RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP PANCASILA JATIBARANG
Kelas : VIII (delapan)
Semester : Ganjil /Genap
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Rupa)
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
keingintahuannya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif, pro-aktif, dan peduli terhadap
lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.3
Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna dan
geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.3
Menerapkan ragam hias
flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
1. Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber
pembelajaran tentang prosedur penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
2. Membuat disain / sketsa tentang
gagasan berkarya seni rupa tentang prosedur penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik berdasarkan hasil eksplorasi
siswa masing-masing
3. Mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperimenting
atau mencoba) tentang penerapan ragam
hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai
teknik dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa
masing-masing.
4. Mempublikasi / memamerkan karya seni rupa (networking atau membuat
jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.
D. SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH)
PEMBELAJARAN
KEGI
ATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan Awal
|
Kegiatan awal pembelajaranoleh
guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru
membuka pembelajaran seni budaya (rupa) dengan mengucapkan salam, mengabsen
dan menanyakan keadaaan kelas.
2. Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa pada bulan ini, yakni untuk
berkarya tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
3. Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VIII
untuk yakin diri dapat membuat karya seni rupa tentang penerapan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
|
10 MENIT
|
Kegiatan inti
|
Kegiatan inti
pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.
Pembagian
kelompok siswa SMP kelas VIII menjadi kelompok.
2.
Masing-masing
kelompok membuat komitmen untuk bekerja sama yang diwujudkan dalam bentuk
berbagi tugas yang seimbang antarsiswa.
3.
Masing-masing
kelompok menyusun strategi dan cara kerja eksplorasi tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik dengan berbagai sumber belajar agar optimal.
4.
Masing-masing
siswa mendiskusikan alokasi waktu penyelesaian mengenai tugaseksplorasi tentang
penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
5.
Guru
memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa dalam melaksanakan ekplorasi tentang
penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
|
60 MENIT
|
Pertemuan
2
1. Guru memberi penguatan untuk
memanfaatkan hasil eksplorasi masing-masing kelompok siswa untuk mewujudkan
menjadi rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
2. Masing-masing siswa kelas
VIII dalam kelompoknya mengumpulkan dan mendiskusikan hasil eksplorasi para anggotanya untuk menjadi rancangan
karya / desain / sketsa tentang penerapan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
3. Para anggota kelompok secara
aktif memilih dan menentukan satu karya seni rupa yang akan dirancang /
didesain / dibuat sketsa tentang penerapan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
4.
Melaksanakan
pembuatan desain / sketsa tentang penerapan ragam hias flora,
fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik dengan memperhatikan semua ide / gagasan keseluruhan
anggota kelompok.
5. Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa kelas
VIII yang kesulitan membuat rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
|
60 MENIT
|
|
Pertemuan
3
1. Guru memberi penguatan
pembelajaran, agar rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik minggu terdahulu diwujudkan
dalam karya seni rupa yang jadi
2.
Masing-masing
kelompok siswa kelas VIII menyiapkan peralatan dan bahan berkarya seni rupa penerapan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
3.
Setiap
siswa disiplin dan berperan aktif di kelompoknya masing masing untuk
mewujudkan karya seni rupa tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.
Semua
anggota kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan karya seni rupa /
memfinishing tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik dengan
rasa penuh tanggung jawab.
5.
Guru
memposisikan diri sebagai mentor dan
mendampingi kelompok siswa yang kesulitan dalam mewujudkan karya seni rupa tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada
kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
|
60 MENIT
|
|
Pertemuan
4
1.
Guru memberi penguatan agar hasil karya seni rupa yang sudah dihasikan
tentang penerapan ragam hias flora,
fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik segera
dipublikasikan/ dipamerkan.
2.
Masing-masing
kelompok aktif mendiskusikan tentang informasi tentang media, cara dan tempat
untuk mempublikasikan/ memamerkan karya seni rupa yang telah dibuatnya kepada
orang lain.
3.
Masing-masing
individu bekerja sama membuat jejaring (networking) dengan cara mengundang/mengapload/ facebook, internet,
dll., kepada siswa kelas/para guru dan
kepala sekolah/para orang tua/khalayak umum/dll., untuk mendapat diapresiasi.
4.
Masing-masing
siswa bertanggung jawab dengan cara berbagi tugas untuk kesuksesan publikasi/pameran
karya seni rupa yang telah dibuat.
5.
Guru
memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa Kelas VIII yangkesulitan
dalam melaksanakan publikasi/pameran karya seni rupa kepada orang lain.
|
60 MENIT
|
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup
pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru
melaksanakantindak lanjut pembelajaran di kelas VIII SMP dengan cara memberi
pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat, mempublikasi karya
seni rupa pada minggu berikutnya.
2.
Guru
dan siswa Kelas VIII melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara penilaian
kinerja, penilaian projek, penilaian portofoliodan penilaian laporan.
|
10 MENIT
|
E. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1. Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang penerapan ragam hias
flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
2. Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang penerapan ragam hias flora, fauna dan
geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
3. Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang penerapan ragam hias flora,
fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4. Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentang penerapan ragam hias
flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
F. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Pendekatan Scientific
2.
Model Pembelajaran
: Model pembelajaran based projek.
G. EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Penililaian kinerja siswa (aktivitas belajar)
2. Penilaian hasil projek (hasil belajar berkarya)
3. Penilian fortopolio (sikap belajar mnghargai/apresiasi)
4. Penilaian tes tertulis (laporan) (Tidak diperlukan)
H.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat
dan bahan : Disesuiakan dengan KD
2. Sumber
belajar : (1)Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran Seni budayaKurikulum
2014 Penerbit BNSP, Jakarta; (2) Sumber
media internet; (3)Sumber media masa (TV, Koran, majalah, dll; (4) Moment
pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; (5) Kegiatan kesenian di lingkungan
setempat, dll.
Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila
.............................................
NIP.
|
Jatibarang,
Januari 2017
Guru
Mata Pelajaran
Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -
|
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap Spiritual
Kelas VIII ....
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Memberi salam pada saat awal dan akhir
bertanya/presentasi
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Menjalankan ibadah tepat waktu
|
Bersyukur atas ilmu, nikmat, dan
karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Memelihara
hubungan baik dengan sesama teman umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA
2 NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A. Nilai
berkisar 0
– 100
B. KKM Mapel
77
C. Penentuan
Nilai dan Predikat :
1.
A(Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
2.
B (Baik) dengan rentang nilai 81 –90
3.
C (Cukup Baik) dengan
rentang nilai 71 – 80
4.
D (Kurang Baik) dengan
rentang nilai 61 – 70
2. Penilaian
Sikap Sosial
Kelas VIII ....
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA
2 NILAI
|
||||
Disiplin
|
Percaya Diri
|
‘’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Kerjasama
|
Toleransi
|
Santun
|
Tanggung-jawab
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA
2 NILAI
|
|||
Jujur
dalam ulangan (tidak nyontek) dan jujur dalam berkarya (tidak dibuatkan orang
lain)
|
Menghargai karya seni
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA
SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA
2 NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar : 0 – 100
B.
KKM Mapel : 77
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A(Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81 –90
c. C (Cukup Baik) dengan
rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
3. Penilaian
Pengetahuan
1. Penilaian Pengetahuan dapat berbentuk:
a.
Tes
Tulis
b.
Tes
Lisan
c.
Penugasan
2. Penilaian Pengetahuan terdiri dari:
a.
Nilai
Harian
b.
Nilai
UTS
c.
Nilai
UAS/UKK
3. Rumus
Nilai Pengetahuan : 2 NH + UTS + UAS/UKK : 4
4. Penilaian
Keterampilan
1. Penilaian Proses / Kinerja
Tulis
Jenis Kinerja sesuai KD / Indikator ..................................
No
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK PENILAIAN
(Disesuaikan)
|
RATA
2 NILAI
|
|||
...............
|
...............
|
...............
|
...............
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 77
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
2. Penilaian Proyek
Tulis Jenis Proyek (Pameran Karya Seni Rupa): Pameran
No
|
NAMA
SISWA / KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA
2 NILAI
|
KET.
|
||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
|
||||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Tahap Perencanaan:
1. Rumusan
judul atau Tema Pameran
2. Penyusunan
Proposal Pameran
3. Pembentukan
Kepanitiaan
4. Dsb.
B.
Tahap Pelaksanaan :
1. Kinerja
Kepanitiaan
2. Kualitas
Karya
3. Penataan
Karya
4. Dekorasi
Stand dsb.
C.
Tahap Pelaporan :
1. Penyusunan
Laporan Kegiatan
2. Dsb
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 77
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81
–90
c.
C (Cukup
Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang
Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
3. Penilaian Portofolio
Tulis Jenis Portofolio yang dikerjakan
No
|
NAMA
SISWA / KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA
2 NILAI
|
KET.
|
||
Karya ke 1 dari
Pembelajaran 1
|
Karya
ke 2 dari
Pembelajaran 2
|
...........
|
||||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 77
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat Baik) dengan
rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik) dengan rentang
nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP Bab Seni Rupa Kurtilas semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.