Tuesday, December 22, 2015

LAPORAN PRAKTIKUM GENETIKA KROMOSOM

LAPORAN PRAKTIKUM GENETIKA
KROMOSOM



DisusunOleh :
AmaliaRatnasari
1001070004
Kelompok B



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
2011

KROMOSOM
A.    Tujuan
-          Mengetahuibentuk-bentukkromosompadaselkelapa.
-          Mengamatikromosomselkelapadenganmikroskop.
-          Untukmelihatkromosomselkelapasecaralangsungmelaluimikroskop.
-          Mengetahuibentukkromosompadasaatfasemetafase.
-          Mengetahuiwarnakromosomselkelapa.

B.     Dasarteori
Selmerupakanbagianterkecilsecarastrukturaldanfungsionaldarimakhlukhidup.Didalamselterdapatbagianintiselatau di sebutjuga nucleus.Padaintisel,terdapatbeneang-benang yang terjalinsecarahalus yang dinamakankromatin. Kromatinberasladari kata chroma = warna, dan tin = benang. Hal inidikarenakanjiakkromatindiberisuatuzatwarnamakajalinanbenang-benangkromatinakanmenghisapwarnatersebut.
            KetikaselmengalamipembelahanmakaDNA melilit protein histonsebanyak 2 kali yang disebutnukleosom, nukleosom-nukleosommemendekmenebalmenjadikromatin, kromatin-kromatinmemendekmenebalmenjadikromosom, jadi 1 kromosomterdiridari 1 benangkromatin.
            Kromosommempunyaipeananpentingyaituantara lain: hereditas (penurunansifatdariindukkepadaanaknya), mutasi, perkembanganevolusimakhlukhidupdanmenimbulkanvariasi.
1.      Jumlahkromosompadaorganismehidup.
Jumlahkromosompadamakhlukhidupsangatbervariasijumlahnyaada yang banyak da nada pula yang sedikit, biasanyajumlahkromosompadasuatuspesiestetap.Jumlahkromosompadaselmanusiayaituada 46atau 23 pasangdanjumlahkromosomselkelapaada 32atau 16 pasang.
Kromosom yang ditemukandalamsetiapseltubuhdalamkeadaan yangberpasangan,setiapsatupasangkromosommemilikibentukdanukuran yang sama, tetapisetiapsatupasangkromosommemilikibentuk yang berbedadenganpasangankromosom lain dalamselataudalamtubuh yang sama. Pasangankromosomdalamseltubuhmerupakanpasangankromosom homolog, pasangankromosom homolog adalahpasangankromosomyang memilikikesamaanukuran, bentuk, sertajumlah gen yang dikandungnya (Karmana : 2007).
           
2.      Strukturdanukurankromosom
Ukuranpadasetiapmakhlukhidupsangatbervariasi, biasanyaukurankromosompadasuatuspesiesstrukturdanukurannyatetap, panjangkromosomsekitar 0,2 µm- 50 µm dengan diameter sekitar 0,2 µm-20 µmdanmemilikipanjangsekitar 6µm.
Berdasarkanletakkromosomdapatdibagimenjadi 4, yaitu:
a)      Metasentrik, yaitukromosom yang memilikisentromerditengahsehinggakromosomtampakmemilikidualengan yang samapanjang.
b)      Submetasentrik, yaitukromosom yang memilikisentromeragakketengahsehinggakedualengannyatidaksamapanjang
c)      Akrosentrik, yaitukromosom yang memilikisentromer di dekatujungkromosom( lengansangatpendek)
d)     Telosentik, yaitukromosom yang memilikisentromer di ujungkromosom(hanyamempunyaisatulengan)
3.      Tipekromosom.
a)      Kromosomkelamin (genosom)
Yaitukromosom yang berfungsisebagaipenentujeniskelamin, padamanusiaterdapatduajenisgenosomyaitu X dan Y,  XX menandakanbahwa orang ituberjeniskelaminwanitasedangkan orang yang mempunyaigenosom XY maka orang tersebutberjeniskelamnilaki-laki.
b)      Kromosomtubuh ( Autosom)
Yaitukromosom yang tidakberfugsimenentukanjeniskelamin.Padamanusiaterdapat 46 kromosomatauada 23 pasangkromosom, 44 kromosomatau 22 pasangkromosommerupakankromosomautosom.



C.     AlatdanBahan
Alat
-          Mikroskop
-          Pensil
Bahan
-          PreparatKromosomselkelapa

D.    Cara Kerja
1.      Masing-masingpraktikandibagimenjadibeberapakelompok yang satukelompokterdiridari 2 orang praktikan.
2.      Praktikandanpasangankelompoknyamengambilmikroskopdanpreparatkromosomselkelapa yang sudahdisediakan.
3.      Praktikandanrekannyasalingmembantumengaturcahayamikroskopdenganintensitascahaya yang tinggidanmenutupdigfragma.
4.      Praktikanmeletakkanpreparatkromosomselkelapa di mejamikroskop.
5.      Praktikandanrekannyabersama-samadansalingbergiliranmencarikromosomselkelapapadafasemetafase yang jumlahnyaada 32 buahatau 16 pasang.
6.      Setelahketemu, mempotretkromosomselkelapa.



E.     Hasilpengamatan

F.      Pembahasan
Berdasarkanpraktikum yang telahdilakukanyaitumengamatipreparatkromosomselkelapadenganmenggunakanmikroskop yang diagfragmanyaditutupdancahayalampunyadimaksimalkan, padasaatmengamatipraktikandenganpasangannyamencarikromosom yang dalamtahapmetaphase agar kromosomselkelapanyaterlihatjelasdandapa di potret.
Hasildaripercobaandiketahuibahwakromosomselkelapajumlahnyaada 32 buahkromosomatau 16 pasangkromosom,dankromosom yang dalamtahap metaphase, padatahapinikromosomberadapadabidangekuatordanbenang-benangspindalataukromatintidaknampaksehinggadapatmempermudahmelakukanpengamatan.
Bentukdarikromosomselkelapa yang jumlahnya 23 pasangbervariasi, yaituada yang berbentukmetasentrikyaitukromosom yang memilikisentromerditengah-tengahsehinggalengannyanampakpanjang, ada yang berbentuksubmetasentrik, yaitukromosom yang memilikisentromeragakditengahsehinggalengankromosomada yang satupanjangdanada yang satupendek, ada yang berbentukakrosentikyaitukromosom yang memilikikromosomdidekatujungkromosomsehinggalengan yang satusangatpendek, ada yang berbentuktelosentrikyaitukromosom yang memilikisentromerdiujungkromosomsehinggalengankromosomhanyasatu.
                        Warnakromosompadaselkelapayaitubiru, halinidisebabkankarenajalinanbenang-benang spindle ataubenang-benangkromoatinmenghisapwarna yang berasaldarisuatuzatpewarnapadasaat proses pembuatanpreparatkromosomselkelapa.












G.    Kesimpulan
-          Padasaatpembelahanselmaka DNA akanmelilit protein histonsebanyak 2 kali yang disebutnukleosom, nukleosommemendekmenebalmenjadikromatin, kromatinmemendekmenebalmenjadikromosom
-          Satukromosomsamadengansatubenangkromatin
-          Mengamatikromosomselkelapapadasaatfase metaphase akanmemudahkandalammengamatikarenajalinanbenang-benang spindle tidaktampakdankromosomterletaktepatpadabidangekuator.
-          Kromosomselkelapaada 32 buahkromosomatauada 16 pasangkromosom.
-          Kromosomselkelapamempunyaibentuk yang bervariasiyaituantara lain: metasentrik, submetasentrik, akrosentrik, telosentrik.
-          Warnakromosomselkelapayaitubirukarenakromatinmenyerapzatpewarnapadasaatpembuatanpreparatkromosomselkelapa.





















DAFTAR PUSTAKA
Karmanaoman, 2007. CerdasbelajarBiologi.Bandung :Grafindo Media Pratama
Kusdiartililik, 2006.Genetikatumbuhan.Yogyakarta :GadjahMada University Press
Wildanyatim, 1980.genetika. Bandung :tarsito




No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.