Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sistem Koloid
Satuan
Pendidikan : SMK NU Ma'arif NU
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/Genap
Alokasi
Waktu : 14
JP × 45 menit
2 JP × 45
menit untuk ulangan harian
Kompetensi
Inti:
KI
1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI
4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar dan Indikator:
Materi Pokok
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Sistem Koloid
|
3.15 Menganalisis
peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya.
4.15 Mengajukan
ide atau gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman
membuat beberapa jenis koloid.
|
1. Membedakan campuran yang termasuk ke dalam
larutan, suspensi, dan koloid.
2. Menjelaskan 8 kombinasi
sistem koloid berdasarkan fase terdispersi dan medium pendispersi.
3. Menyelidiki sifat sistem koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menjelaskan pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara
dispersi.
5.
Membuat koloid dengan sistem koloid cair-cair.
|
Pertemuan
I:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
membandingkan
antara larutan, suspensi, dan koloid.
B. Materi
Pembelajaran
Sistem
Dispersi
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang pengenalan sistem dispersi.
1)
Pernahkah
Anda mencampurkan gula, pasir, dan susu bubuk ke dalam air? Apakah yang
terjadi? Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sistem dispersi.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya
dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Melakukan
percobaan pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air.
Menanya
1)
Istilah yang sering digunakan dalam mempelajari sistem
koloid, seperti dispersi, fase pendispersi, medium pendispersi; larutan,
suspensi, dan koloid.
Pengumpulan Data
1)
Menyebutkan
medium pendispersi dan fase terdispersi pada pelarutan garam dalam air, pasir
dalam air, dan susu bubuk dalam air.
2)
Mengelompokkan
pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air termasuk
ke dalam kelompok campuran larutan, suspensi, dan koloid.
3)
Membandingkan
antara larutan, koloid, dan suspensi berdasarkan bentuk campuran, kestabilan,
pengamatan mikroskop, jumlah fase, sistem dispersi, pemisahan dengan cara
penyaringan, dan ukuran partikel.
4)
Mengerjakan
Uji Materi 9.1 halaman 303 Buku
Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)
Mengklasifikasikan
pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air termasuk
kelompok campuran larutan, suspensi, dan koloid.
2)
Mencontohkan
larutan, suspensi, dan koloid yang lain.
3)
Menyimpulkan
jawaban dari Uji Materi 9.1.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil percobaan
pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air di depan
kelas.
2)
Menuliskan
dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.1di
depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sistem dispersi.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk mengenal dan membedakan larutan, suspensi, dan koloid.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika
membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
II:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
mengelompokkan
sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase zat.
B. Materi
Pembelajaran
Pengelompokan
Sistem Koloid
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Powerpoint Unit 9 Sistem
Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang pengenalan pengelompokan sistem koloid.
1)
Jenis
susu yang dijual dipasaran terdapat susu bubuk instant. Mengapa demikian?
2)
Pembentukan
busa pada proses fermentasi tidak diinginkan sehingga dilakukan penambahan zat
antibusa. Jelaskan pernyataan tersebut.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengelompokan sistem koloid.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mengelompokkan
sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat, cair, dan gas
menurut fase terdispersi dan medium pendispersi.
2)
Mengidentifikasi
delapan kombinasi dari sistem koloid dengan saksama.
Menanya
1)
Kombinasi campuran fase gas dan fase gas selalu
menghasilkan campuran homogen (satu fase) sehingga tidak dapat membentuk sistem
koloid.
Pengumpulan Data
1)
Mendiskusikan
pengelompokan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat,
cair, dan gas menurut fase terdispersi dan medium pendispersi.
2)
Mencontohkan
sistem koloid sesuai dengan fase terdispersi dan medium pendispersi beserta
nama koloidnya.
3)
Mengerjakan
Uji Materi 9.2 halaman 308 Buku
Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)
Mengklasifikasikan
koloid menurut fase terdispersi dan medium pendispersi berbagai zat, seperti
padat, cair, dan gas.
2)
Menyimpulkan
jawaban dari Uji Materi 9.2.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
pengelompokan sistem
koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat, cair, dan gas menurut
fase terdispersi dan medium pendispersi di depan kelas.
2)
Menuliskan
dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.2 di
depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan pengelompokan sistem
koloid.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk mengelompokkan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran
fase padat, cair, dan gas menurut fase terdispersi dan medium pendispersi.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, teliti, mandiri, dan gemar
membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
III:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menyelidiki
sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu gerak brown dan efek Tyndall.
B. Materi
Pembelajaran
Sifat
dan Penerapan Sistem Koloid (Gerak Brown dan Efek Tyndall )
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang sifat koloid.
1)
Bagaimanakah
sifat fisik dari koloid? Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid
(gerak brown dan efek Tyndall).
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
sifat dan penerapan sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall dari
berbagai media informasi, baik media cetak maupun elektronik.
Menanya
1)
Konsep dasar pemahaman gerak brown dan efek Tyndall
pada sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)
Mendiskusikan
sifat sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall, serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil diskusi sifat sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil laporan sifat
dan penerapan sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall di depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan
sistem koloid (gerak brown dan efek Tyndall).
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika
membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
IV:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menyelidiki
sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu adsorpsi dan koagulasi.
B. Materi
Pembelajaran
Sifat
dan Penerapan Sistem Koloid (Adsorpsi dan Koagulasi)
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang sifat koloid.
1)
Pernahkah
Anda mengamati sistem koloid melalui mikroskop? Bagaimanakah bentuk fisiknya?
Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid
(adsorpsi dan koagulasi).
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
sifat dan penerapan sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi dari berbagai
media informasi, baik media cetak maupun elektronik.
Menanya
1)
Konsep dasar pemahaman adsorpsi dan koagulasi pada sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)
Mendiskusikan
sifat sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi, serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil diskusi sifat sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil laporan sifat
dan penerapan sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi di depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan
sistem koloid (adsorpsi dan koagulasi).
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika
membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
V:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menyelidiki
sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu koloid liofil dan koloid liofob, serta
koloid pelindung.
B. Materi
Pembelajaran
Sifat
dan Penerapan Sistem Koloid
·
Koloid
Liofil dan Koloid Liofob
·
Koloid
Pelindung
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang sifat koloid.
1)
Jika
satu sendok agar-agar padat dicampurkan dengan beberapa gelas air maka koloid
agar-agar akan menyebabkan air terserap. Mengapa demikian? Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid
(koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung).
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
sifat dan penerapan sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta
koloid pelindung dari berbagai media informasi, baik media cetak maupun
elektronik.
Menanya
1)
Konsep dasar pemahaman koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid
pelindung pada sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)
Mendiskusikan
sifat sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid
pelindung, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil diskusi sifat sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta
koloid pelindung, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk
laporan.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil laporan sifat
dan penerapan sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta
koloid pelindung di depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan
sistem koloid (koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung).
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika
membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
VI:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
menyelidiki
sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu dialisis dan sistem koloid dalam
pengolahan air.
B. Materi
Pembelajaran
Sifat
dan Penerapan Sistem Koloid
·
Dialisis
·
Sistem
Pengolahan dalam Pengolahan Air
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : cooperative
learning
Metode : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan
pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang pengolahan air.
1)
Mengapa
air sungai dikatakan sebagai koloid?
2)
Hubungkan
sifat-sifat koloid, seperti koagulasi dan adsorpsi dengan pengolahan air sungai
menjadi air bersih. Jelaskan.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid
(dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air).
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
sifat dan penerapan sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam
pengolahan air dari berbagai media informasi, baik media cetak maupun
elektronik.
Menanya
1)
Konsep dasar pemahaman dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air.
Pengumpulan Data
1)
Mendiskusikan
sifat sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air,
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2)
Mengerjakan
Uji Materi 9.3 halaman 318 Buku
Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil diskusi sifat sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam
pengolahan air, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk
laporan.
2)
Menyimpulkan
jawaban dari Uji Materi 9.3.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil laporan sifat
dan penerapan sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan
air di depan kelas.
2)
Menuliskan
dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.3di
depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan
sistem koloid (dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air).
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika
membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
VII:
A. Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
mempelajari
pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi; serta
2.
melakukan kegiatan percobaan tentang pembuatan mayonaise.
B. Materi
Pembelajaran
Pembuatan
Koloid
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Strategi pembelajaran : direct
instruction
Metode : inquiry,
eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.
Alat:
Alat dan bahan percobaan Aktifitas
Ilmiah 9.1 dan infocus.
3.
Sumber:
Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.
Apersepsi:
tanya jawab tentang pembuatan koloid.
1)
Tahukah
Anda ukuran koloid?
2)
Bagaimana
cara pembuatan koloid?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pembuatan koloid.
2. Inti
a.
Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)
Mempelajari
pembuatan koloid dengan cara kondensasi melalui reaksi kimia, seperti reaksi
redoks, reaksi hidrolisis, reaksi penggaraman, dan reaksi penjenuhan.
2)
Mempelajari
pembuatan koloid dengan cara dispersi, seperti cara mekanik, cara busur Bredig,
cara peptisasi, dan cara homogenisasi.
3)
Mempelajari
langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah
9.1 halaman 321 tentang pembuatan mayonaise.
Menanya
1)
Prinsip kerja pembuatan koloid dengan cara kondensasi
dan cara dispersi.
Pengumpulan Data
1)
Mendiskusikan
pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi.
2)
Mempraktikkan
Aktifitas Ilmiah 9.1 halaman 321
tentang pembuatan mayonaise.
3)
Mendiskusikan
data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 9.1.
4)
Mengerjakan
Uji Materi 9.3 halaman 321 Buku
Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil diskusi pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara
dispersi dalam
bentuk laporan.
2)
Menyimpulkan
hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 9.1.
3)
Menganalisis
kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas
Ilmiah 9.1.
4)
Menyimpulkan
jawaban hasil pengerjaan Aktifitas
Ilmiah 9.1.
5)
Menyimpulkan
jawaban dari Uji Materi 9.3.
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil laporan pembuatan
koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi di depan kelas.
2)
Melaporkan
hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 9.1
dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok.
3)
Menuliskan
dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.3 di
depan kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan pembuatan koloid.
3. Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
c.
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang
Mahakuasa untuk memahami pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara
dispersi, serta mengaplikasikannya dalam pembuatan mayonaise.
d.
Mendorong
siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan
komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
Pertemuan
VIII:
Ulangan harian Unit
9
Penilaian
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
inti I dan II
|
·
Pengamatan
sikap
|
·
Lembar pengamatan
sikap rubrik
|
Kompetensi
inti III dan IV
|
·
Tes unjuk
kerja
|
·
Tes uji petik
kerja dan rubrik
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes uraian,
pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa
|
|
·
Portofolio
|
·
Panduan
penyusunan portofolio
|
2. Lembar
Pengamatan Sikap
a. Kompetensi
Inti I
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, jika
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama
Siswa : ……………………………………………
Kelas : ……………………………………………
Tanggal
Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menambah rasa
keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari sistem koloid
|
|||||
2
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan setiap aktivitas
|
|||||
3
|
Mengucapkan
rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan akal dan pikiran
kepada manusia untuk mempelajari sistem koloid lebih mendalam
|
|||||
4
|
Memberi salam sesuai
dengan agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat atau persentasi
|
|||||
5
|
Mengamalkan
sikap toleransi antarumat beragama
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila memperoleh skor
17–20
Baik : apabila memperoleh skor 13–16
Cukup : apabila memperoleh skor 9–12
Kurang : apabila memperoleh skor 5–8
Kurang
sekali : apabila memperoleh skor 1–4
b. Kompetensi
Inti II
1) Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa
dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= jika siswa menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Tidak
= jika siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa :
……………………………………………
Kelas :
……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Sikap yang
Diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|||
2
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|||
3
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|||
4
|
Membawa buku
teks mata pelajaran
|
|||
5
|
Membawa buku
tulis sesuai mata pelajaran
|
|||
6
|
Mengikuti
prosedur kegiatan praktikum
|
|||
7
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|||
8
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila terdapat 7–8
jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 5–6 jawaban
Ya
Cukup : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1–2
jawaban Ya
2) Tanggung
Jawab
Pedoman
Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam bertanggung jawab. Berilah
tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa :
……………………………………………
Kelas :
……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melakukan
kegiatan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang benar
|
|||||
2
|
Menggunakan
alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan
|
|||||
3
|
Membersihkan
dan merapihkan kembali alat dan bahan yang telah digunakan
|
|||||
4
|
Menggunakan jas
laboratorium, sarung tangan, dan kaca mata pelindung ketika kegiatan
eksperimen berlangsung
|
|||||
5
|
Melaksanakan tugas
individu maupun tugas kelompok dengan baik dan benar
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila memperoleh skor
16–20
Baik : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang : apabila memperoleh
skor 1–5
3) Gemar
Membaca
Pedoman
Observasi Sikap Gemar Membaca
Petunjuk:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap siswa dalam kebiasaan membaca buku. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap gemar membaca yang ditampilkan oleh siswa
dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= jika siswa menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Tidak
= jika siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa :
……………………………………………
Kelas :
……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok :
……………………………………………
No.
|
Sikap yang
Diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Mengenal
materi awal yang akan dipelajari
|
|||
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan pembuka sebelum memasuki materi yang akan diajarkan
|
|||
3
|
Membiasakan
diri rajin untuk membaca buku di perpustakaan sekolah
|
|||
4
|
Aktif bertanya
dan menjawab soal yang diberikan
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik
sekali : apabila terdapat 4 jawaban
Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang :
apabila terdapat 1 jawaban Ya
c. Kompetensi
Inti III
Lembar Tes Tertulis (Pilihan
Ganda)
1. Buih
adalah sistem dispersi pada ….
a. zat
padat terdispersi dalam zat cair
b. zat
cair terdispersi dalam gas
c. gas
terdispersi dalam zat padat
d. gas
terdispersi dalam zat cair
e. zat
cair terdispersi dalam zat cair
2. As2S3
adalah koloid hidrofob yang bermuatan negatif. Larutan yang paling baik untuk
mengkoagulasikan koloid ini adalah ….
a. kalium
fosfat d. besi(III)klorida
b. magnesium
sulfat e. besi(II)sulfat
c. barium
nitrat
3. Berikut
ini peristiwa-peristiwa koagulasi pada partikel koloid, kecuali ….
a. penggumpalan
lateks
b. pengobatan
sakit perut
c. pengendapan
debu pada cerobong asap
d. penjernihan
lumpur dari air sungai
e. pembentukan
delta pada muara sungai
4. Sistem
koloid yang partikel-partikelnya tidak
menarik molekul pelarutnya disebut ….
a. liofil
b. dialisis
c. hidrofil
d. elektrofil
e. liofob
5. Di
antara koloid berikut:
1) sol gelatin
2) sol logam
3) agar-agar
4) sol belerang
5) buih
Hal
yang tergolong koloid hidrofil adalah ….
a. 1
dan 2 d. 2 dan 5
b. 1
dan 3 e. 2 dan 4
c. 1
dan 4
d. Kompetensi
Inti IV
1) Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
Diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Membedakan
sistem dispersi berupa larutan, suspensi, dan koloid
|
|||
2
|
Mengelompokkan
sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase zat
|
|||
3
|
Mendeskripsikan
sifat dan penerapan sistem koloid, serta pembuatan koloid dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
4
|
Menguji
kegiatan percobaan sesuai dengan langkah kerja yang benar sehingga diperoleh
hasil pengamatan yang akurat
|
|||
5
|
Keterampilan
mempersentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang
menarik
|
|||
6
|
Mampu
mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)
|
|||
7
|
Mampu
menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan
|
|||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran:
Siswa
memperoleh nilai:
Baik sekali : apabila terdapat 7 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 5–6 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1–2 jawaban Ya
2) Lembar
Portofolio
Partikel
koloid berukuran kecil sehingga tidak bisa dipisahkan dengan penyaringan biasa.
Partikel koloid harus diperbesarukurannya dengan cara digumpalkan (koagulasi).
Agar bisa dipisahkan dengan penyaringan atau pengendapan, proses koagulasi ini
dapat dilakukan melalui pemanasan atau penambahan elektrolit. Amati dan selidikilah,
mengapa pemanasan atau penambahan elektrolit dapat mempercepat pemisahan
partikel koloid?
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru
Mapel
H. …….., M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP.
-
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.