Tuesday, April 11, 2017

RPP Kimia Kelas XI SMK Bab Kesetimbangan Ion dalam Larutan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Kesetimbangan Ion dalam Larutan

Satuan Pendidikan   : SMK NU Ma'arif    
Mata Pelajaran       :  Kimia
Kelas/Semester        : XI/Genap
Alokasi Waktu         :  18 JP × 45 menit
                                    2 JP × 45 menit untuk ulangan harian

Kompetensi Inti:
KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator:
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator
Kesetimbangan Ion dalam Larutan
3.12   Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.
3.13   Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
3.14   Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
4.12   Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis.
4.13   Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.
1.       Mendeskripsikan pengertian dan sifat larutan penyangga.
2.       Mengamati pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap pH larutan penyangga dan bukan penyangga.
3.       Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh dan kehidupan sehari-hari.
4.       Menjabarkan  perhitungan pH larutan penyangga.
5.       Menjelaskan pengertian hidrolisis garam dan jenis-jenis garam yang terhidrolisis dalam air.
6.       Menuliskan reaksi-reaksi garam yang terhidrolisis.
7.       Menjabarkan  perhitunganKh, [H+], dan [OH] larutan garam.

Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator

4.14   Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk memprediksi terbentuknya endapan.
8.       Mendeskripsikan bentuk kurva titrasi asam-basa akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam.
9.       Menggali informasi menghitung hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan.

Pertemuan I:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menjabarkan beberapa persamaan reaksi larutan penyangga; serta
2.      melakukan kegiatan percobaan tentang pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap pH larutan penyangga dan bukan penyangga.

B.     Materi Pembelajaran
Larutan Penyangga
·         Campuran Penyangga
·         Sifat Larutan Penyangga

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas Ilmiah 8.1 dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang pengenalan larutan penyangga.   
1)      Apa yang dimaksud dengan larutan penyangga?
2)      Bagaimanakah cara membuat larutan penyangga?
3)      Komponen apa saja yang membentuk larutan penyangga?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang campuran penyangga dan sifat larutan penyangga.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Membaca beberapa cara yang dapat membentuk larutan penyangga.
2)      Membedakan senyawa asam kuat, basa kuat, basa lemah, dan asam lemah.
3)      Mempelajari langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah 8.1 halaman 257 tentang pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap pH larutan penyangga dan bukan penyangga.
Menanya
1)      Alasan asam kuat dan basa konjugasi beserta basa kuat dan asam konjugasi tidak dapat membentuk larutan penyangga.
2)      Perubahan nilai pH larutan penyangga akan tetap atau berubah jika ditambahkan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran.
Pengumpulan Data
1)      Memperhatikan beberapa komponen pembentuk larutan penyangga dari asam lemah dan basa lemah.
2)      Mempraktikkan Aktifitas Ilmiah 8.1 halaman 257 tentang pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap pH larutan penyangga dan bukan penyangga.
3)      Mendiskusikan data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 8.1.
Mengasosiasi
1)      Membuat persamaan reaksi larutan penyangga yang berasal dari campuran asam lemah dan basa konjugasinya, serta basa lemah dan asam konjugasinya.
2)      Menyimpulkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 8.1.
3)      Menganalisis kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 8.1.
4)      Menyimpulkan jawaban hasil pengerjaan Aktifitas Ilmiah 8.1.
Mengomunikasikan
1)      Menuliskan persamaan reaksi larutan penyangga di depan kelas sehingga diperoleh pemahaman dari pengertian larutan penyangga.
2)      Melaporkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 8.1 dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan campuran penyangga dan sifat larutan penyangga.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mengenal konsep dasar larutan penyangga beserta sifatnya.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan II:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menjabarkan beberapa prinsip kerja dan fungsi larutan penyangga.
                                
B.     Materi Pembelajaran
Larutan Penyangga
·         Prinsip Kerja Larutan Penyangga
·         Fungsi Larutan Penyangga

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang sifat larutan penyangga.   
1)      Tahukah Anda penyebab pH larutan penyangga tidak berubah dengan penambahan air, sedikit asam, atau sedikit basa? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang prinsip kerja dan fungsi larutan penyangga.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Menelusuri pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap larutan penyangga.
2)      Menelusuri fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia dan bidang kesehatan.
Menanya
1)      Dampak pH larutan penyangga jika 1 liter larutan penyangga diencerkan dengan 1 drum air.
2)      Alasan sistem larutan penyangga yang digunakan dalam reaksi kimia membutuhkan pH yang stabil.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap larutan penyangga secara berkelompok.
2)      Mendiskusikan fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia dan bidang kesehatan.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap larutan penyangga.
2)      Menyimpulkan fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia dan bidang kesehatan.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap larutan penyangga di depan kelas.
2)      Mengomunikasikan fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia dan bidang kesehatan.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan prinsip kerja dan fungsi larutan penyangga.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan tubuh dengan pH darah normal dan kenaikan atau penurunan pH secara drastis dapat dicegah dengan adanya sistem larutan penyangga.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan III:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menggali informasi perhitungan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya, serta larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.
                                
B.     Materi Pembelajaran
Larutan Penyangga
·         Perhitungan pH Larutan Penyangga

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang larutan penyangga.   
1)      Jelaskan perbedaan larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya, serta larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitungan pH larutan penyangga.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Menuliskan beberapa persamaan reaksi larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya, serta larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.
Menanya
1)      Langkah-langkah penurunan rumus penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya atau basa lemah dan asam konjugasinya.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap larutan penyangga secara berkelompok.
2)      Menjabarkan penurunan rumus penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya.
3)      Menjabarkan penurunan rumus penentuan pH larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.
4)      Melatih perhitungan pH larutan penyangga pada Contoh Soal 8.1 – Contoh Soal 8.3.
5)      Mendiktekan soal-soal perhitungan pH larutan penyangga yang akan dikerjakan.
6)      Menghitung dan mencari jawabannya dari soal perhitungan pH larutan penyangga yang telah diberikan.

Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan pengaruh penambahan sedikit asam, sedikit basa, atau pengenceran terhadap larutan penyangga.
2)      Memahami perhitungan pH larutan penyangga.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal perhitungan pH larutan penyangga yang telah diberikan di depan kelas.
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal perhitungan pH larutan penyangga yang benar.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan pH larutan penyangga.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran untuk melakukan perhitungan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya, serta larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, gemar membaca, dan kritis ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan IV:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menggali informasi perhitungan pH larutan penyangga dari asam kuat dan basa kuat; basalemah dan asam kuat; serta dengan pengenceran.
                                
B.     Materi Pembelajaran
Larutan Penyangga
·         Perhitungan pH Larutan Penyangga

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct istruction
Metode                     : inquiry, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang perhitungan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya, serta larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.   
1)      Deskripsikan penurunan rumus perhitungan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa konjugasinya, serta larutan penyangga dari basa lemah dan asam konjugasinya.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitungan pH larutan penyangga.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran.
2)      Melatih penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran pada Contoh Soal 8.4 –Contoh Soal 8.7.
3)      Mendiktekan soal-soal penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran yang akan dikerjakan.
Menanya
1)      Langkah pengerjaan soal penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran yang sulit dipahami.
Pengumpulan Data
1)      Menghitung dan mencari jawabannya dari soal penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran yang telah diberikan.
Mengasosiasi
1)      Memahami penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran yang telah diberikan di depan kelas. 
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran yang benar.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan pH larutan penyangga.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran untuk melakukan perhitungan penentuan pH larutan penyangga dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan basa kuat; serta dengan pengenceran.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, gemar membaca, dan kritis ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan V:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menggali informasi perhitungan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau basa.
                                
B.     Materi Pembelajaran
pH Larutan Penyangga dengan Penambahan Sedikit Asam atau Basa

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct istruction
Metode                     : inquiry, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang perhitungan pH larutan penyangga dari asam kuat dan basa kuat; basa lemah dan asam kuat; serta dengan pengenceran.   
1)      Deskripsikan penurunan rumus perhitungan pH larutan penyangga dari asam kuat dan basa kuat; basa lemah dan asam kuat; serta dengan pengenceran.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitungan pH larutan penyangga.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Mengamati
1)      Mempelajari penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa.
2)      Melatih penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa pada Contoh Soal 8.8.
3)      Mendiktekan soal-soal penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa yang akan dikerjakan.
Menanya
1)      Langkah pengerjaan soal penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa yang sulit dipahami.
Pengumpulan Data
1)      Menghitung dan mencari jawabannya dari soal penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa yang telah diberikan.
2)      Mengerjakan Uji Materi 8.1 halaman 272 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)      Memahami penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa.
2)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 8.1.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa yang telah diberikan di depan kelas. 
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam-basa yang benar.
3)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 8.1di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan pH larutan penyangga.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran untuk melakukan perhitungan penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau basa.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, gemar membaca, dan kritis ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VI:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menjelaskan jenis-jenis garam yang terhidrolisis;
2.      menjabarkan reaksi hidrolisis dengan garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan asam kuat; serta asam lemah dan basa lemah; serta
3.      mensimulasikan pengujian hidrolisis garam melalui kegiatan eksperimen.     
B.     Materi Pembelajaran
Hidrolisis Garam
·         Jenis-Jenis Garam yang Terhidrolisis dalam Air
·         Reaksi Hidrolisis

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct istruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat dan bahan percobaan Aktifitas Ilmiah 8.2 dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: pengenalan hidrolisis garam.   
1)      Apakah yang akan terjadi jika garam yang berasal dari asam atau basa lemah direaksikan dengan air? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang jenis garam yang terhidrolisis dalam air dan reaksi hidrolisis.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari jenis-jenis garam yang terhidrolisis dalam air.
2)      Mempelajari langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah 8.2 halaman 274 tentang pengujian hidrolisis garam.
3)      Menelaah macam-macam reaksi hidrolisis.
Menanya
1)      Perbedaan pengertian antara hidrolisis sempurna dengan hidrolisis tidak sempurna (hidrolisis parsial).
Pengumpulan Data
1)      Mereaksikan garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan asam kuat; serta asam lemah dan basa lemah.
2)      Mempraktikkan Aktifitas Ilmiah 8.2 tentang pengujian hidrolisis garam.
3)      Mendiskusikan data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 8.2.
Mengasosiasi
1)      Menentukan sifat setiap reaksi garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat; basa lemah dan asam kuat; serta asam lemah dan basa lemah beserta hidrolisis yang terjadi pada setiap reaksi tersebut.
2)      Menyimpulkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 8.2.
3)      Menganalisis kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 8.2.
4)      Menyimpulkan jawaban hasil pengerjaan Aktifitas Ilmiah 8.2.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal penentuan pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau basa yang telah diberikan di depan kelas. 
2)      Melaporkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 8.2 dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan jenis garam yang terhidrolisis dalam air dan reaksi hidrolisis.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mengenal jenis garam yang terhidrolisis dalam air dan reaksi hidrolisis.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VII:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menggali informasi menghitung [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa;
2.      menggali informasi menghitung [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta
3.      menggali informasi menghitung [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah.
                                
B.     Materi Pembelajaran
Hidrolisis Garam
·         Perhitungan Kh, [H+], dan [OH] Larutan Garam

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct istruction
Metode                     : inquiry, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang reaksi hidrolisis.   
1)      Buatlah reaksi hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat. Termasuk ke dalam hidrolisis sempurna atau hidrolisis parsial?
2)      Buatlah reaksi hidrolisis garam yang berasal dari basa lemah dan asam kuat. Termasuk ke dalam hidrolisis sempurna atau hidrolisis parsial?
3)      Buatlah reaksi hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah. Termasuk ke dalam hidrolisis sempurna atau hidrolisis parsial?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitunganKh, [H+], dan [OH] larutan garam.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah.
2)      Mendiktekan soal-soal perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah yang akan dikerjakan. 
Menanya
1)      Langkah pengerjaan soal perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah yang sulit dipahami.
Pengumpulan Data
1)      Menghitung dan mencari jawabannya dari soal perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah yang telah diberikan.
2)      Mengerjakan Uji Materi 8.2 halaman 282 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.


Mengasosiasi
1)      Memahami perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah.
2)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 8.2.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah yang telah diberikan di depan kelas.  
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal perhitungan [OH] dan Kh larutan garam yang bersifat basa; perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang bersifat asam; serta perhitungan [H+] dan Kh larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah yang benar.
3)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 8.2 di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan Kh, [H+], dan [OH] larutan garam.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran untuk melakukan perhitungan Kh, [H+], dan [OH] larutan garam.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, gemar membaca, dan kritis ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VIII:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      mendeskripsikan bentuk kurva titrasi asam-basa akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam.

B.     Materi Pembelajaran
Pengaruh Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam pada Titrasi Asam-Basa

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas


D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang kurva titrasi asam-basa yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.   
1)      Gambarkan dan jelaskan kurva titrasi asam kuat oleh basa kuat, titrasi basa kuat oleh asam kuat, titrasi asam lemah oleh basa kuat, dan titrasi basa lemah oleh asam kuat.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengaruh larutan penyangga dan hidrolisis garam pada titrasi asam-basa.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari karakteristik perbedaan bentuk kurva titrasi asam lemah atau basa lemah dengan bentuk kurva titrasi asam kuat-basa kuat, atau sebaliknya akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam.
Menanya
1)      Alasan terjadinya perbedaan bentuk kurva titrasi asam lemah atau basa lemah dengan bentuk kurva titrasi asam kuat-basa kuat, atau sebaliknya akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam.
Pengumpulan Data
1)      Menjabarkan perbedaan bentuk kurva titrasi asam lemah atau basa lemah dengan bentuk kurva titrasi asam kuat-basa kuat, atau sebaliknya akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam pada Gambar 8.13–Gambar 8.14.
2)      Mengerjakan Uji Materi 8.3 halaman 285 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan perbedaan bentuk kurva titrasi asam lemah atau basa lemah dengan bentuk kurva titrasi asam kuat-basa kuat, atau sebaliknya akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam pada Gambar 8.13–Gambar 8.14.
2)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 8.3.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan perbedaan bentuk kurva titrasi asam lemah atau basa lemah dengan bentuk kurva titrasi asam kuat-basa kuat, atau sebaliknya akibat terbentuknya larutan penyangga dan terjadinya hidrolisis garam pada Gambar 8.13–Gambar 8.14 di depan kelas.
2)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 8.3 di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan pengaruh larutan penyangga dan hidrolisis garam pada titrasi asam-basa. 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mempelajari pengaruh larutan penyangga dan hidrolisis garam pada titrasi asam-basa.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif dan kritis ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan IX:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menggali informasi menghitung hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan.
                                
B.     Materi Pembelajaran
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct istruction
Metode                     : inquiry, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 8 Kesetimbangan Ion dalam Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi kesetimbangan ion dalam larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang kelarutan dan hasil kali kelarutan.   
1)      Apa yang dimaksud kelarutan dan hasil kali kelarutan?
2)      Masih ingatkah Anda dengan reaksi ionisasi? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitungan Kh, [H+], dan [OH] larutan garam.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan.
2)      Melatih perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan pada Contoh Soal 8.9Contoh Soal S8.14.
3)      Mendiktekan soal-soal perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan yang akan dikerjakan. 
Menanya
1)      Langkah pengerjaan soal perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan yang sulit dipahami. 
Pengumpulan Data
1)      Menghitung dan mencari jawabannya dari soal perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan yang telah diberikan.
2)      Mengerjakan Uji Materi 8.4 halaman 291 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)      Memahami perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan.
2)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 8.4.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan yang telah diberikan di depan kelas.  
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal perhitungan hasil kali kelarutan (KSP); kelarutan dalam air; hubungan KSP dan pH; efek ion senama; dan pengendapan yang benar.
3)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 8.4 di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan Kh, [H+], dan [OH] larutan garam.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran untuk melakukan perhitungan Kh, [H+], dan [OH] larutan garam.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, gemar membaca, dan kritis ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan X:
Ulangan harian Unit 8

Penilaian
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi inti I dan II
·   Pengamatan sikap
·   Lembar pengamatan sikap rubrik
Kompetensi inti III dan IV
·   Tes unjuk kerja
·   Tes uji petik kerja dan rubrik
·   Tes tertulis
·   Tes uraian, pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa
·   Portofolio
·   Panduan penyusunan portofolio

2.      Lembar Pengamatan Sikap
a.      Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari kesetimbangan ion dalam larutan





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan setiap aktivitas





3
Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mempelajari kesetimbangan ion dalam larutan lebih mendalam





4
Memberi salam sesuai dengan agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat atau persentasi





5
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 17–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 13–16
Cukup              : apabila memperoleh skor 9–12
Kurang             : apabila memperoleh skor 5–8
Kurang sekali   : apabila memperoleh skor 1–4

b.      Kompetensi Inti II
1)      Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam bertanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melakukan kegiatan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang benar





2
Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan





3
Membersihkan dan merapihkan kembali alat dan bahan yang telah digunakan





4
Menggunakan jas laboratorium, sarung tangan, dan kaca mata pelindung ketika kegiatan eksperimen berlangsung





5
Melaksanakan tugas individu maupun tugas kelompok dengan baik dan benar





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 16–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang             : apabila memperoleh skor 1–5
2)      Komunikatif dan Kritis
Pedoman Observasi Sikap Komunikatif dan Kritis
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman untuk menilai sikap mengemukakan pendapat siswa selama kegiatan belajar mengajar secara kritis. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap komunikatif dan kritis yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Aktif untuk mengemukakan pendapat selama kegiatan belajar mengajar berlangsung





2
Bertanya kepada guru tentang materi pembelajaran yang masih tidak dimengerti atau dipahami





3
Selalu berpikir kritis dalam menanggapi semua materi pelajaran yang sedang dipelajari





4
Menjawab pertanyaan maupun latihan soal dengan benar





5
Memahami materi yang sedang dipelajari atau dibahas





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 16–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang             : apabila memperoleh skor 1–5
3)      Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
Ya      = jika siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = jika siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Memakai seragam sesuai tata tertib



3
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



4
Membawa buku teks mata pelajaran



5
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



6
Mengikuti prosedur kegiatan praktikum



7
Mengerjakan tugas yang diberikan



8
Mengumpulkan tugas tepat waktu



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila terdapat 7–8 jawaban YA
Baik                 : apabila terdapat 5–6 jawaban YA
Cukup              : apabila terdapat 3–4 jawaban YA
Kurang                         : apabila terdapat 1–2 jawaban YA
3)      Gemar Membaca
Pedoman Observasi Sikap Gemar Membaca
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa dalam kebiasaan membaca buku. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap gemar membaca yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
Ya      = jika siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = jika siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Mengenal materi awal yang akan dipelajari



2
Mampu menjawab pertanyaan pembuka sebelum memasuki materi yang akan diajarkan



3
Membiasakan diri rajin untuk membaca buku di perpustakaan sekolah



4
Aktif bertanya dan menjawab soal yang diberikan



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik                 : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup              : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang                         : apabila terdapat 1 jawaban Ya

c.       Kompetensi Inti III
Lembar Tes Tertulis (Uraian)
1.      Larutan NH4OH 0,1 M sebanyak 90 mL direaksikan dengan 15 mL H2SO4 0,1 M. Tentukan pH setiap larutan sebelum dicampurkan.
2.      Sebanyak 600 mL larutan CH3COOH 0,1 M dicampurkan dengan 600 mL CH3COONa 0,15 M.Tentukan pH campuran tersebut.(Ka CH3COOH = 1,8 × 10–5).
3.      Mengapa larutan yang mengandung campuran HCOOH dengan CH3COONa bukan larutan penyangga? Jelaskan.
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan.
5.      Larutan NH3(aq) 0,2 M sebanyak 10 L dicampurkan dengan 2 L larutan H2SO4 0,1 M. Jika Kb NH3(aq) = 2 × 10–5, tentukan pH campuran tersebut.

d.      Kompetensi Inti IV
1)      Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Mengenal pengertian; cara pembuatan; prinsip kerja; fungsi; dan komponen yang membentuk larutan penyangga



2
Mendeskripsikan jenis-jenis garam yang terhidrolisis dalam air, reaksi hidrolisis, pengaruh larutan penyanggadan hidrolisis garam pada titrasi asam-basa



3
Menghitung pH larutan penyangga, serta perhitungan Kh, [H+], dan [OH] larutan garam



4
Menghitung Kh, [H+], dan [OH] larutan garam



5
Menguji kegiatan percobaan sesuai dengan langkah kerja yang benar sehingga diperoleh hasil pengamatan yang akurat



6
Keterampilan mempersentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



7
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



8
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali             : apabila terdapat 7–8 jawaban Ya
Baik                       : apabila terdapat 5–6 jawaban Ya
Cukup                    : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang                   : apabila terdapat 1–2 jawaban Ya
2)      Lembar Portofolio
Pada kegiatan ini, Anda akan membuat kristal dengan menggunakan alum atau tawas. Anda dapat memperoleh alum (garam kalium dan aluminium sulfat) di toko bahan kimia. Adapun cara pengerjaannya adalah sebagai berikut.
·         Masukkan 100 g alum dalam 500 mL air, panaskan dengan api sedang hingga larut. Tambahkan lagi alum hingga tidak ada lagi alum yang bisa larut. (Alum berbahaya jika termakan. Cuci tangan Anda setelah memegangnya).
·         Tuangkan larutan jenuh tersebut dalam sebuah wadah dan biarkan selama tiga hari. Simpan sisa larutan dalam botol bertutup.
·         Pada saat terbentuk kristal dalam wadah, ikatkan salah satu ujung benang pada sebuah kristal alum. Lilitkan dan ikatkan benang itu di tengah-tengah pensil. Taruh pensil pada mulut botol sehingga alum tergantung dalam air. Simpan botol di tempat yang terlindung selama beberapa hari. Amati pembentukan kristal alum tersebut. Dapatkah Anda menjelaskan bagaimana kristal dapat terbentuk
 Itulah Postingan RPP Kimia Kelas XI SMK Bab Kesetimbangan Ion dalam Larutan semoga bermanfaat.
 

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.