Monday, March 13, 2017

Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Bab Pengolahan (Serealia dan umbi menjadi olahan pangan setengah jadi) Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                   :  SMP Pancasila
Mata Pelajaran                         :  Prakarya
Kelas / Semester                      :  VIII / 2 ( Dua )
Aspek                                      :  Pengolahan
Tema / Topik                           :  Serealia dan umbi menjadi olahan pangan setengah jadi
Alokasi Waktu                         :  10 x 40 menit ( 5 Pertemuan )

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       
1.1.  Menerima keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah tuhan
1.1.1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk olahan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi  di daerah setempat.
1.1.2. Serius mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi di daerah setempat.
2.       
2.1.  Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.1.1. Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi  di daerah setempat
2.1.2. Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi di daerah setempat.
3.
3.2    Memahami manfaat dan proses pembuatan,  penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat setempat.

3.2.1. Mendeskripsikan pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian bahan pangan setengah jadi
3.2.2. Mengidentifikasi jenis olahan bahan pangan setengah jadi
3.2.3. Mendeskripsikan manfaat  olahan bahan pangan setengah jadi
3.2.4. Mendeskripsikan teknik  dan langkah – langkah olahan bahan pangan setengah jadi

4
4.2    Membuat olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2.1. Merancang pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
4.2.2. Membuat kerupuk rengginang
4.2.3. Menyajikan dan mengemas bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi ( Rengginang )

C.  Materi Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
1.    Pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian bahan pangan setengah jadi
2.    Jenis dan manfaat olahan bahan pangan setengah jadi
 3.    Teknik pengolahan bahan pangan setengah jadi
Pertemuan 3
1.    Rancangan pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
2.    Alat – alat untuk pengolahan pangan setengah jadi kerupuk rengginang
3.    Langkah – langkah pengolahan bahan pangan  setengah jadi kerupuk rengginang
Pertemuan 4
1.    Praktik pengolahan dan pengemasan pengolahan pangan setengah jadi kerupuk rengginang
Pertemuan 5
1.    Soal ulangan harian dan kunci jawaban ulangan harian
2.    Tindak lanjut kemungkinan yang tidak tuntas nilai pengetahuan

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
1.    Pendahuluan
Ø Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
Ø Motivasi
Melalui media LCD / chart guru menayangkan gambar beberapa contoh olahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi. Misalnya : opak, kerupuk rengginang, kerupuk tette, tiwul instan, dengan tujuan untuk memusatkan perhatian peserta didik pada materi olahan pangan serealia dan umbi menadi bahan pangan setengah jadi.
Ø Apersepsi
Tanya jawab tentang pengertian bahan pangan setengah jadi, jenis, manfaat, dan teknik olahan pangan setengah jadi
2.    Inti
Mengamati
·      Peserta didik dipandu oleh guru mengamati tayangan gambar beberapa contoh olahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi melalui LCD / chart misalnya opak, kerupuk rengginang, pop corn, sehingga menemukan masalah ( sesuatu ) yang ingin diketahui lebih jauh.
Menanya
·      Peserta didik dipandu oleh guru menemukan pertanyaan, misalnya “ Bagaimana cara mengolah bahan pangan setengah jadi ?”, “ Sebutkan jenis olahan pangan setengah jadi dari serealia ?”
Mengumpulkan data
·      Peserta didik berkelompok membaca buku siswa dan hand out materi ajar tentang olahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi di daerah setempat untuk mencari/ mendeskripsikan pengertian, jenis dan manfaat, teknik olahan bahan pangan setengah jadi.
·      Peserta didik berkelompok, menerima Lembar kerja 5  (LK-5) pada buku siswa) dilanjutkan berdiskusi kelompok dengan antusias dan santun tentang karakteristik serealia dan umbi untuk :
a.    mengidentifikasi jenis olahan pangan setengah jadi di daerah setempat dari serealia dan umbi dengan benar.
b.     Mendeskripsikan manfaat olahan bahan pangan setengah jadi di daerah setempat dari serealia dan umbi dengan benar
c.    Mendeskripsikan teknik olahan bahan pangan setengah jadi di daerah setempat dari serealia dan umbi dengan benar.
Mengkomunikasikan  
·      Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang: pengertian, jenis dan manfaat, teknik olahan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi untuk olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi.
3.    Penutup
ΓΌ Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari
ΓΌ Peserta didik menerima tugas kelompok/ lembar kerja 6 (LK-6 pada buku siswa) untuk observasi dan wawancara terhadap penjual bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi khas daerah mereka.
ΓΌ Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
a)    Pendahuluan
·      Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
·      Motivasi
  Melalui cuplikan tayangan dengan media LCD/ CD tentang kesuksesan seseorang berbisnis produk olahan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi, guru menanyakan kepada peserta didik manfaat dari memiliki keterampilan mengolah Makanan  tersebut.
·      Apersepsi
Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas

kelompok yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni tentang observasi dan wawancara terhadap penjual bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi khas daerah mereka.
·      Guru menjelaskan cakupan materi tentang rancangan, alat, dan langkah – langkah dalam membuat olahan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi pada pertemuan ini.
b)   Inti
o  Peserta didik melihat dan mengamati tayangan video/ chart tentang  proses pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi .
o  Peserta didik berdiskusi kelompok membahas proses pembuatan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia dan umbi .
Mengasosiasi
o  Merancang pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi setengah jadi dengan inovasi secara berkelompok.
Mengkomunikasikan dan mencipta
o  Wakil dari setiap kelompok mempresentasikan kesimpulan dari diskusinya tentang langkah-langkah pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi setengah jadi  dengan inovasi, bahan dan alat untuk mengolahnya, proses pengolahannya serta cara menyajikannya.
o  Diskusi interaktif guru dan siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran dan membahas pembagian tugas kelompok untuk persiapan praktik.
c)    Penutup
Ø Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
Ø Peserta didik menerima tugas untuk mempersiapakan semua bahan dan alat untuk mengolah bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi dengan inovasi sesuai pembagian tugas kelompok yang telah disepakati serta mengingatkan agar peserta didik melaksanakan tugas dengan baik
Ø Peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu praktik mengolah bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
Pertemuan 4
1)   Pendahuluan
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Motivasi
Guru bertanya mengenai kesiapan peserta didik untuk pembelajaran praktik mengolah bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi  dengan inovasi.
c.    Apersepsi
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai kelengkapan bahan dan alat untuk mengolah bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi  dengan inovasi.
d.    Guru menjelaskan cakupan materi pembelajaran tentang praktik mengolah bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi.
2)   Inti
Peserta didik bekerja berkelompok untuk :
a.    Mencermati job sheet materi ajar tentang pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi dengan inovasi yang akan dipraktikkan
b.    Melakukan persiapan sesuai deskripsis tugas masing – masing untuk praktik olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
c.    Mengecek persiapan bahan dan alat untuk praktik mengolah bahan pangan serealia dan umbi menjadi setengah jadi dengan inovasi
Mencipta
a.    Melakukan proses pengolahan pangan setengah jadi dari kerupuk rengginang  dengan inovasi berdasarkan deskripsi tugas masing-masing dengan memperhatikan keselamatan kerja
b.    Melakukan penyajian olahan pangan setengah jadi dari kerupuk rengginang  dengan inovasi dengan memperhatikan keselamatan kerja
c.    Membersihkan peralatan dan ruangan dengan memperhatikan keselamatan kerja
d.    Peserta didik melakukan evaluasi hasil praktik produk olahan pangan setengah jadi dari kerupuk rengginang  dengan inovasi
3)   Penutup
a.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari
b.    Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya adalah ulangan harian untuk mengukur pengetahuan tentang pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
Pertemuan 5
ΓΌ Pendahuluan
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Apersepsi
·      Penyampaian kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini.
 ·      Menanyakan kepada peserta didik tentang kesiapan untuk melakukan pengambilan nilai pengetahuan melalui test ulangan harian.
ΓΌ Inti
a.    Membagi soal test ulangan harian
b.    Melakukan pengawasan terhadap proses test ulangan harian
c.    Mengumpulkan hasil test ulangan harian
ΓΌ Penutup
a.    Refleksi pembelajaran
o  Guru menyampaikan bahwa soal tersebut adalah untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa tentang konseptual dan teori yang berhubungan dengan pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
o  Guru menyampaikan bahwa hasil test akan diketahui beberapa hari kedepan setelah diadakan koreksi terhadap hasil tersebut.
b.    Menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya adalah pengolahan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat.

E.   Penilaian, Remidial, Pengayaan
a.    Sikap spiritual dan sosial
Ø Teknik                       : Observasi
Ø Bentuk Instrument     : Lembar Observasi
Ø Kisi – kisi
No
Aspek
Indikator
Jumlah butir
1
Spiritual
1.1.1. Bersemangat mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi  di daerah setempat.
1.1.2. Serius mempelajari keberagaman produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi di daerah setempat.
1




1
2
Sosial
2.1.1. Suka bertanya kepada guru dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi  di daerah setempat
2.1.2. Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi dalam pembelajaran pembuatan produk pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi di daerah setempat.
1




1






Ø Instrument penilaian sikap spiritual dan sosial
Pedoman Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
1.    Petunjuk umum
a.         Instrument penilaian sikap spiritual dan sosial berupa lembar observasi
b.        Instrument ini di isi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai
2.    Petunjuk pengisian
Berdasarkan pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik anda dengan memberi skor 4, 3, 2, dan 1 pada lembar observasi
4 = apabila Selalu melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila Sering melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila Kadang – kadang melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila Tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
3.    Lembar observasi
Kelas                                            : ………………….
Semester                                       : ………………….
Tahun Pelajaran                            : ………………….
Periode pengamatan                      : ………………….
Butir nilai                                      : ………………….
Indikator sikap                              :…………………..

No
Nama peserta didik
Skor indicator sikap spiritual ( 1 – 4 )
Skor indicator sikap rasa ingin tahu dan santun
Jumlah  perolehan skor
Skor akhir
Tuntas / tidak tuntas
Indikator 1
Indikat 2
Indikat 1
Indikat 2
1








2








3

















  1. Pengetahuan
v Teknik                       : Tes tertulis
v Bentuk instrument     : Essay
v Kisi – kisi
No
Materi
Indicator
No Soal
Jumlah Soal
1
Pengertian
Mendeskripsikan pengertian bahan pangan serealia dan umbi, serta pengertian bahan pangan setengah jadi
1, 2, 3, 4
4
2
Jenis, manfaat, dan kandungan gizi
·      Mengidentifikasi jenis olahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
·      Mendeskripsikan manfaat dan kandungan gizi bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
5,6,7,8,9, 10, 11, 13, 14
12
9


1



3
Teknik pengolahan
Mendeskripsikan teknik  dan langkah – langkah pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
15, 16, 17
3
4
Penyajian dan pengemasan
Menyajikan dan mengemas bahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi
18, 19, 20
3
Jumlah
20

v Instrument soal Essay
Isilah titik – titik berikut ini dengan benar !
1.        Bahan mentah pasca panen yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengalami ….
2.        Salah satu cara meningkatkan nilai tambah bahan pangan serealia dan umbi agar memiliki waktu simpan yang lebih lama adalah….
3.        Makanan dan minuman hasil proses dengan cara metode tertentu atau tanpa bahan tambahan pangan disebut …………..
4.        Keuntungan bahan pangan setengah jadi adalah ………….
5.        Berbagai pengolahan dari beras menjadi olahan pangan setengah jadi antara lain ……….
6.        Beras yang diolah melalui tiga kali penggilingan dan penyaringan yang bertujuan untuk memperoleh struktur berpori – pori sehingga mempermudah rehidrasi disebut ……..
7.        Jagung pipil merupakan …………….
8.        Jenis gandum ada dua yaitu ……….
9.        Tepung yang terbuat dari bagian terdalam biji gandum yang dihaluskan, sehingga tepungnya berwarna putih susu disebut ………
10.    Pembuatan tepung jagung dilakukan dengan proses ………
11.    Gandum yang memiliki rasa yang agak manis disebut ………
12.    Kelebihan tepung sorgum adalah ………..
13.    Nasi yang berbahan dasar dari gaplek disebut ……..
14.    Tepung tapioca di masyarakat sering disebut ……..
15.    Penyosohan merupakan ……..
16.    Proses penggilingan dapat dilakukan secara ………..
17.    Pendinginan bertujuan untuk ………
18.    Kerupuk tette bahan dasar singkong adalah makanan khas orang …….
19.    Kerupuk yang memiliki bentuk butiran beras yang khas dan tebal disebut …….
20.    Tiwul instan dikemas dengan ……….
v Kunci jawaban
1.        Kerusakan akibat pengaruh fisiologik, mekanik, dsb.
2.        Mengolahnya menjadi berbagai macam produk olahan yang bisa tahan lama
3.        Pangan olahan
 4.        Tahan lama dan lebih kuat dari cuaca dingin atau panas
5.        Kerupuk gendar, bihun
6.        Beras instan
7.        Bulir jagung yang telah di pisahkan dari kelobot dan dari tongkolnya
8.        Merah dan putih
9.        tepung terigu
10.    penepungan
11.    milet
12.    tekstur tepung lebih halus disbanding tepung jagung
13.    tiwul
14.    tepung kanji
15.    proses untuk menghilangkan kulit biji dengan disosoh
16.    tradisional dan modern
17.    untuk mencegah pelunakan jaringan yang berlebihan sekaligus sebagai proses pencucian setelah blanching
18.    Madura
19.    Rengginang
20.    Plastic yang dipress
Pedoman Penilaian:
a.    Kriteria Pensekoran:
o    Setiap butir soal memiliki rentang skor 1
o    Total skor apabila semua jawaban benar adalah 20

Nilai =   Jumlah soal yang betul
                                        2
v Soal remedial
Jawablah pertanyaan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.        Apa yang dimaksud produk pangan primer?
2.        Sebutkan 2 keuntungan bahan pangan setengah jadi ?
3.        Jelaskan pengertian dari :
a.    Beras instan
b.    Whole wheat flour
4.        Sebutkan 4 macam teknik pengolahan bahan pangan setengah jadi ?
5.        Sebutkan bahan dalam membuat rengginang ?
Pedoman Penilaian:
b.   Kriteria Pensekoran:
o    Setiap butir soal memiliki rentang skor 2
o    Total skor apabila semua jawaban benar adalah 10
Nilai =   B x 2
c.         Ketrampilan
Ø Teknik Penilaian     : Tes Kinerja
Ø Bentuk Instrumen    : Lembar Penilaian
Ø Kisi-kisi
No
Aspek
Indikator
Deskriptor
A
Proses
1.        Ide gagasan
 Ide gagasan rancangan tertulis
2.        Kreativitas
Mencari solusi ketika  menemui kendala
3.        Kesesuaian materi,
teknik dan prosedur
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
B
Produk
1.        Uji karya/rasa
Rasa produk
2.        Kemasan/penyajian
Bentuk kemasan
3.        Kreativitas bentuk laporan
Kreatifitas penyusunan laporan
4.        Presentasi/penampilan
Penampilan produk
C
Sikap

1.        Mandiri
Mandiri
2.        Disiplin
Disiplin
3.        Tanggung jawab
Tanggung jawab
ΓΌ Instrument tes kinerja
A. Soal:    
1.      Buatlah rancangan pembuatan pangan serealia dari beras untuk dibuat rengginang  berdasarkan inovasimu!
2.      Lakukan proses pengolahan pangan serealia dari nasi untuk dibuat rengginang  dengan inovasi!
3.      Sajikanlah pengolahan pangan serealia dari nasi untuk dibuat rengginang  dengan inovasi!
4.      Buatlah laporan setelah praktik pengolahan pangan serealia dari beras ( Nasi )!
B . Ketentuan Praktik:
  1. Bahan:
a.       Bahan berupa beras / nasi yang berasal dari lingkungan daerah tempat tinggal
b.      Semua peralatan disediakan sendiri
  1. Waktu pengerjaan : 80 menit
  2. Aspek yang dinilai :
a.       Uji karya/ rasa
b.      Kemasan/ penyajian
c.       Kreatifitas bentuk laporan
d.      Presentasi/ penampilan
e.       Kemandirian
f.       Disiplin
g.       Tanggung jawab
  1. Memperhatikan keselamatan kerja selama praktik.
C.     Lembar pengamatan praktik
Mata pelajaran             : Prakarya ( Pengolahan )
Materi pokok               : Pengolahan pangan serealia dan umbi menjadi makanan
Nama                           : ……
Kelas/ semester            : ……
Tahun pelajaran           : ……
No
Aspek kinerja yang dinilai
Skor
Bobot
Perolehan skor
1
2
3
4
A
Proses



1
Ide gagasan




20

2
Kreaktivitas




15

3
Kesesuaian materi, teknik, dan prosedur




15

B
Produk



1
Uji karya




10

2
Kemasan




5

3
Kreaktivitas bentuk laporan




10

4
Presentasi




10

C
Sikap



1
Mandiri




5

2
Displin




5

3
Tanggung jawab




5

Total
100

Keterangan :
1.    Bobot ditentukan guru dengan pertimbangan tingkat kesulitan ( Total bobot = 100 )
2.    Skor akhir peserta didik menggunakan rumus :
Skor Akhir = Total Perolehan
                           Total bobot
F.   Media / alat, bahan dan sumber belajar
1.    Media :
ΓΌ  Video / chart / gambar – gambar tentang pembuatan pengolahan pangan serealia dan umbi menjadi bahan setengah jadi
2.    Alat dan bahan :
3.    Lembar kerja siswa
4.    Hand out materi ajar : kumpulan resep yang bahan dasar dari beras
5.    File berisi materi ajar dari internet yang relevan terkait dengan proses pengolahan pangan serealia dari beras
6.    Contoh produk makanan dari beras yaitu rengginang dan kerupuk gendar.
7.    Bahan dan alat praktik :
No
Jenis
Jumlah
Satuan
A
Bahan

1
Nasi
1
kg
2
Garam, terasi
secukupnya
-
3
Minyak goreng
1
Kg
4
Bawang putih
4
biji
B
Alat

1
Panci
1
Satuan
2
Baskom plastik
1
Satuan
3
Centong kayu
1
Satuan
4
Wajan, ulekan
1
Satuan
5
Sutil spatula
1
Satuan

8.    Sumber belajar :
o    Kemendikbud.2014. Prakarya SMP / MTS Kelas VIII. Kemendikbud RI. Jakarta ( hal: 129 )
o    Kemendikbud.2014. Buku Guru Prakarya SMP / MTS Kelas VIII. Kemendikbud RI. Jakarta ( hal: 334 )
o    Beragam cita rasa makanan dari beras : ( www.youtube.com diambil pada tanggal 31 Januari 2015 )
                                                                            Jatibarang,    Januari  2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila                                             Guru Prakarya




     H. Hasan, M.Pd                                                        Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -                                                                         NIP. –

itulah postingan Download RPP Prakarya Kelas 8 Semester 2 Bab Pengolahan (Serealia dan umbi menjadi olahan pangan setengah jadi) Kurtilas semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.