RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP PANCASILA Jatibarang
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester :
VIII/1
Topik :
Sifat Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Alokasi
Waktu : 10 x 40 menit ( 4 TM )
A. KOMPETENSI INTI
KI
.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI .2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI .3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI .4. Mencoba, mengolah,
danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi,dan membuat )dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
3.3. Mendiskripsikan keteraturan sifat
bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh
pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia.
3.3.1. Menyebutkan
contoh-contoh bahan penyusun peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
3.3.2. Menjelaskan
sifat bahan serat
Indikator
3.3.3. Menjelaskan
kegunaan bahan serat dalam kehidupan sehari-hari
3.3.4. Menjelaskan
sifat bahan karet
3.3.5. Menjelaskan
kegunaan bahan karet dalam kehidupan sehari-hari
3.3.6.
Menjelaskan pengaruh pemanfaatan bahan karet terhadap kesehatan manusia.
3.3.7 Menjelaskan kegunaan bahan tanah liat dan keramik
dalam kehidupan sehari-hari
3.3.8 Menjelaskan sifat bahan gelas
3.3.9 Menjelaskan kegunaan bahan gelas dalam kehidupan
sehari-hari
3.3.10 Menjelaskan sifat bahan kayu
3.3.11 Menjelaskan kegunaan bahan kayu dalam kehidupan sehari-hari
4.3. Melakukan penyelidikan tentang
sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan
sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
4.3.1.
Mengidentifikasi ciri-ciri serat melalui percobaan
4.3.2.
Mengidentifikasi bahan karet alami dan buatan melalui tugas
proyek
D. MATERI
Pertemuan Pertama (Serat dan Karet)
• Mengidentifikasi ciri-ciri serat
• Mengidentifikasi bahan karet alami dan
buatan
Pertemuan Kedua (Tanah Liat dan Keramik)
• Mengidentifikasi kualitas produk tanah
liat
Pertemuan Ketiga (Gelas dan Kayu)
• Mengidentifikasi kepadatan kaca
• Mengidentifikasi kekerasan kayu
Pertemuan Keempat (Tes tulis)
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (stimulasi )
|
Pemusatan perhatian peserta didik dengan cara:
1.
Guru
memperlihatkan tayangan gambar tentang berbagai macam peralatan yang terbuat
dari berbagai bahan
2.
Guru
memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
tayangan.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tayangan.
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
|
20 Menit
|
|
Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan Data
Pengolahan Data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan bahan serat
dan karet dengan metode pengamatan.
·
Membagi
peserta didik menjadi 6 kelompok.
·
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS tentang bahan serat dan bahan karet.
Peserta didik secara berkelompok menyelidiki beberapa sifat
sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan pada bahan serat dan bahan karet.
Mencatat data hasil pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS tentang
identifikasi serat
Menganalisis data dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang ada pada LKS tentang identifikasi bahan serat
Presentasi hasil pengamatan dan menyamakan persepsi yang ada pada buku
sumber.
Diskusi tentang bahan serat dan karet berdasar hasil data
pengamatan dan mencocokkan dengan konsep pada buku sumber
Membuat kesimpulan tentang bahan serat dan karet
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
40 Menit
|
|
Penutup
|
Peserta didik dan guru mereviu hasil kegiatan pembelajaran
Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja
baik
Pemberian tugas mandiri
Membaca sub topik bahan tanah liat dan keramik
|
20 Menit
|
||
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulasi)
|
Ø
Menyiapkan peserta didik untuk belajar
Ø
Guru melakukan pemusatan perhatian :
“ Apakah kamu pernah berpikir berasal
dari bahan apa barang-barang tersebut?
Ø
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari sifat dan kegunaan
dari bahan tanah liat dan keramik
|
20
menit
|
Kegiatan
inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Ø Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan yaitu mengidentifikasi kualitas produk tanah liat.
Ø
Membagi peserta didik menjadi 4 kelompok
Ø
Diskusi kelompok tentang jenis dan sifat bahan
tanah liat dan keramik
Ø
Melakukan percobaan identifikasi kualitas produk
tanah liat
Ø
Peserta didik mengidentifikasi satu-persatu sifat
bahan dari tanah liat yang dibawa dengan cara mengetuk ketukkan barang-
barang tersebut pelan-pelan, dan mencatat data pengamatan pada kolom yang
tersedia di LKS
Ø
Mengolah dan menganalisis data percobaan
identifikasi kualitas produk tanah liat dengan cara menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada LKS
Ø
Presentasi hasil percobaan
Ø
Diskusi kualitas produk tanah liat berdasarkan
data hasil percobaan dan mencocokan
dengan konsep pada buku sumber
Ø
Membuat kesimpulan tentang kualitas produk bahan
tanah liat
|
40
menit
|
Penutup
|
Ø
Mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø
Pemberian penghargaan kepada kelompok yang berkinerja
baik
Ø
Peserta didik menjawab kuis tentang produk tanah
liat dalam kehidupan sehari-hari
Ø
Pemberian tugas untuk mempelajari materi
berikutnya yaitu bahan gelas dan kayu
|
20
menit
|
Pertemuan
Ketiga
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
1.1. Pemusatan perhatian :
a. Guru menunjukkan
beberapa benda yang
terbuatdari kaca dan kayu kepada siswa dan memancing respon siswa untuk
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan benda/gambar benda
b. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
2. Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
3. Observasi
4. Pengumpulan
data
5.Pengolahan data dan analisis
6. Verifikasi
|
2.1.Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukanya yaitu eksperimen mengukur massa jenis pecahan kaca dan balok kayu
2.2.Membagi lembar kerja yang berisi
petunjuk praktikum dan tabel pengamatan.
3.1. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok dengan anggota 4 – 5
anak
3.2. Peserta didik melakukan percobaan
mengukur massa jenis sesuai petunjuk LKS
4.1. Menimbang
massa pecahan kaca dan balok kayu serta volume pecahan kaca dan balok kayu
4.2. Siswa mencatat data yang
diperoleh pada LKS yang tersedia
5.1. Diskusi kelompok untuk mengolah dan menganalisis hasil pengamatan guna menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
6.1.
Presentasi hasil observasi
6.2. Membuat kesimpulan tentang konsep lingkungan
|
80 mnt
|
Penutup
|
7. Generalisasi
|
7.1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
7.2.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain
yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
7.3. Siswa menjawab kuis tentang konsep massa jenis
dikaitkan dengan sifat kaca dan kayu
7.4.
Pemberian tugas: Siswa mempelajari materi
berikutnya
|
30 mnt
|
Pertemuan Keempat
Menegerjakan Soal Tes tulis
H.Penilaian, Pemebalajaran Remedial dan pengayaan
1. Jenis/teknik
penilaian: tes tulis, pengamatan sikap, dan unjuk kerja
2. Bentuk
instrumen: lembar tes tulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil
di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri.Sikap dan keterampilan
peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran
a.
Lembar
pengamatan sikap.
Lembar pengamatan sikap pada saat
pengamatan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Disiplin
|
Teliti
|
Kerja sama
|
Jumlah skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kerja sama
|
Santun
|
Proaktif
|
Jumlah skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4
|
Lembar pengamatan sikap pada saat
Diskusi
Cara pengisian lembar penilaian sikap
adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap
peserta didik selama kegiatan yaitu:
Skor 1 : jika tidak pernah berperilaku
dalam kegiatan.
Skor 2 : jika kadang-kadang
berperilaku dalam kegiatan
Skor 3 : jika sering berperilaku dalam
kegiatan
Skor 4 : jika selalu berperilaku dalam
kegiatan
x 100
Predikat
|
Nilai
|
Sangat Baik ( SB )
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik ( B )
|
70 ≤ AB ≤ 79
|
Cukup ( C )
|
60 ≤ AB ≤ 69
|
Kurang ( K )
|
< 60
|
b.
Lembar
Pengamatan Keterampilan Praktikum
No
|
Nama Peserta Didik
|
Persiapan Pengamatan
|
Pelaksanaan Pengamatan
|
Kegiatan Akhir Pengamatan
|
Jumlah skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4
|
Rubrik
No
|
Keterampilan
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1.
|
Persiapan Pengamatan(menyiapkan alat
dan bahan)
|
40
30
20
10
|
Semua alat dan bahan (9) tersedia dan siap pakai
Jika ada 7 alat/bahan dalam keadaan
siap pakai
Jika ada 5 alat/bahan dalam keadaan
siap pakai
Jika ada 3 alat/bahan dalam keadaan
siap pakai
|
2
|
Pelaksanaan Pengamatan
|
60
50
40
30
20
|
Meraba potongan potongan bahan
dengan benar
Memperhatikan permukaan
Meremas remas
Menarik bahan dengan memperhatikan
elastisitas
Mencelupkan bahan dalam air
Menarik potongan bahan yang basah
untuk melihat kekuatannya
Mencium bau setiap bahan setelah
dibakar
Dengan benar
Jika 5 aspek tersedia
Jika 4 aspek tersedia
Jika 3 aspek tersedia
Jika 2 aspek tersedia
Mengukur volume karet gelang, dot
bayi, penghapus karet, dan
karet rambut warna sebelum dan sesudah dicelupkan dalam minyak tanah dengan
benar
Mengukur volume 3 bahan sebelum dan
sesudah dicelupkan dalam minyak tanah dengan benar
Mengukur volume 2 bahan sebelum dan
sesudah dicelupkan dalam minyak tanah dengan benar
Mengukur volume 1 bahan sebelum dan
sesudah dicelupkan dalam minyak tanah dengan benar
|
3
|
Kegiatan akhir
|
Membuang cairan dan bahan bahanyang
sudah tidak dipakai ke tempat sampah
Membesihkan alat dengan baik
Membersihkan meja praktikum dengan
baik.
Menyimpan ala dan bahan yang masih
dipakai dengan baik.
Ada 3 aspek tersedia
Ada 2 aspek tersedia
Menyiapkan
tugas proyek bagi peserta didik tentang materi bahan karet.
|
C, Instrumen Penilaian Pengetahuan
A. Soal pilihan ganda
1. Baju seragam bagi
tenaga lapangan yang bekerja di terik matahari , banyak mengeluarkan
keringat, dan bekerja siang malam, maka
diperlukan baju yang terbuat dari bahan ....
a. polyester c. serat kapas
b. serat wool d. serat nilon
2.Ban kendaraan yang
beroperasi di hutan belantara , tanah rawa, jalannya berliku, memerlukan
kekuatan ban yang tahan selip, tahan goresan
dengan bebatuan, tahan terhadap tekanan
beban
yang berat. Ban kendaraan tersebut sangat cocok bila dibuat dari bahan
...
a. karet sintetis jenis
NBR c. karet sintetis jenis
IIR
b. karet sintetis jenis
CR d. karet alami
3. Industri tenun di
masyarakat peternak domba memproduksi baju hangat yang terbuat dari
bahan bulu domba. Bahan tersebut merupakan
....
a. serat protein hewan c. wol dari protein tumbuhan
b. serat protein tumbuhan
d. kapas dari protein hewan
4. Aneka industri tekstil
di masyarakat pedalaman umumnya jika membuat kostum budaya adat
diwajibkan menggunakan bahan baku 100% dari
serat alami. Serat tersebut berasal dari...
a. nilon, rambut, wool c. kapas, rambut,
nilon
b. kapas, rambut,
polyester d. kapas,
rambut, wool
5. Baru baru ini
ditemukan bahan serat dengan karakteristik lembut, mengkilat, tidak mudah
kusut, kurang tahan terhadap sinar matahari,
daya serap yang bagus, tidak mudah berjamur,
dan apabila dibakar berbau seperti rambut.
Berdasarkan karakteristik tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan tersebut
adalah...
a. serat sutera c.
serat linen
b. serat kapas d.
serat wool
Soal Uraian
1. Menurut kamu, lebih
baik menggunakan karet alam atau karet sintetis bila ditinjau dari
ketersediaan bahannya
2. Menurut kamu,
kombinasi bahan karet apakah yang bisa dipakai sehingga dapat menghasilkan bahan baru yang memilikisifat lentur
tetapi kuat?
3. Jelaskan sifat sifat
serat alami yang kamu ketahui!
4. Jelaskan sifat karet
alami yang kamu ketahui!
Kunci Jawaban
A. soal Pilhan ganda
1. C
2. D
3. A
4. D
5. A
Skor maksimal : betul x 4
= 20
B. Uraian
1. karet alami, karena
karet alami dapat diperbaharui sementara karet sintetis tidak
2. serat dan karet
3. kuat, padat, mudah
kusut, dan tahan penyeterikaan
4. memiliki daya elastis
tinggi, mudah pengolahannya, tidak mudah aus, dan tidak mudah panas
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika mampu menyebutkan jawaban secara benar
dan urut
|
20
|
2
|
Jika mampu menjelaskan semua dengan benar
|
20
|
3
|
Jika mampu menyebutkan jawaban dengan benar
|
20
|
4
|
Jika mampu menyebutkan jawaban dengan benar
|
20
|
Total
|
80
|
Nilai Akhir = Skor Pilihan ganda + skor uraian =100.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
a.
Lap Top
b.
LCD
2. Alat dan bahan
Kain perca, lilin, korek api, gelang
karet, karet penghapus, minyak tanah, gelas,air.
produk tanah
liat yang ada di sekitar kita seperti
cangkir, piring, vas bunga, pot bunga atau yang lain.Pecahan Gelas, Kayu, Neraca, Mistar,Gelas Ukur,Air
3. Sumber Belajar
a.
Buku IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
b.
LKS
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila Jatibarang Guru
Mapel
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.