RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah
: SMP PANCASILA
Matapelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok :
Energi Dalam
Fotosintesis
Alokasi Waktu : 5 x 40
menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1. Menjaga
dan merawat tanaman di sekolah dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep
fotosintesis
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin,
aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain
dalam melaporkan hasil percobaan fotosintesis
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga
kesehatan diri dan lingkungan
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi
dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
Indikator:
3.6.1. Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam proses fotosintesis
3.6.2. Mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi pada
proses fotosistesis
3.6.3. Menjelaskan proses terjadinya fotosintesis
3.6.4. Menjelaskan pemanfaatan hasil fotosintesis bagi kehidupan manusia
3.6.5. Menjelaskan
cara menjaga dan merawat tanaman di sekolah dan lingkungan sekitarnya sesuai
dengan konsep fotosintesis
4.6
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Indikator :
4.6.1. Melakukan percobaan uji Sach untuk menyelidiki proses fotosintesis
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melakukan
percobaan uji Sach agar
siswa mampu
menemukan zat yang dihasilkan pada proses fotosintesis
2.
Mengidentifikasi
komponen-komponen yang terlibat dalam fotosintesis berdasarkan data hasil percobaan
3.
Mengidentifikasi
perubahan energi yang terjadi pada fotosintesis melalui diskusi
4.
Menjelaskan
proses yang terjadi pada fotosintesis melalui diskusi
5.
Menjelaskan
pemanfaatan fotosintesis bagi kehidupan manusia melalui diskusi
6.
Menerapkan konsep fotosinesis dalam kehidupan sehari-hari
D.
Materi Pembelajaran
1. Fotosintesis pada tumbuhan hijau
Fotosintesis
(foto berarti cahaya, dan sintesis berarti menyusun) dapat diartikan sebagai
proses penyusunan bahan makanan berupa karbohidrat yang terjadi pada bagian
tumbuhan yang memiliki klorofil dengan bantuan energi matahari. Bahan baku
fotosintesis berupa karbon dioksida yang berasal dari udara dan air yang
berasal dari dalam tanah. Fotosintesis juga menghasilkan oksigen sebagai hasil
samping reaksi.
2. Energi pada
peristiwa fotosintesis
Cahaya matahari merupakan sumber energi bagi proses fotosintesis yang menghasilkan
amilum. Amilum yang merupakan senyawa
karbohidrat digunakan sebagai sumber energi
dan bahan untuk membuat senyawa lain yang dibutuhkan tumbuhan. Sebagian dari karbohidrat ini disimpan sebagai
cadangan makanan. Jika tumbuhan dimakan hewan atau manusia, maka terjadi perpindahan energi dari energi matahari menjadi
energi kimia dalam tumbuhan kemudian berpindah ke tubuh
hewan atau manusia. Manusia akan memanfaatkan energi dari makanan tersebut untuk melakukan berbagai
aktivitas.
3. Komponen-komponen yang terlibat pada proses
fotosintesis
a.
Percobaan
membuktikan adanya amilum sebagai hasil
fotosintesis
Amilum yang dihasilkan melalui fotosintesis dapat dibuktikan secara
sederhana yaitu dengan cara menutup sebagian daun dari tanaman yang kena cahaya
matahari dengan aluminium foil pada
pagi hari. Kemudian daun dipetik sore hari dan esok harinya diuji menggunakan larutan Lugol melalui
langkah-langkah percobaan uji Amilum atau uji Sachs. Amilum dengan larutan
Lugol akan menghasilkan warna biru tua.
b.
Percobaan
membuktikan adanya gas oksigen sebagai hasil fotosintesis
Gas oksigen yang
dihasilkan dari fotosintesis dapat dibuktikan dengan cara mengamati
gelembung-gelembung udara yang dihasilkan tumbuhan hidrila dalam air yang kena
sinar matahari sesuai dengan langkah-langkah percobaan Ingenhousz. Selanjutnya
gas yang dihasilkan diuji dengan bara api. Bara api akan membesar dengan adanya
gas oksigen.
Karbohidrat sebagai salah satu zat hasil fotosintesis
merupakan bahan makanan bagi manusia atau sumber energi untuk melakukan
aktivitas sehari-hari
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Sciencetific
- Model : Discovery learning
- Metode : Eksperimen dan diskusi
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke kelas “ mengapa manusia bisa
melakukan aktivitas?”
-
Melakukan tanya jawab yang diarahkan pada energi yang digunakan untuk bergerak misalnya:
“ Coba sebutkan macam-macam energi yang kalian
ketahui?”
“ Menurut kalian energi
yang membuat kalian dapat bergerak tersebut diperoleh dari mana?” “ Bagaimana cara mebuktikan bahwa tumbuhan
dapat menghasilkan bahan makanan sebagai sumber energi?
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
setelah belajar tentang energi pada
proses fotosintesis dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan
|
20 menit
|
KEGIATAN IINTI
|
-
Guru menanyakan
bagaimana tumbuhan mendapatkan energinya
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS fotosintesis dan membawa daun yang sehari sebelumnya sebagiannya telah ditutup
dengan aluminium foil
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan
percobaan uji Sach
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan uji Sach serta keselamatan kerja pada
saat percobaan.
-
Siswa melakukan percobaan uji Sach.
-
Diskusi kelompok mengenai hasil percobaan dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep fotosintesis melalui hasil
percobaan uji Sach
-
Guru melakukan demonstrasi percobaan Ingenhousz
-
Diskusi kelas untuk
menyamakan persepsi tentang energi yang terlibat dalam fotosintesis
dengan bantuan bahan tayang konsep fotosintesis.
-
Diskusi penanaman konsep fotosintesis dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan percobaan dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya yaitu membaca konsep respirasi
|
20
1
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat dan Bahan Praktikum :
·
Gelas
Kimia 500mL 1
buah
·
Kaki
tiga 1 buah
·
Pembakar
spiritus 1
buah
·
Daun yang sudah
ditutupi aluminium foil
·
Larutan Lugol (Betadine)
·
Larutan alkohol
2.
Sumber belajar :
·
Buku IPA SMP kelas VII Kurikulum 2013
·
Lembar Kerja Siswa
H.
Penilaian
1,
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
-
Pengamatan Sikap
|
-
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
-
Tes Unjuk Kerja
|
-
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
-
Tes Tertulis
|
-
Tes Uraian dan Pilihan
|
-
Portofolio
|
-
Panduan Penyusunan Portofolio
|
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mapel
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
Contoh Instrumen
a.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perilaku yang
diamati pada pembelajaran
|
||||||
Meng
hargai orang lain
|
Disiplin
|
Aktif melaku
kan kegiatan
|
Bekerja
sama dalam diskusi
|
Komu
nikasi
|
Menanggapi penda
pat siswa lain
|
Mengaju
kan gagasan/
ide baru
|
||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
b. Penilaian Pengetahuan
Contoh
Instrumen Pilihan Ganda
|
||||||||||||||||||||||||||||
1.
Perhatikan gambar berikut:
2. Perhatikan gambar hasil percobaan Uji Sach
berikut.
Pernyataan
yang benar berdasarkan gambar hasil percobaan Uji Sach adalah ….
A. Fotosintesis tidak terjadi pada bagian B
karena warnanya berubah setelah ditetesi oleh larutan lugol
B. Fotosintesis terjadi pada bagian A karena
warna daun tidak berubah setelah ditetesi larutan lugol
C. Fotosintesis terjadi pada bagian B karena
warna daun tidak berubah setelah ditetesi larutan lugol
D. Fotosintesis terjadi pada bagian
A karena warna daun berubah setelah ditetesi larutan lugol
3. Berikut data pengamatan percobaan uji Sachs
Pasangan daun yang mengalami fotosintesis adalah ....
A.
P dan Q
B.
R dan S
C.
R dan T
D.
Q dan R
4. Tanaman membutuhkan empat (4) bahan
untuk proses fotosintesis. Keempat
bahan tersebut adalah....
5. Percobaan pada gamabar disamping bertujuan untuk membuktikan bahwa
fotosintesis ….
|
Contoh
Instrumen Esai
|
1.
Jelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan ?
2. Tanaman menghasilkan amilum melalui proses
fotosintesis. Lengkapi persamaan
reaksi fotosintesis berikut ini.
Karbondioksida +
................. ................. + .................
3. Uraikan langkah-langkah untuk menyelidiki
adanya amilum pada daun sebagai hasil fotosintesis?
4. Tanaman memerlukan
cahaya matahari untuk menghasilkan amilum melalui fotosintesis. Apa yang akan
kamu lakukan terhadap tanaman yang ada di dalam ruangan agar proses
fotosintesis berjalan sempurna?
|
Kunci
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1. C
2. D
3. D
4. A
5. B
No
|
Kunci Jawaban Soal Esai
|
Skore
|
1.
|
proses penyusunan bahan makanan berupa
karbohidrat yang terjadi pada bagian tumbuhan yang memiliki klorofil dengan
bantuan energi matahari.
|
10
|
2.
|
6CO2 + 12H2O ------------ C6H12O6 +
6O2 + 6H20
|
10
|
3.
|
Langkah-langkah untuk
uji Sach yaitu :
1. Menutupi bagian tengah daun
dengan aluminium foil dan biarkan selama 24 jam
2. Merebus daun hingga layu
dalam air panas kemudian masukan daun ke dalam alkohol yang dipanaskan
3. Menetesi daun dengan lugol
4. Mencuci daun di air mengalir
5. Amati perubahan pada warna
daun
|
20
|
4.
|
Mengeluarkan tanaman yang berada dalam ruangan untuk mendapat sinar
matahari
Menyiram tanaman yang berada dalam ruangan secara berkala
|
10
|
Jumlah skor maksimal
|
50
|
C.Penilaian
Unjuk Kerja
No.
|
Pernyataan
|
Kesesuaian
Tindakan Kerja
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu memilih daun dengan tepat
|
||
2.
|
Siswa mampu membungkus daun dengan tepat
|
||
3.
|
Siswa mampu merebus daun hingga layu dalam air
panas dengan tepat
|
||
4.
|
Siswa mampu melarutkan klorofil daun dalam alkohol
dengan tepat
|
||
5.
|
Siswa mampu mencuci daun dengan tepat
|
||
6.
|
Siswa mampu meneteskan lugol pada daun yang sudah
larut klorofilnya dengan benar
|
||
7.
|
Siswa mampu mengidentifikasi perubahan warna yang
terjadi pada daun
|
||
8.
|
Siswa mampu menginterpretasi perubahan warna yang
terjadi pada daun
|
||
Jumlah skor
|
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Energi Dalam Fotosintesis Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.