Friday, September 20, 2013

RPP SISTEM GERAK PADA MANUSIA (TULANG)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 2 Purwokerto
Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas/Semester                      : VIII/ I
Materi Pembelajaran            : Sistem Gerak Pada Manusia (Tulang)
Pertemuan                             : I
Alokasi Waktu                       :  2 x 40 menit

I.     Standar kompetensi
1.    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

II.     Kompetensi dasar
2.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


III.     Indikator
Kognitif
1.      Produk

  • Menyebutkan fungsi kerangka tubuh manusia
  • Menyebutkan tulang sebagai alat gerak pas
  • Menjelaskan mcam-macam tulang berdasarkan penyusunnya  (tulang rawan dan tulang keras)
  • Menjelaskan proses terjadinya tulang
  •  Membedakan macam-macam tulang berdasarkan bentuknya (tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih)

2.      Proses

  • Mengidentifikasi tulang sebagai alat gerak pasif pada manusia.

Psikomotor
·         Menyebutkan berbagai macam tulang melalui pengamatan torso kerangka manusia
Afektif
1.    Karakter
Menunjukan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi jujur, teliti, tanggung jawab, kerjasama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
2.    Ketrampilan sosial
Menunjukan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi bertanya, menyumbangkan ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik dan komunikasi

IV.     Tujuan pembelajaran
Kognitif
1.      Produk :

  • Siswa mampu menyebutkan fungsi kerangka tubuh manusia
  • Siswa mampu menyebutkan tulang sebagai alat gerak pas
  • Siswa mampu menjelaskan macam-macam tulang berdasarkan penyusunnya  (tulang rawan dan tulang keras)
  • Siswa mampu menjelaskan proses terjadinya tulang
  • Siswa mampu membedakan macam-macam tulang berdasarkan bentuknya (tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih)

2.      Proses
  • Siswa mampu Mengidentifikasi tulang sebagai alat gerak pasif pada manusia.
Psikomotor
  • Diberikan torso kerangka manusia, siswa mampu menyebutkan berbagai macam tulang melalui pengamatan torso kerangka manusia
Afektif
1.      Karakter
Selama proses pembelajaran, siswa terlibat dan mampu menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi jujur, teliti, tanggung jawab, kerjasama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
2.    Ketrampilan sosial
Selama proses pembealajaran, siswa terlibat aktif dan mampu menunjukan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi bertanya, menyumbangkan ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik dan komunikasi.

V.           Materi pembelajaran
Sistem Gerak Pada Manusia (Tulang)

Ø  Fungsi kerangka manusia
Ø  Tulang sebagai alat gerak pasif
Ø  Macam-macam tulang berdasarkan penyusunnya (Tulang rawan, tulang keras)
Ø  Proses pembentukan tulang
Ø  Macam-macam tulang berdasarkan bentuknya (Tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulang tidak beraturan)

VI.     Model dan Metode Pembelajaran
Model       : Kooperatif
Metode       : Demonstration, Tanya jawab, Diskusi, NHT (Numbered Head Together)

VII.     Media pembelajaran
Ø  Slide powerpoint materi sistem gerak pada manusia
Ø  Gambar-gambar terkait materi
Ø  Buku
Ø  Soal postest
VIII.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
A.    Pendahuluan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.    Guru membuka kegiatan belajar mengajar di kelas dengan mengucapkan salam dan salah satu siswa ditunjuk untuk memimpin berdoa untuk memupuk tingkat kereligiusan guru dan siswa.
2.    Memusatkan perhatian siswa pada materi sistem gerak pada manusia yang akan dibahas dan mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
3.    Menanyakan kembali mengenai materi perkembangan manusia yang telah dibahas
4.    Memotivasi siswa dengan memberikan gambaran umum mengenai materi sistem gerak pada manusia sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi
5

B.     Inti
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penggalan 1
1.      Dengan Tanya jawab dan diskusi menggunakan media slide power point guru memfasilitasi siswa dalam menemukan konsep tentang sistem gerak pada manusia
2.      Menanyakan mengenai beberapa aktivitas yang biasa dilakukan siswa yang berkaitan dengan gerak.
3.      Memotivasi siswa dengan memberi pertanyaan, ” mengapa manusia dalam bergerak?
4.      Meminta partisipasi siswa untuk mendiskusikan, berpendapat dan saling menanggapi pendapat satu sama lain
Penggalan 2
1.    Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif, setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan cara meminta siswa berhitung dari 1 sampai 5, selanjutnya membagikan LDS (Lembar diskusi siswa) kepada setiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS,  guru membimbing siswa untuk peduli  dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LDS
2.    Membagikan nomor kepada setiap kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapatkan nomor yang berbeda
3.    Meminta siswa bekerja sama dalam setiap kelompok untuk mengerjakan LDS sesuai waktu yang telah ditentukan
4.    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
Penggalan 3
1.    Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2.    Guru memanggil salah satu nomor siswa dalam setiap kelompok, nomor yang dipanggil mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas
3.    Meminta partisipasi aktif dari siswa kelompok lain untuk membahas hasil diskusi bersama-sama
4.    Menanyangkan video pembelajaran mengenai fungsi kerangka manusia, macam-macam tulang agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan
5.    Menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama
Penggalan 4
1.      Melakukan evaluasi formatif dengan membagikan soal postest kepada setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, ketika mendistribusikan soal postes, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan soal postes
2.      meminta siswa untuk mengerjakan soal postest yang telah diterima secara berkelompok dengan waktu yang telah ditentukan





60
C.    Penutup
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.        Melakukan evaluasi melalui Tanya jawab mengenai soal postest yang telah dikerjakan
2.        Membimbing siswa, menyimpulkan tentang materi sistem gerak pada manusia yang telah dipelajari
3.        Sebagai pengayaan, meminta siswa untuk mempelajari materi persendian yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
4.        Memotivasi siwa untuk rajin belajar saat dirumah.
5.        Guru menutup pelajaran dengan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa untuk memupuk tingkat kereligiusan guru dan siswa.
15

IX.     Sumber Pembelajaran
·           Media ICT (Internet)
·           Buku
Ø  Seaful Karim dkk, 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Ø  Saktiyono, 2007. IPA BIOLOGI 2 SMP dan MTs untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Ø  Suyitno dan Sukiman, 2009. Biology For Junior High School. Jakarta : Yudhistira
X.     Penilaian
1)   Ranah Kognitif
a.         Teknik Penilaian            :           Tes
b.        Bentuk Penilaian            :           Tertulis
c.         Jenis                               :           Tugas Kelompok



2)   Ranah Psikomotorik
No
Aspek yang dinilai
1
2
3
4
1
Ketrampilan menyampaikan pendapat




2
Ketrampilan memahami materi/pertanyaan




3
Ketrampilan mencari informasi dan literature




4
Ketrampilan melakukan komunikasi lisan





keterangan :
1.      tidak aktif
2.      kurang aktif
3.      aktif
4.      sangat aktif
catatan :
nilai akhir psikomotor  : total skor x 100
                                16
3)   Ranah Afektif
No
Aspek yang dinilai
1
2
3
4
1
Kemampuan siswa mengamati




2
Kemampuan siswa menafsirkan




3
Kemampuan siswa mengkomunikasikan




4
Kemampuan siswa menyimpulkan





keterangan :
1.      tidak aktif
2.      kurang aktif
3.      aktif
4.      sangat aktif
catatan :
nilai akhir psikomotor  : total skor x 100
                                 16



Purwokerto, September 2013
Guru Mapel IPA                                                                         Mahasiswa PPL



Rokhayati, S.Pd                                                                        Amalia Ratnasari 
NIP.19551116 197703 2 003                                                     NI M.1001070004 





No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.