RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Purwokerto
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VIII/ I
Materi Pembelajaran
: Sistem Gerak Pada Manusia (Tulang)
Pertemuan :
I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
Standar kompetensi
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
II.
Kompetensi
dasar
2.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
III.
Indikator
Kognitif
1.
Produk
- Menyebutkan fungsi kerangka tubuh manusia
- Menyebutkan tulang sebagai alat gerak pas
- Menjelaskan mcam-macam tulang berdasarkan penyusunnya (tulang rawan dan tulang keras)
- Menjelaskan proses terjadinya tulang
- Membedakan macam-macam tulang berdasarkan bentuknya (tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih)
2. Proses
- Mengidentifikasi tulang sebagai alat gerak pasif pada manusia.
Psikomotor
·
Menyebutkan
berbagai macam tulang melalui pengamatan torso kerangka manusia
Afektif
1. Karakter
Menunjukan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi jujur, teliti, tanggung jawab,
kerjasama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
2. Ketrampilan sosial
Menunjukan kemajuan dalam
ketrampilan sosial meliputi bertanya, menyumbangkan ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik dan komunikasi
IV.
Tujuan
pembelajaran
Kognitif
1.
Produk :
- Siswa mampu menyebutkan fungsi kerangka tubuh manusia
- Siswa mampu menyebutkan tulang sebagai alat gerak pas
- Siswa mampu menjelaskan macam-macam tulang berdasarkan penyusunnya (tulang rawan dan tulang keras)
- Siswa mampu menjelaskan proses terjadinya tulang
- Siswa mampu membedakan macam-macam tulang berdasarkan bentuknya (tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih)
2. Proses
- Siswa mampu Mengidentifikasi tulang sebagai alat gerak pasif pada manusia.
Psikomotor
- Diberikan torso kerangka manusia, siswa mampu menyebutkan berbagai macam tulang melalui pengamatan torso kerangka manusia
Afektif
1. Karakter
Selama proses pembelajaran, siswa terlibat dan mampu menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi jujur, teliti, tanggung jawab,
kerjasama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
2. Ketrampilan sosial
Selama proses pembealajaran, siswa terlibat aktif dan mampu menunjukan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi bertanya, menyumbangkan ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik dan komunikasi.
V.
Materi
pembelajaran
Sistem Gerak Pada
Manusia (Tulang)
Ø Fungsi
kerangka manusia
Ø Tulang
sebagai alat gerak pasif
Ø Macam-macam
tulang berdasarkan penyusunnya (Tulang rawan, tulang keras)
Ø Proses
pembentukan tulang
Ø Macam-macam
tulang berdasarkan bentuknya (Tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulang
tidak beraturan)
VI.
Model dan
Metode Pembelajaran
Model : Kooperatif
Metode :
Demonstration, Tanya jawab, Diskusi, NHT (Numbered Head Together)
VII.
Media pembelajaran
Ø Slide
powerpoint materi sistem gerak pada manusia
Ø Gambar-gambar
terkait materi
Ø Buku
Ø Soal
postest
VIII.
Skenario
Pembelajaran
Pertemuan I
A. Pendahuluan
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
Guru
membuka kegiatan belajar mengajar di kelas dengan mengucapkan salam dan salah
satu siswa ditunjuk untuk memimpin berdoa untuk memupuk tingkat kereligiusan
guru dan siswa.
2.
Memusatkan
perhatian siswa pada materi sistem gerak pada manusia yang akan dibahas dan
mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
3.
Menanyakan
kembali mengenai materi perkembangan manusia yang telah dibahas
4.
Memotivasi
siswa dengan memberikan gambaran umum mengenai materi sistem gerak pada
manusia sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi
|
5
|
B.
Inti
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Penggalan 1
1. Dengan Tanya jawab dan diskusi
menggunakan media slide power point guru memfasilitasi siswa dalam menemukan
konsep tentang sistem gerak pada manusia
2.
Menanyakan
mengenai beberapa aktivitas yang biasa dilakukan siswa yang berkaitan
dengan gerak.
3. Memotivasi siswa dengan memberi
pertanyaan, ” mengapa manusia dalam bergerak?
4. Meminta partisipasi siswa untuk
mendiskusikan, berpendapat dan saling menanggapi pendapat satu sama lain
Penggalan 2
1.
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif, setiap kelompok terdiri dari 4-5
siswa dengan cara meminta siswa berhitung dari 1 sampai 5, selanjutnya
membagikan LDS (Lembar diskusi siswa) kepada setiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan
dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LDS
2.
Membagikan
nomor kepada setiap kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapatkan nomor
yang berbeda
3.
Meminta
siswa bekerja sama dalam setiap kelompok untuk mengerjakan LDS sesuai waktu
yang telah ditentukan
4. Kelompok mendiskusikan jawaban
yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya
Penggalan 3
1. Melakukan
evaluasi formatif dengan cara meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi
2. Guru
memanggil salah satu nomor siswa dalam setiap kelompok, nomor yang dipanggil
mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas
3. Meminta
partisipasi aktif dari siswa kelompok lain untuk membahas hasil diskusi
bersama-sama
4. Menanyangkan
video pembelajaran mengenai fungsi kerangka manusia, macam-macam tulang agar
siswa lebih memahami materi yang disampaikan
5. Menyimpulkan
hasil diskusi secara bersama-sama
Penggalan 4
1.
Melakukan evaluasi formatif dengan membagikan
soal postest kepada setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa,
ketika mendistribusikan soal postes, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan
menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan soal postes
2. meminta
siswa untuk mengerjakan soal postest yang telah diterima secara berkelompok
dengan waktu yang telah ditentukan
|
60
|
C. Penutup
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
Melakukan evaluasi melalui Tanya jawab
mengenai soal postest yang telah dikerjakan
2.
Membimbing siswa, menyimpulkan tentang materi
sistem gerak pada manusia yang telah dipelajari
3.
Sebagai pengayaan, meminta siswa untuk mempelajari
materi persendian yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
4.
Memotivasi siwa untuk rajin belajar saat
dirumah.
5.
Guru menutup pelajaran dengan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin
berdoa untuk memupuk tingkat kereligiusan guru dan siswa.
|
15
|
IX. Sumber Pembelajaran
·
Media
ICT (Internet)
·
Buku
Ø
Seaful
Karim dkk, 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar
untuk Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Ø
Saktiyono, 2007. IPA BIOLOGI 2 SMP dan MTs untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Ø
Suyitno
dan Sukiman, 2009. Biology For Junior High School. Jakarta
: Yudhistira
X.
Penilaian
1)
Ranah Kognitif
a.
Teknik Penilaian : Tes
b.
Bentuk Penilaian : Tertulis
c.
Jenis :
Tugas Kelompok
2)
Ranah Psikomotorik
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Ketrampilan menyampaikan pendapat
|
||||
2
|
Ketrampilan memahami
materi/pertanyaan
|
||||
3
|
Ketrampilan mencari informasi dan
literature
|
||||
4
|
Ketrampilan melakukan komunikasi
lisan
|
keterangan :
1.
tidak aktif
2.
kurang aktif
3.
aktif
4.
sangat aktif
catatan :
nilai akhir psikomotor : total skor x 100
16
3)
Ranah Afektif
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kemampuan siswa mengamati
|
||||
2
|
Kemampuan siswa menafsirkan
|
||||
3
|
Kemampuan siswa mengkomunikasikan
|
||||
4
|
Kemampuan siswa menyimpulkan
|
keterangan :
1.
tidak aktif
2.
kurang aktif
3.
aktif
4.
sangat aktif
catatan :
nilai akhir
psikomotor : total skor x 100
16
Purwokerto, September
2013
Guru
Mapel IPA Mahasiswa PPL
Rokhayati, S.Pd Amalia Ratnasari
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.