Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan
Satuan Pendidikan : SMK Ma’arif NU
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu :6JP (4
45 menit)/ 2
Pertemuan
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud
kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai
hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah memberikan akal dan pikiran
kepada manusia untuk mengembangkan ilmu kimia sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam
perkembangan ilmu lain serta peranannya dalam berbagai bidang kehidupan.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
1. Melakukan kegiatandi laboratorium dengan disiplin.
2. Bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan di laboratorium dengan
mematuhi peraturan dan mengamati setiap simbol pada label kemasan zat sebelum
menggunakannya.
|
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama,
santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
1. Menggunakan zat-zat pada saat praktikum dengan cermat agar dapat
digunakan secara berulang.
|
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan
proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
|
1. Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
|
3.1 Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di
laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan.
|
1. Menguraikan
hakikat ilmu kimia, peranan kimia,
metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium.
2. Membaca
literatur tentang hakikat ilmu kimia, peranan kimia,
metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium.
|
4.1.
Menyajikan hasil pengamatan tentang
hakikat ilmu kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja dalam mempelajari
kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
|
1.
Melakukan kunjungan laboratorium untuk mengenal alat-alat dan
bahan kimia serta tata tertib laboratorium
2.
Melakukan pengamatantentang hakikat ilmu kimia, peranan kimia,
metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium.
|
Pertemuan
I
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mengenal hakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan
ilmu pengetahuan lain.
2.
Menguraikan peranan kimia dalam berbagai bidang.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Mengenal Kimia
2.
Peran Kimia
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit
1Penerbit
Grafindo Media Pratama, internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenaihakikat ilmu
kimia dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan lain, kemudian mendiskusikannya terkait
peranan kimia dalam
berbagai bidang.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentanghakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan ilmu
pengetahuan lain, sertaperanan kimia dalam berbagai bidang.
1)
Sebutkan contoh keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu
pengetahuan lainnya.
2)
Bagaimanakah peranan kimia dalam berbagai bidang?
Berikan contohnya.
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangpengenalan kimia
dan peran kimiadalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati peristiwa yang berkaitan dengan ilmu kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
2)
Mengamati peranan kimia dalam berbagai bidang.
3)
Mengkajiliteratur tentang hakikat dan peranan ilmu
kimia dalam perkembangan ilmu lain, serta peranan kimia dalam menyelesaikan
masalah global.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan lainnya.
3)
Menanyakan peranan kimia dalam berbagai bidang.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengidentifikasi
peristiwa yang berkaitan dengan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan lainnya
serta peranan kimia dalam berbagai bidang.
3)
Mengkaji
literatur tentang perananilmu kimia
dalam perkembangan ilmu lain dan dalam menyelesaikan masalah global.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanperistiwa yang berkaitan dengan ilmu kimia dalam
kehidupan sehari-hari.
3)
Menyimpulkanketerkaitan ilmu kimia dengan ilmu
pengetahuan lainnya serta peranan kimia dalam berbagai bidang.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara hakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan
ilmu pengetahuan lain, sertaperanan kimia dalam berbagai bidang.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai pengenalan kimia dan
peran kimiadalam kehidupan sehari-hari.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 1.1dan 1.2 halaman 4 dan 6.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
II
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mempelajari karakteristikmetode ilmiah dan langkah-langkahnya.
2.
Mengetahui peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan
percobaan di laboratorium.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah
2.
Keselamatan
Kerja di Laboratorium
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit
1 Penerbit
GrafindoMedia Pratama, internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai karakteristik
metode ilmiah dan langkah-langkahnya, kemudian mendiskusikannya terkait peraturan
dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangkarakteristik metode ilmiah dan langkah-langkahnya,
serta peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.
1)
Apakah yang Anda ketahui mengenai metode ilmiah?
2)
Apa yang Anda lakukan untuk menghindari kecelakaan
kerja di laboratorium?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangmetode ilmiah
dan keselamatan kerja di laboratorium.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati bentuk kecelakaan kerja di laboratorium.
2)
Mengamati keselamatan kerja untuk mengatasi kecelakaan
kerja di laboratorium.
3)
Mengkajiliteratur tentang metode ilmiah dan keselamatan
kerja di laboratorium.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan cara mengatasi kecelakaan kerja di
laboratorium.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mendiskusikan
kerja seorang ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian untuk memperoleh produk
kimia menggunakan metode ilmiah.
2)
Mengunjungi
laboratorium untuk mengenal alat-alat dan bahan kimia serta tata tertib
laboratorium.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatanyang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan bentuk kecelakaan kerja di laboratorium
dan keselamatan kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara karakteristik metode ilmiah dan langkah-langkahnya,
serta peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai metode ilmiah dan
keselamatan kerja di laboratorium.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 1.3 dan 1.4 halaman 9 dan 11.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan
Sikap
|
· Lembar
Pengamatan Sikap
|
Kompetensi III
dan IV
|
· Tes
Unjuk Kerja
|
· Tes Unjuk
Kerja
|
· Tes
Tertulis
|
· Tes
Uraian, Pilihan Ganda,
Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1)
Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai hakikat dan peran kimia dalam kehidupan.
|
|||||
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|||||
3.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas pemberian akal dan pikiran kepada manusia
untuk mengembangkan ilmu kimia sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam
perkembangan ilmu lain serta peranannya dalam berbagai bidang kehidupan.
|
|||||
4.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|||||
5.
|
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
2)
Kompetensi
Inti II
a)
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya =
apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai
aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Masuk kelas
tepat waktu.
|
|||
2.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib.
|
|||
3.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|||
4.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
|||
5.
|
Membawa
buku teks mata pelajaran.
|
|||
6.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran.
|
|||
7.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan.
|
|||
8.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu.
|
|||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
Sekali : apabila terdapat 7 - 8 jawaban
Ya
Baik : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang
: apabila terdapat 1 - 2 jawaban
Ya
b.
Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.
|
|||
2.
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik.
|
|||
3.
|
Mampu
mengajukan permasalahan (pertanyaan,
ide, gagasan, dan argumentasi).
|
|||
4.
|
Mampu
menyajikan penyelesaian
dari suatu permasalahan.
|
|||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 jawaban Ya
c.
Lembar
Tes Tertulis
Manusia dan alam
semesta, seperti air, tanah, udara, dan organisme yang tumbuh dan tinggal di
dalamnya tersusun atas materi. Buatlah poster yang memuat informasi dalam
bentuk tulisan yang disertai dengan gambar tentang materi penyusun tubuh, air,
tanah, udara, tumbuhan, hewan, atau materi lain di sekitar Anda.
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru
Mapel
H. ................., M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP.
-
Itulah RPP Kimia Bab Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X SMK Kurtilas semoga bermanfaat.
Itulah RPP Kimia Bab Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X SMK Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.