Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Stoikiometri Larutan
Satuan
Pendidikan : SMK NU Ma'arif
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/Genap
Alokasi
Waktu : 14
JP × 45 menit
2 JP × 45
menit untuk ulangan harian
Kompetensi
Inti:
KI
1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI
4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar dan Indikator:
Materi Pokok
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Stoikiometri Larutan
|
3.11
Menentukan konsentrasi atau kadar asam atau basa
berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
4.11
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta
menyajikan hasil percobaan titrasi asam-basa.
|
1. Mengamati ciri-ciri terjadinya reaksi kimia
dalam larutan.
2. Menuliskan persamaan reaksi yang terjadi pada setiap
tabung reaksi.
3. Menjelaskan
jenis-jenis
reaksi dalam larutan.
4. Menentukan
perhitungan kimia dengan menggunakan konsep mol dan pereaksi pembatas.
5. Menjelaskan
konsep titrasi dan menggambarkan kurva titrasi asam-basa.
6. Mempraktikkan
langkah-langkah melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan
melakukan titrasi.
7. Menentukan
konsentrasi asam atau basa dengan perhitungan titrasi asam-basa.
|
Materi Pokok
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
8.
Menentukan konsentrasi larutan HCl dan NaOH.
9.
Menentukan kadar asam asetat dalam cuka dapur.
|
Pertemuan
I:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menguraikan
jenis-jenis reaksi dalam larutan; serta
2.
melakukan kegiatan percobaan tentang ciri-ciri terjadinya
reaksi kimia dalam larutan.
B. Materi
Pembelajaran
Reaksi
dalam Larutan
·
Pengamatan
Reaksi dalam Larutan
·
Jenis-Jenis
Reaksi dalam Larutan
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : direct
instruction
Metode : inquiry,
eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas
Ilmiah 7.1 dan infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang pengamatan reaksi dalam larutan.
1)
Apakah
Anda masih ingat dengan reaksi kimia? Jelaskan.
2)
Bagaimana
cara mengetahui bahwa suatu reaksi kimia sedang berlangsung?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang reaksi kimia dalam larutan.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya
dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Menyimak
jenis reaksi dalam larutan, seperti reaksi penetralan, reaksi pengendapan, dan
reaksi pembentukan gas.
2)
Mempelajari
langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah
7.1 halaman 219 tentang ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan.
3)
Menyelidiki
ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan.
Menanya
1)
Reaksi kimia yang terjadi di dalam kehidupan
sehari-hari.
2)
Ciri-ciri berlangsungnya suatu reaksi.
3)
Reaksi yang terjadi di dalam tubuh.
Pengumpulan Data
1)
Mencari
informasi dari berbagai sumber tenyang ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dan
jenis-jenis reaksi dalam larutan.
2)
Mengumpulkan
alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan Aktifitas Ilmiah 7.1, kemudian melakukan kegiatan tersebut sesuai
dengan langkah kerja yang telah ditentukan.
3)
Mencatat
data hasil percobaan Aktifitas Ilmiah
7.1.
4)
Mencatat
jenis-jenis reaksi dalam larutan dalam bentuk tabel.
Mengasosiasi
1)
Menuliskan
persamaan reaksi yang terjadi pada Aktifitas
Ilmiah 7.1.
2)
Membuat
kesimpulan dan laporan secara berkelompok dengan sebaik mungkin.
Mengomunikasikan
1)
Mempersentasikan
hasil kesimpulan Aktifitas Ilmiah 7.1
secara berkelompok di depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan reaksi kimia dalam
larutan.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk mengenal ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan secara
teori maupun kegiatan percobaan.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif
ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
II:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menentukan
jumlah zat hasil reaksi yang diperoleh melalui perhitungan kimia; serta
2.
menghitung
jumlah mol setiap pereaksi diketahui menggunakan pereaksi pembatas.
B. Materi
Pembelajaran
Reaksi
dalam Larutan
·
Perhitungan
Kimia
·
Pereaksi
Pembatas
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang perhitungan kimia.
1)
Ketika
Anda melakukan Aktifitas Ilmiah 7.1,
dapatkah Anda memperkirakan jumlah zat hasil reaksi yang diperoleh?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang reaksi dalam larutan.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
2)
Melatih
perhitungan kimia dan pereaksi pembatas pada Contoh Soal 7.1 – Contoh Soal 7.3.
3)
Mendiktekan
soal perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang akan dikerjakan.
Menanya
1)
Tata
cara perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
Pengumpulan Data
1)
Menghitung
dan mencari jawabannya dari perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang telah
diberikan.
2)
Mengerjakan
Uji Materi 7.1 halaman 228 Buku
Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)
Memahami
perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
2)
Mengumpulkan
hasil pengerjaan Uji Materi 7.1.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil pengerjaan soal perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang telah
diberikan di depan kelas.
2)
Mendiskusikan
jawaban dari soal perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang benar.
3)
Menuliskan
dan menjelaskan jawaban Uji Materi 7.1 di
depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan kimia dan
pereaksi pembatas.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk dapat melakukan perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif
ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
III:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
mengenal
istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi;
2.
mengenal langkah-langkah pengerjaan titrasi; serta
3.
mendeskripsikan kurva titrasi untuk pengidentifikasian titik
ekuivalen.
B. Materi
Pembelajaran
Titrasi
Asam-Basa
·
Kurva
Titrasi
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Alat titrasi daninfocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang titrasi asam-basa.
1)
Apa
yang dimaksud dengan titrasi?
2)
Apa
kegunaan titrasi dalam penentuan konsentrasi larutan?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Menyimak
secara langsung alat-alat yang digunakan dalam proses titrasi.
2)
Mengenal
istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi.
3)
Mempelajari
karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang
direaksikannya.
Menanya
1)
Perbedaan larutan baku dan larutan tidak baku dalam
titrasi.
2)
Cara
memilih indikator untuk titrasi dan penentuan konsentrasi larutan yang
dititrasi.
Pengumpulan Data
1)
Merancang
alat-alat titrasi asam-basa.
2)
Mendiskusikan
istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi
sesuai dengan alat-alat titrasi asam-basa yang telah dirancang.
3)
Mendiskusikan
langkah-langkah pengerjaan titrasi asam-basa.
4)
Menjabarkan
karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang
direaksikannya pada Gambar 7.8 – Gambar
7.10.
Mengasosiasi
1)
Menunjukkan
istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi sesuai
dengan alat-alat titrasi asam-basa yang telah dirancang.
2)
Mempraktikkan
konsep dasar pengerjaan titrasi yang benar.
3)
Menyimpulkan
karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang
direaksikannya pada Gambar 7.8 – Gambar
7.10.
Mengomunikasikan
1)
Melakukan
konsep dasar pengerjaan titrasi dengan benar.
2)
Mengomunikasikan
karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang
direaksikannya di depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk mempelajari langkah-langkah pengerjaan titrasi sehingga
diperoleh kadar larutan yang tepat.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan
komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
IV:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
membuat
larutan dengan konsentrasi dan jumlah tertentu; serta
2.
merancang
alat yang digunakan untuk titrasi asam-basa.
B. Materi
Pembelajaran
Titrasi
Asam-Basa
·
Membuat
Larutan
·
Merancang
Titrasi Asam-Basa
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : direct
instruction
Metode : inquiry,
eksperimen, tutorial, tanya jawab, dan pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Alat titrasi dan infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang titrasi asam-basa.
1)
Masih
ingatkah Anda dengan langkah merancang alat titrasi asam-basa? Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya
dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
cara melarutkan zat padat.
2)
Mempelajari
cara mengencerkan larutan pekat.
3)
Mempelajari
langkah-langkah melakukan titrasi.
Menanya
1)
Tata cara melarutkan zat padat dan mengencerkan
larutan pekat.
Pengumpulan Data
1)
Mengumpulkan
alat dan bahan yang akan digunakan untuk melarutkan zat padat, mengencerkan
larutan pekat, dan melakukan titrasi.
2)
Mempraktikkan
cara membuat larutan NaOH dengan konsentrasi 0,5 M dan volume 250 mL.
3)
Mempraktikkan
cara membuat 100 mL H2SO4 0,3 M.
4)
Mempraktikkan
langkah-langkah melakukan titrasi asam-basa.
Mengasosiasi
1)
Memahami
tata cara melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan
titrasi sesuai dengan langkah kerja yang benar.
Mengomunikasikan
1)
Menunjukkan
hasil melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan titrasi
dengan benar.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk mempelajari tata cara melarutkan zat padat, mengencerkan
larutan pekat, dan melakukan titrasi yang tepat.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan
komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
V:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menghitung
konsentrasi larutan dengan metode titrasi.
B. Materi
Pembelajaran
Titrasi
Asam-Basa
·
Perhitungan
Titrasi Asam-Basa
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang perhitungan titrasi asam-basa.
1)
Definisikanlah
pengertian satu ekuivalen dan gram ekuivalen.
2)
Jelaskan
hubungan antara kenormalan (N) dan kemolaran (M).
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitungan titrasi asam-basa.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari penentuan titik ekuivalen asam, basa, maupun
netral.
2)
Mempelajari perhitungan gram ekuivalen (grek) dan kenormalan
(N).
3)
Mempelajari hubungan antara kenotmalan (N) dan kemolaran (M).
4)
Melatih perhitungan titrasi asam-basa pada Contoh Soal 7.5 – Contoh Soal 7.10.
5)
Mendiktekan soal-soal perhitungan titrasi asam-basayang akan
dikerjakan.
Menanya
1)
Tahapan-tahapan
perhitungan titrasi asam-basa yang benar.
Pengumpulan Data
1)
Menghitung
dan mencari jawabannya dari soal perhitungan
titrasi asam-basa yang telah diberikan.
2)
Mengerjakan
Uji Materi 7.2 halaman 246 Buku
Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1) Memahami perhitungan titrasi asam-basa.
2) Mengumpulkan hasil pengerjaan Uji Materi 7.2.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil pengerjaan soal perhitungan titrasi
asam-basa yang telah diberikan di depan kelas.
2)
Mendiskusikan
jawaban dari soal perhitungan titrasi asam-basa
yang benar.
3)
Menuliskan
dan menjelaskan jawaban Uji Materi 7.2di
depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan titrasi
asam-basa.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk menghitung titrasi asam-basa dengan benar.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, dan disiplin
ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
VI:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
mensimulasikan
penentuan konsentrasi HCl dan larutan NaOH melalui kegiatan eksperimen.
B. Materi
Pembelajaran
Titrasi
Asam-Basa
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : direct
instruction
Metode : inquiry,
eksperimen, dan pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas
Ilmiah 7.2 dan infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang titrasi asam-basa.
1)
Masih
ingatkah Anda langkah-langkah pengerjaan titrasi asam-basa? Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah
7.2 halaman 244 tentang penentuan konsentrasi HCl dan larutan NaOH.
Menanya
1)
Cara
pemilihan indikator yang digunakan untuk percobaan titrasi.
2)
Cara
penentuan konsentrasi larutan yang dititrasi.
Pengumpulan Data
1)
Mempraktikkan
Aktifitas Ilmiah 7.2 halaman 244
tentang penentuan konsentrasi HCl dan larutan NaOH.
2)
Mendiskusikan
data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 7.2.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.2.
2)
Menganalisis
kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas
Ilmiah 7.2.
3)
Menyimpulkan
jawaban hasil pengerjaan Aktifitas
Ilmiah 7.2.
Mengomunikasikan
1)
Melaporkan
hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.2
dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk melakukan kegiatan percobaan titrasi asam-basa sesuai dengan
langkah kerja yang benar.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan
komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
VII:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
mensimulasikan
penentuan kadar asam asetat dalam cuka dapur melalui kegiatan eksperimen.
B. Materi
Pembelajaran
Titrasi
Asam-Basa
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : direct
instruction
Metode : inquiry,
eksperimen, dan pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas
Ilmiah 7.3 dan infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang titrasi asam-basa.
1)
Masih
ingatkah Anda langkah-langkah pengerjaan titrasi asam-basa? Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah
7.3 halaman 245 tentang penentuan kadar asam asetat dalam cuka dapur.
Menanya
1)
Cara
pemilihan indikator yang digunakan untuk percobaan titrasi.
2)
Cara
penentuan konsentrasi larutan yang dititrasi.
Pengumpulan Data
1)
Mempraktikkan
Aktifitas Ilmiah 7.3 halaman 245
tentang penentuan kadar asam asetat dalam cuka dapur.
2)
Mendiskusikan
data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 7.3.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.3.
2)
Menganalisis
kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas
Ilmiah 7.3.
3)
Menyimpulkan
jawaban hasil pengerjaan Aktifitas
Ilmiah 7.3.
Mengomunikasikan
1)
Melaporkan
hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.3
dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk melakukan kegiatan percobaan titrasi asam-basa sesuai dengan
langkah kerja yang benar.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan
komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
VIII:
Ulangan harian Unit
7
Penilaian
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
inti I dan II
|
·
Pengamatan
sikap
|
·
Lembar
pengamatan sikap rubrik
|
Kompetensi
inti III dan IV
|
·
Tes unjuk
kerja
|
·
Tes uji petik
kerja dan rubrik
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes uraian,
pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa
|
|
·
Portofolio
|
·
Panduan
penyusunan portofolio
|
2. Lembar
Pengamatan Sikap
a. Kompetensi
Inti I
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, jika
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama
Siswa : ……………………………………………
Kelas : ……………………………………………
Tanggal
Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menambah rasa
keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari stoikiometri
larutan
|
|||||
2
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan setiap aktivitas
|
|||||
3
|
Mengucapkan
rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan akal dan pikiran
kepada manusia untuk mempelajari stoikiometri larutan lebih mendalam
|
|||||
4
|
Memberi salam sesuai
dengan agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat atau
persentasi
|
|||||
5
|
Mengamalkan
sikap toleransi antarumat beragama
|
|||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila memperoleh skor 16–20
Baik : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang : apabila memperoleh skor 1–5
b. Kompetensi
Inti II
1) Gemar
Membaca
Pedoman
Observasi Sikap Gemar Membaca
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap siswa dalam kebiasaan membaca buku. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap gemar membaca yang ditampilkan oleh siswa
dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= jika siswa menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Tidak
= jika siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa :
……………………………………………
Kelas :
……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Sikap yang
Diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Mengenal
materi awal yang akan dipelajari
|
|||
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan pembuka sebelum memasuki materi yang akan diajarkan
|
|||
3
|
Membiasakan
diri rajin untuk membaca buku di perpustakaan sekolah
|
|||
4
|
Aktif bertanya
dan menjawab soal yang diberikan
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila terdapat 4 jawaban
Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 jawaban Ya
2) Tanggung
Jawab
Pedoman
Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam bertanggung jawab. Berilah
tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa :
……………………………………………
Kelas :
……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melakukan
kegiatan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang benar
|
|||||
2
|
Menggunakan
alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan
|
|||||
3
|
Membersihkan
dan merapihkan kembali alat dan bahan yang telah digunakan
|
|||||
4
|
Menggunakan jas
laboratorium, sarung tangan, dan kaca mata pelindung ketika kegiatan
eksperimen berlangsung
|
|||||
5
|
Melaksanakan tugas
individu maupun tugas kelompok dengan baik dan benar
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila memperoleh skor
16–20
Baik : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang : apabila memperoleh skor 1–5
3) Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa
dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= jika siswa menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Tidak
= jika siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa :
……………………………………………
Kelas :
……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Sikap yang
Diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|||
2
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|||
3
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|||
4
|
Membawa buku
teks mata pelajaran
|
|||
5
|
Membawa buku
tulis sesuai mata pelajaran
|
|||
6
|
Mengikuti
prosedur kegiatan praktikum
|
|||
7
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|||
8
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila terdapat 7–8
jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 5–6 jawaban
Ya
Cukup : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1–2
jawaban YA
c. Kompetensi
Inti III
Lembar Tes Tertulis (Pilihan
Ganda)
1. Larutan HCl direaksikan dengan larutan NaOH
membentuk garam dan air. Persamaan ionnya adalah ….
a. HCl + NaOH → NaCl + H2O
b. HCl + H2O → H3O+ +
Cl–
c. H+ + OH– →H2O
d. Cl– + Na+ → NaCl
e. NaOH + H2O →Na(H2O) + OH–
2. Di antara persamaan reaksi berikut yang akan
membentuk endapan adalah ….
a. Ca(s) + HCl(aq)
→
b. Na2CO3(aq) + HCl(aq) →
c. Na2S2O3(aq) + HCl(aq) →
d. Al2O3(s) + HCl(aq) →
e. Cu2O(s)
+ H2SO4(aq) →
3. H2SO4 ditambahkan pada 500 mL
larutan BaCl2 0,2 M sampai terjadi endapan BaSO4 (Mr= 233) dengan sempurna.
Endapan BaSO4 yang terbentuk sebanyak ….
a.
68,0 g d. 46,6 g
b.
34,0 g e. 11,7 g
c. 23,3 g
4. Aluminium bereaksi dengan asam sulfat menurut
persamaan berikut.
2Al(s) + 3H2SO4(aq)→ 2 Al(SO4)3(aq) + 3H2(g)
Pernyataan yang benar adalah ….
a. H2SO4(aq) sebagai pereaksi pembatas
b. Al(s)
tepat bereaksi dengan asam sulfat
c. mol H2(g) sama dengan mol Al(s)
d. mol Al2(SO4)3(aq) sama dengan mol Al(s)
e. volume H2(g) yang dihasilkan sebesar 22,4 L
5. Sebanyak 150 mL NaOH 0,2 M dicampurkan dengan 100 mL
NaOH 0,3 M. Konsentrasi OH– dalam larutan adalah ….
a.
0,30 M d. 0,27 M
b.
0,25 M e. 0,20 M
c. 0,24 M
d. Kompetensi
Inti IV
1) Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
Diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Mengenal
jenis-jenis reaksi dalam larutan, perhitungan konsep mol beserta pereaksi
pembatas, serta kurva titrasi
|
|||
2
|
Mempraktikkan
pelarutan zat padat, pengenceran larutan pekat, serta titrasi asam-basa
|
|||
3
|
Menghitung
titrasi asam-basa
|
|||
4
|
Keterampilan
mempersentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang
menarik
|
|||
5
|
Mampu
mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)
|
|||
6
|
Mampu
menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa
memperoleh nilai:
Baik sekali : apabila terdapat 6 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 4–5 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1–2 jawaban Ya
2) Lembar
Portofolio
Asam cuka atau asam asetat banyak
digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai pengawet atau pemberi
rasa asam dalam makanan, asam cuka juga dapat digunakan dalam hal yang lainnya.
Carilah informasi dengan membaca buku atau membuka internet tentang pemanfaatan
asam cuka dalam kehidupan sehari-hari. Selain manfaat asam cuka, carilah
informasi lain mengenai jenis-jenis cuka dan cara pembuatannya. Setelah itu,
diskusikan dengan komunikatif dan kritis hasil kegiatan tersebut bersama guru
dan teman Anda.
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru
Mapel
H. …….., M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP.
-
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.