RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP PANCASILA
Mata Pelajaran :IPA
Kelas/ Semester :VIII/1
Topik :Struktur dan fungsi otot pada
manusia
Alokasi Waktu : 15
x 40 menit ( 6
TM )
A. KOMPETENSI
INTI
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI.2. menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi,goton Royong), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI.3. Memahami
pengetahuan ( Faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahuTentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret,( menggunakan,mengurai,merankai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumbar lainyang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot
manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia
3.4.2 Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak
manusia.
3.4.3 Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
3.4.4 Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia.
3.4.5 Mendeskripsikan struktur otot manusia.
3.4.6 Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia.
3.4.7 Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada
tubuh manusia.
3.5.1 Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang
terdapat di sekitar peserta didik.
3.5.2 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
3.5.3 Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada
otot dan rangka manusia.
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga
kesehatanrangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari.
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada
pesawat sederhana
Indikator :
4.4.1 Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari.
4.5.1 Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
C. MATERI
Pertemuan pertama
Struktur sistem rangka dan Fungsi Rangka Bagi Tubuh
Manusia
• Melakukan pengamatan sebuah model rangka atau gambar sistem rangka manusia
• Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak manusia
• Mengklasifikasikan berbagai jenis tulang penyusun sistem rangka manusia.
Pertemuan kedua
Sendi pada Tubuh Manusia
• Melakukan identifikasi berbagai macam jenis sendi yang berperan pada
berbagai aktifitas
yang dilakukan peserta
Pertemuan ketiga
Struktur dan Fungsi Otot Manusia
• Mengamati diameter otot saat terjadi kontraksi dan relaksasi
• Mengamati struktur otot jantung, otot rangka dan otot polos
Pertemuan keempat
Jenis Pesawat Sederhana dan Keuntungan
Mekanik Pesawat Sederhana
• Mengidentifikasi manfaat pesawat sederhana
• Melakukan identifikasi berbagai macam pesawat sederhana yang ada di
lingkungan sekitar peserta.
• Mengidentifikasi keuntungan mekanik pesawat sederhana
Pertemuan kelima
Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka
Manusia
• Membuktikan bahwa sekrup adalah salah satu contoh bidang miring
• Melakukan pengamatan pada gambar prinsip kerja pesawat sederhana yang
terdapat pada tubuh manusia
Pertemuan keenam
Tes Tulis
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 ( 3
JP)
Kegiatan
|
Langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi)
|
- Menyiapkan peserta didik untuk belajar
- Guru melakukan pemusatan perhatian
Guru memberikan apersepsi dan motivasi seperti :
> Coba amati teman yang duduk di sebelah kamu! Mengapa temanmu itu
dapat duduk dengan tegak?
- Guru menayangkan gambar rangka manusia secara utuh
- Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membawa peserta didik
masuk ke materi pembelajaran, seperti :
> Apa yang terjadi seandainya tubuh kita tidak memiliki rangka?
> Ada berapa buah tulang yang menyusun rangka tubuh manusia?
> Bagaimana bentuk tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh
manusia?
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Verifikasi
Generalisasi
|
Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan
yaitu :
- mencari informasi tentang fungsi rangka tubuh manusia
- mengidentifikasi macam-macam tulang yang membentuk rangka tubuh
manusia
- mengelompokkan tulang-tulang pembentuk rangka tubuh manusia
berdasarkan bentuknya
Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku siswa halaman 39 – 43
- Melakukan identifikasi macam-macam tulang yang membentuk rangka
tubuh manusia
- Melakukan klasifikasi tulang-tulang yang telah diidentifikasi
berdasarkan bentuknya.
- Mengidentifikasi kelainan pada system gerak manusia
- Menuliskan data hasil
pengamatan dan diskusi kelompoknya
- Menyampaikan hasil
pengamatan kelompoknya di depan kelas
- Membuat kesimpulan tentang :
Fungsi rangka pada tubuh
manusia, macam-macam tulang yang membentuk rangka tubuh manusia
klasifikasi/pengelompokan
tulang berdasarkan
bentuknya
|
90 menit
|
Penutup
|
|
- Peserta didik dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
- Guru memberikan penghargaan
kepada kelompok yang berkinerja baik
- Guru memberikan tugas proyek
tentang identifikasi salah satu kelainan pada system gerak yang ada di
sekitar tempat tinggal peserta didik dan upaya untuk menjaga kesehatan rangka
manusia dengan menuliskannya dalam bentuk brosur
|
20 menit
|
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan.
Pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut.
• Masih ingatkah kamu dengan komponen penyusun tulang kompak? Selanjutnya,
guru mengatakan bahwa, “dengan adanya zat kapur dan fosfor, maka akan dapat
menyebabkan tulang menjadi keras.”
• Mengapa kamu dapat melakukan berbagai macam gerakan? Padahal, tulang yang
termasuk salah satu sistem gerak manusia sangat keras serta tidak dapat
dibengkokkan.
2. Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2
kegiatan yaitu ‘Mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas
seharihari’ pada kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ dan menganalisis secara singkat prinsip
kerja dari sendi pada kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’
Inti
1. Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan
identifikasi sendisendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan
“Ayo Kita Lakukan” dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis secara
singkat prinsip kerja dari sendi pada kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”.
2. Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan
identifikasi sendisendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan
ayo kita lakukan. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Hasil identifikasi
dituliskan pada buku IPA. Untuk menunjang ketercapaian KI-2, jangan lupa
mengingatkan peserta didik untuk berbagi tugas dengan teman satu kelompok serta
mengamati setiap gerakan yang dilakukan oleh temannya dengan cermat agar
peserta didik dapat mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada setiap
aktivitas dengan tepat
3. Selanjutnya guru membimbing peserta didik untuk
menjawab pertanyaan yang terdapat pada kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”. Melalui
kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat mengetahui bahwa tidak semua persendian
tidak dapat digerakkan. Tipe persendian yang tidak dapat
digerakkan adalah sendi-sendi yang menghubungkan tulang
yang terdapat pada tulang tengkorak
Penutup
1. Guru membimbing peserta didik untuk menarik
kesimpulan.
a. Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih.
b. Terdapat enam macam sendi yang ada pada tubuh manusia.
Keenam persendian tersebut antara lain sendi lesung/ peluru, sendi engsel, sendi
putar, sendi tak dapat digerakkan, sendi pelana serta sendi geser.
2. Guru menugaskan peserta didik untuk membaca kegiatan
yang akan dilakukan oleh peserta didik pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (stimulasi)
|
JMengucapkan salam
JMenanyakan keadaan peserta didik
JApresepsi : menunjukkan gambar tentang aktivitas gerak pada
manusia.
-
Pada kegiatan ini
peserta didik mengingat pelajaran lalu bahwa tulang merupakan alat gerak
pasif.
-
Coba sekarang kamu
pikirkan,apakah tulang-tulang penyusun rangka manusia dapat digerakan tanpa
adanya bagian lain? Ayo tebak gambar apakah ini!
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Problem statemen (Identifikasi
masalah )
Data collection
(Pengumpulan data )
Data processing (Pengolahan data
dan analisis)
Verifikasi (Pembuktian )
Generalisasi
|
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk
untuk mengidentifikasi sebayak mungkin masalah yang berkaitan dengan
gerak sampai peserta didik dapat berfikir dan
bertanya setelah mengamati
gambar. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta
didik.
-
Mengapa manusia bisa
bergerak ?
-
Bagaimana cara kerja
pada otot ?
-
Apakah sama antara otot
yang menempel pada tulang, pada alat usus, dan pada jantung?
Setelah kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi
peserta didik untuk menemukan jawaban pertanyaan dengan cara :
-
Melakukan percobaan sederhana menyelidiki diametaer
otot lengan atas pada waktu lurus atau
bengkok.(LK 1. Mengamati diameter Otot ,hal 47-48).
-
Mencatat data hasil
pengamatan diameter otot lengan atas
pada waktu lurus atau bengkok pada lembar observasi.
Siswa melakuakan observasi otot rangka, otot polos dan otot jantung pada
kegiatan ayo kita coba serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat
pada kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan preparat otot rangka, otot polos dan otot jantung/
gambar.(Ayo coba LK. 2, Mengamati otot
Rangka,otot polos dan otot jantung, hal 49)
-
Mengamati otot rangka, otot polos dan otot jantung.
-
Mencatat pada kolom pengamatan yang disiapkanoleh peserta didik
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan
pertantaan-pertanyaan pada lembar kegiatan. Misalnya :
-
diameter otot pada saat
relaksasi dan kontraksi
-
perbedaan bentuk,
warna,cara kerja inti,reaksi terhadap rangsang, letak inti pda gambar otot
rangka, otot polos dan otot jantung.
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverivikasi hasil pengolahan dengan data-data pada buku
siswa.
Menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi dengan cara :
-
menyimpulkan pengukuran
diameter otot pada waktu relaksasi dan kontraksi.
-
Macam-macam struktur
otot
-
Latihan memberikan
contoh pemanfaatan konsep fungsi otot dalam kehidupan sehari hari.
|
100 menit
|
Penutup
|
|
Ø
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang berkinerja baik
Ø
Siswa menjawab kuis tentang
kelainan-kelainan pada sistem gerak.
Ø
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mencari benda-benda disekitar siswa yang termasuk pesawat sederhana serta
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
Pertemuan ke 4 ( 2 JP )
Kegiatan
|
Langkah2
Pembelajaran
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
apersepi
dan motivasi
menyampaika
n tujuan & kegiatan pembelajran
|
Guru
mengingatkan tugas pertemuan sebelumnya yaitu membaca materi pesawat
sederhana pada Buku Siswa IPA Klas VIII halaman 38 dan mengidentifikasi
minimal 10 macam alat yang termasuk
pesawat sederhan yang ada di rumah.
guru
bertanya alat apa yang digunakan untuk memotong kuku dan bagaimana jika
memotong kuku tanpa bantuan alat?, bagaimana jika mencabut paku di pohon tanpa bantuan alat? dsb
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi (mengidentifikasi pesawat
sederhana dan keuntungan mekanik pengungkit), dan kegiatan yang akan
dilaksanakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulation (Pemberian rangsangan)
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
Data
collection (pengumpulandata)
Data
processing (pengolahan Data)
Verification
(pembuktian)
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
guru
menunjukkan beberapa contoh pesawat sederhana yang ada dilingkungan peserta
didik dan meminta mengamati pesawat
sederhana tsb.
peserta
didik menyebutkan manfaat masing-masing alat. Contoh :
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin masalah yang berkaitan dengan pesawat sederhana sampai peserta didik
dapat berpikir dan bertanya, contohnya:
Ø Ada
berapa jenis pesawat sederhana
Ø Bagaimana
menghitung keuntungan mekanik alat tsb
peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah
diidentifikasi melalui:
Ø membaca buku tentang pesawat sederhana di Buku
IPA Bab 2 hal 38 untuk
mengidentifikasi manfaat pesawat
sederhana dan jenis pesawat sederhana
Ø melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keuntungan mekanik
pengungkit
Ø Mencatat data hasil pengamatan pada kolom yang
tersedia pada lembar kegiatan ayo kita coba pada halaman 59 buku siswa IPA
Ø Dari percobaan ini peserta didik akan
mengumpulkan informasi tentang besar
gaya kuasa, panjang lengan kuasa, besar berat beban , panjang lengan beban, besarnya Keuntungan Mekanik
pada pengungkit
Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data
hasil pengamatan dengan cara:
Ø mendiskusikan manfaat pesawat sederhana
Ø mengidentifikasi jenis pesawat sederhana
memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
Ø mengidentifikasi
keuntungan mekanik pengungkit
melakukan verifikasi hasil pengolahan data
dengan data-data pada buku siswa
Peserta didik mempresentasikan hasil
Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan
dan diskusi misalnya dengan cara:
Ø Menyebutkan manfaat pesawat sederhana dalam
kehidupan
Ø Menyebutkan jenis pesawat sederhana ,
Ø Mengidentifikasi keuntungan mekanik pengungkit,
Ø Menyimpulkan persamaan keuntungan mekanik
pesawat sederhana
Ø Mengidentifikasi pesawat sederhana yang ada
dirumah baik manfaat maupun jenisnya
Ø Menentukan besar keuntungan
mekanis pesawat sederhana pada
pengungkit jenis yang lain
|
50 menit
|
Penutup
|
|
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Guru
memberikan penghargaan pujian kepada peserta didik yang berkinerja baik.
Guru
memberi kesempatan peserta didik yang ingin bertanya
Peserta
didik menjawab pertanyaan sebagai penguatan
guru
memberikan tugas pengayaan
Guru
menyampaikan materi dipertemuan yang akan datang yaitu penerapan prinsip
pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
|
20 menit
|
Pertemuan Kelima
Kegiatan
|
Langkah-langkah model
discovery
|
Diksripsi / Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
|
·
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. Kemudian peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
rangka, otot dan prinsip kerja pesawat sederhana dengan cara menyajikan
gambar rangka, otot, dan pesawat sederhana, mengaitkan materi pembelajaran
dengan pengalaman siswa sehari-hari atau dengan materi sebelumnya.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Menciptakan situasi
(stimulasi)
|
Pemusatan perhatian :
·
Guru memberi pertanyaan yang menantang untuk membangkitkan
motivasi belajar siswa.
Apakah benar ada
keterkaitan antara otot dan rangka kita prinsip kerjanya sama seperti pesawat
sederhana?
Jenis pesawat sederhana
yang mana yang ada keterkaitan kerja otot dan rangka kita?
·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari tentang prinsip
kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia.
·
Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.
|
0
menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan
identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan
analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan
yaitu mendiskusikan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka manusia.
·
Siswa memperhatikan penuh dengan antusias
·
Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
·
Siswa mengamati gambar otot rangka manusia yang berkaitan dengan
prinsip kerja pesawat sederhana
·
Siswa mengamati gambar pada LKS aktivitas otot dan rangka manusia
dan dilakukan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS.
·
Siswa mencatat dan menggambar letak titik kuasa, titik beban dan
titik tumpu pada gambar aktivitas otot dan rangka manusia, kemudian
menggambar jenis pesawat sederhana yang ada keterkaitannya.
·
Mengolah dan menganalisis data tentang letak titik tumpu, titik
kuasa dan titik beban pada gambar aktivitas otot dan rangka manusia untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
·
Presentasi hasil percobaan
·
Diskusi tentang prinsip kerja pesawat sederhana pada otot rangka
manusia berdasarkan data hasil percobaan dan pengamatan.
·
Membuat kesimpulan tentang materi prinsip kerja pesawat sederhana
pada otot rangka manusia.
|
50 menit
|
Penutup
|
|
·
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian, atau bentuk
penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang mempunyai kinerja baik.
·
Siswa menjawab pertanyaan tentang prinsip kerja pesawat sederhana
pada otot rangka manusia.
·
Pemberian tugas untuk mempelajari prinsip kerja pesawat sederhana
pada otot rangka manusia dalam
kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
F. Penilaian,Pemebelajaran Remedial &
Pengayaan
1. Jenis/teknik penilaian: tes tulis, pengamatan sikap,
dan unjuk kerja
2. Bentuk instrumen dan instrumen: lembar tes tulis
berbentuk essay yang tertera pada buku siswa dan lembar pengamatan untuk sikap
dan keterampilan seperti yang tertera buku guru bagian penilaian
A. Pilihlah jawaban yang benar!
1. Salah satu bagian penyusun tulang yang menghasilkan
sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih adalah ....
a.
kartilago c.
tulang kompak
b.
periosteum d.
sumsum merah tulang
2. Salah satu fungsi sistem rangka adalah melindungi
organ internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi paru-paru, dan otak
secara berturut-turut adalah tulang ....
a.
rusuk dan tulang tengkorak c.
belakang dan tulang tengkorak
b.
tengkorak dan tulang rusuk d.
belakang dan tulang rusuk
3. Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka, kecuali ....
a.
alat gerak aktif, sehingga tulang dapat bergerak
b.
tempat utama menyimpan kalsium dan fosfor
c.
memberikan bentuk pada tubuh dan mendukung tubuh
d.
melindungi organ internal
4. Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja
secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah ....
a.
otot jantung dan otot gastronemius c.
otot jantung dan otot trisep
b.
otot jantung dan otot dahi d.
otot bisep dan otot jantung
5. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah
....
a.
sendi geser c.
sendi putar
b.
sendi pelana d.
sendi engsel
6. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip pesawat
sederhana ....
a.
melakukan kerja c.
mempermudah kerja
b.
memperbesar massa beban d.
memperbesar gaya
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 7 dan 8.
7. Alat yang termasuk ke dalam golongan bidang miring
adalah ....
a.
A c.
C
b.
B d.
D
8. Alat yang termasuk ke dalam golongan roda berporos
adalah ....
a.
A c.
C
b.
B d.
D
9. Perhatikan gambar di samping!
Prinsip kerja tangan anak pada gambar koper tersebut sama
dengan prinsip kerja pengungkit jenis ....
a.
pertama c. ketiga
b.
kedua d. keempat
10. Berikut merupakan gambaran
skematis tangga yang ada di rumah Toni. Panjang tangga tersebut adalah 8 meter,
sedangkan ketinggiannya adalah 4 meter
Keuntungan mekanik dari penggunaan tangga
tersebut adalah ....
A 1/2. c.
4
b. 2 d.
8
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar!
1. Perhatikan gambar ketiga jenis otot
manusia berikut ini!
Jelaskan
nama masing-masing otot tersebut, lokasi dalam tubuh manusia serta sebutkan
satu (1) ciri yang nampak dari otot tersebut!
2. Perhatikan gambar berikut ini!
Termasuk pengungkit jenis berapakah
gambar di atas? Mengapa demikian? Sebutkan dua contoh benda yang ada di sekitar
kamu yang menggunakan prinsip kerja pengungkit tersebut
3.Identifikasilah minimal 3 (tiga) jenis sendi yang bekerja pada
atlet pada gambar tersebut!
4. Gambar
di bawah merupakan gambar mitokondria. Mitokondria merupakan salah satu organel
yang terdapat di dalam sel yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Energi ini
dimanfaatkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas, misalnya
untuk kontraksi otot sehingga manusia dapat bergerak. Menurut pendapatmu,
mengapa jumlah mitokondria pada sel otot lebih banyak daripada jumlah
mitokondria pada sel lainnya?
5. Perhatikan dua
gambar pengungkit di bawah ini!
6. Perhatikan gambar
berikut
a. Bandingkan kecepatan pergerakan balok pada kedua
bidang miring tersebut di atas, jika massa kedua balok sama!
b. Apabila kedua balok ingin ditarik ke arah atas,
bagaimana cara mempermudah pergerakannya?
c. Gaya apa sajakah yang bekerja pada
Gambar A dan B?
7. Massa balok 4 kg,
percepatan gravitasi 10 m/s2. Koefisien gesek statis dan kinetis adalah 0,4 dan
0,2. Jika besar gaya F adalah 40 Newton, apakah balok diam atau bergerak ? Jika
balok bergerak, tentukan (a) resultan gaya yang mempercepat balok (b) besar dan
arah percepatan balok!
C. Pemecahan Malasah
Bacalah teks di bawah ini dan jawablah pertanyaannya!
Delapan
belas persen dari pemain olahraga yang berusia 8 tahun sampai 12 tahun telah
mengalami cedera tumit. Tulang rawan pergelangan kaki pemain sepak bola tidak
merespon dengan baik terhadap benturan, dan 25 % dari profesional telah
mengakui bahwa tulang rawan pergelangan kaki merupakan bagian yang mudah
cedera. Tulang rawan sendi lutut bila rusak dapat diperbaiki, namun jika tidak
dilakukan perawatan pada masa kanak-kanak (10-12 tahun), dapat menyebabkan
osteoarthritis prematur. Tulang pinggul juga tidak luput dari kerusakan yaitu
berupa patah tulang akibat jatuh atau atau tabrakan.
Menurut
penelitian, pemain sepak bola yang telah bermain selama lebih dari sepuluh
tahun memiliki Outgrowths (pertumbuhan abnormal) tulang baik pada tibia
atau tumit . Hal ini adalah apa yang dikenal sebagai "soccer player's
foot", yaitu suatu kelainan yang disebabkan oleh sepatu dengan sol
pada bagian pergelangan kaki yang terlalu fleksibel. Jika sepatu terlalu kaku,
maka akan membatasi gerakan. Jika terlalu fleksibel,akan meningkatkan risiko
cedera dan keseleo. Sebuah sepatu olahraga yang baik harus memenuhi empat
kriteria sebagai berikut.
1 Sepatu harus memberikan perlindungan eksterior,
melindungi kaki dari benturan bola atau pemain lain, mengatasi ketidakrataan di
tanah, dan menjaga kaki hangat dan kering bahkan ketika udara dingin dan hujan.
2 Sepatu harus mendukung kaki, khususnya sendi
pergelangan kaki untuk menghindari keseleo, pembengkakan dan masalah lain, yang
bahkan dapat mempengaruhi lutut.
3 Sepatu juga harus memberikan pemain dengan
stabilitas yang baik sehingga mereka tidak terpeleset di tanah basah atau selip
pada permukaan yang terlalu kering.
4 Sepatu harus meredam
guncangan, terutama yang dialami voli dan bola basket pemain yang selalu
melompat.
Pertanyaan
1. Apa maksud penulis menampilkan fenomena seperti
dalam teks ini?
2. Salah satu bagian dari artikel ini mengatakan,
"Sebuah sepatu olahraga yang
baik harus memenuhi empat kriteria". Jelaskan
empat kriteria tersebut!
3. Perhatikan kalimat dalam artikel, yang disajikan
dalam dua bagian berikut.
Bagian 1
Untuk menghindari kondisi sepele
tetapi menyakitkan seperti lecet atau bahkan athlete's foot (infeksi
jamur)....
Bagian 2
....sepatu harus dapat menguapkan keringat dan harus
mencegah kelembaban.
Apa hubungan antara
bagian pertama dan kedua dari kalimat tersebut?
Kelas VIII SMP/MTs
Semester
1
Untuk
menghindari kondisi sepele tapi menyakitkan seperti lecet atau bahkan athlete's
foot (infeksi jamur), sepatu harus menguapkan keringat dan harus mencegah
kelembaban. Bahan yang ideal untuk ini adalah kulit karena terbukti tahan air
sehingga mencegah air masuk ke dalam sepatu ketika hujan.
Pertanyaan
1. Apa maksud penulis menampilkan fenomena seperti
dalam teks ini?
2. Salah satu bagian dari artikel ini mengatakan,
"Sebuah sepatu olahraga yang
baik harus memenuhi empat kriteria". Jelaskan
empat kriteria tersebut!
3. Perhatikan kalimat dalam artikel, yang disajikan
dalam dua bagian berikut.
Bagian 1
Untuk menghindari kondisi sepele
tetapi menyakitkan seperti lecet atau bahkan athlete's foot (infeksi
jamur)....
Bagian 2
....sepatu harus dapat menguapkan keringat dan harus
mencegah kelembaban.
Apa hubungan antara bagian pertama dan kedua dari
kalimat tersebut?
TUGAS PROYEK
Mengidentifikasi Kelainan atau Penyakit pada
Sistem Gerak
Apa
yang harus kamu persiapkan?
Buku,
kertas HVS (1 – 2 lembar), dan alat tulis
Apa
yang harus kamu lakukan?
1. Bersama dengan anggota kelompokmu identifikasilah
satu jenis kelainan atau penyakit yang menyerang sistem gerak yang terjadi pada
orang-orang di sekitarmu! Carilah informasi dari koran, majalah ataupun media
massa yang lainnya baik media massa cetak ataupun elektronik. Apabila
memungkinkan pergilah ke Puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan informasi
yang lebih banyak.
2. Tulislah brosur tentang upaya yang dapat kamu lakukan
untuk menjaga kesehatan rangka tubuhmu! Kaitkan dengan zat gizi yang dapat
diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi serta kaitkan pula dengan perilaku
sehari-hari. Bekerjasamalah dengan teman satu kelompokmu serta gunakan pula
kreativitasmu untuk menyusun brosur ini!
3. Jika telah selesai,
tempelkan brosurmu di mading kelasmu agar dapat dibaca oleh temanmu yang lain.
KUNCI JAWABAN
a. Pilihan Ganda
1. D 6. C
2. A 7. B
3. A 8. D
4. D 9. B
5. D 10.
B
b. Uraian
1. Jawaban:
a) Nama otot: otot jantung, lokasi otot: jantung,
ciri-ciri: memiliki garisgaris seperti otot rangka.
b) Nama otot: otot polos, lokasi otot: organ dalam
manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll), ciri-ciri: tidak
bergaris-garis, berbentuk gelendong.
c) Nama otot: otot rangka, lokasi otot: melekat pada
tulang, sehingga tulang dapat bergerak, ciri-ciri: memiliki garis-garis
melintang, sehingga
otot ini disebut dengan otot lurik.
2. Gambar tersebut adalah pengungkit jenis pertama,
karena posisi titik tumpu berada di antara kuasa dan beban. Contoh benda yang
menggunakan prinsip kerja pengungkit tersebut adalah, jungkat-jungkit, gunting.
3. Persendian di antara tulang tengkorak dan tulang leher
(sendi putar).
a) Sendi pada siku, sendi pada lutut (sendi engsel).
b) Sendi pada ibu jari (sendi pelana) sendi pada empat
jari yang lain (sendi engsel)
c) Sendi pada pergelangan tangan dan kaki (sendi geser)
d) Sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat
(sendi peluru).
4. Karena otot merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan
tulang yang ada di seluruh tubuh manusia. Otot dapat menggerakkan tulang jika otot
melakukan kontraksi. Proses kontraksi otot membutuhkan energi. Kontraksi yang
dilakukan oleh otot berlangsung sangat sering, sesering ketika manusia
melakukan aktifitas. Sehingga sel otot membutuhkan lebih
banyak energy dari pada sel lainnya.
5. Diketahui:
Pengungkit A: LK = 20 cm; LB = 120 cm
Pengungkit B: LK = 80 cm; LB = 60 cm
Ditanya:
Pengungkit yang memerlukanenergi paling
sedikitjikadigunakan.
Jawab:
a) KM (Keuntungan Mekanik) A : = =
b) KM (Keuntungan Mekanik) B : = 80 /60 =
Jadi pengungkit yang memerlukan energi paling sedikit
jika digunakan adalah pengungkit B, karena semakin besar keuntungan mekanik
pesawat sederhana, maka semakin kecil energi yang diperlukan.
6. Jawaban:
a. Balok pada gambar A akan bergerak lebih cepat
dibandingkan balok pada gambar B. Hal ini disebebkan karena kecilnya gaya gesek
antar balok dengan bidang miring yang licin pada gambar A, sedangkan balok pada
gambar B akan bergerak lebih lambat karena besarnya
gaya gesekan antar balok dengan bidang yang kasar.
b. Untuk mempermudah pergerakan balok kearah atas maka
dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan pesawat sederhana seperti katrol
atau dengan member roda untuk mengurangi gesekan antar balok dengan bidang
miring.
c. Gaya yang terlibat adalah gaya normal dan gaya gesek
Diketahui:
Massa (m) = 4 kg
Percepatan gravitasi (g) = 10 m/s2
Koefisien gesek statis = 0,4
Koefisien gesek statis = 0,2
Berat balok (w) = m g = (4)(10) = 40 Newton
wx = w sin 30o = (40)(0,5) = 20 Newton
wy = w cos 30o = (40)(0,5√3) = 20√3 Newton
Gaya normal (N) = wy = 20√3 Newton
Gaya gesek statis (fs) = (0,4)(20√3) = 8√3 Newton
Gaya gesek kinetis (fk) = (0,2)(20√3) = 4√3 Newton
F = 40 Newton
Ditanya:
Apakah balok diam atau bergerak ? jika bergerak, tentukan
resultan gaya yang mempercepat balok dan percepatan balok!
Jawab:
Balok bergerak ke bawah jika F < wx + fs. Balok
bergerak ke atas jika F > wx + fs. F = 40 Newton, wx = 20 Newton dan fs =
8√3 = 13,6 Newton, maka disimpulkan balok bergerak ke atas karena F lebih besar
dari wx + fs.
a. Resultan gaya yang mempercepat balok
Ketika balok bergerak, gaya gesek yang bekerja pada balok
adalah gaya gesek kinetis (fk).
b. Besar dan arah percepatan balok
Besar percepatan balok adalah 1,6 m/s2 dan arah
percepatan balok adalah ke atas.
C. Pemecahan Masalah
1. Maksud dari penulis adalah memberikan informasi
tentang beberapa cidera yang mungkin terjadi pada pemain sepak bola. Selain itu
juga memberikan informasi tentang kriteria sepatu olahraga yang sesuai untuk
pemain bola.
2. Kriteria tersebut adalah Pertama, sepatu harus
memberikan perlindungan eksterior, melindungi kaki dari benturan bola atau
pemain lain, mengatasi ketidakrataan di tanah, dan menjaga kaki hangat dan kering
bahkan ketika udara dingin dan hujan. Kedua, sepatu harus
mendukung kaki, khususnya sendi pergelangan kaki untuk
menghindari keseleo, pembengkakan dan masalah lain, yang bahkan dapat mempengaruhi
lutut. Ketiga, sepatu juga harus memberikan pemain dengan stabilitas yang baik
sehingga mereka tidak terpeleset di tanah
basah atau selip pada permukaan yang terlalu kering.
Keempat, sepatu harus meredam guncangan, terutama yang dialami voli dan bola
basket pemain yang selalu melompat.
G. MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Papan tulis
2.
Alat dan Bahan
a.
Meteran yang biasa digunakan penjahit
b.
Alat tulis
c.
Buku tulis
3.
Sumber Belajar
a)
Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk
2013
b)
LK
c)
Lingkungan
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila Jatibarang Guru
Mapel
itulah postingan RPP IPA Kelas 8 Semester 2 bab Struktur dan fungsi otot pada manusia Kurtilas terbaru semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.