Friday, March 17, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Semester 2 Bab Seni Rupa Kurtilas



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMP PANCASILA
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester             : IX/II
Materi Pembelajaran   : Seni Grafis
Alokasi Waktu             : 6 JP (3 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1     : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2    : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3    : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4    : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa modern  sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan.
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.
2.2     Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya.
2.3     Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.
3.3     Memahami  konsep  dan prosedur karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
4.3     Membuat karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.

C.    Indikator Pembelajaran
3.3.1        Siswa dapat menjelaskan pengertian seni grafis.
3.3.2        Siswa dapat menyebutkan teknik-teknik pembuatan seni grafis.
3.3.3        Siswa dapat menjelaskan pengertian seni grafis dengan teknik cetak saring/sablon.
3.3.4        Siswa dapat menyebutkan media dalam berkarya seni grafis.
3.3.5        Siswa dapat mengidentifikasi  berbagai alat untuk  berkarya seni grafis dengan teknik cetak saring/sablon.
4.3.1         Siswa dapat membuat karya seni grafis teknik cetak saring/sablon sederhana.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Seni Grafis
·      Seni grafis adalah karya seni rupa yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas dan mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak.
·      Jenis Seni Grafis berdasarkan teknik pembuatannya:
1.   Cetak Tinggi : proses dari cetakan yang dicukil sehingga membentuk relief
2.   Cetak Saring/Sablon : proses cetakan menggunakan kain screen/kain yang dilapisi bahan peka cahaya
3.   Cetak Dalam/Intaglio : proses pembuatannya menggunakan cetakan dari aluminium yang ditoreh dengan alat yang runcing dan tajam
4.   Cetak Datar : proses melalui pemotretan dengan kamera, pencucian dan pencetakan
Contoh-contoh hasil karya seni grafis :
1.    Cetak Tinggi :
                               

2.    Cetak Dalam/Intaglio
    

3.    Cetak Datar
                           
                    
4.    Cetak Saring
                             
·      Media, bahan dan alat dalam seni grafis
1.   Bahan/media : Papan kayu/wood/hardboard, kertas, triplek, karet, batu, aluminium, kain screen, pewarna
2.   Alat : Cut wood/pencukil kayu, paku/logam yang runcing, pensil, tinta hitam, gunting, rakel karet, pisau, cutter dan gergaji, meja kaca
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Membuat cetak tinggi
Pembuatan gambar dengan teknik cetak tinggi dapat menghasilkan karya yang menarik, yang berbeda dengan gambar atau lukisan lain yang pernah kamu buat. Proses pembuatannya cukup mudah :
a.       Buat sketsa gambar terlebih dulu pada acuan cetak.
b.      Cukil dan pahatlah dengan pahat grafis atau pahat coret. Artinya, bagian yang tidak boleh terkena tinta dibuang.
c.       Ratakan tinta di atas kaca dengan menggunakan rol.
d.      Beri tinta pada permukaan acuan cetak dengan menggunakan rol.
e.       Letakkan acuan cetak di atas kertas (posisi cetakan menghadap ke bawah menempel kertas).
f.       Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tekan permukaan kertas dengan menggunakan rol.
g.      Angkat kertas perlahan-lahan dari permukaan acuan cetak.
h.      Hasil karya yang dibuat sudah selesai.
3.      Materi Pembelajaran Remidial
a.     Jenis seni grafis berdasarkan teknik pembuatannya
-       Cetak Tinggi
-       Cetak Saring/Sablon
-       Cetak Dalam/Intaglio
-       Cetak Datar

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
                                     a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10menit)
1)        Mengucapkan salam dan berdoa
2)        Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
3)        Apersepsi: menunjukkan contoh karya-karya seni grafis untuk membangkitkan minat peserta didik
4)        Mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
5)        Menyampaikan tujuan pembelajaran
                                     b.      Kegiatan Inti (55menit)
1)      Mengamati
·       Mengamati karya-karya seni grafis melalui LCD
·       Mencatat hasil pengamatan
2)      Menanya
·       Memberi motivasi kepada siswa untuk bertanya
·       Mempersilahkan siswa untuk bertanya
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut menjawab pertanyaan
·           Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
·           Siswa mencoba menggali jawaban dari pertanyaan esensial yang telah ada.
·           Guru sebagai fasilitator
3)      Mengumpulkan Informasi
·           Mencari informasi di internet
·           Mencari informasi pada buku-buku terkait di perpustakaan
·           Mencari pengertian tentang seni grafis
·           Mencari berbagai teknik untuk menciptakan seni grafis
·           Mencoba mengenal beberapa media, bahan dan alat yang dapat digunakan untuk berkarya seni grafis yang dimiliki

4)      Mengasosiasi
·           Menyusun hasil dari informasi berbagai sumber
·           Menuliskan kesimpulan yang diperoleh dari informasi
·           Menyimpulkan berbagai teknik dan memilih alat  yang tepat bagi dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya seni grafis.
·           Menyimpulkan dan memilih media yang tepat bagi dirinya/siswa untuk disiapkan dalam berkarya seni grafis
5)      Mengkomunikasikan
·           Mempresentasikan hasil kesimpulan tentang pengertian seni grafis, dengan berbagai teknik, media, bahan dan alat
                                     c.      Kegiatan Penutup (15menit)
1)      Guru bersama-sama siswa menyimpulkan pengertian seni grafis
2)      Guru bersama siswa siswa menyimpulkan berbagai teknik dalam berkarya seni grafis
3)      Guru bersama siswa siswa menyimpulkan berbagai media, bahan dan alat berkarya seni grafis
4)      Guru bersama-sama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
5)      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
6)      Berdoa dan salam

2.      Pertemuan Kedua
a.                                                                             Kegiatan Awal/Pendahuluan (10menit)
1)      Mengucapkan salam dan berdoa
2)      Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
3)      Apersepsi: menunjukkan contoh karya-karya seni grafis untuk membangkitkan minat peserta didik
4)      Mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar
5)      Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.                                                                            Kegiatan Inti (55menit)
1)      Mengamati
·           Mengmati karya grafis cetak saring/cetak sablon melalui LCD
·           Mencatat hasil pengamatan
·           Menayangkan kembali sekilas seni grafis cetak saring/cetak sablon yang telah disiapkan oleh guru pada pembelajaran sebelumnya
·           Memberikan satu contoh karya seni grafis  melaui LCD
2)      Menanya
·           Memberi motivasi kepada siswa untuk bertanya tentang cetak saring/cetak sablon
·           Mempersilahkan siswa untuk bertanya teknik cetak saring/cetak sablon
·           Mempersilahkan siswa untuk bertanya tentang media, bahan dan alat untuk berkaryaseni grafis cetak saring/cetak sablon
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut menjawab pertanyaan
·           Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
·           Siswa mencoba menggali jawaban dari pertanyaan esensial yang telah ada.
·           Guru sebagai fasilitator
3)      Mengomunikasikan
·           Mempresentasikan hasil kesimpulan tentang seni grafis cetak saring/cetak sablon, teknik media, bahan dan alat
c.                                                                             Kegiatan Penutup (15menit)
1)      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni grafis cetak saring/cetak sablon, teknik, media,bahan dan alat .
2)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)      Berdoa dan salam

3.      Pertemuan Ketiga
a.                                                                                                                                                     Kegiatan Awal/Pendahuluan (10menit)
1)      Mengucapkan salam dan berdoa
2)      Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
3)      Apersepsi: menunjukkan contoh karya desain seni grafis cetak saring/cetak sablon untuk membangkitkan minat peserta didik
4)      Mengaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar sebagai sumber ide untuk berkarya seni grafis cetak saring/cetak sablon
5)      Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.                                                                                                                                                    Kegiatan Inti (55menit)
1)      Mengamati
·           Mengmati desain seni grafis cetak saring/cetak sablon melalui LCD
·           Mencatat hasil pengamatan
·           Memberikan contoh seni grafis cetak saring/cetak sablon  melaui LCD
·           Dan mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan
2)      Menanya
·           Memberi motivasi kepada siswa untuk bertanya cara menerapkan alam lingkungan sekitar sebagai sumber ide untuk menciptakan seni grafis cetak saring/cetak sablon
·           Mempersilahkan siswa untuk bertanya pengertian desain cetak saring/cetak sablon
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut menjawab pertanyaan
·           Mengekplorasi pertanyaan dari siswa
·           Siswa mencoba menggali jawaban dari pertanyaan esensial yang telah ada.
·           Guru memberikan pertanyaan esensial membuat desain seni grafis cetak saring/cetak sablon
·           Guru sebagai fasilitator

3)      Mengumpulkan Informasi
·           Mengumpulkan berbagai sumber terkait  suatu topik ( pertanyaan esensial ) yang berkaitan dengan penugasan.
·           Merencanakan kegiatan yang berkaitan dengan jawaban pertanyaan esensial yang meliputi:
-       Tata cara membuat desain cetak saring/setak sablon berkaitan dengan proyek/penugasan
-       Guru bersama siswa menyusun jadwal dengan isi beberapa tahapan: timeline, deadline, membawa siswa untuk mendapatkan cara baru,pembimbingan,alasan membuat desain bagi siswa  dalam berkarya seni grafis cetak saring/sablon secara sederhana.
-       Disusun  dalam lembar kerja
·           Mencoba membuat desain cetak saring/cetak sablon
·           Mencoba memilih alam lingkungan sekitar sebagai sumber ide yang tepat untuk membuat karya seni grafis cetak saring/sablon
4)      Mengasosiasi
·           Menyimpulkan dan memilih desain yang di buat siswa untuk disiapkan dalam berkarya
·           Membuat desain seni grafis cetak saring/cetak sablon
·           Monitoring untuk menfasilitasi siswa pada tahapan setiap proses
·           Mengukur pencapaian hasil sesuai perencanaan
5)      Mengkomunikasikan
·           Menguji hasil dengan mempresentasikan  hasil karya desain cetak saring/cetak sablon dengan cara menunjukkan dan memberikan konsep pembuatan  karya enseni grafis yang siswa buat
·           Evaluasi / refleksi dari pengalaman pembuatan karya desain cetak saring/cetak sablon
c.                                                                                                                                                     Kegiatan Penutup (15menit)
1)      Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian desain seni grafis cetal saring/cetak sablon.
2)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3)      Guru memberikan tugas individual untuk menyiapkan bahan dan alat untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.
4)      Berdoa dan salam

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik penilaian
a.       Pengetahuan
1)      Tes Tertulis Uraian
2)      Penugasan
b.      Ketrampilan
1)      Proyek
2)      Produk

  1. Media / Alat,  Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media / Alat:
-                                                           Laptop
2.      Sumber Belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX.
Buku-buku lain yang relevan.
Informasi melalui internet.





Mengetahui,
              Kepala SMP Pancasila





H. Hasan, M.Pd
              NIP.-
               Jatibarang, Januari 2017              

                 Guru Mata Pelajaran




         Amalia Ratnasari, S.Pd
         NIP. -

 itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP Semester 2 Bab Seni Rupa Kurtilas semoga bermanfaat




  

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.