RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 3.1 dan 4.1
Satuan Pendidikan : SMP Pancasila
Mata Pelajaran : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester : IX/ 2
Materi Pokok :Pengolahan Bahan Pangan Ikan dan Daging
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (8 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. Indikator
1.1.
Mengenali dan menjelaskan produk-produk pengolahan daging
merah di daerah setempat.
1.2.
Menjaga kelestarian produk-produk pengolahan daging merah
di daerah setempat
1.3.
Mendefinisikan pentingnya sikap rasa ingin
tahu dan sikap
santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
produk pengolahan daerah
setempat.
1.4.
Melaksanakan sikap rasa
ingin tahu
dan sikap santun
dalam menggali informasi tentang keberagaman
produk pengolahan daerah
setempat
1.5.
Menghayati pentingnya perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
1.6.
Mempraktekkan perilaku jujur, percaya
diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
1.7.
Mendefinisikan pentingnya bekerjasama, gotong
royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan
bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki
estetika produk akhir
1.8.
Mempraktekkan sikap bekerjasama, gotong
royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan
bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki
estetika produk akhir
1.9.
Menyebutkan
jenis-jenis daging merah minimal 3
1.10.
Menyebutkan
ciri-ciri daging merah
1.11.
Menyebutkan
metode pengolahan siap saji dari bahan daging yang tepat
1.12.
Mengidentifikasi
kebutuhan pembuatan olahan pangan dari bahan daging putih
1.13.
Mengidentifikasi
kebutuhan pembuatan olahan pangan dari bahan daging merah
1.14.
Menentukan bahan untuk membuat olahan dari daging
1.15.
Menentukan alat untuk membuat olahan dari daging
1.16.
Menentukan
proses pembuatan olahan makanan dari daging
D. Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan
1
1.
Pengertian bahan
pangan daging merah.
2.
Jenis bahan
pangan daging merah di
daerah setempat.
3.
Ciri-ciri
bahan dan daging merah.
Pertemuan
2
1.
Manfaat/ kandungan gizi bahan pangan daging merah di daerah setempat.
2.
Teknik pengolahan bahan
pangan daging merah.
Pertemuan
3
·
Rancangan pembuatan olahan
bahan pangan daging merah
(Daging sapi )
·
Alat-alat untuk pengolahanbahan
pangan daging merah (Daging
sapi )
·
Bahan
panganpengolahanbahan pangan daging merah
(Daging sapi )
·
Langkah-langkah pengolahan pengolahan bahan
daging merah (Daging
sapi )
Pertemuan 4:
·
Praktikpengolahanpengolahanbahan
pangan daging merah (Daging
sapi )
·
Penyajian
dan pengemasan.
Pertemuan 5
·
Presentasi
hasil praktik
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menguraikan tentang tahapan kegiatan pembuatan olahan daging
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menyusun tahap pengolahan Daging berdasarkan gambar
C.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Pendahuluan (10 menit)
a.
Berdoa dan mengecek
kehadiran peserta didik.
b.
Motivasi
Guru menunjukkan gambar beberapa contoh hasil
olahan pangan dari daging merah
c.
Apersepsi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan
materi pengolahan daging merah untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik,
contoh: “ Anak-anak, apakah
lauk yang kamu sukai ?
d.
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari bahan daging untuk
pertemuan pertama.
2.
Inti (50 menit)
Mengamati
Peserta
didik dipandu oleh guru mengamati gambar beberapa contoh jenis daging merah (sapi, kambing, kerbau dan babi)
.
Menanya
Peserta
didik dipandu oleh guru menemukan pertanyaan, misalnya:”Bagaimanakah cara membedakan jenis-jenis daging merah?, Bagaimanakah cara memilih daging
merah yang baik ?”
3.
Penutup (20 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging yang baik
b.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang
berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan 2
1.
Pendahuluan (10
menit)
a. Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b. Motivasi
c. Guru
menunjukkan gambar penjual sate.
d. Apersepsi
·
Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan
materi pengolahan daging untuk
mengetahui pengetahuan awal peserta didik, contoh: “ Anak-anak, dari gambar yang ditayangkan , manakah jenis
makanan yang kamu sukai ?
·
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang pengolahan makanan dari daging untuk
pertemuan kedua.
2.
Inti (50 menit)
Mengumpulkan Informasi
Peserta didik
berkelompok membaca buku siswa dan hand out materi ajar tentang
jenis-jenis daging yang ada di daerah sekitar.
Peserta didik berkelompok, menerima Lembar kerja 1 (LK-1)
pada buku siswa) dilanjutkan berdiskusi kelompok dengan antusias dan santun
tentang ciri-ciri berbagai macam daging
Mengasosiaikan
Peserta didik
menuliskan tentang jenis, ciri –ciri daging yang baik
3.
Penutup (20 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan tentang jenis dan ciri-ciri daging yang baik
b.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang
berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.
Peserta didik menerima
tugas individu untuk membawa satu jenis olahan berbahan dasar daging merah.
d.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan
3
1.
Pendahuluan (10
menit)
a.
Berdoa dan mengecek
kehadiran
b.
Apersepsi : Guru mengecek tugas siswa yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
c.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran .
d.
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang metode pengolahan daging
2.
Inti (50 menit)
Mengomunikasikan
·
Wakil setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi tentang: metode pengolahan daging.
·
Peserta didik dipandu
guru menyimpulkan hasil diskusi tentang metode pengolahan daging.
3.
Penutup (20 menit)
a.
Peserta didik bersama
guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.
Guru melakukan
refleksi dengan memberikan beberapa pertanyaan (post test) yang
berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran.
c.
Peserta didik
menerima tugas kelompok untuk mencari resep makanan berbahan dasar daging merah.
d.
Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan 4
1.
Pendahuluan (10
menit)
a.
Berdoa dan mengecek
kehadiran
b.
Motivasi: Melalui cuplikan tayangan dengan
media LCD/ CD tentang pengolahan opor ayam.
c.
Apersepsi:
Guru menanyakan apakah peserta didik
mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok untuk mencari beberapa
resep makanan berbahan dasari ikan dan daging yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya.
d.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
e.
Guru menjelaskan
cakupan materi pembelajaran tentang cara merancang pembuatan makanan dari bahan
dasar daging
2.
Inti (50 menit)
Mencipta:
·
melakukan proses
pengolahan makanan berbahan dasar daging merah dengan inovasi berdasarkan
deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja
·
melakukan penyajian
makanan dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
·
membersihkan
peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja
·
Peserta didik
melakukan evaluasi hasil praktik produk makanan dengan inovasi.
3.
Penutup (20 menit)
a. Peserta didik
bersama guru menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b. Guru melakukan
refleksi dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi dan proses
pembelajaran (post tes).
c. Peserta didik menerima tugas untuk mempersiapkan semua
bahan dan alat untuk mengolah makanan berbahan dasar ikan dan daging dengan
inovasi sesuai deskripsi pembagian tugas kelompok yang telah disepakati serta
mengingatkan agar semua peserta didik melaksanakan tugasnya dengan baik.
d. Peserta didik
menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya yakni praktik mengolah makanan.
F. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
a.
Sikap :
Observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman
b.
Pengetahuan :
observasi, tes lisan, tes tertulis, penugasan
c.
Keterampilan :
unjuk kerja, projek, dan produk
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama
·
Instrumen Penilaian Sikap : observasi
·
Instrumen Penilaian Pengetahuan : tes lisan
b.
Pertemuan Kedua
·
Instrumen Penilaian Sikap : observasi dan penilaian diri
·
Instrumen Penilaian Pengetahuan : tes tertulis
·
Instrumen Penilaian Keterampilan : unjuk kerja
c.
Pertemuan Ketiga
·
Instrumen Penilaian Sikap :
antar teman dan observasi
·
Instrumen Penilaian Pengetahuan : tes tertulis
·
Instrumen Penilaian Keterampilan : unjuk kerja
d.
Pertemuan Keempat
·
Teknik Penilaian Sikap : observasi dan antar
teman
·
Teknik Penilaian Pengetahuan : tes lisan
·
Teknik Penilaian Keterampilan : produk
( Instrumen
terlampir )
3.
Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Remidial :
Guru memberikan gambar jenis daging merah untuk disebutkan jenis dan
ciri-cirinya oleh peserta didik
Pengayaan :
Peserta didik diminta mencari informasi dari berbagai media tentang
berbagai jenis daging merah khas
Indonesia
G. Media/alat, Bahan, dan sumber Belajar
a.
Media/alat : LCD, gambar
b.
Bahan :
·
Lembar Kerja Siswa
·
Hand out materi ajar : Beragam olahan pangan berbahan dasar daging
merah
·
Contoh produk makanan
berbahan dasar daging merah
·
Bahan dan alat
praktik
Bahan :
o
daging
o
Bumbu dapur
Alat praktik :
o
Kompor
o
Panci / wajan
o
Pisau dan talenan
o
Baskom
c.
Sumber Belajar
a.
Buku siswa : Kementrian Pendidikan Nasional
(2014).Prakarya SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Dikbud
b.
Buku Guru : Kementrian Pendidikan
Nasional (2014).Prakarya SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Dikbud
c.
Situs internet
d.
Lingkungan Sekitar :
jenis olahan berbahan dasar daging merah
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
H. Hasan , M.Pd Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP. -
D.
Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Sikap Spiritual
dan Sosial
a.
Teknik :
observasi
b.
Bentuk instrumen :
lembar observasi
c.
Kisi-kisi
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
BUTIR PENILAIAN
|
A
|
SPIRITUAL
|
1. Mengenali dan menjelaskan
produk-produk pengolahan daging merah di daerah setempat.
|
·
Mengucapkan syukur
kepada Tuhan
|
2.
Menjaga kelestarian anugerah
Tuhan atas keberagaman
produk olahan daging merah di daerah setempat
|
·
Menyenangi produk olahan
bahan pangan daging di daerah setempat
|
||
B
|
SOSIAL
|
1. Antusias dalam mencari informasi tentang
keberagaman produk olahan daerah setempat
|
·
Semangat dalam
berdiskusi dengan teman
|
2.Menyatakan perbedaan pendapat
secara sopan saat
berdiskusi dalam kelompok.
|
· Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
d.
Instrumen :
Terlampir (Lampiran 1)
2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk instrumen :
Tes uraian
c. Kisi-kisi
No
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor soal
|
Jumlah soal
|
1.
|
Pengertian
|
Menjelaskan pengertian pengolahan
daging
|
1
|
1
|
2.
|
Menjelaskan
pengertian daging merah
|
2
|
1
|
|
3.
|
Jenis
|
Mengidentifikasi
jenis daging merah
|
3,5
|
2
|
4.
|
Manfaat/ Kandungan
Bahan
|
Mendeskripsikan
manfaat
daging merah
|
4,6
|
2
|
5.
|
Teknik
Pengolahan
|
Mengidentifikasi macam teknik pengolahan bahan daging merah
|
7, 8
|
2
|
6.
|
Proses
Pengolahan
|
Mengidentifikasi rasa
dasar pada makanan berbahan daging merah
|
9
|
1
|
8.
|
Mengidentifikasi
kegiatan tahap akhir pada
pengolahan makanan berbahan daging merah
|
10
|
1
|
|
Jumlah
|
10
|
d.Instrumen : Terlampir (Lampiran 2)
3.
Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes Kinerja
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Deskriptor
|
A
|
Proses
|
1.
Ide gagasan
|
Ide gagasan rancangan tertulis
|
2.
Kreativitas
|
Mencari solusi
ketika menemui kendala
|
||
3.
Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
|
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
|
||
B
|
Produk
|
1.
Uji karya/rasa
|
Rasa produk
|
2.
Kemasan/penyajian
|
Bentuk kemasan
|
||
3.
Kreativitas bentuk laporan
|
Kreatifitas
penyusunan laporan
|
||
4.
Presentasi/penampilan
|
Penampilan produk
|
||
C
|
Sikap
|
1.
Mandiri
|
Mandiri
|
2.
Disiplin
|
Disiplin
|
||
3.
|
|||
4.
Tanggung jawab
|
Tanggung jawab
|
d.Instrumen :Terlampir (Lampiran3)
E.
Media
/alat,Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media :
·
LCD/ CD/ Chart
gambar jenis daging
merah
2.
Alat dan bahan :
a.
Lembar Kerja Siswa (terdapat di Buku Siswa)
b.
Hand
out materi ajar : Beragam olahan daging merah.File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait
dengan proses pembuatan
c.
Video tentang proses pembuatan aneka olahan daging merah.
d.
Contoh produk daging merah
e.
Bahan dan alat praktik
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Satuan
|
A
|
Bahan
|
||
1
|
Daging Sapi
|
1
|
Kg
|
2
|
Kecap
|
5
|
Sendok
|
3
|
Bawang putih
|
10
|
Butir
|
4
|
Kemiri
|
2
|
Butir
|
5
|
Garam
|
1
|
Secukupnya
|
B
|
Alat
|
||
1
|
Pisau
|
1
|
Buah
|
2
|
Baskom
|
1
|
Buah
|
3
|
Telenan
|
1
|
Buah
|
4
|
Sendok makan
|
1
|
Buah
|
3.
Sumber
Belajar
1.
Suci Paresti, dkk.2013. Prakarya SMP/ MTs Kelas IX. Kemdikbud RI .Jakarta (hal: 149-192)
2.
Materi yang relevan dari internet :
·
Beragam pengolahan
3.
Narasumber,
ortu/ibu.
Mengetahui
Kepala SMP
|
Jatibarang, januari 2017
Guru Mata Pelajaran Prakarya
|
H. Hasan, M.Pd
NIP.
|
Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
LAMPIRAN 1
Pedoman PenilaianSikap
Spiritual
dan Sosial
1.
Petunjuk
Lembar Penilaian
di bawah ini disusun
berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas
peserta didik yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan mengisi lembar observasi ini pada saat proses
pembelajaran berlangsung.
2.
Contoh Lembar Observasi
Penilaian Spiritual
dan Sosial
Mata Pelajaran : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 1(satu)
Materi Pokok : Pengolahan bahan pangan daging merah
Tanggal Pelaksanaan :....
No.
|
Nama Siswa
|
Butir penilaian
|
|||||||
Spiritual
|
Sosial
|
Jml Skor
|
Nilai akhir (NA) atau
Skor rerata
|
||||||
Ucapan Syukur
|
Menyenangi produkolahan makanan daging merah
|
Menerima kesepakatan
|
Menggunakan bahasa
santun
|
||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
||||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
Dst
|
- Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan Skor kadang-kadang
tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
- Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali (A) : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik (B) : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup (C) : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang (D) : apabila memperoleh skor 1 - 4
·
Nilai
Akhir = Jumlah Skor
Jumlah butir aspek yang
dinilai
LAMPIRAN
2: Contoh
Instrumen tes uraian:
·
Soal
Uraian:
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat
dan jelas!
1.
Jelaskan pengertian pengolahan daging merah!
2.
Jelaskan
daging merah!
3.
Sebutkan 4 jenis daging merah!
4.
Sebutkan 2 contoh
olahan bahan daging merah
!
5.
Sebutkan
4 manfaat daging merah!
6.
Sebutkan
4 ciri khas daging kerbau!
7.
Sebutkan 3 macam teknik
pengolahan bahan daging
merah!
8.
Jelaskan
yang dimaksud mengolah daging merah dengan
teknik merebus (Boiling)!
9.
Sebutkan 2
rasa dasar pada makanan berbahan daging merah!
10. Sebutkan 2 kegiatan tahap akhir pada
proses kegiatan produk olahan pangan!
·
Kunci
jawaban
1.
Membuat bahan
dasar daging merah menjadi produk jadi atau produk setengah
jadi
2.
Daging merah adalah daging pada hewan ternak berkaki
empat yang cenderung berwarna merah segar atau pucat
3.
Daging sapi, kambing, kerbau, dan babi
4.
Dendeng sapi, bakso daging sapi, sop kambing, dan
lain-lain
5.
Manfaat Daging
§
Kaya vitamin B dan mineral
§
Kandungan 9 asam amino esensial
§
Zat besi haeme
§
Daging kaya vitamin B dan D
§ Terkandung
juga seng (Ze) dan selenium
- Ciri daging kerbau adalah berwarna merah
agak gelap, memiliki
tekstur serat yang lebih kasar dibandingkan dengan daging sapi. Kandungan lemak
daging kerbau relatif
rendah daripada
daging sapi.
- Metode pengolahan :
a. merebus
b.mengukus
c.menghaluskan
d.memanggang
e.membakar
8.
Melunakan
atau mematangkan bahan makanan berbahan daging merah dalam cairan yang sedang mendidih (100oC)
dengan kematangan bahan makanan tidak boleh terlalu lunak agar vitaminnya tidak
hilang.
9. Manis, dan gurih.
10.
Menyajikan dan pengemasan.
·
Pedoman Penilaian:
A.
Kriteria Pensekoran:
1.
Setiap butir soal memiliki rentang
skor 1-10
2.
Total skor apabila semua jawaban
benar adalah 100
B.
Kriterian
Penilaian:
a.
Perolehan Skor 0-45 ; nilai = 1
b.
Perolehan Skor 56-60 ; nilai = 2
c.
Perolehan Skor 71-75 ; nilai = 3
d.
Perolehan Skor 86-100 ; nilai = 4
LAMPIRAN
3.Contoh Instrumen Tes Kinerja:
·
A. Soal:
1.
Buatlah rancangan pembuatan olahan daging merah menjadi aneka makanan berdasarkan
inovasimu!
2.
Lakukan proses pengolahan daging merah aneka makanan dengan inovasi!
3.
Sajikanlah olahan
daging merah dengan inovasi!
4.
Buatlah laporan setelah praktik pengolahan daging merah menjadi aneka makanan dengan
inovasi!
- B . Ketentuan Praktik:
- Bahan:
a.
Bahan berupa daging
sapi
b.
Semua peralatan
disediakan sendiri
- Waktu pengerjaan : 80 menit
- Aspek yang dinilai :
a.
Uji karya/ rasa
b.
Kemasan/ penyajian
c.
Kreatifitas bentuk
laporan
d.
Presentasi/ penampilan
e.
Kemandirian
f.
Disiplin
g.
Tanggung jawab
- Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.
LAMPIRAN 3 .
Contoh Lembar Penilaian
Kinerja
Mata
Pelajaran : Prakarya
(Pengolahan)
Nama
Proyek : Pengolahan bahan daging merah menjadi makanan.
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Kelas/Semester
: IX / 2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Keterangan: Kriteria penilaian:
- Pedoman pensekoran:
- Skor terentang antara 1-4
Skor 1 ,
kategori Kurang
Skor 2,
kategori Cukup
Skor 3,
kategori Baik
Skor 4,
Kategori Sangat baik
- Pedoman penilaian:
Nilai
Akhir 1 (NA 1) : Jumlah skor proses x 50%
Nilai
Akhir 2 (NA 2) : Jumlah skor produk x
35%
Nilai
Akhir 3 (NA 3) : Jumlah skor sikap x 15%
Nilai Akhir = NA
1+NA 2+NA3
|
- Konversi nilai:
Nilai 0 - 1,
huruf D
Nilai 1,1 - 2,
huruf C
Nilai 2,1 - 3,
huruf B
Nilai 3,1 - 4, huruf A
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.