RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP PANCASILA
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/2
|
Mata Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Topik
|
:
|
Pencemaran Lingkungan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
15 x 40
menit
|
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1.
Menjaga dan merawat
tanaman di sekolah dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep ekosistem
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin,
aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan ekosistem
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain
dalam melaporkan hasil percobaan ekosistem
3.8.Mendiskripsikan interaksi antarmakhlukhidup dan
lingkungannnya
Indikator:
3.8.1. Menjelaskan konsep lingkungan
3.8.2. Menjelaskan
komponen abiotik dan biotik pada
lingkungan
3.8.3. Menjelaskan interaksi antar komponen dalam ekosistem
membentuk pola-pola tertentu
3.8.4. Menjelaskan bentuk-bentuk saling ketergantungan antar komponen penyusun ekosistem
3.8.5. Menjelaskan bentuk
saling ketergantungan antar komponen makhluk hidup yang tergambar terutama pada aliran energi dan siklus materi
3.9.
Mendiskripsikan
pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
Indikator :
3.9.1.
Menjelaskan
pola-pola interaksi antar komponen yang mempengaruhi ekosistem (rantai makanan,
jaring-jaring makanan dan piramida makanan) dalam memberikan perubahan pada lingkungan
3.9.2.
Menjelaskan
macam-macam pencemaran
3.9.3.
Menjelaskan
dampak pencemaran lingkungan pada kehidupan manusia
3.9.4.
Menjelaskan alternatif solusi atas
pencemaran lingkungan yang ada di
sekitar
3.10.
Mendiskripsikan
tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
Indikator :
3.10.1.
Menjelaskan
konsep Pemanasan Global
3.10.2.
Menyebutkan
3 fakta adanya pemanasan global
3.10.3. Menjelaskan
pengaruh pemanasan global
terhadap ekosistem
4.12. Menyajikan
hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan sekitarnya.
Indikator :
4.12.1.
Melakukan percobaan
tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
4.13. Menyajikan data dan informasi tentang
pemanasan global dan memberikan usulan
tentang penanggulangan masalah.
Indikator :
4.13.1. Melakukan tugas observasi lingkungan tentang pemanasan global dan
usulan upaya tentang penanggulangan masalah pemanasan global
C.
Tujuan
1.
Melakukan observasi lingkungan tentang
interaksi antar komponen makhluk hidup
2.
Mengidentifikasi
komponen-komponen yang ada pada lingkungan
3.
Mengidentifikasi
pola-pola interaksi
antar komponen makhluk hidup yang
ada di lingkungan
4.
Menjelaskan
proses terjadinya pencemaran lingkungan melalui diskusi
5.
Menjelaskan
macam-macam pencemaran dan alternatif solusinya bagi kehidupan manusia melalui diskusi
6.
Menjelaskan
proses terjadinya pemanasan global
7.
Menjelaskan pengaruh
pemanasan global bagi lingkungan
8.
Menjelaskan
upaya untuk penanggulangan pemanasan
global
D.
Materi Pelajaran
1.
Konsep Lingkungan
2.
Apa
yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan ?
3.
Interaksi
dalam Ekosistem Membentuk suatu Pola
4.
Bentuk-bentuk
saling ketergantungan
5.
Perubahan
Lingkungan dan Pencemaran
6.
Pemanasan
Global
7.
Review
dan Presentasi Kelompok
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Model : Discovery learning
- Metode : Eksperimen dan diskusi
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I : Konsep
Lingkungan ( 2 JP )
Tujuan esensial :
Peserta didik dapat
menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan
gambar suatu kawasan “ apa yang kamu
lihat dalam gambar tersebut ?”
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi
makhluk hidup dengan lingkungannya.
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru menanyakan
tentang
konsep lingkungan
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap lingkungan
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan observasi terhadap lingkungan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep
lingkungan dengan bantuan bahan
tayang konsep lingkungan
-
Diskusi penanaman konsep lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
20
1
|
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan
sesuai kegiatan “Mempelajari Lingkungan”
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan II : Apa yang
Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan (3
JP )
Tujuan esensial :
Peserta didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan
mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan bertanya “ apa yang kamu lihat terkait dengan komponen biotik dan abiotik pada ruang kelas kamu ?”
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang komponen biotik dan komponen abiotik
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang komponen penyusun lingkungan sekitar
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS komponen biotik
dan abiotik
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap komponen- komponen penyusun
lingkungan
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap komponen – komponen penyusun
lingkungan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi terhadap lingkungan
dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep komponen
– komponen penyusun lingkungan dengan bantuan bahan tayang
-
Diskusi penanaman konsep komponen abiotik dan biotik penyusun
lingkungan dalam kehidupan
sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi lingkungan dan hasil diskusi
kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
21
1
|
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan
sesuai kegiatan “Mempelajari Lingkungan”
Media :
benda atau gambar yang sesuai dengan topik
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan III : Interaksi
dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola (2 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
interaksi
b). Peserta didik
dapat menjabarkan pola-pola interaksi
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan
gambar atau film terkait dengan interaksi
dan pola-pola interaksi antar komponen makhluk hidup
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi makhluk
hidup dengan lingkungannya membentuk suatu pola tertentu
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang pengertian
interaksi dan pola-pola interaksi antar komponen
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap lingkungan terkait
dengan interaksi antar komponen
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap lingkungan
terkait interaksi antar komponennya
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep interaksi antar komponen makhluk hidup dengan
lingkungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep interaksi antar
komponen makhluk hidup dengan bantuan bahan tayang konsep interaksi antar
komponen makhluk hidup
-
Diskusi penanaman konsep interaksi
antar komponen lingkungan
dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
22
1
|
Alat, Bahan dan Media :
a). Alat dan Bahan
sesuai kegiatan “Saling Ketergantungan
Makhluk Hidup”
b). Media : benda atau gambar alat ukur, benda-benda
sekitar yang mau diukur dalam kegiatan” saling ketergantungan makhluk
hidup” dan kegiatan reviu
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan IV : Perpindahan Kalor : Konduksi dan Konveksi (3 JP)
Tujuan esensial
:
a). Peserta didik
dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk hidup
b). Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan
antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan detritus
dengan rantai makanan perumput
c). Peserat didik memiliki ketrampilan berbicara
di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan memperlihatkan
gambar ekosistem yang terdiri atas
berbagai komponen biotik yang saling keterkaitan
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi
makhluk hidup dengan lingkungannya.
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
- Guru menanyakan tentang konsep saling
ketergantungan makhluk hidup
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS saling
ketergantungan antar komponen makhluk hidup
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap konsep saling
ketergantungan
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap konsep
saling ketergantungan
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep saling ketergantungan melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep saling ketergantungan dengan bantuan bahan tayang konsep
lingkungan
-
Diskusi penanaman konsep saling ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
23
1
|
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan
sesuai kegiatan “Mengetahui Bentuk-bentuk
Saling Ketergantungan”
Media :
benda atau gambar/poster atau foto
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan V : Radiasi
( 2 JP )
Tujuan esensial :
a). Peserta didik
dapat menyelidiki pengaruh warna benda
terhadap kenaikan suhu benda pada peristiwa radiasi
b). Peserta didik
dapat menjelaskan 3 contoh cara pemanfaatan radiasi dalam kehidupan
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke KBM dengan meminta peserta
didik keluar untuk merasakan panas matahari,
menyuruhnya untuk mengaitkan
mekanisme perpindahan panas yang sudah dikenal
-
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai setelah belajar tentang interaksi
makhluk hidup dengan lingkungannya.
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
-
Guru
menanyakan tentang radiasi
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS radiasi
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap lingkungan tentang
radiasi
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap lingkungan
tentang radiasi
-
Melakukan percobaan
pengaruh warna benda terhadap kenaikan
suhunya, menggunakan 3 termometer, dibungkus kertas dengan 3 warna yang
berbeda,
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep radiasi melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep radiasi
dengan bantuan bahan tayang konsep radiasi
-
Diskusi penanaman konsep radiasi dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi dan
hasil diskusi kelompok tentang radiasi
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
24
1
|
Alat, Bahan dan Media :
a). Alat dan Bahan
untuk pemuaian zat cair dan tugas proyek
sesuai buku peserta didik
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan VI : Penyajian
Tugas Proyek (2 JP)
Tujuan esensial :
a). Peserta didik
dapat menjelaskan konsep pemanasan global
b). Peserta didik dapat menyebutkan 3 fakta adanya pemanasan global
c). Peserta didik
memiliki ketrampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil
proyek “ Bagaimana Pemanasan global Mempengaruhi Ekosistem?”
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN INTI
|
- Guru menanyakan tentang konsep pemanasan global
-
Guru
mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS tentang
pemanasan global
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan
mendiskusikan hasil
observasi terhadap lingkungan tentang
pemanasan global
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
observasi terhadap lingkungan tentang
pemanasan global
-
Diskusi kelompok mengenai hasil observasi dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep pemanasan global melalui hasil observasi
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang konsep
pemanasan global dengan
bantuan bahan tayang konsep pemanasan global
- Diskusi penanaman konsep pemanasan
global dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan observasi
dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya
|
25
1
|
Alat, Bahan dan Media :
Alat dan Bahan
sesuai kegiatan “Bagaimana Pemanasan
Global Mempengaruhi Ekosistem?”
Media : poster/gambar kampanye pemanasan global
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
Pertemuan VII : Review
dan Presentasi Tugas Kelompok ( 3 JP)
Tujuan esensial :
Terukurnya kompetensi peserta didik untuk topik ini
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Persiapan review dan presentasi
|
20 menit
|
KEGIATAN INTI
|
Tes dan
presentasi
|
50 menit
|
PENUTUP
|
refleksi
|
26
1
|
Alat, Bahan dan Media :
Alat ,Bahan
dan Media sesuai kegiatan tes dan presentasi
Sumber Belajar :
a). Buku Pegangan
Peserta didik
b). Sumber lain
yang relevan ( misalnya buku atau majalah ekologi dan internet)
G.
Penilaian
1,
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
-
Pengamatan Sikap
|
-
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
-
Tes Unjuk Kerja
|
-
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
-
Tes Tertulis
|
-
Tes Uraian dan Pilihan
|
-
Portofolio
|
-
Panduan Penyusunan Portofolio
|
1. Contoh
Instrumen
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati
pada pembelajaran
|
||||||
Meng
hargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktif melaku
kan kegiatan
|
Beker
Ja sama dalam diskusi
|
Komu
nikasi
|
Menanggapi
penda
pat
siswa lain
|
Mengaju
kan
gagasan/
ide
baru
|
||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
b. Penilaian Pengetahuan
Contoh
Instrumen Pilihan Ganda
|
Contoh
Instrumen Esai
|
1.
|
Kunci
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1.
No
|
Kunci Jawaban Soal Esai
|
Skore
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
Jumlah skor maksimal
|
C.Penilaian
Unjuk Kerja
No.
|
Pernyataan
|
Kesesuaian
Tindakan Kerja
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
Jumlah skor
|
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mata Pelajaran
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
LEMBAR KERJA SISWA
POLA INTERAKSI MANUSIA
MEMPENGARUHI EKOSISTEM
“BAGAIMANA PENGARUH
WARNA BENDA TERHADAP KENAIKAN SUHUNYA”
A.
Tema : Percobaan pengaruh warna benda terhadap
kenaikan suhu benda
B.
Tujuan :
1.
Memahami konsep perpindahan kalor secara radiasi
2.
Mengetahui pengaruh warna benda terhadap kenaikan
suhu yang dialami benda
C.
Alat dan Bahan
1.
Alat :
a.
Lampu Bohlam / lilin
b.
Termometer 3 buah
c.
Plastik cover 3 warna (bening, kuning, dan hitam)
d.
Statif 3 buah
e.
Benang / tali
2.
Bahan : -
D.
Langkah
Kegiatan
1.
Ambillah termometer, catat suhu awalnya (seharusnya
suhunya sama untuk ketiga termometer)
2.
Bungkuslah masing-masing termometer dengan plastik
warna bening, kuning, dan hitam.
3.
Gantunglah termometer tersebut dengan menggunakan
statif
4.
Susunlah termometer mengelilingi lampu bohlam /
lilin pada jarak yang sama (misalkan 10 cm)
5.
Nyalakan bohlam/ lilin
6.
Amati perubahan suhu yang terjadi pada ketiga
termometer tersebut
7.
Catat hasilnya pada lembar pencatatatan yang
disediakan .
Lembar pencatatan pengamatan
No.
|
Warna plastik
|
Suhu awal (0C)
|
Kenaikan suhu (0C)
(menit ke -)
|
|||||||||
1
|
Bening
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
2
|
Kuning
|
|||||||||||
3
|
Hitam
|
E.
Bahan diskusi
1.
Termometer dengan warna apa yang kenaikan suhunya
paling kecil?
2.
Termometer dengan warna apa yang kenaikan suhunya
paling besar?
3.
Mengapa kenaikan suhu pada termometer berbeda-beda?
4.
Adakah hubungan antara warna benda dengan radiasi
kalor yang diterima pada suatu benda?
F.
Kesimpulan
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan tersebut!
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN
1.Rubrik penilaian keterampilan siswa
No
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Merangkai alat
|
3
|
Terangkai dengan lengkap
|
2
|
Terangkai tidak lengkap
|
||
1
|
Tidak terangkai
|
||
2
|
Melakukan percobaan
|
3
|
Melakukan percobaan dengan cermat
|
2
|
Melakukan percobaan kurang cermat
|
||
1
|
Melakukan percobaan tidak cermat
|
||
3
|
Mencatat Data Hasil Percobaan
|
3
|
Data
tercatat dengan lengkap (100%)
|
2
|
Data tercatat
kurang lengkap ( 75%)
|
||
1
|
Data tercatat tidak lengkap ( 50%)
|
||
4
|
Menyusun Laporan Hasil Percobaan
|
3
|
Laporan tersusun sesuai sistematika
|
2
|
Laporan tersusun kurang sesuai sistematika
|
||
1
|
Laporan tersusun tidak sesuai sistematika
|
||
5
|
Melakukan Presentasi
|
3
|
Mempresentasikan laporan hasil percobaan
dengan lancar
|
2
|
Mempresentasikan laporan hasil percobaan
kurang lancar
|
||
1
|
Mempresentasikan laporan hasil percobaan
tidak lancar
|
2. Lembar observasi
penilaian keterampilan siswa
No.
|
Nama siswa
|
Merangkai alat
|
Melakukan percobaan
|
Mencatat data hasil
percobaan
|
Menyusun laporan
|
Melakukan presentasi
|
Nilai
|
1
|
|||||||
Dst
|
LEMBAR PENILAIAN
PERILAKU ILMIAH SISWA
1. Rubrik Penilaian Perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3
|
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias,
dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
|
||
1
|
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat
aktif dalam kegiatan kelompok walaupun
telah didorong untuk terlibat
|
||
2
|
Ketelitian dan hati-hati
|
3
|
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
hati-hati dalam melakukan
percobaan
|
2
|
Mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
||
1
|
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
||
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
|
3
|
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
|
2
|
Berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
|
||
1
|
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
||
4
|
Berkomunikasi
|
3
|
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan
atau ide, menghargai pendapat siswa lain
|
2
|
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
|
||
1
|
Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
2. Lembar observasi
penilaian sikap ilmiah siswa
No.
|
Nama siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian
|
Ketekunan
|
Komunikasi
|
Nilai
|
1
|
||||||
Dst
|
Penilaian pengetahuan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada
huruf a, b, c, atau d!
1.
Zat yang dapat mengakibatkan pencemaran dinamakan
dengan...
a.
Polusi
b.
Polutan
c.
Radiasi
d.
Radiator
2.
Perilaku – perilaku di bawah dapat menyebabkan
pencemaran kecuali...
a.
Menggunakan detergen secara berlebihan
b.
Membakar sampah
c.
Membuang limbah ke sungai
d.
Mendaur ulang sampah menjadi bahan yang berguna
3.
Di bawah ini adalah gas-gas yang menyebabkan
pencemaran udara kecuali...
a.
Karbon dioksida
b.
Karbon monoksida
c.
Oksigen
d.
Cloro flouro carbon
4.
Gas yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam
adalah...
a.
CO2
b.
O2
c.
SO2
d.
CFC
5.
Gas yang dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca
adalah...
a.
CO2
b.
O2
c.
SO2
d.
CFC
KUNCI JAWABAN
1. B 3.C 5. A
2. D 4.C
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Apa yang akan terjadi jika kita menangkap ikan
dengan menggunakan Pestisida / racun?
2.
Usaha apa saja yang dapat kita lakukan untuk
mencegah terjadinya pencemaran ?
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Pencemaran Lingkungan Kurtilas semoga bermanfaat
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Pencemaran Lingkungan Kurtilas semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.