RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP PANCASILA
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Klasifikasi Makhluk
hidup
Alokasi waktu : 2 x 40
menit ( 2 kali tatap muka)
A. Kompetensi
inti
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator pencapaian K.D
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2. Mengklasifikasikan mahluk hidup
dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
1. Mengamati
benda(makhluk ) hidup dan benda tidak hidup
2. Menjelaskan
ciri – ciri makhluk hidup
3. Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup
4. Menyimpulkan
ciri- ciri makhluk hidup dengan benda tak hidup
|
|
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian
mahluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang
diamati
|
1. Memiliki rasa ingin tahu, teliti dan
peduli lingkungan melalui diskusi,kerja
Kelompok dalam melakukan observasi
2. Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab,
saling menghargai dalam kegiatan
Belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat mengamati
benda(makhluk ) hidup dan benda tidak hidup
2. Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri mahluk hidup
3. Siswa dapat menjelaskan ciri
– ciri makhluk hidup
4. Siswa dapat menyimpulkan
ciri- ciri makhluk hidup dengan benda tak hidup
D. Materi
Pokok
Ciri-ciri mahluk hidup
1. bernafas
2. memerlukan makanan
dan minuman
3. bergerak
4. tumbuh dan
berkembang
5. berkembang biak
6. peka terhadap
rangsang
7. menyesuaikan diri
terhadap lingkungan
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi dan Demonstrasi
3.
Model : Discovery
Learning
F. Media,
alat dan sumber belajar
1. Media
:
siswa
2. Alat :
lampu senter, gambar orang
3. Sumber Belajar :
Buku IPA SMP kelas VII, Lembar Pengamatan
G. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Berdo’a, mengingatkan kebersihan
-
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai setelah belajar
tentang ciri-ciri Mahluk hidup
|
10 menit
|
|
Inti
|
a. Stimulus
Guru
mengajak 4 siswa sebagai model untuk memperagakan ciri-ciri mahluk hidup.
b. Identifikasi Masalah
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok , setiap kelompok terdiri dari 4 anak.
·
4 siswa yang ditunjuk sebagai model memperagakan
cirri-ciri makhluk hidup, setiap siswa mendapat 2 ciri makhluk hidup.
c. Observasi
Setiap kelompok melakukan pengamatan tentang cirri-ciri makhluk hidup
yang diperagakan oleh siswa model dan mengamati benda hidup berupa gambar
orang.
d. Pengumpulan data
Setiap kelompok mengamati 8 macam cirri-ciri makhluk
hidup yang diperagakan oleh siswa model dan membedakan antara cirri-ciri
siswa dengan cirri-ciri gambar orang.
e. Pengolahan data
Dari
hasil peragaan tersebut siswa memasukkan data ke dalam tabel pengamatan, kemudian
melakukan diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan pada LKS dibantu buku
sumber atau sumber lain yang relefan
f. Verifikasi
Perwakilan
dari masing-masing kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya, (diskusi kelas untuk menyamakan persepsi
tentang ciri-ciri mahluk hidup.
g. Menarik kesimpulan.
Setelah
diskusi kelas guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan
|
55 menit
|
|
Penutup
|
·
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan hasil diskusi kelompok
·
Siswa mengerjakan kuis secara individu
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor
tertinggi
·
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
|
15 menit
|
H. Penilaian
Pengetahuan
1. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup......
2. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup..
3. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup..
4. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup..
5. Jika
ada sorot lampu mengenai mata, mata kita akan terpejam. Ini menunjukkan ciri
mahluk hidup ......
Rubrik
Penilaian isian
Jawaban betul nilainya 1 ,total
skor = 5
Nilai siswa =( skor yang diperoleh
: skor maksimal) x 100
Penilaian ketrampilan
No
|
Keterampilan yang
dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Keaktifan menjawab dengan benar
beserta alasannya pada saat peragaan
|
10
8
6
4
2
|
· Dapat
menjawab 5 dengan benar beserta alasannya
· Dapat
menjawab 4 dengan benar beserta alasannya
· Dapat
menjawab 3 dengan benar beserta alasannya
· Dapat
menjawab 2 dengan benar beserta alasannya
· Dapat
menjawab 1 dengan benar beserta alasannya
|
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila
H. Sakri
|
Jatibarang, Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran
Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Ayo Kita Amati
Apa yang kamu perlukan?
1.
Lampu senter
2.
Gambar orang
Apa yang harus kamu lakukan?
1.
Amatilah teman
yang ada didepan kelas yang akan memperagakan cirri-ciri makhluk hidup.
Apa yang
perlu kamu diskusikan?
Apakah cirri-ciri makhluk
hidup yang diperagakan oleh teman didepan kelas?
Isilah tabel dibawah ini
No
|
Manusia
|
Gambar
|
Kesimpulan
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan
benar!
1. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup......
2. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup..
3. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup..
4. Perhatikan
gambar. Dari gambar tersebut menunjukkan ciri mahluk hidup..
5. Jika
ada sorot lampu mengenai mata, mata kita akan terpejam. Ini menunjukkan ciri
mahluk hidup ......
Itulah postingan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Klasifikasi Makhluk hidup Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.