Tuesday, March 14, 2017

Download RPP Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Suhu dan Perubahannya Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                             
:
SMP PANCASILA  
Kelas/Semester                
:
VII/2
Mata Pelajaran                           
:
IPA
Topik             
:                
Suhu dan Perubahannya
Alokasi Waktu
:           
5   x   40 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak  mata)
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
 B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1.      Memahami  suhu dan perubahannya, terkait dengan menjaga stamina tubuh pada saat perumahan musim (pancaroba)
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin, aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan
3.7.Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor ,perpindahan kalor, dan penerapannya  dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.8.1.      Menjelaskan konsep pengertian suhu dan termometer
3.8.2.      Menjelaskan  skala suhu I (membuat skala suhu)
3.8.3.      Menjelaskan suhu II ( skala suhu dan mengamati pemuaian)
3.8.4.      Menjelaskan  pemuaian panjang, luas dan volume
3.8.5.      Menjelaskan pemuaian pada zat cair
4.10.  Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan   perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud  benda
Indikator :
  4.10.1. Melakukan percobaan  tentang suhu dan perubahannya

C.    Tujuan
1.        Melakukan observasi lingkungan tentang  suhu
2.        Mengidentifikasi pengaruh  suhu   yang ada  pada  lingkungan
3.        Mengidentifikasi macam-macam  termometer
4.        Menjelaskan proses penentuan skala pada termometer
5.        Menjelaskan perbandingan skala beberapa macam termometer
6.        Menjelaskan proses terjadinya pemuaian pada benda
7.        Menjelaskan macam-macam pemuaian (muai panjang, luas dan volume)
8.        Menjelaskan pemuaian pada zat cair

D.    Materi Pelajaran
1.       Pengertian  suhu dan termometer
2.      Skala suhu I (membuat skala suhu)
3.      Skala suhu II ( skala suhu dan mengamati pemuaian)
4.      Pemuaian Panjang, Luas dan Volume
5.      Pemuaian  pada zat cair

E.     Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Saintifik
  2. Model                          : Discovery learning
  3. Metode                        : Eksperimen dan diskusi

F.       Media, Alat / Ban , dan Sumber Belajar
1.                                          Media       :  Gambar terkait
2.                                          Alat / Bahan
No.
Jenis
Jumlah
1
Alat dan bahan percobaan indra peraba  bukanlah alat ukur suhu yang handal
5 set
2
Alat dan bahan kegiatan membuat skala pada termometer
5 set
3
Alat dan bahan percobaan pemuaian zat padat
5 set
4
Alat dan bahan percobaan pemuaian zat cair dan gas
5 set
.Nama dan alat praktikum sesuai dengan yang tertulis dalam LKS

3.                                          Sumber Belajar
a)                                                                                                                                                                                                                  Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)                                                                                                                                                                                                                 Internet
c)         LKS : a. percobaan indra peraba  bukanlah alat ukur suhu yang handal
            b. kegiatan membuat skala pada termometer
            c. percobaan pemuaian zat padat
            d. percobaan pemuaian zat cair dan gas

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I :    Pengertian  Suhu  dan Termometer  (3 JP)
Tujuan esensial  :
a).  Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil penyelidikannya tentang fungsi perasa sebagai pengukur suhu
b).  Peserta didik dapat menjelaskan 3 jenis termometer

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan beberapa macam termometer dan  menceritakan saat demam, dan peristiwa yang berkaitan dengan tingkat panas benda
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang suhu dan termometer
20 menit
KEGIATAN INTI




-      Guru menanyakan  tentang konsep suhu dan termometer
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  tentang suhu dan termometer
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil percobaan tentang suhu dan termometer
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan percobaan tentang suhu dan termometer
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep suhu dan termometer    melalui hasil percobaan
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  suhu dan termometer  dengan bantuan bahan tayang konsep suhu dan termometer
-     Diskusi penanaman konsep suhu dan termometer    dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20    1

Pertemuan  II :   Skala Suhu I (membuat skala suhu)   ( 2 JP )
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat membuat skala suhu, melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta mebandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah dikenali
b).  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian titik tetap dalam penentuan skala suhu

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan   menunjukkan gambar (ppt) tentang hasil pengukuran  bermacam-macam termometer. bertanya “ mengapa angka yang ditunjukkan berbeda  ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang  suhu dan termometer

20 menit
KEGIATAN INTI




-      Guru menanyakan  tentang suhu dan termometer
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  suhu dan termometer
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil percobaan  terhadap  suhu dan termometer
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  suhu dan termometer
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi terhadap  suhu dan termometer   dengan  menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep suhu dan termometer  melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  suhu dan termometer  dengan bantuan bahan tayang
-     Diskusi penanaman konsep suhu dan termometer    dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan percobaan suhu dan termometer  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
21    111
    Pertemuan III :   Skala Suhu dan Mengamati Pemuaian   (3 JP)
Tujuan esensial  :
a).  Peserta didik dapat melakukan konversi skala suhu
b).  Peserta didik dapat menyelidiki pengaruh jenis benda terhadap pertambahan  panjang pemuaiannya
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  menunjukkan termometer bimetal dan/atau saklar bimetal (misalnya setrika listrik), “mengapa bimetal dapat berfungsi ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang suhu dan  pemuaian
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang suhu dan pemuaian
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-       Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  suhu dan pemuaian 
-       Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil percobaan  suhu dan pemuaian
-       Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan percobaan suhu dan pemuaian
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-       Diskusi kelas untuk menanamkan konsep suhu dan pemuaian  melalui  percobaan
-       Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  suhu dan pemuaian
-       Diskusi penanaman konsep suhu dan pemuaian 
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
22    1

Pertemuan  IV :   Pemuaian Panjang, Luas , dan Volume  (3 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat menjelaskan  pengertian koefisien muai panjang
b).  Peserta didik dapat menerapkan persamaan pemuaian panjang pada kasus yang relevan
c).  Peserta didik dapat menunjukkan akibat pemuaian panjang  dalam kehidupan sehari-hari
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  menunjukkan  gambar kabel listrik jaringan tegangan tinggi,”Mengapa kabel dibuat agak kendor pemasangannya ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang pemuaian panjang, luas, dan volume

20 menit
KEGIATAN INTI




-      Guru menanyakan  tentang konsep pemuaian panjang, luas, dan volume
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  pemuaian panjang, luas, dan volume
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil percobaan tentang pemuaian panjang, luas, dan volume
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan percobaan tentang pemuaian panjang,  luas, dan volume
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep percobaan tentang pemuaian panjang, luas, dan volume
-     Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi percobaan tentang pemuaian panjang, luas dan volume
-     Diskusi penanaman konsep percobaan tentang pemuaian  panjang, luas, dan volume  dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
23    1

Pertemuan V :   Pemuaian Zat  Cair dan Gas   ( 3 JP )
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat menunjukkan  gejala pemuaian pada zat cair dan gas
b).Peserta didik dapat menjelaskan  3  contoh gejala pemuaian zat cair dan gas dalam kehidupan sehari-hari
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  menunjukkan ppt tentang ban meletus, bertanya,” bagaimana hal itu bisa terjadi ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang pemuaian pada zat cair dan gas
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang pemuaian zat cair dan gas
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  pemuaian zat cair dan gas
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap pemuaian zat cair dan gas
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap pemuaian zat cair dan  gas
-      Melakukan percobaan pemuaian pada zat cair dan gas
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep pemuaian  zat cair dan gas   melalui hasil percobaan
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  pemuian  zat cair dan gas   dengan bantuan bahan tayang konsep pemuaian zat cair dan gas
-     Diskusi penanaman konsep pemuaian zat cair dan gas  dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok tentang  pemuaian  zat cair dan gas
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
24    1
Pertemuan  VII :   Penyajian  Tugas Proyek (2 JP
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru  memberikan orientasikan peserta didik kepada masalah Tugas Proyek (bagian akhir Evaluasi Bab VIII Buku Pegangan peserta didik)
20 menit
KEGIATAN INTI




Secara berkelompok peserta didik melakukan tugas proyek, jika mungkin sampai menghasilkan produk
50 menit
PENUTUP

Refleksi terhadap cara  pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik
25    1

H.    Penilaian
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja
Tes penilaian kinerja

Tes Tertulis
Tes Uraian

2.Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)

Instrumen Observasi:
Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi perubahan suhu pada tubuh dan benda di sekitar sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
Petunjuk:
1.         Lakukan pengamatan terhadap perubahan suhu pada tubuh dan benda di sekitar menggunakan indera peraba! Amati perubahan benda akibat perubahan suhu !
2.         Tuliskan hasil pengamatanmu.Ingat, hanya hasil pengamatan,bukan tafsiran terhadap pengamatan!
3.         Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasilpengamatan temanmu. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya demikian? Apakahyang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?

Lembar Observasi:
Mengagumi kejadian-kejadian perubahan suhu badan dan benda di sekitar sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3

  1.  
Mengagumi perubahan suhu badan dan benda di sekitar




  1.  
Mengagumi perubahan volum benda akibat perubahan suhu




  1.  
Mengagumi perubahan wujud akibat perubahan suhu




  1.  
Mengagumi perubahan suhu udara



Jumlah Skor yang Diperoleh








Rubrik:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi perubahan suhu badan dan benda di sekitar
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan suhu badan dan benda di sekitar dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan suhu badan dan benda di sekitar tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan suhu badan dan benda di sekitar dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

  1.  
Mengagumi perubahan volum benda akibat perubahan suhu
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan volum benda akibat perubahan suhu dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan volum benda akibat perubahan suhu tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan volum benda akibat perubahan suhu dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

  1.  
Mengagumi perubahan wujud akibat perubahan suhu
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan wujud akibat perubahan suhu dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan wujud akibat perubahan suhu tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan wujud akibat perubahan suhu dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

  1.  
Mengagumi perubahan warna akibat perubahan suhu
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan warna akibat perubahan suhu dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan warna akibat perubahan suhu tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap perubahan warna akibat perubahan suhu dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum
Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 <Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor< 1

Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)

Instrumen Penilaian Diri:
Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab.
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian Diri berikut.

Lembar Penilaian Diri:
No.
Sikap
Skor
1
2
3

  1.  
Kejujuran




  1.  
Ketelitian




  1.  
Tanggungjawab



Jumlah Skor yang Diperoleh

Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum

Rubrik Penilaian:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
2
Ketelitian
1.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
3
Tanggungjawab
1.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
Kriteria Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila  1 < Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila  Skor < 1


Lampiran 3. Penilaian Sikap Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik penilaian sikap ilmiah
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3. menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2. menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
3. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung-jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun ber-kelompok

3. tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2. berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1. tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi

3. aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain


b. Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
Pertemuan 1
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Mencelupan tangan ke ember berisi air sesuai dengan petunjuk dan prosedur
2
-  Melakukan sesuai petunjuk dan prosedur
1
-  Melakukan tetapi tidak sesuai dengan petunjuk dan prosedur
0
-  Tidak melakukan
2
Mengkomunikasikan hasil percobaan
3
-  Dapat menjelaskan hasil pengamatan
2
-  Kurang dapat mmenjelaskan hasilpengamatan
1
-  Tidak dapat menjelaskan hasil pengamatan

Total Skor maksimal
5


Pertemuan ke 2
Penilaian ketrampilan pengamatan pemuaian zat cair
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1





Cara memasukan campuran ke dalam botol
3
-          Campuran yang disaring dalam keadaan homogen
-          Campuran dialirkan/dimasukkkan perlahan-lahan
-          Campuran tidak tumpah dari botol


2
Jika 2 aspek yang benar


1
Jika 1 aspek yang benar
2
Cara mengukur suhu
3
-          Cara memegang termometer
-          Cara meletakan pada benda yang mau diukur
-          Cara membaca angka-angka


2
Jika 2 aspek yang benar


1
Jika 1 aspek yang benar
       
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mapel



H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -
   
  1. Lembar soal pengetahuan
Soal Uraian
1. Jelaskan pengertian suhu!
2. Bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair?
3. Buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama. Mengapa hal itu dilakukan?
4. Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!
5. Konversikan:
a. 77 oF = ....... oC = ...... oR = ....... K
b. 333 K = ....... oC = ...... oR = ........ oF
6. Sebatang tembaga (koefisien muai panjangnya ada pada Tabel 7.1) pada suhu 28oC panjang
    nya 80 m. Berapakah pertambahan panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya
    78oC?
7. Berikut ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya.
a. Berdasarkan data pada grafik tersebut. Tentukan koefisien muai panjang logam itu.
b. Berdasarkan hasil perhitunganmu, dan Tabel 7.1, kemungkinan besar apa jenis logam
                tersebut?
8. Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.
a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas!
b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

Kunci Jawaban
1.      Suhu merupakan ukuran panas dinginnya benda. Benda panas berarti suhunya tinggi,   sebaliknya benda yang dingin berarti suhunya rendah.
2.      Termometer tersebut memanfaatkan adanya perubahan sifat fisika benda (volume,
panjang benda, dan warna benda) yang berubah karena kenaikan suhu.
3.      Untuk mendapatkan panas matahari, suhu tubuhnya naik, sehingga bisa beraktivitas 
(buaya berdarah dingin).
4.      Bimetal berfungsi seperti saklar. Saat suhu setrika tinggi, lengungan pada bimetal membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka(terputus). Saat setrika mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal,sehingga rangkaian listrik tertutup dan setrika menjadi panas kembali.
  5.   a. 25oC = 20oR = 298K
b. 60oC = 48oR = 140oF
       6.  
7. Yang paling mendekati: kuningan.
8. a. Alternatif rumusan masalah:
Apakah jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenyaketika dipanaskan?
b. Berdasarkan data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zatdinaikkan juga berbeda-beda. Kesimpulannya: jenis zat berpengaruhterhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan


Rubrik penilaian uraian
No
Uraian
Skor
Skor Maks
1
Jawaban lengkap dan benar
10
10
Jawaban tidak lengkap dan benar
6
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
3
Tidak menjawab
0
2
Jawaban lengkap dan benar
10
10
Jawaban tidak lengkap dan benar
6
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
3
Tidak menjawab
0
3
Jawaban lengkap dan benar
10
10
Jawaban tidak lengkap dan benar
6
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
3
Tidak menjawab
0
4
Jawaban lengkap dan benar
10
10
Jawaban tidak lengkap dan benar
6
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
3
Tidak menjawab
0
5
Jawaban lengkap dan benar
20
20
Jawaban tidak lengkap dan benar
10
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
5
Tidak menjawab
0
6
Jawaban lengkap dan benar
10
10
Jawaban tidak lengkap dan benar
6
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
3
Tidak menjawab
0
7
Jawaban lengkap dan benar
10
10
Jawaban tidak lengkap dan benar
6
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
3
Tidak menjawab
0
8
Jawaban lengkap dan benar
20
20
Jawaban tidak lengkap dan benar
10
Jawaban tidak lengkap dan tidak benar
5
Tidak menjawab
0

Total skor

100


LEMBAR KERJA SISWA  3.7.a

Judul :            Mengetahui suhu benda
Tujuan:          Dapat menentukan suhu benda      
Alat dan bahan
-          ember 3 buah
-          air biasa
-          air dingin
-          air hangat

Lakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Letakkan ketiga ember tersebutdi lantai atau meja!
2. Celupkan tangan kananmu diember berisi air hangat dantangan kirimu di ember yangberisi
air es! Rasakan tingkatpanas air itu pada tanganmu!
1.    Setelah beberapa saat, segeracelupkan kedua tanganmu keember yang berisi air biasa!
2.    Rasakan tingkat panas air itupada tanganmu!
3.    Ulangi kegiatan langkah nomor2 dan 3 oleh temanmu lainnya!

Diskusikan:
1. Bagaimanakah hasil pengindraan terhadap air biasa oleh tangan kanan dantangan kirimu?
2. Jika untuk benda yang sama, ternyata tingkat panas yang dirasakan berbedaantara tangan
kanan dan tangan kirimu. Apakah indra perasaanmu dapatdiandalkan sebagai pengukur
tingkat panas benda?


LEMBAR KERJA SISWA

Judul :            Membuat Skala pada Termometer Zat Cair
Tujuan :           Dapat membuat skala termometer
Alat dan bahan
      1.            Termometer raksa atau alkohol yang belum diberi skala suhu
      2.            Bejana A berisi es yang sedang melebur
      3.            Bejana B berisi air yang sedang mendidih
      4.            Pemanas spiritus
      5.            Spidol atau benang berwarna
Lakukan langkah-langkah berikut.
      1.            Celupkan termometer dalam bejana A yang berisi es sedang melebur!
      2.            Tunggu beberapa saat. Setelah raksa dalam pipa termometer berhenti bergerak turun, tandai
      3.            letak permukaan raksa dalam pipa dengan spidol atau benang!
      4.            Tempat ini dinamakan titik tetap bawah. Beri angka sesukamu pada titik itu, misalnya 10!
      5.            Panaskan air dalam bejana B dengan pemanas spiritus sampai air dalam bejana itu mendidih!
      6.            Celupkan termometer ke dalam bejana berisi air yang sedang mendidih!
      7.            Tunggu beberapa saat. Setelah raksa dalam pipa berhenti bergerak, tandailah letak permukaan raksa dalam pipa dengan spidol. Titik itu dinamakan titik tetapatas. Beri angka sesukamu pada titik itu (tetapi lebih besar dari angka sebelumnya),misalnya 50!
      8.            Ukur jarak titik terbawah dengan titik teratas ini. Bagi jarak tesebut dalam bagianbagian dengan jarak yang sama. Anggap jarak tiap bagian itu derajat suhu skala yang kamu buat (misalnya, skala Edo)!
      9.            Kita sudah membuat skala termometer sesuai skala buatanmu.
Ujilah Termometer Skala Buatanmu!
1. Berapa suhu terbawah dan suhu teratas pada skala termometer buatanmu? Cobalah buat perbandingan antara skala buatanmu dengan skala Celcius!
2. Coba gunakan termometer skalamu dan skala Celcius untuk mengukur suhu air biasa dan air hangat. Kemudian, ukur air panas dengan termometermu danprediksikan hasilnya jika diukur dengan skala Celcius! Uji prediksimu!


LEMBAR KERJA SISWA

Judul :            Pengaruh Jenis Logam terhadap Panjang Pemuaiannya
Tujuan :           dapat menentukan pengaruh jenis logam terhadap pemuaian panjang
Alat dan bahan

-          Musschenbroek (beserta batang logam yang diuji)
-          Pemanas spiritus dan korek api
Lakukan langkah-langkah kerja
1. Siapkan sebuah alat Musschenbroek di atas meja percobaan!
2. Atur kedudukkan jarum-jarum penunjuk pada setiap batang logam sehinggamenunjuk skala yang sama, yaitu angka nol!
3. Tuang spiritus bakar pada tempatnya. Kemudian, nyalakan dengan korek api!
4. Amati keadaan jarum-jarum penunjuk selama pemanasan!
Diskusikan:
1. Jarum-jarum penunjuk menunjuk skala yang sama, nol. Bagaimana suhu danpanjang batang itu mula-mula?
2. Setelah pemanasan berlangsung, apa yang terjadi pada jarum-jarum penunjuk?
3. Apakah hipotesismu diterima atau ditolak?
itulah postingan Download RPP Kelas 7 SMP Semester 2 Bab Suhu dan Perubahannya Kurtilas semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.