Tuesday, March 14, 2017

RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Sistem Organisasi Kehidupan Kurtilas



 
RENCANA PELAKSANAKAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                         : SEKOLAH PANCASILA
Mata Pelajaran Kelas/ Semester     : IPA
Kelas/Semester                               : Semester 1
     Topik                                              : Sistem Organisasi Kehidupan
      Sub Topik                                      : Sel Sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan
Alokasi Waktu                               : 2 x 40 menit (1x tatap muka)
 

A.    KOMPETENSI DASAR
1.1.  Mengagumi keteraturan dan komplesitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
 kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
 2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;teliti;cermat;
          tekun; hati-hati;bertanggujawab;terbuka;kritis;kreatif;inovatif dan peduli
          lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
              2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
                       implementasi melaksanakan percobaan dan melapor hasil percobaan.
 3.4.  Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai tingkat sel sampai
          organisme, serta komposisi utama penyusun sel.
 4.4.  Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur  tumbuhan dan
          hewan
 4.5.  Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa  dapat menjelaskan perbedaan dua tipe sel mahluk hidup yaitu  prokariotik dan eukariotik dan menyebutkan masing-masing contohnya
2.      Siswa dapat  mengidentifikasi organel-organel pada sel hewan dan tumbuhan, menyebutkan fungsinya dan mengetahui perbedaan antara kedua jenis sel tersebut
3.      Siswa dapat menjelaskan bahwa sel meruapakan unit struktural dan fungsional kehidupan
4.      Siswa dapat mengembangkan rasa ingin tahu, teliti dan tekun melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengamatan sel tumbuhan dan hewan dengan mikroskop
5.      Siswa dapat menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
6.       Siswa dapat membuat model sel dari pebahan yang ada di sekitar kita

C.       INDIKATOR
1.      Menjelaskan perbedaan tipe sel prokariotik dan eukariotik
2.      Menyebutkan masing-masing contoh tipe sel prokariotik dan eukariotik
3.      Mengidentifikasi bagian-bagian (organel) sel hewan dan tumbuhan
4.      Menyebutkan masing-masing fungsi organel sel
5.      Menyebutkan perbedaan organel-organel sel tumbuhan dan hewan
6.      Menjelaskan bahwa sel sebagai unit sruktural dan fungsional kehidupan
7.      Memiliki rasa ingin tahu, teliti dan tekun melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengamatan sel tumbuhan dan hewan dengan mikroskop
8.      Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9.      Membuat model sel dari pebahan yang ada di sekitar kita.
D.    MATERI
        Makhluk hidup ( organisme ) berdasarkan penyusunnya dibedakan menjadi organisme uniseluler dan organisme multiseluler.
       Organisme uniseluler yaitu organisme yang tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja, misalnya bakteri, amoeba. Sedangkan organisme multiseluler yaitu organisme yang tubuhnya memiliki banyak sel seperti pada manusia, hewan dan tumbuhan tingkat tinggi.
     Urutan sistem oganisasi makhluk hidup adalah :
               Sel              Jaringan         Organ             Sistem organ              Organisme/makhluk hidup

a.    Sel  
adalah satuan terkecil penyusun makhluk hidup. Karena ukurannya yang sangat kecil diperlukan mikroskop untuk melihatnya.
        Bagian – bagian sel (organel sel ) yaitu :
1.    Selaput/membran sel, merupakan bagian sel terluar yang fungsinya sebagai pelindung bagian sel yang ada di bawahnya juga sebagai pintu keluar masuk zat yang berasal dari dalam maupun luar sel. Pada sel tumbuhan, membran sel akan dilapisi oleh dinding sel.
2.    Plasma sel/protoplasma, merupakkan bagian sel yang berbentuk cairan. Jenisnya ada 2 yaitu nukleuplasma ( cairan yang berada di dalam inti sel ) dan sitoplasma ( cairan yang berada di luar inti sel ).
       Di dalam sitoplasma terdapat organel-organel sel seebagai berikut :
a.    Mitokondria, tempat terjadinya respirasi sel untuk meghasilkan energi
b.    Retkulum endoplasma, merupakan sistem membran yang menghubungkan membran inti dengan membran sel. Berfungsi untuk menyusun dan menyalurkan zat – zat ke organel sel.
c.    Ribosom, tempat pembentukan protein.
d.   Plastida, merupakan organel yang mengandung pigmen tertentu, umumnya terdapat pada seltumbuhan. Plastida yang memiliki klorofil disebut kloroplas.
e.    Vakuola, pada tumbuhan berfungsi untuk menyimpan makanan. Pada protozoa, terdapat dua macam vakuola, yaitu vakuola makanan untuk mencerna makanan, dan vakuola kontraktil untuk mengatur konsentrasi cairan dalam sel.
f.     Badan golgi, berfungsi untuk mengeluarkan zat dari dalam sel ( sekresi ). Pada tumbuhan, organel ini disebut diktiosom.
g.    Lisosom, berfungsi untuk mencerna bagian sel yang rusak atau zat – zat asing yang masuk ke dalam sel, karena organel ini berisi enzim pencernaan.
3.    Inti sel/nuleus, merupakan bagian terpenting sel karena sebagai pusat pengatur semua kegiatan sel. Di dalam inti sel terdapat bagian yang bernama anak inti sel ( nukleolus ) yang banyak mengandung DNA.
4.    Perbedaan sel Hewan dan sel tumbuhan
No
Perbedaan
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
1
Dinding sel
Ada
Tidak ada
2
Plastida
Ada
Tidak ada
3
Bentuk sel
Tetap
Tidak tetap
4
Mitokondria
Sedikit
Banyak
5
Vakuola
Sedikit, ukuran besar
Banyak, ukuran kecil

E.     PENDEKATAN /STRATEGI/METODE
1.        Pendekatan  :  Scientific
2.        Metode          : Diskusi dan Eksperimen   
3.        Model             : Discovery Learning


F.     MEDIA, ALAT, DAN  SUMBER  PEMBELAJARAN
1.      Media        : Laboratorium, Komputer, LCD
2.      Alat dan Bahan :
No
Jenis
Jumlah
1
Mikroskop
6  buah
2
Daun  tanaman Rhoe discolor atau umbi lapis bawang merah
6 lembar
3
Silet, pinset, pipet tetes,kaca preparat, kaca penutup
 6 set
4
Air bersih
6 gelas
5
Sendok es krem/ cotton bud untuk mengambil  sel epitel pipi
6buah

3.      Sumber Belajar
a)      Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)      Lembar Kerja Siswa tentang pengamatan sel tumbuhan dan Hewan
c)       Gambar dalam Slide

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Stimulasi
Pemusatan perhatian :
-  Guru  memperlihatkan beberapa kubus  kecil yang ditata rapi dimasukkan ke dalam kubus yang lebih besar, kemudian guru mengajukan pertanyaan seperti :
§  Apakah perumpamaan kubus-kubus kecil dan kubus besar ini terhadap materi yang akan kita pelajari hari ini?
-  Guru memperlihatkan sepotong batang kayu untuk kemudian dicubit atau ditekan dengan jari, selajutnya mencubit/menekan lengan/tangan dan mengajukan pertanyaan :
§  Diantara kedua benda yang dicubit/ditekan, mana yang lebih lentur?
10  menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah


Observasi




Pengumpulan data






Pengolahan data dan anlisis


Pembuktian




Kesimpulan
-  Menyampaikan informasi tentang Kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan sel tumbuhan dan sel epitel pipi dengan mikroskop.
-  Membagi siswa menjadi 6 kelompok
-  Diskusi kelompok untuk mengkaji lembar kerja pengamatan sel tumbuhan (daun Rhoeo discolor / umbi  lapis bawang merah),kemudian mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan.
-  Melakukan percobaan pengamatan sel tumbuhan dan sel epitel pipi menggunakan mikroskop
-  Siswa mengamati percobaan dan menggambar bentuk dan bagian-bagian yang tampak pada  kedua sel tersebut pada kolom yang telah disediakan pada lembar kerja.
-  Menganalisis pada preparat  yang diamati atau gambar yang telah dibuat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
-  Presentasi Hasil pengamatan
-  Diskusi membahas bagian-bagian lain dan perbedaan dari sel tumbuhan dan sel epitel pipi yang tidak tampak dalam pengamatan dengan menggunakan sumber  belajar yang lain yaitu gambar pada slide
-  Membuat kesimpulan tentang bagian-bagian sel dan perbedaan antara  sel tumbuhan dan hewan.
50 menit




























Penutup

-  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-  Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
-  Siswa menjawab kuis tentang sel
-  Pemberian tugas membuat model sel hewan atau tumbuhan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.


H . PENILAIAN
1.    Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Ø Sikap
Ø Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Ø Tes Unjuk Kerja
Ø Tes  Penilaian Kinerja Cara membuat preparat
Ø Tes Tertulis
Ø Tes Uraian

2.    Contoh Instrumen
a.    Lembar pengamatan sikap
                      Lembar pengamatan perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
keterangan
1.
Rasa ingin tahu (curiosity)





2.
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4.
Ketrampilan berkomunikasi pada saat  belajar







Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompokaktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk
    Terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3:mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: tidak mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalam menyesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3: aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide,menghargai pendapat siswa lain
2: aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atauide, menghargai pendapat siswa lain
1: tidak aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau  ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
Lembar Pengamatan Kegiatan  Praktikum
     Nama                : .................................
     Kelas                : .................................
No
ASPEK KINERJA YANG DIHARAPKAN
PENILAIAN
KETERANGAN
I
PERSIAPAN
YA
TIDAK

1.      Menggunakan jas laboratorium




2.      Membawa alat dan bahan praktikum




3.      Membersihkan alat-alat yang akan digunakan




4.      Mengecek kesiapan alat dan bahan




5.      Membaca Prosedur kerja



II
SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM




A.       Menggunakan Alat dan Bahan




1.      Mengambil bahan tidak berceceran




2.      Mengambil bahan sesuai kebutuhan




3.      Mengoperasikan alat dengan benar




4.      Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur




B.       Sikap




1.      Fokus pada kegiatan praktikum




2.      Aktif dalam melakukan praktikum




3.      Bekerja sama dalam kelompok



III
KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM




1.      Membersihkan alat dengan baik




2.      Membersihkan meja praktikum




3.      Mengembalikan alat ke tempat semula



Lembar pengamatan kegiatan melakukan pembedahan
     Nama                : .................................
     Kelas                : .................................
     Judul Praktikum : .................................
Berilah tanda centang di bawah kolom skor :
3, jika siswa melakukan aspek keterampilan  tepat
2, jika siswa melakukan aspek keterampilan kurang tepat
1, jika siswa melakukan aspek keterampilan tidak tepat

No

Aspek Keterampilan


Jawaban
3
2
1

Persiapan



1
Membawa bahan praktikum



2
Menyiapkan alat praktikum




Pelaksanaan



3
Cara menyayat daun atau umbi bawang merah



4
Cara meletakkan sayatan pada kaca preparat



5
Cara menutup preparat dengan kaca penutup



6
Mengamati bagian-bagiab sel



7
Menggambar




Penyelesaian



10
Membersihkan alat-alat



11
Menyimpan alat-alat bedah ke tempat semula



           Jumlah skor


H.    Instrumen Soal Pengetahuan
Soal Uraian :
1.   Apa yang kamu ketahui tentang sel?
2.   Sebutkan bagian-bagian dari sel yang tampak pada pengamatan menggunakan mikroskop sekolah?
3.   Sebutkan organel-organel sel  beserta fungsi yang tidak tampak menggunakan
     menggunakan mikroskop sekolah?
4.    Apakah sajakah perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
MENGAMATI SEL TUMBUHAN DAN HEWAN
A.    Tujuan Praktikum :
1.    Mengetahui  bagian-bagian sel
2.    Mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

B.     Alat dan Bahan  :
1.    Daun tanaman Rhoe discolor atau umbi bawang merah
2.    Mikroskop lengkap dengan gelas objek dan kaca penutup
3.    Perangkat menyayat/memotong (silet/cuter,pinset)
4.    Pipet tetes
5.    Air bersih
6.    Sendok es krim/batang cotton bud
7.    Epitel pipi manusia
C.     Cara Kerja :
1.    Membuat sayatan melintang  daun Rhoe discolor
2.    Membuat  sayatan umbi lapis bawang merah
3.    Letakkan sayatan tersebut pada kaca objek, kemudian tetesi dengan air. Tutup
      secara perlahan, jangan sampai terbentuk gelembung udara!
4.    Amati bagian-bagian yang tampak, gambar pada kolom yang telah disediakan!
5.    Beri keterangan pada gambar sesuai dengan pengamatan!
6.    Disediakan charta/Slide sel hewan dan tumbuhan yang lengkap dengan bagian-
      bagiannya
7.    Tulis hasil pengamatan pada charta/slide perbedaan antara sel hewan dan
      Tumbuhan

D.    HASIL PENGAMATAN
1.    Pengamatan sel
 No


Gambar Hasil Pengamatan

Keterangan
1


Sel daun Rhoe discolor
2.





Sel bawang merah
3





Sel epitel pipi

3.    Tuliskan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan!

No
Perbedaan

Sel Tumbuhan

Sel Hewan









E.     KESIMPULAN :
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

PROYEK
MEMBUAT MODEL SEL

A.    Alat dan Bahan :
·        Gabus/sterofom, tanah liat atau lilin plastisin
·        Lem
·        Gunting/pisau kecil
·        Spidol warna/cat warna

B.     CARA KERJA :
1.         Bentuklah satu kelompok yang beranggotakan 6 orang siswa, pilihlah
       salah satu proyek yang akan kamu kerjakan : membuat model sel
       hewan atau sel tumbuhan!
2.         Bekerjalah dengan kelompokmu untuk memilih bahan yang akan
       dipergunakan untuk membuat model yang sesuai dengan pilihanmu
       (tumbuhan/hewan)!
3.         Bentuk gabus/tanah liat/lilin plastisin menjadi bentu model sel
      hewan atau tumbuhan dan organelnyasesuai pilihan kelompok!
4.         Rakit model sel tersebut lengkap dengan organel yang ada, beri
       warna yang berbeda untuk setiap organel dengan spidol aatau cat
       warna!
5.       Beri nomor atau nama tiap organel!
6.       Laporkan hasil pekerjaamu pada pertemuan berikutnya!


Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mapel



H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -



itulah postingan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Bab Sistem Organisasi Kehidupan Kurtilas semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.