Tuesday, April 4, 2017

RPP Kimia Kelas X SMK Bab Reaksi Reduksi-Oksidasi



 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Reaksi Reduksi-Oksidasi
Satuan Pendidikan        : SMK Ma’arif NU
Kelas/Semester             : X/2
Mata Pelajaran              : Kimia
Alokasi Waktu             : 6JP (6  45 menit)/ (3 Pertemuan)

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1       Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.       Menunjukkan rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Pencipta.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.       Melakukan kegiatan dengan disiplin.
2.       Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam mempelajari materi pembelajaran.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.       Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
1.       Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2.       Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.

3.9       Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.


1.       Menjelaskan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2.       Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
3.       Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks.
4.9       Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi-reduksi.

1.       Menerapkan konsep reaksi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan (lumpur aktif).
Pertemuan I
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2.         Menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau ion.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Reaksi Redoks

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 8Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 8 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai reaksi oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangreaksi reduksi dan oksidasi. 
1)         Apakah yang dimaksud denganreaksi?
2)         Apa yang Anda ketahui tentang reduksi dan oksidasi?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang reaksi redoks.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatiproses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
2)         Mengamati reaksi-reaksi yang termasuk reaksi reduksi dan oksidasi.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakanproses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
3)         Menanyakan reaksi-reaksi yang termasuk reaksi reduksi dan oksidasi.
4)         Menanyakan cara menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau ion.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang proses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangreaksi-reaksi yang termasuk reaksi reduksi dan oksidasi.
3)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangcara menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau ion.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanproses terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi.
3)         Menyimpulkanreaksi-reaksi yang termasuk reaksi reduksi dan oksidasi.
4)         Menyimpulkan cara menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa atau ion.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara reaksi oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Menyimpulkan materi mengenaireaksi redoks.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 8.1 halaman226.
c.         Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan II
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Pereduksi dan Pengoksidasi

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 8Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 8 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai pereduksi dan pengoksidasi.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangpereduksi dan pengoksidasi. 
1)         Bagaimana cara menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pereduksi dan pengoksidasi.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Membedakan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakan cara menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangcara menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkan cara menentukan pereduksi dan pengoksidasi dalam suatu reaksi redoks.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara pereduksi dan pengoksidasi.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Menyimpulkan materi mengenaipereduksi dan pengoksidasi.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 8.2 halaman227.
c.         Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan III

A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
2.         Menjelaskan proses pengolahan air limbah.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Aplikasi Reaksi Redoks

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 8Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 8 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mendiskusikannya terkait proses pengolahan air limbah. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangpenerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari. 
1)         Bagaimanakah penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari?
2)         Bagaimana reaksi redoks terjadi dalam baterai dan aki?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang aplikasi reaksi redoks.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamati penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
2)         Mengamati reaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
3)         Mengamati proses pengolahan air limbah.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakanpenerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
3)         Menanyakanreaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
4)         Menanyakan proses pengolahan air limbah.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangpenerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangreaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
3)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang proses pengolahan air limbah.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanpenerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
3)         Menyimpulkanreaksi redoks yang terjadi pada baterai dan aki.
4)         Menyimpulkan proses pengolahan air limbah.

Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari dengan proses pengolahan air limbah.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Menyimpulkan materi mengenaiaplikasi reaksi redoks.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 8.3 halaman 231.
c.         Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·      Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
·      Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio

2.         Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
1)         Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai reaksi reduksi-oksidasi.





2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.





3.
Menunjukkan rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Pencipta.





4.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.





5.
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1 - 5

2)         Kompetensi Inti II
a)         Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya     = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa                  : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..

No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Masuk kelas tepat waktu.



2.
Memakai seragam sesuai tata tertib.



3.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran.



4.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.



5.
Membawa buku teks mata pelajaran.



6.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran.



7.
Mengerjakan tugas yang diberikan.



8.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.



2.
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik.



3.
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).



4.
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 jawaban Ya

c.          Lembar Tes Tertulis
1)         H2S dapat dioksidasi oleh KMnO4 menghasilkan K2SO4 dan MnO2. Dalam reaksi tersebut setiap mol H2S melepaskan ….
a)            2 mol elektron
b)            4 mol elektron
c)            5 mol elektron
d)            7 mol elektron
e)            8 mol elektron
Jawaban: e
2)         Reaksi redoks berikut :
a H2O2(l) + b Fe2+(aq) → d Fe3+(aq) + e H2O(l)
harga a, b, dan c berturut-turut adalah….
a)            1,1,1
b)            1,2,3
c)            1,2,1
d)            2,2,1
e)            2,1,2
Jawaban: b
3)         Pada persamaan oksidasi reduksi berikut (belum setara)
KMnO4(aq) + KI(aq) + H2SO4 → MnSO4(aq) + I2(aq) + H2O(l)
bilangan oksidasi Mn berubah dari  ….
a)            +14 menjadi +8
b)            +7 menjadi +2
c)            +7 menjadi -4
d)            -1 menjadi +2
e)            -2 menjadi +2
Jawaban: b
4)         Bilangan oksidasi atom Cl tertinggi di antara senyawa berikut adalah ….
a)            KCl
b)            KClO
c)            CaCl2
d)            KClO3
e)            KClO2
Jawaban: d
5)         Bilangan oksida Cl dari -1 sampai dengan +7. Ion atau molekul manakah di bawah ini yang tidak dapat mengalami reaksi disproporsionasi atau autoredoks adalah ….
a)            Cl2 dan HClO4
b)            HCl dan HClO2
c)            ClO2 dan HClO3
d)            Cl2 dan KClO3
e)            Cl- dan NaClO4
Jawaban: e

d.         Lembar Portofolio
Sediakan 1 sendok makan garam dapur, tisu atau lap kering yang bersih, 100 - 150 mL asam cuka, mangkok plastik atau melamin, dan uang logam yang akan dibersihkan. Mula-mula, larutkan garam dalam asam cuka. Aduk hingga seluruh garam larut. Rendam uang logam dalam larutan tersebut selama 5 - 10 menit (Anda dapat menggunakan beberapa uang logam yang direndam dalam waktu yang berbeda untuk melihat pengaruh waktu perendaman dengan teliti). Kemudian, angkat uang logam dari larutan, lalu cuci uang logam dengan air yang mengalir. Keringkan dengan tisu atau lap kain. Apa yang Anda peroleh? Dapatkah Anda mengganti asam cuka dengan jus jeruk? Apa yang terjadi jika Anda tidak mencuci uang logam setelah perendaman? Anda dapat mengeksplorasi lebih banyak hal-hal menarik lainnya dengan mengembangkan kegiatan ini sesuai dengan kreativitas Anda.


Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                            
Kepala SMK Ma’arif NU                                                         Guru Mapel



H. ……, M.Pd                                                                          Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.                                                                                         NIP. -
itulah postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Reaksi Reduksi-Oksidasi semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.