Friday, September 20, 2013

SISTEM GERAK PADA MANUSIA (OTOT)

PERANGKAT PEMBELAJARAN
IPA TERPADU
SMPN 2 PURWOKERTO



MATA PELAJARAN IPA TERPADU
KELAS VIII
TAHUN 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 2 Purwokerto
Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas/Semester                      : VIII/ I
Materi Pembelajaran            : Sistem Gerak Pada Manusia (Otot)
Pertemuan                             : I
Alokasi Waktu                       :  2 x 40 menit

I.     Standar kompetensi1.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

II.     Kompetensi dasar
1.3     Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan.

III.            Indikator
Kognitif
1.      Produk

  • ·   Menjelaskan otot sebagai alat gerak aktif
    · Menjelaskan cara kerja otot (kontraksi, relaksasi)
    · Membedakan macam-macam otot pada manusia berdasarkan bentuknya (otot polos, otot lurik, otot jantung)
    ·  Menjelaskan macam-macam otot pada manusia berdasarkan tendonnya (trisep, bisep)
    · Membedakan macam-macam otot pada manusia berdasarkan arah geraknya (Fleksi, ekstensi, aduksi, abduksi)
    ·  Menjelaskan macam-macam otot pada manusia berdasarkan cara bekerjasama (antagonis, sinergis)
    ·  Menjelaskan kelainan pada otot manusia



2.      Proses
  • ·   Mengidentifikasi otot sebagai alat gerak aktif pada manusia
    ·    Menganalisis mekanisme cara kerja otot

Psikomotor

·         Melakukan pengamatan otot melalui gambar-gambar
·         Mendemonstrasikan cara kerja otot
Afektif
1.    Karakter
Menunjukan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi jujur, teliti, tanggung jawab, kerjasama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
2.    Ketrampilan sosial
Menunjukan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi bertanya, menyumbangkan ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik dan komunikasi

IV.     Tujuan pembelajaran
Kognitif
1.      Produk :

  • ·   Siswa mampu menjelaskan otot sebagai alat gerak aktif
    ·   Siswa mampu menjelaskan cara kerja otot (kontraksi, relaksasi)
    · Siswa mampu membedakan macam-macam otot pada manusia berdasarkan bentuknya (otot polos, otot lurik, otot jantung)
    · Siswa mampu menjelaskan macam-macam otot pada manusia berdasarkan tendonnya (trisep, bisep)
    ·  Siswa mampu membedakan macam-macam otot pada manusia berdasarkan arah geraknya (Fleksi, ekstensi)
    · Siswa mampu menjelaskan macam-macam otot pada manusia berdasarkan cara bekerjasama (antagonis, sinergis)
    ·     Siswa mampu menjelaskan kelainan pada otot manusia



2.      Proses
·         Siswa mampu mengidentifikasi otot sebagai alat gerak aktif pada manusia
·         Siswa mampu menganalisis mekanisme cara kerja otot

Psikomotor
·         Diberikan gambar-gambar macam-macam otot, siswa mampu melakukan pengamatan otot.
·         Siswa mampu Mendemonstrasikan cara kerja otot
Afektif
1.      Karakter
Selama proses pembelajaran, siswa terlibat dan mampu menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter meliputi jujur, teliti, tanggung jawab, kerjasama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
2.    Ketrampilan sosial
Selama proses pembealajaran, siswa terlibat aktif dan mampu menunjukan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi bertanya, menyumbangkan ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik dan komunikasi.

V.           Materi pembelajaran
Sistem Gerak Pada Manusia (Otot)
Ø  Otot sebagai alat gerak aktif
Ø  Macam-macam otot berdasarkan bentuknya pada manusia (Otot polos, otot lurik, otot jantung)
Ø  Persamaan dan perbedaan (Otot polos, otot lurik, otot jantung)
Ø  Macam-macam otot berdasarkan tendonnya pada manusia (trisep, bisep)
Ø  Macam-macam otot berdasarkan arah geraknya pada manusia (fleksi, ekstensi)
Ø  Macam-macam otot berdasarkan cara kerjasamanya pada manusia (antagonis, sinergis)
Ø  Kelainan pada otot manusia


VI.     Model dan Metode Pembelajaran
Model       : Kooperatif
Metode     : Numbered Head Together (NHT), Demonstration, Tanya jawab, Diskusi.

VII.     Media pembelajaran
Ø  Slide powerpoint materi sistem gerak pada manusia (otot)
Ø  Gambar-gambar terkait materi
Ø  Buku
Ø  Soal postest

VIII.     Skenario Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.    Guru mengkondisikan siswa didalam kelas untuk memulai kegiatan pembelajaran
2.    Guru membuka kegiatan belajar mengajar di kelas dengan mengucapkan salam dan mempresensi siswa
3.    Menanyakan kembali mengenai materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
4.    Menghubungkan materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dengan menanyakan “saat bayi keluar dari rahim (lahir), apa yang terjadi pada bayi tersebut?
5.    Melakukan Tanya jawab dan diskusi dengan siswa mengenai hal tersebut
6.    Membahas bersama jawaban siswa, jika siswa menjawab bayi akan menangis maka guru menjelaskan daerah mulut akan bergerak karena ada otot (bibir), rahang atas dan rahang bawah sehingga bayi dapat menangis. Jika siswa menjawab bayi akan menggerakkan tangan dan kaki maka guru menjelaskan pada tangan dan kaki terdapat otot dan tulang sehingga bayi dapat bergerak
7.    guru memberitahu bahwa akan membahas sistem gerak pada manusia khususnya otot sebagai alat gerak aktif
5

B.     Inti
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penggalan 1
1.     Guru menanyangkan peta konsep pada media slide power point untuk memfasilitasi siswa dalam menemukan konsep tentang sistem gerak pada manusia khususnya otot
2.     Guru membimbing siswa untuk mempelajari sistem gerak (otot)
3.     Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif, setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan cara meminta siswa berhitung dari 1 sampai 5, selanjutnya membagikan LDS (Lembar diskusi siswa) kepada setiap kelompok. Ketika mendistribusikan LDS,  guru membimbing siswa untuk peduli  dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LDS
4.     Membagikan nomor kepada setiap kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapatkan nomor yang berbeda
5.     Meminta siswa bekerja sama dalam setiap kelompok untuk mengerjakan LDS sesuai waktu yang telah ditentukan
6.     Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
Penggalan 2
1.    Melakukan evaluasi formatif dengan cara membahas satu persatu soal pada Lembar Diskusi Siswa (LDS)
2.    Guru bersama siswa membahas soal LDS nomor satu terlebih dahulu dengan cara menunjuk salah satu nomor dalam satu kelompok untuk maju kedepan kelas mendemonstrasikan kegiatan pada LDS dan meminta siswa lain untuk melakukannya juga
3.    Meminta siswa yang maju untuk menulis mekanisme cara kerja otot pada papan tulis
4.    Meminta partisipasi aktif dari siswa kelompok lain untuk membahas cara kerja otot
5.    Dengan Tanya jawab dan diskusi, guru membimbing siswa untuk menjelaskan mekanisme cara kerja otot.
Penggalan 3
1.    Guru menunjuk salah satu nomor dari kelompok yang berbeda untuk mempresentasikan hasil diskusi nomor 2, 3, 4 di depan kelas
2.    Siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan menulis di papan tulis
3.    Dengan Tanya jawab dan diskusi, Guru membahas soal nomor 2, 3, 4 bersama dengan siswa
4.    Meminta partisipasi aktif siswa dari kelompok yang berbeda untuk memberikan pendapat dan menanggapi pendapat
5.    Untuk nomor 4 meminta siswa untuk mendemonstrasikan gerakan-gerakan yang ditanyakan
6.    Memberi penegasan jawaban yang sesuai untuk nomer 2, 3, 4
Penggalan 4
1.    Guru menunjuk salah satu nomor dari kelompok yang berbeda untuk mempresentasikan hasil diskusi nomor 5 dan 6 di depan kelas
2.    Siswa yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan menulis di papan tulis
3.    Dengan Tanya jawab dan diskusi, Guru membahas soal nomor 5 dan 6 bersama dengan siswa
4.    Meminta partisipasi aktif siswa dari kelompok yang berbeda untuk memberikan pendapat dan menanggapi pendapat
5.    Memberi penegasan jawaban yang sesuai
Penggalan 5
1.      Melakukan evaluasi formatif dengan membagikan soal postest kepada setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, ketika mendistribusikan soal postes, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan soal postes
2.      Meminta siswa untuk mengerjakan soal postest yang telah diterima dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Memcocokkan soal postest dengan cara menukar jawaban dengan teman satu kelompok
4.      Menanyakan kepada siswa siapa yang mendapatkan nilai tertinggi dan terendah
5.      Memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan nilai yang tertinggi dan memberikan nasehat supaya belajar lebih giat lagi kepada siswa yang mendapat nilai terendah





60

C.    Penutup
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.        Melakukan evaluasi melalui Tanya jawab mengenai soal postest yang telah dikerjakan
2.        Membimbing siswa, menyimpulkan tentang materi sistem gerak pada manusia yang telah dipelajari
3.        Sebagai pengayaan, meminta siswa untuk mempelajari materi tulang yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
4.        Memotivasi siwa untuk rajin belajar saat dirumah.
5.        Guru menutup pelajaran dengan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa untuk memupuk tingkat kereligiusan guru dan siswa.
15

IX.     Sumber Pembelajaran
·           Media ICT (Internet)
·           Buku
Ø  Seaful Karim dkk, 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Ø  Saktiyono, 2007. IPA BIOLOGI 2 SMP dan MTs untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Ø  Suyitno dan Sukiman, 2009. Biology For Junior High School. Jakarta : Yudhistira
X.     Penilaian
No
Indikator
Teknik
Instrumen
Contoh
1.
·       Siswa mampu menjelaskan cara kerja otot (kontraksi, relaksasi)
·       Siswa mampu membedakan macam-macam otot pada manusia berdasarkan bentuknya (otot polos, otot lurik, otot jantung)
·       Siswa mampu menjelaskan macam-macam otot pada manusia berdasarkan tendonnya (trisep, bisep)
·       Siswa mampu membedakan macam-macam otot pada manusia berdasarkan arah geraknya (Fleksi, ekstensi)
·       Siswa mampu menjelaskan macam-macam otot pada manusia berdasarkan cara bekerjasama (antagonis, sinergis)
·      
a.    Otot x kontraksi dan otot y kontraksi
b.    Otot x kontraksi dan otot y relaksasi
c.    Otot x relaksasi dan otot y kontraksi
d.    Otot x relaksasi dan otot y relaksasi

Siswa mampu menjelaskan kelainan pada otot manusia
Tertulis
Soal 
1.    Lakukan kegiatan pada gambar 2.7 buku yudhistira halaman 29
     Bagaimanakah cara kerja otot? Sebut dan jelaskan!
2.    Sebutkan dan jelaskan macam-macam otot berdasarkan arah geraknya
3.    Sebutkan dan jelaskan macam-macam otot berdasarkan cara bekerjasma


1.      Sifat-sifat otot lurik sebagai berikut, kecuali…
a.       Gerakannya cepat           
b.      Gerakannya menurut kehendak kita
c.       Cepat lelah
d.      Gerakannya tidak menurut kehendak kita
           
              

Jumlah skor   =       Total Skor x 100
         Skor maksimal

Purwokerto, September 2013
Guru Mapel IPA                                                                                 Praktikan



Rokhayati, S.Pd                                                                        Amalia Ratnasari 
NIP.19551116 197703 2 003                                                     NI M.1001070004 

1 comment:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.