Wednesday, March 29, 2017

RPP Kimia Kelas X SMK Bab Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur



 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Satuan Pendidikan          : SMK Ma’Arif NU
Kelas/Semester               : X/1
Mata Pelajaran                : Kimia
Alokasi Waktu                :16JP (16  40 menit)/ 8 Pertemuan

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1       Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.       Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah memberikan kecerdasan kepada manusia sehingga dapat mempelajari sifat-sifat atom dengan menggunakan teori dan model atom.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.       Melakukan kegiatan dengan disiplin.
2.       Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam mempelajari materi pembelajaran.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.       Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
1.       Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2.       Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
1.1       Menganalisis perkembangan model atom.
1.       Menjelaskan perkembangan teori dan model atom.
2.       Menguraikan kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
1.2       Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
1.       Menjelaskan teori atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan teori atom Bohr.
2.       Menjelaskan aturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
1.3       Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
1.       Menjelaskan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik.

1.1.     Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
1.       Melakukan pengamatan tentang perkembangan teori dan model atom.
2.       Melakukan pengamatan tentangkelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
1.2.     Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
1.       Mengkaji teori atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan teori atom Bohr.
2.       Mengkaji aturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
1.3.     Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
1.       Menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.


Pertemuan I (Hari I)
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan perkembangan teori dan model atom.
2.         Menunjukkan kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Perkembangan Teori dan Model Atom
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 2 Penerbit GrafindoMedia Pratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai perkembangan teori dan model atom,kemudian mendiskusikannya terkait kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangperkembangan teori dan model atom, serta kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
1)         Apakah yang dimaksud dengan atom?
2)         Bagaimana cara ilmuwan mempelajari sifat-sifat atom, sedangkan atom-atom sendiri tidak dapat diamati langsung?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangperkembangan teori dan model atom.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengkaji literatur tentang perkembanganteori atom.

Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan bagaimanacara ilmuwan menemukan partikel-partikel atom tersebut.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangperkembangan teori dan model atom.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan perkembangan teori dan model atom.
3)         Menyimpulkan kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.  
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikanhasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara perkembangan teori dan model atom, serta kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai perkembangan teori dan model atom.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.1 halaman 23.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan II
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dari notasi atom.
2.         Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Struktur Atom
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber         : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                     literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai penentuan jumlah proton, elektron, dan neutron dari notasi atom, kemudian mendiskusikannya terkait klasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangpenentuan jumlah proton, elektron, dan neutron dari notasi atom, serta klasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
1)         Bagaimanakah posisi proton, neutron, dan elektron di dalam atom?
2)         Bagaimana pula sifat proton, neutron, dan elektron?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang struktur atom.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati partikel-partikel penyusun atom dan 
2)         Menentukan nomor atom dan nomor massa suatu unsur, serta isotop, isobar, dan isoton.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan partikel-partikel penyusun atom.
3)         Menanyakansifat proton, neutron, dan elektron.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Menganalisis jumlah proton, neutron, dan elektron suatu unsur untuk menentukan isotop, isobar, dan isoton.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanpenentuan jumlah proton, elektron, dan neutron dari notasi atom, serta klasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara jumlah proton, neutron, dan elektron suatu unsur untuk menentukan isotop, isobar, dan isoton.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai struktur atom.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.2 halaman 29.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan III
A.        Tujuan
Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan bilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada),
2.         Menjelaskan kulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
3.         Menjelaskan prinsip aufbau, aturan Hund, dan asas larangan Pauli.
4.         Menuliskan konfigurasi elektron berdasarkan subkulit (teori mekanika kuantum) dan menuliskan diagram orbital.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Struktur Atom BerdasarkanTeori Atom Bohrdan Mekanika Kuantum
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai bilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada), kemudian mendiskusikannya terkait kulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.  
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangbilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada), sertakulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
1)         Bagaimanakah cara penyusunan elektron menurut teori atom Bohr?
2)         Bagaimana cara menentukan bilangan-bilanagan kuantum?
3)         Bagaimana cara menuliskan konfigurasi elektron berdasarkan teori mekanika kuantum?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangstruktur atom berdasarkanteori atom Bohrdan mekanika kuantum.
2.    Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengkaji teori atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan teori atom Bohr.
2)         Mengkaji aturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakansusunan elektron dalam atom dan posisinya pada orbital.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangbilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada).
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang kulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
3)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangaturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanbilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada), serta kulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.
3)         Menyimpulkanaturan Aufbau, asas larangan Pauli, dan aturan Hund.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara bilangan-bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada) dengankulit, subkulit, dan hubungannya dengan bilangan kuantum.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai struktur atom berdasarkanteori atom bohrdan mekanika kuantum.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.3 halaman 43.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan IV
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan keberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada di alam secara umum.
2.         Menentukan massa atom relativedan massa molekul relatif.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Sifat-Sifat Unsur dan Massa Atom Relatif
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo Media Pratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai keberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada di alam secara umum, kemudian mendiskusikannya terkait penentuan massa atom relatif dan massa molekul relatif.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangkeberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada di alam secara umum, serta penentuanmassa atom relatif dan massa molekul relatif.
1)         Apakah perbedaan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam?
2)         Bagaimana menentukan massa atom relatif dan massa molekul relatif?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangsifat-sifat unsur dan massa atom relatif.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati keberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakankeberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam.
3)         Menanyakan cara menentukan massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangkeberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangpenentuan massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkankeberadaan dan sifat-sifat unsur logam dan nonlogam
3)         Menyimpulkan penentuan massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara keberadaan dan sifat-sifat unsur yang ada di alam secara umum denganpenentuanmassa atom relatif dan massa molekul relatif.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai sifat-sifat unsur dan massa atom relatif.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.4 halaman 49.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini. 
Pertemuan V (Hari V)
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Membandingkan perkembangan sistem periodik unsur.
2.         Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur.
3.         Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur modern.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Perkembangan Sistem Periodik
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenaiperkembangan sistem periodik unsur, kemudian mendiskusikannya terkait kelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangperkembangan sistem periodik unsur, sertakelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur.
1)         Apakah tujuan dari pengelompokan unsur?
2)         Jelaskan dasar penyusunana sistem periodik modern?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangperkembangan sistem periodik.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan sejarah perkembangan tabel periodik.
3)         Menanyakanpenempatan letak unsur dalam tabel periodik.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang sejarah perkembangan tabel periodik dan penempatan letak unsur dalam tabel periodik.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan sejarah perkembangan tabel periodik dan penempatan letak unsur dalam tabel periodik.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara perkembangan sistem periodik unsur dengankelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai perkembangan sistem periodik.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.5halaman 53.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan VI
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode.
2.         Membandingkan penentuan golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Susunan Unsur dalam Sistem Periodik Modern
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1 Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai penentuan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode, kemudian mendiskusikannya terkait perbandingan penentuan golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangpenentuan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
1)         Bagaimana menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode?
2)         Bagaimana perbedaan penentuan golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangsusunan unsur dalam sistem periodik modern.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan cara menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode.
3)         Menanyakan perbandingan penentuan golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang cara menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan cara menentukan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara penentuan unsur-unsur dalam satu golongan dan periode dengan cara tradisional dan cara IUPAC.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai susunan unsur dalam sistem periodik modern.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.6 halaman 55.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini

Pertemuan VII
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Hubungan KonfigurasiElektron dan Sistem Periodik
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangletak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
1)         Bagaimana menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang hubungan konfigurasi elektron dan sistem periodik.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik. 
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.

3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai hubungan konfigurasi elektron dan sistem periodik.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.7halaman 58.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan VIII
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan keteraturan sifat-sifat unsur (jari-jari atom, keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).
B.        Materi Pembelajaran
1.         Sifat-Sifat Sistem Periodik
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 2Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai keteraturan sifat-sifat unsur (jari-jari atom, keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangketeraturan sifat-sifat unsur (jari-jari atom, keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).
1)         Bagaimanakahketeraturan sifat-sifat unsur dalam satu golongan dan periode?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat-sifat sistem periodik.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati keberadaan letak unsur dalam tabel periodik.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan keteraturan sifat-sifat unsur dalam satu golongan dan periode.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang keteraturan sifat-sifat unsur dalam satu golongan dan periode.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan keteraturan sifat-sifat unsur dalam satu golongan dan periode. 

Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
c.          Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara keteraturan sifat-sifat unsur (jari-jari atom, keelektronegatifan, energi ionisasi, dan afinitas elektron).Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai sifat-sifat sistem periodik.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 2.8halaman 62.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·      Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
·      Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio

2.         Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
1)         Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai struktur atom dan sistem periodik unsur.





2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.





3.
Mengucapkan rasa syukur atas pemberian kecerdasan kepada manusia sehingga dapat mempelajari sifat-sifat atom dengan menggunakan teori dan model atom.





4.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.





5.
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1 - 5

a)         Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.

Nama Siswa                  : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..

No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Masuk kelas tepat waktu.



2.
Memakai seragam sesuai tata tertib.



3.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran.



4.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.



5.
Membawa buku teks mata pelajaran.



6.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran.



7.
Mengerjakan tugas yang diberikan.



8.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.



Jumlah



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 7 - 8 jawaban YA
Baik              : apabila terdapat 5 - 6 jawaban YA
Cukup           : apabila terdapat 3 - 4 jawaban YA
Kurang          : apabila terdapat 1 - 2 jawaban YA

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.



2.
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik.



3.
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).



4.
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 jawaban Ya

c.          Lembar Tes Tertulis
1)         Berapakah jumlah proton, neutron, dan elektron pada atom-atom berikut?
a)     
b)     
c)     
2)         Polonium (Po) merupakan satu di antara beberapa unsur yang digunakan sebagai sumber tenaga nuklir. Unsur yang ditemukan oleh Marie Curie ini memeliki nomor atom 84. Tentukan letak periode dan golongan unsur Po pada sistem periodik.
3)         Berdasarkan hukum oktaf Newlands, pada unsur berapakah unsur ketiga mempunyai sifat yang sama?
4)         Mengapa unsur-unsur dalam satu golongan yang sama memiliki sifat kimia yang sama?
5)         Tanpa melihat tabalperiodik unsur, bandingkan sifat-sifat unsur S bernomor atom 16 dengan unsur O bernomor atom 8:
a)      sifat logam dan nonlogam
b)      jari-jari atom
c)      energi ionisasi
d)      elektronegativitas
e)      kereaktifan
Jawaban
1)         a)  Atom  merupakan atom netral.
    Nomor atom (Z) = 6 = jumlah proton = jumlah eleckron
    Nomor massa = 12 = jumlah proton + jumlah neutron = 6 + jumlah neutron
    Jumlah neutron = 12 – 6 = 6
    Jadi, jumlah proton = 6, jumlah neutron = 6, dan jumlah elektron = 6
b)  Atom  merupakan atom netral.
    Nomor atom (Z) = 8 = jumlah proton = jumlah eleckron
    Nomor massa = 16 = jumlah proton + jumlah neutron = 8 + jumlah neutron
    Jumlah neutron = 16 – 8 = 8
    Jadi, jumlah proton = 8, jumlah neutron = 8, dan jumlah elektron = 8
c)  Atom  merupakan atom netral.
    Nomor atom (Z) = 11 = jumlah proton = jumlah eleckron
    Nomor massa = 23 = jumlah proton + jumlah neutron = 11 + jumlah neutron
    Jumlah neutron = 23 – 11 = 12
    Jadi, jumlah proton = 11, jumlah neutron = 12, dan jumlah elektron = 11
2)         Konfigurasi elektron atom Po
84Po: [Xe] 4f14 5d10 6s2 6p6
Nilai bilangan kuantum utama (n) terbesar = 6. Jumlah elektron valensi = 6.
Jadi, unsur Po terletak pada golongan VIA periode 6.
3)         Menurut hukum oktaf, unsur pertama mempunyai kemiripan dengan unsur ke delapan. Dengan demikian, sifat unsur ketiga mirip dengan unsur ke sepuluh.
4)         Karena semua unsur dalam satu golongan mempunyai elektron valensi yang sama, oleh karena itu unsur-unsur itu memiliki sifat yang sama pula.
5)         Unsur S terletak pada golongan VIA periode 3, sedangkan unsur O terletak pada golongan VIA periode 2.
a)      Unsur S dan O termasuk golongan VIA sehingga bersifat nonlogam
b)      Unsur S di periode 3, berarti jumlah kulit atomnya 3. Unsur O di periode 2, berarti jumlah kulit atomnya 2. Dengan demikian, jari-jari atom S lebih panjang daripada jari-jari atom O.
c)      Dalam satu golongan, dari bawah ke atas energi ionisasinya bertambah besar sehingga energi ionisasi O lebih besar daripada energi ionisasi S.
d)      Dalam satu golongan, dari bawah ke atas elektronegativitas bertambanh besar sehingga elektronegativitas O lebih besar daripada elektronegativitas S.
e)      Untuk unsur nonlogam, dalam satu golongan dari bawah ke atas semakin reaktif sehinggga kereaktifan O lebih besar daripada S.
d.         Lembar Portofolio
Isotop adalah atom-atom yang memiliki nomor atom sama, tetapi nomor massanya berbeda. Isotop banyak digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang arkeologi. Di bidang arkeologi, radioisotop memiliki peran yang masih sulit digantikan oleh metode lain. Radioisotop berperan dalam menentukan usia sebuah fosil. Usia sebuah fosil dapat diketahui dari jejak radioisotop C-14. Selama organisme hidup, kandungan radioisotop C-14 dalam keadaan konstan, sama dengan kandungan di atmosfer Bumi yang terjaga konstan karena pengaruh sinar kosmis sekitar 14 dpm (disintegrations per minute) dalam 1 gram karbon. Hal ini dikarenakan organisme tersebut masih terlibat dalam siklus karbon di alam. Akan tetapi, setelah organisme tersebut mati maka tidak terlibat lagi ke dalam siklus karbon di alam. Sebagai akibatnya, radioisotop C-14 yang memiliki waktu paruh 5730 tahun mengalami peluruhan terus menerus. Usia sebuah fosil dapat diketahui dari kandungan C-14 di dalamnya. Jika kandungan tinggal separuhya maka dapat diketahui fosil tersebut telah berusia 5730 tahun.Selain contoh di atas, masih banyak contoh lainnya mengenai penggunaan isotop dalam berbagai bidang. Buatlah poster yang memuat informasi tersebut dalam bentuk tulisan yang disertai dengan gambar.
Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                            
Kepala SMK Ma’arif NU                                                         Guru Mapel



H. …………, M.Pd                                                                  Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                        NIP. -

Itulah postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.