RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : SMP PANCASILA
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : VIII / 1
Topik : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Alokasi
Waktu : 15 x 40 menit
( 6 TM)
A.
KOMPETENSI INTI
KI.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
KI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Mengenali dan mengagumi Struktur Tumbuhan dan
Pemanfaatannya dalam Teknologi sebagai salah satu makhluk ciptaan tuhan
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1 Melakukan
kegiatan pengamatan secara teliti jujur dan bertanggung jawab
|
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan
dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami
oleh struktur tersebut
|
3.2.1.
Menjelaskan fungsi akar batang daun
dan bunga
3.2.2.
Menyebutkan bagian penampang melintang akar melalui
pengamatan
3.2.3.
Menjelaskan Fungsi struktur jaringan
akar
3.2.4.
Menyebutkan bagian penampang melintang batang melalui
pengamatan
3.2.5.
Menjelaskan Fungsi struktur jaringan batang
3.2.6.
Menyebutkan bagian penampang melintang daun melalui
pengamatan
3.2.7.
Menjelaskan Fungsi struktur jaringan daun
3.2.8.
Menyebutkan bagian bunga melalui pengamatan
3.2.9.
Menjelaskan Fungsi struktur jaringan bunga
|
|
4.2 Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan
|
4.2.1
Membandingkan
struktur penampang akar monokotil dan dikotil melalui pengamatan
4.2.2
Membandingkan
struktur penampang batang monokotil dan dikotil melalui pengamatan
4.2.3
Menyajikan
hasil pengamatan/pengukuran, menginferensi, dan mengkomunikasikan hasilnya
|
C.
Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Struktur dan fungsi organ tumbuhan
• Mengidentifikasi organ yang ada pada tanaman
Pertemuan Kedua (Akar)
• Pengamatan struktur anatomi akar
• Mengidentifikasi berbagai akar temodifikasi
disekitar siswa
Pertemuan Ketiga (Batang)
• Pengamatan struktur anatomi batang
• Melakukan percobaan mengenai kerja xilem
dalam transpor air
• Mengidentifikasi berbagai batang
termodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Keempat (Daun)
• Melakukan pengamatan struktur anatomi daun
• Melakukan praktikum Sach untuk membuktikan adanya
fotosintesis yang merupakan fungsi dari daun
Pertemuan Kelima (Pemanfaatan
struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi)
• Melakukan diskusi berbagai ide teknologi
yang terilhami dari struktur dari jaringan tumbuhan
Pertemuan Keenam
Tes Tulis
D.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
1). Memeberi salam dan menyapa peserta
didik
2). Peserta didik bersama guru berdoa
untuk memulai pelajaran
3).
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan yang disajikan guru
mengenai fenomena alam sebagai obyek yang dipelajari dalam IPA diantaranya
gambar tumbuhan
4). Peserta didik menerima klarifikasi
oleh guru , bahwa “saat melakukan pengamatan , hindari dulu membuat tafsiran
terhadap pengamatan(inferensi)”
5). Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1).
Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
Mengamati
2).
Peserta didik dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
tayangan
berupa gambar pohon
Menanya
3)
Berdasarkan pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
peristiwa
Contoh hasil kerja ;
- Prediksi peserta didik : tumbuhan
tersusun atas akar, batang , daun, dan
bunga
- Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan
bagian akar, batang , daun, dan bunga
- Jika prediksi tidak sesuai denganpatan
berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan
data
4).
Peserta didik melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan
bagian tumbuhan
5).
Pesrta didik melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
pengamatan,inferensi dan komunikasi serta
menjelaskan kegunaan mempelajari bagian tumbuhan dan fungsinya
6)
Peserta didik melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai
bagian tumbuhan dan fungsinya
Mengasosiasi
7).
Peserta didikmenyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan dan
kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi
kelompok
Mengamati
8).
Peserta didik dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
tayangan berupa penampang melintang akar
dikotil monokotil
Menanya
9)
Berdasarkan pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
peristiwa
Contoh hasil kerja ;
- Prediksi peserta didik : struktur
penampang jaringan akar dikotil
monokotil
- Hasil pengamatan peserta didik :
menyebutkan bagian penampang akardikotil monokotil
- Jika prediksi tidak sesuai denganpatan
berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan
data
10).
Peserta didik melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan
bagian penampang akar dikotil monokotil
11).
Peserta didik melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
pengamatan,inferensi dan komunikasi serta
menjelaskan kegunaan mempelajari bagian penampang akar dikotil monokotil
12)
Peserta didik melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai
bagian
penampang akar dikotil monokotil
Mengasosiasi
13).
Peserta didikmenyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan
bagian penampang akar dikotil monokotil dan kesimpulan yang dihasilkan dalam
diskusi kelompok
c. Penutup ( 10 menit)
1).
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2).Guru
mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan
struktur akar
3).
Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4).
Guru menyampaikan informasi materi berikutnya tentang batang
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan peserta didik untuk belajar
-
Guru melakukan pemusatan perhatian pada sub topik akar dengan cara menyajikan gambar
akar kecambah jagung dan kecambah kacang tanah.
- Guru
melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan Tugas dan
Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu
mengamati gambar akar, dan melakukan
percobaan sederhana
-
Membagi peserta didik menjadi 8 kelompok
- Diskusi
kelompok untuk mengamati struktur jaringan yang menyusun anatomi akar
tumbuhan pada kolom “Ayo kita coba” hal.75 buku siswa dan “Ayo kita
lakukan”hal.77
- Guru memberi kesempatan
pada peserta didik untuk bertanya setelah melakukan pengamatan
- Peserta
didik melakukan percobaan sederhana
-
Peserta didik mengamati percobaan dan
mencatat data pengamatan pada kolom
yang tersedia pada buku siswa hal. 75 dan 77
- peserta didik
mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari eksperimen/percobaan dan buku
sumber dengan cara :
- Mendiskusikan hasil
pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan – pertanyaan pada lembar kegiatan
-
Menyimpulkan tentang
struktur jaringan yang menyusun anatomi organ akar tumbuhan
-
peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan
memverifikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku sumber
·
peserta didik membuat laporan hasil pengamatan dan kesimpulan tentang struktur jaringan yang menyusun anatomi
organ akar tumbuhan
·
perwakilan kelompok, peserta didik presentasi hasil
laporan yang telah disusun
|
Penutup
|
-
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-
Peserta didik menjawab kuis
|
Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit)
1). Memeberi salam dan
menyapa peserta didik
2).
Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3).
Guru melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan materi
pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4). Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 3
kegiatan yang dilakukan yaitu mengamati jaringan penyusun batang, percobaan transport air
yang terjadi pada tanaman pada kegiatan “ Ayo kita Coba”dan mengidentifikasi
batang yang termodifikasi pada kegiatan “Ayo kita lakukan”
5).
Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1).
Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
Mengamati
2).
Peserta didik dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata tanaman yang sudah dipersiapkan.
Menanya
3)
Berdasarkan pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
peristiwa
Contoh hasil kerja ;
- Prediksi peserta didik : tumbuhan ada yang berkayu dan ada yang tidak
berkayu.
- Hasil pengamatan peserta didik :
menyebutkan bagian penampang batang dikotil
dan monokotil
-
Jika prediksi tidak sesuai dengan patan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
4). Peserta didik melakukan kegiatan “ Ayo kita Coba” pada buku
siswa menyebutkan bagian batang pada
tumbuhan
5). Pesrta didik melakukan diskusi
kelompok mengenai ketrampilan proses :
pengamatan,dan mengkomunikasi
serta menjelaskan kegunaan bagian- bagian batang tumbuhan dan fungsinya
6) Peserta didik melakukan kajian
pustaka ( dapat menggunakan buku siswa ) mengenai
Bagian batang pada
tumbuhan dan fungsinya
Mengasosiasi
7). Peserta didik menyimpulkan hasil
prediksi dengan menggunakan data pengamatan dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi
kelompok
c. Penutup ( 10 menit)
1).
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2). Guru mendorong peserta didik untuk
selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3).
Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4).
Guru menyampaikan informasi materi berikutnya tentang daun
Pertemuan
Keempat
Kegiatan
|
Langkah-Model
Discovery
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
|
Stimulation (stimulasi / pemberian
rangsangan
Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah
Data collection (pengumpulan data)
Data processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)
|
Dalam
pendahuluan guru :
a. menyiapkan
peserta didik secara fisik dan psikis dengan motivasi, sapaan salam hangat, serta
peduli terhadap kehadiran peserta didik.
b. mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari;
c.
mengantarkan suatu permasalahan ‘Apakah kalau banyak yang memakai udara di
bumi akan habis ? “ bagaimana oksigen ini selalu tetap ada ?”, menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
d. menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan
permasalahan.
- Guru memberi motivasi memusatkan
perhatian siswa
pada daun-daun yang di bawa, dan memancing
kreatifitas bertanya.
- peserta
didik menanya banyak hal tentang daun dan fotosintesis.
-membagi 8
kelompok kerja dr 32 jumlah siswa.
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyaan yang telah diidentifikasi di atas.
-Peserta
didik melakukan percobaan untuk mengidentifikasi struktur jaringan pada
daun (LK
Ayo Kita Coba “Struktur Jaringan Pada Daun Tumbuhan”
halaman 84)
- Dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi hasil fotosintesis
Ayo Kita Coba “Menyelidiki adanya fotosintesis”
halaman 85-86
-
-Menggambar
hasil preparat
pengamatan pada tabel yang disediakan -Peserta didik mengolah data hasil pengamatan dengan cara mendiskusikan
hasil pengamatan dengan pertanyaan pada lembar kegiatan.
-Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi
hasil pengolahan data dengan data-data pada buku sumber
Peserta didik
mempresentasikan hasil percobaan dan
diskusi dengan cara menuliskan di kertas yang di sediakan dan maju ke
depan kelas.
|
10 menit
100 menit
|
Penutup
|
Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi
|
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-menyimpulkan
hasil kegiatan.
-
memberikan umpan balik (tes tertulis)
-
merencanakan kegiatan tindak lanjut berupa diskusi “ayo kita lakukan” pada
meteri berikutnya.
|
10 Menit
|
Pertemuan Kelima
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
Ø Memeberi salam
dan menyapa peserta didik
Ø Peserta
didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
Ø Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
“dari berbagai struktur jaringan yang kamu ketahui , ternyata struktur penyusun
dinding rumah juga meniru susunan sel pada tumbuhan,coba jelaskan mengapa
struktur dinding rumah menggunakan hal itu?
Ø Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu mencari berbagai ide yang
meniru struktur dan tumbuhan untuk kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari,misalnya
pemasangan batu bata pada tembok, ternyata meniru susunan sel pada tumbuhan
pada kegiatan “ayo kita lakukan”
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Ø Peserta
didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
Mengamati
Ø Peserta didik mengamati berbagai arsitektur bangunan linggkunan
sekitar sekolah( pemasangan batu bata pada dinding atau tembok yang belum diaci, pemasangan keramik pada
dinding atau lantai,pemasangan bataco)
Menanya
Ø Peserta didik bertanya tentang berbagai arsitektur banggunan yang
meniru stuktur jarinan pada tumbuhan,misal:
1. Mengapa
pemasangan batu bata pada dinding meniru struktur jarinan pada tumbuhan?
2. Mengapa
pemasangan keramik meniru struktur jaringan pada tumbuhan?
3. Mengapa
pemasangan bataco meniru stuktur jaringan pada tumbuhan?
Mengumpulkan data
Ø Peserta didik mencari berbagai informasi baik internet maupun buku
tentang stuktur jaringan tumbuhan yang
menyerupai pemasangan batu bata,keramik dan bataco di lingkungan sekolah
Mengasosiasi
Ø
Peserta didik berdiskusi untuk
menganalisis berbagai arsitektur bangunan yang meniru struktur jaringan pada
tumbuhan
Mengkomunikasikan
Ø Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
c. Penutup ( 10 menit)
1.
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2.
Guru memberi penghargaan kepada
kelompok yang berkinerja baik
3.
Guru menyampaikan informasi materi
berikutnya
Pertemuan keenam
Tes Tulis
F. Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Jenis dan Bentuk Instrumen
Jenis
|
Bentuk Instrumen
|
·
Penilaian sikap
|
Lembar pengamatan sikap
|
·
Penilaian Pengetahuan
|
Soal tes uraian
|
·
Penilaian Ketrampilan
|
Soal tes unjuk kerja
|
2. Instrumen
a. Lembar pengamatan sikap
No
|
Nama Siswa
|
Kerja sama
|
Disiplin
|
Proaktif
|
Jumlah skor
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
Rubrik
|
Skore 2 jika kadang berprilaku dalam kegiatan
Skore 3 jika sering berprilaku dalam
kegiatan
Skore 4 jika selalu berprilaku dalam kegiatan
Nilai
: 80 – 100 predikat sangat baik
70 – 79 predikat
baik
60 – 69 predikat cukup
< 60
predikat kurang
b. Soal Tes Uraian
Indiator
|
Soal
|
Menyebutkan nama organ pada tumbuhan
|
1. Sebutkan struktur organ pada
tumbuhan
|
Menjelaskan fungsi dari masing-masing
organ pada tumbuhan
|
2. Jelaskan fungsi dari organ-organ
yang
menyusun tumbuhan
|
Kunci :
1.
Daun, batang dan akar
2. Daun memiliki fungsi utama sebagai tempat
berlangsungnya fotosintesis. Batang secara umum memiliki fungsi sebagai berikut:
a. Penyokong tumbuhan
b. Memperluas tajuk tumbuhan untuk efisiensi
penangkapan cahaya matahari
c. Sebagai tempat pengangkutan air dan
unsur hara dari akar menuju daun
d. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan
pada tumbuhan tertentu.
Akar
secara umum mempunyai fungsi sebagai berikut:
a.
Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah.
b.
Menyerap air dan mineral dari tanah.
c.
Membantu menegakkan batang.
d. Sebagai tempat menyimpan cadangan
makanan pada tumbuhan tertentu
Rubrik
1.
Setiap jawaban betul soal no 1 diberi skor 20
dan no, 2 diberi skor 80
2.
Nilai akhir = jumlah skor
c.
Soal Tes Unjuk kerja
Indicator
|
Soal
|
Mengidentifikasi organ yang ada pada
tumbuhan
|
Cari/ambil tanaman yang sudah disediakan tempelkan kertas pada bagian tumbuhan
berilah nama organ tersebut
|
Rubrik
1.
Terampil dan betul dalam menamai organ
diberi skor 100
2.
Kurang terampil dan betul dalam menamai organ diberi skor 85
3.
Terampil dan sebagaian betul dalam menamai organ diberi skor 75
4.
Kurang terampil dan sebagian betul dalam menamai diberi skor 60
5.
Kurang terampil dan tidak betul dalam menamai diberi skor 50
Nilai akhir = jumlah skor yang
diperoleh
G.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : LCD
2.
Alat/Bahan : Charta ,mikroskop, kaca objek, silet, akar
tanaman
3.
Sumber Belajar : Buku siswa, buku guru
Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila Guru
Mapel
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.