
|
Baskom plastic
|
1
|
Satuan
|
3
|
Wajan
|
1
|
Satuan
|
4
|
Kompor gas
|
1
|
Satuan
|
5
|
Piring
|
1
|
Satuan
|
6
|
Mika plastik
|
1
|
Satuan
|
8. Sumber belajar :
o Kemendikbud.2014. Prakarya SMP /
MTS Kelas VIII. Kemendikbud RI. Jakarta ( hal: 129 )
o Kemendikbud.2014. Buku Guru
Prakarya SMP / MTS Kelas VIII. Kemendikbud RI. Jakarta ( hal: 334 )
o Beragam cita rasa makanan dari
singkong : ( www.youtube.com diambil
pada tanggal 12 Januari 2015 )
o Nara sumber : Penjual makanan
Gejos di Desa Janegara
Jatibarang, Januari
2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Prakarya
H. Hasan, M.Pd Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP.
–
itulah Downlod RPP Prakarya Kelas 8 SMP Semester 2 Bab Pengolahan Sub Bab Pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi Makanan Kurtilas semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.