LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
SMK ISLAMIYAH ADIWERNA
PENYETELAN REM TROMOL
Sebagai
Salah Satu Syarat Menempuh
Ujian
Nasional (UN) / Ujian Sekolah
2011/
2012
Disusun
Oleh :
Nama :
NIS :
Kelas :
SMK ISLAMIYAH ADIWERNA
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Jl. Raya Singkil No. 234 Adiwerna 52194 Telp.
(0283) 442098 Adiwerna
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan Pendidikan Sistem Ganda
(PSG) telah disetujui dan disahkan pada :
Tanggal : …………………………..
Tempat : …………………………..
Oleh
:
Ka. Prog. Keahlian,
S. HENDRA, S.Pd.
NIP.
|
Pembimbing,
SUPRIYADI
NIP.
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs.
BAMBANG RIYANTO, MM.
NIP.
MOTTO
1. Modal
utama menuju sukses adalah belajar giat, tekun, kemauan yang keras dan berdo’a.
2. Jangan
pernah takut untuk mencoba sesuatu yang lebih baik.
3. Kunci
sukses adalah mencoba dan mencoba, berusaha dan berusaha.
4. Kegagalan
adalah kesuksesan yang tertunda.
5. Kewajiban
adalah belajar, walau hanya 1 jam sehari, dilakukan rutin.
6. Jangan
pernah takut selama kita tidak melakukan kesalahan.
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Tugas ini dipersembahkan kepada :
1.
Bapak pengelola SMK Islamiyah Adiwerna.
2.
Bapak kepala sekolah SMK Islamiyah Adiwerna.
3.
Guru pembimbing.
4.
Guru-guru staf karyawan TU SMK Islamiyah Adiwerna.
5.
Kedua orang tua yang telah mendukung dalam kegiatan
ini.
6.
Teman-teman yang telah bekerja sama dalam pembuatan
laporan ini.
7.
Dan pihak lainnya yang tidak dpat penulis sebutkan.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini.
Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dari apa yang dikerjakan
selama melaksanakan PSG.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam pembuatan laporan ini, sehingga dapat diselesaikan dengan baik
terutama pada :
1.
Bapak Drs. Dwi Purnomo selaku pengelola smk islamiyah.
2.
Bapak Drs. Bambang Riyanto, MM. selaku kepala smk
islamiyah adiwerna.
3.
Bapak Supriyadi, S.Pd. selaku Pembimbing dalam
pembuatan laporan ini.
4.
Bapak dan Ibu Guru serta staf karyawan.
5.
Dan seluruh teman-teman di SMK Islamiyah.
Penulis harapkan laporan ini dapat diterima oleh kalangan
pelajar dan guru-guru. Dan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan ilmu
pengetahuan tentang permesinan otomotif.
Tegal, September 2011
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
…………………………………………………………... i
HALAMAN
PENGESAHAN ………………………………………………… ii
HALAMAN MOTTO
…………………………………………………………... iii
HALAMAN
PERSEMBAHAN ………………………………………………... iv
KATA
PENGANTAR
……………………………………………………....... v
DAFTAR ISI …………………………………………………………............ vi
BAB 1
PENDAHULUAN ………………………………………………….... 1
A. Latar Belakang
……………………………………………………… 1
B. Tujuan Penyusunan Laporan
……………………………………….. 1
Bab II SISTEM
REM TROMOL ……………………………………………….. 2
A. Dasar Teori
………………………………………………………..... 2
B. Rem Tromol …………………………………………………………..
2
C. Tipe Tromol
………………………………………………………….. 4
BAB III LANGKAH MELEPAS
RODA BELAKANG ………………………... 5
A. Melepas Roda Belakang
…………………………………………….. 5
B. Melepas Komponen Rem Tromol ……………………………………. 8
C. Komponen- Komponen Rem Tromol………………………………... 9
Bab IV PENUTUP
………………………………………………………….…... 10
A. Kesimpulan …………………………………………………………..
10
B. Saran – Saran …………………………………………………..…...... 10
DAFTAR PUSTAKA
…………………………………………………...…........ 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan suatu bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian sekolah menengah kejuruan yang bertujuan
untuk memberikan pendidikan secara nyata dilakukan siswa siswi dimana kegiatan
ini melibatkan semua siswa di sekolah menengah kejuruan sesuai dangan dunia
kerja dalam lingkungan yang instansi pemerintah maupun instansi swasta. Dimana
seorang siswa siswi dituntut untuk bekerja secara langsung dengan program
keahlian dan menerapkan teori yang telah didapat disekolah.
Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sangat
membantu siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan khususnya siswa siswi SMK
islamiyah adiwerna yang diharapkan setelah tamat dari sekolah dapat memiliki
keahlian yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan adanya kegiatan
pendidikan Sistem ganda (PSG) ini, dapat memberikan bekal kepada siswa siswi
agar tamatan SMK dapat menghadapi dunia kerja yang baru, karena sudah terlatih
dengan mengikuti kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di instansi – instansi
yang ditentukan dari sekolah.
B.
Tujuan Penyusunan Laporan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diselenggarakan di Sekolah
Menengah Kejuruan dilaksanakan dengan tujuan:
- Meningkatkan mutu relevansi pendidikan melalui peran serta ip(institusi pasangan)
- Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
- Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan ketrampilan dan sikap yang menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan
- Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
- Meningkatkan efisiensi penyelenggara pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan sumber daya pendidikan yang ada didunia kerja.
BAB
II
SISTEM
REM TROMOL
A.
Dasar Teori
Sistem rem dalam suatu kendaraan sepeda motor
termasuk Sistem yang sangat penting karena berkaitan dengan factor keselamatan
berkendara. Sistem rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan
sepeda motor dengan cara mengubah tenaga kinetic/gerak dari kendaraan tersebut
menjadi tenaga panas. Perubahan tenaga tersebut diperolah dari gesekan antara
komponen bergerak yang dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan
yang dirancang khusus tahan terhadap gesekan.
Gesekan (friction) merupakan factor utama
dalam pengereman. Oleh karena itu komponen yang dibuat untuk Sistem rem harus
mempunyai sifat bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah gesekan yang besar,
tetapi juga harus tahan terhadap gesekan dan tidak menghasilkan panas yang
dapat menyebabkan bahan tersebut meleleh atau berubah bentuk. Bahan – bahan yang
tahan terhadap gesekan tersebut biasanya merupakan gabungan dari beberapa bahan
yang disatukan dengan melakukan perlakuan tertentu. Sejumlah bahan tersebut
antara lain : tembaga, kuningan, timah, grafit, karbon, Kevlar, resin/dammar,
fiber dan bahan-bahan aditif/tambahan lainnya.
Terdapat dua Sistem rem yang digunakan pada sepeda
motor, yaitu ;
1) Rem tromol (drum brake)
dan 2) rem cakram/piringan (disk brake). Cara pengoperasian Sistem
remnya juga terbagi dua, yaitu: 1) secara mekanik dengan memakai kabel baja,
dan 2) secara hidrolik dengan menggunakan fluida/cairan. Cara pengoperasian Sistem
rem tipe tromol umumnya secara mekanik, sedangkan tipe cakram secara hidrolik.
B.
Rem Tromol
Rem tromol merupakan Sistem rem yang telah menjadi
metode pemgereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada
beberapa tahun belakangan ini. Alasannya adalah karena rem tromol sederhana dan
mudah. Kontruksi rem tromol umumnya terdiri dari komponen-komponen seperti
sepatu rem (broke shoe), tromol (drum), pegas pengembali (returns
springs), tuas penggerak (lever), dudukan rem tromol (back
plate), dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol pada umumnya
secara mekanik yang terdiri dari : pedal rem (brake pedal) dan batang
(rod) penggerak.
Kontruksi dan cara kerja rem tromol terlihat pada
gambar :
1.
Brake Shop
2.
Return Springs
3.
Backplate
4.
Operating Cam
5.
Washer
6.
Seal
7.
Operating Lever
8.
Pinch Bolt
Pada saat kabel atau batang penghubung (tidak
ditarik), sepatu rem dan tromol tidak saling kontak. Tromol rem berputar bebas
mengikuti putaran roda. Tetapi saat kabel rem atau batang penghubung ditarik,
lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada sepatu rem sehingga sepatu rem
menjadi mengembang dan kanvas rem (pirodo) nya bergesekan dengan tromol.
Akibatnya putaran tromol dapat ditahan atau
dihentikan dan ini juga menahan atau menghentikan putaran roda.
Rem tromol terbuat dari besi tuang dan digabung
dengan hub saat rem digunakan sehingga panas gesekan akan timbul dan gaya gesek
dari brake lining dikurangi. Drum bake memounyai sepatu rem (dengan lining)
yang berputar berlawanan dengan putaran drum (wheel hub) untuk mengerem
roda dengan gesekan. Pada Sistem ini terjadi gesekan-gesekan sepatu rem dengan
tromol yang akan memberikan hasil energi panas sehingga bias menghentikan
putaran tromol tersebut. Rem jenis tromol disebut “internal expansion lining
brake”. Permukaan luar dari hub tersedia dengan sirip-sirip pendingin yang
terbuat dari alumunium alloy (paduan aluminium) yang mempunyai daya penyalur
panas yang sangat baik. Bagian dalam tromol akan tetap terjaga bebas dari air
dan debu krena tromol mempunyai alur untuk menahan air dan debu yang masuk
dengan cara mengalirkannya lewat alur dan keluar dari lubang aliran.
C.
Tipe Tromol
1.
Tipe Single Leading Shoe
Rem tromol tipe single leading shoe merupakan
rem paling sederhana yang mempunyai sebuah cam/ nok penggerak untuk
menggerakkan dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya dipasang privot
pin (pasak) sebagai titik tumpuan sepatu rem.
2.
Tipe Two Leading Shoe
Rem tromol tipe two leading shoe dapat
menghasilkan gaya pengereman kira-kira satu setengah kali single leading shoe.
Terutama digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini digantikan oleh disk
brake (rem cakram). Rem tipe ini mempunyai dua cam/ nok dan ditempatkan di
masing-masing ujung dari leading shoe dan trailing shoe. Cam tersebut bergerak
secara bersamaan ketika rem digunakan melalui batang penghubung yang bias
distel. Sepatu rem mempunyai titik tumpuan tersendiri (pivot) untuk
menggerakkan cakram.
BAB
III
LANGKAH
MELEPAS RODA BELAKANG
A.
Melepas Roda Belakang
- Tempatkan motor pada tempat yang datar
PERINGATAN
Sanggah sepeda motor dengan benar untuk menghidari kemungkinan terbalik.
NOTE :
Tempatkan penyanggah di bawah sepeda motor hingga roda belakang
terangkat.
1.
Buka
·
Baut penutup rantai (bawah)
·
Penutup rantai (bawah) (1)
2.
Buka
·
Mur penyetelan rem (1)
·
Batang rem (2)
·
Per penekan (3)
·
Washer
·
Pin (4)
NOTE
Tekan ke bawah pedal rem, untuk melepas pin dari batang rem
3.
Buka
·
Pin cotter
·
Mur batang torque rem (1)
·
Washer
·
Baut batang torque rem
·
Batang torque rem (2)
4.
Kendorkan
·
Kendorkan pengunci penyetel rantai
(kanan, kiri) (1)
·
Mur penyetel rantai (kanan dan kiri) (2)
5.
Buka
·
Mur as roda belakang (1)
·
Washer
·
As roda belakang (2)
·
Washer
·
Collar
6.
Buka
·
Unit roda belakang (1)
CATATAN :
Tekan roda belakang ke depan untuk
lepas rantai dari gear belakang/ driven sprocket.
7.
Lepas
Unit plat sepatu rem (1)
8.
Buka
·
Collar (1)
·
Hub roda belakang (2)
9.
Buka
·
Spacer (1)
10. Lepas
·
O-ring
·
Damper hub roda belakang (1)
MEMBONGKAR PLAT SEPATU REM
1.
Buka
·
Sepatu rem (1)
·
Per sepatu rem (2)
2.
Lepas
·
Mur tuas rem
·
Baut tuas rem
·
Tuas rem (1)
·
Indicator keausan sepatu rem
·
Camshaft rem
CATATAN :
Pada saat melepas tuas rem, hafalkan posisi awal pastikan tanda titik
pada tuas rem harus tepat dengan tanda titik yang berada pada as camshaff rem.
B.
Melepas Komponen Rem Tromol
Memeriksa Roda Belakang
- Periksa
·
As roda
·
Roda belakang
·
Bearing roda
·
Seal oli
- Periksa
·
Ban
·
Rusak/ aus → ganti
- Ukur
·
Keolengan arah atas
·
Keolengan arah samping
Periksa
1.
Hub roda belakang retak rusak aus → ganti damper hub
roda belakang rusak/ aus → ganti
C.
Komponen-Komponen Rem Tromol
Keterangan :
1.
Mur Penyetel Rem
2.
Tuas Camshaft Rem
3.
Pin
4.
Penyetel Rantai (Kanan)
5.
Indicator Keausan Sepatu Rem
6.
Plat Sepatu Rem
7.
Camshaft Rem
8.
Sepatu Rem
9.
Roda Belakang
|
10.
Pin Cotter
11.
Brake Torque Rod
12.
Damper Hub Roda Belakang
13.
Drive Hub Roda Belakang
14.
Penutup Rantai (Bawah)
15.
Penyetel Rantai (Kiri)
16.
As Roda Belakang
17.
Batang Rem
|
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Demikian laporan ini saya susun dengan sebaik-baiknya
semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya dan dapat menambah wawasan
dunia otomotif.
Semoga laporan kegiatan praktek kerja lapangan ini
dapat membantu anda dalam melakukan praktek.
Saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca jika ada
kesalahan penulisan atau kalimat yang kurang mengesankan di hati anda saya
ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.
B.
Saran-saran
- …………………………………..
- …………………………………..
- …………………………………..
- …………………………………..
DAFTAR
PUSTAKA
-
Majalah Otomotif Tegal
-
Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK Islamiyah Adiwerna
-
Buku Pedoman Servis Sepeda Motor
No comments:
Post a Comment
PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.