Saturday, March 11, 2017

RPP IPA Kelas 8 Semester 1 Bab Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda Kurtilas Terbaru 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMP PANCASILA 
Matapelajaran            : IPA
Kelas/Semester           : VIII / 1 (Satu)
Materi Pokok              : Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda
Alokasi Waktu             : 16 JP (7 TM)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

3.1        Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
-          Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
-          Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenisrangsang yang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
-          Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
-          Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
-          Menghitung kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumusan gerak lurus beraturan
-          Menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan grafik v – t yang disajikan
-          Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan bendabergerak
-          Menyebutkan pasangan gaya aksi dan reaksi
-          Membandingkan besar gaya aksi reaksi yang terjadi antara burung denganudara ketika burung sedang terbang
-          Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
   
4.1        Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
Indokator :
-          Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu.
-          Melakukan pengamatan tentang jenis gerak pada 10 jenis tanaman yang berbeda.
-          Melakukan percobaan gerak lurus pada benda
-          Melakukan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
-          Menghitung jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
-          Menghitung berat benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton
-          Menganalisis penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi
-          Melakukan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium
-          Menyajikan hasil kerja ilmiah pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil
-          Menyajikan hasil proyek

C.      Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.      Gerak Pada Makhluk Hidup
Gerak pada tumbuhan
-          Gerak tumbuhan berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
-          Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui penyebabnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.
-          Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.
-          Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
-          Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme, dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks.
Gerak pada hewan
-          Hewan melakukan gerakan khas sesuai dengan habitat serta adaptasi fisiologi dan morfologinya.
2.      Gerak pada Benda
-          Benda dan makhluk hidup yang bergerak mengikuti hukum Newton tentang gerak
-          Hukum I Newton membahas tentang kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnnya (inersia) atau
-          Hukum II Newton menjelaskan tentang percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya atau
-          Hukum III Newton menjelaskan tentang gaya aksi reaksi pada dua benda.Ketika benda pertama mengerjakan gaya ( ) ke benda kedua, makabenda kedua tersebut akan memberikan gaya ( ) yang sama besarke benda pertama namun berlawanan arah atau .

D.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.      Pendekatan                 : Scientific
2.      Metode           : Kegiatan Pengamatan dan Diskusi
3.      Model              : Discovery learning, problem based learning, project based learning

E.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Kesatu (3 jp)
a.      Pendahuluan (10 menit)
-          Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-          Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan fenomenaatau mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akandipelajari.
“Manusia dan hewan memiliki perilaku gerak yang tidak jauh berbeda.Manusia dan hewan sama-sama bisa berjalan dan menunjukkangerakan-gerakan yang mudah diamati. Namun bagaimana dengan gerakpada tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak ?”
-          Mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai; dan
-          Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik.
b.      Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
-          Peserta didik diminta untuk mengamati atau menyimak tampilan slide putri malu dan video gerak putri malu  yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-          Setelah menyimak tayangan slide, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya. Contoh pertanyaan yang diharapkan muncul dari siswa.
1.       Pernahkah kamu menyentuh daun putri malu?
2.       Apa yang terjadi jika daunnya disentuh?
3.       Apakah rangsangan daun putri malu hanya berupa sentuhan saja?
4.       Bagaimana jika daun putri malu tersebut dirangsang dengan panas atau dingin?
5.       Adakah perbedaan kecepatan menguncup daun putri malu tersebut?
Mengumpulkan informasi
-          Secara berkelompok peserta didik melakukan percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba’ (siswa dapat menyimak pedoman kegiatan pada halaman di buku siswa halaman 3)
-          Siswa mencatat informasi/ data yang diperoleh
Mengasosiasikan
-          Setelah melakukan percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu peserta didik secara berkelompok berdiskusi untuk membahas informasi yang diperoleh dari percobaan yang dilakukan, serta menjawab beberapa pertanyaan.
-          Siswa dihimbau untuk tidak takut salah, yang penting percobaan dilakukan sesuai prosedur
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik secara berkelompok atau perwakilannya mempresentasikan hasil diskusi kepada siswa kelompk lain secara klasikal.
c.       Penutup (10 menit)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-          Guru memberikan tugas membuat laporan pengatan.
-          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

2.      Pertemuan Kedua (2 jp)
a.      Pendahuluan (10 menit)
-          Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-          Guru melakukan apersepsi mengaitkanmateri yang akan dipelajari.“ Coba kamu perhatikan gerak hewandarat dan gerak hewan yang hidup di air! Mengapa berbeda?”
-          Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yangdilakukan yaitu kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’ (Halam 9 buku siswa) dan ‘Ayo Kita Pahami' (Halam 11).
b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
-          Peserta didik diminta untuk mengamati burung-burung yang ada di sekitar sekolah.
Menanya
-          Setelah mengamati burung yang ada di sekitar sekolah, peserta didik diber kesempatan untuk bertanya terkait kegiatan yang telah dilakukannya.
Mencari Informasi
-          Secara berkelompok peserta didik mencari informasi tentang kecepatan lari beberapa jenis hewan di buku siswa dan sumber lain.
Mengasosiasi
-          Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan diskusi tentanggerak hewan pada kolom “Ayo Kita Selesaikan”.
-          Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan diskusi untuk menjawab pertanyaan pada kolom “Ayo Kita Selesaikan”.
-          Setelah peserta didik selesai melakukan kegiatan 'Ayo Kita Selesaikan',guru membimbing pesera didik melakukan kegiatan berikutnya yaitumendiskusikan konsep gerak hewan pada kolom ‘Ayo Kita Pahami’.
-          Peserta didik secara berkelompok berdiskusi menjawab pertanyaan ‘Apayang dapat kamu simpulkan dan terapkan’? Guru menyarankan padapeserta didik untuk mempelajari buku siswa bagian Gerak pada Hewan.
Mengkomunikasikan
-          Perwakilan kelompok peserta didik diminta untuk menyampaikan hasil diskusi
c.       Penutup (10 menit)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

3.      Pertemuanketiga (3 jp)
a.      Pendahuluan (10 menit)
-          menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-          Pada awal bagian ini guru memberi apersepsi dengan mengajukanpertanyaan “Mengapa benda dapat bergerak? Gerakan seperti apa sajayang dapat dilakukan oleh benda? apakah keadaan sekitar benda dapatmempengaruhi gerak benda?”
-          Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran yangtertera pada kegiatan ‘Ayo Kita Pelajari!’
b.      Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
-          Pada kegiatan ini guru  meminta peserta didik mengamati   langkah langkah yang ada pada petunjuk percobaan kelembaman. Seperti gambar yang terdapat pada buku siswa dibawah ini.
-          Peserta didik mengamati dan memahami langkah langkah percobaan kelembaman
Menanya
-          Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati petunjuk percobaan kelembaman. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik
o   Bagaimana keadaan gelas pada saat kertas ditarik secara perlahan?
o   Bagaimana keadaan gelas pada saat kertas ditarik dengan cepat?
o   Samakah hasil antara keadaan gelas jika kertas ditarik dengan perlahan atau ditarik dengan cepat?
o   Jika hasilnya berbeda, apa yang menyebabkan hal tersebut?
Mengumpulkan informasi
-          Setelah kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban dengan cara :
-          Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki apakah yang menyebabkan perbedaan hasil pada gelas jika ditarik dengan perlahan atau cepat ?
-          Mencatat data hasil percobaan kelembaman
-          Dari percobaan ini peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang Penerapan Hukum Newton I
Mengasosiasikan/mengolah data
-          Setelah mengumpulkan informasi melalui pengamatan dan mencatat hasil pengamatan, peserta didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari percobaan dan buku sumber dengan cara: 
-          Mendiskusikan hasil pengamatan  dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
-          Menyimpulkan Penerapan Hukum Newton I
Mengkomunikasikan
-          Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan   peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan Hukum Newton I
-          Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
c.       Penutup (10 menit)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-          melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-          menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

4.      Pertemuankeempat (2 jp)
a.      Pendahuluan (10 menit)
-          menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-          Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah Newton saatmenemukan hukum Newton.
-          Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan yaitu sifat kelembaman suatu benda.
-          mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
-          mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai; dan
-          menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik.
b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
-          Pada kegiatan ini guru  meminta peserta didik mengamati   langkah langkah yang ada pada petunjuk percobaan gerak lurus. Seperti gambar yang terdapat pada buku siswa dibawah ini.
-          Peserta didik mengamati dan memahami langkah langkah percobaan gerak lurus
Menanya
-          Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati petunjuk percobaan gerak lurus. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik
ü  Dalam praktikum yang kamu lakukan, bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan?
ü  Buatlah grafik hubungan antara jarak (sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai sumbu-x)!
ü  Buatlah grafik hubungan antara kecepatan (sebagai sumbu-y) dengan  waktu (sebagai sumbu-x)!
ü  Berdasarkan grafik yang telah kamu buat, 
         a) bagaimana bentuk hubungan antara jarak dan waktu?
         b) bagaimana hubungan antara kecepatan gerak mobil
             dengan waktu?
Mengumpulkan informasi
-          Setelah kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban dengan cara :
ü  Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki
ü  Merangkai peralatan seperti pada gambar.

ü  Mengoperasikan ticker timer.
ü  Menyalakan mesin mobil mainan kemudian melepaskannya hingga menarik pita.
ü  Mengukur jarak antar titik yang terbentuk pada pita kertas
ü  Mencatat data pengamatan pada tabel.
-          Mencatat data hasil percobaan gerak
-          Dari percobaan ini peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang hubungan jarak dan waktu
Mengasosiasi/mengolah informasi
-          Setelah mengumpulkan informasi melalui pengamatan dan mencatat hasil pengamatan, peserta didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari percobaan dan buku sumber dengan cara: 
-          Mendiskusikan hasil pengamatan  dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
-          Menyimpulkan hubungan jarak dan waktu
Mengkomunikasikan
-          Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan   peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan hubungan jarak dan waktu
-          Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
c.       Penutup (10 menit)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-          melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-          menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Pertemuankelima (3 jp)
a.      Pendahuluan (10 menit)
-          menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-          Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang relevandengan materi yang akan dibahas.
“Mengapa memindahkan meja besar lebih cepat dilakukan bila dikerjakan oleh 2 orang daripada dilakukan 1 orang?”
-          Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan yaitu percobaan hukum II Newton.
b.      Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
-  Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik, peserta didik diminta  memperhatikan demontrasi siswa yang sedang mendorong 2 benda yang berbeda ukuran massanya (Misalnya meja dan kursi)
-  Kemudian meminta peserta didik untuk mengungkapan apa yang mereka lihat dalam kegiatan tersebut.
-  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Hukum II Newton.
Menanya
-  Guru membimbing dan membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat dan dijelaskan guru.
Mengumpulkan informasi
-  Peserta didik secara berkelompok melakukan percobaan hukum II Newton.
-  Mencatat informasi/data pengamatan sesuai kreasi peserta didik
Mengasosiasi/ mengolah informasi
-  Peserta didik bersama kelompok mendiskusikan informasi yang diperoleh. (Peserta didik didorong untuk tidak takut salah)
-  Mengolah data pengamatan.
-  Menyimpulkan hasil kegiatan.
Mengkomunikasikan
-          Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan   peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan hubungan jarak dan waktu
-          Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
c.       Penutup (10 menit)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-          menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

6.      Pertemuan keenam (2 Jp)
a.      Pendahuluan (10 menit)
-       menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-       Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Bagaimana cara roketdapat meluncur jauh ke angkasa?”
-       Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan adalah hukum III Newton.
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
-       Peserta didik diminta untuk mengamati simulasi menarik tali dengan arah yang berbeda oleh dua orang siswa.
-       Kemudian meminta peserta didik untuk mengungkapan apa yang mereka lihat dalam kegiatan tersebut.
-       Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan diskusi pada kolom ‘Ayo Kita Selesaikan’ mengikuti langkah-langkah yang ada di buku siswa (Halaman 25 buku siswa)
-       Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Hukum III Newton
Menanya
-       Guru membimbing dan membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat dan dijelaskan guru.
Mengumpulkan informasi
-       Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan ‘Ayo Kita Coba’ (Halam 27 buku siswa)
-       Guru menyarankan kepada peserta didik untuk mempelajari bagian hukum III Newton.
Mengkomunikasikan
-          Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan   peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan hubungan jarak dan waktu
-          Pada kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
c.       Penutup (10 menit)
-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran.
-          melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-          Guru menugaskan peserta didik belajar menghadapi tes pada pertemuan berikutnya.

7.      Pertemuan ketujuh (2 Jp).
Evaluasi/ ulangan harian ke-1

F.       Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.      Pengetahuan dinilai dengan teknik tes tertulis
b.      Keterampilan dinilai dengan teknik tes unjuk kerja, proyek dan portofolio
c.       Sikap dinilai dengan teknik observasi
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
a.      Pengetahuan
Bentuk instrumen: Pilihan ganda
Intrumen
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut…
a.      gerak hidronasti
b.      gerak hidrotropisme
c.       gerak hidrostatis
d.      gerak higroskopis
2.      Contoh gerak tumbuhan berikut yang bukan merupakan contoh dari gerak nasti adalah….
a.      menguncupnya daun tanaman Leguminosae
b.      mekarnya bunga pukul empat
c.       menutupnya daun putri malu
d.      merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan
3.      Perhatikan pernyataan-pertanyaan di bawah ini!
1)      Sebagian ikan memiliki bentuk tubuh torpedo
2)      Sirip diperlukan untuk melakukan berbagai manuver di dalam air
3)      Ekor dan sirip ikan berfungsi untuk menahan laju air
4)      Bentuk stream line tubuh ikan berfungsi untuk mengurangi hambatan di dalam air
Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, yang mendukung ikan untuk melakukan berbagai gerakan di dalam air adalah pernyataan nomor…
a.      1, 2, dan 3
b.      2, 3, dan 4
c.       3, 4, dan 1
d.      1, 2, dan 4
4.      Berdasarkan fungsi tubuh untuk melakukan aktivitas gerak, hewan berikut yang memiliki otot paling elastis adalah….
a.      burung
b.      gajah
c.       koala
d.      kijang
5.      Seseorang yang sedang mengendarai sepeda mampu menempuh jarak 5 meter dalam waktu 2.5 detik. Berdasarkan data tersebut, kecepatan anak bersepeda adalah….
a.      12,5 m/s
b.      7,5 m/s
c.       5,0 m/s
d.      2,0 m/s
6.      Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah seperti digambarkan pada grafik di berikut ini.
Garis yang menunjukkan mobil sedang mengalami gerak lurus beraturan adalah….
a.      A – B
b.      B – C
c.       C – D
d.      D – A
7.      Perhatikan gambar berikut!
Kesimpulan yang tepat berdasarkan gambar di atas adalah….
a.      Balok A akan bergerak dengan percepatan yang paling besar, karena percepatan berbanding terbalik dengan gaya yang bekerja pada benda
b.      Balok B akan bergerak dengan percepatan yang paling besar, karena percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda
c.       Balok A akan bergerak dengan percepatan yang paling kecil, karena percepatan berbanding terbalik dengan gaya yang bekerja pada benda
d.      Balok B akan bergerak dengan percepatan yang paling kecil, karena percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda
8.      Perhatikan gambar bola yang dilempar ke tembok akan memantul kembali seperti di bawah ini!
Berikut pasangan gaya aksi reaksi yang benar adalah….
a.      F1 dan F2, karena bekerja pada benda yang sama dan arah gayanya saling tegak lurus
b.      F1 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling tegak lurus
c.       F2 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling berlawanan
d.      F1, F2, dan F3, karena ketiga gaya tersebut menggambarkan gerak bola
9.      Perhatikan posisi burung yang sedang terbang bebas seperti pada gambar di bawah ini!
Saat terbang di udara, gerakan burung tersebut dapat dijelaskan dengan ketiga hukum Newton, yaitu dengan cara memanfaatkan sifat gesekan udara. Perbandingan besarnya gaya aksi dan reaksi antara burung dengan udara yang benar adalah....
a.      sama, sehingga burung dapat terbang dengan stabil di udara
b.      berbeda, sehingga burung dapat melayang di udara
c.       sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan
d.      berbeda, karena gaya yang dimilikinya lebih kecil dari gaya gesekan udara sehingga burung dapat maju ke depan
10.  Perhatikan gambar di bawah ini!
Pada kasus perenang tersebut, air mendorong maju perenang itu untuk mengatasi gesekan yang dijumpainya. Fakta tersebut disebabkan oleh....
a.      besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah tidak sama, sehingga perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa satu kolam air akan mengalami percepatan lebih kecil daripada percepatan air tersebut.
b.      besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah tidak sama, sehingga perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar daripada percepatan air tersebut.
c.       besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang berbeda adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar daripada percepatan air tersebut.
d.      besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang sama adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih kecil daripada percepatan air tersebut.
b.      Keterampilan
-          Tes Praktik/unjuk kerja
Instrumen Tes Praktik
Nama Peserta Didik
: ……………………………………

Kelas
: ……………………………………

Tanggal Pengamatan
: ……………………………………

Mata Pelajaran
: ……………………………………

Materi Pokok
: ……………………………………

No
Indikator
Skor Penilaian
1 (Kurang)
2 (Cukup)
3 (Baik)
1
Menyiapkan alat dan bahan



2
Deskripsi pengamatan



3
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi



4
Melakukan praktik



5
Mempresentasikan hasil praktik



Jumlah Skor

Nilai
(Jumlah Skor / Jumlah Skor Maksimum) x 100









-          Portofolio
Instrumen Penilaian Portofolio
Nama Peserta Didik
: ……………………………………
Kelas
: ……………………………………
Tanggal Pengamatan
: ……………………………………
Mata Pelajaran
: ……………………………………
Materi Pokok
: ……………………………………
No
Indikator
Skor Penilaian
1 (Kurang)
2 (Cukup)
3 (Baik)
1
Melengkapai komponen laporan: Judul, Waktu dan Tempat, Landasan Teori, Alat dan Bahan, Cara Kerja, Hasil Pengamatan, Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka



2
Penyajian Data Pengamatan dalam bentuk tabel yang relevan.



3
Pengolahan data



4
Menyimpulkan data hasil pengamatan yang telah dilakukan.



5
Menyerahkan laporan hasil pengamatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.



Jumlah Skor
  
Nilai
(Jumlah Skor / Jumlah Skor Maksimum) x 100










c.       Sikap
-          Observasi
Lembar Observasi Penilaian Sikap

NO
NAMA SISWA
ASPEK SIKAP
Jumlah Skor
NILAI SIKAP
KETERANGAN

A
B
C
D
E


Skor
Skala 1-100
Skala 1-4

4
4
4
4
4
4

1











2











3











Dst.












Keterangan :










1. Aspek Pengamatan

Aspek
Keterangan

A
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

B
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

C
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

D
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

E
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan















-          Penilaian Antar Peserta Didik
No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah


Nilai
Skala 1-100
(Jumlah jawaban "Ya" / Jumlah Jawaban "Ya" Maksimum) x 100


11.  Pedoman penskoran
a.      Pengetahuan
Kunci jawaban
1. D            6. B
2. D            7. B
3. D            8. C
4. D            9. C
5. D            10. C




b.      Keterampilan
-          Tes praktik
Rubrik penilaian tes praktik
No
Indikator
Skor
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3
Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2
Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.
1
Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2
Deskripsi pengamatan
3
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2
  Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1
Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
3
Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
2
Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.
1
Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
4
Melakukan praktik
3
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1
Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
5
Mempresentasikan hasil praktik
3
 Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

-          Portofolio
Rubrik Penilaian Portofolio

No
Indikator
Skor
Rubrik

1
Melengkapai komponen laporan: Judul, Waktu dan Tempat, Landasan Teori, Alat dan Bahan, Cara Kerja, Hasil Pengamatan, Pembahasan, Kesmpulan, Daftar Pustaka
3
Komponen laporan mengandung > 6 komponen.

2
Komponen laporan mengandung 5-6 komponen.

1
Komponen laporan mengandung < 5 komponen.

2
Penyajian Data Pengamatan dalam bentuk tabel yang relevan.
3
Memuat tabel dengan data yang relevan.

2
Memuat salah satu data yang relevan.

1
Tidak data yang relevan

3
Melakukan Pembahasan sesuai data pengamatan
3
Mampu memberikan pembahasan dengan benar secara substantif.

2
Mampu memberikan pembahasan kurang benar secara substantif.

1
Tidak mampu memberikan analisis datat dengan benar secara substantif.

4
Menyimpulkan data hasil pengukuran yang telah dilakukan.
3
Mampu menyimpulkan seluruh hasil pengamatan dengan benar

2
 Mampu menyimpulkan sebagian hasil pengamatan dengan benar.

1
 Tidak mampu menyimpulkan seluruh hasil pegamatan dengan benar.

5
Menyerahkan laporan hasil pengukuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
3
 Mampu menyerahkan laporan hasil pengamatan dalam waktu 1 minggu

2
 Mampu menyerahkan laporan hasil pengamatann terlambat 1 hari dari waktu yang ditentukan

1
 Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran terlambat lebih dari 1 hari dari waktu yang ditentukan


c.       Sikap (Obervasi sikap)
Rubrik penskoran penilaian sikap
Skor

Rubrik
4
:
apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3
:
apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspeksikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2
:
apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1
:
apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

G.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.      Gambar-gambar terkait dengan materi
2.      Alat/Bahan
a.      Praktik pengaruh rangsang thd gerak menutup dan membukanya daun putri malu:
1. Tumbuhan putri malu (hidup) 3. Korek api atau lilin yang dinyalakan
2. Es dibungkus plastik                  4. Stopwatch (alat pengukur waktu)
b.      Percobaan gerak lurus :
1. Mobil mainan                           3. Pita kertas
2. Mistar                             4. Ticker timer
c.       Sifat kelembaman benda : Kertas HVS 1 lembar, dan gelas
d.      Percobaan Hukum Newton II :
1. Beban                                        3. Tali
2.Katrol                                         4. Kereta
3.      Sumber Belajar
a.      Lingkungan sekitar
b.      Buku  IPA SMP/MTs kelas VIII, Kemdikbud, 2013
Jatibarang, Juli 2014
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP Pancasila                                                         Guru Mapel

itulah postingan RPP IPA Kelas 8 Semester 1 Bab Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat 


No comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.