Tuesday, March 7, 2017

SOAL ULANGAN HARIAN REPRODUKSI TUMBUHAN DAN HEWAN MAPEL IPA SMP KELAS 9

A. Pilihan Ganda
1.  Perhatikan ciri-ciri perkembangbiakkan berikut ini!
1). Sifat individu baru sama dengan induknya
2). Melibatkan dua induk
3). Individu baru berasal dari bagian tubuh induknya
4). Individu baru terjadi dari hasil pembuahaan
5). Individu baru bervariasi
    Yang merupakan ciri-ciri perkembangbiakkan generatif adalah…
a.       1, 2, 3
b.      2, 3, 4
c.       2, 4, 5
d.      3, 4, 5
2. Umbi akar pada dahlia dapat berfungsi sebagai alat perkembang biakan, jika … .
     a.  tunas dapat tumbuh pada bagian akarnya yang menggembung
     b.  akarnya menggembung dan berisi bahan makanan
     c.  mempunyai bagian yang merupakan sisa batang
     d.  dapat membentuk tunas adventif
3. Data ciri tumbuhan  untuk okulasi:

     Okulasi  dilakukan pada tumbuhan  yang bersifat ….
     a.  tumbuhan 1 berdaun lebat – tumbuhan 2 berbuah lebat
     b.  tumbuhan 1 berbuah baik – tumbuhan 2 berakar kuat
     c.  tumbuhan 1 berakar serabut – tumbuhan 2 berbuah jarang
     d.  tumbuhan 1 berkambium – tumbuhan 2 berakar serabut
4. Data ciri bunga:
  1. serbuk sari ringan dan banyak
  2. kepala sari menggantung
  3. kepala putik berperekat
  4. mahkota bunga berwarna putih
     Penyerbukan yang terjadi pada bunga dengan ciri tersebut adalah … .
     a.  antropogami      
     b.  anemogami       
     c   entomogami
     d. hidrogami
5. Perhatikan tabel berikut!
     Berdasarkan tabel di atas, yang merupakan bunga lengkap adalah jenis bunga … .
     a.  1                                                             c. 3
     b.  2                                                             d.4
6. Yang bukan termasuk ciri-ciri reproduksi generatif pada tumbuhan angiospermae adalah…
a.       Biji tertutup oleh daun buah             c.   Bunga bervariasi
b.      Terjadi pembuahan tunggal               d.   Terjadi pembuahan ganda
7. Pemencaran tanaman dengan bantuan kelelawar disebut…
a.       Entomokori              
b.      Mamokori                 
c.       Kiroptorokori
d.   Ornitokori
8. Penyerbukan yang terjadi pada bunga yang belum mekar disebut…
a.       Kleistogami             
b.      Geitonogami             
c.   Dikogami
d.   Alogami
     9 . Perhatikan gambar berikut ini !

   

Gambar di atas menunjukkan proses perkembangbiakkan aseksual pada hewan rendah dengan    cara...
a.    fragmentasi
b.    pembelahan biner
c.     pertunasan
d.    pembentukan spora
10. Bagian telur berikut ini, yang bernomor 5 adalah … .
     a.  kalaza    
     b.  cangkang
     c.  albumen
     d.  tali embrio

B. Essay
1.      Bagaimanakah perkembangan ovum dalam pembuahan pada tumbuhan angiospermae! Jelaskan !
2.      Apakah  ciri-ciri reproduksi generatif pada tumbuhan gymnospermae! Jelaskan !
3.      Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam siklus hidupnya mengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?
4.      Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur. Telur ayam yang dihasilkan oleh ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!

KUNCI JAWABAN
Pilihan Ganda
1.         C
2.         C
3.         B
4.         B
5.         D
6.         B
7.         C
8.         A
9.         A
10.     A
Essay
1. Ciri-ciri reproduksi generatif pada tumbuhan gymnospermae
1)      Biji terbuka atau tidak dibungkus oleh daun buah
2)      Bunga kecil-kecil atau tidak memiliki mahkota bunga
3)      Penyerbukan berarti jatuhnya serbuk sari pada ruang tetes penyerbukan
4)      Terjadi pembuahan tunggal
2. Perkembangan ovum dalam pembuahan pada tumbuhan angiospermae:
Pada angiospermae gamet betina dibentuk di dalam bakal biji atau kantung lembaga. Pada bagian ini terdapat sel induk megaspora yang diploid. Sel ini akan membelah secara meiosis dan dari satu sel induk kantung lembaga membentuk 4 sel yang haploid. Tiga sel akan mereduksi dan lenyap tinggal 1 yang berkembang. Selanjutnya, sel ini membelah secara mitosis 3 kali dan terbentuklah 8 sel. Dari sel yang berjumlah 8 ini,3 sel akan bergerak menuju arah yang berlawanan dengan mikropil (disebut sel antipoda), 2 sel lainnya menjadi kandung lembaga sekunder, dan 3 sel terakhir menuju ke dekat mikropil. Dari 3 sel ini, yang dua menjadi sinergid dan satu menjadi sel telur. Dalam keadaan seperti ini kandung lembaga sudah masak dan siap dibuahi. Putik yang sudah masak biasanya mengeluarkan cairan lengket pada ujungnya yang berfungsi sebagai tempat melekatnya serbuk sari.
3. Upaya yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan, diantaranya adalah:
1)      menerapkan 3M untuk mencegah telur nyamuk tumbuh dan berkembang dengan cara menutup tempat penampungan air, mengeuras tempat penampungan air secara rutin maksimal 1 minggu 1 kali, dan mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air;
2)       menguras penampungan air yang di dalamnya terdapat larva nyamuk atau memberikan obat, baik obat alami (seperti ektrak tanaman) maupun obat abate tempat penampungan air yang di dalamnya terdapat larva nyamuk untuk mencegah perkembangan larva nyamuk
4.        Ayam petelur tidak dihasilkan melalui proses fertilisasi tetapi dihasilkan dari pemberian zat kimia tertentu pada induk ayam petelur, sehingga dapat menghasilkan telur. Oleh karenanya telur yang dihasilkan tidak mengandung embrio dan bila dierami tidak akan menetas

PENSKORAN

No
Tipe soal
Jumlah soal
Skor masing-masing soal
Skor maksimal
1
Pilihan Ganda
10
10
10
2
Essay
4
5
20
Total skor


30

Penilaian

N =  jumlah skor yang diperoleh     x  100
                Jumlah skor maksimal

Tabel Penskoran
No
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
1
30
100
2
29
96.7
3
28
93,3
4
27
90
5
26
86,7
6
25
83,3
7
24
80
8
23
76,7
9
22
73,3
10
21
70
11
20
66,7
12
19
63,3
13
18
60
14
17
56,7
15
16
53,3


LAMPIRAN 5
PENILAIAN KETERAMPILAN


Keterampilan
                                   a.            Teknik Penilaian       :Tes Praktik, Projek
                                   b.            Bentuk Instrumen     : Check list
                                   c.            Kisi-kisi:

c.       Format nilai keterampilan

NAMA SISWA: ....................            TANGGAL: ..................... .KELAS: .......................
NO
ASPEK YANG DINILAI
TINGKAT KEMAMPUAN
1
2
3
4
1
Merumuskan masalah percobaan




2
Persiapan alat dan bahan




3
Merancang alat percobaan




4
Melakukan percobaan




5
Menyusun laporan




7
Mempresentasikan  hasil





JUMLAH





Kriteria penskoran                                          
1.Baik sekali    4                                                                                 
2.Baik              3                                                                                 
3.Cukup          2                                                                                 
4.Kurang         1                                                         


Penilaian Projek

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
1.            1
Menyelesaikan Tugas Projek

2.            2
 Membuat pelaporan


Itulah postingan tentang SOAL ULANGAN HARIAN REPRODUKSI TUMBUHAN DAN HEWAN MAPEL IPA SMP KELAS 9 semoga bermanfaat. salam.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.