Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Gaya Antarmolekul
Satuan Pendidikan :
SMK Ma’arif
NU 01 Jatibarang
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Kimia
Alokasi Waktu : 6JP (6
45 menit)/ (3
Pertemuan)
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang telah memberikan akal dan pikiran
kepada manusia untuk mengembangkan ilmu kimia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
1. Melakukan kegiatan dengan disiplin.
2. Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam mempelajari materi
pembelajaran.
|
2.2
Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
1. Menjaga sikap, perkataan, dan tindakan dalam melakukan kegiatan.
|
2.3
Menunjukkan perilaku
responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
|
1. Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
2. Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang melibatkan anggota kelompok lain melalui tanya jawab.
|
3.7. Menganalisis
teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron)
untuk menentukan bentuk molekul.
|
1.
Menjelaskan gaya elektrostatik
antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik
antardipol.
2.
Menjelaskan
gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van
der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3.
Menjelaskan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang
memiliki PEB dan tanpa PEB.
|
4.7. Meramalkan
bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom
(Teori Domain Elektron).
|
1.
Mengamati gaya elektrostatik
antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik
antardipol.
2.
Mengamati
gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van
der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3.
Menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang
memiliki PEB dan tanpa PEB.
|
Pertemuan
I (Hari I)
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan gaya elektrostatik
antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik
antardipol.
2.
Menjelaskan pengaruhikatan hidrogen terhadap titik
didih.
3.
Menggambarkan mekanisme terjadinya ikatan hidrogen.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Ikatan Hidrogen
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 4Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 4 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenaigaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari
pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol,kemudian mendiskusikannya
terkait pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentanggaya elektrostatik antarmolekul yang
mendasari pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol,serta pengaruh
ikatan hidrogen terhadap titik didih.
1)
Apakah yang dimaksud dengan momen dipol?
2)
Apa
yang menyebabkan terjadinya gaya elektrostatik?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangikatan
hidrogen.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatigaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari
pembentukan ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
2)
Mengamatipengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakangaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen
dan gaya tarik antardipol.
3)
Menanyakanpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentanggaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen
dan gaya tarik antardipol.
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkangaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan
ikatan hidrogen dan gaya tarik antardipol.
3)
Menyimpulkanpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik
didih.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara gaya elektrostatik antarmolekul yang mendasari pembentukan ikatan hidrogen
dan gaya tarik antardipoldenganpengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai ikatan
hidrogen.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 4.1 halaman 102.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Pertemuan
II
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan gaya antarmolekul
yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya
dispersi London).
2.
Menjelaskan ikatan antara
molekul yang memiliki dipol dan tidak memiliki dipol.
3.
Menjelaskan pengaruh gaya van der Waals terhadap titik
didih.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Gaya van der Waals dan GayaLondon
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 4Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 4 Penerbit Grafindo MediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai gaya dan
ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki
dipol (gaya dispersi London), kemudian
mendiskusikannya terkait pengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentanggaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya
van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London), serta pengaruh
gaya van der Waals terhadap titik didih.
1)
Apakah yang
dimaksud dengangaya van der Waals dan gaya dispersi London?
2)
Bagaimanakahgaya dan
ikatan antarmolekul yang memiliki dipol dan tidak memiliki dipol?
2.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentanggaya
van der Waals dan gayaLondon.
3.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatigaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya
van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
2)
Mengamati pengaruh
gaya van der Waals terhadap titik didih.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakangaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya
van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3)
Menanyakanpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki
dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
2)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentangpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkangaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki dipol (gaya
van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London).
3)
Menyimpulkanpengaruh gaya van der Waals terhadap titik
didih.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan keterkaitan antara gaya dan ikatan antarmolekul yang memiliki
dipol (gaya van der Waals) dan tidak memiliki dipol (gaya dispersi London)
denganpengaruh gaya van der Waals terhadap titik didih.Anggota kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
4.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Menyimpulkan materi mengenai gaya van der Waals dan gayaLondon.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 4.2 halaman 108.
c.
Menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini.
Pertemuan
III
A.
Tujuan
Melalui kegiatandiskusi dan tanya jawab, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi
senyawa tanpa PEB.
2.
Menentukan struktur ruang molekul dan hibridisaasi
senyawa yang memiliki PEB.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Struktur Ruang Molekuldan Hibridisasi
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum :
Scientific
2.
Model Pembelajaran :Cooperative learning
3.
Metode :Diskusi, tanya jawab
D. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : PowerPoint Unit 4Buku Kimia
1
2.
Alat :
Perangkat penayang PowerPoint
3.
Sumber : Buku Kimia 1Unit 4 Penerbit GrafindoMediaPratama,
internet,
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
literatur ilmiah (buku atau jurnal)
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait materi mengenai struktur
ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
b.
Apersepsi: tanya jawab tentangstruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang memiliki
PEB dan tanpa PEB.
1)
Bagaimana menentukan struktur ruang molekul dan
hibridisaasi senyawa tanpa PEB?
2)
Bagaimana menentukan struktur ruang molekul dan
hibridisaasi senyawa yang memiliki PEB?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentangstruktur
ruang molekul dan hibridisasi.
2.
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan siswa berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamatistruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang
memiliki PEB dan tanpa PEB.
Menanya(Questioning)
1)
Mengajukan pertanyaan awal tentang hasil pengamatan.
2)
Menanyakanstruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang
memiliki PEB dan tanpa PEB.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang struktur ruang molekul dan hibridisaasi
senyawa yang memiliki PEB dan tanpa PEB.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2)
Menyimpulkanstruktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang
memiliki PEB dan tanpa PEB.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam
bentuk laporan.
2)
Mempresentasikan laporan secara singkat di depan
kelas.
b.
Mendiskusikan
hasil laporan serta
menyimpulkan struktur ruang molekul dan hibridisaasi senyawa yang
memiliki PEB dan tanpa PEB.Anggota
kelompok lain dapat
bertanya melalui kegiatan
tanya jawab.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk:
a.
Mendorong siswa untuk menyimpulkan materi mengenai struktur ruang molekul
dan hibridisasi.
b.
Melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan melalui pengerjaan Uji Materi 4.3 halaman 115.
c.
Mendorong siswa untuk menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan
Sikap
|
· Lembar
Pengamatan Sikap
|
Kompetensi III
dan IV
|
· Tes
Unjuk Kerja
|
· Tes Unjuk
Kerja
|
· Tes
Tertulis
|
· Tes
Uraian, Pilihan Ganda,
Tabel Pengamatan, atau Lembar Kerja Siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1)
Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari mengenai gaya antarmolekul.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas pemberian akal dan pikiran kepada manusia
untuk mengembangkan ilmu kimia.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
2)
Kompetensi
Inti II
a)
Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan
oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya = apabila
siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai
aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Masuk
kelas tepat waktu.
|
|
|
|
2.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib.
|
|
|
|
3.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
|
|
|
5.
|
Membawa
buku teks mata pelajaran.
|
|
|
|
6.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran.
|
|
|
|
7.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan.
|
|
|
|
8.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 7 - 8 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 5 - 6 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat3 - 4 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 - 2 jawaban Ya
b.
Lembar
Tes Unjuk Kerja
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Melakukan pengamatan dengan benar, cemat,dan bersungguh-sungguh.
|
|
|
|
2.
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik.
|
|
|
|
3.
|
Mampu
mengajukan permasalahan
(pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi).
|
|
|
|
4.
|
Mampu
menyajikan penyelesaian
dari suatu permasalahan.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran:
Siswa memperoleh nilai:
Baik Sekali : apabila terdapat 4 jawaban Ya
Baik : apabila terdapat 3 jawaban Ya
Cukup : apabila terdapat 2 jawaban Ya
Kurang : apabila terdapat 1 jawaban Ya
c.
Lembar
Tes Tertulis
Apotik
umumnya menjual alkohol 70% atau lebih dikenal dengan etanol 70%. Jenis alkohol
ini digunakan untuk membersihkan bagian tubuh agar terbebas dari kuman.
Tentunya etanol murni berbeda dengan etanol 70% karena etanol 70% mengandung
etanol 70 bagian dan 30 bagian lainnya adalah air. Etanol murni terjadi ikatan
antarmolekul etanol saja, sedangkan etanol 70% terjadi ikatan antarmolekul
antara etanol dengan air. Kemukakan ikatan yang terjadi pada alkohol murni
dengan alkohol 70%, apakah ikatan hidrogen atau ikatan van der Waals?
Diskusikanlah bersama teman secara berkelompok.
Jatibarang,
Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
SMK Ma’arif NU Guru Mapel
H.
…………,
M.Pd Amalia
Ratnasari, S.Pd
NIP.- NIP. -
Itulah Postingan RPP Kimia Kelas X SMK Bab Gaya Antarmolekul (Kurtilas) semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.