RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-01
Sekolah
|
:
SMP PANCASILA JATIBARANG
|
Mata Pelajaran
|
: IPA
|
Kelas/Semester
Materi Pokok
|
: IX/ II
: Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk
Teknologi
|
Alokasi Waktu
|
: 15 JP ( 6 Kali Pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/ teori
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
||
1.1
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menunjukkan
sikap mengagumi ciptaan Tuhan serta mewujudkannya dalam pengamalan agama yang
dianutnya.
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1
|
Memiliki rasa
ingin tahu,jujur,teliti,tekun,hati-hati tanggungjawab,kritis,inovatif dan
peduli lingkungan
|
2.2
|
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
2.2
|
Dapat bekerja
sama ,menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sebagai
inplementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasilnya
|
3.7
|
Mendeskripsikan
konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk
teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan
untuk mencari makanan dan migrasi
|
3.7
|
1.
Menjelaskan prinsip
kemagnetan dalam tubuh hewan
2.
Menjelaskan pengertian magnet.
3.
Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
4.
Menyebutkan contoh feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
5.
Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
6.
Menjelaskan 3 cara menghilangkan sifat magnet.
7.
Mengidentifikasi medan magnet dari berbagai bentuk magnet.
8.
Menjelaskan teori kemagnetan bumi.
9.
Menghitung besar Gaya Lorentz.
10.
Menentukan arah Gaya Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan.
11.
Menyebutkan contohcontoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan seharihari.
12.
Menjelaskan prinsip kerja contohcontoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan seharihari.
13.
Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik.
14.
Menyebutkan contohcontoh penerapan induksi elektromagnetik dalam
kehidupan seharihari.
15.
Menjelaskan prinsip kerja contohcontoh penerapan induksi elektromag netik dalam kehidupan
seharihari.
16.
Menjelaskan prinsip kerja transformator.
17.
Menghitung efisiensi transformator.
18.
Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam berbagai produk teknologi.
19.
Menjelaskan cara membuat generator sederhana.
|
4.7
|
Membuat karya
sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi
elektromagnetik
|
4.7
|
1.
Melalui percobaan
peserta didik dapat membuat magnet
2.
Melalui pengalaman
pembelajaran, peserta didik dapat membuat generator sederhana.
|
D.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler ;
Pertemuan Pertama (3 JP)
·
Prinsip kemagnetan dalam
tubuh hewan
·
Migrasi hewan
·
Pengertian magnet
·
Feromagnetik,
paramagnetik dan diamagnetik
Pertemuan Kedua (2 JP)
·
Sifat kutub magnet.
·
Tiga cara membuat
magnet.
·
Cara kerja
elektromagnetik.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
·
Pembuatan magnet
Pertemuan Keempat (3 JP)
·
Menghitung besar Gaya
Lorentz
·
Menentukan arah Gaya
Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan
·
Menyebutkan contoh
penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan prinsip
induksi elektromagnetik
·
Menyebutkan contoh
penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan prinsip
kerja transformator
Pertemuan Kelima (2 JP)
·
Menghitung efisiensi transformator.
·
Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam berbagai produk
teknologi.
·
Menjelaskan cara membuat generator sederhana
Pertemuan
ke enam ( 2 JP)
·
Ulangan harian
Materi Remidial
·
Permasalahan penerapan
pada gaya lorentz dalam bentuk soal
·
Menghitung efisiensi
transformator
Materi Pengayaan
Memberi
tugas gejala Kemagnetan Bumi (Kejanggalan
pada kompas).
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta
didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru
memberi pertanyaan sebagai apersepsi kepada siswa pernahkah
kamu memikirkan cara hewan melakukan migrasi?
4) Guru menyampaikantujuan pembelajaran yang akan dicapai
dalam pembelajaran.
|
10’
|
Inti
|
Mengamati:
-
Peserta didik mengamati tayangan video
tentang migrasi hewan.
Menanya:
Siswa
bertanya:
-
Mengapa hewan tidak
tersesat saat bermigrasi?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau
Informasi:
· Peserta didik mencari literatur tentang prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan,pengertian magnet, feromagnetik,
paramagnetik dan diamagnetik
Mengasosiasi/
Menganalisis data atau informasi:
· Peserta
didik menganalisis hasil
pencarian literatur tentang prinsip kemagnetan
dalam tubuh hewan,pengertian magnet, feromagnetik, paramagnetik dan
diamagnetik
· Peserta didik membuat kesimpulan tentang kemagnetan dalam tubuh hewan,pengertian magnet, feromagnetik,
paramagnetik dan diamagnetik
Mengkomunikasikan:
- Peserta didik mempresentasikan hasil analisisnya.
|
100’
|
Penutup
|
-
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi
(materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu: sifat kutub magnet,
cara membuat magnet, dancara kerja elektromagnetik.
|
10’
|
Pertemuan Kedua: (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta
didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru
menampilkan dua buah magnet batang yang didekatkan:
·
sisi yang warnanya sama
·
sisi yang warnanya berbeda
Apa yang
terjadi? Mengapa demikian?
4) Guru menyampaikanindikator pembelajaranyang akan dicapai
dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
10’
|
Inti
|
Mengamati:
-
Peserta didik mengamati sebuah magnet yang dapat menarik benda-benda seperti
besi, baja dan aluminium.
-
Peserta didik mengamati sebuah magnet yang tidak dapat menarik benda-benda
seperti plastik, kaca, batu dan kayu
Menanya:
Peserta didikbertanya:
-
Mengapa benda-benda
seperti besi dan baja yang ada di sekitar magnet, dapat ditarik oleh magnet?
-
Jenis benda apa saja yang
dapat ditarik oleh magnet?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau
Informasi:
·
Peserta didik mencari
literatur tentang sifat kutub magnet,
·
Peserta didik melakukan aktivitas 6.2 (Buku siswa hal. 12-14) tentang cara membuat magnet
dan cara kerja elektromagnetik.
·
Peserta didik melakukan aktivitas 6.3 (Buku siswa hal. 18-19) tentang pola medan magnet
Mengasosiasi/
Menganalisis data atau informasi:
·
Peserta didik menganalisis
hasil pencarian literatur tentang sifat kutub magnet, cara membuat magnet, cara kerja elektromagnetik.
·
Peserta didik membuat
kesimpulan tentang sifat kutub magnet, tiga cara
membuat magnet, cara kerja elektromagnetik.
Mengkomunikasikan:
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil analisisnya.
-
Peserta didik yang lain
mengomentari.
|
60’
|
Penutup
|
-
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi
(materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu: kemagnetan bumi,percobaan Oersted dan Gaya Lorenzs.
|
10’
|
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik.
2)
Peserta didik dan guru berdoa untuk
memulai pelajaran.
3)
Guru memberi pertanyaan sebagai
apersepsi kepada siswa pernahkah
kamu menggunakan kompas?,
4)
Guru menyampaikanindikatorpembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru menyiapkan peserta
didik untuk berkelompok
|
10’
|
Inti
|
Mengamati:
-
Peserta didik mengamati penyimpangan jarum kompas yang berada di dekat kawat berarus listrik.
Menanya:
Peserta didik
bertanya:
-
Mengapa
terjadi penyimpangan jarum kompas?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau
Informasi:
·
Peserta didik secara
berkelompok mencari literatur tentang kemagnetan
bumi dan gaya Lorentz
·
Peserta didik melakukan aktivitas 6.5 ( Buku siswa hal 24-25)
·
Peserta didik secara
berkelompok mencari literatur tentang contoh
penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi/
Menganalisis data atau informasi:
·
Peserta didik Menganalisis
hasil percobaannya.
·
Peserta didik membuat
kesimpulan tentang kemagnetan bumi dan gaya Lorentz Serta
penerapannya
Mengkomunikasikan:
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil percobaannya.
|
100’
|
Penutup
|
-
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi
(materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu: tentangprinsip
induksi elektromagnetik
dan penerapannya.
|
10’
|
Pertemuan
Keempat (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta
didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
- Guru
memberi pertanyaan sebagai apersepsi kepada siswa apakah yang dimaksud dengan Gaya Lorentz?, Faktor apakah yang
mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dalam pembelajaran.
|
10’
|
Inti
|
Mengamati:
Peserta didik
mennyelidiki peristiwa Induksi Elektromagnetik.
Menanya:
Peserta didik
bertanya:
-
Faktor apakah
yang mempengaruhi besar GGL induksi?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau
Informasi:
·
Peserta didik mencari
literatur tentang faktor-faktor yang mempengaruhi besar
GGL Induksi
·
Peserta didik
melakukan kegiatan 6.6
( Buku Siswa hal 29 -30 )
Mengasosiasi/
Menganalisis data atau informasi:
·
Peserta didik menganalisis dan menyimpulkan hasil pencarian literaturnya.
Mengkomunikasikan:
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil analisisnya.
|
60’
|
Penutup
|
-
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi
(materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu: tentang prinsip kerja transformator
|
10’
|
Pertemuan Kelima
(3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
2. Peserta
didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3.
Guru memberi pertanyaan sebagai
apersepsi kepada siswa apakah yang
dimaksud dengan Induksi Elektromagnetik?
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam pembelajaran.
|
10’
|
Inti
|
Mengamati:
Peserta didik
mengamati model /gambar trafo
Menanya:
Peserta didik
bertanya:
- Apa itu trafo?
-
Apa gunanya
trafo?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau
Informasi:
·
Peserta didik mencari
literatur tentang trafo.Peserta didik membaca buku siswa
halaman 32-34
Mengasosiasi/
Menganalisis data atau informasi:
·
Peserta didik menganalisis dan menyimpulkan hasil pencarian literaturnya.
Mengkomunikasikan:
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil analisisnya.
|
100’
|
Penutup
|
-
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi
(materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Guru menyampaikan pada peserta didik untuk membuat generator sederhana danmempersiapkan pelaksanaan Uji Kompetensi pada pertemuan berikutnya.
|
10’
|
Pertemuan keenam( 2 JP
)
Uji Kompetensi( soal terlampir )
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Teknik penilaian
Sikap Spiritual
a. Teknik
Penilaian : observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi (terlampir )
c. Kisi-Kisi
: Terlampir
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi (terlampir)
c.
Rubrik dan Lembar Observasi :
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Kisi-kisi :
c.
Bentuk
Instrumen : Uraian ( terlampir)
Keterampilan
a.
teknik penilaian :
tes praktik
b.
bentuk instrumen : lembar observasi
c.
rubric dan lembar observasi :
Pembelajaran Pengayaan ( terlampir)
Gejala Kemagnetan Bumi (Kejanggalan pada kompas)
G. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media: Gambar
2. Alat dan Bahan
-
Paku ( 3 buah)
-
Penjepit kertas 30 buah
-
Magnet batang (10)
-
Seng (3)
-
Alumunium (3)
-
Tembaga (3)
-
Batu baterai (1)
-
Kabel email
3.
Sumber
Belajar
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2015. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas IX
Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 1 – 40.
Jatibarang, Januari 2016
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Jatibarang Guru
Mapel
Lampiran
Penilaian Sikap
No.
|
Butir
Nilai
(Sikap
Spiritual)
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
|
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1
|
|
|
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1
|
Rubrik Lembar Observasi dengan
ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila memenuhi 4 indikator
3 = apabila memenuhi 3 indikator
2 = apabila memenuhi 2 indikator
1 = apabila memenuhi 1 indikator
Sikap
|
Indikator
|
Kejujuran
|
1.
Melakukanpengamatanterhadapvariabel/objek yang relevan.
2.
Melakukanpengamatandenganindera yang sesuai.
3.
Mencatathasilpengamatansesuaikenyataan.
4.Melaporkan/mengkomunikasikanhasilpengamatan/percobaansesuai data
yang diperoleh.
|
Ketelitian
|
1. Melakukanpengamatansecararuntut.
2. Melakukanpengamatansecaradetil.
3.
Mencatatsemua data/informasi yang diperoleh
4.Melaporkan/mengkomunikasikanhasilpengamatan/percobaansecaraterperinci.
|
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :…
Semester :…
TahunPelajaran : ...
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : Kejujuran dan Ketelitian
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Indikator SikapSosial(1 – 4)
|
JumlahPerolehan
Skor
|
SkorAkhir
|
Tuntas/ Tidak
Tuntas
|
|
Kejujuran
|
Ketelitian
|
|||||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
Lampiran
: Kisi Kisi dan Soal Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor
Butir
Soal
|
1.
|
Menjelaskan
prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan.
|
1
|
1
|
2.
|
Mendefinisikan
pengertian kemagnetan.
|
1
|
2
|
3.
|
Membedakan bahan
feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik
|
1
|
3
|
4.
|
Menyebutkan 2
contoh bahan yang termasuk feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik
|
1
|
4
|
5.
|
Menjelaskan 3
cara membuat magnet.
|
1
|
5
|
6.
|
Menjelaskan cara menghilangkan sifat magnet.
|
1
|
6
|
7.
|
Menjelaskan medan magnet
dari berbagai bentuk magnet.
|
1
|
7
|
8.
|
Menjelaskan teori kemagnetan
bumi.
|
1
|
8
|
9.
|
Menghitung besar
Gaya Lorentz.
|
1
|
9
|
10.
|
Menentukan arah
Gaya Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan.
|
1
|
10
|
11.
|
Menyebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalamkehidupan
sehari-hari
|
1
|
11
|
12
|
Menjelaskan
prinsip kerja contoh-contoh penerapan gaya lorentz dalam kehidupan sehari
hari.
|
1
|
12
|
13
|
Menjelaskan
prinsip induksi elektromagnetik
|
1
|
13
|
14
|
Menyebutkan
contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalamkehidupan sehari-hari
|
1
|
14
|
15
|
Menjelaskan
prinsip kerja contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalamkehidupan
sehari-hari
|
1
|
15
|
16
|
Menjelaskan
prinsip kerja transformator
|
1
|
16
|
17
|
Menghitung
efisiensi transformator
|
1
|
17
|
18
|
Menjelaskan
prinsip kemagnetan dalam berbagai produk teknologi
|
1
|
18
|
Jawablah semua pertanyaan
di bawah ini!
1.
Mengapa burung elang pada saat melakukan migrasi pada tiap musim tertentu tidak tersesat?
2.
Jelaskan pengertian kemagnetan.
3.
Sebutkan klasifikasi bahan feromagnetik,
paramagnetik, dandiamagnetic.
4.
Sebutkan masing-masing 2 contoh bahan feromagnetik,
paramagnetik, dandiamagnetik
5.
Sebutkan
3 cara membuat magnet
!
6.
Bagaimanakah cara membuktikan hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan
7.
Gambarlah medan magnet
pada magnet batang.
8.
Mengapa jarum kompas
selalu mengarah ke utara– selatan?
9.
Suatu kawat berarus listrik 10 A dengan arah keatas berada dalam medan magnetik 0,5 T tegak lurus terhadap kawat. Jika panjang kawat 5 meter, tentukan besarnya gaya Lorentz yang dialami kawat!
10.
Jelaskan dengan kaidah tangan untuk menentukan arah gayaLorentz
!
11.
Sebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
12.
Arah gerak jarum
galvanometer dipengruhi oleh....
13.
Sebutkan sarat
terjadinya GGL induksi dalam kumparan
14.
Sebutkan alat- alat
tehnik yang dibuat dengan prinsip induksi elektro magnetik
15.
Jelaskan bagaimana
prinsip kerja generator
16.
Jelaskan prinsip kerja
transformator.
17.
Hitunglah efisiensi transformator yang memiliki lilitan
primer 300 dan lilitan sekunder 30. Jika tegangan pada lilitan primer adalah 220 volt
dan arus primer 0,5 mA !
18.
Jelaskan cara kerja bel
listrik
Kunci Jawaban Tes Pengetahuan dan Cara Penyekoran/Penilaian
No.
|
KunciJawaban
|
Skor
|
|||
1.
.
|
Karena burung elang memiliki biomagnetik
|
1
|
|||
2
|
Kemagnetan
adalah suatu sifat zat yang teramati sebagai suatu gaya tarik atau gaya tolak
antara kutub-kutub tidak senama atau
senama
|
1
|
|||
3
|
a)
Bahan ferromagnetik, yaitu bahan yang ditarik
oleh magnet dengan gaya yang kuat.
b) Bahan
paramagnetik, yaitu bahan yang ditarik oleh magnet dengan gaya yang
lemah.
c)
Sedangkan bahan yang tidak ditarik oleh magnet disebut
diamagnetik.
|
3
|
|||
4
|
a.Bahan ferromagnetik
contohnya besi, baja, kobalt dan nikel.
b.Bahan paramagnetik
contohnya aluminium, platina, dan
mangaan.
c. Bahan diamagnetik
misalnya bismut, tembaga, seng, emas dan perak.
|
3
|
|||
5
|
a)
Dengancarainduksi
b)
Dengancaramengaliriaruslistrik (elektromagnetik)
c)
Dengancaramenggosok
|
3
|
|||
6
|
Sebuah magnet
akanhilangsifat kemagnetannyajika:
1. Magnet dipanasakan hingga berpijar atau dibakar
Pemanasan pada magnet
menyebabkan sifat kemagnetannya berkurang atau bahkan hilang. Hal ini terjadi
karena tambahan energy akibat pemanasan menyebabkan partikel-partikel bahan bergerak
lebih cepat dan lebih acak, maka sebagian magnet elementernya tidak lagi menunjuk arah yang sama seperti semula.
Bahkan setiap benda di atas suhu tertentu sama sekali tidak dapat dibuat menjadi
magnet.
2. Magnet dipukul atau ditempa hingga bentuknya berubah atau rusak
Magnet yang mengalami pemukulan
akan menyebabkan perubahan susunan magnet elementernya.
Akibat pemanasan dan pemukulan magnet elementer menjadi tidak teratur dan
tidak searah. Magnet-magnet elementer yang tadinya segaris (searah) menjadi berarah
sembarangan, sehingga benda kehilangan sifat magnetiknya.
|
2
|
|||
7
|
2
|
||||
8
|
Dikutub utara
geograpi bumi terdapat kutub selatan magnet dan di kutub selatan geografi
bumi terdapat kutub utara magnet
|
1
|
|||
9
|
Diketahui:
i =10A B =0,5
l=5m
Ditanya:F=...? Pembahasan: F=B.i.l F=(0,5)(10)(5) F = 25 newton |
4
|
|||
10
|
Jikatangankanankitaterbuka,
makaarahgaya Lorentz sesuaiarahtelapaktangan.
Araharuspadapenghantarditunjukkanolehibujari, sedangkanan arahmedan
magnet yang mempengaruhisesuaidengankeempatjari yang lain
|
2
|
|||
11
|
Motor
listrik, Bellistrik, alatukurlistrikdanPengerassuara
|
2
|
|||
12
|
Arah gerak kutub magnet
|
2
|
|||
13
|
Terjadi perubahan jumlah GGM dalam
kumparan
|
2
|
|||
14
|
Alat ukur listrik, generatot, transformator
|
2
|
|||
15
|
Memutar magnet di dalam kumparan
atau memutar kumparan didalam magnet.
|
2
|
|||
16
|
Apabila lilitan primer dihubungkan
dengan sumber tegangan arus bolak balik , pada lilitan primer tejadi
perumbahan ggm.
Perubahan ggm pada kumparan primer
menginduksi pada kumparan sekunder sehingga pada kumparan sekunder terjadi
ggl induksi
|
2
|
|||
17
18
|
Dik: Np = 300 lilitanVp = 220 V
Ns = 30 lilitanIp = 0,5 mA
Dit: Efisiensi (Æž)……..?
Jawab:
Vs = Vp x Ns
/ Np Is = Np x Ip/Ns
= 220 x 30 / 300 = 300 x 0,5 / 30
= 22 volt = 5 mA
È = P s / Pp
x 100%
= Vs x Is / Vp x Ip x 100%
= 22 x 5 / 220 x 0,5 x 100%
= 100 %
Saat interuptor berhubungan dengan
sumber arus, elektromagnet menjadi mmagnet lalu menarik pemukul, sehingga
timbul bunyi. Saatpemukul ditarik arus putus kemagnetan elektro magnet hilang
maka pemukul kembali ketempst semula, pada saat pemukulkembali ketempat
semula interuptor berhubungan dengan arus listrik...dst
|
4
2
|
|||
Skormaksimum
|
40
|
||||
Nilai
=
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
||||
Skor Maksimum (30)
|
|||||
Lampiran : Lembar Observasi
Penilaian Ketrampilan
rubrik lembar observasi dengan
ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila memenuhi indikator 1
3 = apabila memenuhi indikator 2
2 = apabila memenuhi indikator 3
1 = apabila memenuhi indikator 4
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
1.
|
Menyiapkan
alat
dan
bahan
|
1. Menyiapkansemuaalatdanbahan
yang diperlukansesuaispesikifasi.
|
2. Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan tetapi sebagian tidaksesuai spesikifasi.
|
||
3. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
tetapi tidak lengkap.
|
||
4. Tidak menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan.
|
||
2.
|
Langkahpembuatan magnet
|
1. Langkah pembuatan dilakukan
dengan metode yang benar dan teliti.
|
2. Langkah pembuatan dilakukan
dengan metode yang benar dan tetapi
kurangteliti.
|
||
3.
Langkah pembuatan dilakukan dengan metode yang kurang benar.
|
||
4.
Langkah pembuatan dilakukan dengan metode yang tidak benar.
|
||
3.
|
Hasil
pembuatan magnet
|
1.
Memperoleh hasil pembuatan magnet dengan tingkat kesesuaian tinggi.
|
2.
Memperoleh hasil pembuatan magnet dengan tingkat kesesuaian sedang.
|
||
3.
Memperoleh hasil pembuatan magnet dengan tingkat kesesuaian rendah.
|
||
4.
Tidak memperoleh hasil pembuatan magnet
|
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :…
Semester :…
TahunPelajaran : ...
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : 1. Menyiapkanalatdanbahan
2.Langkahpembuatan
magnet
3. Hasil pembuatan magnet
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor Keterampilan
(1 – 4)
|
JumlahPerolehan
Skor
|
SkorAkhir
|
Tuntas/ Tidak Tuntas
|
||
Menyiapkan alat danbahan
|
Langkahpembuatan magnet
|
Hasilpembuatan magnet
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR
KETERAMPILAN
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Jumlah
Perolehan Skor
Skor Akhir=
--------------------------------- x 4
Skor
Maksimal
Skor Maksimal= Banyaknya
Indikator x 4
Lampiran
: Pembelajaran
Pengayaan
Gejala Kemagnetan Bumi (Kejanggalan pada
kompas)
Alat dan Bahan
1.
Gelas yang penuh berisi air
2.
Magnet jarum
3.
Spidol
Langkah Kerja
1. Beri tanda pada gelas untuk
meunjukkan arah kutub utara dan selatan bumi.
2. Isi gelas dengan air hingga
penuh. Letakkan magnet jarum di atas permukaan air.
3. Amati apa yang terjadi?
4. Mengapa magnet jarum yang
diapungkan tidak tepat menunjukan ke arah kutub utara dan selatan bumi?
5. Mengapa magnet jarum yang
diapungkan tidak hanya menunjuk kearah utara dan selatan, tetapi juga ke arah
bawah?
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.