Tuesday, April 11, 2017

RPP Kimia Kelas XI SMK Bab Sistem Koloid (Kurtilas)

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sistem Koloid

Satuan Pendidikan   : SMK NU Ma'arif NU  
Mata Pelajaran       :  Kimia
Kelas/Semester        : XI/Genap
Alokasi Waktu         :  14 JP × 45 menit
                                    2 JP × 45 menit untuk ulangan harian

Kompetensi Inti:
KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator:
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator
Sistem Koloid
3.15   Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya.
4.15   Mengajukan ide atau gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman membuat beberapa jenis koloid.
1.       Membedakan campuran yang termasuk ke dalam larutan, suspensi, dan koloid.
2.       Menjelaskan 8 kombinasi sistem koloid berdasarkan fase terdispersi dan medium pendispersi.
3.       Menyelidiki sifat sistem koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.       Menjelaskan pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi.
5.       Membuat koloid dengan sistem koloid cair-cair.

Pertemuan I:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      membandingkan antara larutan, suspensi, dan koloid.
B.     Materi Pembelajaran
Sistem Dispersi

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang pengenalan sistem dispersi.   
1)      Pernahkah Anda mencampurkan gula, pasir, dan susu bubuk ke dalam air? Apakah yang terjadi? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sistem dispersi.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Melakukan percobaan pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air.
Menanya
1)      Istilah yang sering digunakan dalam mempelajari sistem koloid, seperti dispersi, fase pendispersi, medium pendispersi; larutan, suspensi, dan koloid.
Pengumpulan Data
1)      Menyebutkan medium pendispersi dan fase terdispersi pada pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air.
2)      Mengelompokkan pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air termasuk ke dalam kelompok campuran larutan, suspensi, dan koloid.
3)      Membandingkan antara larutan, koloid, dan suspensi berdasarkan bentuk campuran, kestabilan, pengamatan mikroskop, jumlah fase, sistem dispersi, pemisahan dengan cara penyaringan, dan ukuran partikel.
4)      Mengerjakan Uji Materi 9.1 halaman 303 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)      Mengklasifikasikan pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air termasuk kelompok campuran larutan, suspensi, dan koloid.
2)      Mencontohkan larutan, suspensi, dan koloid yang lain.
3)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 9.1.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil percobaan pelarutan garam dalam air, pasir dalam air, dan susu bubuk dalam air di depan kelas.
2)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.1di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sistem dispersi. 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mengenal dan membedakan larutan, suspensi, dan koloid.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan II:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      mengelompokkan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase zat.

B.     Materi Pembelajaran
Pengelompokan Sistem Koloid

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang pengenalan pengelompokan sistem koloid.   
1)      Jenis susu yang dijual dipasaran terdapat susu bubuk instant. Mengapa demikian?
2)      Pembentukan busa pada proses fermentasi tidak diinginkan sehingga dilakukan penambahan zat antibusa. Jelaskan pernyataan tersebut.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pengelompokan sistem koloid.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
Mengamati
1)      Mengelompokkan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat, cair, dan gas menurut fase terdispersi dan medium pendispersi.
2)      Mengidentifikasi delapan kombinasi dari sistem koloid dengan saksama.
Menanya
1)      Kombinasi campuran fase gas dan fase gas selalu menghasilkan campuran homogen (satu fase) sehingga tidak dapat membentuk sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan pengelompokan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat, cair, dan gas menurut fase terdispersi dan medium pendispersi.
2)      Mencontohkan sistem koloid sesuai dengan fase terdispersi dan medium pendispersi beserta nama koloidnya.
3)      Mengerjakan Uji Materi 9.2 halaman 308 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)      Mengklasifikasikan koloid menurut fase terdispersi dan medium pendispersi berbagai zat, seperti padat, cair, dan gas.
2)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 9.2.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan pengelompokan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat, cair, dan gas menurut fase terdispersi dan medium pendispersi di depan kelas.
2)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.2 di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan pengelompokan sistem koloid. 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk mengelompokkan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase padat, cair, dan gas menurut fase terdispersi dan medium pendispersi.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, teliti, mandiri, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.
 
Pertemuan III:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menyelidiki sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu gerak brown dan efek Tyndall.

B.     Materi Pembelajaran
Sifat dan Penerapan Sistem Koloid (Gerak Brown dan Efek Tyndall )

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang sifat koloid.   
1)      Bagaimanakah sifat fisik dari koloid? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid (gerak brown dan efek Tyndall).
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari sifat dan penerapan sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall dari berbagai media informasi, baik media cetak maupun elektronik.
Menanya
1)      Konsep dasar pemahaman gerak brown dan efek Tyndall pada sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan sifat sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil diskusi sifat sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil laporan sifat dan penerapan sistem koloid berupa gerak brown dan efek Tyndall di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan sistem koloid (gerak brown dan efek Tyndall). 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan IV:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menyelidiki sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu adsorpsi dan koagulasi.

B.     Materi Pembelajaran
Sifat dan Penerapan Sistem Koloid (Adsorpsi dan Koagulasi)

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang sifat koloid.   
1)      Pernahkah Anda mengamati sistem koloid melalui mikroskop? Bagaimanakah bentuk fisiknya? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid (adsorpsi dan koagulasi).
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari sifat dan penerapan sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi dari berbagai media informasi, baik media cetak maupun elektronik.
Menanya
1)      Konsep dasar pemahaman adsorpsi dan koagulasi pada sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan sifat sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil diskusi sifat sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil laporan sifat dan penerapan sistem koloid berupa adsorpsi dan koagulasi di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan sistem koloid (adsorpsi dan koagulasi). 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan V:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menyelidiki sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung.

B.     Materi Pembelajaran
Sifat dan Penerapan Sistem Koloid
·         Koloid Liofil dan Koloid Liofob
·         Koloid Pelindung
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang sifat koloid.   
1)      Jika satu sendok agar-agar padat dicampurkan dengan beberapa gelas air maka koloid agar-agar akan menyebabkan air terserap. Mengapa demikian? Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid (koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung).
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari sifat dan penerapan sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung dari berbagai media informasi, baik media cetak maupun elektronik.
Menanya
1)      Konsep dasar pemahaman koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung pada sistem koloid.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan sifat sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil diskusi sifat sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil laporan sifat dan penerapan sistem koloid berupa koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan sistem koloid (koloid liofil dan koloid liofob, serta koloid pelindung). 

3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VI:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      menyelidiki sifat dan penerapan sistem koloid, yaitu dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air.

B.     Materi Pembelajaran
Sifat dan Penerapan Sistem Koloid
·         Dialisis
·         Sistem Pengolahan dalam Pengolahan Air

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : cooperative learning
Metode                     : ekspositori, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang pengolahan air.   
1)      Mengapa air sungai dikatakan sebagai koloid?
2)      Hubungkan sifat-sifat koloid, seperti koagulasi dan adsorpsi dengan pengolahan air sungai menjadi air bersih. Jelaskan.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang sifat dan penerapan sistem koloid (dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air).
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari sifat dan penerapan sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air dari berbagai media informasi, baik media cetak maupun elektronik.
Menanya
1)      Konsep dasar pemahaman dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan sifat sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2)      Mengerjakan Uji Materi 9.3 halaman 318 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil diskusi sifat sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan.
2)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 9.3.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil laporan sifat dan penerapan sistem koloid berupa dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air di depan kelas.
2)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.3di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan sifat dan penerapan sistem koloid (dialisis dan sistem koloid dalam pengolahan air). 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk memahami sifat dan penerapan sistem koloid.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap komunikatif, kritis, dan gemar membaca ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VII:
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      mempelajari pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi; serta
2.      melakukan kegiatan percobaan tentang pembuatan mayonaise.


B.     Materi Pembelajaran
Pembuatan Koloid

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    : scientific
Strategi pembelajaran         : direct instruction
Metode                     : inquiry, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Powerpoint Unit 9 Sistem Koloid, Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.
2.      Alat: Alat dan bahan percobaan Aktifitas Ilmiah 9.1 dan infocus.
3.      Sumber: Buku Kimia untuk Kelas XI SMA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi sistem koloid.
b.      Apersepsi: tanya jawab tentang pembuatan koloid.   
1)      Tahukah Anda ukuran koloid?
2)      Bagaimana cara pembuatan koloid?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pembuatan koloid.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
1)      Mempelajari pembuatan koloid dengan cara kondensasi melalui reaksi kimia, seperti reaksi redoks, reaksi hidrolisis, reaksi penggaraman, dan reaksi penjenuhan.
2)      Mempelajari pembuatan koloid dengan cara dispersi, seperti cara mekanik, cara busur Bredig, cara peptisasi, dan cara homogenisasi.
3)      Mempelajari langkah kerja percobaan Aktifitas Ilmiah 9.1 halaman 321 tentang pembuatan mayonaise.
Menanya
1)      Prinsip kerja pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi.
Pengumpulan Data
1)      Mendiskusikan pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi.
2)      Mempraktikkan Aktifitas Ilmiah 9.1 halaman 321 tentang pembuatan mayonaise. 
3)      Mendiskusikan data yang diperoleh dari hasil percobaan dan menjawab pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 9.1.
4)      Mengerjakan Uji Materi 9.3 halaman 321 Buku Kimia untuk Kelas XI SMA.

Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil diskusi pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi dalam bentuk laporan.
2)      Menyimpulkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 9.1.
3)      Menganalisis kembali jawaban pertanyaan pada Aktifitas Ilmiah 9.1.
4)      Menyimpulkan jawaban hasil pengerjaan Aktifitas Ilmiah 9.1.
5)      Menyimpulkan jawaban dari Uji Materi 9.3.
Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil laporan pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi di depan kelas.
2)      Melaporkan hasil percobaan Aktifitas Ilmiah 9.1 dengan sebaik mungkin di depan kelas secara berkelompok.
3)      Menuliskan dan menjelaskan jawaban Uji Materi 9.3 di depan kelas.
b.      Mendiskusikan hasil pengerjaan yang telah dilakukan dan menyimpulkan pembuatan koloid. 
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
c.       Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur telah diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan Yang Mahakuasa untuk memahami pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan cara dispersi, serta mengaplikasikannya dalam pembuatan mayonaise.
d.      Mendorong siswa untuk selalu bersikap kritis, teliti, mandiri, tanggung jawab, dan komunikatif ketika membaca dan menyimpulkan sebuah kesimpulan ilmiah.

Pertemuan VIII:
Ulangan harian Unit 9

Penilaian
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi inti I dan II
·   Pengamatan sikap
·   Lembar pengamatan sikap rubrik
Kompetensi inti III dan IV
·   Tes unjuk kerja
·   Tes uji petik kerja dan rubrik
·   Tes tertulis
·   Tes uraian, pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa
·   Portofolio
·   Panduan penyusunan portofolio





2.      Lembar Pengamatan Sikap
a.      Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari sistem koloid





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan setiap aktivitas





3
Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mempelajari sistem koloid lebih mendalam





4
Memberi salam sesuai dengan agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat atau persentasi





5
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 17–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 13–16
Cukup              : apabila memperoleh skor 9–12
Kurang             : apabila memperoleh skor 5–8
Kurang sekali   : apabila memperoleh skor 1–4

b.      Kompetensi Inti II
1)      Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
Ya      = jika siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = jika siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Memakai seragam sesuai tata tertib



3
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



4
Membawa buku teks mata pelajaran



5
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



6
Mengikuti prosedur kegiatan praktikum



7
Mengerjakan tugas yang diberikan



8
Mengumpulkan tugas tepat waktu



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila terdapat 7–8 jawaban Ya
Baik                 : apabila terdapat 5–6 jawaban Ya
Cukup              : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang                         : apabila terdapat 1–2 jawaban Ya
2)      Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam bertanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, jika selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, jika sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, jika tidak pernah melakukan

Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melakukan kegiatan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang benar





2
Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan





3
Membersihkan dan merapihkan kembali alat dan bahan yang telah digunakan





4
Menggunakan jas laboratorium, sarung tangan, dan kaca mata pelindung ketika kegiatan eksperimen berlangsung





5
Melaksanakan tugas individu maupun tugas kelompok dengan baik dan benar





Jumlah Skor





Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila memperoleh skor 16–20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11–15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6–10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1–5
3)      Gemar Membaca
Pedoman Observasi Sikap Gemar Membaca
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa dalam kebiasaan membaca buku. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap gemar membaca yang ditampilkan oleh siswa dengan kriteria sebagai berikut:
Ya      = jika siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = jika siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Nama Siswa              : ……………………………………………
Kelas                        : ……………………………………………
Tanggal Pengamatan : ……………………………………………
Materi Pokok            : ……………………………………………
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Mengenal materi awal yang akan dipelajari



2
Mampu menjawab pertanyaan pembuka sebelum memasuki materi yang akan diajarkan



3
Membiasakan diri rajin untuk membaca buku di perpustakaan sekolah



4
Aktif bertanya dan menjawab soal yang diberikan



Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali       : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik                 : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup              : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang                         : apabila terdapat 1 jawaban Ya
c.       Kompetensi Inti III
Lembar Tes Tertulis (Pilihan Ganda)
1.      Buih adalah sistem dispersi pada ….
a.       zat padat terdispersi dalam zat cair
b.      zat cair terdispersi dalam gas
c.       gas terdispersi dalam zat padat
d.      gas terdispersi dalam zat cair
e.       zat cair terdispersi dalam zat cair
2.      As2S3 adalah koloid hidrofob yang bermuatan negatif. Larutan yang paling baik untuk mengkoagulasikan koloid ini adalah ….
a.       kalium fosfat                           d.   besi(III)klorida
b.      magnesium sulfat                     e.   besi(II)sulfat
c.       barium nitrat
3.      Berikut ini peristiwa-peristiwa koagulasi pada partikel koloid, kecuali ….
a.       penggumpalan lateks
b.      pengobatan sakit perut
c.       pengendapan debu pada cerobong asap
d.      penjernihan lumpur dari air sungai
e.       pembentukan delta pada muara sungai
4.      Sistem koloid yang partikel-partikelnya tidak menarik molekul pelarutnya disebut ….
a.       liofil    
b.      dialisis
c.       hidrofil
d.      elektrofil
e.       liofob
5.      Di antara koloid berikut:
1)   sol gelatin       
2)   sol logam        
3)   agar-agar
4)   sol belerang
5)   buih
Hal yang tergolong koloid hidrofil adalah ….
a.       1 dan 2                                    d.   2 dan 5
b.      1 dan 3                                    e.   2 dan 4
c.       1 dan 4
d.      Kompetensi Inti IV
1)      Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang Diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Membedakan sistem dispersi berupa larutan, suspensi, dan koloid



2
Mengelompokkan sistem koloid menjadi delapan kombinasi campuran fase zat



3
Mendeskripsikan sifat dan penerapan sistem koloid, serta pembuatan koloid dalam kehidupan sehari-hari



4
Menguji kegiatan percobaan sesuai dengan langkah kerja yang benar sehingga diperoleh hasil pengamatan yang akurat



5
Keterampilan mempersentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



6
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



7
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan



Jumlah Skor



Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik sekali             : apabila terdapat 7 jawaban Ya
Baik                       : apabila terdapat 5–6 jawaban Ya
Cukup                    : apabila terdapat 3–4 jawaban Ya
Kurang                   : apabila terdapat 1–2 jawaban Ya
2)      Lembar Portofolio
Partikel koloid berukuran kecil sehingga tidak bisa dipisahkan dengan penyaringan biasa. Partikel koloid harus diperbesarukurannya dengan cara digumpalkan (koagulasi). Agar bisa dipisahkan dengan penyaringan atau pengendapan, proses koagulasi ini dapat dilakukan melalui pemanasan atau penambahan elektrolit. Amati dan selidikilah, mengapa pemanasan atau penambahan elektrolit dapat mempercepat pemisahan partikel koloid?
Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                                                               
Kepala SMK Ma’arif NU                                                                         Guru Mapel



H. …….., M.Pd                                                                                           Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP.                                                                                                               NIP. -

  Itulah Postingan RPP Kimia Kelas XI SMK Bab Sistem Koloid (Kurtilas) semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.