Saturday, March 4, 2017

RPP Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Materi IPA Kelas IX Semester 2 untuk SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-02 

Sekolah              :
SMP PANCASILA JATIBARANG
Mata pelajaran:
IPA
Kelas/Semester:
Materi Pokok  :
IX/2
Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
Alokasi Waktu:
10 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI  1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.     Kompetensi Dasar
1.1.       Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkan- nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1.          Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari 
2.2.          Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.8.          Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
4.7.          Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Menunjukan rasa syukur terhadap kebesaran tuhan YME atas adanya kesamaan dan keberagaman sifat-sifat makhluk hidup
2.1.1        Menunjukkan perilaku jujur, bertanggungjawab, terbuka, kritis, dan peduli lingkungan pada saat melakukan percobaan persilangan sederhana.
2.1.2        menunjukan perilaku objektif, teliti, cermat, kreatif, dan inovatif dalam membuat bagan persilangan sesuai data yang disediakan.
3.8.1.        Menjelaskan molekul yang mendasari pewarisan sifat pada makhluk hidup.
3.8.2.        Mengidentifikasi stuktur molekul DNA.
3.8.3.      Menunjukkan hubungan antara kromosom, DNA, gen, RNA, dan karakteristik makhluk hidup.
3.8.4.      Menjelaskan istilah-istilah dalam pewarisan sifat pada makhluk hidup
3.8.5.      Membandingkan kromosom tubuh orang laki-laki, orang perempuan, dan sel kelamin.
3.8.6.      Menganalisis mekanisme pewarisan kelainan sifat-sifat pada manusia
3.8.7.      Mengidentifikasi mekanisme pewarisan sifat dalam pemulian makhluk hidup.
3.8.8.      Mengidentifikasi karakterirstik anggota keluarga untuk menemukan hukum pewarisan sifat.
4.7.1        Membuat bagan persilangan sesuai dengan data yang telah disajikan
4.7.2        Membuktikan hukum pewarisan sifat Mendel melalui percobaan persilangan sederhana.
4.7.3         Membuat persilangan pada pewarisan sifat manusia.

D.    Materi Pembelajaran ( ada pada lampiran 2 )
I. Materi Reguler
a.          Materi genetik
b.         Struktur DNA
c.          Peranan Materi Genetik dalam Penentuan Sifat
d.         Autosom dan Gonosom
e.          Hukum Mendel I
f.          Hukum Mendel II
g.         Pewarisan Sifat pada Manusia
h.         Pewarisan Kelainan Sifat pada Manusia
i.           Penerapan Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Makhluk Hidup
2. Materi Pengayaan
    a. Penentuan golongan darah
3. Materi Remidial
    Materi remedial dipersiapkan untuk program pengajaran remedial, difokuskan pada materi yang belum dikuasai siswa dilihat dari ulangan harian
    Guru memberikan pembelajaran ulang terhadap siswa yang nilaionya masih dibawah KKM. Selanjutnya guru melakukan test ulang.

E.     Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama: (3JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru bersama siswa melakukan doa dan dilanjutkan salam
Guru melakukan absen pada siswa siswa
Apersepsi/motifasi
mengapa bentuk wajah dan warna kulitmu, berbeda dengan kawan-kawanmu?

10 menit
Kegiatan Inti **)


Memuat kegiatan:
Ø       Mengamati
Peserta didik mengamati gambar /video Kromosom ,Struktur DNA,RNA
Ø       Menanya
Guru memberi  kesempatan peserta didik untuk bertanya setelah melihat gambar atau video yang ditampilkan guru
Contoh pertanyaan siswa :
-          Apa itu kromosom?
-          Dimana letak kromosom?
-          Bagaimana Kromosom?
-          Bagaimana peran kromosom dalam pewarisan sifat?
Ø       Mengumpulkan data
Agar peserta didik lebih memahami pengaruh materi genetic terhadap karakteristik makhluk hidup. Peserta didik melakukan kegiatan mengidentifikasi sifat-sifat Anggota Keluarga
Ø       Menalar/mengasosiasi
-          Setelah mengidentifikasi Peserta Didik menarik kesimpulan peranan pentingnya  materi genetic dalam pewarisan sifat
-          Setelah mengidentifikasi Peserta Didik menarik kesimpulan peranan pentingnya materi genetic dalam pewarisan sifat
Ø       Mengomunikasikan
Setelah memperoleh kesimpulan. Peserta didik mengkomunikasikan

100 menit

Kegiatan Penutup
1.      Membantu peserta didik membuat rangkuman
2.      Memberikan tugas menggambar kromosom dan struktur DNA di kertas HVS dan diberi warna
10 menit

  1. Pertemuan Kedua: ( 3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru bersama siswa melakukan doa dan dilanjutkan salam
Guru melakukan absen pada siswa siswa
Apersepsi/Motivasi
1. Bagaimana makhluk hidup menurunkan sifat-sifatnya?
2.apa yang bertanggungjawab terhadap sifat yang menurun?

10 menit
Kegiatan Inti **)


Memuat kegiatan:
Ø       Mengamati
Pemberian stimulus dengan cara mengarahkan peserta didik untuk:
1.      mengamati ciri-ciri fisik teman-teman sekelas
2.      mengamati gambar kromosom laki-laki dan perempuan

Ø       Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya dari pengamatan terhadap teman dan pengamatan terhadap gambar. Seperti:
1.      Mengapa bentuk fisik manusia berbeda-beda?
2.      Mengapa susunan kromosom dengan perempuan?

Ø       Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik melakukan:
Setudi pustaka mengenai istilah istilah dalam persilangan dan mekanisme persilangan. Kemudian melakukan percobaan persilangan sederhana menggunakan media sedotan/kancing yang berwarna-warna

Ø       Menalar/mengasosiasi
1.      Setelah mengetahui mekanisme persilangan kemudian siswa dapat menyelesaikan problem persilangan dan dapat melakukan percobaan persilangan sederhana sehingga dapa membuktikan hukum mendel.
2.      Siswa Menyimpulkan perbandingan keturunan dalam persilangan

Ø       Mengomunikasikan
Setelah diperoleh kesimpulan, siswa kemudian mengkomunikasikan dalam bentuk laporan hasil pengamatan dan presentasi di depan kelas.
100 menit
Kegiatan Penutup
1.      Membantu siswa membuat rangkuman
2.      Memberikan tugas di rumah menyelesaikan soal pada buku siswa halaman 90 nomor B3
10

  1. Pertemuan Ketiga: ( 2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru bersama siswa melakukan doa dan dilanjutkan salam
Guru melakukan absen pada siswa siswa
Apersepsi / Motivasi
1.      Kelainan sifat apa saja yang dapat diturunkan?
10 menit
Kegiatan Inti **)


Memuat kegiatan:
Ø       Mengamati
Pemberian stimulus dengan cara mengarahkan peserta didik untuk mengamati gambar manusia yang memiliki kelainan sifat Albino.

Ø       Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya dari pengamatan terhadap teman dan pengamatan terhadap gambar. Seperti Mengapa orang dalam gambar albino? Padahal kedua orang tuanya tampak normal.

Ø       Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik melakukan:
3.      Setudi pustaka mengenai kelainan pada pewarisan sifat.
4.      Setelah itu dilanjutkan dengan penugasan untuk mewancarai anggota keluarga masing-masing untuk mengetahui sejarah kesehatan keluarga.

Ø       Menalar/mengasosiasi
Setelah diperoleh data mengenai penyakit keluarganya kemudian siswa menganalisis data kemudian  Siswa Menyimpulkan jenis jenis penyakit menurun dan tidak menurun.

Ø       Mengomunikasikan
Setelah diperoleh kesimpulan, siswa kemudian mengkomunikasikan dalam bentuk laporan hasil pengamatan dan presentasi di depan kelas.
60 menit
Kegiatan Penutup
1.      Membantu siswa membuat rangkuman
2.      Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal pada buku siswa hal 90 nomor B2
10 menit

  1. Pertemuan Keempat: ( 2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru bersama siswa melakukan doa dan dilanjutkan salam
Guru melakukan absen pada siswa siswa
Apersepsi/motivasi:
Pernahkah kamu makan semangka tanpa biji? Mengapa?
Prnahkah kamu makan ayam pedaging?
10 menit
Kegiatan Inti **)


Memuat kegiatan:
Ø       Mengamati
Pemberian stimulus dengan menyajikan tayangan tanaman padi, jagung dan ayam potong
-         Mengamati tayangan guru

Ø       Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk  bertanya
1. “Berapa lama waktu penanaman padi dan jagung ?
2. Mengapa saat ini padi dapat dipanen dalam waktu yang lebih singkat ?
1.      3.  Pernahkah makan ayam potong ?
4. Bagaimanakah ayam potong dapat di panen dalam waktu singkat ?
Ø       Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik diberikan tugas kelompok untuk mencari informasi lain terkait varietas-varietas tanaman lain yang telah dikembangkan melalui persilangan

Ø       Menalar/mengasosiasi
Setelah memperoleh data persilangan peserta didik mencoba mengerjakan masalah yang diajukan guru.

Ø       Mengomunikasikan
Setelah diperoleh kesimpulan, peserta didik kemudian mengkomunikasikan di depan kelas
60 menit
Kegiatan Penutup
1.      Membantu peserta didik membuat rangkuman
2.      Pemberian tugas untuk menemukan tujuan dari penyiapan bibit unggul.
10    1

E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan ( Instrumen dilampiran 1 )
1.      Sikap spiritual
a)    Teknik penilaian     : Observasi
b)   Bentuk Instrumen   : Lembar observasi

2.      Sikap Sosial
a)    Teknik penilaian     : Observasi kelas
b)   Bentuk Instrumen   : Lembar observasi

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian   : Tes Tulis
b.      Bentuk Instrumen            : Pilihan ganda dan uraian

4.      Ketrampilan
                       a.   Teknik Penilaian      :Tes Praktik
b. Bentuk Instrumen   : Check list

          Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Pembelajaran Remedial  Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian. 
·         JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 3,00; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut. Setelah remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 3,00 dengan cara diberikan tugas mengkaji penerapan dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High Order Thinking Skills).

.F.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
·         Wadah
·         Gunting
·         Foto Keluarga
·         HVS dan Pensil Warna
2.    Bahan
·         Sedotan/kancing genetik
·         Lembar Kerja
3.    Sumber Belajar
Buku Guru dan buku siswa IPA Terpadu kelas IX dan Sumber Lainnya yang relevan (intenet dan buku literatur)


Jatibarang, Januari 2016
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila Jatibarang                                           Guru Mapel



H. Sakri, M.Pd                                                                        Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.

Lampiran –lampiran
Lampiran 1
A.      Penilaian
1.    Sikap Spiritual
c)    Teknik penilaian     : Observasi
d)   Bentuk Instrumen   : Lembar observasi
e)    Kisi-kisi                  :
Sikap
Indikator/Gejala
Jumlah butir
Mengagumi keteraturan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik serta terwujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.     Berdo’a setiap mengawali dan mengakhiri pelajaran
2.     Mengucapkan salam /jabat tangan setiap bertemu teman atau guru
1

B. Petunjuk Pengisian (Rubrik Penilaian)
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                           : IX
Semester                      : 1
Tahun Pelajaran                       : 2015/2016
Periode Pengamatan     : Tanggal … s.d. ...

Butir Nilai               :
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

Indikator/Gejala Sikap        :
Sikap
Indikator/Gejala
Jumlah butir
Mengagumi keteraturan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik serta terwujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.     Berdo’a setiap mengawali dan mengakhiri pelajaran
2.     Mengucapkan salam / jabat tangan setiap bertemu teman atau guru
1

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap
Jumlah Skor
Skor
N
Indikator 1
Indikator 2
1






2






3
 Dst....






2. Instrumen sosial
a. Pertemuan Pertama
Penilaian  Sikap  selama proses Pembelajaran
                                NO
NAMA
Memiliki rasa ingin tahu
kritis
cermat
1









30







Kriteria penilaian      :
            4 = Sangat baik
            3 = Baik
            2 = cukup
           1 = kurang
b. Pertemuan Kedua
Penilaian  Sikap Kegiatan Membuat Bagan
           
NO
NAMA
OBJEKTIF
TELITI
CERMAT
KREATIF
INOVATIF
1













30







Penilaian  Sikap Kegiatan Praktikum persilangan sederhana

NO
NAMA
JUJUR
BERTANGGUNG JAWAB
TERBUKA
KRITIS
PEDULI LINGKUNGAN
1













30







Kriteria penilaian      :
            4 = Sangat baik
            3 = Baik
            2 = cukup
            1 = kurang



Penilaian Praktek

LEMBAR PENGAMATAN
TOPIK      : Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup
Kelass        : IX

NO
NAMA
PERSIAPAN PERCOBAAN
PELAKSANAAN PERCOBAAN
KEGIATAN AKHIR
JUMLAH SKOR
1






2







RUBRIK
NO
KETERAMPILAN YANG DINILAI
SKOR
RUBRIK
1
Persiapan Percobaan
30
1.      Menyediakan alat dan bahan secara lengkap sesuai dengan keperluan percobaan
2.      Mempersiapkan alat tulis untuk mencatat data percobaan
3.      Memakai jaz laboratorium
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang terpenuhi
2
Pelaksanaan Percobaan
30
1.      Memotong panjang sedotan sesuai aturan dalam LK
2.      Memasukan potongan sedotan kedalam wadah sesuai dengan aturan LK dan Mengambil sedotan dalam wadah secara acak dan menuliskannya dalam tabel yang disediakan sampai sedotan dalam wadah habis.
3.      Menganalisa data yang diperoleh untuk membuktikan hukum Persilangan Mendel
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang terpenuhi
3
Kegiatan Akhir praktikum
30
1.      Membersihkan meja praktikum
2.      Mengembalikan alat ke tempat semula
3.      Membuang sampah pada tempatnya
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang terpenuhi





c. Pertemuan ketiga
Penilaian  Sikap selama proses Pembelajaran
                                NO
NAMA
Memiliki rasa ingin tahu
kritis
cermat
1









30






Kriteria penilaian      :
            4 = Sangat baik
            3 = Baik
            2 = cukup
            1 = kurang

d. pertemuan ke empat
a.      Tes Tulis
Soal
I.        Pilihan Ganda
1.      Ciri atau sifat pada manusia diturunkan dari generasi ke generasi melalui…
 a. sel sperma
b. sel telur
c. sel sperma dan sel telur
d. RNA
2. Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah....
a. DNA berbentuk double heliks terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di dalam inti sel
b. DNA berbentuk double heliks terpilin dalam bentuk kromosom  dan berada di luar inti sel
c.  Kromosom menggulung di dalam DNA di luar inti sel
d. DNA dan kromosom tidak berhubungan tapi sama-sama berada dalam inti sel
3.  Gen K mengkode rambut keriting dan k mengkode rambut lurus, K dominan terhadap k. Gen H mengkode warna kulit hitam dan gen h mengkode warna kulit putih. Kombinasi dari gen-gen tersebut yang menunjukkan fenotip rambut lurus kulit hitam adalah....
  a. KKhh
  b. KKHH
  c. kkHh
  d. KkHh
4.  Kromosom manusia laki laki adalah...
a. 22A + XY
b. 22 + X
c. 22A + XX
d. 23A + XY
5. seorang perempuan dengan genotip  pembawa sifat hemofili, menikah dengan seorang laki-laki hemofili dengan genotip  tentukan jumlah anak yang hidup dan anak yang mati.
a. 1 anak hidup dan 3 anak mati
b. 3 anak hidup dan 1 anak mati
c. 2 anak hidup dan 2 anak mati
d. 4 anak mati semua

II.      Uraian
1.      Gambar struktur kromosom dan beri keterangan bagian-bagiannya!
2.      Kacang biji bulat warna kuning dengan genotip BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotip bbkk, jika bulat – kuning dominan terhadap lonjong – hijau tentukan:
a. F1
b. F2, jika F1 disilangkan sesamanya

Kunci Jawaban:
I.            Pilihan Ganda
1.      C
2.      A
3.      C
4.      A
5.      B

II.         Uraian
1.
 








2.









2.
Diagram Persilangan
 Parental                       BBKK                        ><                      bbkk
                              (bulat Kuning)                                (Lonjong-Hijau)
Gamet                          BK                                                        bk


F1                                                              BbKk
(bulat Kuning)


Parental                         BbKk                        ><                          BbKk
                                 (Bulat Kuning)                                 (Bulat Kuning)
Gamet                   BK, Bk, bK, bk                                    BK, Bk, bK, bk

F2
Gamet
BK
Bk
bK
bk
BK
BBKK
(bulat kunning)
BBKk
(bulat kunning)
BbKK
(bulat kunning)
BbKk
(bulat kunning)
Bk
BBKk
(bulat kunning)
BBkk
(bulat hijau)
BbKK
(bulat kunning)
Bbkk
(Bulat Hijau)
bK
BbKK
(bulat kunning)
BbKk
(bulat kunning)
bbKK
(Lonjong kuning)
bbKk
(Lonjong kuning)
Bk
BbKk
(bulat kunning)
Bbkk
(bulat kunning)
bbKk
(Lonjong kuning)
Bbkk
(Lonjong Hijau)

Rubrik Penilaian:
I.                   Betul x 10
II.                Nomor 1. Betul x 20
Nomor 2. Betul x 30
NA = jumlah skor I + II

lampiran 2
1. Materi pengayaan
Penentuan Golongan Darah
Kamu tentu sudah mengetahui golongan darah bukan? Saat ini sebenarnya ada beberapa sistem penggolongan darah, namun yang banyak digunakan yaitu sistem A,B dan O. Berdasarkan sistem ini ada empat golongan darah pada manusia, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Golongan darah tersebut ditentukan oleh tiga gen yaitu IA yang mengkode golongan darah A, IB mengkode B dan IO mengkode O. Sifat gen IA dan IB adalah dominan terhadap O, namun jika gen IA dan IB muncul bersamaan maka keduanya akan memiliki kekuatan yang sama, peristiwa ini dikenal dengan istilah intermediet. Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan genotip dari setiap fenotip golongan darah pada manusia.


  antigen B maka akan terjadi penggumpalan.

2. Materi Reguler  
Setiap makhluk hidup mempunyai sifat-sifat tertentu yang menjadi ciri khasnya. Sifat-sifat tersebut akan diwariskan kepada keturunannya melalui materi genetik yaitu deoxyribonucleid acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA).Pada sauatu untai DNA terdapat unit instruksi atau perintah yang mempengaruhi sifat atau yang menentukan karakteristik setiap makhluk hidup yang disebut gen.Untai DNA yang panjang akan mengalami kondensasi atau pemintalan sehingga menjadi struktur yang lebih padat yang disebut kromosom.

Materi genetic sangat berperan dalam pewaarisan sifat atau karakter-karakter tertentu pad makhluk hidup. Karakter yang mampu mengalahkan atau menutupi karakter yang alin disebut karakter dominan.karakter ini akan tampak atau muncul pada individu makhluk hidup. Karakteristik yang kalah atau tertutupi disebut karakter resesif.

Gen-gen yang mengkode karakteristik makhluk hidup memiliki variasi.Variasi atau bentuk alternatife dari gen-gen disebut alela,misalnya gen U (mengkode warna unggu pada bunga)dan gen u(mengkode warna putih pada bunga).contoh lain yaitu karakter cuping yang terpisah dikode oleh gen G sedangkan karakter cuping melekat dikode gen g.Karakter-karakter fisik (mencangkup bentuk luar,fungsi alat tubuh, dan tingkah laku yang dapat diamati langsung) sebagai akibat perwujudan” ekspresi” dari gen disebut fenotip. Sedangkan keseluruhan susunan informasi genetic dari suatu individu yang tidak dapat dilihat secara langsung disebut genotip.

Pada sel-sel somatik atau sel tubuh kromosom berada dalam keadaan berpasangan yang disebut dengan keadaan diploid. Pada kariotipe sel gamet tiap kromosom dalam keadaan tidak berpasangan dengan jumlah setengah dari jumlah kromosom sel tubuh(sel somatik),keadaan ini disebut dengan keadaan haploid.Kromosom juga dapat dibedakan menjadi kromosom kelamin atau gonosom yaitu X dan Y,pada kromosom ini terdapat beberapa gen yang berperan dalam mengatur jenis kelamin pada manusia serta kromosom tubuh atau autosom .

Hukum Mendel I
Berdasar persilangan yang dilakukan Mendel terhadap ercis yang memiliki satu sifat beda, Mendel menyatakan suatu hukum yang berbunyi “pada waktu pembentukan gamet terjadi
pemisahan alternatif gen atau variasi gen yang disebut juga alel secara bebas”. Hukum ini dikenal dengan Hukum I Mendel atau Hukum Pemisahan Bebas (Segregasi) Mendel.

Hukum Mendel II.
Berdasar persilangan yang dilakukan Mendel terhadap ercis yang memiliki dua sifat beda, Mendel menyatakan bahwa saat pembentukan gamet faktor-faktor yang menentukan karakter-karakter berbeda yaitu gen diwariskan secara bebas satu sama lain. Kesimpulan ini selanjutnya dikenal dengan hukum pilihan bebas Mendel atau hukum II Mendel

Pewarisan Sifat-sifat pada Manusia.
Banyak karakteristik pada tubuh manusia yang dapat dapat diamati secara langsung dan dijelaskan melalui pewarisan sifat, misalnya warna kulit yang diakibatkan oleh gen-gen yang sifatnya kumulatif; bentuk pertumbuhan rambut pada dahi ada yang berbentuk “V” yang dikode oleh gen W (dominan); tipe perlekatan cuping telinga apakah melekat (gg) atau terpisah (GG atau Gg); dan bentuk rambut, di mana rambut keriting dikode oleh gen C (dominan), lurus oleh gen s (resesif terhadap C), dan rambut bergelombang oleh gen Cs.

3. Materi Remidial
    Materi remedial dipersiapkan untuk program pengajaran remedial, difokuskan pada materi yang belum dikuasai siswa dilihat dari ulangan harian
    Guru memberikan pembelajaran ulang terhadap siswa yang nilaionya masih dibawah KKM. Selanjutnya guru melakukan test ulang.

itulah postingan tentang RPP Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Materi IPA Kelas IX Semester 2, mudah-mudahan bermanfaat. salam guru indonesia :)

2 comments:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.