Wednesday, March 29, 2017

RPP Kimia Bab Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X SMK Kurtilas



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan

Satuan Pendidikan                 : SMK Ma’arif NU
Kelas/Semester                      : X/1
Mata Pelajaran                       : Kimia
Alokasi Waktu                       :6JP (4  45 menit)/ 2  Pertemuan

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1       Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.       Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mengembangkan ilmu kimia sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu lain serta peranannya dalam berbagai bidang kehidupan.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.       Melakukan kegiatandi laboratorium dengan disiplin.
2.       Bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan di laboratorium dengan mematuhi peraturan dan mengamati setiap simbol pada label kemasan zat sebelum menggunakannya.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

1.       Menggunakan zat-zat pada saat praktikum dengan cermat agar dapat digunakan secara berulang.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
1.       Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2.       Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
3.1    Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan.
1.       Menguraikan hakikat ilmu kimia, peranan kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium.
2.       Membaca literatur tentang hakikat ilmu kimia, peranan kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium.
4.1.  Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
1.       Melakukan kunjungan laboratorium untuk mengenal alat-alat dan bahan kimia serta tata tertib laboratorium
2.       Melakukan pengamatantentang hakikat ilmu kimia, peranan kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium.

Pertemuan I
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Mengenal hakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan lain.
2.         Menguraikan peranan kimia dalam berbagai bidang.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Mengenal Kimia
2.         Peran Kimia
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 1Penerbit Grafindo Media Pratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenaihakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan lain, kemudian mendiskusikannya terkait peranan kimia dalam berbagai bidang.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentanghakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan lain, sertaperanan kimia dalam berbagai bidang.
1)         Sebutkan contoh keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan lainnya.
2)         Bagaimanakah peranan kimia dalam berbagai bidang? Berikan contohnya.
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangpengenalan kimia dan peran kimiadalam kehidupan sehari-hari.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati peristiwa yang berkaitan dengan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2)         Mengamati peranan kimia dalam berbagai bidang.
3)         Mengkajiliteratur tentang hakikat dan peranan ilmu kimia dalam perkembangan ilmu lain, serta peranan kimia dalam menyelesaikan masalah global.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan lainnya.
3)         Menanyakan peranan kimia dalam berbagai bidang. 
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengidentifikasi peristiwa yang berkaitan dengan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan lainnya serta peranan kimia dalam berbagai bidang.
3)         Mengkaji literatur tentang perananilmu kimia dalam perkembangan ilmu lain dan dalam menyelesaikan masalah global.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanperistiwa yang berkaitan dengan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.
3)         Menyimpulkanketerkaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan lainnya serta peranan kimia dalam berbagai bidang. 
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara hakikat ilmu kimia dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan lain, sertaperanan kimia dalam berbagai bidang.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai pengenalan kimia dan peran kimiadalam kehidupan sehari-hari.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 1.1dan 1.2 halaman 4 dan 6.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan II
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Mempelajari karakteristikmetode ilmiah dan langkah-langkahnya.
2.         Mengetahui peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Metode Ilmiah
2.         Keselamatan Kerja di Laboratorium
C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 1 Penerbit GrafindoMedia Pratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai karakteristik metode ilmiah dan langkah-langkahnya, kemudian mendiskusikannya terkait peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangkarakteristik metode ilmiah dan langkah-langkahnya, serta peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.
1)         Apakah yang Anda ketahui mengenai metode ilmiah?
2)         Apa yang Anda lakukan untuk menghindari kecelakaan kerja di laboratorium?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangmetode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati bentuk kecelakaan kerja di laboratorium.
2)         Mengamati keselamatan kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium.
3)         Mengkajiliteratur tentang metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan cara mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mendiskusikan kerja seorang ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian untuk memperoleh produk kimia menggunakan metode ilmiah.
2)         Mengunjungi laboratorium untuk mengenal alat-alat dan bahan kimia serta tata tertib laboratorium.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatanyang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan bentuk kecelakaan kerja di laboratorium dan keselamatan kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara karakteristik metode ilmiah dan langkah-langkahnya, serta peraturan dan jenis bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.    Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.
b.   Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 1.3 dan 1.4 halaman 9 dan 11.
c.    Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·      Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
·      Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio
2.      Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
1)         Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai hakikat dan peran kimia dalam kehidupan.





2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.





3.
Mengucapkan rasa syukur atas pemberian akal dan pikiran kepada manusia untuk mengembangkan ilmu kimia sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu lain serta peranannya dalam berbagai bidang kehidupan.





4.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.





5.
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup              : apabila memperoleh skor6 - 10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1 - 5

2)         Kompetensi Inti II
a)         Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.

Nama Siswa                  : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Masuk kelas tepat waktu.



2.
Memakai seragam sesuai tata tertib.



3.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran.



4.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.



5.
Membawa buku teks mata pelajaran.



6.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran.



7.
Mengerjakan tugas yang diberikan.



8.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.



2.
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik.



3.
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).



4.
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.



Jumlah



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 jawaban Ya

c.          Lembar Tes Tertulis
Manusia dan alam semesta, seperti air, tanah, udara, dan organisme yang tumbuh dan tinggal di dalamnya tersusun atas materi. Buatlah poster yang memuat informasi dalam bentuk tulisan yang disertai dengan gambar tentang materi penyusun tubuh, air, tanah, udara, tumbuhan, hewan, atau materi lain di sekitar Anda.

Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                            
Kepala SMK Ma’arif NU                                                     Guru Mapel



H. ................., M.Pd                                                                Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.                                                                                          NIP. -
Itulah RPP Kimia Bab Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X SMK Kurtilas semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.