Wednesday, March 29, 2017

RPP Kimia Kelas X SMK/SMA Kurtilas Bab Ikatan Kimia



 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Ikatan Kimia
Satuan Pendidikan                        : SMK Ma’arif NU 01 Jatibarang
Kelas/Semester                  : X/1
Mata Pelajaran                  : Kimia
Alokasi Waktu                  :10JP (10  45 menit)/ (5 Pertemuan)

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1       Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.       Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah menciptakan beragam unsur yang melimpah untuk kepentingan makhluk hidup.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.       Melakukan kegiatan di laboratorium dengan disiplin.
2.       Bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan di laboratorium dengan mematuhi peraturan dan mengamati setiap simbol pada label kemasan zat sebelum menggunakannya.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.       Menggunakan zat-zat pada saat praktikum dengan cermat agar dapat digunakan secara berulang.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
1.       Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2.       Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
3.5.     Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
1.       Menjelaskan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam.
2.       Menjelaskan interaksi antar partikel materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.6.     Menganalisis kepolaran senyawa.

1.       Membedakan senyawa polar dan nonpolar.
4.5.     Mengolah dan menganalisis perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
1.       Mengamati  proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam.
2.       Mengamati interaksi antar partikel materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
4.6.     Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa.
1.       Melakukan praktikum untuk membedakan senyawa polar dan nonpolar.

Pertemuan I (Hari I)
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan kaidah oktet dan duplet.
2.         Menentukan konfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Kaidah Oktet dan Duplet

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai kaidah oktet dan duplet, kemudian mendiskusikannya terkait konfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangkaidah oktet dan duplet, serta konfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
1)         Jelaskan yang dimaksud dengan kaidah oktet.
2)         Mengapa atom-atom di alam cenderung membentuk struktur oktet?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangkaidah oktet dan duplet.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatikonfigurasi elektron gas mulia.
2)         Mengamatikonfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakankonfigurasi elektron dari atom yang memenuhi aturan oktet.
3)         Menanyakankonfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangkonfigurasi elektron dari atom yang memenuhi aturan oktet.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangkonfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkankonfigurasi elektron dari atom yang memenuhi aturan oktet.
3)         Menyimpulkankonfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara kaidah oktet dan dupletdengan konfigurasi elektron dari atom dengankecenderungan melepaskan dan menerima elektron.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai kaidah oktet dan duplet.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.1 halaman 74.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan II (Hari II)
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Mendeskripsikanproses pembentukan ikatan ion.
2.         Menggambarkan proses pembentukan ikatan ion.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Ikatan Ion

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab
D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai ikatan ion, kemudian mendiskusikannya terkait proses pembentukan ikatan ion.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangproses pembentukan ikatan ion.
1)         Bagaimanakah ciri khas dari ikatan ion?
2)         Sebutkan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan ion.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati proses pembentukan ikatan ion.
2)         Mengamati senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan proses pembentukan ikatan ion.
3)         Menanyakan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang proses pembentukan ikatan ion.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan proses pembentukan ikatan ion.
3)         Menyimpulkansenyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara proses pembentukan ikatan ion dengan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ion.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan ion.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.2 halaman 75.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan III (Hari III)
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
2.         Menggambarkan proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
B.        Materi Pembelajaran
1.         Ikatan Kovalen

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai ikatan kovalen, kemudian mendiskusikannya terkait proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangproses pembentukan ikatan kovalen.
1)         Bagaimanakah ciri khas dari ikatan kovalen?
2)         Sebutkan senyawa-senyawa yang memiliki ikatankovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan kovalen.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
2)         Mengamati senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
3)         Menanyakan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan proses pembentukan ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
3)         Menyimpulkansenyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara proses pembentukan ikatan kovalen dengan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen, serta ikatan kovalen rangkap dua dan rangkap tiga.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan kovalen.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.3 halaman 79.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan IV
A.        Tujuan
Melalui kegiatanpraktikum, diskusi, dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Membedakan senyawa polara dan nonpolar.
2.         Menjelaskan pengaruh perbedaan keelektronegatifanterhadap kepolaran ikatan kovalen.
3.         Menjelaskan pengaruh bentuk molekulterhadap kepolaran molekul.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Kepolaran Ikatan Kovalen

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning, direct learrning
3.         Metode                     :Praktikum, diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 3Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPointserta alat dan bahan praktikum, seperti
                        gelas kimia, sendok teh, garam dapur, tablet vitamin C, soda kue,
                      penyedap rasa, detergen, minyak goring, dan air.
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai kepolaran ikatan kovalen, kemudian mendiskusikannya terkait pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangkepolaran ikatan kovalen, serta pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
1)         Hal apa yang membedakan ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen nonpolar?
2)         Bagaimanakah pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangkepolaranikatan kovalen.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.

Mengamati (Observing)
1)         Membedakan senyawa polar dan nonpolarberdasarkan kegiatan pada Aktivitas Ilmiah 3.1.
2)         Mengamati pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil praktikum dan pengamatan.
2)         Menanyakan perbedaan senyawa polar dan nonpolar.
3)         Menanyakan pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen. 
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mendiskusikan hasil praktikum sehingga diperoleh kesimpulan dan memahami tujuan dilakukannya praktikum tersebut.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang perbedaan senyawa polar dan nonpolar.
3)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil praktikum dan pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan perbedaan senyawa polar dan nonpolar.
3)         Menyimpulkan pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil praktikum dan pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara kepolaran ikatan kovalen dengan pengaruh perbedaan keelektronegatifan dan bentuk molekulterhadap kepolaran ikatan kovalen.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai kepolaran ikatan kovalen.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.4 halaman 83.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini

Pertemuan V
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
2.         Menggambarkan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3.         Memprediksi jenis ikatan.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Ikatan Kovalen Koordinasi
2.         Ikatan Logam
3.         Memprediksi Jenis Ikatan

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab


D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 3Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 3 Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam, kemudian mendiskusikannya terkait proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangproses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
1)         Bagaimanakah ciri khas dari ikatan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam?
2)         Sebutkan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan kovalen koordinasi, ikatan logam, dan memprediksi jenis ikatan.

2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
2)         Mengamati senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)         Mengamati senyawa-senyawa dan memperkirakan jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa-senyawa tersebut.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)         Menanyakan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
4)         Menanyakan cara memperkirakan jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang cara memperkirakan jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
3)         Menyimpulkansenyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.
4)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang cara memperkirakan jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logamdengan senyawa-senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan kovalen koordinasi, ikatan logam, dan memprediksi jenis ikatan.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 3.5, 3.6, dan 3.7 halaman 85, 86, dan 87.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·      Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
·      Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio
2.         Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
1)         Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai ikatan kimia.





2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.





3.
Mengucapkan rasa syukur atas penciptaan beragam unsur yang melimpah untuk kepentingan makhluk hidup.





4.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.





5.
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1 –5

2)         Kompetensi Inti II
a)         Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.

Nama Siswa                  : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..

No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Masuk kelas tepat waktu.



2.
Memakai seragam sesuai tata tertib.



3.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran.



4.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.



5.
Membawa buku teks mata pelajaran.



6.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran.



7.
Mengerjakan tugas yang diberikan.



8.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Membaca disertai pemahaman terhadap materi praktikum yang akan dilakukan.



2.
Menguasai langkah kerja praktikum dengan benar.



3.
Menyiapkan alat-alat keselamatan kerja dalam praktikum.  



4.
Menggunakan peralatan praktikum secara hati–hati dan bertanggungjawab.



5.
Menggunakanzat-zat pada praktikumdengan cermat.



6.
Melakukan pengambilan data hasil pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.



7.
Mampu bekerja sama dengan baik antaranggota kelompok yang lain.



8.
Membersihkan alat kerja setelah praktikum selesai.



9.
Membuang limbah sisa praktikum di tempat yang aman.



10.
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik.



11.
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).



12.
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 10 - 12 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 7 - 9 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat 4 - 6 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 - 3 jawaban Ya 
c.          Lembar Tes Tertulis
1)         Susunan elektron valensi gas mulia di bawah ini adalah oktet, kecuali ….
a. Ar
b. Ne
c. Kr
d. Xe
e. He
        Jawaban: e
2)         Pasangan senyawa berikut yang keduanya berikatan ionik adalah ….
        a. HF dan HCl                      
        b. NaBr dan K2O     
        c. FeCl2 dan H2O
        d. C2H4 dan CaC2
        e. CO2 dan N2O4
        Jawabanb: b
3)         Zat yang bersifat polar adalah ….
        a. BCl3         
        b. H2O                     
        c. CCl4
        d. PCl5
        e. CHCl3
        Jawaban: b
4)         Senyawa yang mempunyai ikatan kovalen, ikatan ion, dan ikatan kovalen koordinasi secara bersamaan adalah ….
        a. NH3BF3    
        b. KNO3       
        c. KCN
        d. NH4Cl
        e. NaCl
        Jawaban: d
5)         Senyawa yang dapat larut dalam air adalah ….
        a. NaCl        
        b. CCl4         
        c. HCl
        d. NH3
        e. Cl
        Jawaban: a

d.         Lembar Portofolio
Buatlah kelompok belajar yang terdiri atas 5 orang. Kemudian, berkunjunglah ke supermarket dan temukan 10 bahan dasar senyawa kimia yang Anda kenal. Tuliskan rumus dan ikatan kimia yang membentuknya. Lalu, buatlah model atom beserta jenis ikatannya dari senyawa-senyawa kimia yang kelompok Anda temukan. Gunakan kreativitas kelompok Anda dalam menentukan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat model atom.


Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                            
Kepala SMK Ma’arif NU                                                         Guru Mapel



H. …………, M.Pd                                                                  Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                        NIP. -
Itulah Postingan tentang RPP Kimia Kelas X SMK/SMA Kurtilas Bab Ikatan Kimia semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.