Wednesday, March 29, 2017

RPP Kimia Kelas X SMK Bab Gaya Antarmolekul (Kurtilas)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Gaya Antarmolekul

Satuan Pendidikan                        : SMK Ma’arif NU 01 Jatibarang
Kelas/Semester                  : X/1
Mata Pelajaran                  : Kimia
Alokasi Waktu                  : 6JP (6  45 menit)/ (3 Pertemuan)

Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1       Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.       Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mengembangkan ilmu kimia.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.       Melakukan kegiatan dengan disiplin.
2.       Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam mempelajari materi pembelajaran.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.       Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
1.       Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2.       Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
3.7.     Menganalisis teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.

1.       Menjelaskan gaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
2.       Menjelaskan gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3.       Menjelaskan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
4.7.     Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).
1.       Mengamati gaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
2.       Mengamati gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3.       Menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.

Pertemuan I (Hari I)
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan gaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
2.         Menjelaskan pengaruhikatan hidrogen terhadap titik didih.
3.         Menggambarkan mekanisme terjadinya ikatan hidrogen.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Ikatan Hidrogen

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 4Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 4 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenaigaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol,kemudian mendiskusikannya terkait pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentanggaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol,serta pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
1)         Apakah yang dimaksud dengan momen dipol?
2)         Apa yang menyebabkan terjadinya gaya elektrostatik?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan hidrogen.
2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatigaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
2)         Mengamatipengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakangaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
3)         Menanyakanpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentanggaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)          Menyimpulkangaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
3)         Menyimpulkanpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara gaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipoldenganpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan hidrogen.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 4.1 halaman 102.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan II
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan gaya antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
2.         Menjelaskan ikatan antara molekul yang memiliki dipol dan tidak memiliki dipol.
3.         Menjelaskan pengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Gaya van der Waals dan GayaLondon


C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 4Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 4 Penerbit Grafindo MediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London), kemudian mendiskusikannya terkait pengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih. 
b.         Apersepsi: tanya jawab tentanggaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London), serta pengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
1)         Apakah yang dimaksud dengangaya van der Waals dan gaya dispersi London?
2)         Bagaimanakahgaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol dan tidak memiliki dipol?
2.         Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentanggaya van der Waals dan gayaLondon.
3.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatigaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
2)         Mengamati pengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakangaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3)         Menanyakanpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
2)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentangpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkangaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3)         Menyimpulkanpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan keterkaitan antara gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London) denganpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
4.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Menyimpulkan materi mengenai gaya van der Waals dan gayaLondon.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 4.2 halaman 108.
c.         Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Pertemuan III
A.        Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.         Menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa tanpa PEB.
2.         Menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB.

B.        Materi Pembelajaran
1.         Struktur Ruang Molekuldan Hibridisasi

C.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Umum   : Scientific
2.         Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.         Metode                     :Diskusi, tanya jawab

D.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media                        : PowerPoint Unit 4Buku Kimia 1
2.         Alat               : Perangkat penayang PowerPoint
3.         Sumber          : Buku Kimia 1Unit 4 Penerbit GrafindoMediaPratama, internet,
                      literatur ilmiah (buku atau jurnal)

E.        Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan
a.          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
b.         Apersepsi: tanya jawab tentangstruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB. 
1)         Bagaimana menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa tanpa PEB?
2)         Bagaimana menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB?
c.          Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangstruktur ruang molekul dan hibridisasi.

2.         Inti
a.         Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati (Observing)
1)         Mengamatistruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
Menanya(Questioning)
1)         Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)         Menanyakanstruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
Mengasosiasi(Associating)
1)         Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)         Menyimpulkanstruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2)         Mempresentasikan laporan secara singkat di depan kelas.
b.         Mendiskusikan hasil laporan serta menyimpulkan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.Anggota kelompok lain dapat bertanya melalui kegiatan tanya jawab.
3.         Penutup 
Mendorong siswa untuk:
a.         Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai struktur ruang molekul dan hibridisasi.
b.         Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 4.3 halaman 115.
c.         Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

Penilaian
1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·      Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap
Kompetensi III dan IV
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Unjuk Kerja
·      Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
·      Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio

2.         Contoh Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap
1)         Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai gaya antarmolekul.





2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.





3.
Mengucapkan rasa syukur atas pemberian akal dan pikiran kepada manusia untuk mengembangkan ilmu kimia.





4.
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.





5.
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik                 : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup              : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang                         : apabila memperoleh skor 1 - 5

2)         Kompetensi Inti II
a)         Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.

Nama Siswa                  : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..

No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Masuk kelas tepat waktu.



2.
Memakai seragam sesuai tata tertib.



3.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran.



4.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.



5.
Membawa buku teks mata pelajaran.



6.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran.



7.
Mengerjakan tugas yang diberikan.



8.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya

b.         Lembar Tes Unjuk Kerja
No.
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1.
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.



2.
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik.



3.
Mampu mengajukan permasalahan (pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).



4.
Mampu menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan.



Jumlah




Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali   : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik              : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup           : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang          : apabila terdapat 1 jawaban Ya

c.          Lembar Tes Tertulis
Apotik umumnya menjual alkohol 70% atau lebih dikenal dengan etanol 70%. Jenis alkohol ini digunakan untuk membersihkan bagian tubuh agar terbebas dari kuman. Tentunya etanol murni berbeda dengan etanol 70% karena etanol 70% mengandung etanol 70 bagian dan 30 bagian lainnya adalah air. Etanol murni terjadi ikatan antarmolekul etanol saja, sedangkan etanol 70% terjadi ikatan antarmolekul antara etanol dengan air. Kemukakan ikatan yang terjadi pada alkohol murni dengan alkohol 70%, apakah ikatan hidrogen atau ikatan van der Waals? Diskusikanlah bersama teman secara berkelompok.


Jatibarang, Juli 2017
Mengetahui,                                                                            
Kepala SMK Ma’arif NU                                                         Guru Mapel



H. …………, M.Pd                                                                  Amalia Ratnasari, S.Pd
            NIP.-                                                                                        NIP. -


Itulah Postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Gaya Antarmolekul (Kurtilas) semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.