Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Ikatan Kimia
Satuan Pendidikan :
SMK Ma’arif
NU 01 Jatibarang
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu :10JP (10
45 menit)/ (5
Pertemuan)
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah menciptakan beragam unsur yang melimpah untuk kepentingan
makhluk hidup.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
1. Melakukan kegiatan di laboratorium dengan disiplin.
2. Bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan di laboratorium dengan
mematuhi peraturan dan mengamati setiap simbol pada label kemasan zat sebelum
menggunakannya.
|
2.2
Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
1. Menggunakan zat-zat pada saat praktikum dengan cermat agar dapat
digunakan secara berulang.
|
2.3
Menunjukkan perilaku
responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
|
1. Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
|
3.5. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan
kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom,
ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
|
1.
Menjelaskan proses pembentukan
ikatan ion, ikatan
kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam.
2.
Menjelaskan interaksi
antar partikel materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
|
3.6. Menganalisis kepolaran senyawa.
|
1. Membedakan senyawa
polar dan nonpolar.
|
4.5. Mengolah
dan menganalisis perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,
ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel
(atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
|
1.
Mengamati proses pembentukan
ikatan ion, ikatan
kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam.
2.
Mengamati interaksi antar
partikel materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
|
4.6. Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran
senyawa.
|
1.
Melakukan praktikum untuk membedakan senyawa polar dan nonpolar.
|
Pertemuan
I (Hari I)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan
kaidah oktet dan duplet.
2.
Menentukan konfigurasi elektron dari atom
dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Kaidah Oktet dan Duplet
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai kaidah oktet
dan duplet, kemudian
mendiskusikannya terkait konfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan
melepaskan dan menerima elektron.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangkaidah oktet dan duplet, serta konfigurasi elektron
dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
1)
Jelaskan yang dimaksud dengan kaidah
oktet.
2)
Mengapa atom-atom di alam cenderung
membentuk struktur oktet?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangkaidah
oktet dan duplet.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatikonfigurasi elektron gas mulia.
2)
Mengamatikonfigurasi elektron dari atom
dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakankonfigurasi elektron dari atom yang memenuhi aturan
oktet.
3)
Menanyakankonfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan
melepaskan dan menerima elektron.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangkonfigurasi elektron dari atom yang memenuhi
aturan oktet.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangkonfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan
melepaskan dan menerima elektron.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkankonfigurasi elektron dari atom yang memenuhi aturan
oktet.
3)
Menyimpulkankonfigurasi elektron dari atom
dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara kaidah oktet dan dupletdengan konfigurasi
elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai kaidah
oktet dan duplet.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.1 halaman 74.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
II (Hari II)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mendeskripsikanproses pembentukan ikatan ion.
2.
Menggambarkan proses pembentukan ikatan ion.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Ikatan Ion
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai ikatan ion, kemudian mendiskusikannya
terkait proses pembentukan ikatan ion.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangproses pembentukan ikatan ion.
1)
Bagaimanakah ciri khas dari ikatan ion?
2)
Sebutkan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan
ion.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati proses pembentukan ikatan ion.
2)
Mengamati senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan proses pembentukan ikatan ion.
3)
Menanyakan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang proses
pembentukan ikatan ion.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan proses pembentukan ikatan ion.
3)
Menyimpulkansenyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara proses
pembentukan ikatan ion dengan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan ion.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.2 halaman 75.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
III (Hari III)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan kovalen,
serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
2.
Menggambarkan proses pembentukan ikatan kovalen,
serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Ikatan Kovalen
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai ikatan kovalen, kemudian mendiskusikannya
terkait proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangproses pembentukan ikatan kovalen.
1)
Bagaimanakah ciri khas dari ikatan kovalen?
2)
Sebutkan senyawa-senyawa yang memiliki ikatankovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan kovalen.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati proses pembentukan ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
2)
Mengamati senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan proses pembentukan ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
3)
Menanyakan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang proses
pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan proses pembentukan ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
3)
Menyimpulkansenyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta
ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara proses
pembentukan ikatan kovalen dengan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan
kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan
kovalen.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.3 halaman 79.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
IV
A.
Tujuan
Melalui kegiatanpraktikum,
diskusi, dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membedakan senyawa polara dan nonpolar.
2.
Menjelaskan pengaruh perbedaan
keelektronegatifanterhadap kepolaran ikatan kovalen.
3.
Menjelaskan pengaruh bentuk molekulterhadap kepolaran
molekul.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Kepolaran Ikatan Kovalen
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning, direct learrning
3.
Metode :Praktikum,
diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 3Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPointserta alat dan bahan praktikum, seperti
gelas kimia, sendok teh, garam dapur, tablet vitamin C, soda kue,
penyedap rasa, detergen, minyak goring, dan air.
gelas kimia, sendok teh, garam dapur, tablet vitamin C, soda kue,
penyedap rasa, detergen, minyak goring, dan air.
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai kepolaran ikatan
kovalen, kemudian mendiskusikannya
terkait pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap
kepolaran ikatan kovalen.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangkepolaran ikatan kovalen, serta pengaruh
perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan
kovalen.
1)
Hal apa yang membedakan ikatan kovalen polar dan
ikatan kovalen nonpolar?
2)
Bagaimanakah pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan
bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangkepolaranikatan
kovalen.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Membedakan senyawa polar dan nonpolarberdasarkan
kegiatan pada Aktivitas Ilmiah 3.1.
2)
Mengamati pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk
molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil praktikum dan
pengamatan.
2)
Menanyakan perbedaan senyawa polar dan nonpolar.
3)
Menanyakan pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk
molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mendiskusikan
hasil praktikum sehingga diperoleh
kesimpulan dan
memahami tujuan dilakukannya
praktikum tersebut.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang perbedaan senyawa polar dan nonpolar.
3)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk
molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil praktikum dan pengamatan yang telah
dilakukan.
2)
Menyimpulkan perbedaan senyawa polar dan nonpolar.
3)
Menyimpulkan pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan
bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil praktikum
dan pengamatan
dalam bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara kepolaran ikatan kovalen dengan pengaruh
perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan
kovalen.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai kepolaran
ikatan kovalen.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.4 halaman 83.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini
Pertemuan
V
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
2.
Menggambarkan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3.
Memprediksi
jenis ikatan.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Ikatan Kovalen Koordinasi
2.
Ikatan Logam
3.
Memprediksi Jenis Ikatan
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 3Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam, kemudian mendiskusikannya
terkait proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangproses pembentukan ikatan kovalen
koordinasi dan ikatan
logam.
1)
Bagaimanakah ciri khas dari ikatan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam?
2)
Sebutkan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan
kovalen koordinasi, ikatan logam, dan memprediksi jenis ikatan.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
2)
Mengamati senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)
Mengamati senyawa-senyawa dan memperkirakan jenis
ikatan yang terdapat dalam senyawa-senyawa tersebut.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)
Menanyakan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
4)
Menanyakan cara memperkirakan jenis ikatan yang
terdapat dalam senyawa.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang proses
pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan
logam.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang cara memperkirakan jenis ikatan yang terdapat
dalam senyawa.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)
Menyimpulkansenyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
4)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang cara memperkirakan jenis ikatan yang terdapat
dalam senyawa.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara proses
pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan
logamdengan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan kovalen
koordinasi, ikatan logam, dan memprediksi jenis ikatan.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.5, 3.6, dan 3.7 halaman 85,
86, dan 87.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan
Sikap
|
· Lembar
Pengamatan Sikap
|
Kompetensi III
dan IV
|
· Tes
Unjuk Kerja
|
· Tes Unjuk
Kerja
|
· Tes
Tertulis
|
· Tes
Uraian, Pilihan Ganda,
Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1)
Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai ikatan kimia.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas penciptaan beragam unsur yang melimpah untuk
kepentingan makhluk hidup.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 –5
2)
Kompetensi
Inti II
a)
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= apabila siswa menunjukkan perbuatan
sesuaiaspek pengamatan
Tidak
= apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Masuk
kelas tepat waktu.
|
|
|
|
2.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib.
|
|
|
|
3.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
|
|
|
5.
|
Membawa
buku teks mata pelajaran.
|
|
|
|
6.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran.
|
|
|
|
7.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan.
|
|
|
|
8.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
Sekali : apabila terdapat 7 - 8 jawaban
Ya
Baik : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang
: apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya
b.
Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Membaca disertai pemahaman terhadap materi praktikum yang akan dilakukan.
|
|
|
|
2.
|
Menguasai langkah kerja
praktikum dengan benar.
|
|
|
|
3.
|
Menyiapkan alat-alat keselamatan kerja dalam praktikum.
|
|
|
|
4.
|
Menggunakan peralatan praktikum secara hati–hati dan bertanggungjawab.
|
|
|
|
5.
|
Menggunakanzat-zat pada praktikumdengan cermat.
|
|
|
|
6.
|
Melakukan pengambilan data hasil pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.
|
|
|
|
7.
|
Mampu bekerja sama dengan baik antaranggota kelompok
yang lain.
|
|
|
|
8.
|
Membersihkan alat kerja setelah praktikum selesai.
|
|
|
|
9.
|
Membuang limbah sisa praktikum di tempat yang aman.
|
|
|
|
10.
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik.
|
|
|
|
11.
|
Mampu
mengajukan permasalahan
(pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).
|
|
|
|
12.
|
Mampu
menyajikan penyelesaian
dari suatu permasalahan.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 10 - 12 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 7 - 9 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 4 - 6 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 - 3 jawaban Ya
c.
Lembar
Tes Tertulis
1)
Susunan elektron valensi gas mulia di bawah ini adalah
oktet, kecuali ….
a. Ar
b. Ne
c. Kr
d. Xe
e. He
Jawaban:
e
2)
Pasangan senyawa berikut yang keduanya berikatan ionik
adalah ….
a. HF dan
HCl
b. NaBr
dan K2O
c. FeCl2
dan H2O
d. C2H4
dan CaC2
e. CO2
dan N2O4
Jawabanb:
b
3)
Zat yang bersifat polar adalah ….
a. BCl3
b. H2O
c. CCl4
d. PCl5
e. CHCl3
Jawaban:
b
4)
Senyawa yang mempunyai ikatan kovalen, ikatan ion, dan
ikatan kovalen koordinasi secara bersamaan adalah ….
a. NH3BF3
b. KNO3
c. KCN
d. NH4Cl
e. NaCl
Jawaban:
d
5)
Senyawa yang dapat larut dalam air adalah ….
a. NaCl
b. CCl4
c. HCl
d. NH3
e. Cl
Jawaban:
a
d.
Lembar
Portofolio
Buatlah
kelompok belajar yang terdiri atas 5 orang. Kemudian, berkunjunglah ke
supermarket dan temukan 10 bahan dasar senyawa kimia yang Anda kenal. Tuliskan
rumus dan ikatan kimia yang membentuknya. Lalu, buatlah model atom beserta
jenis ikatannya dari senyawa-senyawa kimia yang kelompok Anda temukan. Gunakan
kreativitas kelompok Anda dalam menentukan bahan-bahan yang dapat digunakan
untuk membuat model atom.
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru Mapel
H.
…………,
M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP. -
Itulah Postingan tentang RPP Kimia Kelas X SMK/SMA Kurtilas Bab Ikatan Kimia semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.