Sunday, March 19, 2017

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP Bab Seni Rupa Kurtilas




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP PANCASILA JATIBARANG
Kelas                          : VIII (delapan)
Semester                    : Ganjil /Genap
Mata Pelajaran           : Seni Budaya (Rupa)
Alokasi Waktu           : 8 x 40 menit (4 pertemuan)


A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap seni musik  sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3  Menunjukkan sikap responsif, pro-aktif, dan peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.3 Memahami konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.3 Menerapkan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

C.  INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.    Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang prosedur penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
2.    Membuat disain /  sketsa tentang gagasan berkarya seni rupa tentang prosedur penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing
3.    Mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
4.    Mempublikasi / memamerkan karya seni rupa (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.

 D.  SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH) PEMBELAJARAN

KEGI
ATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya (rupa) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni rupa pada bulan ini, yakni untuk berkarya tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
3.      Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VIII untuk yakin diri dapat membuat karya seni rupa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

10  MENIT
Kegiatan inti

Kegiatan inti pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.      Pembagian kelompok siswa SMP kelas VIII menjadi kelompok.
2.      Masing-masing kelompok membuat komitmen untuk bekerja sama yang diwujudkan dalam bentuk berbagi tugas yang seimbang antarsiswa.
3.      Masing-masing kelompok menyusun strategi dan cara kerja eksplorasi tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik dengan berbagai sumber belajar agar optimal.
4.      Masing-masing siswa mendiskusikan alokasi waktu penyelesaian mengenai tugaseksplorasi tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
5.      Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi  kelompok siswa dalam melaksanakan ekplorasi tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik




60  MENIT



    Pertemuan 2
1.      Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil eksplorasi masing-masing kelompok siswa untuk mewujudkan menjadi rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
2.      Masing-masing siswa kelas VIII dalam kelompoknya mengumpulkan dan  mendiskusikan hasil eksplorasi  para anggotanya untuk menjadi rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
3.      Para anggota kelompok secara aktif memilih dan menentukan satu karya seni rupa yang akan dirancang / didesain / dibuat sketsa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.      Melaksanakan pembuatan desain / sketsa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik dengan memperhatikan semua ide / gagasan keseluruhan anggota kelompok.
5.      Guru memposisikan diri sebagai  mentor dan mendampingi kelompok siswa kelas VIII yang kesulitan membuat rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

60  MENIT




 Pertemuan 3
1.      Guru memberi penguatan pembelajaran, agar rancangan karya / desain / sketsa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik minggu terdahulu diwujudkan dalam karya seni rupa yang jadi
2.      Masing-masing kelompok siswa kelas VIII menyiapkan peralatan dan bahan  berkarya seni rupa penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
3.      Setiap siswa disiplin dan berperan aktif di kelompoknya masing masing untuk mewujudkan  karya seni rupa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.      Semua anggota kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan karya seni rupa / memfinishing  tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik  dengan rasa penuh tanggung jawab.
5.      Guru memposisikan diri sebagai  mentor dan mendampingi kelompok siswa yang kesulitan dalam  mewujudkan karya seni rupa tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

60  MENIT









  Pertemuan 4
1.      Guru memberi penguatan agar hasil karya seni rupa yang sudah dihasikan tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik segera dipublikasikan/ dipamerkan.
2.      Masing-masing kelompok aktif mendiskusikan tentang informasi tentang media, cara dan tempat untuk mempublikasikan/ memamerkan karya seni rupa yang telah dibuatnya kepada orang lain.
3.      Masing-masing individu bekerja sama membuat jejaring (networking) dengan cara  mengundang/mengapload/ facebook, internet, dll.,  kepada siswa kelas/para guru dan kepala sekolah/para orang tua/khalayak umum/dll.,   untuk mendapat diapresiasi.
4.      Masing-masing siswa bertanggung jawab dengan cara berbagi tugas untuk kesuksesan publikasi/pameran karya seni rupa yang telah dibuat.
5.      Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa Kelas VIII yangkesulitan dalam melaksanakan publikasi/pameran  karya seni rupa kepada orang lain.

60  MENIT

Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru melaksanakantindak lanjut pembelajaran di kelas VIII SMP dengan cara memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat, mempublikasi karya seni rupa pada minggu berikutnya.
2.      Guru dan siswa Kelas VIII melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofoliodan penilaian laporan.
10 MENIT

E.  MATERI PEMBELAJARAN

Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.      Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
2.      Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang  penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
3.      Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
4.      Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentang penerapan  ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik

F.     PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

1.      Pendekatan : Pendekatan Scientific
2.      Model Pembelajaran : Model pembelajaran based projek.

G.    EVALUASI PEMBELAJARAN

1.      Penililaian kinerja siswa (aktivitas belajar)
2.      Penilaian hasil projek (hasil belajar berkarya)
3.      Penilian fortopolio (sikap belajar mnghargai/apresiasi)
4.      Penilaian tes tertulis (laporan) (Tidak diperlukan)

H.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.      Alat dan bahan      : Disesuiakan dengan KD
2.      Sumber belajar      : (1)Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran Seni budayaKurikulum  2014 Penerbit BNSP, Jakarta; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media masa (TV, Koran, majalah, dll; (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; (5) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat, dll.



Mengetahui,
Kepala SMP Pancasila




.............................................
NIP.
               Jatibarang, Januari 2017              

         Guru Mata Pelajaran




Amalia Ratnasari, S.Pd
NIP. -



LAMPIRAN

LEMBAR PENILAIAN

1.  Penilaian Sikap Spiritual

     Kelas VIII ....

No
NAMA SISWA
PENILAIAN OBSERVASI
RATA 2 NILAI
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
Memberi salam pada saat awal dan akhir bertanya/presentasi
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
PENILAIAN DIRI SENDIRI
RATA 2 NILAI
Menjalankan ibadah tepat waktu
Bersyukur atas ilmu, nikmat, dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
‘’’’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
PENILAIAN ANTAR TEMAN
RATA 2 NILAI
Memelihara hubungan baik dengan sesama teman umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
‘’’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
JURNAL CATATAN GURU
RATA 2 NILAI
KETERANGAN ATAU DESKRIPSI
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
‘’’’’’’’’
1
 ..........................



  


2
 ..........................



  


..
 ..........................



  



     KETERANGAN :
A.      Nilai berkisar                                                                          0 – 100
B.      KKM Mapel                                                                           77
C.      Penentuan Nilai dan Predikat :
1.        A(Sangat Baik) dengan rentang nilai              91 – 100
2.        B  (Baik) dengan rentang nilai                        81 –90
3.        C (Cukup Baik) dengan rentang nilai             71 – 80
4.        D (Kurang Baik) dengan rentang nilai            61 – 70

 2.  Penilaian Sikap Sosial
     Kelas VIII ....
No
NAMA SISWA
PENILAIAN OBSERVASI
RATA 2 NILAI
Disiplin
Percaya Diri
‘’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................






2
 ..........................






..
 ..........................







No
NAMA SISWA
PENILAIAN ANTAR TEMAN
RATA 2 NILAI
Kerjasama
Toleransi
Santun
Tanggung-jawab
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
PENILAIAN DIRI SENDIRI
RATA 2 NILAI
Jujur dalam ulangan (tidak nyontek) dan jujur dalam berkarya (tidak dibuatkan orang lain)
Menghargai karya seni
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

..
 ..........................



  


No
NAMA SISWA
JURNAL CATATAN GURU
RATA 2 NILAI
KETERANGAN ATAU DESKRIPSI
‘’’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
‘’’’’’’
1
 ..........................



  


2
 ..........................



  


..
 ..........................



  


     KETERANGAN :
A.        Nilai berkisar         :                                                               0 – 100
B.        KKM Mapel          :                                                               77
C.        Penentuan Nilai dan Predikat :
a.               A(Sangat Baik) dengan rentang nilai                         91 – 100
b.         B  (Baik) dengan rentang nilai                          81 –90
c.      C (Cukup Baik) dengan rentang nilai              71 – 80
d.         D (Kurang Baik) dengan rentang nilai             61 – 70
3.  Penilaian Pengetahuan
1.  Penilaian Pengetahuan dapat berbentuk:
a.     Tes Tulis
b.     Tes Lisan
c.     Penugasan
2.  Penilaian Pengetahuan terdiri dari:
a.     Nilai Harian
b.     Nilai UTS
c.     Nilai UAS/UKK
3.  Rumus Nilai Pengetahuan : 2 NH + UTS + UAS/UKK : 4

4.  Penilaian Keterampilan
     1. Penilaian Proses / Kinerja
         Tulis Jenis Kinerja sesuai KD / Indikator ..................................
No
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN (Disesuaikan)
RATA 2 NILAI
...............
...............
...............
...............
1
 ..........................



  

2
 ..........................



  

KETERANGAN :
A.        Nilai berkisar                                                                         0 – 100
B.        KKM Mapel                                                                          77
C.        Penentuan Nilai dan Predikat :
a.          A  (Sangat Baik) dengan rentang nilai                   91 – 100
b.          B  (Baik) dengan rentang nilai                                 81 –90
c.          C (Cukup Baik) dengan rentang nilai                    71 – 80
d.          D (Kurang Baik) dengan rentang nilai                   61 – 70

     2. Penilaian Proyek
         Tulis Jenis Proyek (Pameran Karya Seni Rupa): Pameran

No
NAMA SISWA / KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
RATA 2 NILAI
KET.
Perencanaan
Pelaksanaan
Pelaporan
1
 ..........................


   


2
 ..........................


   


..
 ..........................


   



     KETERANGAN :
A.        Tahap Perencanaan:
1.       Rumusan judul atau Tema Pameran
2.       Penyusunan Proposal Pameran
3.       Pembentukan Kepanitiaan
4.       Dsb.
B.        Tahap Pelaksanaan :
1.       Kinerja Kepanitiaan
2.       Kualitas Karya
3.       Penataan Karya
4.       Dekorasi Stand  dsb.
C.        Tahap Pelaporan :
1.       Penyusunan Laporan Kegiatan
2.       Dsb
KETERANGAN :
A.        Nilai berkisar                                                                         0 – 100
B.        KKM Mapel                                                                          77
C.        Penentuan Nilai dan Predikat :
a.          A  (Sangat Baik) dengan rentang nilai                   91 – 100
b.          B  (Baik) dengan rentang nilai                                 81 –90
c.          C  (Cukup Baik) dengan rentang nilai                   71 – 80
d.          D  (Kurang Baik) dengan rentang nilai                 61 – 70

     3. Penilaian Portofolio
         Tulis Jenis Portofolio yang dikerjakan

No
NAMA SISWA / KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
RATA 2 NILAI
KET.
Karya ke 1 dari
Pembelajaran 1
Karya  ke 2 dari
Pembelajaran 2
...........
1
 ..........................


   


2
 ..........................


   


..
 ..........................


   



KETERANGAN :
A.        Nilai berkisar                                                                         0 – 100
B.        KKM Mapel                                                                          77
C.        Penentuan Nilai dan Predikat :
a.          A  (Sangat Baik) dengan rentang nilai                   91 – 100
b.          B  (Baik) dengan rentang nilai                                 81 –90
c.          C (Cukup Baik) dengan rentang nilai                    71 – 80
d.          D (Kurang Baik) dengan rentang nilai                   61 – 70

Itulah postingan RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP Bab Seni Rupa Kurtilas semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.