Tuesday, March 14, 2017

Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Pencemaran Lingkungan Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan Pendidikan                             
:
SMP PANCASILA
Kelas/Semester                
:
VII/2
Mata Pelajaran                           
:
IPA
Topik             
:                
Pencemaran Lingkungan
Alokasi Waktu
:           
15  x   40 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
     dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
     pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1.      Menjaga dan merawat tanaman di sekolah dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep ekosistem
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin, aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan  ekosistem
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain dalam melaporkan hasil percobaan  ekosistem
3.8.Mendiskripsikan interaksi antarmakhlukhidup dan lingkungannnya
Indikator:
3.8.1.      Menjelaskan konsep lingkungan
3.8.2.      Menjelaskan  komponen abiotik dan biotik  pada lingkungan
3.8.3.      Menjelaskan interaksi antar komponen dalam ekosistem membentuk  pola-pola  tertentu
3.8.4.      Menjelaskan bentuk-bentuk saling ketergantungan  antar komponen penyusun ekosistem
3.8.5.      Menjelaskan  bentuk saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup yang tergambar terutama  pada aliran energi dan siklus materi
3.9.            Mendiskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
Indikator :
3.9.1.      Menjelaskan pola-pola  interaksi antar komponen  yang mempengaruhi ekosistem (rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan) dalam  memberikan perubahan pada lingkungan
3.9.2.      Menjelaskan macam-macam pencemaran
3.9.3.      Menjelaskan dampak  pencemaran  lingkungan pada  kehidupan manusia
3.9.4.      Menjelaskan  alternatif solusi  atas  pencemaran lingkungan yang  ada di sekitar
3.10.        Mendiskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
       Indikator :
3.10.1.    Menjelaskan  konsep Pemanasan Global
3.10.2.   Menyebutkan  3  fakta  adanya pemanasan global
3.10.3.  Menjelaskan  pengaruh  pemanasan  global  terhadap ekosistem
4.12.      Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup
              dengan lingkungan sekitarnya.
Indikator :
  4.12.1. Melakukan percobaan  tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
4.13.  Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan  usulan tentang penanggulangan masalah.
Indikator :
4.13.1.  Melakukan tugas observasi lingkungan  tentang pemanasan global  dan  usulan upaya tentang penanggulangan masalah pemanasan global
C.    Tujuan
1.        Melakukan observasi lingkungan tentang interaksi  antar komponen makhluk hidup
2.        Mengidentifikasi komponen-komponen yang ada  pada  lingkungan
3.        Mengidentifikasi pola-pola interaksi  antar komponen  makhluk hidup yang ada di lingkungan
4.        Menjelaskan proses terjadinya pencemaran lingkungan  melalui diskusi
5.        Menjelaskan macam-macam  pencemaran dan alternatif solusinya bagi kehidupan manusia melalui diskusi
6.        Menjelaskan proses terjadinya pemanasan  global
7.        Menjelaskan  pengaruh  pemanasan global  bagi lingkungan
8.        Menjelaskan upaya untuk penanggulangan  pemanasan global

D.    Materi Pelajaran
1.      Konsep  Lingkungan
2.      Apa yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan ?
3.      Interaksi dalam Ekosistem Membentuk suatu Pola
4.      Bentuk-bentuk saling ketergantungan
5.      Perubahan Lingkungan dan Pencemaran
6.      Pemanasan Global
7.      Review dan Presentasi Kelompok
E.     Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Saintifik
  2. Model                          : Discovery learning
  3. Metode                        : Eksperimen dan diskusi

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.   Pertemuan I :  Konsep  Lingkungan  ( 2 JP )
Tujuan esensial  :
Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan gambar  suatu kawasan “ apa yang kamu lihat dalam gambar tersebut ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya.

20 menit
KEGIATAN INTI




-      Guru menanyakan  tentang konsep lingkungan
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap lingkungan
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap lingkungan
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  lingkungan  dengan bantuan bahan tayang konsep lingkungan
-     Diskusi penanaman konsep lingkungan  dalam kehidupan sehari-hari

50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
20    1

Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mempelajari Lingkungan”
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan II : Apa yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan  (3 JP )

Tujuan esensial  : 
Peserta didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan   bertanya “ apa yang kamu lihat  terkait dengan komponen  biotik dan abiotik pada ruang kelas kamu ?”
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang  komponen  biotik dan komponen abiotik
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang komponen  penyusun lingkungan sekitar
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  komponen biotik dan abiotik
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap  komponen- komponen  penyusun  lingkungan
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  komponen – komponen  penyusun  lingkungan
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi terhadap  lingkungan   dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  komponen – komponen  penyusun  lingkungan  dengan bantuan bahan tayang
-     Diskusi penanaman konsep komponen abiotik dan biotik   penyusun  lingkungan  dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  lingkungan  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
21    1

Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mempelajari Lingkungan”
Media  :  benda atau gambar yang sesuai dengan topik

Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan III :  Interaksi  dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola (2 JP)

Tujuan  esensial :
a).  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi
b). Peserta didik dapat menjabarkan pola-pola interaksi
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan gambar  atau film terkait dengan interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen makhluk hidup
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya membentuk suatu pola tertentu
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang pengertian interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen  
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap lingkungan terkait dengan  interaksi antar komponen
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  lingkungan  terkait interaksi antar komponennya
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep interaksi  antar komponen makhluk hidup dengan lingkungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  interaksi  antar  komponen makhluk hidup   dengan  bantuan bahan tayang konsep interaksi  antar  komponen  makhluk hidup
-     Diskusi penanaman konsep interaksi  antar  komponen   lingkungan  dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
22    1

Alat, Bahan dan Media :
a). Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Saling  Ketergantungan Makhluk Hidup”
b). Media :  benda atau gambar alat ukur, benda-benda sekitar yang mau  diukur dalam  kegiatan” saling ketergantungan makhluk hidup”  dan kegiatan reviu
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan IV :   Perpindahan Kalor :  Konduksi dan Konveksi (3 JP)
Tujuan  esensial  :
a).  Peserta didik dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk hidup
b). Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan detritus dengan rantai makanan perumput
c). Peserat didik memiliki ketrampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  memperlihatkan gambar  ekosistem yang terdiri atas berbagai komponen biotik yang saling keterkaitan
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya.
20 menit
KEGIATAN INTI



- Guru menanyakan  tentang konsep saling
   ketergantungan makhluk hidup
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap konsep saling ketergantungan
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap  konsep  saling  ketergantungan 
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep saling ketergantungan   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  saling  ketergantungan   dengan bantuan bahan tayang konsep lingkungan
-     Diskusi penanaman konsep saling ketergantungan   dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
23    1

Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mengetahui Bentuk-bentuk  Saling  Ketergantungan”
Media  :  benda atau gambar/poster atau foto
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan V :   Radiasi  ( 2 JP )
Tujuan  esensial :
a).  Peserta didik dapat  menyelidiki pengaruh warna benda terhadap kenaikan suhu benda pada peristiwa radiasi
b).  Peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh cara pemanfaatan radiasi dalam kehidupan

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN

-      Guru mengkondisikan siswa
-      Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke KBM dengan  meminta peserta didik keluar untuk merasakan panas matahari,  menyuruhnya untuk mengaitkan  mekanisme  perpindahan  panas yang sudah dikenal
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah belajar  tentang interaksi  makhluk hidup dengan lingkungannya.
20 menit
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang radiasi  
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  radiasi
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap lingkungan tentang radiasi
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap lingkungan  tentang radiasi
-      Melakukan percobaan pengaruh warna  benda terhadap kenaikan suhunya, menggunakan 3 termometer, dibungkus kertas dengan 3 warna yang berbeda,
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep radiasi   melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  radiasi  dengan bantuan bahan tayang konsep radiasi
-     Diskusi penanaman konsep radiasi   dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok tentang  radiasi
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
24    1

Alat, Bahan dan Media :
a). Alat dan Bahan untuk  pemuaian zat cair dan tugas proyek sesuai buku peserta didik
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan VI :  Penyajian  Tugas Proyek (2 JP)
Tujuan esensial :
a).  Peserta didik dapat menjelaskan konsep pemanasan global
b). Peserta didik dapat menyebutkan 3  fakta adanya pemanasan global
c).  Peserta didik memiliki ketrampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek “ Bagaimana Pemanasan global Mempengaruhi  Ekosistem?”
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KEGIATAN INTI



-       Guru menanyakan  tentang konsep pemanasan global
-       Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-      Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS  tentang  pemanasan global
-      Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan hasil observasi  terhadap lingkungan  tentang  pemanasan global
-      Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi  terhadap lingkungan  tentang  pemanasan global
-      Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-      Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-      Diskusi kelas untuk menanamkan konsep pemanasan global  melalui hasil observasi
-      Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang konsep  pemanasan global   dengan bantuan bahan tayang konsep pemanasan global
-     Diskusi penanaman konsep pemanasan global   dalam kehidupan sehari-hari
50 menit
PENUTUP

-      Siswa mengumpulkan laporan observasi  dan hasil diskusi kelompok
-      Siswa mengerjakan kuis secara individu
-      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tertinggi
-       Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
25    1
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Bagaimana  Pemanasan Global Mempengaruhi Ekosistem?”
Media  : poster/gambar kampanye pemanasan global
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

Pertemuan VII :   Review   dan Presentasi Tugas Kelompok ( 3 JP)

Tujuan esensial :
Terukurnya kompetensi peserta didik untuk topik ini
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
-       Persiapan  review dan presentasi
20 menit
KEGIATAN INTI
Tes dan  presentasi
50 menit
PENUTUP
refleksi
26    1

Alat, Bahan dan Media :
Alat ,Bahan dan  Media  sesuai kegiatan tes dan presentasi
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan Peserta didik
b). Sumber lain yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)

G.    Penilaian
1, Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
-          Pengamatan Sikap
-          Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
-          Tes Unjuk Kerja
-          Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
-          Tes Tertulis
-          Tes Uraian dan Pilihan
-          Portofolio
-          Panduan Penyusunan Portofolio

1.      Contoh Instrumen
a.       Penilaian Sikap
No
Nama
Perilaku yang diamati pada pembelajaran
Meng
hargai orang lain
Disiplin
Aktif melaku
kan kegiatan
Beker
Ja sama dalam diskusi
Komu
nikasi


Menanggapi penda
pat siswa lain
Mengaju
kan gagasan/
ide baru
1








2








3








4








5








6








7








8









b.         Penilaian Pengetahuan  
Contoh Instrumen Pilihan Ganda



Contoh Instrumen Esai
1.       

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
1.       

No
Kunci Jawaban Soal Esai
Skore
1.


2.


3.


4.


Jumlah skor maksimal


C.Penilaian Unjuk Kerja
No.
Pernyataan
Kesesuaian Tindakan Kerja
Ya
Tidak
1.



2.



3.



4.



5.



6.



7.



8.




Jumlah skor



Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mata Pelajaran



H. Hasan, M.Pd                                                                      Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                       NIP. -

LEMBAR KERJA SISWA
POLA INTERAKSI MANUSIA MEMPENGARUHI EKOSISTEM
“BAGAIMANA PENGARUH WARNA BENDA TERHADAP KENAIKAN SUHUNYA”

A.    Tema                 : Percobaan pengaruh warna benda terhadap kenaikan suhu benda
B.     Tujuan              :
1.      Memahami konsep perpindahan kalor secara radiasi
2.      Mengetahui pengaruh warna benda terhadap kenaikan suhu yang dialami benda
C.     Alat dan Bahan
1.      Alat                        :
a.       Lampu Bohlam / lilin
b.      Termometer 3 buah
c.       Plastik cover 3 warna (bening, kuning, dan hitam)
d.      Statif 3 buah
e.       Benang / tali
2.      Bahan         : -
D.    Langkah Kegiatan
1.      Ambillah termometer, catat suhu awalnya (seharusnya suhunya sama untuk ketiga termometer)
2.      Bungkuslah masing-masing termometer dengan plastik warna bening, kuning, dan hitam.
3.      Gantunglah termometer tersebut dengan menggunakan statif
4.      Susunlah termometer mengelilingi lampu bohlam / lilin pada jarak yang sama (misalkan 10 cm)
5.      Nyalakan bohlam/ lilin
6.      Amati perubahan suhu yang terjadi pada ketiga termometer tersebut
7.      Catat hasilnya pada lembar pencatatatan yang disediakan .
Lembar pencatatan pengamatan

No.
Warna plastik
Suhu awal (0C)
Kenaikan suhu (0C) (menit ke -)
1
Bening

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2
Kuning











3
Hitam












E.     Bahan diskusi
1.      Termometer dengan warna apa yang kenaikan suhunya paling kecil?
2.      Termometer dengan warna apa yang kenaikan suhunya paling besar?
3.      Mengapa kenaikan suhu pada termometer berbeda-beda?
4.      Adakah hubungan antara warna benda dengan radiasi kalor yang diterima pada suatu benda?

F.      Kesimpulan
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan tersebut!


 LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

1.Rubrik  penilaian keterampilan siswa

No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Merangkai alat
3
Terangkai dengan lengkap
2
Terangkai tidak lengkap
1
Tidak terangkai
2
Melakukan percobaan
3
Melakukan percobaan dengan cermat
2
Melakukan percobaan kurang cermat
1
Melakukan percobaan tidak cermat
3
Mencatat Data Hasil Percobaan
3
Data tercatat dengan lengkap (100%)
2
Data tercatat kurang  lengkap ( 75%)
1
Data tercatat tidak  lengkap ( 50%)
4
Menyusun Laporan Hasil Percobaan
3
Laporan tersusun sesuai sistematika
2
Laporan tersusun kurang sesuai sistematika
1
Laporan tersusun tidak sesuai sistematika
5
Melakukan Presentasi
3
Mempresentasikan laporan hasil percobaan
dengan lancar
2
Mempresentasikan laporan hasil percobaan
kurang lancar
1
Mempresentasikan laporan hasil percobaan
tidak lancar





2. Lembar observasi penilaian keterampilan siswa

No.
Nama siswa
Merangkai alat
Melakukan percobaan
Mencatat data hasil percobaan
Menyusun laporan
Melakukan presentasi
Nilai
1







Dst









LEMBAR PENILAIAN PERILAKU ILMIAH SISWA

1. Rubrik Penilaian Perilaku

No
Aspek yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok 
2
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2

Ketelitian dan hati-hati
3
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan 
2
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan 
3
Ketekunan dan tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai 
4
Berkomunikasi
3
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2
Aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1
Aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

2. Lembar observasi penilaian sikap ilmiah siswa

No.
Nama siswa
Rasa ingin tahu
Ketelitian
Ketekunan
Komunikasi
Nilai
1






Dst






Penilaian pengetahuan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1.      Zat yang dapat mengakibatkan pencemaran dinamakan dengan...
a.       Polusi
b.      Polutan
c.       Radiasi
d.      Radiator
2.      Perilaku – perilaku di bawah dapat menyebabkan pencemaran kecuali...
a.       Menggunakan detergen secara berlebihan
b.      Membakar sampah
c.       Membuang limbah ke sungai
d.      Mendaur ulang sampah menjadi bahan yang berguna
3.      Di bawah ini adalah gas-gas yang menyebabkan pencemaran udara kecuali...
a.       Karbon dioksida
b.      Karbon monoksida
c.       Oksigen
d.      Cloro flouro carbon
4.      Gas yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam adalah...
a.       CO2
b.      O2
c.       SO2
d.      CFC
5.      Gas yang dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca adalah...
a.       CO2
b.      O2
c.       SO2
d.      CFC

KUNCI JAWABAN
1. B                 3.C                  5. A
2. D                 4.C

Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.      Apa yang akan terjadi jika kita menangkap ikan dengan menggunakan Pestisida / racun?
2.      Usaha apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran ?

itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Pencemaran Lingkungan Kurtilas semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.