Tuesday, March 14, 2017

RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Perubahan benda benda di sekitar kita (Kurtilas)




 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan Pendidikan                    : SMP PANCASIL
Mata Pelajaran                          : IPA
Kelas   / Semester                     : VII /Satu
Topik                                           : Perubahan benda benda di sekitar kita
Sub Topik                                   : Perubahan Fisika
Alokasi waktu                            : 1 x 40 menit  ( 1 kali tatap muka )
A.      KOMPETENSI DASAR
1.1   Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu,obyektif,teliti,cermat,tekun.hati-hati , bertanggung  jawab,terbuka,kritis,kreatif , inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari hari
1.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari ,sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melapaorkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan  perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5 Memahami karakteristik zat ,serta perubahan fisika dan kimia pada zatyang dapat diman
Faatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukkan pemisahan campuran sifat fisika dan kimia zat

B    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Peserta didik dapat melakukan percobaan tentang perubahan fisika
2.       Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan ,mengidentifikasi dan mengkomunikasikan hasil observasi perubahan fisika
3.       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian perubahan fisika serta menyebutkan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
C.       INDIKATOR
1         Peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan benda- benda disekitar kita
2         Memili rasa ingin tahu ,teliti dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dan melakukkan praktikum perubahan fisika.
3         Menunjukkan ketekunan ,tanggung jawab ,saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu atau kelompok.
4         Mengembangkan ketrampilan melalui praktikum perubahan fisika
D.      MATERI
Perubahan fisika adalah perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknya zat baru.
Komposisi materi perubahan fisika  juga tidak akan  berubah, sebagai contoh es yang mencair.
Baik dalam bentuk es maupun dalam bentuk cair,keduanya tetaplah air.
Contoh perubahan fisika antara lain menguap ,mengembun,mencair,membeku,menyublim,melarut sarta perubahan bentuk.
E.        PENDEKATAN
1.       Pendekatan     : Scientific
2.       Metode            : diskusi dan eksperimen
3.       Model               : Discovery learning
F.       MEDIA , ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media   : Charta,Komputer,LCD
2.       Alat dan bahan : Gula, air, pembakar spirtus,gelas ,sendok,gelas eleymeyer
3.       Sumber belajar
a)      Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)      LKS perubahan fisika


G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama [1jam]
Kegiatan
Langkah-langkah
Metode Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi[stimulasi]
Pemusatan perhatian :
-Guru memperlihatkan berbagai macam contoh perubahan fisika dan kimia antara lain:
Mengembun,membeku,mencair,mnguap, menyublim,besi berkarat,pembuatan tape.
·         Diantara contoh perubahan fisika dan kimia mana yang merupakan perubahan fisika?
·         Bagaimanakah cara mengenali perubahan fisika?
-Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari perubahan fisika.
5menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah


Observasi



Pengumpulan data

Pengolahan data dan analisis




Verifikasi


Generalisasi
-Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen perubahan fisika dengan metode diskusi dan eksperimen
-Membagi siswa menjadi 10 kelompok
-Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS perubahan fisika dengan metode eksperimen dan mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan.
-Melakukan percobaan perubahan fisika dengan metode eksperimen
-Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
-Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
-Presentasi hasil percobaan
-Diskusi perubahan fisika berdasarkan hasil data dari hasil percobaan
-Membuat kesimpulan tentang perubahan fisika
25 menit
Penutup

-Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-Guru memberikan penghargaan [misalnya ujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan] kepada kelompok yang berkinerja baik
-Siswa menjawab kuis tentang perubahan fisika
-Pemberian tugas untuk pembuatan produk
10 menit



H.     PENILAIAN
1.       Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes penilaian kinerja
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian

2.       Contoh Instrumen
a.       Lembar Pengamatan sikap
1.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
 
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mapel



H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -

 Itulah postingan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Perubahan benda benda di sekitar kita (Kurtilas) semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.