Saturday, March 11, 2017

RPP IPA Kelas 8 SMP Bab Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Semester 2 Kurtilas Terbaru 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  SMP PANCASILA
Mata Pelajaran           :  IPA
Kelas / Semester         :  VIII / 1
Topik                           :  Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Alokasi Waktu             :  15 x 40 menit  ( 6 TM)

A.        KOMPETENSI INTI
KI.1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.     Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KI
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1   Mengenali dan mengagumi Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam Teknologi sebagai salah satu makhluk ciptaan tuhan


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

2.1.1  Melakukan kegiatan pengamatan secara teliti jujur dan bertanggung jawab

3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
3.2.1.      Menjelaskan fungsi akar batang daun dan bunga
3.2.2.      Menyebutkan bagian   penampang melintang akar melalui pengamatan
3.2.3.      Menjelaskan Fungsi struktur jaringan akar
3.2.4.      Menyebutkan bagian   penampang melintang batang melalui pengamatan
3.2.5.       Menjelaskan Fungsi struktur jaringan batang
3.2.6.      Menyebutkan bagian   penampang melintang daun melalui pengamatan
3.2.7.       Menjelaskan Fungsi struktur jaringan daun
3.2.8.      Menyebutkan bagian   bunga melalui pengamatan
3.2.9.       Menjelaskan Fungsi struktur jaringan bunga


4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan
4.2.1        Membandingkan struktur penampang akar monokotil dan dikotil melalui pengamatan
4.2.2        Membandingkan struktur penampang batang monokotil dan dikotil melalui pengamatan
4.2.3        Menyajikan hasil pengamatan/pengukuran, menginferensi, dan mengkomunikasikan hasilnya


C.        Materi  Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Struktur dan fungsi organ tumbuhan
• Mengidentifikasi organ yang ada pada tanaman
Pertemuan Kedua (Akar)
• Pengamatan struktur anatomi akar
• Mengidentifikasi berbagai akar temodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Ketiga (Batang)
• Pengamatan struktur anatomi batang
• Melakukan percobaan mengenai kerja xilem dalam transpor air
• Mengidentifikasi berbagai batang termodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Keempat (Daun)
• Melakukan pengamatan struktur anatomi daun
• Melakukan praktikum Sach untuk membuktikan adanya fotosintesis yang merupakan fungsi dari daun
Pertemuan Kelima (Pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi)
• Melakukan diskusi berbagai ide teknologi yang terilhami dari struktur dari jaringan tumbuhan
Pertemuan Keenam
Tes Tulis
D.       LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Kesatu:
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit) 
1). Memeberi salam dan menyapa peserta didik
 2). Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3). Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan yang disajikan guru mengenai fenomena alam sebagai obyek yang dipelajari dalam IPA diantaranya gambar tumbuhan
4). Peserta didik menerima klarifikasi oleh guru , bahwa “saat melakukan pengamatan , hindari dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan(inferensi)”
5). Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b.  Kegiatan Inti (100 menit) 
1). Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
 Mengamati
2). Peserta didik dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
tayangan berupa gambar pohon
Menanya
3) Berdasarkan pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
    peristiwa
    Contoh hasil kerja ;
     - Prediksi peserta didik : tumbuhan tersusun atas akar, batang ,  daun, dan bunga
     - Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian akar, batang ,  daun, dan  bunga
     - Jika prediksi tidak sesuai denganpatan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
4). Peserta didik melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan bagian  tumbuhan
5). Pesrta didik melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
     pengamatan,inferensi dan komunikasi serta menjelaskan kegunaan mempelajari bagian tumbuhan dan fungsinya
6) Peserta didik melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa ) mengenai      
 bagian tumbuhan dan fungsinya
Mengasosiasi
7). Peserta didikmenyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan dan
     kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
Mengamati
8). Peserta didik dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
     tayangan berupa penampang melintang akar dikotil monokotil
Menanya
9) Berdasarkan pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
    peristiwa
    Contoh hasil kerja ;
     - Prediksi peserta didik : struktur penampang  jaringan akar dikotil monokotil
     - Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian penampang akardikotil monokotil
     - Jika prediksi tidak sesuai denganpatan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
10). Peserta didik melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan bagian penampang akar dikotil monokotil
11). Peserta didik melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
     pengamatan,inferensi dan komunikasi serta menjelaskan kegunaan mempelajari bagian penampang akar dikotil monokotil
12) Peserta didik melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa ) mengenai     
bagian penampang akar dikotil monokotil
Mengasosiasi
13). Peserta didikmenyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan bagian penampang akar dikotil monokotil dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
c.  Penutup ( 10 menit)
1). Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2).Guru mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3). Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4). Guru menyampaikan informasi materi berikutnya tentang batang
 Pertemuan Kedua
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
-      Menyiapkan peserta didik untuk belajar
-     Guru melakukan pemusatan perhatian pada sub topik akar dengan cara menyajikan gambar akar kecambah jagung dan kecambah kacang tanah.
-      Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1
-      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah






Observasi

Pengumpulan data


Pengolahan data dan analisis




Verifikasi


Generalisasi
-        Menyampaikan informasi tentang kegiatan  yang akan dilakukan yaitu mengamati gambar akar, dan melakukan  percobaan sederhana     
-          Membagi peserta didik menjadi 8 kelompok
-       Diskusi kelompok untuk mengamati struktur jaringan yang menyusun anatomi akar tumbuhan pada kolom “Ayo kita coba” hal.75 buku siswa dan “Ayo kita lakukan”hal.77 
-       Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk bertanya setelah melakukan pengamatan

-       Peserta didik melakukan percobaan sederhana

-          Peserta didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan  pada kolom yang tersedia pada buku siswa hal. 75 dan 77            
-       peserta didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari eksperimen/percobaan dan buku sumber dengan cara :
-       Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan – pertanyaan pada lembar kegiatan
-          Menyimpulkan tentang  struktur jaringan yang menyusun anatomi organ  akar tumbuhan
-          peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku sumber

·         peserta didik membuat laporan hasil pengamatan  dan kesimpulan tentang  struktur jaringan yang menyusun anatomi organ  akar tumbuhan
·         perwakilan kelompok, peserta didik presentasi hasil laporan yang telah disusun
Penutup

-          Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran  
-          Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-         Peserta didik menjawab kuis


Pertemuan Ketiga
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit) 
1). Memeberi salam dan menyapa peserta didik
2). Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3). Guru melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan materi pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4). Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 3 kegiatan yang dilakukan yaitu mengamati jaringan penyusun batang, percobaan transport air yang terjadi pada tanaman pada kegiatan “ Ayo kita Coba”dan mengidentifikasi batang yang termodifikasi pada kegiatan “Ayo kita lakukan”
5). Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b.  Kegiatan Inti (100 menit) 
1). Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
     Mengamati
2). Peserta didik dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata tanaman yang sudah dipersiapkan.
     Menanya
3) Berdasarkan pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi peristiwa
    Contoh hasil kerja ;
     - Prediksi peserta didik : tumbuhan ada yang berkayu dan ada yang tidak  
        berkayu.
     - Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian penampang batang dikotil dan monokotil
     - Jika prediksi tidak sesuai dengan patan berarti prediksi tidak tepat
     Mengumpulkan data
4). Peserta didik melakukan kegiatan “ Ayo kita Coba” pada buku siswa menyebutkan bagian batang pada tumbuhan
5). Pesrta didik melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
     pengamatan,dan mengkomunikasi serta menjelaskan kegunaan bagian- bagian batang tumbuhan dan fungsinya
6) Peserta didik melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa ) mengenai     
     Bagian batang pada tumbuhan dan fungsinya
    Mengasosiasi
7). Peserta didik menyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan dan  kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok


c.  Penutup ( 10 menit)
1). Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2). Guru mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3). Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4). Guru menyampaikan informasi materi berikutnya tentang daun
Pertemuan Keempat

Kegiatan
Langkah-Model
Discovery
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






















Kegiatan    Inti


























Stimulation (stimulasi / pemberian rangsangan






Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah


Data collection (pengumpulan data)








Data processing (pengolahan data)





Verification (pembuktian)
Dalam pendahuluan guru :
a. menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis  dengan motivasi, sapaan salam hangat, serta peduli terhadap kehadiran peserta didik.

b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;

c. mengantarkan suatu permasalahan  ‘Apakah kalau banyak yang memakai udara di bumi akan habis ? “ bagaimana oksigen ini selalu tetap ada ?”,  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

d. menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan.

- Guru memberi motivasi  memusatkan perhatian siswa pada daun-daun yang di bawa, dan memancing kreatifitas bertanya.
- peserta didik  menanya banyak hal tentang daun  dan fotosintesis.
-membagi 8 kelompok kerja dr 32 jumlah siswa.

- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi di atas.

-Peserta didik melakukan percobaan untuk  mengidentifikasi struktur jaringan pada daun (LK Ayo Kita Coba “Struktur Jaringan Pada Daun Tumbuhan” halaman 84)
- Dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi hasil fotosintesis
Ayo Kita Coba “Menyelidiki adanya fotosintesis” halaman 85-86

-          -Menggambar hasil preparat
pengamatan pada tabel yang disediakan -Peserta didik mengolah data hasil pengamatan dengan cara mendiskusikan hasil pengamatan dengan pertanyaan pada lembar kegiatan.
-Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data dengan data-data pada buku sumber

Peserta didik  mempresentasikan hasil percobaan dan diskusi dengan cara menuliskan di kertas yang di sediakan dan maju ke depan kelas.

10 menit























100 menit



Penutup
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi
Dalam kegiatan penutup, guru:
-menyimpulkan hasil kegiatan.
- memberikan umpan balik (tes tertulis)
- merencanakan kegiatan tindak lanjut berupa diskusi “ayo kita lakukan” pada meteri berikutnya.

10 Menit

Pertemuan Kelima
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit) 
Ø  Memeberi salam dan menyapa peserta didik
Ø  Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
Ø  Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “dari berbagai struktur jaringan yang kamu ketahui , ternyata struktur penyusun dinding rumah juga meniru susunan sel pada tumbuhan,coba jelaskan mengapa struktur dinding rumah menggunakan hal itu?
Ø  Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu mencari berbagai ide yang meniru struktur dan tumbuhan untuk kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari,misalnya pemasangan batu bata pada tembok, ternyata meniru susunan sel pada tumbuhan pada kegiatan “ayo kita lakukan”
b.  Kegiatan Inti (60 menit) 
Ø Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
      Mengamati
Ø Peserta didik mengamati berbagai arsitektur bangunan linggkunan sekitar sekolah( pemasangan batu bata pada dinding atau tembok  yang belum diaci, pemasangan keramik pada dinding atau lantai,pemasangan bataco)
Menanya
Ø  Peserta didik bertanya tentang berbagai arsitektur banggunan yang meniru stuktur jarinan pada tumbuhan,misal:
1.    Mengapa pemasangan batu bata pada dinding meniru struktur jarinan   pada tumbuhan?
2.     Mengapa pemasangan keramik meniru struktur jaringan pada tumbuhan?
3.     Mengapa pemasangan bataco meniru stuktur jaringan pada tumbuhan?
     Mengumpulkan data
Ø  Peserta didik mencari berbagai informasi baik internet maupun buku tentang stuktur jaringan tumbuhan  yang menyerupai pemasangan batu bata,keramik dan bataco di lingkungan  sekolah
    Mengasosiasi
Ø  Peserta didik berdiskusi untuk menganalisis berbagai arsitektur bangunan yang meniru struktur jaringan pada tumbuhan
    Mengkomunikasikan
Ø  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
c.  Penutup ( 10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2.      Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
3.      Guru menyampaikan informasi materi berikutnya
Pertemuan keenam
Tes Tulis
F.  Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.  Jenis dan Bentuk Instrumen
Jenis
Bentuk Instrumen
·         Penilaian sikap
Lembar pengamatan sikap
·         Penilaian Pengetahuan
Soal tes uraian
·         Penilaian Ketrampilan
Soal tes  unjuk kerja

2.  Instrumen
     a. Lembar pengamatan sikap

No
Nama Siswa
Kerja sama
Disiplin
Proaktif
Jumlah skor
1





2





3





    
     Rubrik
Nilai =   x 100
           
 
     Skore 1 jika tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
     Skore 2 jika kadang  berprilaku dalam kegiatan
     Skore 3 jika sering berprilaku dalam kegiatan
     Skore 4 jika selalu  berprilaku dalam kegiatan

Nilai :  80 – 100  predikat sangat baik
            70 – 79    predikat  baik
            60 – 69    predikat cukup
            <  60        predikat kurang

     b. Soal Tes Uraian
Indiator
Soal
Menyebutkan nama organ pada tumbuhan

1. Sebutkan struktur organ pada tumbuhan
Menjelaskan fungsi dari masing-masing organ pada tumbuhan

2. Jelaskan fungsi dari organ-organ yang
    menyusun tumbuhan
    
     Kunci :
     1.  Daun, batang dan akar
2.  Daun memiliki fungsi utama sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.                            Batang secara umum  memiliki fungsi sebagai berikut:
     a.  Penyokong tumbuhan
     b.  Memperluas tajuk tumbuhan untuk efisiensi penangkapan cahaya matahari
     c.  Sebagai tempat pengangkutan air dan unsur  hara dari akar menuju daun
     d.  Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan tertentu.
     Akar secara umum mempunyai fungsi sebagai berikut:
     a. Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah.
     b. Menyerap air dan mineral dari tanah.
     c. Membantu menegakkan batang.
            d. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan tertentu

Rubrik
1. Setiap jawaban betul soal no 1 diberi skor 20  dan no, 2 diberi skor 80
2. Nilai akhir = jumlah skor
     c.  Soal Tes Unjuk kerja
Indicator
Soal
Mengidentifikasi organ yang ada pada tumbuhan
Cari/ambil tanaman yang sudah disediakan  tempelkan kertas pada bagian tumbuhan berilah nama organ tersebut


Rubrik
1. Terampil dan  betul dalam menamai organ diberi skor 100
2. Kurang terampil dan betul dalam menamai organ diberi skor 85
3. Terampil dan sebagaian betul dalam menamai organ diberi skor 75
4. Kurang terampil dan sebagian betul dalam menamai diberi skor 60
5. Kurang terampil dan tidak betul dalam menamai diberi skor 50
                 Nilai akhir = jumlah skor yang diperoleh
G.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Media                           : LCD
2.    Alat/Bahan                  :  Charta ,mikroskop, kaca objek, silet, akar tanaman
3.    Sumber Belajar           :  Buku siswa, buku guru
            Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                                     Guru Mapel

itulah postingan RPP IPA Kelas 8 SMP Bab Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan  Semester 2 Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.