Friday, March 10, 2017

RPP IPA Kelas 9 Semester 2 Bab Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP-01

Sekolah
: SMP PANCASILA
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
Materi Pokok
: IX/ II
: Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi
Alokasi Waktu
: 15 JP ( 6 Kali Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

B.       Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1
Menunjukkan sikap mengagumi ciptaan Tuhan serta mewujudkannya dalam pengamalan agama yang dianutnya.

2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.1
Memiliki rasa ingin tahu,jujur,teliti,tekun,hati-hati tanggungjawab,kritis,inovatif dan peduli lingkungan
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.2
Dapat bekerja sama ,menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sebagai inplementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasilnya
3.7
Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
3.7
1.       Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan
2.       Menjelaskan pengertian magnet.
3.       Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
4.       Menyebutkan contoh feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
5.       Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
6.       Menjelaskan 3 cara menghilangkan sifat magnet.
7.       Mengidentifikasi medan magnet dari berbagai bentuk magnet.
8.       Menjelaskan teori kemagnetan bumi.
9.       Menghitung besar Gaya Lorentz.
10.   Menentukan arah Gaya Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan.
11.   Menyebutkan contoh­contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari­hari.
12.   Menjelaskan prinsip kerja contoh­contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari­hari.
13.   Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik.
14.   Menyebutkan contoh­contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari­hari.
15.   Menjelaskan prinsip kerja contoh­contoh penerapan induksi elektromag netik dalam kehidupan sehari­hari.
16.   Menjelaskan prinsip kerja transformator.
17.   Menghitung efisiensi transformator.
18.   Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam berbagai produk teknologi.
19.   Menjelaskan cara membuat generator sederhana.

4.7
Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
4.7
1.       Melalui percobaan peserta didik dapat membuat magnet
2.       Melalui pengalaman pembelajaran, peserta didik dapat membuat generator sederhana.


D.       Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran Reguler ;
Pertemuan Pertama (3 JP)
·         Prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan
·         Migrasi hewan
·         Pengertian magnet
·         Feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik
Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Sifat kutub magnet.
·         Tiga cara membuat magnet.
·         Cara kerja elektromagnetik.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
·         Pembuatan magnet

Pertemuan Keempat (3 JP)
·         Menghitung besar Gaya Lorentz
·         Menentukan arah Gaya Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan
·         Menyebutkan contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari
·         Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik
·         Menyebutkan contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
·         Menjelaskan prinsip kerja transformator

Pertemuan Kelima (2 JP)
·         Menghitung efisiensi transformator.
·         Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam berbagai produk teknologi.
·         Menjelaskan cara membuat generator sederhana
 
Pertemuan ke enam ( 2 JP)
·         Ulangan harian

Materi Remidial
·         Permasalahan penerapan pada gaya lorentz dalam bentuk soal
·         Menghitung efisiensi transformator

Materi Pengayaan
Memberi tugas gejala Kemagnetan Bumi (Kejanggalan pada kompas).

E.     Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1)    Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)    Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)    Guru memberi pertanyaan sebagai apersepsi kepada siswa pernahkah kamu memikirkan cara hewan melakukan migrasi?
4)    Guru menyampaikantujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
10’
Inti
Mengamati:
-  Peserta didik mengamati tayangan video tentang migrasi hewan.
Menanya:
Siswa bertanya:
-  Mengapa hewan tidak tersesat saat bermigrasi?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau Informasi:
·     Peserta didik mencari literatur tentang prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan,pengertian magnet, feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik
Mengasosiasi/ Menganalisis data atau informasi:
·     Peserta didik menganalisis hasil pencarian literatur tentang prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan,pengertian magnet, feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik
·     Peserta didik membuat kesimpulan tentang kemagnetan dalam tubuh hewan,pengertian magnet, feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik
Mengkomunikasikan:
-   Peserta didik mempresentasikan hasil analisisnya.

100’
Penutup
-   Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-   Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: sifat kutub magnet, cara membuat magnet, dancara kerja elektromagnetik.
10’

Pertemuan Kedua: (2 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)   Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)   Guru menampilkan dua buah magnet batang yang didekatkan:
·         sisi yang warnanya sama
·         sisi yang warnanya berbeda
Apa yang terjadi? Mengapa demikian?
4)   Guru menyampaikanindikator pembelajaranyang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

10’
Inti
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati sebuah magnet yang dapat menarik benda-benda seperti besi, baja dan aluminium.
-          Peserta didik mengamati sebuah magnet yang tidak dapat menarik benda-benda seperti plastik, kaca, batu dan kayu
Menanya:
Peserta didikbertanya:
-          Mengapa benda-benda seperti besi dan baja yang ada di sekitar magnet, dapat ditarik oleh magnet?
-          Jenis benda apa saja yang dapat ditarik oleh magnet?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau Informasi:
·         Peserta didik mencari literatur tentang sifat kutub magnet,
·         Peserta didik melakukan aktivitas 6.2 (Buku siswa hal. 12-14) tentang cara membuat magnet dan cara kerja elektromagnetik.
·         Peserta didik melakukan aktivitas 6.3 (Buku siswa hal. 18-19) tentang pola medan magnet
Mengasosiasi/ Menganalisis data atau informasi:
·         Peserta didik menganalisis hasil pencarian literatur tentang sifat kutub magnet, cara membuat magnet, cara kerja elektromagnetik.
·         Peserta didik membuat kesimpulan tentang sifat kutub magnet, tiga cara membuat magnet, cara kerja elektromagnetik.
Mengkomunikasikan:
-   Peserta didik mempresentasikan hasil analisisnya.
-   Peserta didik yang lain mengomentari.
60’
Penutup
-   Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-   Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: kemagnetan bumi,percobaan Oersted dan Gaya Lorenzs.
10’

Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1)        Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)        Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)        Guru memberi pertanyaan sebagai apersepsi kepada siswa pernahkah kamu menggunakan kompas?,
4)        Guru menyampaikanindikatorpembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5)        Guru menyiapkan peserta didik untuk berkelompok
10’
Inti
Mengamati:
-       Peserta didik mengamati penyimpangan jarum kompas yang berada di dekat kawat berarus listrik.
Menanya:
Peserta didik bertanya:
-       Mengapa terjadi penyimpangan jarum kompas?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau Informasi:
·         Peserta didik secara berkelompok mencari literatur tentang kemagnetan bumi dan gaya Lorentz
·         Peserta didik melakukan aktivitas 6.5 ( Buku siswa hal 24-25)
·         Peserta didik secara berkelompok mencari literatur tentang contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi/ Menganalisis data atau informasi:
·         Peserta didik Menganalisis hasil percobaannya.
·         Peserta didik membuat kesimpulan tentang kemagnetan bumi dan gaya Lorentz Serta penerapannya
Mengkomunikasikan:
-       Peserta didik mempresentasikan hasil percobaannya.
100’
Penutup
-       Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-       Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: tentangprinsip induksi elektromagnetik dan penerapannya.
10’
Pertemuan Keempat (2 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)   Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
-      Guru memberi pertanyaan sebagai apersepsi kepada siswa apakah yang dimaksud dengan Gaya Lorentz?, Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
10’
Inti
Mengamati:
Peserta didik mennyelidiki peristiwa Induksi Elektromagnetik.

Menanya:
Peserta didik bertanya:
-       Faktor apakah yang mempengaruhi besar GGL induksi?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau Informasi:
·      Peserta didik mencari literatur tentang faktor-faktor yang mempengaruhi besar GGL Induksi
·      Peserta didik melakukan kegiatan 6.6
( Buku Siswa hal 29 -30 )
Mengasosiasi/ Menganalisis data atau informasi:
·      Peserta didik menganalisis dan menyimpulkan hasil pencarian literaturnya.

Mengkomunikasikan:
-       Peserta didik mempresentasikan hasil analisisnya.
60
Penutup
-       Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-       Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: tentang prinsip kerja transformator
10’

Pertemuan Kelima (3 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2.      Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3.      Guru memberi pertanyaan sebagai apersepsi kepada siswa apakah yang dimaksud dengan Induksi Elektromagnetik?
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
10’
Inti
Mengamati:
Peserta didik mengamati model /gambar trafo
Menanya:
Peserta didik bertanya:
 -   Apa itu trafo?
-       Apa gunanya trafo?
Mencoba/ Mengumpulkan Data atau Informasi:
·      Peserta didik mencari literatur tentang trafo.Peserta didik membaca buku siswa halaman 32-34
Mengasosiasi/ Menganalisis data atau informasi:
·      Peserta didik menganalisis dan menyimpulkan hasil pencarian literaturnya.

Mengkomunikasikan:
-       Peserta didik mempresentasikan hasil analisisnya.
100’
Penutup
-       Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai).
-       Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-       Guru menyampaikan pada peserta didik untuk membuat generator sederhana danmempersiapkan pelaksanaan Uji Kompetensi pada pertemuan berikutnya.
10’

Pertemuan keenam( 2 JP )
Uji Kompetensi( soal terlampir )
F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.       Teknik penilaian
   Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian   : observasi
b.      Bentuk Instrumen : Lembar Observasi (terlampir )
c.       Kisi-Kisi                : Terlampir
   Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian : Observasi
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar Observasi (terlampir)
c.       Rubrik dan Lembar Observasi   :
   Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian       : Tes Tulis
                                   b.            Kisi-kisi         :
                                   c.            Bentuk Instrumen     : Uraian ( terlampir)
               Keterampilan
                                   a.            teknik penilaian         : tes praktik
                                   b.            bentuk instrumen      : lembar observasi
                                   c.            rubric dan lembar observasi              :
          Pembelajaran Pengayaan  ( terlampir)
                 Gejala Kemagnetan Bumi (Kejanggalan pada kompas)

G.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media: Gambar
2.    Alat dan Bahan
-        Paku ( 3 buah)
-        Penjepit kertas 30 buah
-        Magnet batang (10) 
-        Seng (3)
-        Alumunium (3)           
-        Tembaga (3)
-        Batu baterai (1)
-        Kabel email
   
3.    Sumber Belajar
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 1 – 40.


Jatibarang, Januari 2017
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                            Guru Mapel



                                                                                                            Amalia Ratnasari, S.Pd
                                                                                                            NIP. -

Lampiran Penilaian Sikap

No.
Butir Nilai
(Sikap Spiritual)
Indikator
Jumlah Butir

  1.  
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

1

  1.  
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.


1

Rubrik Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila memenuhi 4 indikator
3 = apabila memenuhi 3 indikator
2 = apabila memenuhi 2 indikator
1 = apabila memenuhi 1 indikator

Sikap
Indikator
Kejujuran
1. Melakukanpengamatanterhadapvariabel/objek yang relevan.
2. Melakukanpengamatandenganindera yang sesuai.
3. Mencatathasilpengamatansesuaikenyataan.
4.Melaporkan/mengkomunikasikanhasilpengamatan/percobaansesuai data yang diperoleh.
Ketelitian
1. Melakukanpengamatansecararuntut.
2. Melakukanpengamatansecaradetil.
3. Mencatatsemua data/informasi yang diperoleh
4.Melaporkan/mengkomunikasikanhasilpengamatan/percobaansecaraterperinci.


LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                  :…
Semester                            :…
TahunPelajaran                  : ...
Periode Pengamatan         : Tanggal s.d. ...
Butir Nilai                           : Kejujuran dan Ketelitian

No.

NamaPeserta Didik
Skor Indikator SikapSosial(1 – 4)
JumlahPerolehan
Skor
SkorAkhir
Tuntas/ Tidak Tuntas
Kejujuran
Ketelitian
    1.         






    2.         






    3.         







    4.         







    5.         









Lampiran : Kisi Kisi dan Soal Pengetahuan

No.
Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor
Butir Soal
1.
Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam tubuh hewan.
1
1
2.
Mendefinisikan pengertian kemagnetan.

1
2
3.
Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik
1
3
4.
Menyebutkan 2 contoh bahan yang termasuk feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik
1
4
5.

Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
1
5
6.
Menjelaskan  cara menghilangkan sifat magnet.
1
6
7.
Menjelaskan medan magnet dari berbagai bentuk magnet.
1
7
8.
Menjelaskan teori kemagnetan bumi.
1
8
9.
Menghitung besar Gaya Lorentz.
1
9
10.
Menentukan arah Gaya Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan.
1
10
11.

Menyebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalamkehidupan sehari-hari
1
11
12
Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan gaya lorentz dalam kehidupan sehari hari.
1
12
13
Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik
1
13
14
Menyebutkan contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalamkehidupan sehari-hari
1
14
15
Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalamkehidupan sehari-hari
1
15
16
Menjelaskan prinsip kerja transformator
1
16
17
Menghitung efisiensi transformator
1
17
18
Menjelaskan prinsip kemagnetan dalam berbagai produk teknologi
1
18

Jawablah semua pertanyaan di bawah ini!

1.            Mengapa burung elang pada saat melakukan migrasi pada tiap musim tertentu tidak tersesat?
2.            Jelaskan pengertian kemagnetan.
3.            Sebutkan  klasifikasi bahan feromagnetik, paramagnetik, dandiamagnetic.
4.            Sebutkan masing-masing 2 contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dandiamagnetik
5.            Sebutkan 3 cara membuat magnet !
6.            Bagaimanakah cara membuktikan hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan
7.            Gambarlah medan magnet pada magnet batang.
8.            Mengapa jarum kompas selalu mengarah ke utara– selatan?
9.            Suatu kawat berarus listrik 10 A dengan arah keatas berada dalam medan magnetik 0,5 T tegak lurus terhadap kawat. Jika panjang kawat 5 meter, tentukan besarnya gaya Lorentz yang dialami kawat!
10.         Jelaskan dengan kaidah tangan untuk menentukan arah gayaLorentz !
11.         Sebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
12.         Arah gerak jarum galvanometer dipengruhi oleh....
13.         Sebutkan sarat terjadinya GGL induksi dalam kumparan
14.         Sebutkan alat- alat tehnik yang dibuat dengan prinsip induksi elektro magnetik
15.         Jelaskan bagaimana prinsip kerja generator
16.         Jelaskan prinsip kerja transformator.
17.         Hitunglah efisiensi transformator yang memiliki lilitan primer 300 dan lilitan sekunder 30. Jika tegangan pada lilitan primer adalah 220 volt dan arus primer 0,5 mA !
18.         Jelaskan cara kerja bel listrik

Kunci Jawaban Tes Pengetahuan dan Cara Penyekoran/Penilaian
No.
KunciJawaban
Skor
1.
.
Karena burung elang memiliki biomagnetik
1
2
Kemagnetan adalah suatu sifat zat yang teramati sebagai suatu gaya tarik atau gaya tolak antara kutub-kutub tidak senama  atau senama
1
3
a)    Bahan ferromagnetik, yaitu bahan yang ditarik oleh magnet dengan gaya yang kuat.
b)    Bahan paramagnetik, yaitu bahan yang ditarik oleh magnet dengan gaya yang lemah.
c)    Sedangkan bahan yang tidak ditarik oleh magnet disebut diamagnetik.
3
4
a.Bahan ferromagnetik contohnya besi, baja, kobalt dan nikel.
b.Bahan paramagnetik contohnya  aluminium, platina, dan mangaan.
    c. Bahan diamagnetik misalnya bismut, tembaga, seng, emas dan perak.
3
5
a) Dengancarainduksi
b) Dengancaramengaliriaruslistrik (elektromagnetik)
c) Dengancaramenggosok
3
6
Sebuah magnet  akanhilangsifat  kemagnetannyajika:
1.    Magnet dipanasakan hingga berpijar atau dibakar
Pemanasan  pada magnet menyebabkan sifat kemagnetannya berkurang atau bahkan hilang. Hal ini terjadi karena tambahan energy akibat pemanasan menyebabkan partikel-partikel bahan bergerak lebih cepat dan lebih acak, maka sebagian magnet elementernya  tidak lagi menunjuk arah yang sama seperti semula. Bahkan setiap benda di atas suhu tertentu sama sekali tidak dapat dibuat menjadi magnet.

2.    Magnet dipukul atau ditempa hingga bentuknya berubah atau rusak
Magnet yang  mengalami pemukulan akan  menyebabkan perubahan susunan  magnet elementernya. Akibat pemanasan dan pemukulan magnet elementer menjadi tidak teratur dan tidak searah. Magnet-magnet elementer yang tadinya segaris (searah) menjadi berarah sembarangan, sehingga benda kehilangan sifat magnetiknya.
2
7
2
8
Dikutub utara geograpi bumi terdapat kutub selatan magnet dan di kutub selatan geografi bumi terdapat kutub utara magnet


1
9
Diketahui:  
i =10A 
 
B =0,5
l=5m 
Ditanya:F=...?
Pembahasan:
 
F=B.i.l
 
F=(0,5)(10)(5)
F = 25 newton
4
10
Jikatangankanankitaterbuka, makaarahgaya Lorentz sesuaiarahtelapaktangan. Araharuspadapenghantarditunjukkanolehibujari, sedangkanan arahmedan magnet yang mempengaruhisesuaidengankeempatjari yang lain
2
11
Motor listrik, Bellistrik, alatukurlistrikdanPengerassuara
2
12
Arah gerak kutub magnet
2
13
Terjadi perubahan jumlah GGM dalam kumparan
2
14
Alat ukur listrik, generatot, transformator
2
15
Memutar magnet di dalam kumparan atau memutar kumparan didalam magnet.
2
16
Apabila lilitan primer dihubungkan dengan sumber tegangan arus bolak balik , pada lilitan primer tejadi perumbahan ggm.
Perubahan ggm pada kumparan primer menginduksi pada kumparan sekunder sehingga pada kumparan sekunder terjadi ggl induksi
2

17










18




Dik:    Np  = 300 lilitanVp  = 220 V
          Ns   = 30 lilitanIp   = 0,5 mA
Dit:   Efisiensi (Æž)……..?
Jawab:
Vs = Vp x Ns / Np               Is  = Np x Ip/Ns
     = 220 x 30 / 300                  = 300 x 0,5 / 30
     = 22 volt                              = 5 mA
È   = P s / Pp  x 100%
     = Vs x Is / Vp x Ip x 100%
     = 22 x 5 / 220 x 0,5 x 100%
     = 100 %
Saat interuptor berhubungan dengan sumber arus, elektromagnet menjadi mmagnet lalu menarik pemukul, sehingga timbul bunyi. Saatpemukul ditarik arus putus kemagnetan elektro magnet hilang maka pemukul kembali ketempst semula, pada saat pemukulkembali ketempat semula interuptor berhubungan dengan arus listrik...dst
4







2
Skormaksimum
40
Nilai =

Jumlah Skor yang Diperoleh    



Skor Maksimum (30)






 Lampiran : Lembar Observasi Penilaian Ketrampilan
rubrik lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila memenuhi indikator 1
3 = apabila memenuhi indikator 2
2 = apabila memenuhi indikator 3
1 = apabila memenuhi indikator 4


No.
Butir Nilai
Indikator
1.
Menyiapkan alat
dan bahan
1. Menyiapkansemuaalatdanbahan yang diperlukansesuaispesikifasi.
2.  Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan tetapi sebagian tidaksesuai spesikifasi.
3.  Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan tetapi tidak lengkap.
4.  Tidak menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
2.
Langkahpembuatan magnet
1. Langkah pembuatan dilakukan dengan metode yang benar dan teliti.
2. Langkah pembuatan dilakukan dengan metode yang benar dan tetapi kurangteliti.
3. Langkah pembuatan dilakukan dengan metode yang kurang benar.
4. Langkah pembuatan dilakukan dengan metode yang tidak benar.
3.
Hasil pembuatan magnet
1. Memperoleh hasil pembuatan magnet dengan tingkat kesesuaian tinggi.
2. Memperoleh hasil pembuatan magnet dengan tingkat kesesuaian sedang.
3. Memperoleh hasil pembuatan magnet dengan tingkat kesesuaian rendah.
4. Tidak memperoleh hasil pembuatan magnet


LEMBAR OBSERVASI
Kelas                                  :…
Semester                            :…
TahunPelajaran                  : ...
Periode Pengamatan         : Tanggal s.d. ...
Butir Nilai                           : 1. Menyiapkanalatdanbahan
                                                   2.Langkahpembuatan magnet
                                                   3. Hasil pembuatan magnet

No.

Nama
Peserta Didik
Skor Keterampilan
(1 – 4)
JumlahPerolehan
Skor
SkorAkhir
Tuntas/ Tidak Tuntas
Menyiapkan alat danbahan
Langkahpembuatan magnet
Hasilpembuatan magnet
    1.         







    2.         







    3.         







    4.         







    5.         







PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR KETERAMPILAN
1.   Rumus Penghitungan Skor Akhir
                   Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir= ---------------------------------  x 4
                   Skor Maksimal

Skor Maksimal= Banyaknya Indikator x 4
Lampiran : Pembelajaran Pengayaan 
                  Gejala Kemagnetan Bumi (Kejanggalan pada kompas)
Alat dan Bahan
1. Gelas yang penuh berisi air
2. Magnet jarum
3. Spidol
Langkah Kerja
1. Beri tanda pada gelas untuk meunjukkan arah kutub utara dan selatan bumi.
2. Isi gelas dengan air hingga penuh. Letakkan magnet jarum di atas permukaan air.
3. Amati apa yang terjadi?
4. Mengapa magnet jarum yang diapungkan tidak tepat menunjukan ke arah kutub utara dan selatan bumi?
5. Mengapa magnet jarum yang diapungkan tidak hanya menunjuk kearah utara dan selatan, tetapi juga ke arah bawah?

 Itulah postingan tentang RPP IPA Kelas 9 Semester 2 Bab Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi Kurtilas semoga bermanfaat

2 comments:

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.