TABEL ALAT DAN BAHAN PERCOBAAN YANG
DIDAPAT DARI ALAM
KELAS 7
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alat dan Bahan
|
Ket
|
1
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
-
Gula
-
Garam
-
Sirup
-
Pasir
-
Kopi hitam
-
minyak
-
air
|
Materi campuran
|
-
jeruk
-
tomat
-
sayuran
-
cuka
-
sabun cuci
-
pasta gigi
-
obat magh
-
garam dapur
-
kunyit
-
bunga mawar
|
Materi asam, basa dan garam
|
||
5
|
3.1
Memahami
prosedur pengklasifikasi-an makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai
bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasi-kan berbagai makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
|
-
bayam
-
kacang tanah
-
padi
-
kentang
-
kacang kedelai
-
melati
-
kacang panjang
-
singkong
-
kubis
|
Mengklasifikasi tumbuhan
|
6
|
4.1
Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar
|
-
roti yang berjamur
-
nasi yang berjamur
-
tempe
|
Kelompok jamur
|
7
|
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel
dan bagian-bagiannya
|
-
gabus
-
model sel hewan/tumbuhan
-
cat warna/spidol
|
sel
|
8
|
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaat-kan untuk kehi-dupan
sehari-hari
|
-
es batu
-
lilin
-
korek api
-
kertas
|
Perubahan fisika dan perubahan kimia
|
|
|
-
Dua buah balon
-
Air
-
Korek api
|
Kapasitas kalor
|
9
|
4.12Menyajikan
hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
-
Benang kasur / tali rafia
-
Kartu-kartu berisi komponen ekosistem
|
Interaksi dalam ekosistem membentuk
suatu pola
|
TABEL ALAT DAN BAHAN PERCOBAAN YANG
DIDAPAT DARI ALAM
KELAS 8
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alat dan Bahan
|
Ket
|
1
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Berbagai gerak dalam kegiatan olah
raga
|
Hukum Newton
|
2
|
3.6Mendeskripsikan
sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
|
-
Nasi
-
Singkong
-
Roti
-
Kue
-
Keripik Kentang
-
Kacang
-
Buah-Buahan
-
Sayuran
-
Kertas Minyak( Bahan Layang-Layang)
-
Label
-
Minyak
-
Air
|
Makanan
|
3
|
3.6Mendeskripsikan
sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
|
- Kain
katun ukuran 25 x 25 cm
- Kain
handuk ukuran 25 x 25 cm
- Wadah
tempat menampung air
- air
|
Sistem pencernaan
|
4
|
3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari,
bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya
gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap
kehidupan di bumi
|
- dua
paku payung
- kertas
tebal (23 cm x 30 cm)
- kertas
(21,5 cm x 28 cm)
- penggaris
30 cm
- tali
25 cm
- pensil
|
Orbit pelanet
|
TABEL ALAT DAN BAHAN PERCOBAAN YANG
DIDAPAT DARI ALAM
KELAS 9
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alat dan Bahan
|
Ket
|
|
|
|
|
1
|
3.2 Memahami
reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
-
jahe
-
kunyit
-
bawang putih
-
bawah merah
-
singkong
-
cocor bebek
|
Reproduksi aseksual alami
|
|
4.2Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
|
-
gelas plastik bekas/ pot kecil 14 buah
-
tanah
-
air
-
pisau
-
lidi
-
tanaman iler
-
tanaman cocor bebek
-
tanaman bawang merah
|
Reproduksi aseksual buatan
|
|
3.2 Memahami
reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
-
bunga sepatu
-
bunga mawar
-
bunga merak
-
alat tulis
-
kertas manila atau buku gambar
-
pensil warna
-
|
Bagian bunga
|
|
4.2Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
|
-
Biji kedelai
-
Wadah
-
Air
-
Kapas
|
perkecambahan
|
|
4.2Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
-
20 biji jagung
-
20 biji kacang hijau
-
20 biji kedelai
-
1 lembar plastik
-
1 gelas bekas air mineral
-
Penghitung waktu
-
Kertas alas ukura A3 berwarna
hijau/kuning/putih
|
Kamuflase biji-bijian
|
|
4.2Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
-
5 buah kentang
-
5 gelas bekas air mineral
-
Tusuk gigi 25 buah
-
Air
|
Reproduksi vegetatif
|
|
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta
sifat hantaran listrik bahan
|
-
Botol minuman plastik
-
Sedotan plastik
|
Listrik statis
|
|
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta
sifat hantaran listrik bahan
|
-
Botol minuman plastik
-
Balon
-
Obeng
-
Gunting
-
Alumunium foil
-
Lilin
-
Korek api
|
Elektroskop sederhana
|
|
4.10Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah
bagi keberlangsungan kehidupan
|
-
Tanah liat, tanah lempung, pasir
-
Air
-
Botol plastik bekas ukuran sedang
-
Gunting atau cutter
-
Gelas ukur
-
Paku besar
|
Sifat tanah
|
|
4.10Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah
bagi keberlangsungan kehidupan
|
-
Tanah
-
Rumput atau tanaman lain
-
4 buah botol plastik bekas
-
Gunting atau cutter
-
Gelas ukur
-
Cetok (sekop kecil)
-
karet
|
Proses pembentukan tanah
|
|
4.10Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah
bagi keberlangsungan kehidupan
|
-
3 buah gelas bekas air mineral yang
bersih dan kering
-
Setengah gelas tanah yang diambil dari
kebun
-
Setengah gelas pasir
-
3 buah kantong plastik bening
-
Selotip atau 3 bauh tali karet
-
Gunting
-
Spidol
|
Tanah
|
Itulah Postingan Alat dan Bahan Praktikum yang IPA Bersumber Dari Alam semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.