Sunday, March 12, 2017

RPP Prakarya Kelas 9 Semester 2 Bab Pengolahan Bahan Pangan Ikan dan Daging Kurtilas Terbaru



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 3.1 dan 4.1
Satuan Pendidikan              : SMP Pancasila
Mata Pelajaran                     : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester                   : IX/ 2
Materi Pokok                        :Pengolahan Bahan Pangan Ikan dan Daging
Alokasi Waktu                     : 4 Pertemuan (8 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C. Indikator
1.1.   Mengenali dan menjelaskan produk-produk pengolahan daging merah di daerah setempat.
1.2.   Menjaga kelestarian produk-produk pengolahan daging merah di daerah setempat
1.3.   Mendefinisikan pentingnya sikap rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat.
1.4.   Melaksanakan sikap rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat
1.5.   Menghayati pentingnya perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
1.6.   Mempraktekkan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
1.7.   Mendefinisikan pentingnya bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir
1.8.   Mempraktekkan sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir
1.9.   Menyebutkan jenis-jenis daging merah minimal 3
1.10.                    Menyebutkan ciri-ciri daging merah
1.11.                    Menyebutkan metode pengolahan siap saji dari bahan daging yang tepat
1.12.                    Mengidentifikasi kebutuhan pembuatan olahan pangan dari bahan daging putih
1.13.                    Mengidentifikasi kebutuhan pembuatan olahan pangan dari bahan daging merah
1.14.                    Menentukan bahan untuk membuat olahan dari daging
1.15.                    Menentukan alat untuk membuat olahan dari daging
1.16.                    Menentukan proses pembuatan olahan makanan dari daging

D. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan 1
1.      Pengertian bahan pangan daging merah.
2.      Jenis bahan pangan daging merah di daerah setempat.
3.      Ciri-ciri bahan dan daging merah.
Pertemuan 2
1.      Manfaat/ kandungan gizi bahan pangan daging merah di daerah setempat.
2.      Teknik pengolahan bahan pangan daging merah.
Pertemuan 3
·         Rancangan pembuatan olahan bahan pangan daging merah (Daging sapi )
·         Alat-alat untuk pengolahanbahan pangan daging merah (Daging sapi )
·         Bahan panganpengolahanbahan pangan daging merah (Daging sapi )
·         Langkah-langkah pengolahan pengolahan bahan daging merah (Daging sapi )
Pertemuan 4:
·         Praktikpengolahanpengolahanbahan pangan daging merah (Daging sapi )
·         Penyajian dan pengemasan.
Pertemuan 5
·         Presentasi hasil praktik
Materi Pembelajaran Pengayaan
Menguraikan tentang tahapan kegiatan pembuatan olahan daging
Materi Pembelajaran Pengayaan
Menyusun tahap pengolahan Daging berdasarkan gambar

C.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
1.      Pendahuluan (10 menit)
a.         Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.        Motivasi
Guru menunjukkan gambar beberapa contoh hasil olahan pangan dari daging merah
c.         Apersepsi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi pengolahan daging merah untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik, contoh: Anak-anak, apakah  lauk yang kamu sukai ?
d.        Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari bahan daging untuk pertemuan pertama.

2.    Inti (50 menit)

Mengamati
Peserta didik dipandu oleh guru mengamati gambar beberapa contoh jenis daging merah (sapi, kambing, kerbau dan babi) .

Menanya
Peserta didik dipandu oleh guru menemukan pertanyaan, misalnya:Bagaimanakah cara membedakan jenis-jenis  daging merah?, Bagaimanakah cara memilih daging merah yang baik ?

         
3.    Penutup (20 menit)
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging yang baik
b.      Guru melakukan refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.       Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2

1.    Pendahuluan (10 menit)
a.       Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.      Motivasi
c.       Guru menunjukkan gambar  penjual sate.
d.    Apersepsi
·      Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi pengolahan daging  untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik, contoh: Anak-anak, dari gambar yang ditayangkan , manakah jenis makanan yang kamu sukai ?
·      Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari daging untuk pertemuan kedua.

2.        Inti (50 menit)

           
Mengumpulkan Informasi
Peserta didik berkelompok membaca buku siswa dan hand out materi ajar tentang jenis-jenis daging yang ada  di daerah sekitar.
Peserta didik berkelompok, menerima Lembar kerja 1 (LK-1) pada buku siswa) dilanjutkan berdiskusi kelompok dengan antusias dan santun tentang ciri-ciri berbagai macam daging

Mengasosiaikan
Peserta didik menuliskan tentang jenis, ciri ciri daging yang baik


3.        Penutup (20 menit)
a.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging yang baik
b.      Guru melakukan refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.       Peserta didik menerima tugas individu untuk membawa satu jenis olahan berbahan dasar daging merah.
d.      Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3

1.        Pendahuluan (10 menit)
a.       Berdoa dan mengecek kehadiran
b.      Apersepsi : Guru mengecek tugas siswa yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran .
d.      Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang metode pengolahan daging

2.        Inti (50 menit)

            Mengomunikasikan
·         Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang: metode pengolahan daging.
·         Peserta didik dipandu guru menyimpulkan hasil diskusi tentang metode pengolahan daging.

3.    Penutup (20 menit)
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru melakukan refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.       Peserta didik menerima tugas kelompok untuk mencari resep makanan berbahan dasar daging merah.
d.     Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4

1.    Pendahuluan (10 menit)
a.       Berdoa dan mengecek kehadiran
b.      Motivasi: Melalui cuplikan tayangan dengan media LCD/ CD tentang pengolahan opor ayam.
c.       Apersepsi:
      Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok untuk mencari beberapa resep makanan berbahan dasari ikan dan daging yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
e.       Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang cara merancang pembuatan makanan dari bahan dasar daging

2.      Inti (50 menit)


Mencipta:
·         melakukan proses pengolahan makanan berbahan dasar daging merah dengan inovasi berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja
·         melakukan penyajian makanan dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
·         membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja
·         Peserta didik melakukan evaluasi hasil praktik produk makanan dengan inovasi.


3.      Penutup (20 menit)
a.   Peserta didik bersama guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.   Guru melakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran (post tes).
c.  Peserta didik menerima tugas untuk mempersiapkan semua bahan dan alat untuk mengolah makanan berbahan dasar ikan dan daging dengan inovasi sesuai deskripsi pembagian tugas kelompok yang telah disepakati serta mengingatkan agar semua peserta didik melaksanakan tugasnya dengan baik.
d.  Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya yakni praktik mengolah makanan.

F. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

1.      Teknik penilaian
a.      Sikap                    : Observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman
b.      Pengetahuan         : observasi, tes lisan, tes tertulis, penugasan
c.      Keterampilan        : unjuk kerja, projek, dan produk

2.      Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama
·           Instrumen Penilaian Sikap                : observasi
·           Instrumen Penilaian Pengetahuan     : tes lisan
b.      Pertemuan Kedua
·           Instrumen Penilaian Sikap                : observasi dan penilaian diri
·           Instrumen Penilaian Pengetahuan     : tes tertulis
·           Instrumen Penilaian Keterampilan    : unjuk kerja
c.       Pertemuan Ketiga
·           Instrumen Penilaian Sikap                : antar teman dan observasi
·           Instrumen Penilaian Pengetahuan     : tes tertulis
·           Instrumen Penilaian Keterampilan    : unjuk kerja

d.      Pertemuan Keempat
·           Teknik Penilaian Sikap                      : observasi dan antar teman
·           Teknik Penilaian Pengetahuan          : tes lisan
·           Teknik Penilaian Keterampilan         : produk
 ( Instrumen terlampir )

3.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Remidial    : Guru memberikan gambar jenis daging merah untuk disebutkan jenis dan ciri-cirinya oleh peserta didik
Pengayaan  : Peserta didik diminta mencari informasi dari berbagai media tentang berbagai  jenis daging merah khas Indonesia

G. Media/alat, Bahan, dan sumber Belajar

a.       Media/alat      : LCD, gambar

b.      Bahan             :
·      Lembar Kerja Siswa
·      Hand out materi ajar : Beragam olahan pangan berbahan dasar daging merah
·      Contoh produk makanan berbahan dasar daging merah
·      Bahan dan alat praktik
Bahan :
o   daging
o   Bumbu dapur
Alat praktik :
o   Kompor
o   Panci / wajan
o   Pisau dan talenan
o   Baskom



c.       Sumber Belajar
a.      Buku siswa : Kementrian Pendidikan Nasional (2014).Prakarya SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Dikbud
b.      Buku Guru : Kementrian Pendidikan Nasional (2014).Prakarya SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Dikbud
c.      Situs internet
d.     Lingkungan Sekitar : jenis olahan berbahan dasar daging merah



                                                                             Jatibarang,  Januari  2017
Mengetahui                                                                                        
Kepala  Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran




H. Hasan  , M.Pd                                                                     Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP.                                                                                         NIP.   -

D.    Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.        Sikap Spiritual dan Sosial
a.      Teknik                        : observasi
b.      Bentuk instrumen    : lembar observasi
c.       Kisi-kisi

NO
ASPEK
INDIKATOR
BUTIR PENILAIAN
A
SPIRITUAL
1. Mengenali dan menjelaskan produk-produk pengolahan daging merah di daerah setempat.
·      Mengucapkan syukur kepada Tuhan

2.     Menjaga kelestarian anugerah Tuhan atas  keberagaman produk olahan daging merah di daerah setempat
·  Menyenangi produk olahan bahan pangan daging di daerah setempat

B
SOSIAL
1. Antusias dalam mencari informasi tentang keberagaman produk olahan daerah setempat
·   Semangat dalam berdiskusi dengan teman
2.Menyatakan perbedaan pendapat secara  sopan saat berdiskusi dalam kelompok.
·  Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman

d.   Instrumen      : Terlampir (Lampiran 1)

2.  Pengetahuan
a. Teknik Penilaian       : Tes tertulis
b. Bentuk instrumen     :  Tes uraian
c. Kisi-kisi
No
Materi
Indikator
Nomor soal
Jumlah soal
1.
Pengertian
Menjelaskan  pengertian pengolahan daging

1
1
2.

Menjelaskan pengertian daging merah
2
1
3.
Jenis
Mengidentifikasi jenis daging merah

3,5
2
4.
Manfaat/ Kandungan
Bahan
Mendeskripsikan manfaat daging merah
4,6
2
5.
Teknik
Pengolahan

Mengidentifikasi macam teknik pengolahan bahan daging merah
7, 8
2
6.
Proses Pengolahan
Mengidentifikasi rasa dasar pada makanan berbahan daging merah
9
1
8.

Mengidentifikasi kegiatan tahap akhir pada
 pengolahan makanan berbahan daging merah
10
1
Jumlah
10
d.Instrumen  : Terlampir (Lampiran 2)

3.      Keterampilan
a.  Teknik Penilaian    : Tes Kinerja
b. Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi
No
Aspek
Indikator
Deskriptor
A
Proses
1.        Ide gagasan
 Ide gagasan rancangan tertulis
2.        Kreativitas
Mencari solusi ketika  menemui kendala
3.        Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
B
Produk
1.        Uji karya/rasa
Rasa produk
2.        Kemasan/penyajian
Bentuk kemasan
3.        Kreativitas bentuk laporan
Kreatifitas penyusunan laporan
4.        Presentasi/penampilan
Penampilan produk
C
Sikap

1.        Mandiri
Mandiri
2.        Disiplin
Disiplin
3.         

4.        Tanggung jawab
Tanggung jawab

d.Instrumen    :Terlampir (Lampiran3)


E.     Media /alat,Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media                :
·         LCD/ CD/ Chart gambar jenis daging merah
2.      Alat dan bahan :
a.      Lembar Kerja Siswa (terdapat di Buku Siswa)
b.       Hand out materi ajar : Beragam olahan daging merah.File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait dengan proses pembuatan
c.       Video tentang proses pembuatan aneka olahan daging merah.
d.     Contoh produk daging merah
e.      Bahan dan alat praktik
No
Jenis
Jumlah
Satuan
A
Bahan


1
Daging Sapi
1
Kg
2
Kecap
5
Sendok
3
Bawang putih
10
Butir
4
Kemiri
2
Butir
5
Garam
1
Secukupnya
B
Alat


1
Pisau
1
Buah
2
Baskom
1
Buah
3
Telenan
1
Buah
4
Sendok makan
1
Buah

3.      Sumber Belajar
1.      Suci Paresti, dkk.2013. Prakarya SMP/ MTs Kelas IX. Kemdikbud RI .Jakarta (hal: 149-192)
2.      Materi yang relevan dari internet :
·         Beragam pengolahan
3.      Narasumber, ortu/ibu.

Mengetahui
Kepala SMP
Jatibarang,     januari 2017
Guru Mata Pelajaran Prakarya








H. Hasan, M.Pd
NIP.

Amalia Ratnasari,  S.Pd
NIP.    -




LAMPIRAN 1

Pedoman PenilaianSikap Spiritual dan Sosial
1.      Petunjuk
Lembar Penilaian di bawah ini disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan mengisi lembar observasi ini pada saat proses pembelajaran berlangsung.

2.      Contoh Lembar Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial

Mata Pelajaran                      : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester                   : IX (Sembilan)/ 1(satu)
Materi Pokok                                    : Pengolahan bahan pangan daging merah
Tanggal Pelaksanaan          :....

No.
Nama Siswa
Butir penilaian
Spiritual
Sosial
Jml Skor
Nilai akhir (NA) atau   Skor rerata
Ucapan Syukur
Menyenangi  produkolahan  makanan daging merah

Menerima kesepakatan
Menggunakan bahasa santun


1
2

1
2



1









2









3









4









5









Dst










  • Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  Skor kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

  • Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali    (A)       : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                (B)       : apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup            (C)       : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang           (D)       : apabila memperoleh skor  1 - 4
·         Nilai Akhir = Jumlah Skor
                        Jumlah butir aspek yang dinilai
LAMPIRAN 2:  Contoh Instrumen tes uraian:
·         Soal Uraian:
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertian pengolahan daging merah!
2.      Jelaskan daging merah!
3.      Sebutkan 4 jenis daging merah!
4.      Sebutkan 2 contoh olahan bahan daging merah !
5.      Sebutkan 4 manfaat daging merah!
6.      Sebutkan 4 ciri khas daging kerbau!
7.      Sebutkan 3 macam teknik pengolahan bahan daging merah!
8.      Jelaskan yang dimaksud mengolah daging merah dengan teknik merebus (Boiling)!
9.      Sebutkan 2 rasa dasar pada makanan berbahan daging merah!
10.  Sebutkan 2 kegiatan tahap akhir pada proses kegiatan produk olahan pangan!

·         Kunci jawaban
1.      Membuat bahan dasar daging merah menjadi produk jadi atau produk setengah jadi
2.      Daging merah adalah daging pada hewan ternak berkaki empat yang cenderung berwarna merah segar atau pucat
3.      Daging sapi, kambing, kerbau, dan babi
4.      Dendeng sapi, bakso daging sapi, sop kambing, dan lain-lain
5.      Manfaat Daging
§  Kaya vitamin B dan mineral
§  Kandungan 9 asam amino esensial
§  Zat besi haeme
§  Daging kaya vitamin B dan D
§  Terkandung juga seng (Ze) dan selenium
  1. Ciri daging kerbau adalah berwarna merah
agak gelap, memiliki tekstur serat yang lebih kasar dibandingkan dengan daging sapi. Kandungan lemak daging kerbau relatif
rendah daripada daging sapi.
  1. Metode pengolahan :
a. merebus
b.mengukus
c.menghaluskan
d.memanggang
e.membakar
8.      Melunakan atau mematangkan bahan makanan berbahan daging merah dalam cairan yang sedang mendidih (100oC) dengan kematangan bahan makanan tidak boleh terlalu lunak agar vitaminnya tidak hilang.
9.   Manis, dan gurih.
10. Menyajikan dan pengemasan.


·         Pedoman Penilaian:
A.    Kriteria Pensekoran:
1.      Setiap butir soal memiliki rentang skor 1-10
2.      Total skor apabila semua jawaban benar adalah 100
B.     Kriterian Penilaian:
a.      Perolehan Skor 0-45       ; nilai = 1
b.      Perolehan Skor 56-60     ; nilai = 2
c.       Perolehan Skor 71-75     ; nilai = 3
d.     Perolehan Skor 86-100   ; nilai = 4
LAMPIRAN 3.Contoh Instrumen Tes Kinerja:

·         A. Soal:         
1.      Buatlah rancangan pembuatan olahan  daging merah menjadi aneka makanan berdasarkan inovasimu!
2.      Lakukan proses pengolahan daging merah aneka makanan dengan inovasi!
3.      Sajikanlah olahan daging merah dengan inovasi!
4.      Buatlah laporan setelah praktik pengolahan daging merah menjadi aneka makanan dengan inovasi!

  • B . Ketentuan Praktik:
  1. Bahan:
a.      Bahan berupa daging sapi
b.      Semua peralatan disediakan sendiri
  1. Waktu pengerjaan : 80 menit
  2. Aspek yang dinilai :
a.      Uji karya/ rasa
b.      Kemasan/ penyajian
c.       Kreatifitas bentuk laporan
d.     Presentasi/ penampilan
e.      Kemandirian
f.        Disiplin
g.      Tanggung jawab
  1. Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.


LAMPIRAN 3 .

Contoh Lembar Penilaian Kinerja

Mata Pelajaran           : Prakarya (Pengolahan)
Nama Proyek              : Pengolahan bahan daging merah menjadi makanan.      
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit
Kelas/Semester         : IX  / 2
Tahun Pelajaran        : 2015/2016


Keterangan:  Kriteria penilaian:

  1. Pedoman pensekoran:
  • Skor terentang antara 1-4
Skor 1 , kategori Kurang
Skor 2, kategori Cukup
Skor 3, kategori Baik    
Skor 4, Kategori Sangat baik
  1. Pedoman penilaian:
Nilai Akhir 1 (NA 1) : Jumlah skor proses x 50%
Nilai Akhir 2 (NA 2)  : Jumlah skor produk x 35%
Nilai Akhir 3 (NA 3) : Jumlah skor sikap x 15%


Nilai Akhir = NA 1+NA 2+NA3


  1. Konversi nilai:
Nilai 0   -  1, huruf D
Nilai 1,1 - 2, huruf C
Nilai 2,1 - 3, huruf B
Nilai 3,1  - 4, huruf A
itulah postingan RPP Prakarya Kelas 9 Semester 2 Bab Pengolahan Bahan Pangan Ikan dan Daging Kurtilas Terbaru semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.