Saturday, March 11, 2017

RPP IPA Kelas 8 Semester 2 bab Struktur dan fungsi otot pada manusia Kurtilas terbaru



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       :SMP PANCASILA 
Mata Pelajaran          :IPA
Kelas/ Semester         :VIII/1
Topik                           :Struktur dan fungsi otot pada manusia
Alokasi Waktu                       : 15 x 40 menit ( 6 TM )

A. KOMPETENSI INTI
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI.2. menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,goton Royong), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan  alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.

KI.3. Memahami pengetahuan ( Faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahuTentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
 KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret,( menggunakan,mengurai,merankai,    memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumbar lainyang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia
3.4.2 Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak manusia.
3.4.3 Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
3.4.4 Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia.
3.4.5 Mendeskripsikan struktur otot manusia.
3.4.6 Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia.
3.4.7 Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada tubuh manusia.
3.5.1 Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar peserta didik.
3.5.2 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.3 Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia.

4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatanrangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
Indikator :
4.4.1 Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
4.5.1 Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
C. MATERI
Pertemuan pertama
Struktur sistem rangka dan Fungsi Rangka Bagi Tubuh Manusia
Melakukan pengamatan sebuah model rangka atau gambar sistem rangka manusia
Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak manusia
Mengklasifikasikan berbagai jenis tulang penyusun sistem rangka manusia.
Pertemuan kedua
Sendi pada Tubuh Manusia
Melakukan identifikasi berbagai macam jenis sendi yang berperan pada berbagai aktifitas
yang dilakukan peserta
Pertemuan ketiga
Struktur dan Fungsi Otot Manusia
Mengamati diameter otot saat terjadi kontraksi dan relaksasi
Mengamati struktur otot jantung, otot rangka dan otot polos
Pertemuan keempat
Jenis Pesawat Sederhana dan Keuntungan
Mekanik Pesawat Sederhana
Mengidentifikasi manfaat pesawat sederhana
Melakukan identifikasi berbagai macam pesawat sederhana yang ada di lingkungan sekitar peserta.
Mengidentifikasi keuntungan mekanik pesawat sederhana
Pertemuan kelima
Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka Manusia
Membuktikan bahwa sekrup adalah salah satu contoh bidang miring
Melakukan pengamatan pada gambar prinsip kerja pesawat sederhana yang terdapat pada tubuh manusia
Pertemuan keenam
Tes Tulis

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
   Pertemuan 1 ( 3 JP)
Kegiatan
Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (Stimulasi)
- Menyiapkan peserta didik untuk belajar
- Guru melakukan pemusatan perhatian
Guru memberikan apersepsi dan motivasi seperti :
> Coba amati teman yang duduk di sebelah kamu! Mengapa temanmu itu dapat duduk dengan tegak?
- Guru menayangkan gambar rangka manusia secara utuh
- Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membawa peserta didik masuk ke materi pembelajaran, seperti :
> Apa yang terjadi seandainya tubuh kita tidak memiliki rangka?
> Ada berapa buah tulang yang menyusun rangka tubuh manusia?
> Bagaimana bentuk tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia?

10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah










Observasi





Pengumpulan data


Verifikasi


Generalisasi
Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu :
- mencari informasi tentang fungsi rangka tubuh manusia
- mengidentifikasi macam-macam tulang yang membentuk rangka tubuh manusia
- mengelompokkan tulang-tulang pembentuk rangka tubuh manusia berdasarkan bentuknya
Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku siswa halaman 39 – 43


- Melakukan identifikasi macam-macam tulang yang membentuk rangka tubuh  manusia
- Melakukan klasifikasi tulang-tulang yang telah diidentifikasi berdasarkan bentuknya.
- Mengidentifikasi kelainan pada system gerak manusia

-  Menuliskan data hasil pengamatan dan diskusi kelompoknya

-  Menyampaikan hasil pengamatan kelompoknya di depan kelas

-  Membuat kesimpulan tentang :
    Fungsi rangka pada tubuh manusia, macam-macam tulang yang membentuk rangka tubuh manusia
 klasifikasi/pengelompokan tulang berdasarkan
    bentuknya
90 menit
Penutup

-  Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
-  Guru memberikan tugas proyek tentang identifikasi salah satu kelainan pada system gerak yang ada di sekitar tempat tinggal peserta didik dan upaya untuk menjaga kesehatan rangka manusia dengan menuliskannya dalam bentuk brosur
20 menit

Pertemuan Kedua
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut.
Masih ingatkah kamu dengan komponen penyusun tulang kompak? Selanjutnya, guru mengatakan bahwa, “dengan adanya zat kapur dan fosfor, maka akan dapat menyebabkan tulang menjadi keras.”
Mengapa kamu dapat melakukan berbagai macam gerakan? Padahal, tulang yang termasuk salah satu sistem gerak manusia sangat keras serta tidak dapat dibengkokkan.
2. Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu ‘Mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas seharihari’ pada kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ dan menganalisis secara singkat prinsip kerja dari sendi pada kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’
Inti
1. Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan identifikasi sendisendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan” dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis secara singkat prinsip kerja dari sendi pada kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”.
2. Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan identifikasi sendisendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan ayo kita lakukan. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Hasil identifikasi dituliskan pada buku IPA. Untuk menunjang ketercapaian KI-2, jangan lupa mengingatkan peserta didik untuk berbagi tugas dengan teman satu kelompok serta mengamati setiap gerakan yang dilakukan oleh temannya dengan cermat agar peserta didik dapat mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada setiap aktivitas dengan tepat
3. Selanjutnya guru membimbing peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat mengetahui bahwa tidak semua persendian tidak dapat digerakkan. Tipe persendian yang tidak dapat
digerakkan adalah sendi-sendi yang menghubungkan tulang yang terdapat pada tulang tengkorak
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan.
a. Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih.
b. Terdapat enam macam sendi yang ada pada tubuh manusia. Keenam persendian tersebut antara lain sendi lesung/ peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi tak dapat digerakkan, sendi pelana serta sendi geser.
2. Guru menugaskan peserta didik untuk membaca kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan
 
Pertemuan Ketiga

Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (stimulasi)
JMengucapkan salam
JMenanyakan keadaan peserta didik
JApresepsi : menunjukkan gambar tentang aktivitas gerak pada manusia.

-          Pada kegiatan ini peserta didik mengingat pelajaran lalu bahwa tulang merupakan alat gerak pasif.
-          Coba sekarang kamu pikirkan,apakah tulang-tulang penyusun rangka manusia dapat digerakan tanpa adanya bagian lain? Ayo tebak gambar apakah ini!
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan inti
Problem statemen (Identifikasi
masalah )










Data collection
(Pengumpulan data )




































Data processing (Pengolahan data  dan analisis)








Verifikasi (Pembuktian )





Generalisasi
Guru memberi  kesempatan kepada peserta didik untuk  untuk mengidentifikasi sebayak mungkin masalah yang berkaitan dengan gerak sampai peserta didik dapat berfikir dan  bertanya setelah mengamati  gambar. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik.
-          Mengapa manusia bisa bergerak ?
-          Bagaimana cara kerja pada otot ?
-          Apakah sama antara otot yang menempel pada tulang, pada alat usus, dan pada jantung?

Setelah kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban pertanyaan dengan cara :
-          Melakukan  percobaan sederhana menyelidiki diametaer otot lengan atas  pada waktu lurus atau bengkok.(LK 1. Mengamati diameter Otot ,hal 47-48).
-          Mencatat data hasil pengamatan diameter otot lengan atas  pada waktu lurus atau bengkok pada lembar observasi.
Siswa melakuakan observasi otot  rangka, otot polos dan otot jantung pada kegiatan ayo kita coba serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan preparat otot  rangka, otot polos dan otot jantung/ gambar.(Ayo coba  LK. 2, Mengamati otot Rangka,otot polos dan otot jantung, hal 49)
-          Mengamati otot  rangka, otot polos dan otot jantung.
-          Mencatat pada kolom  pengamatan yang disiapkanoleh peserta didik

Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertantaan-pertanyaan pada lembar kegiatan. Misalnya :
-          diameter otot pada saat relaksasi dan kontraksi
-          perbedaan bentuk, warna,cara kerja inti,reaksi terhadap rangsang, letak inti pda gambar otot rangka, otot polos dan otot jantung.


Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverivikasi  hasil pengolahan dengan data-data pada buku siswa.


Menyimpulkan  hasil percobaan dan diskusi dengan cara :
-          menyimpulkan pengukuran diameter otot pada waktu relaksasi dan kontraksi.
-          Macam-macam struktur otot
-          Latihan memberikan contoh pemanfaatan konsep fungsi otot dalam kehidupan sehari hari.

100 menit
Penutup

Ø  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Ø  Siswa menjawab kuis tentang kelainan-kelainan pada sistem gerak.
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari benda-benda disekitar siswa yang termasuk pesawat sederhana serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

10 menit
Pertemuan ke 4 ( 2 JP )
    Kegiatan
Langkah2 Pembelajaran
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
apersepi dan motivasi








menyampaika n tujuan & kegiatan pembelajran
Guru mengingatkan tugas pertemuan sebelumnya yaitu membaca materi pesawat sederhana pada Buku Siswa IPA Klas VIII halaman 38 dan mengidentifikasi minimal 10 macam alat  yang termasuk pesawat sederhan yang ada di rumah.
guru bertanya alat apa yang digunakan untuk memotong kuku dan bagaimana jika memotong kuku tanpa bantuan alat?, bagaimana jika mencabut paku di pohon  tanpa bantuan alat? dsb

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi (mengidentifikasi pesawat sederhana dan keuntungan mekanik pengungkit), dan kegiatan yang akan dilaksanakan

10 menit
Kegiatan Inti
Stimulation (Pemberian rangsangan)












Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

Data collection (pengumpulandata)






Data processing (pengolahan Data)
Verification (pembuktian)

Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)



guru menunjukkan beberapa contoh pesawat sederhana yang ada dilingkungan peserta didik  dan meminta mengamati pesawat sederhana tsb.
peserta didik menyebutkan manfaat masing-masing alat. Contoh :
               

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan pesawat sederhana sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya, contohnya:
Ø Ada berapa jenis pesawat sederhana
Ø Bagaimana menghitung keuntungan mekanik alat tsb


peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui:
Ø membaca buku tentang pesawat sederhana di Buku IPA Bab 2 hal 38  untuk mengidentifikasi manfaat  pesawat sederhana dan  jenis pesawat sederhana
Ø melakukan percobaan untuk mengidentifikasi  keuntungan mekanik pengungkit
Ø Mencatat data hasil pengamatan pada kolom yang tersedia pada lembar kegiatan ayo kita coba pada halaman 59 buku siswa IPA
Ø Dari percobaan ini peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang  besar gaya kuasa, panjang lengan kuasa, besar berat beban , panjang  lengan beban, besarnya Keuntungan Mekanik pada pengungkit

Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara:
Ø mendiskusikan manfaat pesawat sederhana
Ø mengidentifikasi jenis pesawat sederhana memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
Ø mengidentifikasi  keuntungan mekanik pengungkit


melakukan verifikasi hasil pengolahan data dengan data-data pada buku siswa
Peserta didik mempresentasikan hasil


Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi misalnya dengan cara:
Ø Menyebutkan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan
Ø Menyebutkan jenis pesawat sederhana ,
Ø Mengidentifikasi  keuntungan mekanik pengungkit,
Ø Menyimpulkan persamaan keuntungan mekanik pesawat sederhana
Ø Mengidentifikasi pesawat sederhana yang ada dirumah baik manfaat maupun jenisnya
Ø Menentukan besar keuntungan mekanis pesawat sederhana  pada pengungkit jenis yang lain
50 menit
Penutup

Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Guru memberikan penghargaan pujian kepada peserta didik yang berkinerja baik.
Guru memberi kesempatan peserta didik yang ingin bertanya
Peserta didik menjawab pertanyaan sebagai penguatan
guru memberikan tugas pengayaan
Guru menyampaikan materi dipertemuan yang akan datang yaitu penerapan prinsip pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
20 menit

Pertemuan Kelima
Kegiatan
Langkah-langkah model discovery
Diksripsi / Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. Kemudian peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik rangka, otot dan prinsip kerja pesawat sederhana dengan cara menyajikan gambar rangka, otot, dan pesawat sederhana, mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari atau dengan materi sebelumnya.
10 menit
Kegiatan inti
Menciptakan situasi (stimulasi)
Pemusatan perhatian :
·         Guru memberi pertanyaan yang menantang untuk membangkitkan motivasi belajar siswa.
Apakah benar ada keterkaitan antara otot dan rangka kita prinsip kerjanya sama seperti pesawat sederhana?
Jenis pesawat sederhana yang mana yang ada keterkaitan kerja otot dan rangka kita?  
·         Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari tentang prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia.
·         Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.
0 menit
Kegiatan inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah




Observasi


Pengumpulan data








Pengolahan data dan analisis


Verifikasi




Generalisasi
·         Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mendiskusikan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia.
·         Siswa memperhatikan penuh dengan antusias
·         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
·         Siswa mengamati gambar otot rangka manusia yang berkaitan dengan prinsip kerja pesawat sederhana
·         Siswa mengamati gambar pada LKS aktivitas otot dan rangka manusia dan dilakukan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS.
·         Siswa mencatat dan menggambar letak titik kuasa, titik beban dan titik tumpu pada gambar aktivitas otot dan rangka manusia, kemudian menggambar jenis pesawat sederhana yang ada keterkaitannya.
·         Mengolah dan menganalisis data tentang letak titik tumpu, titik kuasa dan titik beban pada gambar aktivitas otot dan rangka manusia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
·         Presentasi hasil percobaan
·         Diskusi tentang prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia berdasarkan data hasil percobaan dan pengamatan.
·         Membuat kesimpulan tentang materi prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia.
50 menit
Penutup

·         Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·         Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian, atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang mempunyai kinerja baik.
·         Siswa menjawab pertanyaan tentang prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia.
·         Pemberian tugas untuk mempelajari prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia  dalam kehidupan sehari-hari.
20 menit




F.  Penilaian,Pemebelajaran Remedial & Pengayaan
1. Jenis/teknik penilaian: tes tulis, pengamatan sikap, dan unjuk kerja
2. Bentuk instrumen dan instrumen: lembar tes tulis berbentuk essay yang tertera pada buku siswa dan lembar pengamatan untuk sikap dan keterampilan seperti yang tertera buku guru bagian penilaian

A. Pilihlah jawaban yang benar!
1. Salah satu bagian penyusun tulang yang menghasilkan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih adalah ....
a. kartilago                                                   c. tulang kompak
b. periosteum                                              d. sumsum merah tulang
2. Salah satu fungsi sistem rangka adalah melindungi organ internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi paru-paru, dan otak secara berturut-turut adalah tulang ....
a. rusuk dan tulang tengkorak                    c. belakang dan tulang tengkorak
b. tengkorak dan tulang rusuk                    d. belakang dan tulang rusuk
3. Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka, kecuali ....
a. alat gerak aktif, sehingga tulang dapat bergerak
b. tempat utama menyimpan kalsium dan fosfor
c. memberikan bentuk pada tubuh dan mendukung tubuh
d. melindungi organ internal
4. Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah ....
a. otot jantung dan otot gastronemius         c. otot jantung dan otot trisep
b. otot jantung dan otot dahi                        d. otot bisep dan otot jantung
5. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah ....
a. sendi geser                                              c. sendi putar
b. sendi pelana                                            d. sendi engsel
6. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip pesawat sederhana ....
a. melakukan kerja                                                 c. mempermudah kerja
b. memperbesar massa beban                   d. memperbesar gaya

Perhatikan gambar di bawah ini! Gambar di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 7 dan 8.
7. Alat yang termasuk ke dalam golongan bidang miring adalah ....
a. A                                                              c. C
b. B                                                              d. D
8. Alat yang termasuk ke dalam golongan roda berporos adalah ....
a. A                                                              c. C
b. B                                                              d. D
9. Perhatikan gambar di samping!
                                                 Prinsip kerja tangan anak pada gambar koper tersebut sama              
                                                 dengan prinsip kerja pengungkit jenis ....
a. pertama                  c. ketiga
b. kedua                     d. keempat
10. Berikut merupakan gambaran skematis tangga yang ada di rumah Toni. Panjang tangga tersebut adalah 8 meter, sedangkan ketinggiannya adalah 4 meter
Keuntungan mekanik dari penggunaan tangga tersebut adalah ....
A 1/2.                                                                              c. 4
b. 2                                                                                  d. 8
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Perhatikan gambar ketiga jenis otot manusia berikut ini!
Jelaskan nama masing-masing otot tersebut, lokasi dalam tubuh manusia serta sebutkan satu (1) ciri yang nampak dari otot tersebut!
2. Perhatikan gambar berikut ini!
Termasuk pengungkit jenis berapakah gambar di atas? Mengapa demikian? Sebutkan dua contoh benda yang ada di sekitar kamu yang menggunakan prinsip kerja pengungkit tersebut
3.Identifikasilah minimal 3 (tiga) jenis sendi yang bekerja pada atlet pada gambar tersebut!
4. Gambar di bawah merupakan gambar mitokondria. Mitokondria merupakan salah satu organel yang terdapat di dalam sel yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Energi ini dimanfaatkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas, misalnya untuk kontraksi otot sehingga manusia dapat bergerak. Menurut pendapatmu, mengapa jumlah mitokondria pada sel otot lebih banyak daripada jumlah mitokondria pada sel lainnya?
     
5. Perhatikan dua gambar pengungkit di bawah ini!
6. Perhatikan gambar berikut

a. Bandingkan kecepatan pergerakan balok pada kedua bidang miring tersebut di atas, jika massa kedua balok sama!
b. Apabila kedua balok ingin ditarik ke arah atas, bagaimana cara mempermudah pergerakannya?
     c. Gaya apa sajakah yang bekerja pada Gambar A dan B?

7. Massa balok 4 kg, percepatan gravitasi 10 m/s2. Koefisien gesek statis dan kinetis adalah 0,4 dan 0,2. Jika besar gaya F adalah 40 Newton, apakah balok diam atau bergerak ? Jika balok bergerak, tentukan (a) resultan gaya yang mempercepat balok (b) besar dan arah percepatan balok!

C. Pemecahan Malasah
Bacalah teks di bawah ini dan jawablah pertanyaannya!
Delapan belas persen dari pemain olahraga yang berusia 8 tahun sampai 12 tahun telah mengalami cedera tumit. Tulang rawan pergelangan kaki pemain sepak bola tidak merespon dengan baik terhadap benturan, dan 25 % dari profesional telah mengakui bahwa tulang rawan pergelangan kaki merupakan bagian yang mudah cedera. Tulang rawan sendi lutut bila rusak dapat diperbaiki, namun jika tidak dilakukan perawatan pada masa kanak-kanak (10-12 tahun), dapat menyebabkan osteoarthritis prematur. Tulang pinggul juga tidak luput dari kerusakan yaitu berupa patah tulang akibat jatuh atau atau tabrakan.
Menurut penelitian, pemain sepak bola yang telah bermain selama lebih dari sepuluh tahun memiliki Outgrowths (pertumbuhan abnormal) tulang baik pada tibia atau tumit . Hal ini adalah apa yang dikenal sebagai "soccer player's foot", yaitu suatu kelainan yang disebabkan oleh sepatu dengan sol pada bagian pergelangan kaki yang terlalu fleksibel. Jika sepatu terlalu kaku, maka akan membatasi gerakan. Jika terlalu fleksibel,akan meningkatkan risiko cedera dan keseleo. Sebuah sepatu olahraga yang baik harus memenuhi empat kriteria sebagai berikut.
1 Sepatu harus memberikan perlindungan eksterior, melindungi kaki dari benturan bola atau pemain lain, mengatasi ketidakrataan di tanah, dan menjaga kaki hangat dan kering bahkan ketika udara dingin dan hujan.
2 Sepatu harus mendukung kaki, khususnya sendi pergelangan kaki untuk menghindari keseleo, pembengkakan dan masalah lain, yang bahkan dapat mempengaruhi lutut.
3 Sepatu juga harus memberikan pemain dengan stabilitas yang baik sehingga mereka tidak terpeleset di tanah basah atau selip pada permukaan yang terlalu kering.
4 Sepatu harus meredam guncangan, terutama yang dialami voli dan bola basket pemain yang selalu melompat.

Pertanyaan
1. Apa maksud penulis menampilkan fenomena seperti dalam teks ini?
2. Salah satu bagian dari artikel ini mengatakan, "Sebuah sepatu olahraga yang
baik harus memenuhi empat kriteria". Jelaskan empat kriteria tersebut!
3. Perhatikan kalimat dalam artikel, yang disajikan dalam dua bagian berikut.
 Bagian 1
Untuk menghindari kondisi sepele tetapi menyakitkan seperti lecet atau bahkan athlete's foot (infeksi jamur)....
Bagian 2
....sepatu harus dapat menguapkan keringat dan harus mencegah kelembaban.
Apa hubungan antara bagian pertama dan kedua dari kalimat tersebut?

Kelas VIII SMP/MTs
Semester 1
Untuk menghindari kondisi sepele tapi menyakitkan seperti lecet atau bahkan athlete's foot (infeksi jamur), sepatu harus menguapkan keringat dan harus mencegah kelembaban. Bahan yang ideal untuk ini adalah kulit karena terbukti tahan air sehingga mencegah air masuk ke dalam sepatu ketika hujan.
Pertanyaan
1. Apa maksud penulis menampilkan fenomena seperti dalam teks ini?
2. Salah satu bagian dari artikel ini mengatakan, "Sebuah sepatu olahraga yang
baik harus memenuhi empat kriteria". Jelaskan empat kriteria tersebut!
3. Perhatikan kalimat dalam artikel, yang disajikan dalam dua bagian berikut.
Bagian 1
Untuk menghindari kondisi sepele tetapi menyakitkan seperti lecet atau bahkan athlete's foot (infeksi jamur)....
Bagian 2
....sepatu harus dapat menguapkan keringat dan harus mencegah kelembaban.
Apa hubungan antara bagian pertama dan kedua dari kalimat tersebut?

TUGAS PROYEK
Mengidentifikasi Kelainan atau Penyakit pada Sistem Gerak
Apa yang harus kamu persiapkan?
Buku, kertas HVS (1 – 2 lembar), dan alat tulis
Apa yang harus kamu lakukan?
1. Bersama dengan anggota kelompokmu identifikasilah satu jenis kelainan atau penyakit yang menyerang sistem gerak yang terjadi pada orang-orang di sekitarmu! Carilah informasi dari koran, majalah ataupun media massa yang lainnya baik media massa cetak ataupun elektronik. Apabila memungkinkan pergilah ke Puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.
2. Tulislah brosur tentang upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rangka tubuhmu! Kaitkan dengan zat gizi yang dapat diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi serta kaitkan pula dengan perilaku sehari-hari. Bekerjasamalah dengan teman satu kelompokmu serta gunakan pula kreativitasmu untuk menyusun brosur ini!
3. Jika telah selesai, tempelkan brosurmu di mading kelasmu agar dapat dibaca oleh temanmu yang lain.

KUNCI JAWABAN
a. Pilihan Ganda
1. D      6. C
2. A      7. B
3. A      8. D
4. D      9. B
5. D      10. B
b. Uraian
1. Jawaban:
a) Nama otot: otot jantung, lokasi otot: jantung, ciri-ciri: memiliki garisgaris seperti otot rangka.
b) Nama otot: otot polos, lokasi otot: organ dalam manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll), ciri-ciri: tidak bergaris-garis, berbentuk gelendong.
c) Nama otot: otot rangka, lokasi otot: melekat pada tulang, sehingga tulang dapat bergerak, ciri-ciri: memiliki garis-garis melintang, sehingga
otot ini disebut dengan otot lurik.
2. Gambar tersebut adalah pengungkit jenis pertama, karena posisi titik tumpu berada di antara kuasa dan beban. Contoh benda yang menggunakan prinsip kerja pengungkit tersebut adalah, jungkat-jungkit, gunting.
3. Persendian di antara tulang tengkorak dan tulang leher (sendi putar).
a) Sendi pada siku, sendi pada lutut (sendi engsel).
b) Sendi pada ibu jari (sendi pelana) sendi pada empat jari yang lain (sendi engsel)
c) Sendi pada pergelangan tangan dan kaki (sendi geser)
d) Sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat (sendi peluru).
4. Karena otot merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang yang ada di seluruh tubuh manusia. Otot dapat menggerakkan tulang jika otot melakukan kontraksi. Proses kontraksi otot membutuhkan energi. Kontraksi yang dilakukan oleh otot berlangsung sangat sering, sesering ketika manusia melakukan aktifitas. Sehingga sel otot membutuhkan lebih
banyak energy dari pada sel lainnya.
5. Diketahui:
Pengungkit A: LK = 20 cm; LB = 120 cm
Pengungkit B: LK = 80 cm; LB = 60 cm
Ditanya:
Pengungkit yang memerlukanenergi paling sedikitjikadigunakan.
Jawab:
a) KM (Keuntungan Mekanik) A :  =  =

b) KM (Keuntungan Mekanik) B :    =    80 /60 =

Jadi pengungkit yang memerlukan energi paling sedikit jika digunakan adalah pengungkit B, karena semakin besar keuntungan mekanik pesawat sederhana, maka semakin kecil energi yang diperlukan.
6. Jawaban:
a. Balok pada gambar A akan bergerak lebih cepat dibandingkan balok pada gambar B. Hal ini disebebkan karena kecilnya gaya gesek antar balok dengan bidang miring yang licin pada gambar A, sedangkan balok pada gambar B akan bergerak lebih lambat karena besarnya
gaya gesekan antar balok dengan bidang yang kasar.
b. Untuk mempermudah pergerakan balok kearah atas maka dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan pesawat sederhana seperti katrol atau dengan member roda untuk mengurangi gesekan antar balok dengan bidang miring.
c. Gaya yang terlibat adalah gaya normal dan gaya gesek
Diketahui:
Massa (m) = 4 kg
Percepatan gravitasi (g) = 10 m/s2
Koefisien gesek statis = 0,4
Koefisien gesek statis = 0,2
Berat balok (w) = m g = (4)(10) = 40 Newton
wx = w sin 30o = (40)(0,5) = 20 Newton
wy = w cos 30o = (40)(0,5√3) = 20√3 Newton
Gaya normal (N) = wy = 20√3 Newton
Gaya gesek statis (fs) = (0,4)(20√3) = 8√3 Newton
Gaya gesek kinetis (fk) = (0,2)(20√3) = 4√3 Newton
F = 40 Newton
Ditanya:
Apakah balok diam atau bergerak ? jika bergerak, tentukan resultan gaya yang mempercepat balok dan percepatan balok!
Jawab:
Balok bergerak ke bawah jika F < wx + fs. Balok bergerak ke atas jika F > wx + fs. F = 40 Newton, wx = 20 Newton dan fs = 8√3 = 13,6 Newton, maka disimpulkan balok bergerak ke atas karena F lebih besar dari wx + fs.
a. Resultan gaya yang mempercepat balok
Ketika balok bergerak, gaya gesek yang bekerja pada balok adalah gaya gesek kinetis (fk).
b. Besar dan arah percepatan balok
Besar percepatan balok adalah 1,6 m/s2 dan arah percepatan balok adalah ke atas.
C. Pemecahan Masalah
1. Maksud dari penulis adalah memberikan informasi tentang beberapa cidera yang mungkin terjadi pada pemain sepak bola. Selain itu juga memberikan informasi tentang kriteria sepatu olahraga yang sesuai untuk pemain bola.
2. Kriteria tersebut adalah Pertama, sepatu harus memberikan perlindungan eksterior, melindungi kaki dari benturan bola atau pemain lain, mengatasi ketidakrataan di tanah, dan menjaga kaki hangat dan kering bahkan ketika udara dingin dan hujan. Kedua, sepatu harus
mendukung kaki, khususnya sendi pergelangan kaki untuk menghindari keseleo, pembengkakan dan masalah lain, yang bahkan dapat mempengaruhi lutut. Ketiga, sepatu juga harus memberikan pemain dengan stabilitas yang baik sehingga mereka tidak terpeleset di tanah
basah atau selip pada permukaan yang terlalu kering. Keempat, sepatu harus meredam guncangan, terutama yang dialami voli dan bola basket pemain yang selalu melompat.

G. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media
Papan tulis
2.      Alat dan Bahan
a.      Meteran yang biasa digunakan penjahit
b.      Alat tulis
c.       Buku tulis
3.      Sumber Belajar
a)      Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk 2013
b)      LK
c)      Lingkungan

Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila Jatibarang                                           Guru Mapel

itulah postingan RPP IPA Kelas 8 Semester 2 bab Struktur dan fungsi otot pada manusia Kurtilas terbaru semoga bermanfaat 


No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.