Tuesday, April 11, 2017

RPP Kimia Kelas XI SMK Bab Stoikiometri Larutan (Kurtilas)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Stoikiometri Larutan

Satuan Pendidikan   : SMK NU Ma'arif    
Mata Pelajaran       :  Kimia
Kelas/Semester        : XI/Genap
Alokasi Waktu         :  14 JP × 45 menit
                                    2 JP × 45 menit untuk ulangan harian

Kompetensi Inti:
KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator:
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator
Stoikiometri Larutan
3.11   Menentukan konsentrasi atau kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
4.11   Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan titrasi asam-basa.
1.       Mengamati ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan.
2.       Menuliskan persamaan reaksi yang terjadi pada setiap tabung reaksi.
3.       Menjelaskan jenis-jenis reaksi dalam larutan.
4.       Menentukan perhitungan kimia dengan menggunakan konsep mol dan pereaksi pembatas.
5.       Menjelaskan konsep titrasi dan menggambarkan kurva titrasi asam-basa.
6.       Mempraktikkan langkah-langkah melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan titrasi.
7.       Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan perhitungan titrasi asam-basa.

Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator


8.       Menentukan konsentrasi larutan HCl dan NaOH.
9.       Menentukan kadar asam asetat dalam cuka dapur.

Pertemuan I:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menguraikan jenis-jenis reaksi dalam larutan; serta
2.      melakukan kegiatan percobaan tentang ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan.

B.     Materi Pembelajaran
Reaksi dalam Larutan
·         Pengamatan Reaksi dalam Larutan
·         Jenis-Jenis Reaksi dalam Larutan

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas Ilmiah 7.1 dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang pengamatan reaksi dalam larutan.   
1)      Apakah Anda masih ingat dengan reaksi kimia? Jelaskan.
2)      Bagaimana cara mengetahui bahwa suatu reaksi kimia sedang berlangsung?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang reaksi kimia dalam larutan.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Mengamati
1)      Menyimak jenis reaksi dalam larutan, seperti reaksi penetralan, reaksi pengendapan, dan reaksi pembentukan gas.
2)      Mempelajari langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah 7.1 halaman 219 tentang ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan.
3)      Menyelidiki ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan.
Menanya
1)      Reaksi kimia yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.
2)      Ciri-ciri berlangsungnya suatu reaksi.
3)      Reaksi yang terjadi di dalam tubuh.
Pengumpulan Data
1)      Mencari informasi dari berbagai sumber tenyang ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dan jenis-jenis reaksi dalam larutan.
2)      Mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan Aktifitas Ilmiah 7.1, kemudian melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan langkah kerja yang telah ditentukan.
3)      Mencatat data hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.1.
4)      Mencatat jenis-jenis reaksi dalam larutan dalam bentuk tabel.
Mengasosiasi
1)      Menuliskan persamaan reaksi yang terjadi pada Aktifitas Ilmiah 7.1.
2)      Membuat kesimpulan dan laporan secara berkelompok dengan sebaik mungkin.
Mengomunikasikan
1)      Mempersentasikan hasil kesimpulan Aktifitas Ilmiah 7.1 secara berkelompok di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan reaksi kimia dalam larutan.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mengenal ciri-ciri terjadinya reaksi kimia dalam larutan secara teori maupun kegiatan percobaan.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan II:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menentukan jumlah zat hasil reaksi yang diperoleh melalui perhitungan kimia; serta
2.      menghitung jumlah mol setiap pereaksi diketahui menggunakan pereaksi pembatas.
B.     Materi Pembelajaran
Reaksi dalam Larutan
·         Perhitungan Kimia
·         Pereaksi Pembatas

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang perhitungan kimia.   
1)      Ketika Anda melakukan Aktifitas Ilmiah 7.1, dapatkah Anda memperkirakan jumlah zat hasil reaksi yang diperoleh?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang reaksi dalam larutan.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
2)      Melatih perhitungan kimia dan pereaksi pembatas pada Contoh Soal 7.1 – Contoh Soal 7.3.
3)      Mendiktekan soal perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang akan dikerjakan.
Menanya
1)      Tata cara perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
Pengumpulan Data
1)      Menghitung dan mencari jawabannya dari perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang telah diberikan.
2)      Mengerjakan Uji Materi 7.1 halaman 228 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.

Mengasosiasi
1)      Memahami perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
2)      Mengumpulkan hasil pengerjaan Uji Materi 7.1.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang telah diberikan di depan kelas.
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal perhitungan kimia dan pereaksi pembatas yang benar.
3)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 7.1 di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk dapat melakukan perhitungan kimia dan pereaksi pembatas.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan III:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      mengenal istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi;
2.      mengenal langkah-langkah pengerjaan titrasi; serta
3.      mendeskripsikan kurva titrasi untuk pengidentifikasian titik ekuivalen.

B.     Materi Pembelajaran
Titrasi Asam-Basa
·         Kurva Titrasi

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat titrasi daninfocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang titrasi asam-basa.   
1)      Apa yang dimaksud dengan titrasi?
2)      Apa kegunaan titrasi dalam penentuan konsentrasi larutan?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Menyimak secara langsung alat-alat yang digunakan dalam proses titrasi.
2)      Mengenal istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi.
3)      Mempelajari karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang direaksikannya.
Menanya
1)      Perbedaan larutan baku dan larutan tidak baku dalam titrasi.
2)      Cara memilih indikator untuk titrasi dan penentuan konsentrasi larutan yang dititrasi.
Pengumpulan Data
1)      Merancang alat-alat titrasi asam-basa.
2)      Mendiskusikan istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi sesuai dengan alat-alat titrasi asam-basa yang telah dirancang.
3)      Mendiskusikan langkah-langkah pengerjaan titrasi asam-basa.
4)      Menjabarkan karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang direaksikannya pada Gambar 7.8 – Gambar 7.10.
Mengasosiasi
1)      Menunjukkan istilah-istilah yang sering digunakan pada saat melakukan percobaan titrasi sesuai dengan alat-alat titrasi asam-basa yang telah dirancang.
2)      Mempraktikkan konsep dasar pengerjaan titrasi yang benar.
3)      Menyimpulkan karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang direaksikannya pada Gambar 7.8 – Gambar 7.10.
Mengomunikasikan
1)      Melakukan konsep dasar pengerjaan titrasi dengan benar.
2)      Mengomunikasikan karakteristik kurva titrasi yang bergantung pada jenis asam dan basa yang direaksikannya di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mempelajari langkah-langkah pengerjaan titrasi sehingga diperoleh kadar larutan yang tepat.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan IV:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      membuat larutan dengan konsentrasi dan jumlah tertentu; serta
2.      merancang alat yang digunakan untuk titrasi asam-basa.

B.     Materi Pembelajaran
Titrasi Asam-Basa
·         Membuat Larutan
·         Merancang Titrasi Asam-Basa

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, tutorial, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat titrasi dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang titrasi asam-basa.   
1)      Masih ingatkah Anda dengan langkah merancang alat titrasi asam-basa? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.

2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari cara melarutkan zat padat.
2)      Mempelajari cara mengencerkan larutan pekat.
3)      Mempelajari langkah-langkah melakukan titrasi.
Menanya
1)      Tata cara melarutkan zat padat dan mengencerkan larutan pekat.
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan titrasi.
2)      Mempraktikkan cara membuat larutan NaOH dengan konsentrasi 0,5 M dan volume 250 mL.
3)      Mempraktikkan cara membuat 100 mL H2SO4 0,3 M.
4)      Mempraktikkan langkah-langkah melakukan titrasi asam-basa.
Mengasosiasi
1)      Memahami tata cara melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan titrasi sesuai dengan langkah kerja yang benar.
Mengomunikasikan
1)      Menunjukkan hasil melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan titrasi dengan benar.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mempelajari tata cara melarutkan zat padat, mengencerkan larutan pekat, dan melakukan titrasi yang tepat.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan V:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menghitung konsentrasi larutan dengan metode titrasi.
B.     Materi Pembelajaran
Titrasi Asam-Basa
·         Perhitungan Titrasi Asam-Basa

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang perhitungan titrasi asam-basa.   
1)      Definisikanlah pengertian satu ekuivalen dan gram ekuivalen.
2)      Jelaskan hubungan antara kenormalan (N) dan kemolaran (M).
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perhitungan titrasi asam-basa.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari penentuan titik ekuivalen asam, basa, maupun netral.
2)      Mempelajari perhitungan gram ekuivalen (grek) dan kenormalan (N).
3)      Mempelajari hubungan antara kenotmalan (N) dan kemolaran (M).
4)      Melatih perhitungan titrasi asam-basa pada Contoh Soal 7.5Contoh Soal 7.10.
5)      Mendiktekan soal-soal perhitungan titrasi asam-basayang akan dikerjakan.
Menanya
1)      Tahapan-tahapan perhitungan titrasi asam-basa yang benar.
Pengumpulan Data
1)      Menghitung dan mencari jawabannya dari soal perhitungan titrasi asam-basa yang telah diberikan.
2)      Mengerjakan Uji Materi 7.2 halaman 246 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.


Mengasosiasi
1)     Memahami perhitungan titrasi asam-basa.
2)     Mengumpulkan hasil pengerjaan Uji Materi 7.2.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengerjaan soal perhitungan titrasi asam-basa yang telah diberikan di depan kelas.
2)      Mendiskusikan jawaban dari soal perhitungan titrasi asam-basa yang benar. 
3)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 7.2di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan perhitungan titrasi asam-basa.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk menghitung titrasi asam-basa dengan benar.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, dan disiplin ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VI:
A.     Tujuan 
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      mensimulasikan penentuan konsentrasi HCl dan larutan NaOH melalui kegiatan eksperimen.

B.     Materi Pembelajaran
Titrasi Asam-Basa

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas Ilmiah 7.2 dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.
 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang titrasi asam-basa.   
1)      Masih ingatkah Anda langkah-langkah pengerjaan titrasi asam-basa? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.

2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah 7.2 halaman 244 tentang penentuan konsentrasi HCl dan larutan NaOH.
Menanya
1)      Cara pemilihan indikator yang digunakan untuk percobaan titrasi.
2)      Cara penentuan konsentrasi larutan yang dititrasi.
Pengumpulan Data
1)      Mempraktikkan Aktifitas Ilmiah 7.2 halaman 244 tentang penentuan konsentrasi HCl dan larutan NaOH.
2)      Mendiskusikan data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 7.2.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.2.
2)      Menganalisis kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 7.2.
3)      Menyimpulkan jawaban hasil pengerjaan Aktifitas Ilmiah 7.2.
Mengomunikasikan
1)      Melaporkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.2 dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok. 
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk melakukan kegiatan percobaan titrasi asam-basa sesuai dengan langkah kerja yang benar.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VII:
A.     Tujuan 
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      mensimulasikan penentuan kadar asam asetat dalam cuka dapur melalui kegiatan eksperimen.

B.     Materi Pembelajaran
Titrasi Asam-Basa
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 7 Stoikiometri Larutan, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat dan bahan kegiatan percobaan Aktifitas Ilmiah 7.3 dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi stoikiometri larutan.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang titrasi asam-basa.   
1)      Masih ingatkah Anda langkah-langkah pengerjaan titrasi asam-basa? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang titrasi asam-basa.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah 7.3 halaman 245 tentang penentuan kadar asam asetat dalam cuka dapur.
Menanya
1)      Cara pemilihan indikator yang digunakan untuk percobaan titrasi.
2)      Cara penentuan konsentrasi larutan yang dititrasi.
Pengumpulan Data
1)      Mempraktikkan Aktifitas Ilmiah 7.3 halaman 245 tentang penentuan kadar asam asetat dalam cuka dapur.
2)      Mendiskusikan data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 7.3.

Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.3.
2)      Menganalisis kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 7.3.
3)      Menyimpulkan jawaban hasil pengerjaan Aktifitas Ilmiah 7.3.
Mengomunikasikan
1)      Melaporkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 7.3 dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok. 
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan titrasi asam-basa.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk melakukan kegiatan percobaan titrasi asam-basa sesuai dengan langkah kerja yang benar.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VIII:
Ulangan harian Unit 7

Penilaian
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi inti I dan II
·   Pengamatan sikap
·   Lembar pengamatan sikap rubrik
Kompetensi inti III dan IV
·   Tes unjuk kerja
·   Tes uji petik kerja dan rubrik
·   Tes tertulis
·   Tes uraian, pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa
·   Portofolio
·   Panduan penyusunan portofolio

2.      Lembar Pengamatan Sikap
a.      Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari stoikiometri larutan





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan setiap aktivitas





3
Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mempelajari stoikiometri larutan lebih mendalam





4
Memberi salam sesuai dengan agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat atau persentasi





5
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 16–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang             : apabila memperoleh skor 1–5

b.      Kompetensi Inti II
1)      Gemar Membaca
Pedoman Observasi Sikap Gemar Membaca
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa dalam kebiasaan membaca buku. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap gemar membaca yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
Ya      = jika siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = jika siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Mengenal materi awal yang akan dipelajari



2
Mampu menjawab pertanyaan pembuka sebelum memasuki materi yang akan diajarkan



3
Membiasakan diri rajin untuk membaca buku di perpustakaan sekolah



4
Aktif bertanya dan menjawab soal yang diberikan



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik                 : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup              : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang             : apabila terdapat 1 jawaban Ya
2)      Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam bertanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melakukan kegiatan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang benar





2
Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan





3
Membersihkan dan merapihkan kembali alat dan bahan yang telah digunakan





4
Menggunakan jas laboratorium, sarung tangan, dan kaca mata pelindung ketika kegiatan eksperimen berlangsung





5
Melaksanakan tugas individu maupun tugas kelompok dengan baik dan benar





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 16–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang             : apabila memperoleh skor 1–5

3)      Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
Ya      = jika siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = jika siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Memakai seragam sesuai tata tertib



3
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



4
Membawa buku teks mata pelajaran



5
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



6
Mengikuti prosedur kegiatan praktikum



7
Mengerjakan tugas yang diberikan



8
Mengumpulkan tugas tepat waktu



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila terdapat 7–8 jawaban Ya
Baik                 : apabila terdapat 5–6 jawaban Ya
Cukup              : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang                         : apabila terdapat 1–2 jawaban YA

c.       Kompetensi Inti III
Lembar Tes Tertulis (Pilihan Ganda)
1.      Larutan HCl direaksikan dengan larutan NaOH membentuk garam dan air. Persamaan ionnya adalah ….
a.       HCl + NaOH → NaCl + H2O
b.      HCl + H2O → H3O+ + Cl
c.       H+ + OH →H2O
d.      Cl + Na+ → NaCl
e.       NaOH + H2O →Na(H2O) + OH

2.      Di antara persamaan reaksi berikut yang akan membentuk endapan adalah ….
a.       Ca(s) + HCl(aq) →
b.      Na2CO3(aq) + HCl(aq) →
c.       Na2S2O3(aq) + HCl(aq) →
d.      Al2O3(s) + HCl(aq) →
e.       Cu2O(s) + H2SO4(aq) →
3.      H2SO4 ditambahkan pada 500 mL larutan BaCl2 0,2 M sampai terjadi endapan BaSO4 (Mr= 233) dengan sempurna. Endapan BaSO4 yang terbentuk sebanyak ….
a.       68,0 g                                      d.   46,6 g
b.      34,0 g                                      e.   11,7 g
c.       23,3 g
4.      Aluminium bereaksi dengan asam sulfat menurut persamaan berikut.
2Al(s) + 3H2SO4(aq)→ 2 Al(SO4)3(aq) + 3H2(g)
Pernyataan yang benar adalah ….
a.       H2SO4(aq) sebagai pereaksi pembatas
b.      Al(s) tepat bereaksi dengan asam sulfat
c.       mol H2(g) sama dengan mol Al(s)
d.      mol Al2(SO4)3(aq) sama dengan mol Al(s)
e.       volume H2(g) yang dihasilkan sebesar 22,4 L
5.      Sebanyak 150 mL NaOH 0,2 M dicampurkan dengan 100 mL NaOH 0,3 M. Konsentrasi OH dalam larutan adalah ….
a.       0,30 M                                     d.   0,27 M
b.      0,25 M                                     e.   0,20 M
c.       0,24 M

d.      Kompetensi Inti IV
1)      Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Mengenal jenis-jenis reaksi dalam larutan, perhitungan konsep mol beserta pereaksi pembatas, serta kurva titrasi



2
Mempraktikkan pelarutan zat padat, pengenceran larutan pekat, serta titrasi asam-basa



3
Menghitung titrasi asam-basa



4
Keterampilan mempersentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan



Jumlah Skor




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali             : apabila terdapat 6 jawaban Ya
Baik                       : apabila terdapat 4–5 jawaban Ya
Cukup                    : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Kurang                   : apabila terdapat 1–2 jawaban Ya
2)      Lembar Portofolio
Asam cuka atau asam asetat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai pengawet atau pemberi rasa asam dalam makanan, asam cuka juga dapat digunakan dalam hal yang lainnya. Carilah informasi dengan membaca buku atau membuka internet tentang pemanfaatan asam cuka dalam kehidupan sehari-hari. Selain manfaat asam cuka, carilah informasi lain mengenai jenis-jenis cuka dan cara pembuatannya. Setelah itu, diskusikan dengan komunikatif dan kritis hasil kegiatan tersebut bersama guru dan teman Anda.
Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                                                               
Kepala SMK Ma’arif NU                                                                         Guru Mapel



H. …….., M.Pd                                                                                           Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP.                                                                                                               NIP. -

Itulah Postingan RPP Kimia Kelas XI SMK Bab Stoikiometri Larutan (Kurtilas) semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.