(Bakpau Isi Tumis Sayuran)
DISUSUN OLEH:
EKO SUPRIYANTO
C1013050
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
BHAKTI MANDALA HUSADA PAPUA
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR
Dengan
rahmat dan ridha Allah SWT, Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan segala
puji bagi-Nya. Sholawat dan salam untuk Baginda Nabi Muhammad SAW, Nabi serta
Rosul pilihan. Alhamdulillahirabbil’alamin, penulis telah menyelesaikan
Proposal Business Plan dengan Judul “Bakpau TS (Bakpau Isi Tumis Sayuran)”.
Dalam
memperlancar penyusunan laporan industri
ini penulis telah memperoleh banyak bantuan, bimbingan dari berbagai pihak.
Untuk itu penulis merasa perlu meyampaikan terima kasih kapada pihak – pihak
yang telah membantu penulis.
Penulis
menyadari, bahwa laporan ini banyak kekurangan dan kesalahan oleh karena itu
demi kesempurnaannya, maka saran dan kritik sangat diharapkan. Mudah- mudahan
laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada
umumnya. Amin-amin ya robbal alami
PAPUA, Oktober
2015
Penulis
DAFTAR ISI
COVER...................................................................................................
KATA
PENGANTAR............................................................................
DAFTAR
ISI..........................................................................................
1. GAMBARAN UMUM
RENCANA KEGIATAN
1.1 Nama
Alamat Kegiatan...............................................................
1.2 Jenis
Usaha..................................................................................
1.3 Sifat
Jenis Usaha.........................................................................
1.4 Alasan
Gagasan Timbulnya Usaha..............................................
1.5 Pola
Pengembangan Usaha..........................................................
1.6 Tujuan
Kegiatan..........................................................................
1.7 Manfaat
Kegiatan........................................................................
2. ASPEK PEMASARAN
2.2
Calon Pembeli yang Diharapkan ................................................
2.3
Jaringan Pasar..............................................................................
2.4
Jangkauan Pemasaran Produk.....................................................
2.5
Persaingan....................................................................................
2.6
Perkiraan Komulatif Penjualan....................................................
2.7
Strategi Pemasaran......................................................................
2.8
Perkiraan Harga Jual....................................................................
3. ASPEK TEKNIS DAN PRODUKSI
3.1 Dasar Pertimbangan Pemilihan Lokasi........................................
3.2
Bangunan Produksi yang diperlukan...........................................
3.3 Kapasitas Produksi.......................................................................
3.4
Pengadaan Bahan Baku...............................................................
3.5
Kebutuhan Tenaga Kerja ............................................................
3.6
Kebutuhan Sarana Transportasi...................................................
3.7
Ketersediaan Fasilitas Umum yang mendukung.........................
4. ASPEK KEUANGAN
4.1
Kebutuhan Biaya Investasi..........................................................
4.2
Kebutuhan Biaya Produksi..........................................................
4.3
Penjualan.....................................................................................
4.4
Perhitungan Rugi Laba per Siklus...............................................
4.5
Analisa Kelayakan Usaha............................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Di
zaman yang sudah maju ini, lapangan pekerjaan yang ada tidak diimbangi dengan
jumlah penduduk yang semakin membludak. Banyak pengangguran dimana-mana, baik
di kota besar maupun didaerah. Tidak hanya yang tidak sekolah, justru yang
sudah menyelesaikan pendidikan bahkan memiliki gelar sarjana pun sekarang
banyak yang menganggur. Dari fenomena tersebut berwirausaha adalah pilihan
terbaik untuk tidak menjadi pengangguran.
Dengan
berwirausaha kita bisa membuka juga lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. Melihat peluang tersebut penulis
ingin membuka usaha dengan mengawali dari usaha yang kecil-kecilan yaitu usaha Bakpau
dengan isi tumis sayuran. Bakpau adalah
makanan cemilan khas dari Tionghoa, di Indonesia dikenal Bakpau dengan
isi daging dan rasa buah seperti coklat, strawberry dan lain sebagainya.
Dan
pada kesempatan ini penulis ingin membuat Bakpau dengan isi sayuran yang
ditumis. Alasan penulis mengambil ide tersebut bahwa dewasa ini anak-anak
jarang sekali suka dengan sayuran, sehingga penulis berusaha untuk membuat
kreasi makanan dengan sayuran. Dan diharapkan anak-anak akan menyukainya. Dengan
modal sekitar 1-1,5 juta penulis bisa membuka usaha dengan keuntungan yang
cukup besar. Membuat Bakpau bisa dilakukan oleh ibu-ibu ataupun para remaja
yang mempunyai waktu yang luang sehingga nantinya bisa mengurangi angka
pengangguran yang ada di Indonesia ini.
B. BAKPAU ISI TUMIS
SAYURAN (BAKPAU TS)
Bakpau adalah makanan khas dari Tionghoa, makanan tersebut bisa menjadi
ganti untuk sarapan. Makanan ini disukai oleh semua umur. Dengan bahan-bahan
yang relatif mudah didapatkan membuat bakpau itu sangat mudah dilakukan. Bakpau
biasanya ber isi rasa-rasa seperti coklat, kacang hijau, strawberry, dan lain
sebagainya. Dengan suatu rasa yang berbeda penulis berusaha ingin menciptakan
suatu inovasi baru pada bakpau dengan isi tumis dari berbagai macam sayuran.
Alasan penulis mengambil tema tersebut karena belum ada orang yang menjual
bakpau isi tumis sayuran sehingga saya ingin menciptakan bakpau yang unik, enak
dan menyehatkan.
C. RUMUSAN MASALAH
1. Apakah
usaha berjualan Bakpau isi tumis sayuran ini menguntungkan ?
2. Bagaimana
pemasaran produk Bakpau tersebut ?
D.
TUJUAN
PROGAM
Adapun
tujuan dari program kewirausahaan ini adalah:
1.
Memperoleh keuntungan
2.
Memberikan kepuasan tersendiri bagi
konsumen karena kami mewakili perusahaan akan memberikan rasa yang terbaik bagi
produk yang akan kami jual
3.
Menambah relasi di lingkungan desa
tempat usaha ini dijalankan
4.
Sebagai lahan eksperimen berbisnis
di tengah banyaknya pengangguran berijazah yang ada di negeri ini
1.
GAMBARAN
UMUM RENCANA KEGIATAN
1.1
Nama
& Alamat Kegiatan
Nama : Bakpau TS
Alamat : depan SMA N 03 BREBES -Brebes
1.2
Jenis
Usaha
Pembuatan Bakpau
dengan isi tumis sayuran melalui usaha individu.
1.3
Sifat
Jenis Usaha
Usaha pembuatan Bakpau TS yang dilakukan bersifat komersial yaitu
untuk mencari keuntungan dari penjualan Bakpau TS yang dihasilkan.
1.4
Alasan
Gagasan Timbulnya Usaha
Kita melihat
betapa banyak lulusan perguruan tinggi yang menganggur, karena sulit untuk
mendapatkan pekerjaan. Selain itu saya termotivasi setelah mendapatkan mata
kuliah kewirausahaan. Alasan saya membuat Bakpau sebagai usaha adalah yang
pertama Bakpau adalah kuliner yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan
dengan ditambah suatu kreasi yang baru yaitu mengganti isi Bakpau dengan tumis
dari sayur-sayuran yang lebih bergizi bisa menjadi alternatif bagi masyarakat
untuk mengkonsumsi makanan tersebut.
1.5
Pola
pengembangan Usaha
Usaha yang akan
saya lakukan yaitu dengan cara membuat Bakpau dengan isi tumis sayuran yang
dikenal Bakpau TS kemudian saya promosikan ke siswa-siswi dan masyarakat
sekitar di SMA N 3 BREBES kemudian akan kami selalu kembangkan dengan melihat
selera dari smuanya yaitu dengan membuat inovasi-inovasi yang baru misalnya
dengan membuat Bakpau karakter.
1.6
Tujuan
Kegiatan
Tujuan dari pembuatan
Bakpau TS adalah :
1.6.1
Untuk
menambah wawasan sebagai bekal kami untuk berwirausaha.
1.6.2
Untuk
memasok kebutuhan masyarakat tentang makanan cemilan yang bergizi
1.6.3
Menciptakan
lapangan pekerjaan baru, sehingga mengurangi tingkat pengangguran.
1.7
Manfaat
Kegiatan
Diharapkan masyarakat mendapatkan pengalaman dan Mampu menciptakan
sebuah karya-karya baru yang kreatif dalam pembuatan Bakpau TS ini.
2.
ASPEK
PEMASARAN
2.1
Calon Pembeli Yang Diharapkan
Pembeli yang diharapkan dalam usaha Bakpau TS adalah siswa-siswi
dan masyarakat di sekitar tempat penjualan baik balita, anak-anak maupun orang
tua.
2.2
Jaringan Pasar
Kita akan bekerjasama dengan supermarket, koperasi sekolah yang
membutuhan makanan cemilan yang bergizi untuk di jual dalam toko mereka.
2.3
Jangkauan Pemasaran Produk
Untuk memulai usaha ini saya akan melakukan pembuatan Bakpau TS dengan
berbagai macam bentuk dan kreasi untuk menarik setiap konsumen sebagai contoh supaya
penjualan Bakpau TS dapat laris dan
menguntungkan bagi pengusaha. Calon pembeli juga di perbolehkan untuk memesan Bakpau
TS dengan bentuk atau model yang mereka inginkan.
2.4
Persaingan
Tidak dipungkiri dalam berwirausaha jualan Bakpau akan
menghadapi persaingan, maka dari itu
untuk menghadapi persaingan tersebut saya akan berusaha semaksimal mungkin
untuk meningkatkan berbagai macam kreasi tentang Bakpau dan memiliki nilai jual
yang tinggi. Dengan tehnik penjualan yang berbeda yaitu memberikan harga yang
lebih murah dari pengusaha serupa yang lainya, dan saya pun akan melakukan pengiriman pada pembeli dengan
ongkos gratis, dan pemesanan bisa melalui via sms dan telephon.
2.5
Perkiraan Komulatif Penjualan
Perkiraan komulatif penjualan yang saya
lakukan yaitu dengan membuka stand langsung dan mengirimkan kesupermarket dan
koperasi sekolah.
2.6
Strategi Pemasaran
2.2.1
Produk
Untuk menarik hati konsumen produk yang
akan saya jual yaitu dengan membuat kreasi Bakpau TS karakter kartun yang
menarik. Bakpau TS yang kami buat akan dijual dengan harga yang murah dan
rasanya enak sehingga terjangkau oleh masyarakat. Ukuran Bakpau TS yang akan dibuat
dengan ukuran relatif sedang, berwarna cerah dan berkarakter sehingga berbeda
dengan Bakpau yang ada dipasaran.
2.2.2
Price
Untuk mengenai harga penjualan saya akan
memberikan harga yang lebih murah untuk menarik perhatian pembeli, dan
memberikan diskon pada pelanggan yang membeli banyak.
2.2.3
Promosi
Untuk hasil pembuatan bakpau isi tumis
sayuran saya dapat dikenal oleh banyak orang, saya akan melakukan berbagai
macam promosi antara lain:
· Advertising
(Iklan)
Untuk pertama kali kami akan melakukan pembuatan brosur untuk
disebar kepada semua konsumen.
·
Sales Promotion
Promosi melalui acara/pameran yang digelar di
tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan
ditempat pengajian, seminar, sekolah, koperasi maupun acara event lain yang
menyangkut banyak orang.
·
Personal Selling
Promosi melalui penjualan secara langsung di tempat yang
ramai.
·
Placement
Merupakan cara untuk mendistribusikan produk saya untuk sampai
ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke
konsumen atau melalui pedagang perantara seperti wholesaler (pedagang besar) atau retailer (pedagang
kecil).
2.2.4
Perkiraan Harga Jual
Untuk perkiraan harga jual sesuai dengan survai yang dilakukan
dipasaran 1 buah sekitar Rp 3.000,-
3.
ASPEK TEKNIS DAN PRODUKSI
3.1
Dasar Pertimbangan Lokasi
Dari
survai lokasi yang telah dilakukan. Tempat untuk usaha yang akan saya lakukan
dekat dengan keramaian, mudah dijangkau, dekat dengan sumber bahan baku
produksi dan daerah pemasaran serta mudah untuk mencari sumber air dan tidak
lembab.
3.2 Bangunan
Produksi yang Diharapkan
Untuk meningkatkan kualitas saya
akan memilih bahan-bahan yang terbaik, dan memiliki kualitas yang baik
3.3 Kapasitas
Produksi
Melihat lokasi yang ada untuk
pertama kali saya akan mempromosikan bakpau pada masyarakat sekitar rumah produksi.
3.4
Pengadaan Bahan Baku
Bahan :
Bahan kulit
Ø
1 kg tepung terigu
Ø
Air hangat secukupnya
Ø
11 gram ragi instan
Ø
5 sdt gula
Ø
2 sdt garam
Ø
5 sdm minyak sayur
Ø
100 gram mentega
Ø
1 sachet backing
powder
Bahan isi
Ø
¼ kg wortel
Ø
¼ kg kol
Ø
¼ kentang
Ø
¼ buncis
Ø
3 siung bawang putih
Ø
5 siung bawang merah
Ø
½ sdt garam
Ø
½ sdt gula
Ø
¼ sdt kaldu bubuk
Ø
1 ½ sdm kecap manis
Ø
200 ml air
Ø
2 sdm minyak untuk
menumis
Perlengkapan yang digunakan
Ø
Kompor gas
Ø
Gas 3 kg
Ø
Baskom besar
Ø
Pisau
Ø
Serbet
Ø
Panci kukus
Ø
Wajan
Ø
spatula
Ø
penjepit kue
Ø
sendok
Ø
dll
3.5
Kebutuhan Tenaga Kerja
Jenis Kegiatan
|
Tarif/Upah per hari
|
Jumlah Tenaga Kerja
|
Jumlah Hari Kerja/bulan
|
Jumlah (Rp.)
|
1.
Pembuatan adonan
sampai selesai produksi
|
Rp 20.000
|
1 orang
|
30 hari
|
Rp 600.000,-
|
3.6
Kebutuhan Sarana Transportasi
Sarana transportasi yang diperlukan dalam bisnis penjualan Bakpau
ini adalah kendaran pribadi yaitu motor untuk mengirim pesanan bakpau ke tempat
konsumen.
3.7
kebutuhan Fasilitas yang Mendukung
Fasilitas
yang mendukung dalam bisnis penjualan bakpau TS ini adalah sudah ada rumah
produksi untuk membuat bakpau, kemudian banyak media masa untuk mempromosikan
produk saya seperti brosur kemudian ada surat kabar, dan internet. Melalui
fasilitas yang ada diharapkan produk yang saya jual bisa dikenal dimasyarakat
dan laris dipasaran.
4.
ASPEK
KEUANGAN
4.1
Kebutuhan Biaya Investasi
No
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/Sat
|
Jumlah Rp.
|
1.
|
Perlengkapan yang dibutuhkan
|
||||
-kompor
gas
|
1
|
Buah
|
Rp
150.000
|
Rp 150.000,-
|
|
-gerobak
|
1
|
Buah
|
Rp
700.000
|
Rp 700.000,-
|
|
-gas 3
kg
|
1
|
Buah
|
Rp 18.000
|
Rp 18.000,-
|
|
-panci
kukus
|
1
|
Buah
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000,-
|
|
-serbet
|
2
|
Buah
|
Rp 3.000
|
Rp 6.000,-
|
|
-spatula
|
1
|
Buah
|
Rp 2.000
|
Rp 2.000,-
|
|
-wajan
|
1
|
Buah
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000,-
|
|
-wadah
adonan
|
1
|
Buah
|
Rp 5.000
|
Rp 5.000,-
|
|
-penjepit
kue
|
1
|
Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000,-
|
|
Subtotal
|
Rp 1.106.000,-
|
||||
2.
|
Bahan pembuatan Bakpau
|
||||
-terigu
|
30
|
Kg
|
Rp 8.000
|
Rp 240.000,-
|
|
-mentega
|
5
|
Kg
|
Rp 7.000
|
Rp 35.000,-
|
|
-backing powder
|
20
|
Sachet
|
Rp 1.000
|
Rp 20.000,-
|
|
-gula pasir
|
5
|
Kg
|
Rp 11.000
|
Rp 55.000,-
|
|
-ragi instan
|
200
|
Gram
|
Rp 8.000
|
Rp 16.000,-
|
|
-minyak sayur
|
1
|
Kg
|
Rp 12.000
|
Rp 12.000,-
|
|
-garam
|
1/4
|
Kg
|
Rp 4.000
|
Rp 4.000,-
|
|
Bahan Isi
|
|||||
- wortel
|
8
|
Kg
|
Rp 8.000
|
Rp 64.000,-
|
|
- kol
|
8
|
Kg
|
Rp 4.000
|
Rp
32.000,-
|
|
-kentang
|
8
|
Kg
|
Rp 8.000
|
Rp 64.000,-
|
|
-buncis
|
5
|
Kg
|
Rp 4.000
|
Rp 20.000,-
|
|
-bawang
putih
|
1
|
Kg
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000,-
|
|
-bawang
merah
|
1
|
Kg
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000,-
|
|
-garam
|
¼
|
Kg
|
Rp 5.000
|
Rp 5.000,-
|
|
2.
|
-gula
|
¼
|
Kg
|
Rp 3.000
|
Rp 3.000,-
|
-kaldu
bubuk
|
30
|
Sachet
|
Rp 500
|
Rp
15.000,-
|
|
-kecap
manis
|
10
|
Buah
|
Rp 2.000
|
Rp
20.000,-
|
|
-minyak
|
1
|
Kg
|
Rp
11.000
|
Rp
11.000,-
|
|
3.
|
Bahan Tambahan
-Kemasan
-kertas roti
-air hangat
|
30
30
|
Paket
lembar
|
Rp 4.000
Rp 1.500
|
Rp 120.000,-
Rp 45.000,-
|
Dana lain-lain
|
Rp 50.000,-
|
||||
Total
|
Rp 851.000,-
|
4.2.1 Per bulan
Biaya bahan habis pakai perbulan Rp 851.000,-
Biaya alat pendukung Rp 1.106.000,-
Biaya tenaga kerja perbulan Rp 600.000,-
Biaya Transportasi perbulan Rp 150.000,-
Lain-lain Rp 50.000,- +
Total Rp 2.757.000,-
Per tahun
Biaya bahan habis pakai perbulan Rp 851.000 x 12
Rp 10.212.000,-
Biaya alat pendukung Rp 1.106.000 x 1
Rp 1.106.000,-
Biaya tenaga kerja perbulan Rp 600.000 x 12
Rp 7.200.000,-
Biaya Transportasi perbulan Rp 150.000 x 12
Rp 1.800.000,-
Lain-lain Rp 50.000 x 12
Rp 600.000,-
Total Rp 26.318.000,
4.3 Penjualan
Penjualan bakpau TS per hari 50 x Rp 2.500 Rp 125.000,-
Penjualan bakpau TS per bulan Rp 125.000x 30 hari Rp 3.750.000,-
Penjualan bakpau TS pertahun Rp 3.750.000x12 Rp 45.000.000,-
4.4 Perhitungan Rugi Laba per Siklus
Biaya Penjualan per tahun – biaya produksi per tahun
Rp 45.000.000 - Rp 26.318.000 = Rp 18.682.000,- /tahun
Rp 1.556.833,- /bulan
4.4.1 Pemasukan Analisa Kelayakan Usaha
· Analisis berdasarkan metode Discounted Payback Period
Total modal
Pay Back Period =
Keuntungan bersih / Tahun
= Rp. 26.318.000,-
Rp. 18.682.000,-
= 1,40
jadi modal akan kembali dalam waktu 1 tahun 4 bulan .
keuntunganbersih per tahun
Return of investment =x 100%
Total modal
=Rp 18.682.000,-
X 100%
Rp 26.318.000,-
= 70,9%
· Break Even Point (BEP) ( perbulan)
BEP = Biaya bahan dan alat pendukung
1 – biaya habis pakai / penjualan
= Rp. 1.957.000,-
1 – (Rp. 815.000,-/ Rp. 3.750.000,-)
= Rp. 1.957.000,-
= 1 – 0,21
= Rp 1.957.000,-
0,79
= Rp 2.477.215,-
· Laju keuntungan ( per bulan )
Laju keuntungan = Keuntungan
Biaya
= Rp. 1.556.833
Rp. 2.757.000,-
= 0,56
· Return cost ratio (per bulan)
Return cost ratio = penjualan
Biaya
= Rp. 3.750.000,- = 1,36
Rp. 2.757.000,-
demikian semoga proposal diatas bermanfaat untuk anda.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.