RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah
: SMP PANCASILA
Matapelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok :
Transformasi
Energi
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1.1.1. Menjaga
dan merawat tubuh
dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan konsep transformasi energi
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam berdiskusi
Indikator:
2.1.1. Menunjukkan perilaku disiplin,
aktif, kerjasama, dan komunikasi yang baik pada saat melaksanakan diskusi
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan diskusi dan melaporkan hasil diskusi
Indikator:
2.2.1. Menunjukkan perilaku menghargai orang lain
dalam melaporkan hasil diskusi
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga
kesehatan diri dan lingkungan
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi
dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
Indikator:
3.6.1. Mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi pada klorofil
3.6.2. Mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi pada mitokondria
3.6.3. Mengidentifikasi
perubahan energy yang terjadi pada sel
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melakukan
diskusi mengenai transformasi energy pada klorofil, mitokondria, dan sel agar
siswa mampu
menemukan zat yang dihasilkan pada proses transformasi energi tersebut
D.
Materi Pembelajaran
1. Transformasi
energy oleh klorofil
2. Transformasi
energy oleh mitokondria
3. Transformasi
energy oleh sel
E.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Sciencetific
- Model : Discovery learning
- Metode : diskusi
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
-
Guru mengkondisikan
siswa
-
Guru
bertanya kepada siswa mengenai kegiatan/aktivitas siswa sebelum masuk ke
kelas “ apa bagian terkecil dari tubuh suatu makhluk
hidup?”
-
Melakukan tanya jawab yang diarahkan pada
transformasi energi misalnya:
“ bagian tubuh mana yang berperan dalam menghasilkan energi?”
“ Menurut kalian energi
yang membuat kalian dapat bergerak tersebut diperoleh dari mana?” “ Bagaimana cara membuktikan bahwa
makhluk hidup dapat menghasilkan energi?
-
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai setelah
belajar tentang transformasi energi
dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
|
20 menit
|
KEGIATAN IINTI
|
-
Guru menanyakan bagaimana makhluk
hidup mendapatkan energinya
- Guru mengingatkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu
-
Guru
mencek tugas yaitu mempelajari LKS transformasi energi dan membawa tugas yang sehari sebelumnya
-
Siswa dikelompokkan secara heterogen dan mendiskusikan tulisan tentang
transformasi energi pada sel
-
Guru
memberikan penjelasan tentang langkah dan teknik melakukan diskusi
-
Siswa
melakukan percobaan diskusi
-
Diskusi
kelompok mengenai tulisan dan
menjawab pertanyaan dalam LKS
-
Presentasi
hasil percobaan oleh wakil kelompok
-
Diskusi
kelas untuk menanamkan konsep transformasi energi melalui hasil rangkuman tulisan
|
50 menit
|
PENUTUP
|
-
Siswa mengumpulkan hasil tulisan dan hasil diskusi kelompok
-
Siswa mengerjakan kuis secara individu
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki skor tertinggi
-
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya yaitu membaca konsep fotosintesis
|
20
1
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Sumber belajar :
·
Buku IPA SMP kelas VII Kurikulum 2013
·
Lembar Kerja Siswa
·
Bahan tayang transformasi energi
H.
Penilaian
1,
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
-
Pengamatan Sikap
|
-
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
-
Tes Tertulis
|
-
Tes Uraian dan Pilihan
|
-
Portofolio
|
-
Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati
pada pembelajaran
|
||||||
Meng
hargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktif melaku
kan kegiatan
|
Bekerja
sama dalam
diskusi
|
Komu
nikasi
|
Menanggapi
penda
pat
siswa lain
|
Mengaju
kan
gagasan/
ide
baru
|
||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
b. Penilaian Pengetahuan
Contoh
Instrumen Pilihan Ganda
|
1.
Transformasi energy pada peristiwa fotosintesis
terjadi pada ………..
a. Klorofil
b.
Kloroplas
c.
Sel
d.
Mitokondria
2.
Transformasi energy pada peristiwa respirasi
terjadi pada …………
a.
Klorofil
b.
Kloroplas
c.
Sel
d. Mitokondria
|
Contoh
Instrumen Esai
|
1.
Jelaskan proses transformasi energi pada klorofil ?
2. Apa yang kamu ketahui tentang metabolisme?
Kunci Jawaban :
1.
Klorofil adalah zat
hijau daun yang terdapat di kloroplas. Klorofil berperan dalam proses
fotosintesis. Fotosintesis memerlukan
,
O dan cahaya matahari. Pada saat proses
fotosintesis, energy matahari yang berbentuk cahaya ditransformasi menjadi
energy kimia. Energy kimia tersebut selanjutnya digunakan untuk mereaksikan
dan
O sehingga terbentuk glukosa. Didalam glukosa
hasil fotosintesis tersimpan energy kimia. Energi yang terbentuk dari hasil
fotosintesis tersebut dimanfaatkan oleh tumbuhan dan makhluk hidup lain untuk
beraktifitas. (skor 10)
2.
Metabolisme adalah
segala proses reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup.
Metabolisme terdiri dari anabolisme dan katabolisme. Anabolisme adalah proses
penyusunan molekul kompleks dari molekul sederhana, contoh fotosintesis.
Sedangkan katabolisme adalah pembongkaran molekul kompleks menjadi molekul
sederhana, contoh respirasi. (skor 10)
|
C..Penilaian
Unjuk Kerja
No.
|
Pernyataan
|
Kesesuaian
Tindakan Kerja
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian sel
dengan tepat
|
||
2.
|
Siswa mampu menjelaskan transformasi energi pada klorofil
dengan tepat
|
||
3.
|
Siswa mampu menjelaskan transformasi energi pada mitokondria dengan
tepat
|
||
4.
|
Siswa mampu menjelaskan transformasi energi pada sel
dengan tepat
|
||
Jumlah skor
|
Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila Guru
Mapel
H. Hasan, M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP.
-
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.