Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Reaksi Reduksi-Oksidasi
Satuan Pendidikan : SMK Ma’arif
NU
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu : 6JP (6
45 menit)/ (3
Pertemuan)
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Menunjukkan rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha
Pencipta.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
1. Melakukan kegiatan dengan disiplin.
2. Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam mempelajari materi
pembelajaran.
|
2.2
Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
1. Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
|
2.3
Menunjukkan perilaku
responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
|
1. Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
|
3.9 Menganalisis
perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi serta menentukan bilangan
oksidasi atom dalam molekul atau ion.
|
1.
Menjelaskan konsep oksidasi
reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan
penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2.
Menentukan bilangan
oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
3.
Menentukan oksidator
dan reduktor dalam reaksi redoks.
|
Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi
oksidasi-reduksi.
|
1. Menerapkan konsep reaksi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan (lumpur aktif).
|
Pertemuan
I
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari
penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta
peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2.
Menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau
ion.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Reaksi Redoks
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 8Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 8 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai reaksi
oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan
dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangreaksi reduksi dan oksidasi.
1)
Apakah yang
dimaksud denganreaksi?
2)
Apa yang Anda ketahui tentang reduksi dan oksidasi?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang reaksi redoks.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatiproses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
2)
Mengamati reaksi-reaksi yang termasuk reaksi reduksi
dan oksidasi.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakanproses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
3)
Menanyakan reaksi-reaksi yang termasuk reaksi reduksi
dan oksidasi.
4)
Menanyakan cara menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau
ion.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang proses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangreaksi-reaksi yang termasuk
reaksi reduksi dan oksidasi.
3)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangcara menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau ion.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanproses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
3)
Menyimpulkanreaksi-reaksi yang termasuk
reaksi reduksi dan oksidasi.
4)
Menyimpulkan cara menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau
ion.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara reaksi oksidasi reduksi ditinjau dari
penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta
peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Menyimpulkan materi mengenaireaksi redoks.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 8.1 halaman226.
c.
Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini.
Pertemuan
II
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu
reaksi redoks.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Pereduksi dan Pengoksidasi
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 8Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 8 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai pereduksi
dan pengoksidasi.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangpereduksi dan pengoksidasi.
1)
Bagaimana cara
menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pereduksi dan pengoksidasi.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Membedakan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu
reaksi.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakan cara menentukan pereduksi
dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangcara menentukan pereduksi
dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkan cara menentukan pereduksi
dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk
laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara pereduksi dan pengoksidasi.Anggota kelompok
lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Menyimpulkan materi mengenaipereduksi dan pengoksidasi.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 8.2 halaman227.
c.
Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini.
Pertemuan
III
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menjelaskan proses pengolahan air limbah.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Aplikasi Reaksi Redoks
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 8Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 8 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai penerapan
reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mendiskusikannya terkait proses
pengolahan air limbah.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangpenerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
1)
Bagaimanakah
penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari?
2)
Bagaimana reaksi redoks terjadi dalam baterai dan aki?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang aplikasi reaksi redoks.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati
penerapan reaksi redoks dalam
kehidupan sehari-hari.
2)
Mengamati reaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
3)
Mengamati proses pengolahan air limbah.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakanpenerapan reaksi
redoks dalam kehidupan sehari-hari.
3)
Menanyakanreaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
4)
Menanyakan proses pengolahan air limbah.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangpenerapan reaksi
redoks dalam kehidupan sehari-hari.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangreaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
3)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang proses pengolahan air limbah.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanpenerapan
reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
3)
Menyimpulkanreaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
4)
Menyimpulkan proses pengolahan air limbah.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari
dengan proses pengolahan air limbah.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Menyimpulkan materi mengenaiaplikasi reaksi redoks.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 8.3 halaman 231.
c.
Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan
Sikap
|
· Lembar
Pengamatan Sikap
|
Kompetensi III
dan IV
|
· Tes
Unjuk Kerja
|
· Tes Unjuk
Kerja
|
· Tes
Tertulis
|
· Tes
Uraian, Pilihan Ganda,
Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1)
Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai reaksi reduksi-oksidasi.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menunjukkan rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha
Pencipta.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
2)
Kompetensi
Inti II
a)
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya
= apabila siswa menunjukkan perbuatan
sesuaiaspek pengamatan
Tidak
= apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Masuk
kelas tepat waktu.
|
|
|
|
2.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib.
|
|
|
|
3.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
|
|
|
5.
|
Membawa
buku teks mata pelajaran.
|
|
|
|
6.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran.
|
|
|
|
7.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan.
|
|
|
|
8.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya
b.
Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.
|
|
|
|
2.
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik.
|
|
|
|
3.
|
Mampu
mengajukan permasalahan
(pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).
|
|
|
|
4.
|
Mampu
menyajikan penyelesaian
dari suatu permasalahan.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 jawaban Ya
c.
Lembar
Tes Tertulis
1)
H2S dapat dioksidasi oleh KMnO4
menghasilkan K2SO4 dan MnO2. Dalam reaksi
tersebut setiap mol H2S melepaskan ….
a)
2 mol elektron
b)
4 mol elektron
c)
5 mol elektron
d)
7 mol elektron
e)
8 mol elektron
Jawaban:
e
2)
Reaksi redoks berikut :
a
H2O2(l) + b Fe2+(aq) → d Fe3+(aq) + e H2O(l)
harga
a, b, dan c berturut-turut adalah….
a)
1,1,1
b)
1,2,3
c)
1,2,1
d)
2,2,1
e)
2,1,2
Jawaban:
b
3)
Pada persamaan oksidasi reduksi berikut (belum setara)
KMnO4(aq) + KI(aq) + H2SO4 → MnSO4(aq) + I2(aq) + H2O(l)
bilangan
oksidasi Mn berubah dari ….
a)
+14 menjadi +8
b)
+7 menjadi +2
c)
+7 menjadi -4
d)
-1 menjadi +2
e)
-2 menjadi +2
Jawaban:
b
4)
Bilangan oksidasi atom Cl tertinggi di antara senyawa
berikut adalah ….
a)
KCl
b)
KClO
c)
CaCl2
d)
KClO3
e)
KClO2
Jawaban:
d
5)
Bilangan oksida Cl dari -1 sampai dengan +7. Ion atau
molekul manakah di bawah ini yang tidak dapat mengalami reaksi disproporsionasi
atau autoredoks adalah ….
a)
Cl2 dan HClO4
b)
HCl dan HClO2
c)
ClO2 dan HClO3
d)
Cl2 dan KClO3
e)
Cl- dan NaClO4
Jawaban:
e
d.
Lembar
Portofolio
Sediakan
1 sendok makan garam dapur, tisu atau lap kering yang bersih, 100 - 150 mL asam
cuka, mangkok plastik atau melamin, dan uang logam yang akan dibersihkan.
Mula-mula, larutkan garam dalam asam cuka. Aduk hingga seluruh garam larut.
Rendam uang logam dalam larutan tersebut selama 5 - 10 menit (Anda dapat
menggunakan beberapa uang logam yang direndam dalam waktu yang berbeda untuk
melihat pengaruh waktu perendaman dengan teliti). Kemudian, angkat uang logam
dari larutan, lalu cuci uang logam dengan air yang mengalir. Keringkan dengan
tisu atau lap kain. Apa yang Anda peroleh? Dapatkah Anda mengganti asam cuka
dengan jus jeruk? Apa yang terjadi jika Anda tidak mencuci uang logam setelah
perendaman? Anda dapat mengeksplorasi lebih banyak hal-hal menarik lainnya
dengan mengembangkan kegiatan ini sesuai dengan kreativitas Anda.
Jatibarang,
Januari 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru Mapel
H.
……,
M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. NIP.
-
itulah postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Reaksi Reduksi-Oksidasi semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.