Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Satuan Pendidikan : SMK Ma’Arif
NU
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu :16JP (16
40 menit)/ 8
Pertemuan
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud
kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai
hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah memberikan kecerdasan kepada manusia sehingga dapat mempelajari sifat-sifat atom dengan
menggunakan teori dan model atom.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
1. Melakukan kegiatan dengan disiplin.
2. Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam mempelajari materi
pembelajaran.
|
2.2
Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
1. Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
|
2.3
Menunjukkan perilaku
responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
|
1. Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
|
1.1 Menganalisis perkembangan model atom.
|
1.
Menjelaskan perkembangan teori
dan model atom.
2.
Menguraikan
kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
|
1.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori
mekanika kuantum.
|
1.
Menjelaskan
teori atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan teori atom Bohr.
2.
Menjelaskan
aturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
|
1.3 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk
menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
|
1.
Menjelaskan
hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik.
|
1.1. Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
|
1.
Melakukan pengamatan tentang perkembangan
teori dan model atom.
2.
Melakukan pengamatan tentangkelebihan dan
kelemahan masing-masing teori atom.
|
1.2. Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
dan teori mekanika kuantum.
|
1.
Mengkaji
teori atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan teori atom Bohr.
2.
Mengkaji
aturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
|
1.3. Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram
orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik
unsur.
|
1.
Menentukan
letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau
sebaliknya.
|
Pertemuan
I (Hari I)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan perkembangan teori dan model atom.
2.
Menunjukkan kelebihan dan kelemahan masing-masing
teori atom.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Perkembangan Teori dan Model Atom
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit
2 Penerbit
GrafindoMedia Pratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai perkembangan
teori dan model atom,kemudian
mendiskusikannya terkait kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangperkembangan teori dan model atom, serta kelebihan dan
kelemahan masing-masing teori atom.
1)
Apakah yang dimaksud dengan atom?
2)
Bagaimana cara ilmuwan mempelajari sifat-sifat atom,
sedangkan atom-atom sendiri tidak dapat diamati langsung?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangperkembangan
teori dan model atom.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengkaji literatur tentang perkembanganteori atom.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan bagaimanacara ilmuwan menemukan
partikel-partikel atom tersebut.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangperkembangan teori dan model atom.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan perkembangan teori dan model atom.
3)
Menyimpulkan kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikanhasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara perkembangan teori dan model atom, serta kelebihan
dan kelemahan masing-masing teori atom.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai perkembangan teori dan
model atom.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.1 halaman 23.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
II
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dari
notasi atom.
2.
Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan
isoton.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Struktur Atom
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai penentuan
jumlah proton, elektron, dan neutron dari notasi atom, kemudian mendiskusikannya terkait
klasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangpenentuan jumlah proton, elektron, dan neutron dari
notasi atom, serta klasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
1)
Bagaimanakah posisi proton, neutron, dan elektron di
dalam atom?
2)
Bagaimana pula sifat proton, neutron, dan elektron?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang struktur
atom.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati partikel-partikel penyusun atom dan
2)
Menentukan nomor atom dan nomor massa suatu unsur,
serta isotop, isobar, dan isoton.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan partikel-partikel
penyusun atom.
3)
Menanyakansifat proton, neutron, dan elektron.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Menganalisis jumlah proton, neutron, dan elektron
suatu unsur untuk menentukan isotop, isobar, dan isoton.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanpenentuan jumlah proton, elektron, dan neutron dari
notasi atom, serta klasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara jumlah proton, neutron, dan elektron suatu
unsur untuk menentukan isotop, isobar, dan isoton.Anggota kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai struktur
atom.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.2 halaman 29.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan III
A.
Tujuan
Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan bilangan-bilangan kuantum (kemungkinan
elektron berada),
2.
Menjelaskan kulit, subkulit, dan hubungannya dengan
bilangan kuantum.
3.
Menjelaskan prinsip aufbau, aturan Hund, dan asas
larangan Pauli.
4.
Menuliskan konfigurasi elektron berdasarkan subkulit
(teori mekanika kuantum) dan menuliskan diagram orbital.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Struktur Atom BerdasarkanTeori Atom Bohrdan Mekanika Kuantum
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai bilangan-bilangan
kuantum (kemungkinan elektron berada), kemudian mendiskusikannya terkait kulit,
subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangbilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron
berada), sertakulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
1)
Bagaimanakah cara penyusunan elektron menurut teori
atom Bohr?
2)
Bagaimana cara menentukan bilangan-bilanagan kuantum?
3)
Bagaimana cara menuliskan konfigurasi elektron
berdasarkan teori mekanika kuantum?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangstruktur
atom berdasarkanteori atom Bohrdan mekanika kuantum.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengkaji teori atom mekanika kuantum dan
membandingkannya dengan teori atom Bohr.
2)
Mengkaji aturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan
aturan Hund.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakansusunan elektron dalam atom dan posisinya
pada orbital.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangbilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron
berada).
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang kulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan
kuantum.
3)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangaturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanbilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron
berada), serta kulit,
subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
3)
Menyimpulkanaturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara bilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron
berada) dengankulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai struktur
atom berdasarkanteori atom bohrdan mekanika kuantum.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.3 halaman 43.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
IV
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan keberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada
di alam secara umum.
2.
Menentukan massa atom relativedan massa molekul
relatif.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Sifat-Sifat Unsur dan Massa Atom Relatif
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo Media Pratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai keberadaan
dan sifat-sifat unsur yang ada di alam secara umum, kemudian mendiskusikannya terkait
penentuan massa atom relatif dan massa molekul relatif.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangkeberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada di alam
secara umum, serta penentuanmassa atom relatif dan massa molekul relatif.
1)
Apakah perbedaan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam?
2)
Bagaimana menentukan massa atom relatif dan massa
molekul relatif?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangsifat-sifat
unsur dan massa atom relatif.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati keberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan
nonlogam dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakankeberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam.
3)
Menanyakan cara menentukan massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangkeberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangpenentuan massa
atom relatif dan massa molekul relatif.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkankeberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam
3)
Menyimpulkan penentuan massa atom relatif dan
massa molekul relatif.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara keberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada di
alam secara umum denganpenentuanmassa atom relatif dan massa molekul relatif.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai sifat-sifat unsur dan
massa atom relatif.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.4 halaman 49.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
V (Hari V)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membandingkan perkembangan sistem periodik unsur.
2.
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sistem
periodik unsur.
3.
Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur modern.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Perkembangan Sistem Periodik
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenaiperkembangan
sistem periodik unsur, kemudian
mendiskusikannya terkait kelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangperkembangan sistem periodik unsur, sertakelebihan dan
kekurangan sistem periodik unsur.
1)
Apakah tujuan dari pengelompokan unsur?
2)
Jelaskan dasar penyusunana sistem periodik modern?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangperkembangan
sistem periodik.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan sejarah perkembangan tabel periodik.
3)
Menanyakanpenempatan letak unsur dalam tabel periodik.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang sejarah perkembangan tabel periodik dan penempatan
letak unsur dalam tabel periodik.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan sejarah perkembangan tabel periodik dan penempatan
letak unsur dalam tabel periodik.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara perkembangan sistem periodik unsur
dengankelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur.Anggota kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai perkembangan
sistem periodik.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.5halaman 53.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
VI
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode.
2.
Membandingkan penentuan golongan dan periode dengan
cara tradisional dan cara IUPAC.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Susunan Unsur dalam Sistem Periodik Modern
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1 Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai penentuan unsur-unsur
dalam satu golongan dan periode, kemudian
mendiskusikannya terkait perbandingan penentuan golongan dan periode dengan
cara tradisional dan cara IUPAC.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangpenentuan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode
dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
1)
Bagaimana menentukan unsur-unsur dalam satu golongan
dan periode?
2)
Bagaimana perbedaan penentuan golongan dan periode
dengan cara tradisional dan cara IUPAC?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangsusunan
unsur dalam sistem periodik modern.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan cara menentukan unsur-unsur dalam satu
golongan dan periode.
3)
Menanyakan perbandingan penentuan golongan dan periode
dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang cara menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan
periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan cara menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan
periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara penentuan unsur-unsur dalam satu golongan dan
periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.Anggota kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai susunan unsur dalam
sistem periodik modern.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.6 halaman 55.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini
Pertemuan
VII
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan letak unsur dalam sistem periodik
berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Hubungan KonfigurasiElektron dan Sistem Periodik
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai letak unsur
dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangletak unsur dalam sistem periodik berdasarkan
konfigurasi elektron atau sebaliknya.
1)
Bagaimana menentukan letak unsur dalam sistem periodik
berdasarkan konfigurasi elektron?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang
hubungan konfigurasi elektron dan sistem periodik.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan hubungan konfigurasi elektron dengan letak
unsur dalam tabel periodik.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam
tabel periodik.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam
tabel periodik.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan
konfigurasi elektron atau sebaliknya.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai hubungan konfigurasi elektron
dan sistem periodik.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.7halaman 58.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
VIII
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan keteraturan sifat-sifat unsur (jari-jari
atom, keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Sifat-Sifat Sistem Periodik
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai keteraturan
sifat-sifat unsur (jari-jari atom, keelektronegatifan, energi ionisasi, dan
afinitas elektron).
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangketeraturan sifat-sifat unsur (jari-jari atom,
keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).
1)
Bagaimanakahketeraturan sifat-sifat unsur dalam satu
golongan dan periode?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang
sifat-sifat sistem periodik.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan keteraturan sifat-sifat unsur dalam satu
golongan dan periode.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang keteraturan sifat-sifat unsur dalam satu golongan dan
periode.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan keteraturan sifat-sifat unsur dalam satu golongan dan
periode.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
c.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara keteraturan sifat-sifat unsur (jari-jari atom,
keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai sifat-sifat sistem
periodik.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.8halaman 62.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan
Sikap
|
· Lembar
Pengamatan Sikap
|
Kompetensi III
dan IV
|
· Tes
Unjuk Kerja
|
· Tes Unjuk
Kerja
|
· Tes
Tertulis
|
· Tes
Uraian, Pilihan Ganda,
Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1)
Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai struktur atom dan sistem periodik unsur.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas pemberian kecerdasan kepada manusia sehingga dapat mempelajari sifat-sifat atom dengan
menggunakan teori dan model atom.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
a)
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= apabila siswa menunjukkan perbuatan
sesuaiaspek pengamatan
Tidak
= apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Masuk
kelas tepat waktu.
|
|
|
|
2.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib.
|
|
|
|
3.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
|
|
|
5.
|
Membawa
buku teks mata pelajaran.
|
|
|
|
6.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran.
|
|
|
|
7.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan.
|
|
|
|
8.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 7 - 8 jawaban YA
Baik : apabila terdapat 5 - 6 jawaban
YA
Cukup : apabila terdapat 3 - 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 - 2 jawaban YA
b.
Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.
|
|
|
|
2.
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik.
|
|
|
|
3.
|
Mampu
mengajukan permasalahan
(pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).
|
|
|
|
4.
|
Mampu
menyajikan penyelesaian
dari suatu permasalahan.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 jawaban Ya
c.
Lembar
Tes Tertulis
1)
Berapakah jumlah proton, neutron, dan elektron pada
atom-atom berikut?
a)
b)
c)
2)
Polonium (Po) merupakan satu di antara beberapa unsur
yang digunakan sebagai sumber tenaga nuklir. Unsur yang ditemukan oleh Marie
Curie ini memeliki nomor atom 84. Tentukan letak periode dan golongan unsur Po
pada sistem periodik.
3)
Berdasarkan hukum oktaf Newlands, pada unsur berapakah
unsur ketiga mempunyai sifat yang sama?
4)
Mengapa unsur-unsur dalam satu golongan yang sama
memiliki sifat kimia yang sama?
5)
Tanpa melihat tabalperiodik unsur, bandingkan
sifat-sifat unsur S bernomor atom 16 dengan unsur O bernomor atom 8:
a) sifat
logam dan nonlogam
b) jari-jari
atom
c) energi
ionisasi
d) elektronegativitas
e) kereaktifan
Jawaban
1)
a) Atom
merupakan atom
netral.
Nomor atom
(Z) = 6 = jumlah proton = jumlah eleckron
Nomor massa
= 12 = jumlah proton + jumlah neutron = 6 + jumlah neutron
Jumlah
neutron = 12 – 6 = 6
Jadi, jumlah
proton = 6, jumlah neutron = 6, dan jumlah elektron = 6
b) Atom
merupakan atom
netral.
Nomor atom
(Z) = 8 = jumlah proton = jumlah eleckron
Nomor massa
= 16 = jumlah proton + jumlah neutron = 8 + jumlah neutron
Jumlah
neutron = 16 – 8 = 8
Jadi, jumlah
proton = 8, jumlah neutron = 8, dan jumlah elektron = 8
c) Atom
merupakan atom
netral.
Nomor atom
(Z) = 11 = jumlah proton = jumlah eleckron
Nomor massa
= 23 = jumlah proton + jumlah neutron = 11 + jumlah neutron
Jumlah
neutron = 23 – 11 = 12
Jadi, jumlah
proton = 11, jumlah neutron = 12, dan jumlah elektron = 11
2)
Konfigurasi elektron atom Po
84Po: [Xe] 4f14
5d10 6s2 6p6
Nilai bilangan kuantum utama (n) terbesar = 6. Jumlah elektron valensi = 6.
Jadi, unsur Po terletak pada golongan VIA periode 6.
3)
Menurut hukum oktaf, unsur pertama mempunyai kemiripan
dengan unsur ke delapan. Dengan demikian, sifat unsur ketiga mirip dengan unsur
ke sepuluh.
4)
Karena semua unsur dalam satu golongan mempunyai
elektron valensi yang sama, oleh karena itu unsur-unsur itu memiliki sifat yang
sama pula.
5)
Unsur S terletak pada golongan VIA periode 3,
sedangkan unsur O terletak pada golongan VIA periode 2.
a) Unsur S
dan O termasuk golongan VIA sehingga bersifat nonlogam
b) Unsur S
di periode 3, berarti jumlah kulit atomnya 3. Unsur O di periode 2, berarti
jumlah kulit atomnya 2. Dengan demikian, jari-jari atom S lebih panjang
daripada jari-jari atom O.
c) Dalam
satu golongan, dari bawah ke atas energi ionisasinya bertambah besar sehingga
energi ionisasi O lebih besar daripada energi ionisasi S.
d) Dalam
satu golongan, dari bawah ke atas elektronegativitas bertambanh besar sehingga
elektronegativitas O lebih besar daripada elektronegativitas S.
e) Untuk
unsur nonlogam, dalam satu golongan dari bawah ke atas semakin reaktif
sehinggga kereaktifan O lebih besar daripada S.
d.
Lembar
Portofolio
Isotop
adalah atom-atom yang memiliki nomor atom sama, tetapi nomor massanya berbeda.
Isotop banyak digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang
arkeologi. Di bidang arkeologi, radioisotop memiliki peran yang masih sulit
digantikan oleh metode lain. Radioisotop berperan dalam menentukan usia sebuah
fosil. Usia sebuah fosil dapat diketahui dari jejak radioisotop C-14. Selama
organisme hidup, kandungan radioisotop C-14 dalam keadaan konstan, sama dengan
kandungan di atmosfer Bumi yang terjaga konstan karena pengaruh sinar kosmis
sekitar 14 dpm (disintegrations per minute) dalam 1 gram karbon. Hal ini
dikarenakan organisme tersebut masih terlibat dalam siklus karbon di alam. Akan
tetapi, setelah organisme tersebut mati maka tidak terlibat lagi ke dalam
siklus karbon di alam. Sebagai akibatnya, radioisotop C-14 yang memiliki waktu
paruh 5730 tahun mengalami peluruhan terus menerus. Usia sebuah fosil dapat
diketahui dari kandungan C-14 di dalamnya. Jika kandungan tinggal separuhya
maka dapat diketahui fosil tersebut telah berusia 5730 tahun.Selain contoh di
atas, masih banyak contoh lainnya mengenai penggunaan isotop dalam berbagai
bidang. Buatlah poster yang memuat informasi tersebut dalam bentuk tulisan yang
disertai dengan gambar.
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru Mapel
H.
…………,
M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP. -
Itulah postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.