RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester : IX/II
Materi Pembelajaran : Seni Grafis
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya
diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasii, membuat dan
mencipta) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan
keunikan karya seni rupa modern sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai,jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian.
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya.
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri, motivasi internal,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.3 Memahami konsep
dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
4.3 Membuat
karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
C.
Indikator
Pembelajaran
3.3.1
Siswa dapat menjelaskan
pengertian seni grafis.
3.3.2
Siswa dapat menyebutkan teknik-teknik pembuatan
seni grafis.
3.3.3
Siswa dapat menjelaskan pengertian seni grafis
dengan teknik cetak saring/sablon.
3.3.4
Siswa dapat menyebutkan
media dalam berkarya seni grafis.
3.3.5
Siswa dapat mengidentifikasi
berbagai alat untuk berkarya
seni grafis dengan teknik
cetak saring/sablon.
4.3.1
Siswa dapat membuat
karya seni grafis teknik cetak saring/sablon sederhana.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
Seni Grafis
· Seni grafis adalah karya seni rupa yang proses
pembuatannya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas dan mampu
menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak.
· Jenis Seni Grafis berdasarkan teknik pembuatannya:
1. Cetak Tinggi : proses dari cetakan
yang dicukil sehingga membentuk relief
2. Cetak Saring/Sablon : proses cetakan
menggunakan kain screen/kain yang dilapisi bahan peka cahaya
3. Cetak Dalam/Intaglio : proses
pembuatannya menggunakan cetakan dari aluminium yang ditoreh dengan alat yang
runcing dan tajam
4. Cetak Datar : proses melalui
pemotretan dengan kamera, pencucian dan pencetakan
Contoh-contoh hasil karya seni grafis :
1. Cetak Tinggi :
2. Cetak Dalam/Intaglio
3. Cetak Datar
4. Cetak Saring
·
Media,
bahan dan alat dalam seni grafis
1. Bahan/media : Papan kayu/wood/hardboard,
kertas, triplek, karet, batu, aluminium, kain screen, pewarna
2. Alat : Cut wood/pencukil kayu,
paku/logam yang runcing, pensil, tinta hitam, gunting, rakel karet, pisau,
cutter dan gergaji, meja kaca
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Membuat
cetak tinggi
Pembuatan
gambar dengan teknik cetak tinggi dapat menghasilkan karya yang menarik, yang
berbeda dengan gambar atau lukisan lain yang pernah kamu buat. Proses pembuatannya
cukup mudah :
a. Buat sketsa gambar terlebih dulu
pada acuan cetak.
b. Cukil dan pahatlah dengan pahat
grafis atau pahat coret. Artinya, bagian yang tidak boleh terkena tinta dibuang.
c. Ratakan tinta di atas kaca dengan
menggunakan rol.
d. Beri tinta pada permukaan acuan
cetak dengan menggunakan rol.
e. Letakkan acuan cetak di atas kertas
(posisi cetakan menghadap ke bawah menempel kertas).
f. Untuk mendapatkan hasil yang
maksimal, tekan permukaan kertas dengan menggunakan rol.
g. Angkat kertas perlahan-lahan dari
permukaan acuan cetak.
h. Hasil karya yang dibuat sudah
selesai.
3. Materi Pembelajaran Remidial
a.
Jenis
seni grafis berdasarkan teknik pembuatannya
- Cetak Tinggi
- Cetak Saring/Sablon
- Cetak Dalam/Intaglio
- Cetak Datar
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
1)
Mengucapkan salam dan berdoa
2)
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta
didik
3)
Apersepsi: menunjukkan contoh
karya-karya seni grafis untuk membangkitkan minat peserta didik
4)
Mengkaitkan pembelajaran dengan
lingkungan sekitar
5)
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (55menit)
1) Mengamati
· Mengamati
karya-karya seni grafis melalui LCD
· Mencatat
hasil pengamatan
2) Menanya
· Memberi
motivasi kepada siswa untuk bertanya
· Mempersilahkan
siswa untuk bertanya
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain
untuk ikut menjawab pertanyaan
·
Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
·
Siswa mencoba menggali jawaban dari
pertanyaan esensial yang telah ada.
·
Guru sebagai fasilitator
3) Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari informasi di internet
·
Mencari informasi pada buku-buku terkait
di perpustakaan
·
Mencari pengertian tentang seni grafis
·
Mencari berbagai teknik untuk
menciptakan seni grafis
·
Mencoba mengenal beberapa media, bahan
dan alat yang dapat digunakan untuk berkarya seni grafis yang dimiliki
4) Mengasosiasi
·
Menyusun hasil dari informasi berbagai
sumber
·
Menuliskan kesimpulan yang diperoleh
dari informasi
·
Menyimpulkan berbagai teknik dan memilih
alat yang tepat bagi dirinya/siswa untuk
disiapkan dalam berkarya seni grafis.
·
Menyimpulkan dan memilih media yang
tepat bagi dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya seni grafis
5) Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil kesimpulan
tentang pengertian seni grafis, dengan berbagai teknik, media, bahan dan alat
c.
Kegiatan Penutup (15menit)
1) Guru
bersama-sama siswa menyimpulkan pengertian seni grafis
2) Guru
bersama siswa siswa menyimpulkan berbagai teknik dalam berkarya seni grafis
3) Guru
bersama siswa siswa menyimpulkan berbagai media, bahan dan alat berkarya seni
grafis
4) Guru
bersama-sama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran
yang telah dicapai.
5) Guru
memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan
pembelajaran berikutnya.
6) Berdoa
dan salam
2. Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Awal/Pendahuluan (10menit)
1) Mengucapkan
salam dan berdoa
2) Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
3) Apersepsi:
menunjukkan contoh karya-karya seni grafis untuk membangkitkan minat peserta
didik
4) Mengkaitkan
pembelajaran dengan lingkungan sekitar
5) Menyampaikan
tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (55menit)
1) Mengamati
·
Mengmati karya grafis cetak saring/cetak
sablon melalui LCD
·
Mencatat hasil pengamatan
·
Menayangkan kembali sekilas seni grafis
cetak saring/cetak sablon yang telah disiapkan oleh guru pada pembelajaran
sebelumnya
·
Memberikan satu contoh karya seni
grafis melaui LCD
2) Menanya
·
Memberi motivasi kepada siswa untuk
bertanya tentang cetak saring/cetak sablon
·
Mempersilahkan siswa untuk bertanya
teknik cetak saring/cetak sablon
·
Mempersilahkan siswa untuk bertanya
tentang media, bahan dan alat untuk berkaryaseni grafis cetak saring/cetak
sablon
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain
untuk ikut menjawab pertanyaan
·
Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
·
Siswa mencoba menggali jawaban dari
pertanyaan esensial yang telah ada.
·
Guru sebagai fasilitator
3) Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil kesimpulan
tentang seni grafis cetak saring/cetak sablon, teknik media, bahan dan alat
c.
Kegiatan Penutup (15menit)
1) Guru
bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni grafis cetak
saring/cetak sablon, teknik, media,bahan dan alat .
2) Guru
bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil
pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru
memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan
pembelajaran berikutnya.
4) Berdoa
dan salam
3. Pertemuan
Ketiga
a.
Kegiatan Awal/Pendahuluan (10menit)
1) Mengucapkan
salam dan berdoa
2) Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
3) Apersepsi:
menunjukkan contoh karya desain seni grafis cetak saring/cetak sablon untuk
membangkitkan minat peserta didik
4) Mengaitkan
pembelajaran dengan lingkungan sekitar sebagai sumber ide untuk berkarya seni
grafis cetak saring/cetak sablon
5) Menyampaikan
tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (55menit)
1) Mengamati
·
Mengmati desain seni grafis cetak
saring/cetak sablon melalui LCD
·
Mencatat hasil pengamatan
·
Memberikan contoh seni grafis cetak
saring/cetak sablon melaui LCD
·
Dan mengerjakan lembar kerja yang telah
disiapkan
2) Menanya
·
Memberi motivasi kepada siswa untuk
bertanya cara menerapkan alam lingkungan sekitar sebagai sumber ide untuk
menciptakan seni grafis cetak saring/cetak sablon
·
Mempersilahkan siswa untuk bertanya
pengertian desain cetak saring/cetak sablon
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain
untuk ikut menjawab pertanyaan
·
Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
·
Siswa mencoba menggali jawaban dari
pertanyaan esensial yang telah ada.
·
Guru memberikan pertanyaan esensial “ membuat desain seni grafis cetak saring/cetak
sablon
·
Guru sebagai fasilitator
3) Mengumpulkan
Informasi
·
Mengumpulkan berbagai sumber
terkait suatu topik ( pertanyaan
esensial ) yang berkaitan dengan penugasan.
·
Merencanakan kegiatan yang berkaitan
dengan jawaban pertanyaan esensial yang meliputi:
- Tata
cara membuat desain cetak saring/setak sablon berkaitan dengan proyek/penugasan
- Guru
bersama siswa menyusun jadwal dengan isi beberapa tahapan: timeline, deadline,
membawa siswa untuk mendapatkan cara baru,pembimbingan,alasan membuat desain
bagi siswa dalam berkarya seni grafis
cetak saring/sablon secara sederhana.
- Disusun dalam lembar kerja
·
Mencoba membuat desain cetak
saring/cetak sablon
·
Mencoba memilih alam lingkungan sekitar
sebagai sumber ide yang tepat untuk membuat karya seni grafis cetak saring/sablon
4) Mengasosiasi
·
Menyimpulkan dan memilih desain yang di
buat siswa untuk disiapkan dalam berkarya
·
Membuat desain seni grafis cetak
saring/cetak sablon
·
Monitoring untuk menfasilitasi siswa
pada tahapan setiap proses
·
Mengukur pencapaian hasil sesuai
perencanaan
5) Mengkomunikasikan
·
Menguji hasil dengan
mempresentasikan hasil karya desain
cetak saring/cetak sablon dengan cara menunjukkan dan memberikan konsep
pembuatan karya enseni grafis yang siswa
buat
·
Evaluasi / refleksi dari pengalaman
pembuatan karya desain cetak saring/cetak sablon
c.
Kegiatan Penutup (15menit)
1) Guru
bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian desain seni grafis cetal
saring/cetak sablon.
2) Guru
bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil
pembelajaran yang telah dicapai.
3) Guru
memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan
pembelajaran berikutnya.
4) Berdoa
dan salam
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik
penilaian
a. Pengetahuan
1) Tes
Tertulis Uraian
2) Penugasan
b. Ketrampilan
1) Proyek
2) Produk
- Media / Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media / Alat:
-
Laptop
2.
Sumber Belajar:
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk
SMP/MTs Kelas IX.
Buku-buku lain yang relevan.
Informasi melalui internet.
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila
H. Hasan, M.Pd
NIP.-
|
Jatibarang,
Januari 2017
Guru Mata
Pelajaran
Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Semester 2 Bab Seni Rupa Kurtilas semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.