RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
PANCASILA
Matapelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VIII / 1 (Satu)
Materi Pokok :
Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda
Alokasi Waktu :
16 JP (7 TM)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
3.1
Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan
Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
-
Menjelaskan
jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
-
Menganalisis
contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenisrangsang yang
diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
-
Menganalisis
alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
-
Menjelaskan
sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
-
Menghitung
kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumusan gerak
lurus beraturan
-
Menganalisis
peristiwa kelembaman berdasarkan grafik v – t yang disajikan
-
Menyimpulkan
hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan bendabergerak
-
Menyebutkan
pasangan gaya aksi dan reaksi
-
Membandingkan
besar gaya aksi reaksi yang terjadi antara burung denganudara ketika burung
sedang terbang
-
Mengevaluasi
penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk
hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
Indokator :
-
Melakukan
penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu.
-
Melakukan
pengamatan tentang jenis gerak pada 10 jenis tanaman yang berbeda.
-
Melakukan
percobaan gerak lurus pada benda
-
Melakukan
percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
-
Menghitung
jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
-
Menghitung
berat benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton
-
Menganalisis
penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi
-
Melakukan kerja
ilmiah di sekolah/laboratorium
-
Menyajikan
hasil kerja ilmiah pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil
-
Menyajikan
hasil proyek
|
C.
Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.
Gerak Pada Makhluk Hidup
Gerak
pada tumbuhan
-
Gerak tumbuhan berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi
gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
-
Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang
tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui penyebabnya.
Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.
-
Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan
karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan
yang tidak merata.
-
Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan
oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
-
Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang
terdiri dari gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme,
dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan
fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti,
seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks.
Gerak
pada hewan
-
Hewan melakukan gerakan khas sesuai dengan habitat
serta adaptasi fisiologi dan morfologinya.
2.
Gerak pada Benda
-
Benda dan makhluk hidup yang bergerak mengikuti hukum
Newton tentang gerak
-
Hukum I Newton membahas tentang kecenderungan benda
untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnnya (inersia) atau
-
Hukum II Newton menjelaskan tentang percepatan gerak
sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding
terbalik dengan massanya atau
-
Hukum III Newton menjelaskan tentang gaya aksi reaksi
pada dua benda.Ketika benda pertama mengerjakan gaya (
) ke benda kedua,
makabenda kedua tersebut akan memberikan gaya (
) yang sama besarke benda
pertama namun berlawanan arah atau
.
D.
Metode
Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Kegiatan Pengamatan dan Diskusi
3.
Model :
Discovery
learning, problem based learning, project based learning
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu (3 jp)
a. Pendahuluan (10 menit)
-
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Guru
melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan fenomenaatau mengajukan
pertanyaan yang relevan dengan materi yang akandipelajari.
“Manusia dan hewan memiliki
perilaku gerak yang tidak jauh berbeda.Manusia dan hewan sama-sama bisa
berjalan dan menunjukkangerakan-gerakan yang mudah diamati. Namun bagaimana
dengan gerakpada tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak ?”
-
Mengantarkan
peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk
mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan
dicapai; dan
-
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
peserta didik.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
-
Peserta
didik diminta untuk mengamati atau menyimak tampilan slide putri malu dan video
gerak putri malu yang ditayangkan oleh
guru.
Menanya
-
Setelah
menyimak tayangan slide, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya. Contoh
pertanyaan yang diharapkan muncul dari siswa.
1.
Pernahkah kamu menyentuh daun
putri malu?
2.
Apa yang terjadi jika daunnya
disentuh?
3.
Apakah rangsangan daun putri
malu hanya berupa sentuhan saja?
4.
Bagaimana jika daun putri malu
tersebut dirangsang dengan panas atau dingin?
5. Adakah
perbedaan
kecepatan menguncup daun putri malu tersebut?
Mengumpulkan
informasi
-
Secara
berkelompok peserta didik melakukan percobaan pengaruh rangsang
terhadap gerak putri malu pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba’ (siswa dapat menyimak pedoman kegiatan pada
halaman di buku siswa halaman 3)
-
Siswa
mencatat informasi/ data yang diperoleh
Mengasosiasikan
-
Setelah
melakukan percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu peserta didik
secara berkelompok berdiskusi untuk membahas informasi yang diperoleh dari
percobaan yang dilakukan, serta menjawab beberapa pertanyaan.
-
Siswa
dihimbau untuk tidak takut salah, yang penting percobaan dilakukan sesuai
prosedur
Mengkomunikasikan
-
Peserta
didik secara berkelompok atau perwakilannya mempresentasikan hasil diskusi
kepada siswa kelompk lain secara klasikal.
c. Penutup (10 menit)
-
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan
Kedua (2 jp)
a. Pendahuluan (10 menit)
-
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Guru melakukan apersepsi mengaitkanmateri yang akan
dipelajari.“ Coba kamu perhatikan gerak hewandarat dan gerak hewan yang hidup
di air! Mengapa berbeda?”
-
Guru
menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yangdilakukan yaitu
kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’ (Halam 9 buku siswa) dan ‘Ayo Kita Pahami'
(Halam 11).
b. Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
-
Peserta didik diminta untuk mengamati burung-burung
yang ada di sekitar sekolah.
Menanya
-
Setelah mengamati burung yang ada di sekitar sekolah,
peserta didik diber kesempatan untuk bertanya terkait kegiatan yang telah
dilakukannya.
Mencari
Informasi
-
Secara
berkelompok peserta didik mencari informasi tentang kecepatan lari beberapa
jenis hewan di buku siswa dan sumber lain.
Mengasosiasi
-
Secara
berkelompok peserta didik melakukan kegiatan diskusi tentanggerak hewan pada
kolom “Ayo Kita Selesaikan”.
-
Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan
diskusi untuk menjawab pertanyaan pada kolom “Ayo Kita Selesaikan”.
-
Setelah peserta didik selesai melakukan kegiatan
'Ayo Kita Selesaikan',guru membimbing pesera didik melakukan kegiatan
berikutnya yaitumendiskusikan konsep gerak hewan pada kolom ‘Ayo Kita Pahami’.
-
Peserta didik secara berkelompok berdiskusi
menjawab pertanyaan ‘Apayang dapat kamu simpulkan dan terapkan’? Guru menyarankan
padapeserta
didik untuk mempelajari buku siswa bagian Gerak pada Hewan.
Mengkomunikasikan
-
Perwakilan kelompok peserta didik diminta untuk
menyampaikan hasil diskusi
c. Penutup (10 menit)
-
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
Pertemuanketiga (3 jp)
a. Pendahuluan (10 menit)
-
menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Pada
awal bagian ini guru memberi apersepsi dengan mengajukanpertanyaan “Mengapa
benda dapat bergerak? Gerakan seperti apa sajayang dapat dilakukan oleh benda?
apakah keadaan sekitar benda dapatmempengaruhi gerak benda?”
-
Guru
menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran yangtertera pada kegiatan
‘Ayo Kita Pelajari!’
b. Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
-
Pada kegiatan ini guru meminta peserta didik mengamati langkah langkah yang ada pada petunjuk
percobaan kelembaman. Seperti gambar yang terdapat pada buku siswa dibawah ini.
-
Peserta didik mengamati dan memahami langkah langkah percobaan
kelembaman
Menanya
-
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya setelah mereka mengamati petunjuk percobaan kelembaman. Contoh
pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik
o Bagaimana keadaan gelas pada saat
kertas ditarik secara perlahan?
o Bagaimana
keadaan gelas pada saat kertas ditarik dengan cepat?
o
Samakah hasil antara keadaan gelas jika kertas ditarik dengan perlahan atau ditarik dengan
cepat?
o Jika hasilnya berbeda, apa yang
menyebabkan hal tersebut?
Mengumpulkan informasi
-
Setelah
kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban
dengan cara :
-
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki apakah yang menyebabkan perbedaan hasil
pada gelas jika ditarik dengan perlahan atau cepat ?
-
Mencatat data
hasil percobaan kelembaman
-
Dari percobaan
ini peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang Penerapan Hukum Newton I
Mengasosiasikan/mengolah data
-
Setelah
mengumpulkan informasi melalui pengamatan dan mencatat hasil pengamatan,
peserta didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari percobaan dan buku
sumber dengan cara:
-
Mendiskusikan
hasil pengamatan dengan memperhatikan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
-
Menyimpulkan
Penerapan Hukum Newton I
Mengkomunikasikan
-
Setelah
menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan peserta didik dapat menyampaikan laporan
hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan Hukum Newton I
-
Pada
kegiatan ini peserta didik dapat melakukan tanya jawab.
c. Penutup (10 menit)
-
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.
Pertemuankeempat (2 jp)
a. Pendahuluan (10 menit)
-
menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan
kisah Newton saatmenemukan hukum Newton.
-
Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan yaitu sifat kelembaman suatu benda.
-
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari;
-
mengantarkan
peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk
mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan
dicapai; dan
-
menyampaikan
garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
peserta didik.
b. Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
-
Pada kegiatan ini guru meminta
peserta didik mengamati langkah langkah yang ada pada petunjuk percobaan gerak lurus. Seperti gambar yang terdapat pada buku siswa dibawah ini.
-
Peserta didik mengamati dan memahami langkah langkah percobaan gerak
lurus
Menanya
-
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mereka
mengamati petunjuk percobaan gerak lurus. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik
ü Dalam praktikum yang kamu lakukan,
bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan?
ü Buatlah grafik hubungan antara
jarak (sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai sumbu-x)!
ü Buatlah grafik hubungan antara kecepatan
(sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai
sumbu-x)!
ü Berdasarkan grafik yang telah kamu
buat,
a) bagaimana bentuk hubungan antara
jarak dan waktu?
b) bagaimana hubungan antara kecepatan
gerak mobil
dengan waktu?
Mengumpulkan informasi
-
Setelah kegiatan tanya jawab guru
memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban dengan cara :
ü
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki
ü
Merangkai peralatan seperti pada gambar.
ü
Mengoperasikan ticker timer.
ü
Menyalakan mesin mobil mainan kemudian
melepaskannya hingga menarik pita.
ü
Mengukur jarak antar titik yang terbentuk pada
pita kertas
ü
Mencatat data pengamatan pada tabel.
-
Mencatat data hasil percobaan gerak
-
Dari percobaan ini peserta didik akan
mengumpulkan informasi tentang hubungan jarak dan waktu
Mengasosiasi/mengolah
informasi
-
Setelah mengumpulkan informasi melalui
pengamatan dan mencatat hasil pengamatan, peserta didik mengasosiasikan
pengetahuan yang didapat dari percobaan dan buku sumber dengan cara:
-
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan
pada lembar kegiatan
-
Menyimpulkan hubungan jarak dan waktu
Mengkomunikasikan
-
Setelah menemukan kesimpulan, peserta
didik membuat laporan dan peserta didik
dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan
hubungan jarak dan waktu
-
Pada kegiatan ini peserta didik dapat
melakukan tanya jawab.
c. Penutup (10 menit)
-
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Pertemuankelima (3 jp)
a. Pendahuluan (10 menit)
-
menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang relevandengan materi yang
akan dibahas.
“Mengapa memindahkan meja
besar lebih cepat dilakukan bila dikerjakan oleh
2 orang daripada dilakukan 1 orang?”
-
Guru
menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatanpembelajaran yang akan
dilakukan yaitu percobaan hukum II Newton.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
-
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik, peserta didik
diminta memperhatikan demontrasi siswa
yang sedang mendorong 2 benda yang
berbeda ukuran massanya (Misalnya meja dan kursi)
-
Kemudian meminta peserta didik untuk mengungkapan apa yang mereka lihat
dalam kegiatan tersebut.
-
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Hukum II Newton.
|
Menanya
-
Guru membimbing dan membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik
untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat dan dijelaskan guru.
|
Mengumpulkan informasi
-
Peserta didik secara berkelompok melakukan percobaan hukum II Newton.
-
Mencatat informasi/data pengamatan sesuai kreasi peserta didik
|
Mengasosiasi/
mengolah informasi
-
Peserta didik bersama kelompok mendiskusikan informasi yang diperoleh.
(Peserta didik didorong untuk tidak takut salah)
-
Mengolah data pengamatan.
-
Menyimpulkan hasil kegiatan.
|
Mengkomunikasikan
-
Setelah menemukan kesimpulan, peserta
didik membuat laporan dan peserta didik
dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan
hubungan jarak dan waktu
-
Pada kegiatan ini peserta didik dapat
melakukan tanya jawab.
c. Penutup (10 menit)
-
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran,
-
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6.
Pertemuan keenam (2 Jp)
a.
Pendahuluan
(10 menit)
-
menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan “Bagaimana cara roketdapat meluncur jauh
ke angkasa?”
-
Guru
menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatanpembelajaran yang akan
dilakukan adalah hukum III Newton.
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Mengamati
-
Peserta didik diminta untuk mengamati simulasi menarik
tali dengan arah yang berbeda oleh dua orang siswa.
-
Kemudian meminta
peserta didik untuk mengungkapan apa yang mereka lihat dalam kegiatan tersebut.
-
Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan
diskusi pada kolom ‘Ayo Kita Selesaikan’ mengikuti langkah-langkah yang ada di
buku siswa (Halaman 25 buku siswa)
-
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Hukum III Newton
Menanya
-
Guru
membimbing dan membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk
bertanya mengenai apa yang sudah dilihat dan dijelaskan guru.
Mengumpulkan
informasi
-
Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan
‘Ayo Kita Coba’ (Halam 27 buku siswa)
-
Guru menyarankan kepada peserta didik untuk
mempelajari bagian hukum III Newton.
Mengkomunikasikan
-
Setelah menemukan kesimpulan, peserta
didik membuat laporan dan peserta didik
dapat menyampaikan laporan hasil percobaan dan kesimpulannya tentang Penerapan
hubungan jarak dan waktu
-
Pada kegiatan ini peserta didik dapat
melakukan tanya jawab.
c.
Penutup
(10 menit)
-
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pelajaran.
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-
Guru menugaskan peserta didik belajar menghadapi
tes pada pertemuan berikutnya.
7.
Pertemuan ketujuh (2 Jp).
Evaluasi/
ulangan harian ke-1
F.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a.
Pengetahuan dinilai dengan teknik tes tertulis
b.
Keterampilan dinilai dengan teknik tes unjuk kerja,
proyek dan portofolio
c.
Sikap dinilai dengan teknik observasi
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Pengetahuan
Bentuk
instrumen: Pilihan ganda
Intrumen
Pilihlah
satu jawaban yang paling tepat!
1.
Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa
perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata
disebut…
a.
gerak hidronasti
b.
gerak hidrotropisme
c.
gerak hidrostatis
d.
gerak higroskopis
2.
Contoh gerak tumbuhan berikut yang bukan merupakan
contoh dari gerak nasti adalah….
a.
menguncupnya daun tanaman Leguminosae
b.
mekarnya bunga pukul empat
c.
menutupnya daun putri malu
d.
merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada
tumbuhan polong-polongan
3.
Perhatikan pernyataan-pertanyaan di bawah ini!
1)
Sebagian ikan memiliki bentuk tubuh torpedo
2)
Sirip diperlukan untuk melakukan berbagai manuver
di dalam air
3)
Ekor dan sirip ikan berfungsi untuk menahan laju
air
4)
Bentuk stream line tubuh ikan berfungsi untuk mengurangi
hambatan di dalam air
Berdasarkan
pernyataan-pernyataan di atas, yang mendukung ikan untuk melakukan berbagai
gerakan di dalam air adalah pernyataan nomor…
a.
1, 2, dan 3
b.
2, 3, dan 4
c.
3, 4, dan 1
d.
1, 2, dan 4
4.
Berdasarkan fungsi tubuh untuk melakukan aktivitas
gerak, hewan berikut yang memiliki otot paling elastis adalah….
a.
burung
b.
gajah
c.
koala
d.
kijang
5.
Seseorang yang sedang mengendarai sepeda mampu menempuh
jarak 5 meter dalam waktu 2.5 detik. Berdasarkan data tersebut, kecepatan anak
bersepeda adalah….
a.
12,5 m/s
b.
7,5 m/s
c.
5,0 m/s
d.
2,0 m/s
6.
Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan yang
berubah-ubah seperti digambarkan pada grafik di berikut ini.
Garis
yang menunjukkan mobil sedang mengalami gerak lurus beraturan adalah….
a.
A – B
b.
B – C
c.
C – D
d.
D – A
7.
Perhatikan gambar berikut!
Kesimpulan
yang tepat berdasarkan gambar di atas adalah….
a.
Balok A akan bergerak dengan percepatan yang paling
besar, karena percepatan berbanding terbalik dengan gaya yang bekerja pada
benda
b.
Balok B akan bergerak dengan percepatan yang paling
besar, karena percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda
c.
Balok A akan bergerak dengan percepatan yang paling
kecil, karena percepatan berbanding terbalik dengan gaya yang bekerja pada
benda
d.
Balok B akan bergerak dengan percepatan yang paling
kecil, karena percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda
8.
Perhatikan gambar bola yang dilempar ke tembok akan
memantul kembali seperti di bawah ini!
Berikut
pasangan gaya aksi reaksi yang benar adalah….
a.
F1 dan F2, karena bekerja pada benda yang sama dan
arah gayanya saling tegak lurus
b.
F1 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda
dan arah gayanya saling tegak lurus
c.
F2 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda
dan arah gayanya saling berlawanan
d.
F1, F2, dan F3, karena ketiga gaya tersebut
menggambarkan gerak bola
9.
Perhatikan posisi burung yang sedang terbang bebas
seperti pada gambar di bawah ini!
Saat
terbang di udara, gerakan burung tersebut dapat dijelaskan dengan ketiga hukum
Newton, yaitu dengan cara memanfaatkan sifat gesekan udara. Perbandingan
besarnya gaya aksi dan reaksi antara burung dengan udara yang benar adalah....
a.
sama, sehingga burung dapat terbang dengan stabil
di udara
b.
berbeda, sehingga burung dapat melayang di udara
c.
sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar
gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan
d.
berbeda, karena gaya yang dimilikinya lebih kecil
dari gaya gesekan udara sehingga burung dapat maju ke depan
10.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Pada
kasus perenang tersebut, air mendorong maju perenang itu untuk mengatasi
gesekan yang dijumpainya. Fakta tersebut disebabkan oleh....
a.
besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja
pada benda yang berbeda adalah tidak sama, sehingga perenang yang massanya jauh
lebih kecil daripada massa satu kolam air akan mengalami percepatan lebih kecil
daripada percepatan air tersebut.
b.
besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja
pada benda yang berbeda adalah tidak sama, sehingga perenang yang massanya jauh
lebih kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar
daripada percepatan air tersebut.
c.
besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja
pada benda yang berbeda adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih
kecil daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih besar daripada
percepatan air tersebut.
d.
besar perbandingan gaya aksi dan reaksi bekerja
pada benda yang sama adalah sama, namun perenang yang massanya jauh lebih kecil
daripada massa sekolam air akan mengalami percepatan lebih kecil daripada
percepatan air tersebut.
b.
Keterampilan
-
Tes Praktik/unjuk kerja
Instrumen
Tes Praktik
Nama Peserta Didik
|
: ……………………………………
|
|||||
Kelas
|
: ……………………………………
|
|||||
Tanggal Pengamatan
|
: ……………………………………
|
|||||
Mata Pelajaran
|
: ……………………………………
|
|||||
Materi Pokok
|
: ……………………………………
|
|||||
No
|
Indikator
|
Skor Penilaian
|
||||
1 (Kurang)
|
2 (Cukup)
|
3 (Baik)
|
||||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
|||||
2
|
Deskripsi pengamatan
|
|||||
3
|
Menafsirkan peristiwa yang
akan terjadi
|
|||||
4
|
Melakukan praktik
|
|||||
5
|
Mempresentasikan hasil
praktik
|
|||||
Jumlah Skor
|
||||||
Nilai
|
||||||
(Jumlah Skor / Jumlah Skor
Maksimum) x 100
|
||||||
-
Portofolio
Instrumen
Penilaian Portofolio
Nama Peserta Didik
|
: ……………………………………
|
||||
Kelas
|
: ……………………………………
|
||||
Tanggal Pengamatan
|
: ……………………………………
|
||||
Mata Pelajaran
|
: ……………………………………
|
||||
Materi Pokok
|
: ……………………………………
|
||||
No
|
Indikator
|
Skor Penilaian
|
|||
1 (Kurang)
|
2 (Cukup)
|
3 (Baik)
|
|||
1
|
Melengkapai komponen
laporan: Judul, Waktu dan Tempat, Landasan Teori, Alat dan Bahan, Cara Kerja,
Hasil Pengamatan, Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka
|
||||
2
|
Penyajian Data Pengamatan
dalam bentuk tabel yang relevan.
|
||||
3
|
Pengolahan data
|
||||
4
|
Menyimpulkan data hasil
pengamatan yang telah dilakukan.
|
||||
5
|
Menyerahkan laporan hasil
pengamatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
||||
Jumlah Skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
(Jumlah Skor / Jumlah Skor
Maksimum) x 100
|
|||||
c.
Sikap
-
Observasi
Lembar
Observasi Penilaian Sikap
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK SIKAP
|
Jumlah Skor
|
NILAI SIKAP
|
KETERANGAN
|
||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||||
Skor
|
Skala 1-100
|
Skala 1-4
|
|||||||||
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
Dst.
|
Keterangan :
|
||||||||||||
1. Aspek Pengamatan
|
||||||||||||
Aspek
|
Keterangan
|
|||||||||||
A
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
|||||||||||
B
|
Mengucapkan rasa syukur
atas karunia Tuhan
|
|||||||||||
C
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|||||||||||
D
|
Mengungkapakan kekaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|||||||||||
E
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|||||||||||
-
Penilaian Antar Peserta Didik
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
||
3
|
Memakai seragam sesuai tata
tertib
|
||
4
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
||
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
||
7
|
Membawa buku tulis sesuai
mata pelajaran
|
||
8
|
Membawa buku teks mata
pelajaran
|
||
Jumlah
|
|||
Nilai
|
|||
Skala 1-100
|
(Jumlah jawaban
"Ya" / Jumlah Jawaban "Ya" Maksimum) x 100
|
11.
Pedoman penskoran
a.
Pengetahuan
Kunci
jawaban
1.
D 6.
B
2.
D 7.
B
3.
D 8.
C
4.
D 9.
C
5.
D 10.
C
b.
Keterampilan
-
Tes praktik
Rubrik penilaian tes praktik
|
|||
No
|
Indikator
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
3
|
Menyiapakan seluruh
alat dan bahan yang diperlukan.
|
2
|
Menyiapakan sebagian
alat dan bahan yang diperlukan.
|
||
1
|
Tidak menyiapakan seluruh
alat dan bahan yang diperlukan.
|
||
2
|
Deskripsi pengamatan
|
3
|
Memperoleh deskripsi hasil
pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
|
2
|
Memperoleh deskripsi
hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang
ditetapkan.
|
||
1
|
Tidak memperoleh deskripsi
hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang
ditetapkan.
|
||
3
|
Menafsirkan peristiwa yang
akan terjadi
|
3
|
Mampu memberikan penafsiran
benar secara substantif.
|
2
|
Mampu memberikan penafsiran
kurang benar secara substantif.
|
||
1
|
Tidak mampu memberikan
penafsiran benar secara substantif.
|
||
4
|
Melakukan praktik
|
3
|
Mampu melakukan praktik
dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
|
2
|
Mampu melakukan praktik
dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
|
||
1
|
Tidak mampu melakukan
praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
|
||
5
|
Mempresentasikan hasil
praktik
|
3
|
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan
benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara
percaya diri.
|
2
|
Mampu mempresentasikan
hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan
disampaikan kurang percaya diri.
|
||
1
|
Mampu mempresentasikan
hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan
disampaikan tidak percaya diri.
|
-
Portofolio
Rubrik
Penilaian Portofolio
|
||||
No
|
Indikator
|
Skor
|
Rubrik
|
|
1
|
Melengkapai komponen
laporan: Judul, Waktu dan Tempat, Landasan Teori, Alat dan Bahan, Cara Kerja,
Hasil Pengamatan, Pembahasan, Kesmpulan, Daftar Pustaka
|
3
|
Komponen laporan mengandung
> 6 komponen.
|
|
2
|
Komponen laporan mengandung
5-6 komponen.
|
|||
1
|
Komponen laporan mengandung
< 5 komponen.
|
|||
2
|
Penyajian Data Pengamatan
dalam bentuk tabel yang relevan.
|
3
|
Memuat tabel dengan data
yang relevan.
|
|
2
|
Memuat salah satu data yang
relevan.
|
|||
1
|
Tidak data yang relevan
|
|||
3
|
Melakukan Pembahasan sesuai
data pengamatan
|
3
|
Mampu memberikan pembahasan
dengan benar secara substantif.
|
|
2
|
Mampu memberikan pembahasan
kurang benar secara substantif.
|
|||
1
|
Tidak mampu memberikan
analisis datat dengan benar secara substantif.
|
|||
4
|
Menyimpulkan data hasil
pengukuran yang telah dilakukan.
|
3
|
Mampu menyimpulkan seluruh
hasil pengamatan dengan benar
|
|
2
|
Mampu menyimpulkan sebagian hasil pengamatan
dengan benar.
|
|||
1
|
Tidak mampu menyimpulkan seluruh hasil
pegamatan dengan benar.
|
|||
5
|
Menyerahkan laporan hasil
pengukuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
3
|
Mampu menyerahkan laporan hasil pengamatan
dalam waktu 1 minggu
|
|
2
|
Mampu menyerahkan laporan hasil pengamatann
terlambat 1 hari dari waktu yang ditentukan
|
|||
1
|
Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran
terlambat lebih dari 1 hari dari waktu yang ditentukan
|
c.
Sikap
(Obervasi sikap)
Rubrik
penskoran penilaian sikap
Skor
|
Rubrik
|
|
4
|
:
|
apabila selalu konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
|
3
|
:
|
apabila sering konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspeksikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek
sikap
|
2
|
:
|
apabila kadang-kadang
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek
sikap
|
1
|
:
|
apabila tidak pernah
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
|
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar-gambar terkait dengan materi
2.
Alat/Bahan
a. Praktik pengaruh
rangsang thd gerak menutup dan membukanya daun putri malu:
1. Tumbuhan putri malu (hidup) 3.
Korek api atau lilin yang dinyalakan
2. Es dibungkus plastik 4.
Stopwatch (alat pengukur waktu)
b. Percobaan
gerak lurus :
1.
Mobil mainan 3. Pita kertas
2. Mistar 4. Ticker timer
c. Sifat
kelembaman benda : Kertas HVS 1 lembar, dan gelas
d. Percobaan
Hukum Newton II :
1.
Beban 3. Tali
2.Katrol
4.
Kereta
3.
Sumber Belajar
a.
Lingkungan
sekitar
b.
Buku IPA SMP/MTs kelas VIII, Kemdikbud, 2013
Jatibarang, Juli 2014
Mengetahui,
Kepala
SMP Pancasila Guru
Mapel
itulah postingan RPP IPA Kelas 8 Semester 1 Bab Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda Kurtilas Terbaru 2017 semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.