RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMP PANCASILA
Matapelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok :
Energi Dalam
Respirasi
Alokasi Waktu : 5 x 35
menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1. Menjaga
dan merawat tubuh
dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep respirasi
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin,
aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan percobaan
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain
dalam melaporkan hasil percobaan respirasi
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga
kesehatan diri dan lingkungan
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi
dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, dan
respirasi
Indikator:
3.6.1. Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam respirasi
3.6.2. Mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi pada
proses respirasi
3.6.3. Menjelaskan proses terjadinya respirasi
3.6.4. Menjelaskan pemanfaatan hasil respirasi bagi kehidupan manusia
4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
respirasi pada hewan
Indikator :
4.9.1.
Melakukan percobaan menghitung frekuensi bernafas dalam waktu tertentu
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melakukan
percobaan respirasi agar
siswa mampu
menemukan zat yang dihasilkan pada proses respirasi
2.
Mengidentifikasi
komponen-komponen yang terlibat dalam respirasi berdasarkan data hasil percobaan
3.
Mengidentifikasi
perubahan energi yang terjadi pada respirasi melalui
diskusi
4.
Menjelaskan
proses yang terjadi pada respirasi melalui diskusi
5.
Menjelaskan
pemanfaatan respirasi bagi kehidupan manusia melalui diskusi
6.
Menerapkan konsep respirasi dalam kehidupan sehari-hari
D.
Materi Pembelajaran
1. Respirasi pada hewan
Respirasi dapat
diartikan sebagai proses memasukkan udara yaitu oksigen dan mengeluarkan udara
(karbondioksida). Pada prose tersebut terjadi pertukaran oksigen dan
karbondioksida. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh digunakan untuk membakar
(mengoksidasi) sari-sari makanan yang selanjutnya menjadi energy.
2. Energi pada
peristiwa respirasi
Oksigen merupakan sumber energi
bagi proses respirasi makhluk hidup. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh
digunakan untuk membakar (mengoksidasi) sari-sari makanan yang selanjutnya
menjadi energy.Secara kimiawi proses oksidasi adalah sebagai berikut :
Karbohidrat + oksigen → karbondioksida + uap
air + energy
Dari persamaan diatas
dapat disimpulkan bahwa tujuan manusia bernafas adalah untuk mendapatkan
energy/tenaga. Energi yang terbentuk dimanfaatkan untuk beraktifitas seperti
berjalan, duduk, membaca, berfikir dan lain-lain.
Proses bernafas
meliputi empat bagian :
1. Keluar-masuknya udara antara dua organ
pernafasan yaitu paru-paru dan alveolus
2. Difusi antara dan antara udara dan alveoli di
dalam darah
3. Transpor dan dalam darah atau ke dalam sel
4. Pengaturan ventilasi respirasi
3. Komponen-komponen yang terlibat pada proses respirasi
a.
Organ
penyusun system respirasi manusia
1) Hidung
2) Pangkal tenggorokan
3) Batang tenggorokan
4) Cabang batang tenggorokan (bronkus)
5) Paru-paru
b.
Proses
respirasi
Proses bernafas
melalui dua tahapan yaitu fase inspirasi dan fase ekspirasi. Fase inspirasi
terjadi saat volume rongga dada membesar dan tekanan didalamnya menjadi
berkurang sehingga udara masuk ke paru-paru. Sedangkan fase ekspirasi terjadi saat
rongga dada menurun dan tekanan didalamnya menjadi lebih besar menyebabkan
udara berhembus ke luar.
Oksigen sebagai salah
satu zat bahan respirasi merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas
sehari-hari
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Sciencetific
- Model : Discovery learning
- Metode : Eksperimen dan diskusi
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan siswa
-
Guru bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum
masuk ke kelas “ mengapa manusia bisa
melakukan aktivitas?”
-
Melakukan tanya jawab yang diarahkan pada energi yang
digunakan untuk bergerak misalnya:
“ Coba sebutkan macam-macam alat-alat respirasi yang kalian ketahui?”
“ Menurut kalian energi
yang membuat kalian dapat bergerak tersebut diperoleh dari mana?” “ Bagaimana cara membuktikan bahwa manusia
melakukan respirasi?
- Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
setelah belajar tentang energi pada
proses respirasi dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan
|
20 menit
|
KEGIATAN IINTI
|
-
Guru menanyakan
bagaimana hewan mendapatkan energinya
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan
pada pertemuan yang lalu
-
Guru mencek tugas yaitu mempelajari LKS respirasi Siswa dikelompokkan
secara heterogen dan mendiskusikan percobaan respirasi
-
Guru memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan
percobaan respirasi
-
Siswa melakukan percobaan respirasi.
-
Diskusi kelompok mengenai hasil percobaan dan menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi kelas untuk menanamkan konsep respirasi melalui hasil percobaan menghitung jumlah
nafas dalam waktu tertentu
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan laporan percobaan dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya yaitu membaca konsep metabolisme sel dan sistem
pencernaan manusia
|
20
1
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat dan Bahan Praktikum :
·
Stopwatch atau jam tangan
·
Lembar pengamatan
2.
Sumber belajar :
·
Buku IPA SMP kelas VII Kurikulum 2013
·
Lembar Kerja Siswa
H.
Penilaian
1,
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
-
Pengamatan Sikap
|
-
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
-
Tes Unjuk Kerja
|
-
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
-
Tes Tertulis
|
-
Tes Uraian dan Pilihan
|
3. Contoh
Instrumen
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati
pada pembelajaran
|
||||||
Meng
hargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktif melaku
kan kegiatan
|
Beker
ja sama dalam diskusi
|
Komu
nikasi
|
Menanggapi
penda
pat
siswa lain
|
Mengaju
kan
gagasan/
ide
baru
|
||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
b. Penilaian Pengetahuan
Contoh
Instrumen Pilihan Ganda
|
1.
Tujuan makhluk hidup bernafas adalah ……..
a.
Untuk mendapatkan karbondioksida
b.
Untuk mendapatkan oksigen
c. Menghasilkan
energy
d.
Menghasilkan karbondioksida
2.
Proses inspirasi pada pernafasan dada adalah……………
a. Otot
tulang rusuk berkontraksi, tekanan udara mengecil, udara masuk
b.
Otot tulang rusuk berkontraksi, tekanan udara
membesar, udara masuk
c.
Otot diafragma berkontraksi, tekanan udara
mengecil, udara masuk
d.
Otot diafragma berkontraksi, tekanan udara
membesar, udara masuk
3.
Pernyataan tentang udara tidal pada pernapasan
yang benar adalah…..
a.
Udara maksimum yang masih dapat dihirup
b. Udara
yang keluar/masuk pada pernapasan biasa
c.
Udara maksimum yang masih bisa dikeluarkan
d.
Udara maksimum yang masih dapat ditampung
4.
Pernapasan pada amoeba yang benar……..
a.
Udara keluar masuk melalui trakea
b.
Alat pernapasannya berupa kulit yang selalu dalam
keadaan basah
c.
Alat pernapasannya berbentuk rongga memanjang yang
disebut stigma
d. Udara
keluar/masuk melalui selaput sel secara difusi
5.
Pada waktu mulut terbuka, air masuk dan katup
insang menutup, oksigen berdifusi masuk kedalam darah di lembaran insang.
Hewan yang memiliki mekanisme pernapasan diatas adalah………..
a.
Serangga
b.
Cacing
c. Ikan
d.
Katak
|
Contoh Instrumen
Esai
|
1.
Jelaskan proses respirasi pada manusia ?
2. manusia menghasilkan energi
melalui proses respirasi. Lengkapi persamaan reaksi respirasi berikut ini.
Oksigen +
................. ................. + .................
3. Frekuensi respirasi dipengaruhi oleh faktor
apa saja?
Kunci Jawaban :
1.
Ada dua tahap
pernapasan yaitu tahap memasukkan udara pernapasan ke paru-paru. Tahap ini
disebut inspirasi. Sedangkan tahap mengeluarkan udara dari paru-paru disebut
ekspirasi. Inspirasi terjadi saat volume rongga dada membesar dan tekanan
didalamnya menjadi berkurang sehingga udara masuk ke paru-paru. Sedangkan
ekspirasi terjadi saat volume rongga dada menurun dan tekanan didalamnya
menjadi lebih besar menyebabkan udara berhembus keluar. (skor 10)
2.
Oksigen +
karbohidrat →karbondioksida + uap air + energy (skor 10)
3.
Jenis kelamin,
usia, posisi tubuh, aktifitas dan kondisi lingkungan (skor
5)
|
C.Penilaian
Unjuk Kerja
No.
|
Pernyataan
|
Kesesuaian
Tindakan Kerja
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu menghitung jumlah nafas ketika duduk
|
||
2.
|
Siswa mampu menghitung jumlah nafas ketika lari di tempat
|
||
3.
|
Siswa mampu menghitung jumlah nafas ketika lari keliling lapangan sekolah
|
||
Jumlah skor
|
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mapel
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
LKS
Menghitung Jumlah Nafas dalam Waktu Tertentu
I.
Tujuan : Menentukan factor-faktor yang mempengaruhi jumlah nafas
pada manusia
II. Alat dan Bahan :
·
Stopwatch / jam tangan
·
Lembar pengamatan
III. Cara Kerja :
1. Hitunglah
berapa kali kamu bernafas (1 kali inspirasi dan 1 kali ekspirasi) pada saat :
a. Duduk
b. Lari
di tempat
c. Lari
keliling lapangan sekolah
Hitung setiap posisi
selama 1 menit dan diulang sebanyak 3 kali
2. Lakukan
pengamatan dan tuliskan hasilnya pada sebuah lembar pengamatan
Posisi
Tubuh
|
Menit
I
|
Menit
II
|
Menit
III
|
Duduk
|
|||
Lari di tempat
|
|||
Lari keliling
lapangan sekolah
|
3. Bandingkan
dan simpulkan
4. Bagaimana
hasil pengamatanmu? Apakah terjadi perbedaan jumlah nafas pada setiap kegiatan?
Bandingkan dengan hasil pengamatan temanmu! Mengapa terjadi perbedaan?
itulah postingan Download RPP IPA Kelas 7 Semester 2 Bab Energi Dalam Respirasi Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.