Tuesday, March 14, 2017

RPP IPA Kelas 7 SMP Semester 1 Bab Perubahan benda benda di sekitar kita (Kurtilas)



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan Pendidikan                                                 : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran                                                       : IPA
Kelas   / Semester                                                  : VII /Satu
Topik                                                                        : Perubahan benda benda di sekitar kita
Sub Topik                                                                : Pemisahan Campuran
Alokasi waktu                                                        : 2 x 40 menit  ( 1 kali tatap muka )

A.   KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan Kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu,obyektif,teliti,cermat,tekun.hati-hati , bertanggung  jawab,terbuka,kritis,kreatif , inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari hari
1.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari ,sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melapaorkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan  perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5 Memahami karakteristik zat ,serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukkan pemisahan campuran sifat fisika dan kimia

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Peserta didik dapat melakukan percobaan tentang Pemisahan Campuran
2.       Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan ,mengidentifikasi dan mengkomunikasikan hasil observasi pemisahan Campuran
3.       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian macam-macam cara pemisahan Campuran serta menyebutkan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
C.    INDIKATOR
1.       Mengidentifikasi contoh pemanfaatan pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
2.       Terampil melakukan pemisahan campuran dengan metode filtrasi , sublimasi dan kromatografi
3.        Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukuan praktikum pemisahan campuran.

D.   MATERI
Metode Pemisahan campuran
Filtrasi merupakan metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan ukuran pertikel zat yang di campur
Sublimasi merupakan metode pemisahan  campuran yang terdiri dari suatu zat yang memiliki sifat dapat menyumblim dengan zat yang tidak dapat menyublim
Metode pemisahan destilasi merupakan suatu cara yang digunakan untuk memisahkan atau memurnikan suatu senyawa atau kelompok senyawa yang prinsipnya didasarkan pada perbedaan titik didik zat cair yang ada dalamcampuransehingga dapat dipisahkapada saat salah satu zat cair menguap lebih dahulu
E.    PENDEKATAN
1.    Pendekatan     : Scientific
2.    Metode            : diskusi dan eksperimen
3.    Model               : Discovery learning
F.    MEDIA , ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media   : Komputer,LCD
2.       Alat dan bahan : seperangkat alat uji penyaringan air,dan seperangkat alat sublimasi
3.       Sumber belajar
a.Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b. LKS perubahan fisika
G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama [1jam]
Kegiatan
Langkah-langkah
Metode Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi[stimulasi]
Pemusatan perhatian :
-Guru memperlihatkan berbagai macam campuran misalnya air campur tanah, air campur gula dan larutan tinta kemudian guru mengajukan pertanyaan seperti :
·         Diantara campuran ini mana dari campuran tersebut yang merupakan campuran homogen dan heterogen?
·         Bagaimanakah cara memisahkan komponen-komponendidalam campuran tersebut?
-Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari metode pemisahan campuran.
10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah




Observasi



Pengumpulan data



Pengolahan data dan analisis



Verifikasi



Generalisasi
-Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen pemisahan campuran dengan metode filtrasi,sublimasi dan kromatografi
-Membagi siswa menjadi 10 kelompok
-Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS

Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS.

-Melakukan percobaan Pemisahan campuran metode filtrasi, sublimasi dan kromatografi

-Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS


-Presentasi hasil percobaan
-Diskusi prinsip-prinsip pemisahan campuran berdasarkan hasil data dari percobaan

-Membuat kesimpulan tentang Prinsip-prinsip dan metode pemisahan campuran
60menit
Penutup

-Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-Guru memberikan penghargaan [misalnya ujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan] kepada kelompok yang berkinerja baik
-Siswa menjawab kuis tentang pemisahan campuran
-Pemberian tugas untuk mempelajari manfaat
10 menit

H.   PENILAIAN
1.       Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes penilaian kinerja
·         Tes Tertulis
·          Pilihan ganda

2.       Contoh Instrumen
2.    Lembar Pengamatan sikap
1.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
NO
Aspek yang dinilai
3
2
1
keterangan
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatiandalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Ketrampilan berkomunikasi pada saat belajar





   Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
A.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3
2

1 :
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
B.
Ketelitian dan kehati-hatian
3
2
1 :
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
C.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3 :
2 :
1 :
tekun dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
D.
Keterampilan berkomunikasi
3 :
2 :
1 :
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

Lembar pengamatan ketrampilan praktikum
Penilaian ketrampilan metode pemisahan campuran dengan metode filtrasi
NO
Ketrampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Cara melipat kertas saring
3
- Lipatan awal simetris
-ukuran di sesuaikan dengan corong
-Lipatan kedua ada perbedaan ukuran
-ujung lipatan disobek sedikit


2
Ada tiga aspek yang benar


1
Adadua aspek yang benar
2
Cara menyimpan kertas saring pada corong
3
-tinggi kertas saring pas dengan corong
-Rapat dengan corong
-Dibasahi air dahulu


2
Ada dua aspek yang benar


1
Ada satu aspek yang benar
3
Cara menuangkan campuran pada corong
3
-Campuran yang akan disaring dalam keadaan homogen
-Campuran di alirkan perlahan dilewati batang pengaduk
-posisi batang pengaduk tegak diatas batang corong
-campuran tidak melimpah dari corong


2
Ada tiga aspek yang benar


1
Ada dua aspek yang benar


INSTRUMEN SOAL PENGETAHUAN

Soal pilihan ganda
1.       Seorang pekerja bangunan sedang memisahkan pasir kasar dan pasir halus
a.       Perbedan massa partikel penyusunnya
b.      Perbedaan ukuran partikel penyusunnya
c.       Perbedaan kelarutan partikel penyusunnya
d.      Perbedaan titik didih partikel penyusunnya
2.       Pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel penyusunnya disebut.......
a.       Filtrasi
b.      Sublimasi
c.       Destilasi
d.      Kromatografi
3.       Jika disajikan data :
1.       Air campur tepung
2.       Krikil campur pasir
3.       Air campur pasir
4.       Air campur garam
Dari data diatas manakah yang merupakan campuran yang pemisahannya menggunakan metode filtrasi :
a.       1, 2, 3
b.      1 dan 2
c.       1 dan 4
d.      2, dan 3
4.       Di bawah ini yang merupakan pemisahan campuran kromatografi adalah..................
a.Proses pembuatan garam
b. penguraian tinta
c. mengayak tepung terigu
d. memisahkan pasir dan kerikil
5.    Campuran iodin dengan pasir dapat dipisahkan dengan cara.......................
         a. filtrasi
         b. destilasi
         c. sublimasi
         d. kromatografi

Kunci Jawaban :
1.       A
2.       A
3.       D
4.       B
5.       C
Nilai = Jumlah skor x 100%
                                Jumlah soal 

Kegiatan 1
Memisahkan garam dapur dari pengotor
C.    Tujuan :
Memisahkan garam dapur dari zat pengotor dengan cara penyaringan /filtrasi dan    penguapan /evaporasi.
II. Alat dan Bahan :
         Alat :
- Kertas Saring
- Coron gelas
- Gelas Kimia
- Labu Erlenmeyer
- Cawan penguapan
-Batang Pengaduk
-Kaki tiga
-Kawat kasa
- Pembakar spirtus

Bahan :
-Garam dapur kotor
- Aquades
III. Cara Kerja :

1.   Larutan garam dapur kotor sebanyak 3 sendokdengan aquades secukupnya  dalam gelas kimia
2.   Siapkan kertas saring dan lipat dengan cara sebagai berikut :

3.Letakkan kertas saringdidalam corong dan semprotkan sdikit air sampai kertas saring menempel pada corong
4. Letakkan kertas diatas labu erlenmeyer pada alat penyangganya
5. Masukkan filtrat (hasil saringan) ke dalam cawan penguapan
6. Panaskan filtrat tersebut sampai mendidih dan airnya menguap
7. Zat apa yang tersisa pada cawan penguap?
IV.        Pengamatan :
No
Bahan
Hasil pengamatan
1
Campuran (garam dapur)
Wujud :
Warna :
2
Larutan garam setelah disaring (filtrat)
Wujud :
Warna :
3
Filtrat yang telah dipanaskan
Wujud :
Warna :
V. Pertanyaan :
       1.       Mengapa garam kotor harus dilarutkan terlebih dahulu?
       2.       Apa fungsi dari penguapan?
       3.       Apa kesimpulan yang dapat di ambil dari percobaan di atas?         
PENILAIAN
3.       Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes penilaian kinerja
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian

4.       Contoh Instrumen
A.      Lembar Pengamatan sikap
2.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
A.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3 :

2 :


1 :
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
B.
Ketelitian dan kehati-hatian
3 :

2 :

1 :
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
C.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3 :

2 :

1 :
tekun dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
D.
Keterampilan berkomunikasi
3 :

2 :

1 :
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

Lembar pengamatan ketrampilan praktikum
Penilaian ketrampilan metode pemisahan campuran dengan metode sublimasi
Lembar Pengamatan Kegiatan Praktikum
Nama:....................................
Kelas:........................................
Judul praktikum:.................................

No
Aspek kinerja yang diharapkan
Penilaian
Keterangan
A
Persiapan
ya
Tidak


1.Membawa alat dan bahan praktikum




2.mengecek kesiapan bahan




3.membaca prosedur



B
SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM




A.Menggunakan alat dan bahan




1.Menambil bahan sesuai dengan kebutuhan




2.Mengunakan alat sesuai prosedur




B Sikap




1.Fokus pada kegiatan praktikum




2.Aktif dalam melakukan praktikum




3.bekerja sama dalam kelompok



C
KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM




1.Membersihkan alat dengan baik




2.Membersihkan meja praktikum




3.Mengembalikan alat




INSTRUMEN SOAL PENGETAHUAN
1.       Apakah yang dimaksud pemisahan campuran dengan cara sublimasi?
2.       Bagaimana cara pemisahan kapur barus dengan pasir?
3.       Apakah yang dimaksud destilasi?
4.       Bagaimana cara pemisahan air garam?
Kunci jawaban
1 Sublimasi merupakan metode pemisahan  campuran yang terdiri dari suatu zat yang memiliki sifat dapat menyumblim dengan zat yang tidak dapat menyublim
 2 sublimasi
 3. Metode pemisahan destilasi merupakan suatu cara yang digunakan untuk memisahkan atau memurnikan suatu senyawa atau kelompok senyawa yang prinsipnya didasarkan pada perbedaan titik didik zat cair yang ada dalamcampuran sehingga dapat dipisahkapada saat salah satu zat cair menguap lebih dahulu
  4 Destilasi

Kegiatan 1
Memisahkan kapur barus dari pengotor
F.    Tujuan :
Memisahkan kapur barus dari zat pengotor dengan cara sublimasi
II. Alat dan Bahan :
         Alat :Cawan penguap                    Pembakar spirtus
 Kaca arloji                             lumpang dan alu
     Kaki tiga                                Kapur barus
    Kawat kaca                            Pasir/tanah
                      III Cara kerja
1.  Tumbuk 3 buah kapur barus dengan mengunakan lumpang dan alu,kemudian tambahkan pasir/tanah
2.  Masukkan campuran kapur barus dengan pengotornya ke dalam cawan penguap
3.  Panaskan cawan tersebut dan tutup bagian tersebut dengan kaca arloji yang diatasnya disimpan es
4.  Setelah beberapa saat buka tutup tersebut dan amati yang menempel pada gelas arloji


                        IV Pengamatan

No
Bahan
Hasil Pengamatan
1
Campuran ( kapur barus dan pasir)
Wujud :........................................
Warna :.............................................
2
Campuran setelah dipanaskan
Wujud:....................................
Warna :................................

                   V.Pertanyaan
1. Mengapa campuran tersebut harus dipanaskan?
2. Apa kesimpulan yang dapat di ambil dari percobaan di atas?
3.Carilah bahan lain yang dapat menyublim!

Itulah postingan RPP IPA Kelas 7 SMP Semester 1 Bab Perubahan benda benda di sekitar kita (Kurtilas) semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.