RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP PANCASILA
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/2
|
Mata Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Topik
|
:
|
Suhu dan Perubahannya
|
Alokasi Waktu
|
:
|
5 x 40
menit
|
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata)
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1. Memahami suhu dan perubahannya, terkait dengan menjaga
stamina tubuh pada saat perumahan musim (pancaroba)
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin,
aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan
3.7.Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor ,perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh
pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.8.1. Menjelaskan konsep pengertian suhu dan termometer
3.8.2. Menjelaskan skala
suhu I (membuat skala suhu)
3.8.3. Menjelaskan suhu II ( skala suhu dan mengamati pemuaian)
3.8.4.
Menjelaskan pemuaian panjang, luas dan volume
3.8.5. Menjelaskan pemuaian pada zat cair
4.10. Melakukan
percobaan untuk menyelidiki suhu dan
perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan
wujud benda
Indikator :
4.10.1.
Melakukan percobaan
tentang suhu dan perubahannya
C.
Tujuan
1.
Melakukan observasi lingkungan
tentang suhu
2.
Mengidentifikasi
pengaruh suhu yang ada pada
lingkungan
3.
Mengidentifikasi
macam-macam termometer
4.
Menjelaskan
proses penentuan skala pada termometer
5.
Menjelaskan
perbandingan skala
beberapa macam termometer
6.
Menjelaskan
proses terjadinya pemuaian pada benda
7.
Menjelaskan
macam-macam pemuaian (muai panjang, luas dan volume)
8.
Menjelaskan
pemuaian pada zat cair
D.
Materi Pelajaran
1. Pengertian
suhu dan termometer
2. Skala suhu I (membuat
skala suhu)
3. Skala suhu II ( skala suhu
dan mengamati pemuaian)
4. Pemuaian Panjang, Luas dan
Volume
5.
Pemuaian
pada zat cair
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Model : Discovery learning
- Metode : Eksperimen dan diskusi
F.
Media, Alat / Ban , dan Sumber Belajar
1.
Media : Gambar terkait
2.
Alat / Bahan
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1
|
Alat dan
bahan percobaan indra peraba bukanlah
alat ukur suhu yang handal
|
5 set
|
2
|
Alat dan
bahan kegiatan membuat skala pada termometer
|
5 set
|
3
|
Alat dan
bahan percobaan pemuaian zat padat
|
5 set
|
4
|
Alat dan
bahan percobaan pemuaian zat cair dan gas
|
5 set
|
.Nama
dan alat praktikum sesuai dengan yang tertulis dalam LKS
3.
Sumber Belajar
a)
Buku
IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)
Internet
c) LKS : a. percobaan indra peraba bukanlah alat ukur suhu yang handal
b.
kegiatan membuat skala pada termometer
c.
percobaan pemuaian zat padat
d.
percobaan pemuaian zat cair dan gas
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I : Pengertian
Suhu dan Termometer (3 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta
didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
penyelidikannya tentang fungsi perasa sebagai pengukur suhu
b). Peserta didik
dapat menjelaskan 3 jenis termometer
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan beberapa
macam termometer dan menceritakan saat
demam, dan peristiwa yang berkaitan dengan tingkat panas benda
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang suhu dan termometer
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru menanyakan
tentang
konsep suhu dan termometer
-
Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada
pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS tentang suhu dan termometer
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
percobaan tentang suhu dan termometer
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan tentang suhu dan termometer
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep suhu dan termometer melalui hasil percobaan
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep suhu
dan termometer dengan bantuan bahan
tayang konsep suhu dan termometer
-
Diskusi penanaman konsep suhu dan termometer dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
20
1
|
Pertemuan II : Skala
Suhu I (membuat skala suhu) ( 2 JP )
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat membuat skala suhu,
melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta mebandingkannya
secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah dikenali
b). Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian titik tetap dalam penentuan skala suhu
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan menunjukkan
gambar (ppt) tentang hasil pengukuran
bermacam-macam termometer. bertanya “ mengapa angka yang ditunjukkan
berbeda ?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang suhu dan termometer
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru menanyakan
tentang
suhu dan termometer
-
Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada
pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS suhu dan
termometer
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
percobaan terhadap suhu dan termometer
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap suhu dan termometer
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi terhadap suhu dan termometer dengan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep suhu dan termometer melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep suhu
dan termometer dengan bantuan bahan
tayang
-
Diskusi penanaman konsep suhu dan termometer dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan percobaan suhu dan termometer dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
21
111
|
Pertemuan III : Skala Suhu dan Mengamati Pemuaian (3 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta didik
dapat melakukan konversi skala suhu
b). Peserta
didik dapat menyelidiki pengaruh jenis benda terhadap pertambahan panjang pemuaiannya
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan menunjukkan
termometer bimetal dan/atau saklar bimetal (misalnya setrika listrik), “mengapa
bimetal dapat berfungsi ?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang suhu dan pemuaian
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang suhu dan pemuaian
-
Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada
pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS suhu dan
pemuaian
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
percobaan suhu dan pemuaian
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan suhu dan pemuaian
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep suhu dan pemuaian melalui
percobaan
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep suhu dan pemuaian
-
Diskusi penanaman konsep suhu dan pemuaian
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
22
1
|
Pertemuan IV : Pemuaian
Panjang, Luas , dan Volume (3 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat menjelaskan pengertian koefisien muai panjang
b). Peserta didik dapat
menerapkan persamaan pemuaian panjang pada kasus yang relevan
c). Peserta didik dapat
menunjukkan akibat pemuaian panjang
dalam kehidupan sehari-hari
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan menunjukkan gambar kabel listrik jaringan tegangan
tinggi,”Mengapa kabel dibuat agak kendor pemasangannya ?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang pemuaian panjang, luas, dan
volume
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru menanyakan
tentang
konsep pemuaian panjang, luas, dan volume
-
Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada
pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS pemuaian
panjang, luas, dan volume
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
percobaan tentang pemuaian panjang, luas, dan volume
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan tentang pemuaian panjang,
luas, dan volume
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep percobaan tentang pemuaian
panjang, luas, dan volume
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi percobaan
tentang pemuaian panjang, luas dan volume
-
Diskusi penanaman konsep percobaan tentang pemuaian panjang, luas, dan volume dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
23
1
|
Pertemuan V : Pemuaian Zat
Cair dan Gas ( 3 JP )
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat menunjukkan gejala pemuaian pada zat cair dan gas
b).Peserta didik dapat menjelaskan 3
contoh gejala pemuaian zat cair dan gas dalam kehidupan sehari-hari
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan menunjukkan ppt
tentang ban meletus, bertanya,” bagaimana hal itu bisa terjadi ?”
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang pemuaian pada zat cair dan
gas
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang pemuaian zat cair
dan gas
-
Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada
pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS pemuaian zat
cair dan gas
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap pemuaian zat cair
dan gas
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap pemuaian zat cair
dan gas
-
Melakukan percobaan pemuaian
pada zat cair dan gas
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep pemuaian zat cair dan gas melalui hasil percobaan
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep pemuian zat cair dan gas dengan bantuan bahan tayang konsep pemuaian
zat cair dan gas
-
Diskusi penanaman konsep pemuaian zat cair dan gas dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok tentang pemuaian zat cair dan gas
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
24
1
|
Pertemuan VII :
Penyajian Tugas Proyek (2 JP
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru memberikan orientasikan
peserta didik kepada masalah Tugas Proyek (bagian akhir Evaluasi Bab VIII
Buku Pegangan peserta didik)
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
Secara berkelompok
peserta didik melakukan tugas proyek, jika mungkin sampai menghasilkan produk
|
50 menit
|
PENUTUP
|
Refleksi terhadap
cara pemecahan masalah yang dilakukan
peserta didik
|
25
1
|
H.
Penilaian
1.
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes
penilaian kinerja
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian
|
2.Instrumen
a. Lembar
Pengamatan Sikap
Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen
Observasi:
|
Digunakan untuk menilai
sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi perubahan suhu pada tubuh dan
benda di sekitar sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
|
Petunjuk:
1.
Lakukan pengamatan
terhadap perubahan suhu pada tubuh dan benda di sekitar menggunakan indera
peraba! Amati perubahan benda akibat perubahan suhu !
2.
Tuliskan hasil
pengamatanmu.Ingat, hanya hasil pengamatan,bukan tafsiran terhadap pengamatan!
3.
Bandingkan hasil
pengamatanmu dengan hasilpengamatan temanmu. Adakah yang berbeda? Mengapa
hasilnya demikian? Apakahyang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?
Lembar
Observasi:
|
Mengagumi kejadian-kejadian perubahan suhu
badan dan benda di sekitar sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
|
||||
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
|||
|
Mengagumi
perubahan suhu badan dan benda di sekitar
|
||||
|
Mengagumi
perubahan volum benda akibat perubahan suhu
|
||||
|
Mengagumi
perubahan wujud akibat perubahan suhu
|
||||
|
Mengagumi
perubahan suhu udara
|
||||
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
|||||
Rubrik:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
perubahan suhu badan dan benda di sekitar
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan suhu badan dan benda di
sekitar
dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap
Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan suhu badan dan benda di
sekitar
tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap
Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan suhu badan dan
benda di sekitar dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi
perubahan volum benda akibat perubahan suhu
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan volum benda akibat
perubahan suhu dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan volum benda akibat
perubahan suhu tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan volum benda akibat
perubahan suhu dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi
perubahan wujud akibat perubahan suhu
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan wujud akibat perubahan
suhu
dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap
Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan wujud akibat perubahan
suhu
tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan wujud akibat perubahan
suhu
dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi
perubahan warna akibat perubahan suhu
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan warna akibat perubahan
suhu
dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap
Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan warna akibat perubahan
suhu
tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan warna akibat perubahan
suhu
dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B), apabila 2 <Skor ≤ 3
Cukup (C) apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang (K) apabila Skor< 1
Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)
Instrumen
Penilaian Diri:
|
Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab.
|
Petunjuk:
Lakukan
penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian
Diri berikut.
Lembar Penilaian Diri:
No.
|
Sikap
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kejujuran
|
|||
|
Ketelitian
|
|||
|
Tanggungjawab
|
|||
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
X4
|
|
Skor Maksimum
|
Rubrik Penilaian:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan, mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
2
|
Ketelitian
|
1.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan, mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
3
|
Tanggungjawab
|
1.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan
dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan,
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
Kriteria Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup (C) apabila 1 < Skor ≤ 3
Kurang (K)
apabila Skor < 1
Lampiran
3. Penilaian Sikap Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa
ingin tahu (curiosity)
|
||||
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
||||
3
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
||||
4
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
Rubrik
penilaian sikap ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3.
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan
kelompok
2.
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat
aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian
dan hati-hati
|
3.
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
3.
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan
percobaan
1.
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan
percobaan
|
3
|
Ketekunan
dan tanggung-jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
ber-kelompok
|
3.
tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan,
berupaya tepat waktu.
2.
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1.
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
3.
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
2.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
1.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
b. Lembar
Pengamatan Keterampilan Praktikum
Pertemuan
1
No
|
Keterampilan
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Mencelupan
tangan ke ember berisi air sesuai dengan petunjuk dan prosedur
|
2
|
- Melakukan sesuai petunjuk dan
prosedur
|
1
|
- Melakukan tetapi tidak sesuai
dengan petunjuk dan prosedur
|
||
0
|
- Tidak melakukan
|
||
2
|
Mengkomunikasikan
hasil percobaan
|
3
|
- Dapat menjelaskan hasil pengamatan
|
2
|
- Kurang dapat mmenjelaskan
hasilpengamatan
|
||
1
|
- Tidak dapat menjelaskan hasil
pengamatan
|
||
Total
Skor maksimal
|
5
|
Pertemuan ke 2
Penilaian ketrampilan pengamatan pemuaian zat cair
No
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Cara memasukan campuran ke dalam botol
|
3
|
-
Campuran yang disaring dalam keadaan homogen
-
Campuran dialirkan/dimasukkkan perlahan-lahan
-
Campuran tidak tumpah dari botol
|
2
|
Jika 2 aspek
yang benar
|
||
1
|
Jika 1 aspek
yang benar
|
||
2
|
Cara mengukur suhu
|
3
|
-
Cara memegang termometer
-
Cara meletakan pada benda yang mau diukur
-
Cara membaca angka-angka
|
2
|
Jika 2 aspek
yang benar
|
||
1
|
Jika 1 aspek
yang benar
|
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mapel
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
- Lembar soal pengetahuan
Soal
Uraian
1. Jelaskan
pengertian suhu!
2. Bagaimana
prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal
cair?
3. Buaya sering
mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama. Mengapa hal itu dilakukan?
4. Jelaskan
prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!
5. Konversikan:
a. 77 oF =
....... oC = ...... oR = ....... K
b. 333 K =
....... oC = ...... oR = ........ oF
6. Sebatang
tembaga (koefisien muai panjangnya ada pada Tabel 7.1) pada suhu 28oC
panjang
nya 80 m. Berapakah pertambahan
panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya
78oC?
7. Berikut
ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya.
a.
Berdasarkan data pada grafik tersebut. Tentukan koefisien muai panjang logam
itu.
b.
Berdasarkan hasil perhitunganmu, dan Tabel 7.1, kemungkinan besar apa jenis
logam
tersebut?
8.
Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.
a.
Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas!
b.
Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?
Kunci Jawaban
1.
Suhu
merupakan ukuran panas dinginnya benda. Benda panas berarti suhunya
tinggi, sebaliknya benda yang dingin
berarti suhunya rendah.
2.
Termometer
tersebut memanfaatkan adanya perubahan sifat fisika benda (volume,
panjang
benda, dan warna benda) yang berubah karena kenaikan suhu.
3.
Untuk
mendapatkan panas matahari, suhu tubuhnya naik, sehingga bisa beraktivitas
(buaya
berdarah dingin).
4.
Bimetal
berfungsi seperti saklar. Saat suhu setrika tinggi, lengungan pada bimetal
membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka(terputus). Saat setrika
mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal,sehingga rangkaian listrik tertutup
dan setrika menjadi panas kembali.
5. a.
25oC = 20oR = 298K
b.
60oC = 48oR = 140oF
6.
7. Yang paling mendekati: kuningan.
8. a. Alternatif
rumusan masalah:
Apakah jenis zat
berpengaruh terhadap perubahan volumenyaketika dipanaskan?
b. Berdasarkan
data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zatdinaikkan juga berbeda-beda.
Kesimpulannya: jenis zat berpengaruhterhadap perubahan volumenya ketika
dipanaskan
Rubrik
penilaian uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
Skor Maks
|
1
|
Jawaban lengkap dan benar
|
10
|
10
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
6
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
3
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
2
|
Jawaban lengkap dan benar
|
10
|
10
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
6
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
3
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
3
|
Jawaban lengkap dan benar
|
10
|
10
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
6
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
3
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
4
|
Jawaban lengkap dan benar
|
10
|
10
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
6
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
3
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
5
|
Jawaban lengkap dan benar
|
20
|
20
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
10
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
5
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
6
|
Jawaban lengkap dan benar
|
10
|
10
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
6
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
3
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
7
|
Jawaban lengkap dan benar
|
10
|
10
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
6
|
||
Jawaban tidak lengkap dan tidak
benar
|
3
|
||
Tidak menjawab
|
0
|
||
8
|
Jawaban lengkap dan benar
|
20
|
20
|
Jawaban tidak lengkap dan benar
|
10
|
||
Jawaban
tidak lengkap dan tidak benar
|
5
|
||
Tidak
menjawab
|
0
|
||
Total
skor
|
100
|
LEMBAR KERJA SISWA 3.7.a
Judul
: Mengetahui suhu benda
Tujuan: Dapat menentukan suhu benda
Alat
dan bahan
-
ember
3 buah
-
air
biasa
-
air
dingin
-
air
hangat
Lakukan langkah-langkah berikut
ini.
1. Letakkan ketiga ember tersebutdi
lantai atau meja!
2. Celupkan tangan kananmu diember
berisi air hangat dantangan kirimu di ember yangberisi
air es! Rasakan tingkatpanas air
itu pada tanganmu!
1.
Setelah beberapa saat, segeracelupkan
kedua tanganmu keember yang berisi air biasa!
2.
Rasakan tingkat panas air itupada
tanganmu!
3.
Ulangi kegiatan langkah nomor2 dan 3
oleh temanmu lainnya!
Diskusikan:
1. Bagaimanakah hasil pengindraan
terhadap air biasa oleh tangan kanan dantangan kirimu?
2. Jika untuk benda yang sama,
ternyata tingkat panas yang dirasakan berbedaantara tangan
kanan dan tangan kirimu. Apakah
indra perasaanmu dapatdiandalkan sebagai pengukur
tingkat panas benda?
LEMBAR
KERJA SISWA
Judul : Membuat Skala pada Termometer Zat Cair
Tujuan : Dapat membuat skala termometer
Alat dan bahan
1.
Termometer raksa atau alkohol yang belum
diberi skala suhu
2.
Bejana A berisi es yang sedang melebur
3.
Bejana B berisi air yang sedang mendidih
4.
Pemanas spiritus
5.
Spidol atau benang berwarna
Lakukan langkah-langkah berikut.
1.
Celupkan termometer dalam bejana A yang
berisi es sedang melebur!
2.
Tunggu beberapa saat. Setelah raksa
dalam pipa termometer berhenti bergerak turun, tandai
3.
letak permukaan raksa dalam pipa dengan
spidol atau benang!
4.
Tempat ini dinamakan titik tetap
bawah. Beri angka sesukamu pada titik itu, misalnya 10!
5.
Panaskan air dalam bejana B dengan
pemanas spiritus sampai air dalam bejana itu mendidih!
6.
Celupkan termometer ke dalam bejana
berisi air yang sedang mendidih!
7.
Tunggu beberapa saat. Setelah raksa
dalam pipa berhenti bergerak, tandailah letak permukaan raksa dalam pipa dengan
spidol. Titik itu dinamakan titik tetapatas. Beri angka sesukamu pada
titik itu (tetapi lebih besar dari angka sebelumnya),misalnya 50!
8.
Ukur jarak titik terbawah dengan titik
teratas ini. Bagi jarak tesebut dalam bagianbagian dengan jarak yang sama.
Anggap jarak tiap bagian itu derajat suhu skala yang kamu buat (misalnya, skala
Edo)!
9.
Kita sudah membuat skala termometer
sesuai skala buatanmu.
Ujilah Termometer Skala
Buatanmu!
1. Berapa suhu terbawah
dan suhu teratas pada skala termometer buatanmu? Cobalah buat perbandingan
antara skala buatanmu dengan skala Celcius!
2. Coba gunakan termometer
skalamu dan skala Celcius untuk mengukur suhu air biasa dan air hangat.
Kemudian, ukur air panas dengan termometermu danprediksikan hasilnya jika
diukur dengan skala Celcius! Uji prediksimu!
LEMBAR KERJA SISWA
Judul : Pengaruh Jenis Logam terhadap Panjang Pemuaiannya
Tujuan : dapat menentukan pengaruh jenis logam terhadap pemuaian
panjang
Alat dan bahan
-
Musschenbroek (beserta batang logam yang
diuji)
-
Pemanas spiritus dan korek api
Lakukan langkah-langkah kerja
1. Siapkan sebuah alat
Musschenbroek di atas meja percobaan!
2. Atur kedudukkan jarum-jarum
penunjuk pada setiap batang logam sehinggamenunjuk skala yang sama, yaitu angka
nol!
3. Tuang spiritus bakar pada
tempatnya. Kemudian, nyalakan dengan korek api!
4.
Amati keadaan jarum-jarum penunjuk selama pemanasan!
Diskusikan:
1. Jarum-jarum penunjuk menunjuk
skala yang sama, nol. Bagaimana suhu danpanjang batang itu mula-mula?
2. Setelah pemanasan berlangsung,
apa yang terjadi pada jarum-jarum penunjuk?
3.
Apakah hipotesismu diterima atau ditolak?
itulah postingan Download RPP Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Suhu dan Perubahannya Kurtilas semoga bermanfaat
itulah postingan Download RPP Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Suhu dan Perubahannya Kurtilas semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.